URAIAN TUGAS JABATAN

1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : ESELON : UNIT KERJA : IKHTISAR JABATAN SEKRETARIS DAERAH II.A SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA :

MEMIMPIN, MEMBINA, MENGOORDINASIKAN SERTA MENGENDALIKAN TUGAS – TUGAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG DILAKUKAN OLEH SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DAN PELAYANAN ADMINISTRATIF, DEMI LANCARNYA PENYELENGGARAAN TUGAS PEMERINTAH DAERAH. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Memimpin dan membina tugas – tugas penyelenggaraan Sekretariat Daerah Kabupaten Lembata; 5.2. Mengkoordinir perumusan penentuan arah kebijakan Pemerintah Daerah menyangkut visi, misi, kebijakan program kegiatan sampai pada sasaran pencapaian tujuan organisasi Pemerintah Kabupaten Lembata; 5.3. Menetapkan visi, misi Sekretariat Daerah Kabupaten Lembata; 5.4. Melaksanakan pembinaan tata administrasi kantor dan kebijakan sumber daya aparatur dan kebijakan anggaran sampai pada fasilitasi sarana dan prasarana kantor; 5.5. Melakukan pembinaan, pengawasan, anggaran dari Rencana Kerja Anggaran (RKA) sampai pada penandatanganan Dokumen Pelaksanaan anggaran (DPA), serta pembinaan pelaksanaan anggaran, evaluasi anggaran serta pengawasan program kegiatan pertanggungjawaban kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata; 5.6. Mengkoordinasi pembinaan pelayanan masyarakat dari mekanisme pelayanan publik / prima, Standar Pelayanan Prima (SPM), prosedur pelayanan mutu dan pelaksanaannya; 5.7. Merumuskan kebijakan hubungan kerja antara Birokrasi Pemerintah Daerah dengan DPRD, para stake holder (swasta) dan masyarakat; 5.8. Melakukan pembinaan, penggerakan birokrasi Pemerintah Daerah dalam pelayanan kepada masyarakat; 5.9. Melakukan pembinaan administrasi dan koordinasi terhadap unsur pelaksana (Dinas Daerah) dan unsur penunjang (Badan dan Kantor), unsur pelayanan pada Sekretariat DPRD serta pembinaan pemerintahan pada Kecamatan, Kelurahan dan Desa; 5.10. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan untuk unit / instansi dan pihak – pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik;

Uraian Tugas Jabatan Setda

1

5.11. Mengkoordinasi perumusan Laporan Pertanggungjawaban Kepala Daerah, Laporan Akuntabilitas Kinerja, Laporan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Laporan Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Pemberantasan Korupsi, Pembentukan produk hukum, Sosialisasi produk hukum peraturan perundang – undangan yang berlaku; 5.12. Melakukan pembinaan administratif dalam memfasilitasi kegiatan yang bersifat politis seperti Pemilu, mengkoordinasikan proses pengangkatan / pemberhentian Kepala Daerah maupun DPRD; 5.13. Membina hubungan kerja yang baik antara birokrasi Pemerintah Daerah, dengan Pemimpin Daerah dan Instansi Vertikal serta Lembaga Pemerintahan lainnya di daerah; 5.14. Meneliti dan mengevaluasi laporan kegiatan yang berhubungan dengan bagian di lingkungan Sekretariat Daerah; 5.15. Menilai prestasi kerja pimpinan unit kerja di lingkungan Sekretariat Daerah berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan peningkatan karier; 5.16. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta maupun tidak dalam menyelesaikan suatu masalah; 5.17. Mengkoordinasi laporan bulanan, triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan SKPD dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan; 5.18. Menunjuk Asisten Sekretaris Daerah sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah apabila Sekretaris Daerah berhalangan atau bertugas keluar daerah; 5.19. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan Wakil Bupati.

Uraian Tugas Jabatan Setda

2

URAIAN TUGAS JABATAN
1. NAMA JABATAN : ASISTEN PEMERINTAHAN 2. ESELON : II.B 3. UNIT KERJA : SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA 4. IKHTISAR JABATAN: MENGKOORDINASIKAN, MERUMUSKAN SASARAN PEMBINAAN DAN PENGENDALIAN KEGIATAN BAGIAN PEMERINTAHAN, HUKUM DAN HUMAS SEHINGGA TERPADU DAN TERARAH DENGAN VISI DAN MISI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA SERTA MELAKUKAN JALINAN KOORDINASI DENGAN SKPD YANG BERADA PADA JARINGAN KOORDINASINYA MAUPUN DENGAN SELURUH SKPD DALAM RANGKA 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Melaksanakan pembinaan, pemantauan, pengendalian program kegiatan di Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum serta Bagian Humas Setda sesuai dengan Pedoman Rencana Kerja Tahunan agar tercapai sasaran yang telah ditetapkan; 5.2. Memberikan petunjuk, dan arahan serta pengkoordinasian, pengintegrasian dan sinkronisasi guna kelancaran pelaksanaan kegiatan Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum serta Bagian Humas Setda Kabupaten Lembata; 5.3. Meneliti bahan dan menyempurnakan konsep penyempurnaan program kegiatan dan pelaporan kepada Sekretaris Daerah dari Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum serta Bagian Humas Setda Kabupaten Lembata ;

Uraian Tugas Jabatan Setda

3

5.4. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Bagian di bawah Asisten Pemerintahan berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan, agar realisasinya sesuai dengan rencana; 5.5. Memberi petunjuk kepada Kepala Bagian di bawah Asisten Administrasi Pemerintahan dalam melaksanakan tugas sesuai petunjuk dan ketentuan yang berlaku; 5.6. Memantau dan memeriksa hasil perencanaan tugas para Kepala Bagian di bawah Asisten Administrasi Pemerintahan untuk menemukan kesalahan – kesalahan guna perbaikan; 5.7. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama lintas sektoral guna pelaksanaan dan pencapaian sasaran tugas pokok dan fungsi pada Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum serta Bagian Humas Setda Kabupaten Lembata; 5.8. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja internal maupun eksternal dalam hal fungsi administrasi pemerintahan yang bersifat menyeluruh / komprehensif dan intergral dalam rangka membantu Bupati melalui Sekretaris Daerah dalam mengambil keputusan Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum serta Bagian Humas sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang – undangan yang berlaku ; 5.9. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi dan pihak – pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik; 5.10. Mengevaluasi tugas para Kepala Bagian di bawah koordinasi Asisten Administrasi Pemerintahan apakah sesuai dengan petunjuk dan rencana kerja yang ditetapkan; 5.11. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta maupun tidak dalam menyelesaikan suatu masalah; 5.12. Mengkoordinasi laporan bulanan, triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian di bawah Asisten Administrasi Pemerintahan dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan; 5.13. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas, termasuk sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah apabila Sekretaris Daerah berhalangan atau berada di luar daerah.

Uraian Tugas Jabatan Setda

4

UNIT KERJA : ASISTEN PEMERINTAHAN 4. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN RENCANA KEGIATAN. PENYELENGARAAN OTONOMI DAERAN DAN PERTANAHAN SERTA MENANDATANGANI LAPORAN SEBAGAI PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN BAGIAN PEMERINTAHAN BERDASARKAN KETENTUAN YANG Uraian Tugas Jabatan Setda 5 . NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN PEMERINTAHAN 2. MENGKOORDINASIKAN SERTA MENYIAPKAN BAHAN DAN PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PEMBINAAN PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGAN WILAYAH.URAIAN TUGAS JABATAN 1. ESELON : III.A 3.

5. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan LKPJ Kepala Daerah. Memfasilitasi usul pengangkatan dan pemberhentian anggota DPRD Kabupaten . Menyusun pembentukan. antara masyarakat dengan masyarakat.5. Menyusun Evaluasi Daerah Otonomi Baru (EDOB).12. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Pemerintahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Pemerintahan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJM) Kabupaten Lembata. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.3. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Pemerintahan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. agar realisasinya sesuai dengan rencana. Uraian Tugas Jabatan Setda 6 . 5. 5.2. Menyusun LPPD. 5.10. Menyusun penegasan batas wilayah. 5. 5.14.13. EKPPD dan EKPOD.16.1. Pemda dengan pihak ketiga ataupun masyarakat dengan pihak ketiga . Menyusun pendelegasian wewenang kepada Camat dan Lurah. 5. Melakukan pengumpulan data dalam rangka pengembangan daerah.19.17. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Pemerintahan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna perbaikan.5. Memberikan pertimbangan kepada Bupati melalui Sekda dalam rangka pengangkatan Camat dan Lurah. penggabungan dan penghapusan kecamatan dan kelurahan.8. Memfasilitasi penyelesaian konflik tanah antara Pemda dengan masyarakat.11. 5. 5. 5.9.4. 5. 5. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Pemerintahan berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan. Mengkoordinasikan persiapan peringatan hari – hari besar ke-Negaraan dan Daerah . 5. 5.18. 5. penyelenggaran otonomi daerah dan pertanahan.7. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Pemerintahan baik secara tertulis maupun lisan. 5. agar tercapai hasil yang optimal. Menyiapkan bahan bagi penyusunan pedoman pembinaan perangkat wilayah dan pengembangan daerah. URAIAN TUGAS : 5. Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Pemerintahan dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya. ILPPD. 5.15. 5.6.

5. Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Pemerintahan setiap tahun.24.21. Uraian Tugas Jabatan Setda 7 .22. 5. 5.20. Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Pemerintahan apakah sesuai dengan petunjuk dan rencana kerja yang ditetapkan. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Pemerintahan dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. Membuatan laporan bulanan. 5.25. 5.23.5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah.

Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. ESELON : IV.4. 5.11. 5. UNIT KERJA : BAGIAN PEMERINTAHAN 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 8 . 5. 5.Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan EKPPD.Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan ILPPD. 5. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5. MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MENYUSUN PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN OTONOMI DAERAH BERDASARKAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR MENCAPAI TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN. 5. 5. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN OTONOMI DAERAH 2.A 3.2.3.5.8.1. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan LPPD. 5. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kagiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN.Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan EKPOD.12. 5. Menyiapkan bahan pedoman penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan otonomi daerah.URAIAN TUGAS JABATAN 1.9.10.7. 5.6. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan LKPJ Kepala Daerah. URAIAN TUGAS : 5. 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. Menilai prestasi kerja bawahan di lingkungan Sub bagiannya sebagai bahan dalam peningkatan karier.

Menyiapkan bahan dan data pendelegasian wewenang kepada Camat dan Lurah . Uraian Tugas Jabatan Setda 9 .18. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda. 5. Membuat laporan bulanan.13.20.Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan Evaluasi Daerah Otonomi Baru (EDOB). 5.16.17.3.15. 5. Menerima dan mencatat nomor. 5. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian kepada sub – sub bagian. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 2.Menginventaris masalah-masalah yang berkaitan dengan otonomi daerah.5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 3. Menyiapkan bahan untuk pembinaan dan evaluasi otonomi daerah. Melakukan koordinasi dengan unit / instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik. 4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. 5.19. 5.2.4. triwulan dan semesteran penyelengaraan Pemerintahan Daerah.14. 5. Menerima surat masuk dan mengajukan kepada pimpinan untuk mendapatkan disposisi serta mendistribusikan kepada sub – sub bagian demi penanganan selanjutnya dan menangani surat masuk dan keluar pada sub bagiannya. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagiannya. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI UMUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN OTONOMI DAERAH IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH YANG MASUK DAN KELUAR SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. URAIAN TUGAS : 5. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan.1. 5.Menyiapkan data dan bahan laporan bulanan. 5.

URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. Mengumpulkan data – data dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.8. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. URAIAN TUGAS : 5.5. 5. 5.5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. dengan cara mendapatkannya dari unit / instansi yang Uraian Tugas Jabatan Setda 10 . 5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA OTONOMI DAERAH 2. UNIT KERJA : SUB BAGIAN OTONOMI DAERAH 4.7.6. ESELON : 3. Menata surat dan naskah dinas ke dalam file agar memudahkan penemuan bila diperlukan.2. daftar hadir kerja dan apel siang ditandatangani pimpinan dan urusan kepegawaian di bagian untuk diteruskan kepada instansi yang berwenang. IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA OTONOMI DAERAH SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI OTONOMI DAERAH YANG VALID DAN AKUNTABEL. Menyiapkan dan mengisi daftar presensi apel pagi.

5.4. atau mendapatkan langsung dari sumber yang ada agar terhimpun data yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan. Mengumpulkan data – data yang yang berkaitan dengan penyelenggaraan otonomi daerah. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Menyusun hasil evaluasi mengenai data permasalahan berkaitan dengan prosedur. 2.8. 5. 5. formulir – formulir maupun petunjuk – petunjuk. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Uraian Tugas Jabatan Setda 11 . URAIAN TUGAS JABATAN 1. Memilah – milah data yang dikumpulkan sesuai dengan macam / jenisnya dengan cara mengelompokannya sesuai dengan kebutuhan. 3. Menyimpan hasil pengolahan dan evaluasi data penyelenggaraan otonomi daerah serta laporan kegiatannya pada tempat yang telah ditentukan. 5.6. 4.9. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN OTONOMI DAERAH IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU DAN PPTK PADA BAGIAN MASING – MASING PADA LINGKUP SETDA SESUAI STANDAR BERDASARKAN KETENTUAN YANG BERLAKU. Mengolah dan mengevaluasi data tentang penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan hasil penelaahan dari petunjuk atasan. 5. 5. untuk memudahkan pencarian apabila diperlukan. ada melalui surat edaran. 5.3.7.5. sistem dan metode penyelenggaraan otonomi daerah.

Membantu PPTK mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA. 5. Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani. URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER Uraian Tugas Jabatan Setda 12 . Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membantu bendahara pengeluaran pembantu masing – masing untuk penyelesaian dokumen SPJ pada masing – masing KPA. 5.7.4.5. 5. 5. 5.6.2. 5.3.5. URAIAN TUGAS : 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis / lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.8. 5. Melaksanakan tugas perbendaharaan di masing – masing bagian untuk membantu PPTK melaksanakan kegiatan di bagian. Membantu PPTK melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna anggaran.

5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai.ESELON UNIT KERJA IKHTISAR JABATAN : : : SUB BAGIAN OTONOMI DAERAH MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA OTONOMI DAERAH SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA OTONOMI DAERAH YANG DIPERLUKAN. 5.1. 5. URAIAN TUGAS : 5.2. 5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.7.3. 5.4. 5. 5. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.8. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.5. Uraian Tugas Jabatan Setda 13 . Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.6.

3.6. Memperbanyak surat (foto copy) sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas sesuai dengan arahan atasan. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya. 5. 5. menutup pintu dan jendela kantor.10. 5.2. Uraian Tugas Jabatan Setda 14 .URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN : PRAMU TAMU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN OTONOMI DAERAH IKHTISAR JABATAN : MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR YANG BERLAKU.1. 5. Menerima. 5. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. Membersihkan dan menata kerapian tempat kerja pada unit / instansi lingkungan sekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi. 5. Membuka.4. 5. 5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya.5. URAIAN TUGAS : 5. 5.9.8.7. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menerima telephon serta menyampaikan dan pengoper kepada yang ditujukan. 5.

URAIAN TUGAS JABATAN 1.6. Memeriksa hasil kerja para bawahan di lingkungana Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5.4. 5. baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yan ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. 5. Membagi tugas atau kegiatan kepada bawahan di lingkungan Sub Bagiannya dengan memberi arahan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.A UNIT KERJA : BAGIAN PEMERINTAHAN IKHTISAR JABATAN : DAN MENYUSUNAN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN. URAIAN TUGAS : 5. Menilai prestasi kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya berdasarkan hasil kerja yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 4.1.5. Menilai prestasi kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan. 5. 5. MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MENGUMPULKAN BAHAN UNTUK PENYUSUNAN PEDOMAN PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGAN WILAYAH BERDASARKAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERCAPAI TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN. Uraian Tugas Jabatan Setda 15 . 2.3. 5. Memberi petunjuk kerja kepada bawahan di lingkungan Sub Bagiannya agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku.2. 3. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN PERANGKAT PENGEMBANGNAN WILAYAH ESELON : IV.

5.7. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan pedoman petunjuk teknis Perangkat Daerah dan Pengembangan Wilayah; 5.8. Menyiapkan bahan dan data bagi pembentukan, penggabungan Kelurahan dan Kecamatan; 5.9. Menyiapkan bahan usulan pengangkatan Camat dan Lurah ; 5.10. Menginventaris masalah-masalah yang berhubungan dengan Perangkat Daerah dan Pengembangan Wilayah untuk dicarikan pemecahannya; 5.11. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik; 5.12. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah; 5.13. Membuatan laporan bulanan, triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan sub bagiannya dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan; 5.14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA PERANGKAT DAN PENGEMBANGAN WILAYAH ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN PERANGKAT DAN PENGEMBANGNAN WILAYAH IKHTISAR JABATAN:

MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH YANG MASUK DAN KELUAR SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima surat dari pengadministrasi umum sesuai disposisi pimpinan untuk diserahkan kepada sub bagiannya demi penanganan selanjutnya; 5.3. Menyiapkan buku agenda sub bagian untuk mencatat surat masuk sebelum diserahkan kepada pimpinan untuk menjamin agar tidak terjadi kesalahan dan penanganannya;

Uraian Tugas Jabatan Setda

16

5.4. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan; 5.5. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian; 5.6. Melakukan penataan, mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut; 5.7. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop; 5.8. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor; 5.9. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan; 5.10. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA PERANGKAT DAN PENGEMBANGAN WILAYAH ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERANGKAT DAN PENGEMBANGAN WILAYAH IKHTISAR JABATAN:

MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGAN WILAYAH SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGAN WILAYAH YANG VALID DAN AKUNTABEL. 5. URAIAN TUGAS :

Uraian Tugas Jabatan Setda

17

5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Mengumpulkan data-data dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, dengan cara mendapatkannya dari unit / instansi yang ada melalui surat edaran, formulir-formulir maupun petunjukpetunjuk, atau mendapatkan langsung dari sumber yang ada agar terhimpun data yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan; 5.3. Memilah dan mengklasifikasikan data yang ada sesuai dengan tingkat kebutuhannya agar memperoleh data yang akurat dan benar; 5.4. Mentabulasikan data pada format-format yang telah dibuat agar diperoleh satu spesifikasi data bagi kepentingan pengolahan data; 5.5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.6. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. ESELON : : SUB BAGIAN PERANGKAT DAN PENGEMBANGAN WILAYAH 4. IKHTISAR JABATAN :

3.

UNIT KERJA

MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGNAN WILAYAH SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGAN WILAYAH YANG DIPERLUKAN.

Uraian Tugas Jabatan Setda

18

5.

URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan; 5.3. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan; 5.4. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan; 5.5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan; 5.6. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai; 5.7. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.8. Melaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. NAMA JABATAN : SUB BAGIAN PERTANAHAN ESELON : IV.A UNIT KERJA : BAGIAN PEMERINTAHAN

Uraian Tugas Jabatan Setda

19

5. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Pertanahan berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. URAIAN TUGAS : 5. 5.8. Menyiapkan bahan.3.11. Menyiapkan bahan-bahan guna proses hak atas tanhatanah Pemda. Memeriksa hasil kerja bawahan di bawah Sub Bagian Pertanahan untuk menemukan kesalahan-kesaahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 20 .6. 5.10. IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN. 5.5. pedoman dan data guna penyelesaian adimnistrasi tanah-tanah Pemda untuk kepentingan umum.1. triwulan dan taunan atas pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Pertanahan. Melakukan koordinasi dengan unit / instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.4.4. MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MENGUMPULKAN BAHAN.2. Membuat laporan bulanan. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Pertanahan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. 5.9. Menginventaris tanah-tanah Pemda yang bermasalah guna dicarikan pemecahannya. Melakukan fasilitasi dengan pihak-pihak pemilik tanah guna pembebasan tanah dan penyelesaian administrasi tanah-tanah Pemda. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Pertanahan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. Menyiapkan bahan penyusunan Prosedur Tetap (Protap) Pengadaan Tanah. 5.13. 5. 5. 5. 5.12.7. 5. 5. DATA DAN PEDOMAN GUNA PENYELESAIAN ADMINISTRASI PERTANAHAN PEMERINTAH DAERAH YANG PEMANFAATANNYA UNTUK KEPENTINGAN UMUM SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU.

4. 5. Menerima surat dari pengadministrasi umum sesuai disposisi pimpinan untuk diserahkan kepada sub bagian demi penanganan selanjutnya. Mengumpulkan semua kertas-kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas-kertas tersebut dijadikan amplop. 5. Menyiapkan buku agenda sub bagian untuk mengantar surat masuk sebelum diserahkan kepada pimpinan untuk menjamin agar tidak terjadi kesalahan dan penanganannya.3.7. 5. 5. 4. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian. URAIAN TUGAS : 5. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan.6. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 5.9.2. 2.1. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA PERTANAHAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERTANAHAN IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH SESUAI STANDAR KOMPOTENSI AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.5. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkasberkas tersebut.8. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 3. 5. Melakukan penataan. Uraian Tugas Jabatan Setda 21 .10. 5. 5. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor.

Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 22 . pemanfaatan dan penyelesaian tanah kosong. Menyiapkan bahan pemberian izin membuka tanah dan perencanaan penggunaan tanah wilayah Kabupaten. 2. 5.6.1. 5. dan pemberian izin membuka tanah. 3.5. Menyiapkan data tentang subyek dan obyek retribusi tanah serta ganti kerugian tanah kelebihan maksimum dan tanah absente. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.3. Mengumpulkan data-data dalam rangka pelaksanaan pemberian izin lokasi. 5.4. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA PERTANAHAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERTANAHAN IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA PERTANAHANSESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI PERANGKAT DAERAH DAN PENGEMBANGNAN WILAYAH YANG VALID DAN AKUNTABEL. 4.11.2. Menyiapkan data tentang penyelesaian tanah ulayat. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. pengadaan tanah untuk kepentingan umum dan penyelesaian sengketa tanah garapan. URAIAN TUGAS : 5. Menyiapkan data penyelesaian masalah ganti kerugian dan santunan tanah untuk kepentingan pembangunan.5.

5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERTANAHAN IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA ADMINISTRASI PERTANAHAN SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN.5. 3.3. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 5.2. Melaksanakan tugas-tugas kedianasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.1. Uraian Tugas Jabatan Setda 23 . Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. 5. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. URAIAN TUGAS : 5. 2.8.4. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. 4. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan.7.

NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN HUKUM 2. ESELON : III. 5.8.1. URAIAN TUGAS : 5.5. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN RENCANA KEGIATAN. 5. UNIT KERJA : ASISTEN PEMERINTAHAN 4. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. MEMPUBLIKASIKAN DAN MENDOKUMENTASIKAN PRODUK HUKUM DAN MENANDATANGANI LAPORAN SEBAGAI PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN BAGIAN HUKUM BERDASARKAN KETENTUAN YANG BERLAKU. Melaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. MENGKOORDINASIKAN SERTA MENELITI PERUMUSAN PERATURAN PERUNDANG – UNDANGAN. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Hukum sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Uraian Tugas Jabatan Setda 24 .7. TELAAHAN HUKUM DAN BANTUAN HUKUM.A 3.5. 5. 5.6.

Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Hukum berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan. pedoman dan juknis bidang perundang-undangan. Merencanakan produk hukum daerah Kabupaten Lembata.19. Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Hukum dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya. Membuatan laporan bulanan. Melaksanakan bantuan hukum bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata serta mendokumentasikan semua produk hukum daerah. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku.17.7. 5.5. 5.18.16.15. Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Hukum setiap tahun. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Hukum untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna perbaikan. 5. pedoman dan juknis yang berhubungan dengan peraturan perundang-undangan. Memberi bantuan hukum di dalam dan di luar pengadilan kepada pegawai di lingkungan Pemda yang tersangkut perkara kedinasan. 5.12. 5. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan.13.9. 5.8.3. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah. Menyiapkan bahan dalam rangka penyuluhan hukum dan peraturan perundangan yang menyangkut bidang tugas Pemda. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Hukum berdasarkan Rencana Pembanngunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kabupaten Lembata. 5. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Hukum dengan sumber data yang ada dan Uraian Tugas Jabatan Setda 25 . 5.4.11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Hukum apakah sesuai dengan petunjuk daan rencana kerja yang ditetapkan. 5. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian di Bagian Hukum baik secara tertulis maupun lisan. agar realisasinya sesuai dengan rencana. 5.6. kebijakan teknis. 5. Menghimpun dan mempelajarai peraturan perundang-undangan. 5. agar tercapai hasil yang optimal. meneliti dan menyelesaikan perkara atau sengketa dan mempelajarai surat gugatan yang ditujukan kepada pegawai lingkungan Pemda yang tersangkut dalam perkara kedinasan.14. 5.5. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik.10. 5.2. Mempelajari. 5. 5.

20. 5.berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN PERUNDANG – UNDANGAN Uraian Tugas Jabatan Setda 26 .

5. 5. 5.6. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai rencana yang telah ditetapkan.3.8. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 3. Mengadakan penelitian.11. 5. Menyiapkan rancangan Perda untuk disampaikan pada sidang DPRD. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan sub bagiannya untuk menemukan kesalahan – kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. Mengumpulkan data dan informasi dalam rangka perumusan rancangan peraturan perundangan.10. 5. Mengikuti perkembangan hukum pada umumnya dan menyangkut dengan tugas-tugas Pemerintah Daerah.13.5.2.12. Peraturan Bupati.4. 5. Memproses pengesahan Peraturan Desa.1. Menelaah dan mengevaluasi pelaksanaan Perda. 5. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 27 .A UNIT KERJA : BAGIAN HUKUM IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MENGUMPULKAN BAHAN PERUMUSAN RANCANGAN PERATURAN PERUNDANG – UNDANGAN SERTA MENGEVALUASI PELAKSANAAN BERDASARKAN KEWENANGAN AGAR TUGAS BERJALAN DENGAN LANCAR. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. Keputusan Kepala Desa dan Kelurahan. ESELON : IV. 4. 5.9. Peraturan Bupati. pengumpulan dan pengolahan data hukum yang berhubungan dengan tugas Pemerintah Daerah.2. Keputusan Bupati dan Instruksi Bupati. Keputusan Bupati dan Instruksi Bupati agar memperoleh hasil yang baik dalam rangka pernyempurnaan. baik Perda.7. 5. 5. 5. Melakukan koordinasi dengan unit / instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik. URAIAN TUGAS : 5.

Menerima surat dari pengadministrasi umum sesuai disposisi pimpinan untuk diserahkan kepada sub bagian demi penanganan selanjutnya. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan.9. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA PERUNDANG – UNDANGAN 2. Membuat laporan bulanan.7. Menyiapkan buku agenda sub bagian untuk mencatat surat masuk sebelum diserahkan kepada pimpinan untuk menjamin agar tidak terjadi kesalahan dan penanganannya. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PERUNDANG – UNDANGAN YANG MASUK DAN KELUAR SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 28 . 5. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir dokumen kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.2.14.6. 5. ESELON : 3. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERUNDANG – UNDANGAN 4. 5.1.3. URAIAN TUGAS : 5. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor. Melakukan penataan. 5. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop. 5. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut.4. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.5.5. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian.8.

Menyimpan semua naskah perundang – undangan sehingga terjamin keamanannya.3. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA PERUNDANG-UNDANGAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERUNDANG – UNDANGAN IKHTISAR JABATAN: MENATA SERTA UNDANGAN AGAR MENGUMPUL. 5. 5. instruksi.5. 3. 4. 5. MENELITI DAN MENYIMPAN SEMUA NASKAH PERUNDANG – TERJAMIN KEAMANANNYA.12. Peraturan Bupati. MENCATAT. Mengklasifikasi naskah perndang – undangan yang ada sesuai jenisnya agar mudah dicari apabila dibutuhkan. 2. Uraian Tugas Jabatan Setda 29 .5. dan naskah perundang – undangan agar diketahui jumlahnya. Peraturan Derah. 5.keputusan. keputusan . URAIAN TUGAS : 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mencatat naskah surat. 5.11.2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.1. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.4. Menerima surat dari pengadministrasi umum sesuai disposisi pimpinan untuk diserahkan kepada sub bagian demi penanganan selanjutnya.

3. 2. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 30 .5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERUNDANG – UNDANGAN IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA PERUNDANG – UNDANGAN SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN.7. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.2.6.1. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 4. URAIAN TUGAS : 5.

NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN BANTUAN HUKUM ESELON : IV.A UNIT KERJA : BAGIAN HUKUM IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MENGUMPULKAN BAHAN DALAM RANGKA PERUMUSAN MASALAH HUKUM DAN BANTUAN HUKUM BERDASARKAN PETUNJUK DAN KETENTUAN YANG BERLAKU. 3. 5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.5. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Uraian Tugas Jabatan Setda 31 . 5. 2.8. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 4.4. 5.3. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai.6. 5.7.

Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.10.12. Membuat laporan bulanan.6.7.5. 5. Merencanakan dan menyiapkan hal – hal yang menyangkut pemberian bantuan hukum pada aparatur pemerintah yang timbul dari pelaksanaan tugas. Menghimpun bahan dalam penelitian hukum.1. 5. 3. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA BANTUAN HUKUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BANTUAN HUKUM Uraian Tugas Jabatan Setda 32 . 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.5. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. 5. Mengumpulkan data dan bahan dalam rangka penyelesaian masalah – masalah hukum dan penyelesaian bantuan hukum. Memberikan bantuan hukum kepada aparat Pemerintah Daerah yang timbul dari pelaskanaan tugas.11.3.8.2. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan.9. 5. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan sub bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. Mengumpulkan data dan informasi tentang sengketa hukum. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 2.4. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5.13. 5. Menghimpun setiap permohonan bantuan hukum yang ditujukan kepada Bupati.

Melakukan penataan.6. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. 5. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN BANTUAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTATANYA DATA BANTUAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM DENGAN 5.3. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor.2. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian.4.7.11.8. 5.1. 5. 5.5. 5.4. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut. Menyiapkan buku agenda sub bagian untuk mengantar surat masuk sebelum diserahkan kepada pimpinan untuk diserahkan kepada pimpinan untuk menjamin agar tidak terjadi kesalahan dan penanganannya. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir dokumen kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.12.9. URAIAN TUGAS : 5. 5. 5. Menerima surat dari pengadministrasi umum sesuai disposisi pimpinan untuk diserahkan kepada sub bagian demi penanganan selanjutnya. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Uraian Tugas Jabatan Setda 33 . 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.

5. 5.12. Membuat konsep hasil pelaksanaan tugas pengumpulan dan pengolahan data yang berhubungan dengan tugas sesuai dengan petunjuk. Mencatat data yang diperoleh dengan ketentuan dan petunjuk yang berlaku untuk memudahkan penggolongannya.11. 5. Mempelajari data sesuai golongannya masing – masing untuk dibuat konsep telaahan. 5.8. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.3.9. 5. 5. 5. 2. NAMA JABATAN : PENGOLAH DATA BANTUAN HUKUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BANTUAN HUKUM IKHTISAR JABATAN: MENATA SERTA UNDANGAN AGAR MENGUMPUL.4. 5. Mencatat dan mempelajari aturan – aturan yang berhubungan dengan permintaan bantuan hukum untuk pedomaan pelaksanaan tugas. 5. Menyusun data yang telah diolah pada papan data sesuai petunjuk atasannya untuk dipergunakan sebagai bahan informasi bagi yang membutuhkan.1.13. MENCATAT.5. Mendampingi pihak – pihak yang tersangkut perkara di dalam dan di luar pengadilan. Mengadministrasikan dan merekap surat masuk dan surat keluar sehingga diketahui jumlahnya. 5. MENELITI DAN MENYIMPAN SEMUA NASKAH PERUNDANG – TERJAMIN KEAMANANNYA.2. Menerima dan mempelajari surat pedomaan bantuan hukum dari unit / dinas lingkup Pemda Lembata yang tersangkut perkara. 5. 5.6.10. Menginventarisir data / bukti sesuai jenis permasalahannya. Mengumpulkan data yang berhubungan dengan cara menghubungi secara langsung dan laporan yang masuk. 4.URAIAN TUGAS JABATAN 1.7. Merekap masalah – masalah yang dihadapi baik baru diterima maupun yang sementara dan selesai diproses sehingga dapat Uraian Tugas Jabatan Setda 34 . URAIAN TUGAS : 5. 3. Menyiapkan surat – surat izin bantuan hukum.

5. NAMA JABATAN : PELAKSANA BANTUAN HUKUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BANTUAN HUKUM IKHTISAR JABATAN: MELAKSANAKAN OLAHAN DATA BANTUAN HUKUM SESUAI STANDAR KOMPETENSI AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN.2. Melaksanakan pemberian bantuan hukum dalam persidangan dipengadilan untuk kepentingan pemerintah daerah. peninjauan kembali dan upaya – upaya hukum lainnya sesuai dengan peraturan perundang undangan. Mengajukan permohonan bidang kasasi. Uraian Tugas Jabatan Setda 35 .diketahui dengan jelas jumlah masalah yang sedang ditangani dengan tingkat penyelesaiannya. 5.6. 5.4.16. 5. 5. 5. 5.1. Memelihara dan menjaga keutuhan bukti – bukti formal maupun material atau berkas masalah hukum yang sedang ditangani agar tidak hilang. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menyusun gugatan. Mengetik laporan penanganan masalah dan mengajukannya kepada atasan untuk diketahui dan memberi petunjuk selanjutnya.14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 3. 4. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. URAIAN TUGAS : 5. 5. Memeriksa dan menelaah masalah hukum yang dihadapi Pemerintah Daerah beserta perangkatnya yang diproses dipengadilan untuk menyusun bahan bantuan hukum. 5. duplik dan bantahan serta melengkapi alat bukti berupa bukti berupa bukti tertulis dan saksi untuk keperluan persidangan. replik. 2.15.3. URAIAN TUGAS JABATAN 1.5.

Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan.3. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 2. Uraian Tugas Jabatan Setda 36 . URAIAN TUGAS JABATAN 1. 3. 4.7. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.8.5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BANTUAN HUKUM IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA BANTUAN HUKUM SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN.4. Menyusun konsep data dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas bantuan dan perlindungan hukum sesuai petunjuk kerja dan perintah atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas.1. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 5.2. 5.9.

5.5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan; 5.6. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai; 5.7. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.8. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM 2. ESELON : IV.A 3. UNIT KERJA : BAGIAN HUKUM 4. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MENGUMPULKAN BAHAN DALAM RANGKA DOKUMENTASI HUKUM BERDASARKAN PETUNJUK DAN KETENTUAN YANG BERLAKU. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta

Uraian Tugas Jabatan Setda

37

5.2. 5.3. 5.4. 5.5. 5.6. 5.7. 5.8. 5.9. 5.10. 5.11. 5.12.

sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan; Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas; Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut; Memeriksa hasil kerja para bawahan di lingkungan sub bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut; Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier; Mengumpulkan data dan bahan dalam rangka dokumentasi hukum; Menghimpun Perda, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati dan berbagai dokumen hukum lainnya untuk dimasukan dalam jaringan dokumentasi hukum; Mengawasi dan mengendalikan peminjaman produk hukum; Melakukan katalogisasi dan klasifikasi buku-buku hukum; Mempublikasikan produk-produk hukum dengan jalan memuatnya dalam mas media, buletin dan sebagianya; Membuat laporan bulanan, triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan; Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM 2. ESELON : 3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM 4. IKHTISAR JABATAN:

Uraian Tugas Jabatan Setda

38

MENCATAT DAN MENERIMA DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN DOKUMENTASI HUKUM SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTATANYA DOKUMENTASI HUKUM DENGAN BAIK. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima surat masuk dan mengajukan kepada pimpinan untuk mendapatkan disposisi serta mendistribusikan kepada sub – sub bagian demi penanganan selanjutnya dan menangani surat masuk dan keluar pada sub bagiannya; 5.3. Menyiapkan buku agenda sub bagian untuk mengantar surat masuk sebelum diserahkan kepada pimpinan untuk diserahkan kepada pimpinan untuk menjamin agar tidak terjadi kesalahan dan penanganannya; 5.4. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan; 5.5. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian; 5.6. Melakukan penataan, mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut; 5.7. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop; 5.8. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor; 5.9. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir dokumen kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan; 5.10. Menyiapkan dan mengisi daftar presensi apel pagi, daftar hadir kerja dan apel siang ditandatangani pimpinan dan urusan kepegawaian di bagian untuk diteruskan kepada instansi yang berwenang; 5.11. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.12. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Uraian Tugas Jabatan Setda

39

URAIAN TUGAS JABATAN
1. NAMA JABATAN : PENGOLAH DATA DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM 2. ESELON : 3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI HUKUM 4. IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL, MENCATAT, MENELITI DAN MENYIMPAN SEMUA NASKAH PERUNDANG – TERJAMIN KEAMANANNYA. 5. MENATA SERTA UNDANGAN AGAR

URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima dan mempelajari surat pedomaan bantuan hukum dari unit / dinas lingkup Pemda Lembata yang tersangkut perkara; 5.3. Mencatat dan mempelajari aturan – aturan yang berhubungan dengan permintaan bantuan hukum untuk pedomaan pelaksanaan tugas; 5.4. Menginventarisir data / bukti sesuai jenis permasalahannya; 5.5. Menyiapkan surat – surat izin bantuan hukum; 5.6. Mendampingi pihak – pihak yang tersangkut perkara di dalam dan di luar pengadilan; 5.7. Mengumpulkan data yang berhubungan dengan cara : menghubungi secara langsung dan laporan yang masuk; 5.8. Mencatat data yang diperoleh dengan ketentuan dan petunjuk yang berlaku untuk memudahkan penggolongannya; 5.9. Mempelajari data sesuai golongannya masing – masing untuk dibuat konsep telaahan; 5.10. Menyusun data yang telah diolah pada papan data sesuai petunjuk atasannya untuk dipergunakan sebagai bahan informasi bagi yang membutuhkan; 5.11. Membuat konsep hasil pelaksanaan tugas pengumpulan dan pengolahan data yang berhubungan dengan tugas sesuai dengan petunjuk; 5.12. Mengadministrasikan dan merekap surat masuk dan surat keluar sehingga diketahui jumlahnya;

Uraian Tugas Jabatan Setda

40

URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. 3. Memberikan layanan pustaka hukum kepada masyarakat serta instansi pemerintah atau swasta yang memerlukan sesuai prosedur dan arahan atasan agar informasi cepat tersebar dimasyarakat dan pihak – pihak yang berkepentingan. 5.13. 4.14. Mencatat pustaka hukum yangdi pinjam dan identitas peminjam sesuai prosedur dan arahan atasan untuk memudahkan penagihan bila terlambat dikembalikan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.5. URAIAN TUGAS : 5. Mengetik laporan penanganan masalah dan mengajukannya kepada atasan untuk diketahui dan memberi petunjuk selanjutnya.16. Merekap masalah – masalah yang dihadapi baik baru diterima maupun yang sementara dan selesai diproses sehingga dapat diketahui dengan jelas jumlah masalah yang sedang ditangani dengan tingkat penyelesaiannya. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI PUSTAKA HUKUM ESELON : UNIT KERJA : SUB DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM IKHTISAR JABATAN: MEMBERIKAN LAYANAN PUSTAKA HUKUM DAN MENYUSUN PUSTAKA HUKUM SESUAI STANDAR UNTUK DIGUNAKAN BAGI YANG MEMERLUKAN DALAM RANGKA PENYEBARLUASAN INFORASI HUKUM. 5.2. Memelihara pustaka hukum dengan cara membersihkan dan menyemprot dengan pembasmi anti hama kutu buku sesuai ketentuan agar bahan pustaka hukum terawat dengan baik. 5. 5.4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 2.1.15. Uraian Tugas Jabatan Setda 41 .3. 5.

1. 5. IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU PADA BAGIAN HUKUM SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.8.5.6. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. URAIAN TUGAS : 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.7. 5. Menyusun jumlah buku yang dipinjam dan menyusun bukti sah peminjaman sesuai ketentuan untuk mengetahui jumlah buku yang dipinjam. Menyusun konsep data dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sub bagian dokumentasi dan publikasi hukum sesuai petunjuk atsan guna kelancaran pelaksanaan tugas. UNIT KERJA : SUB BAGIAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM 4. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU 2. ESELON : 3. Uraian Tugas Jabatan Setda 42 . Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.5.

2.4. Mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA.5. Melaksanakan tugas perbendaharaan bagian hukum melaksanakan kegiatan di bagian. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 3. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN DOKUMENTASI HUKUM IKHTISAR JABATAN: DAN PUBLIKASI Uraian Tugas Jabatan Setda 43 . 5. 5. 5.5. 2. Membantu bendahara pengeluaran pembantu masing – masing untuk penyelesaian dokumen SPJ pada masing – masing KPA.8.7. 5. 4. Melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna anggaran. 5.6. Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani.3.

URAIAN TUGAS : 5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN Uraian Tugas Jabatan Setda 44 .1. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.3.5.7.8.2. 5. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI HUKUM SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.4.6. 5. 5.

Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menata dan merawat taman di lingkungan sekitarnya.11. menutup pintu dan jendela kantor. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. ESELON : : SUB BAGIAN DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI 3. 5.3. 5.7.3. Menerima telephon serta menyampaikan dan pengoper kepada yang ditujukan. 5.4.9. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya. 5. 5. UNIT KERJA HUKUM 1.10. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. IKHTISAR JABATAN : MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR YANG BERLAKU.5. 5. Membuka. 4. Memperbanyak surat (foto copy) sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas sesuai dengan arahan atasan. Menerima.2. 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 45 . Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. 5. melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya. NAMA JABATAN : PRAMU TAMU 2. 5.8.6. 5. Membersihkan dan menata kerapian tempat kerja pada unit / instansi lingkungan sekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi.1.

Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Humas untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna perbaikan. Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Humas dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya. 5. 5. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian di Bagian Humas baik secara tertulis maupun lisan.2.A UNIT KERJA : ASISTEN PEMERINTAHAN IKHTISAR JABATAN : MENGKOORDINASIKAN PERUMUSAN KEBIJAKAN PEMBINAAN HUBUNGAN MASYARAKAT MELIPUTI PENGUMPULAN DAN PENJARINGAN INFORMASI. 3. 4.5. PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI SERTA PEERSANDIAN DAERAH SESUAI STANDAR SERTA MENGINFORMASIKAN KEBIJAKAN BUPATI KEPALA DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAKSANAAN 5.3. agar tercapai hasil yang optimal. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.1. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Humas berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kabupaten Lembata. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Humas sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 5.4.6. 2. NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT ESELON : III. agar realisasinya sesuai dengan rencana. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Humas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Humas berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan. Uraian Tugas Jabatan Setda 46 . 5.7. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. PENERANGAN. 5. URAIAN TUGAS : 5.

5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Humas apakah sesuai dengan petunjuk daan rencana kerja yang ditetapkan. dokumentasi dan publikasi kebijakan Bupati Kepala Daerah kepada masyarakat.5. 5. Membuatan laporan bulanan. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Humas dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan.12.15. 5. Melakukan penjaringan informasi. 5.16.9. Menyiapkan bahan bagi penyusunan rencana pembinaan hubungan kemasyarakatan dan acara keprotokoleran. pendokumentasian dan publikasi dan keprotokoleran daerah serta persandian. 5.13. Merumuskan kebijakan sasaran pembinaan hubungan kemasyarakatan. Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Humas setiap tahun. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik.14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas.10. 5. 5.8.11. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah. Uraian Tugas Jabatan Setda 47 . 5.

Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Protokol untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. Uraian Tugas Jabatan Setda 48 .3. Menyusun langkah-langkah kegiatan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melqaksanakan kegitan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. 5. 5.A UNIT KERJA : BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PELAKSANAAN ACARA KEPROTOKOLERAN PEMERINTAH DAERAH DAN TAMU PERINTAH DAERAH SESUAI ATURAN YANG BERLAKU. Memeriksa hasil kerja bawahan dilingkungan sub bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 3. 5.4. 2. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN PROTOKOL ESELON : IV.1.URAIAN TUGAS JABATAN 1. URAIAN TUGAS : 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Protokol sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.2. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Protokol berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5. 4.5. 5.

5. Uraian Tugas Jabatan Setda 49 . triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Protokol. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PROTOKOL IKHTISAR JABATAN: PROTOKOL MENERIMA DAN MENCATAT SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK.1. 2. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan.2. 5.10. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.8. Membuat laporan bulanan. 5. 4. 5. Menerima dan mencatat nomor.5.6. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Memfasilitasi acara keprtokoleran kunjungan pejabat daerah maupun pejabat tingkat provinsi dan pusat. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda sub bagian demi penanganan selanjutnya.7. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.9. Menyiapkan data untuk kelancaran pelaksanaan acara keprotokoleran Pemda dan Pejabat Daerah/Negara. 3. URAIAN TUGAS : 5.

12.5. 5. 4. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai kertas – kertas tersebut dapat dijadikan amplop. Menandatangani buku kendali surat sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. Melakukan persiapan untuk penyelenggaraan upacara. Melakukan penataan. 5. 2. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenisnya untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut. RAPAT DINAS DAN KUNJUNGAN TAMU PIMPINAN PEMERINTAH DAERAH DAN KEGIATAN SEJENISNYA SESUAI STANDAR AGAR KEGIATAN BERJALAN DENGAN BAIK DAN LANCAR. URAIAN TUGAS JABATAN 1.3. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.10.11. Melakukan pengaturan perjalanan dinas pimpinan dan tamu pemerintah daerah agar berjalan dengan lancar. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor. NAMA JABATAN : PRAMU ACARA ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PROTOKOL IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN DAN MEMANDU ACARA PADA KEGIATAN UPACARA PELANTIKAN. Uraian Tugas Jabatan Setda 50 . 5. 5.7. Menyiapkan administrasi pengendalian tamu pemerintah daerah sesuai ketentuan yang berlaku agar berjalan dengan baik. 5.6.5. 3. 5. 5. 5.9. rapat dinas dan kunjungan tamu pimpinan yang meliputi pengaturan susunan acara.8.4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. pelantikan. 5. sarana dan perlengkapan keprotokoleran.13.

pelaku acara dan tamu pada upacara pelantikan.1.5. Mengumpulkan semua surat masuk berupa surat undangan yang harus dihadiri oleh pejabat protokol serta menghubungi unit instansi yang terkait sesuai kegiatan tersebut. 5.7. URAIAN TUGAS JABATAN Uraian Tugas Jabatan Setda 51 . Memantau setiap acara keprotokoleran serta menyiapkan acara penyelenggaraan upacara pelantikan.6.4. rapat – rapat dinas dan pertemuan dinas lainnya. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.8. Mengatur persiapan rapat. 5. 5.9. Memandu pejabat. 5.3.5. URAIAN TUGAS : 5. 5. 5. pertemuan upacara dan kendaraan untuk tamu yang memerlukan pelayanan dan bersifat protokoler. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Menyusun konsep surat dan naskah dinas yang berkaitan dengan sub bagian protokoler untuk kelancaran tugas. Menginventarisir dan memilah undangan atau kegiatan yang berkaitan dengan keprotokoleran untuk ditangani menurut sifatnya serta melaporkan kepada atasan. rapat dinas dan kegiatan lainnya sejenis serta kunjungan tamu pimpinan pemerintah daerah agar terselenggaranya kegiatan yang baik dan lancar. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.2. 5.

URAIAN TUGAS : Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. 5.2. 3. 5. 4.4.8.6. 5.7. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Melaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 2. Uraian Tugas Jabatan Setda 52 . 5. 5.1.1. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PROTOKOL IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA PROTOKOL SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA PROTOKOL YANG DIPERLUKAN. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan.3. 5.5.

5. Menyiapakan usulan pemeliharaan. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN RENCANA LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMAKAIAN SANDI DAN PENDOKUMENTASIANNYA AGAR SECARA TERTIB. UNIT KERJA : BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT 4. AMAN DAN TERARAH SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU.1. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Sandi dan Dokumentasi sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. Memeriksa hasil kerja para bawahan di bawah sub bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanju. perbaikan dan pengadaan sarana dan kelengkapan lainnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.5. Menyusun langkah-langkah kegiatan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melqaksanakan kegitan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Menyusun bahan pembinaan dan pengembangan sarana sandi untuk meningkatkan kemampuan bawahan/petugas teknis. 5. 5.7.4. 5. Mengatur dan mengawasi Penggunaan sarana telekomunikasi untuk pengiriman dan penerimaan berita/sandi serta pengamanan pertukaran informasi serta pendokumentasiannya. 5.11. Uraian Tugas Jabatan Setda 53 .9. 5.2. 5. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 2.A 3. 5. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan sub bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut.8. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Sandi dan Dokumentasi berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5.6. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Sandi dan Dokumentasi untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. maupun pengiriman ke pusat maupun daerah yang telah diproses bawahan/petugas operasional. Mengurus dan mencatat administrasi penyimpanan dan pemeliharaan arsip berita baik yang diterima dari pusat/daerah. 5.3. URAIAN TUGAS : 5.10. ESELON : IV.

5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.5. 5. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai kertas – kertas tersebut dapat dijadikan amplop. Melakukan penataan.13. 5. Membuat laporan bulanan. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda sub bagian demi penanganan selanjutnya. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenisnya untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor. Menerima dan mencatat nomor. Uraian Tugas Jabatan Setda 54 . triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Sandi dan Dokumentasi 5. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS YANG BERHUBUNGAN DENGAN SANDI DAN DOKUMENTASI PEMERINTAH SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5. ESELON : 3. 5. 5. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 4.3.2.6.7. Menandatangani buku kendali surat sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA SANDI DAN DOKUMENTASI 2.1. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian.5. . URAIAN TUGAS : 5.12. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.

8. IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN RADIO TELEKOMUNIKASI DAN PERANGKAT PENDUKUNG LAINNYA SESUAI STANDAR UNTUK PELAKSANAN TUGAS PENGIRIMAN DAN PENERIMAAN BERITA. 5.10. Mengganti operasional pesawat radio dan menyetel frekwensinya sesuai dengan keperluan dan memelihara pesawat radio dan perangkat lainnya agar siap pakai serta memperbaiki kerusakannya Uraian Tugas Jabatan Setda 55 . 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 4. NAMA JABATAN : OPERATOR RADIO SSB 2. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.5.1.9. URAIAN TUGAS : 5. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mengoperasikan pesawat radio dan perangkat pendukung lainnya untuk pengiriman dan penerimaan berita untuk kelancaran pelaksanaan tugas.2.3. ESELON : 3.

ESELON : 3. waktu serta petunjuk lainnya sesuai arahan atasan untuk tertib administrasi. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.6. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : Uraian Tugas Jabatan Setda 56 . NAMA JABATAN : PENGOLAH DATA PERSANDIAN 2. sumber berita. Mencatat isi berita. UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 4.5. 5. 5. IKHTISAR JABATAN: MENGELOLAH PERSANDIAN TELEKOMUNIKASI DAN PERANGKAT PENDUKUNG LAINNYA SESUAI STANDAR UNTUK PELAKSANAAN TUGAS PENGIRIMAN DAN PENERIMAAN BERITA.dan melaporkan kepada atasan apabila terjadi kerusakan berat agar segera diperbaiki.

Mendistribusikan persandian kepada alamat yang dituju secara kuriil dan tertutup untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.3. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. Mengendalikan dan mengawasi keluar masuk berita sandi selanjutnya dijabarkan secara rahasia . NAMA JABATAN : TEKNISI PERALATAN SANDI ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI Uraian Tugas Jabatan Setda 57 .5. 5.7. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 2. 5. Menerima.2. URAIAN TUGAS JABATAN 1.6.1. 5. Memelihara perawatan persandian dan melaporkan kepada atasan kerusakan berat agar segera di perbaiki serta menyusun permintaan komponen kepada yang berkepentingan.4. mencatat dan mengadministrasikan penerimaan maupun pengiriman pesan serta menjaga kerahasiaannya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 3.5. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.

5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.3.1.2. Uraian Tugas Jabatan Setda 58 . URAIAN TUGAS : 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. IKHTISAR JABATAN: MEMPERBAIKI PERANGKAT SANDI DAN INSTALASI ATAU JARINGAN TRANSMISI YANG MENGALAMI KERUSAKAN SESUAI STANDAR AGAR DALAM KONDISI SIAP PAKAI. 5. 5. Memantau dan memeriksa kondisi perangkat sandi serta mencatat komponen yang rusak agar dapat diketahui perkiraan biaya perbaikan.4.5. Membuat perkiraan kebutuhan biaya dan jumlah srrta jenis komponen yang diperlukan untuk bahan masukan. Memperbaiki perangkat sandi dan instalasi jaringan tranmisi jaringan yang mengalami kerusakan sehingga perangkat dalam kondisi siap pakai.4. 5. 5. 5.6.

Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Memasukan bahan dokumentasi ke dalam file yang telah disediakan menurut jenis dan masalahnya untuk disimpan sebagai arsip. Mengupul data berupa foto. 5. 5.7. 5. URAIAN TUGAS : 5.4.1. masalah tahun kejadian sesuai arahan dan petunjuk atasan agar muda dalam pencarian bila diperlukan. MENYIMPAN FOTO. KLIPING BERITA MAUPUN ACARA LAIN SESUAI STANDAR UNTUK DISIMPAN DALAM FILE YANG TELAH DISIAPKAN. Uraian Tugas Jabatan Setda 59 . Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. kliping berita.6.3. 5. acara pimpinan Pemerintah Daerah dan kegiatan lain yang berhubungan dengan instansi sesuai arahan atasan untuk disusun dan didokumentasikan. ESELON : 3. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 4.8. acara lain yang sejenis menurut jenis dan masalah atau bidangnya sesuai dengan arahan dan petunjuk atasan untuk dijadikan bahan dokumentasi. IKHTISAR JABATAN: MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH BAHAN DOKUMENTASI DENGAN MENGKLASIFIKASI. 5.5. kliping berita. Mengolah dengan cara mengklasifikasikan setiap bahan dokumentasi seperti foto. Menyimpan dan memelihara semua dokumentasi menurut kode.2. 5. Memberikan layanan permintaan dokumentasi sesuai arahan dan petunjuk atasan untuk bahan pembuatan konsep bagi pemberitaan yang membutuhkan tanggapan dan melengkapi bahan pidato pimpinan daerah serta bahan pemberitaan lainnya. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH BAHAN DOKUMENTASI 2.

4. 2.3. 5.7.4.8.5. jenis bentuk dan tujuan acara.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. Menyimpan dan merawat peralatan yang digunakan pemotretan sesuai prosedur yang berlaku agar selalu siap pakai. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. Memotret sasaran yang dianggap penting dalam suatu acara dengan tustel sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk mendapat gambar acara tersebut. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. URAIAN TUGAS : 5.2.6. Menerima dan mempelajari permintaan pengambilan foto suatu acara sesuai petunjuk atasan untuk mengetahui jadwal. Uraian Tugas Jabatan Setda 60 .1. Menyiapkan peralatan yang akan digunakan mengisikan film ke dalam tustel sesuai prosedur yang berlaku agar peralatan dalam keadaan siap pakai. 5. 3. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. Mencuci film hasil pemotretan sesuai prosedur yang berlaku untuk mendapatkan foto sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. NAMA JABATAN : JURU FOTO / FOTOGRAFER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI IKHTISAR JABATAN: MEMOTRET SASARAN DALAM ACARA YANG DITENTUKAN DAN MEMPROSES CETAK GAMBAR PEMOTRETAN SESUAI STANDAR UNTUK MENDAPATKAN DOKUMENTASI FOTO SESUAI UKURAN YANG TELAH 5.

Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. URAIAN TUGAS : 5.4. ESELON : 3.3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 4.1. Memperbaiki film yang rusak atau merekam ulang sasaran agar dokumetasi film tetap jelas gambar maupun suaranya. NAMA JABATAN : KAMERAMEN 2.2. IKHTISAR JABATAN: MEREKAM ACARA DENGAN MENGGUNAKAN KAMERA KEDALAM BENTUK FILM ATAU KASET VIDEO SESUAI STANDAR UNTUK MENDAPATKAN DOKUMENTASI FILM.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. 5. 5. Menerima dan mempelajari permintaan peliputan acara berdasarkan informasi dari unit pengelolah acara untuk mengetahui jadwal. Uraian Tugas Jabatan Setda 61 . 5. Merekam acara yang telah ditentukan dengan menggunakan kamera video ke dalam bentuk film atau kaset untuk mendapatkan dokumentasi film. Menyiapkan perekaman dengan mengecek peralatan dan bahan yang akan digunakan sesuai prosedur yang berlaku untuk proses perekaman seperti kamera film atau video kaset. jenis acara serta lama waktu acara pertemuan yang akan diliputi.5. 5.

5.6. ESELON : 3. URAIAN TUGAS : 5.8. UNIT KERJA : SUB BAGIAN SANDI DAN DOKUMENTASI 4.1. 5. IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU PADA BAGIAN HUMAS SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Uraian Tugas Jabatan Setda 62 . Memelihara dan menyimpan peralatan yang dugunakan sesuai prosedur yang berlaku untuk merekam suatu acara agar selalu siap pakai. URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU 2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.5. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.7.

5. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.5. IKHTISAR JABATAN OPERATOR KOMPUTER SUB : BAGIAN SANDI DAN Uraian Tugas Jabatan Setda 63 . NAMA JABATAN : 2. URAIAN TUGAS JABATAN 1.6. Melaksanakan tugas Pembantu bendahara pengeluaran pembantu di Bagian Humas dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan di bagian.4. UNIT KERJA : DOKUMENTASI 4. 5. Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani. 5.8. Membantu Bendahara pengeluaran pembantu KPA Asisten Pemerintahan untuk penyelesaian dokumen SPJ . ESELON : 3. Mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA. 5.2.7.3. 5. Melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna Anggaran.5.

URAIAN TUGAS JABATAN Uraian Tugas Jabatan Setda 64 .2. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.6. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.7. 5. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. URAIAN TUGAS : 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. 5.1. 5.5. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 5. 5.MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA SANDI DAN DOKUMENTASI SESUAI STANDAR KOMPETENSI AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN. 5. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.3.4. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.8.

Memeriksa hasil kerja para bawahan di bawah sub bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5.1. IKHTISAR JABATAN : DAN MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PELAKSANAAN KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI KEGIATAN PEMERINTAHAN.12. UNIT KERJA : BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT 4.5. ESELON : IV. URAIAN TUGAS : 5. Mengirimkan berita untuk disiarkan melalui pers melalui media masa lainnya. 5. Menyiapkan bahan berupa berita. Menyiapkan data dan pengumpulan informasi untuk kelancaran pemberitaan.8. PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DAN PELAYANAN KEMASYARAKATAN SESUAI STANDAR DAN PROSEDUR YANG BERLAKU. Mengklarifikasi semua informasi yang sudah terkumpul sesuai bidang permasalahan. Mempersiapkan bahan untuk keterangan dan penjelasan pers. aktualisasi sesuai petunjuk untuk kebutuhan atau kepada pada sasaran yangdituju.10. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian kerjasama dan publikasi informasi sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 5.6. merumuskan dan menyusun informasi yang sudah tersaring dan diklarifikasikan menjadi informasi kehumasan dengan Uraian Tugas Jabatan Setda 65 . 5. 5. Menganalisa. 5. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian kerjasama dan publikasi informasi untuk menemukan kesalahankesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5.11. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN KERJASAMA PUBLIKASI INFORMASI 2.9.2. tingkat kerahasiaan. Menjaring semua informasi yang sudah terkumpul untuk dijadikan informasi kehumasan. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.7. 5.1. 5.13.4. 5. 5. 5. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian kerjasama dan publikasi informasi berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5.A 3.3. informasi dari semua pihak / jajaran dan jalur agar kegiatan berjalan lancar cepat dan tepat untuk disiarkan melalui media masa. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.

Membuat laporan bulanan.14.17. 5.15.tepat sasaran yang dituju. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian kerjasama dan publikasi informasi. Uraian Tugas Jabatan Setda 66 . 5. 5. untuk kegiatan dokumentasi. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. kaset rekaman. menyiapkan dan memelihara foto – foto. Membuat perekaman dan penyajian data.16. jenis media masa yang digunakan serta teknis bahasa yang baik untuk kelancaran informasi timbal balik antara Pemerintah Daerah dan masyarakat. 5. Memuat.

Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian kepada sub – sub bagian. URAIAN TUGAS : 5. 5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai di proses pada buku agenda. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI 2. ESELON : 3.4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.5. Uraian Tugas Jabatan Setda 67 . 5. 5. 5.6.2. agar memudahkan penemuan yang bila diperlukan.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI 4.3. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Menata surat dan naskah dinas ke dalam file.1. 5. Menerima dan mencatat nomor.

3. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 68 . Mengkasifikasi data yang dikumpulkan berdasarkan penggolongan untuk memudahkan pengumpulan data yang dibutuhkan. Mencatat perkembangan pengumpulan data dan informasi dan permasalahannya dalam buku jaga untuk tidakan kerja selanjutnya. 3.1. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA TATALAKSANA PEMERINTAHAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIANYA DATA DAN INFORMASI UNTUK KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI YANG VALID DAN AKUNTABEL. 5.2. 5. 5.4. 2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menerima dan mengumpul data dan informasi melalui pengisian format – format untuk tindakan selanjutnya. URAIAN TUGAS : 5. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1.

5. Menyajikan informasi olahan sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan proses kegiatan lebih lanjut.5. Meneliti dan mengidentifikasi data dan informasi yang ada sesuai petunjuk kerja atasan agar mendapat kebenaran data yang dibutuhkan. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. 5. 3. 2. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.6.9.5.7.1. URAIAN TUGAS : 5. 4. Menyusun konsep data dan naskah dinas lainnya sesuai petunjuk kerja dan perintah atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. mentabulasi dan merekapitulasi data sesuai petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi data elektronik yang baik dan benar.8. Mengolah data dengan mengklasifikasi. Melakukan kerja sama dengan wartawan dan media massa dalam rangka penyebarluasan informasi.11. 5.10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. NAMA JABATAN : PENYUSUN SAMBUTAN / PIDATO ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA UNTUK MENYUSUN SAMBUTAN / PIDATO SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU. Uraian Tugas Jabatan Setda 69 . Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.

5. 4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.5. NAMA JABATAN : PENGANALISIS INFORMASI ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI IKHTISAR JABATAN: MENGANALISIS INFORMASI DAN DATA YANG DIMUAT DALAM MEDIA MASA MAUPUN KEBERHASILAN PELAKSANAAN TUGAS PEMERINTAH DAERAH SESUAI STANDAR UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN PEMBERITAAN. Menyampaikan rancangan sambutan / pidato Pimpinan kepada atasan untuk diteliti dan diadakan perbaikan. Menerima dan mengumpul data pemerintahan untuk menyusun sambutan / pidato Pimpinan.7. 5. Mengkasifikasi data yang dikumpulkan berdasarkan penggolongan untuk memudahkan pengumpulan data yang dibutuhkan dalam rangka penyusunan sambutan.6. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Melakukan penyusunan rancangan sambutan / pidato Pimpinan bersama dengan tim yang telah ditetapkan. 5.8. Melakukan perbaikan sambutan / pidato Pimpinan sesuai dengan catatan atasan. 3.2. 5. 5.4. 2. Uraian Tugas Jabatan Setda 70 .3.5.

5. 5. 5.7.11. 5.4.6. 5. Merekam dan menganalisa berita penting yang disiapkan melalui media elektronik atau alat komunikasi lain untuk dijadikan bahan pemberitaan. 5.3.2. Melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan wartawan dalam pembuatan berita serta menyimpan dan memelihara arsip tanggapan berita / pendapat umum agar selalu ada pada koridor yang sebenarnya. Mengumpulkan berita atau informasi yang bersumber dari media masa maupun dari Pemerintah Daerah untuk dijadikan bahan pemberitaan. Menyusun konsep tanggapan pemerintah berdasarkan hasil olahan / kajian untuk memberikan penjelasan atau jawaban atas berita atau informasi pada media masa. 5.12.5.5.9. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. Menyusun konsep ralat atas pemberitaan yang memerlukan tanggapan berdasarkan hasil olahan untuk disampaikan ke redaksi media masa yang bersangkutan. Menyusun konsep naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sub bagian sesuai petunjuk kerja dan perintah atasan. 5.8. 5. Mengolah data tanggapan pendapatan umum sesuai arahan atasan untuk menyusun konsep naskah tanggapan umum pemberitaan.10. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Uraian Tugas Jabatan Setda 71 . Menyimpan dan memelihara arsip penganalisahan informasi / berita ke dalam file agar tertib administrasi dan memudahkan dalam pencarian apabila diperlukan. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Menyampaikan naskah tanggapan berita yang belum atau tidak sesuai dengan kebijaksanaan Pemerintah Daerah untuk digunakan sebagai pembetulan atau penyempurnaan materi pemberitaan. URAIAN TUGAS : 5.

1.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. ESELON : 3. 5. IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU PADA BAGIAN HUMAS SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU.5. 5.6. Uraian Tugas Jabatan Setda 72 .8. URAIAN TUGAS : 5. 5.4. Melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna Anggaran. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaksanakan tugas Pembantu bendahara pengeluaran pembantu di Bagian Hukum dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan di bagian. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU 2. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membantu Bendahara pengeluaran pembantu KPA Asisten Pemerintahan untuk penyelesaian dokumen SPJ .7.3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI 4. 5. Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani. 5.2. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. Mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA.

5. 5.4.6. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KERJASAMA INFORMASI 4. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.2. 5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. 5.1. URAIAN TUGAS : 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.5. IKHTISAR JABATAN : DAN PUBLIKASI MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA KERJASAMA DAN PUBLIKASI INFORMASI SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN. 5.7. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. Uraian Tugas Jabatan Setda 73 .URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. ESELON : 3.3. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.

B UNIT KERJA : SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA IKHTISAR JABATAN: MENGKOORDINASIKAN.8. 5. Melaksanakan pembinaan. Uraian Tugas Jabatan Setda 74 . NAMA JABATAN : ASISTEN PEREKONOMIAN. 2. PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT ESELON : II. pengendalian program kegiatan di Bagian Administrasi Perekonomian dan pembangunan. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.2. bagian administrasi kesejahteraan rakyat Setda sesuai dengan pedoman Rencana Kerja Tahunan agar tercapai sasaran yang telah ditetapkan. URAIAN TUGAS : 5.1. BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT SEHINGGA TERPADU DAN TERARAH DENGAN VISI DAN MISI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA SERTA MELAKUKAN JALINAN KOORDINASI DENGAN SKPD YANG BERADA PADA JARINGAN KOORDINASINYA MAUPUN DENGAN SELURUH SKPD DALAM RANGKA 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. pemantauan. MERUMUSKAN SASARAN PEMBINAAN DAN PENGENDALIAN KEGIATAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 4. 3.5.

5. Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan. Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lembata . Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. Mengevaluasi tugas para Kepala Bagian di bawah koordinasi Asisten Perekonomian. dan arahan serta pengkoordinasian.3.8. 5.5. 5. Memberi petunjuk kepada Kepala Bagian di bawah Asisten Perekonomian. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka Uraian Tugas Jabatan Setda 75 .7.13. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta maupun tidak dalam menyelesaikan suatu masalah. Mengkoordinasi laporan bulanan. Meneliti bahan dan menyempurnakan konsep penyempurnaan program kegiatan dan pelaporan kepada Sekretaris Daerah dari Administrasi Perekonomian dan Pembangunan. 5.12.5. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi dan pihak – pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik.14. Pembangunan dan Kesejaheraan Rakyat dalam melaksanakan tugas sesuai petunjuk dan ketentuan yang berlaku. pengintegrasian dan sinkronisasi guna kelancaran pelaksanaan kegiatan Administrasi Perekonomian dan pembangunan. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian di bawah Asisten Perekonomian.11. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja internal maupun eksternal dalam hal fungsi administrasi pemerintahan yang bersifat menyeluruh/komprehensif dan intergral dalam rangka membantu Bupati melalui Sekretaris Daerah dalam mengambil keputusan di bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan.6.10.4. 5. Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lembata. 5. bagian administrasi kesejahteraan rakyat Setda Kabupaten Lembata. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama lintas sektoral guna pelaksanaan dan pencapaian sasaran tugas pokok dan fungsi pada Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan. Memantau dan memeriksa hasil perencanaan tugas para Kepala Bagian di bawah Asisten Perekonomian. 5. 5. agar realisasinya sesuai dengan rencana. Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat untuk menemukan kesalahan – kesalahan guna perbaikan. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Bagian di bawah Asisten Perekonomian.9. 5. Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat apakah sesuai dengan petunjuk dan rencana kerja yang ditetapkan. 5. Memberikan petunjuk. Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang – undangan yang berlaku .

A 3.pelaksanaan tugas. ESELON : III. Uraian Tugas Jabatan Setda 76 . termasuk sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah apabila Sekretaris Daerah berhalangan atau berada di luar daerah. UNIT KERJA : ASISTEN PEREKONOMIAN PEMBANGUNAN DAN KESRA 4. IKHTISAR JABATAN : 1. URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN 2.

5. pariwisata dan energi. trasnportasi dan komunikasi. 5. 5.5. agar tercapai hasil yang optimal. Mengumpulkan data dan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan koperasi dan permodalan. 5. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna perbaikan. Uraian Tugas Jabatan Setda 77 . 5. agar realisasinya sesuai dengan rencana. 5. Menyusun Rencana kegiatan tahunan berjalan baik rutin maupun ekonomi pembanguan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan dan kegiatan tahun sebelumnya sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala-kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya.11. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan. industri.9.2. 5. Mengumpulkan data dan bahan pembinaan perizinan serta mengeluarkan surat perizinan. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan berdasarkan Rencana Pembanngunan Jangka Menengah Daerah(RPJM) Kabupaten Lembata.1. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. serta lingkungan hidup.3.7. 5. MENGKOORDINASIKAN PENYUSUNAN PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN DAN PENGENDALIAN SERTA MEMANTAU PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN DAERAH.8. Mengumpul bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan bidang produk pertanian. perusahaan daerah.10. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian di Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan baik secara tertulis maupun lisan. 5. URAIAN TUGAS : 5. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.4. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. 5.MENYUSUN RENCANA KEGIATAN.6.

15. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik.5. 5.13.16. Uraian Tugas Jabatan Setda 78 . 5.12. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. 5. 5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan apakah sesuai dengan petunjuk daan rencana kerja yang ditetapkan.17. Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan setiap tahun. Membuatan Laporan bulanan. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan.14. 5.

6. ESELON : IV. 5. URAIAN TUGAS : 5. PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG TELAH 5. 5. 5. IKHTISAR JABATAN : 1. MEMBAGI TUGAS SERTA MENGUMPULKAN BAHAN.3. Uraian Tugas Jabatan Setda 79 . Menilai prestasi kerja para bawahan di lingkungan Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5.5.4.1. Membagi tugas kepada para bawahan di lingkungan Sub Bagiannya sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.A 3. UNIT KERJA : BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN 4.2. 5. pedoman dan petunjuk teknis fasilitasi pembiayaan dan pengembangan kemitraan perekonomian dan pembangunan daerah.URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN 2. Memberi petunjuk kepada para bawahan di lingkunngan Sub Bagiannya agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga terjadi efetifitas pelaksanaan tugas. Menyusunlangkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan untuk kelancaran ketepatan pelaksanaan tugas. MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN. Menyiapkan bahan. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempunaan lebiih lanjut.

Menerima surat masuk dan mencatat pada buku agenda bagian serta menyampaikan kepada pimpinan untuk mendapatkan disposisi kemudian didistribusikan kepada sub bagian masing – masing untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.3. 4. 5. Menyiapkan bahan pembinaan koperasi UKM industri dan perdagangan.2.8.7. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA DAN MENYIMPAN NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN SESUAI STANDAR KOMPOTENSI AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagiannya. 5. URAIAN TUGAS : 5. Mengadministrasikan data dan naskah dinas yang masuk dan keluar dalam buku agenda sub bagiannya agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganannya. 5. 5.5.1. 5. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. URAIAN TUGAS JABATAN 1.10. Mengiventaris dan menganalisa data dalam rangka fasilitasi pembiayaan dan pengembangan kemitraan perekonomian dan pembangunan daerah. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.9. Membuat laporan bulanan. 3. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Uraian Tugas Jabatan Setda 80 . 2.11.

5. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut. 3.7. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN IKHTISAR JABATAN: MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN DENGAN MENGKLASIFIKASINYA. 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 81 . 4. daftar hadir kerja dan apel siang ditandatangani pimpinan unit / instansi dan urusan kepegawaian di bagiannya untuk diteruskan kepada instansi yang berwenang. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. SESUAI STANDAR UNTUK DISIMPAN DALAM FILE YANG TELAH DISIAPKAN. 5.8. 5.4. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian.11.10. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor.6.9. 2. 5.12. 5. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Melakukan penataan. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop.5. Menyiapkan dan mengisi daftar presensi apel pagi.

2. Memberikan layanan permintaan bahan Fasilitasi Pembiayaan dan Pengembangan Kemitraan sesuai arahan dan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.4.8. 5. 2.5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mengolah dengan cara mengklasifikasikan setiap data Fasilitasi Pembiayaan dan Pengembangan Kemitraan menurut jenis dan masalah atau bidangnya sesuai dengan arahan dan petunjuk atasan untuk dijadikan bahan dalam pelaksanaan tugas. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5.5.1. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Memasukan bahan dokumentasi ke dalam file yang telah disediakan menurut jenis dan masalahnya untuk disimpan sebagai arsip. Menyimpan dan memelihara semua dokumentasi menurut kode. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU ESELON : Uraian Tugas Jabatan Setda 82 .7.3.6. Mengupul dan mengolah data Fasilitasi Pembiayaan dan Pengembangan Kemitraan sebagai bahan masukan kepada atasan. masalah tahun kejadian sesuai arahan dan petunjuk atasan agar muda dalam pencarian bila diperlukan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.

Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. Melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna Anggaran. Mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA.2. Membantu Bendahara pengeluaran pembantu KPA Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Administrasi Kesejahteraan Rakyat untuk penyelesaian dokumen SPJ . Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani. UNIT KERJA : SUB BAGIAN FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU PADA BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN SESUAI KETENTUAN YANG 5.5.6.4. Melaksanakan tugas Pembantu bendahara pengeluaran pembantu di Bagian Administrasi Perekonomiandan dan Pembangunan dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan di bagian. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 83 . 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.7. 5.3.8. 5. 5.1. URAIAN TUGAS : 5.3.

Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. 5.7.3. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5.1.2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Uraian Tugas Jabatan Setda 84 .6. IKHTISAR JABATAN: DAN MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN SESUAI STANDAR DAN AGAR TERSEDIANYA DATA YANG DIPERLUKAN.4. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. ESELON : 3. 5. 5.8. UNIT KERJA : SUB BAGIAN FASILITASI PEMBIAYAAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN 4. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.

2.8. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. 5.5.4. air radiator. 5. Memeriksa kelengkapan dan keadaan kendaraan dengan cara mengecek rem. minyak rem. 2. MENGENDARAI KENDARAAN SERTA MEMELIHARA DAN MERAWATNYA SESUAI KETENTUANNYA BERLAKU AGAR KENDARAAN LAYAK PAKAI DAN SIAP DIOPERASIKAN.URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : PENGEMUDI / SOPIR ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN FASILITASI PEMBIAYAAN DAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KENDARAAN DENGAN CARA MENGHIDUPKAN MESIN.1. Melaporkan kerusakan kendaraan serta dokumen kendaraan (STNK) yang akan habis masalah berlakunya kepada pengelolah kendaraan dinas dan operasional. air accu. 5. lampu. 4. Merawat kendaraan dengan cara membersihkan mesin. Menghidupkan dan memanaskan kendaraan guna mengetahui kelainan mesin.3. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 85 . 5.6. dan bahan bakar agar dapat dikendarai dengan baik. Mengemudikan kendaraan berdasarkan tujuan dan pengaturan lalu lintas yang berlaku agar kendaraan dapat tiba di tujuan dengan selamat. Mencuci atau membersihkan kendaraan sebelum dipakai. 3. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.7. 5. ruang dalam dan bagian luar kendaraan agar kendaraan bersih dan terawat serta memperbaiki kerusakan kecil kendaraan agar kendaraan dapat berfungsi kembali.

4. Membuka.4. 5. 5.5. 2.2. Membersihkan dan menata kerapian tempat kerja pada unit / instansi lingkungan sekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menata dan merawat taman di lingkungan sekitarnya.3. 3. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.5. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya. Menerima. 5. melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya. 5.7. Uraian Tugas Jabatan Setda 86 .6. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. 5. NAMA JABATAN : PRAMU TAMU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN IKHTISAR JABATAN : FASILITASI PEMBIAYAAN DAN MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR YANG BERLAKU. URAIAN TUGAS : 5.9.1. Melaksanakan yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. menutup pintu dan jendela kantor.

2.9. URAIAN TUGAS JABATAN 1.A UNIT KERJA : BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 4. 5.MEMBAGI TUGAS KEPADA PARA BAWAHAN DAN MENGUMPULKAN BAHAN PEDOMAN PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH DAERAH AGAR BERJALAN SESUAI AGAR TERCAPAI TUJUAN YANG TELAH DITETAPAKAN.10. 5.1. Memperbanyak surat (foto copy) sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas sesuai dengan arahan atasan.8. 3. 5. 5. Menerima telephon serta menyampaikan dan mengoper kepada yang ditujukan. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH ESELON : IV.5. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta Uraian Tugas Jabatan Setda 87 .11. URAIAN TUGAS : 5. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

5.11.12. 4. Menginventaris dan menganalisa data dalam rangka Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah.3.6. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. Membuatan laporan bulanan. 5.9.7.2. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. 5.4. 5. 2. Membagi tugas atau kegiatan kepada bawahandi lingkungan Sub Bagiannya dengan memberi arahan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing. Memeriksa kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan guna penyempurnaanlebih lanjut. 5. 3. Menyusun bahan untuk Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. Menyiapkan bahan untuk penyusunan petunjuk teknis Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah. Menilai prestasi kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5. Memberi petunjuk kerja kepada para bawahan di lingkungan Sub Bagiannya agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga terjadi efektifitas pelaksanaan tugas. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH IKHTISAR JABATAN: Uraian Tugas Jabatan Setda 88 . 5. 5. 5.sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.5. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Sub Bagiannya dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan.8. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaikan suatu masalah.10.

Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan. URAIAN TUGAS : 5.7. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut.5.10. Mengadministrasikan data dan naskah dinas yang masuk dan keluar dalam buku agenda sub bagiannya agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganannya.1. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop. 5. 5. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian.8.4. Uraian Tugas Jabatan Setda 89 .3. 5. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor. Melakukan penataan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5.11.MENCATAT DAN MENERIMA DAN MENYIMPAN NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN SUB BAGIAN BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5.9.6. 5.2. 5. Menerima surat masuk dan mencatat pada buku agenda sub bagian serta menyampaikan kepada kepala sub bagian untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mengolah dengan cara mengklasifikasikan setiap data Bina Badan Usaha Milik Daerah menurut jenis dan masalah atau bidangnya sesuai dengan arahan dan petunjuk atasan untuk dijadikan bahan dalam pelaksanaan tugas. 5. 5.6. Memasukan bahan dokumentasi ke dalam file yang telah disediakan menurut jenis dan masalahnya untuk disimpan sebagai arsip.3. Uraian Tugas Jabatan Setda 90 . URAIAN TUGAS : 5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH IKHTISAR JABATAN: MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH DENGAN MENGKLASIFIKASINYA. 2. Memberikan layanan permintaan bahan Bina Badan Usaha Milik Daerah sesuai arahan dan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Menyimpan dan memelihara semua dokumentasi menurut kode. SESUAI STANDAR UNTUK DISIMPAN DALAM FILE YANG TELAH DISIAPKAN. Mengumpul dan mengolah data Bina Badan Usaha Milik Daerah sebagai bahan masukan kepada atasan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.8. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5.5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 3. masalah tahun kejadian sesuai arahan dan petunjuk atasan agar muda dalam pencarian bila diperlukan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.1.4. 5. 4.2. 5.7.

5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.2. 2.7. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.8. 5. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. 5.5. 4. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA BINA BADAN USAHA MILIK DAERAH SESUAI STANDAR I AGAR TERSEDIANYA DATA YANG DIPERLUKAN. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. Uraian Tugas Jabatan Setda 91 .6. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. 5.4. 5.3. 5. 5. 3. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.

NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT 2. 5. PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT 4. UNIT KERJA : ASISTEN PEREKONOMIAN.A 3. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. URAIAN TUGAS : 5. 5.4. IKHTISAR JABATAN: MENGKOORDINASIKAN PERUMUSAN KEBIJAKAN DI BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT MELIPUTI PENGUMPULAN BAHAN DAN DATA UNTUK PENYUSUNAN PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN KEAGAMAAN SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU. ESELON : III.1. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Bina Sosial sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian di Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat baik secara tertulis maupun lisan. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masingmasing. Uraian Tugas Jabatan Setda 92 . 5. 5. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJM) Kabupaten Lembata.3.2.

5.5. 5.17. Membuatan laporan bulanan.9. 5. 5.10. Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat setiap tahun.15. agar tercapai hasil yang optimal. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah.13. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. 5. Mengkoordinasi dan memfasilitasi kerjasama antar umat beragama. 5.16. 5. Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala-kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya. 5. 5.12. agar realisasinya sesuai dengan rencana.6. Menyiapkan bahan bagi penyusunan rencana pembinaan Sosial kemasyarakatan . Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. Mengumpulkan data untuk rencana pembinaan dan penangan masalah-masalah sosial 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 93 .11. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. 5. 5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat apakah sesuai dengan petunjuk dan rencana kerja yang ditetapkan.Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan.7.8.14. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna perbaikan.

A 3. 5. UNIT KERJA : BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT 4. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta Uraian Tugas Jabatan Setda 94 . NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT 2.1. URAIAN TUGAS : 5. IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH KEGIATAN.URAIAN TUGAS JABATAN 1.MEMBAGI TUGAS KEPADA BAWAHAN SERTA MELAKUKAN PENGUMPULAN BAHAN UNTUK PENYUSUNAN PEDOMAN DAN PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU . ESELON : IV.

5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas.11. 5. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan kesejahteraan rakyat terhadap kelompok-kelompok masyarakat. Memberi petunjuk kerja kepada bawahan di lingkungan Sub Bagiannya agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 5. 5. Melakukankan koordinasi pelaksanaan penyuluhan kesejahteraan social kepada kelompok-kelompok masyarakat. Membuatan laporan bulanan. Memfasilitasi pemberian bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat.9. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI UMUM ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT Uraian Tugas Jabatan Setda 95 .6. Membagi tugas kepada bawahan di lingkungan Sub Bagiannya dengan memberi arahan sesuai permasalahan dan bidang tugas masingmasing.5.. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Umum dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah.3.13. 5. 5. 2. Menyiapkan bahan kebijakan pedoman dan juknis bidang kesjahteraan rakyat.14. 5.12.10.sumber data yang ada sebagi bahan untuk melaksanakan kegiatansesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. 5. 5. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesaalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5. 5. Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. Menilai prestasi kerja bawahan di lingkungan Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 3.7.4.8.2. Menginventaris permaslahan yang berhubungan dengan kesejahatraan rakyat serta menyiapkan bahan pemecahannya. 5.

Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut.4. 5.11. 5. 5. daftar hadir kerja dan apel siang ditandatangani pimpinan unit / instansi dan dan urusan kepegawaian di bagiannya untuk diteruskan kepada instansi yang berwenang. 5.2. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.3. Melakukan penataan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.1. MENERIMA DAN MENYIMPAN NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. 5. Mengadministrasikan data dan naskah dinas yang masuk dan keluar dalam buku agenda sub bagiannya agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganannya. Uraian Tugas Jabatan Setda 96 . 5.8.5. 5. 5. 5. 5. 5. Menyiapkan dan mengisi daftar presensi apel pagi.4. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.7.10. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.9.12. Menerima surat masuk dan mencatat pada buku agenda bagian serta menyampaikan kepada pimpinan untuk mendapatkan disposisi kemudian didistribusikan kepada sub bagian masing – masing untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. URAIAN TUGAS : 5.6.

7. Memasukan bahan dokumentasi ke dalam file yang telah disediakan menurut jenis dan masalahnya untuk disimpan sebagai arsip. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5.1. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. SESUAI STANDAR UNTUK DISIMPAN DALAM FILE YANG TELAH DISIAPKAN. Mengupul dan mengolah data Kesejahteraan Rakyat sebagai bahan masukan kepada atasan.3. 5. Menyimpan dan memelihara semua dokumentasi menurut kode. Memberikan layanan permintaan bahan/data Kesejahteraan Rakyat sesuai arahan dan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.6. Uraian Tugas Jabatan Setda 97 . 5. Mengolah dengan cara mengklasifikasikan setiap data Kesejahteraan Rakyat menurut jenis dan masalah atau bidangnya sesuai dengan arahan dan petunjuk atasan untuk dijadikan bahan dalam pelaksanaan tugas. 2. 3.4. 5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA KESEJAHTERAAN RAKYAT ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT IKHTISAR JABATAN: MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA KESEJAHTERAAN RAKYAT DENGAN MENGKLASIFIKASINYA. URAIAN TUGAS : 5. 5.8. masalah tahun kejadian sesuai arahan dan petunjuk atasan agar muda dalam pencarian bila diperlukan.2.5. 5. 4.

4. 5. 2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU PADA BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU.1. 5.3. Melaksanakan tugas pembantu bendahara pengeluaran pembantu di Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan di bagian. 5. 5. Melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna Anggaran. 5.2. Mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA. 5. 3. Membantu bendahara pengeluaran pembantu KPA Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Administrasi Kesejahteraan Rakyat untuk penyelesaian dokumen SPJ . Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani. URAIAN TUGAS : 5.5. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 98 .URAIAN TUGAS JABATAN 1.6.

Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.8. Uraian Tugas Jabatan Setda 99 . NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2.7. IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIANNYA DATA YANG DIPERLUKAN.5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. URAIAN TUGAS JABATAN 1.2. 5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT 4. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.1. ESELON : 3. 5.

5.7. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. 5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. 5. ESELON : 3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT 4. IKHTISAR JABATAN : MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR YANG BERLAKU. 5.3. 5. NAMA JABATAN : PRAMU TAMU 2. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. URAIAN TUGAS JABATAN 1.4. 5.6. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.1. URAIAN TUGAS : 5.5. Uraian Tugas Jabatan Setda 100 . Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.8.

Memperbanyak surat (foto copy) sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas sesuai dengan arahan atasan.11.8. 5. 5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. 5. Menerima.A Uraian Tugas Jabatan Setda 101 .9. ESELON : IV. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. menutup pintu dan jendela kantor. melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya. Membuka. 5.10.3.2. 5.7. Menata dan merawat taman di lingkungan sekitarnya. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. Menerima telephon serta menyampaikan dan pengoper kepada yang ditujukan. 5.5. Membersihkan dan menata kerapian tempat kerja pada unit / instansi lingkungan sekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya.6. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN KEAGAMAAN 2.4.5.

Membagi tugas kepada para bawahan di Sub Bagiannya sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagi bahan untuk melaksanakan kegiatansesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 102 .8. MEMBAGI TUGAS DAN MENGUMPULAN BAHAN SERA DATA UNTUK PEMBINAAN PELAKSANAAN FASILITASI KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU.2. 5. 5. 5. Membuat laporan bulanan. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.7. Menyiapkan bahan serta data untuk pembinaan kehidupan beragama. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.4.3. : BAGIAN RAKYAT 4.5. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesaalahan guna penyempurnaan lebih lanjut 5. 5. URAIAN TUGAS : 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan. 5. 5. 5. Memberi petunjuk kepada para bawahan di Sub Bagiannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut.3. Menilai prestasi kerja para bawahan di Sub Bagiannya berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier.9.1. IKHTISAR JABATAN : UNIT KERJA ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN.6.

5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.7.4. mengatur serta merapihkan semua berkas menurut sifat dan jenis untuk menjamin keamanan terhadap berkas – berkas tersebut. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.9.3. Melakukan penataan. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA DAN NASKAH DINAS ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KEAGAMAAN IKHTISAR JABATAN: MENCATAT. Menyiapkan buku ekspedisi dan mencatat semua surat keluar sesuai alamatnya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pendistribusian.5. 2. Uraian Tugas Jabatan Setda 103 . 5. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5.1. 5. 5. 5. Mengumpulkan semua kertas – kertas yang tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai serta memeriksa kembali apabila tidak terpakai maka kertas – kertas tersebut dijadikan amplop. Mengawasi serta menjaga semua inventaris kantor. Menandatangani buku kendali surat masuk sesuai disposisi kemudian menyampaikan surat tersebut kepada pihak yang bersangkutan.6. 5.10. 4. Mengadministrasikan data dan naskah dinas yang masuk dan keluar dalam buku agenda sub bagiannya agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganannya. 3. 5.8. Membuat nota pinjaman terhadap inventarisir kantor yang dapat dipinjam sesuai izin atasan.2. MENERIMA DAN MENYIMPAN NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN BIDANG TUGAS SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK.

3. Memasukan bahan dokumentasi ke dalam file yang telah disediakan menurut jenis dan masalahnya untuk disimpan sebagai arsip. 5.1. 5. Mengupul dan mengolah data Keagamaan sebagai bahan masukan kepada atasan.6. Memberikan layanan permintaan bahan / data Keagamaan sesuai arahan dan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.7.8. 5. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menyimpan dan memelihara semua dokumentasi menurut kode. URAIAN TUGAS : 5. 5.3.4. 5.5.2. 2.URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA KEAGAMAAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KEAGAMAAN IKHTISAR JABATAN: MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA KEAGAMAAN DENGAN MENGKLASIFIKASINYA. Uraian Tugas Jabatan Setda 104 . Mengolah dengan cara mengklasifikasikan setiap data Keagamaan menurut jenis dan masalah atau bidangnya sesuai dengan arahan dan petunjuk atasan untuk dijadikan bahan dalam pelaksanaan tugas. masalah tahun kejadian sesuai arahan dan petunjuk atasan agar muda dalam pencarian bila diperlukan. 5. SESUAI STANDAR UNTUK DISIMPAN DALAM FILE YANG TELAH DISIAPKAN. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 4.

5.2. IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA KEAGAMAAN SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN. Uraian Tugas Jabatan Setda 105 . Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.3. 5.6. 5. URAIAN TUGAS : 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KEAGAMAAN 4. 5. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. ESELON : 3. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai.1. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan.4.

pengendalian program kegiatan di Bagian Organisasi dan Tatalaksana.B UNIT KERJA : SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA IKHTISAR JABATAN: MENGKOORDINASIKAN. pemantauan. Memberikan petunjuk. dan arahan serta pengkoordinasian. 3. 2. URAIAN TUGAS JABATAN 1. BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DAN BAGIAN KEUANGAN. pengintegrasian dan sinkronisasi guna kelancaran pelaksanaan Uraian Tugas Jabatan Setda 106 .8.7. NAMA JABATAN : ASISTEN ADMINISTRASI UMUM ESELON : II. URAIAN TUGAS : 5.2. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. MERUMUSKAN SASARAN PEMBINAAN DAN PENGENDALIAN KEGIATAN BAGIAN ORGANISASI DAN TATALAKSANA. Melaksanakan pembinaan. 4. SEHINGGA TERPADU DAN TERARAH DENGAN VISI DAN MISI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA SERTA MELAKUKAN JALINAN KOORDINASI DENGAN SKPD YANG BERADA PADA JARINGAN KOORDINASINYA MAUPUN DENGAN SELURUH SKPD DALAM RANGKA 5. Bagian Umum dan Kepegawaian serta Bagian Keuangan Setda sesuai dengan pedoman Rencana Kerja Tahunan agar tercapai sasaran yang telah ditetapkan. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.5.1.

Memberi petunjuk kepada Kepala Bagian di bawah Asisten Administrasi Umum dalam melaksanakan tugas sesuai petunjuk dan ketentuan yang berlaku. Mengkoordinasi laporan bulanan. Meneliti bahan dan menyempurnakan konsep penyempurnaan program kegiatan dan pelaporan kepada Sekretaris Daerah dari Bagian Organisasi dan Tatalaksana. Bagian Umum dan Kepegawaian dan Bagian Keuangan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang – undangan yang berlaku . Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja internal maupun eksternal dalam hal fungsi administrasi pemerintahan yang bersifat menyeluruh/komprehensif dan intergral dalam rangka membantu Bupati melalui Sekretaris Daerah dalam mengambil keputusan di bidang Organisasi dan Tatalaksana. 5. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama lintas sektoral guna pelaksanaan dan pencapaian sasaran tugas pokok dan fungsi pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana.11. 5.7. Bagian Umum dan Kepegawaian serta Bagian Keuangan Setda Kabupaten Lembata. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta maupun tidak dalam menyelesaikan suatu masalah.13. 5. 5. 5.9.4. 5. agar realisasinya sesuai dengan rencana.3. Uraian Tugas Jabatan Setda 107 . 5. termasuk sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah apabila Sekretaris Daerah berhalangan atau berada di luar daerah.12. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi dan pihak – pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. Bagian Umum dan Kepegawaian dan Bagian Keuangan Setda Kabupaten Lembata. Mengevaluasi tugas para Kepala Bagian di bawah koordinasi Asisten Administrasi Umum apakah sesuai dengan petunjuk dan rencana kerja yang ditetapkan. Bagian Umum dan Kepegawaian serta Bagian Keuangan Setda Kabupaten Lembata .5.8.6. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Bagian di bawah Asisten Administrasi Umum berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan. 5. Memantau dan memeriksa hasil perencanaan tugas para Kepala Bagian di bawah Asisten Administrasi Umum untuk menemukan kesalahan – kesalahan guna perbaikan.kegiatan Bagian Organisasi dan Tatalaksana. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian di bawah Asisten Administrasi Umum dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. 5.10. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. 5.

ESELON : III. NAMA JABATAN : KEPALA ORGANISASI DAN TATALAKSANA 2.URAIAN TUGAS JABATAN 1.A 3. IKHTISAR JABATAN : BAGIAN Uraian Tugas Jabatan Setda 108 . UNIT KERJA : ASISTEN ADMINISTRASI UMUM 4.

5. agar realisasinya sesuai dengan rencana. mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya.12 Menetapkan pencapaian Standar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) .3 Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana.7 Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana.MENGKOORDINASIKAN. 5. 5.1 Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Organisasi dan Tatalaksana sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. sesuai dengan permasalahan pada bidang tugas masingmasing. PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI.6 Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana untuk menemukan kesalahankesalahan guna perbaikan-perbaikan. KETATALAKSANAAN.4 Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan. baik secara tertulis maupun lisan.10 Menetapkan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk urusan pilihan / unggulan secara tepat pada Penetapan Kinerja (PK) Pemerintah Kabupaten Lembata . Uraian Tugas Jabatan Setda 109 . 5.11 Mengkoordinasikan penyusunan Prosedur Tetap (Protap) Pelayanan Publik di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata . PELAKSANAAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK SERTA PELAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH 5. 5. 5. MERUMUSKAN SASARAN KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PENGEDALIAN. 5.5 Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. URAIAN TUGAS : 5. 5.2 Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Organisasi dan Tatalaksana berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kabupaten Lembata. PERENCANAAN KEGIATAN PENATAAN DI BIDANG KELEMBAGAAN DAN ANALISIS JABATAN. 5. 5. agar tercapai hasil yang optimal. ANALISIS BEBAN KERJA.9 Menyiapkan bahan bagi penyusunan pengelolahan sumber daya manusia aparatur Bagian Organisasi dan Tatalaksana yang berbasis kinerja. 5.8 Menyiapkan bahan bagi penyusunan penataan dan pengembangan Organisasi dan Tatalaksana perangkat daerah menuju Good Governance.

5.13 Merumuskan kebijakan sasaran pembinaan dan pengendalian serta perencanaan dan penataan dibidang Analisis Jabatan dan Formasi Jabatan.14 Merumuskan sasaran pembinaan dan pengendalian serta perencanaan kegiatan dan penataan dibidang ketatalaksanaan.28 Memberi saran dan pertimbangan / kajian kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaikan suatu masalah sesuai bidang tugas .22 Mengkoordinasikan penyusunan dan sosialisasi Budaya Kerja Organisasi Pemerintah Daerah dengan pejabat pada perangkat Daerah Kabupaten Lembata untuk meningkatkan kinerja organisasi.18 Melakukan koordinasi pelaksanaan Pengawasan Melekat (Waskat) dan Budaya Kerja. Pelaksanaan Pengawasan Melekat (Waskat) dan Budaya Kerja serta kinerja aparatur di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lembata. 5. 5. 5.15 Merumuskan sasaran pembinaan dan pengendalian perencanaan kegiatan dan penataan dibidang kinerja organisasi. 5. ketatalaksaanaan. LAKIP. dalam pelaksanaan Goverment serta mengakses informasi.16 Merumuskan sasaran pembinaan dan pengendalian serta perencanaan kegiatan dan penataan dibidang Analisis Jabatan dan Analisis Pegawai serta Analisis Beban Kerja.24 Melaksanakan pembinaan dan pengawasan dibidang kelembagaan. 5. 5.5. 5. agar sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku.23 Merumuskan sasaran kebijakan kegiatan Pengolahan Data Eletonik. 5. 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 110 . 5.21 Mengoordinasikan penyusunan Laporan Pelaksanaan Pengawasan Melekat (Waskat) .27 Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Organisasi dan Tatalaksana apakah sesuai dengan petunjuk daan rencana kerja yang ditetapkan.25 Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Kabupaten Lembata setiap tahun. agar tercipta birokrasi yang berkualitas dalam memberikan pelayanan publik sesuai prinsip-prinsip Good Governance.19 Mengkoordinasikan penyusunan rumusan penataan dibidang Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja. pemanfaatan Analisis Beban Kerja dan Analisis Jabatan serta Analisis Kepegawaian.26 Mengevaluasi pelaksanaan kinerja aparatur lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata. 5.17 Menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Bupati Lembata dan Penetapan Kinerja Pemerintah Daerah .20 Merekomendasikan pemanfaatan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja serta Analisis Kepegawaian kepada Bupati . 5. 5.

5.3. UNIT KERJA : BAGIAN ORGANISASI DAN TATALAKSANA 4. 5.A 3. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN KELEMBAGAAN 2. ESELON : IV. Memeriksa hasil kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Kelembagaan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. PENGOLAHAN BAHAN PEMBINAAN DAN PENYIAPAN BAHAN PETUNJUK TEKNIS PENATAAN KELEMBAGAAN. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Organisasi dan Tatalaksana dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. Uraian Tugas Jabatan Setda 111 . DAN MELAKSANAKAN ANALISIS JABATAN SERTA 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Kelembagaan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.2. 5.30 Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Kelembagaan agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PENGUMPULAN. SERTA MENGKOORDINIR PENYUSUNAN STRUKTUR DAN TATA KERJA KELEMBAGAAN DENGAN INSTANSI TERKAIT.29 Membuatan Laporan bulanan. baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. IKHTISAR JABATAN : MERENCANAKAN OPERASIONALISASI. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan Sub Bagian Kelembagaan berdasarkan kagiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.5.4.1.

3.11.9. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA KELEMBAGAAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KELEMBAGAAN IKHTISAR JABATAN : DINAS DATA MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH KELEMBAGAAN SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA KELEMBAGAAN DENGAN BAIK. 5. Menyiapkan penyusunan konsep Rancangan Perda dalam rangka pembentukan struktur dan tata kerja kelembagaan berdasarkan hasil analisis jabatan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.5. URAIAN TUGAS : 5.10. Mengatur dan mengendalikan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data dibidang kelembagaan.14. Uraian Tugas Jabatan Setda 112 . Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Kelembagaan berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 2. 3. 5.7. Memfasilitasi dan menyusun Standar Kompetensi Jabatan Struktural. 4. Memfasilitasi penataan kelembagaan. 5. 5.6.5. 5. Melaksanakan Analisis Jabatan dan Analisi Beban Kerja. 5. Membuat laporan bulanan. 5. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.2. 5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda agar tertib administrasi. 5.13. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.1.8. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Kelembagaan. Melaksanakan penyusunan Uraian Tugas. 5. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Menerima dan mencatat nomor.12.

Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.5. 5. Menata surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan penemuan bila dibutuhkan. 5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA KELEMBAGAAN 2. IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA KELEMBAGAAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI KELEMBAGAAN YANG VALID DAN AKUNTABEL.6.1. Uraian Tugas Jabatan Setda 113 . URAIAN TUGAS : 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KELEMBAGAAN 4.4.5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. ESELON : 3. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS JABATAN 1.

5. 5.4.5. 2. Mencatat pengembangan pengumpulan data kelembagaan dan permasalahannya dalam buku jaga untuk tindakan kerja selanjutnya. 5.7.10.3.9. Meneliti dan menidentifikasi data kelembagaan yang ada sesuai petunjuk kerja atasan agar mendapatkan kebenaran data yang dibutuhkan. 5. Menerima dan mengumpul data kelembagaan dari setiap SKPD atau unit kerja terkait melalui pengisian format-format untuk proses selanjutnya. 5. Mengolah data dengan mengklasifikasi dan menubulasi dan merekapitulasi data sesuai petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi yang valid dan akuntabel. 5. 5. NAMA JABATAN : PENGANALISIS JABATAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KELEMBAGAAN IKHTISAR JABATAN: Uraian Tugas Jabatan Setda 114 . Menyajikan informasi olahan data sesuai prosedur yang berlaku untuk bahan pemantau situasi dan kondisi dilapangan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.6.5.2. Menyusun konsep surat dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sub kelembangan sesuaii petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. Memfasilitasi data sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penemuan kembali data yang dibutuhkan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 3. 4. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.8.

Mengolah hasil pengumpulan data dengan mengklasifikasi. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.6. 5. 5.Menyusun draf hasil analisis jabatan dan Menyusun bahan atau materi expose untuk diserahkan kepada atasan sebagai bahan kajian. Memberikan penjelasan teknis tentang pengisian daftar isian jabatan kepada pejabat dan pegawai unit organisasi yang akan dianalisis agar adanya pemahaman tentang maksud dan tujuan pertanyaan. 5. meneliti dan mengidentifikasi data analisis jabatan melalui wawancara. ketatalaksanaan. Menyusun konsep data dan naskah dinas lainnya sesuai petunjuk kerja dan perintah atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas.1. Menyusun temuan.2. 5.7.Mengadakan konfirrmasi dengan para pejabat terkait untuk penyempurnaan dan kelengkapan data.obserfasi dan studi literature untuk mendapatkan data yang akurat mengenai lingkup tugas pemangku jabatan.10. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Uraian Tugas Jabatan Setda 115 .9. pembahasan dan rekomendasi penyempurnaan di bidang kelembanggaan. 5.4.MENGANALISIS DATA JABATAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIANYA DATA INFORMASI JABATAN YANG VALID DAN AKUNTABEL.8. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5. Mempresentasekan hasil analisis jabatan sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan proses kegiatan lebih lanjut. 5.Melaksanakan pendataan. kepegawaian serta program diklat. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. mentabulasi dan merekapitulasi data sesuai petunjuk kerja atasan agar memperoleh informasi jabatan. 5. 5.11.3.5.

5. 5. 5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA FORMASI JABATAN 2. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KELEMBAGAAN 4.6 Menyusun konsep formasi jabatan dalam rangka penataan formasi jabatan pada SKPD sesuai petunjuk kerja atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Uraian Tugas Jabatan Setda 116 .URAIAN TUGAS JABATAN 1.7 Mengadakan konfirmasi dengan para pejabat terkait untuk penyempurnaan dan kelengkapan data.2 Menerima dan mengumpulkan data formasi jabatan melalui pegisihan format – format untuk tindakan selanjutnya. ESELON : 3.4 Menghimpun dan mengidentifikasi data permasalahan formasi jabatan sesuai hasil analisis jabatan guna tindakan selanjutnya.10Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.8 Menyusun data formasi jabatan sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan masukan kepada atasan. 5. 5. 5. IKHTISAR JABATAN : MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA FORMASI JABATAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA FORMASI JABATAN YANG VALID DAN AKUNTABEL. URAIAN TUGAS : 5.11 Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.9 Menyusun konsep data naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sub bagian kelembagaan sesuai petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. 5.5 Menyusun criteria persyaratan jabatan untuk setiap jabatan baik struktural maupun fungsional umum dan fungsional khusus untuk bahan penyusunan informasi jabatan.3 Menghimpun dan mengklasifikasi data yang berkaitan dengan formasi jabatan pada SKPD berdasarkan penggolongannya untuk memudahkan penemuan kembali data yang dibutuhkan.1 Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.

5. ESELON : 3. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 117 .2 Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2.URAIAN TUGAS JABATAN 1.8 Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.6 Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai.1 Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.3 Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. URAIAN TUGAS : 5.7 Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. UNIT KERJA : SUB BAGIAN KELEMBAGAAN 4. 5. IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA KELEMBAGAAN SESUAI STANDAR I AGAR TEROLAHNYA DATA KELEMBAGAAN YANG DIPERLUKAN. 5. 5. 5.4 Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. 5.5 Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.

Merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan Sub Bagian Tatalaksana Setda berdasarkan kagiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. ESELON : IV. 5.4. 5. Memeriksa hasil kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Tatalaksana Setda untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. UNIT KERJA : BAGIAN ORGANISASI DAN TATALAKSANA 4.A 3. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN RENCANA DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA SERTA MENYIAPKAN BAHAN PETUNJUK TEKNIS YANG MENYANGKUT TATALAKSANA PEMERINTAHAN DILINGKUNGAN KABUPATEN UNTUK DIPAKAI DALAM PELAKSANAAN TUGAS SERTA PELAYANAN.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Tatalaksana Setda dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masingmasing. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Tatalaksana Setda dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.1. 5. URAIAN TUGAS : 5.2. Uraian Tugas Jabatan Setda 118 .3. 5. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN TATALAKSANA 2.

alamat yang dituju dan Uraian Tugas Jabatan Setda 119 . Menerima dan mencatat nomor.2. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA TATALAKSANA ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATALAKSANA IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH SESUAI STANDAR I AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. Memfasilitasi penyusunan protap-protap pelayanan umum pemerintahan kabupaten.5.7.13. URAIAN TUGAS JABATAN 1.5.9.8. 5. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5. Menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan teknis tentang tatalaksana pemerintahan kabupaten. Memfasilitasi penyusunan standar pelayanan publik. 5. 3. 2. 4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka pelaksanaan Pengawasan Melekat (Waskat) dan Budaya Kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lembata.12. 5.6. 5.10. 5. 5.1.11. Menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan teknis tentang pembakuan sarana kerja. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Tatalaksana Setda berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Tatalaksana. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Membuat laporan bulanan. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.

Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 5.5. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian kepada sub – sub bagian.4.6. Menyiapkan dan mengisi daftar presensi apel pagi.7. 5. agar memudahkan penemuan yang bila diperlukan. 4. Menata surat dan naskah dinas ke dalam file.5. 2. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA TATALAKSANA ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATALAKSANA IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA TATALAKSANA PEMERINTAHAN SESUAI STANDAR I AGAR TERSEDIANYA DATA DAN INFORMASI TATALAKSANA YANG VALID DAN AKUNTABEL. perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai di proses pada buku agenda. Uraian Tugas Jabatan Setda 120 .3. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 3. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. daftar hadir kerja dan apel siang dan ditandatangani pimpinan unit / instansi dan urusan kepegawaian di bagiannya serta diteruskan kepada instansi yang berwenang.

Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.1. 5. Mengolah data dengan mengklasifikasi. URAIAN TUGAS : 5. Mencatat perkembangan pengumpulan data tatalaksana pemerintahan yang meliputi pelaksanaan system dan prosedur kerja serta standarisasi sarana lingkungan kerja.3. 5. Menerima dan mengumpul data tatalaksana pemerintahan yang meliputi pelaksanaan system dan prosedur kerja standarisasi sarana lingkungan kerja melalui pengisian format – format untuk tindakan selanjutnya. 5.8.6.5. Menyajikan informasi olahan sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan proses kegiatan lebih lanjut. Mengkasifikasi data yang dikumpulkan berdasarkan penggolongan untuk memudahkan pengumpulan data yang dibutuhkan. 5. mentabulasi dan merekapitulasi data sesuai petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi data elektronik tatalaksana pemerintahan yang baik dan benar.10.5.7. Meneliti dan mengidentifikasi data tatalaksana pemerintahan yang ada sesuai petunjuk kerja atasan agar mendapat kebenaran data yang dibutuhkan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.4. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 121 . 5.2. 5. Menyusun konsep data dan naskah dinas lainnya sesuai petunjuk kerja dan perintah atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. 5.9. dan permasalahannya dalam butuh jaga untuk tidakan kerja selanjutnya.

1. 5.7. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.2. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.5. 5. 5. 5. 5.6. URAIAN TUGAS : 5. 5.3. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PEMBANTU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATALAKSANA IKHTISAR JABATAN : PENGELUARAN MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA KELEMBAGAAN SESUAI STANDAR KOMPETENSI AGAR TEROLAHNYA DATA KELEMBAGAAN YANG DIPERLUKAN.4. 5.8. Uraian Tugas Jabatan Setda 122 .

Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan.3.2. 5.8. 5.5. 4.7. 5. 2. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.6. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.1. Uraian Tugas Jabatan Setda 123 . Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. URAIAN TUGAS : 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. 5.4. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATALAKSANA IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA KELEMBAGAAN SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA TATALAKSANAYANG DIPERLUKAN. 3. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.

NAMA JABATAN : PRAMU TAMU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATALAKSANA IKHTISAR JABATAN : MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR YANG BERLAKU.4. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Memperbanyak surat (foto copy) sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas sesuai dengan arahan atasan.2. 5. 5. menutup pintu dan jendela kantor. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya.5.7. Menata dan merawat taman di lingkungan sekitarnya. melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. 4. 5.6. Menerima telephon serta menyampaikan dan pengoper kepada yang ditujukan.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 5. 5.8.9. URAIAN TUGAS : 5. Membuka. 2. 5.1. 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 124 .10. Membersihkan dan menata kerapian tempat kerja pada unit / instansi lingkungan sekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi. Menerima. 5. 3.3.

1. NAMA JABATAN Uraian Tugas Jabatan Setda 125 .11.A 3 UNIT KERJA : BAGIAN ORGANISASI DAN TATALAKSANA 4 IKHTISAR JABATAN : 1 MENYUSUN RENCANA DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA SERTA MENYIAPKAN BAHAN PETUNJUK TEKNIS YANG MENYANGKUT PENGELOLAAN DAN PENGENDALIAN KINERJA APARATUR PEMERINTAHAN DILINGKUNGAN KABUPATEN UNTUK DIPAKAI DALAM PELAKSANAAN TUGAS SERTA 5 URAIAN TUGAS : 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Pengolahan Data dan Kinerja Perangkat Daerah Setda dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.2. Merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan Sub Bagian Pengolahan Data dan Kinerja Perangkat Daerah Setda berdasarkan kagiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. URAIAN TUGAS JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN PENGOLAHAN DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH 2 ESELON : IV. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.5.

7.6. Rencana Kerja Tahun (RKT) dan Indikator Kinerja Utama (IKU). Mengakses informasi dan melayani pemakaian jasa internet. 5. Mengatur dan mengendalikan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data elektronik. Membuat laporan bulanan.10.11.12. Uraian Tugas Jabatan Setda 126 . Memeriksa hasil kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Pengolahan Data dan Kinerja Perangkat Daerah Setda untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut.8. 5. Monitoring dan Evaluasi (Kormonev) Pencegahan Korupsi di Kabupaten Lembata sesuai ketentuan yang berlaku. 5. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait dalam penyusunan LAKIP Bupati Lembata.9. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.5. Penetapan Kinerja Pemerintah Daerah. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik dalam penyusunan Laporan Koordinasi. 5. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Pengolahan Data dan Kinerja Perangkat Daerah Setda dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.5. 5. 5.3. Melaksanakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data kelembagaan dan tatalaksana pemerintahan kabupaten serta kinerja pemerintah daerah. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Pengolahan Data dan Kinerja Perangkat Daerah. URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH ESELON : 3.4. 5. 5. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Pengolahan Data dan Kinerja Perangkat Daerah Setda berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PENGOLAH DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH IKHTISAR JABATAN : MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH DINAS KINERJA PERANGKAT DAERAH SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK.

Mengelompokan surat dan naskah dinas kinerja perangkat daerah menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Menerima dan mencatat nomor. 5. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. URAIAN TUGAS JABATAN NAMA JABATAN ESELON : : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA AKIP Uraian Tugas Jabatan Setda 127 . URAIAN TUGAS : 5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda agar tertib administrasi.4.5.6.3.5. 5. Menata surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan penemuan bila dibutuhkan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.1.2. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.

9.3.10. PKT. Uraian Tugas Jabatan Setda 128 . Menerima dan mengumpul data Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah meliputi penyusunan RKT. mentabulasi dan merekapitulasi data sesuai petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi data AKIP meliputi penyusunan RKT.4. Meneliti dan mengidentifikasi data AKIP meliputi penyusunan RKT.6. 5. LAKIP yang ada sesuai dengan petunjuk kerja atasan agar mendapatkan kebenaran data yang dibutuhkan. 5. 5. 5. Mengklasifikasi data yang dikumpulkan berdasarkan penggolongan untuk memudahkan penemuan kembali data yang dibutuhan. LAKIP dan permasalahannya dalam buku jaga untuk tindakan kerja selanjutnya. 5. 5. Menyajikan informasi olahan data sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan proses kegiatan lebih lanjut. PKT. Mengolah data dan mengklasifikasi. Menyusun konsep data dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sesuai dengan petunjuk atasan untuk kelancaran tugas. Mencatat perkembangan pengumpulan data AKIP meliputi penyusunan RKT. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. LAKIP yang valid dan akuntabel. 5. PKT. PKT dan LAKIP melalui pengisian format – format untuk tindakan selanjutnya.5.2. URAIAN TUGAS : 5. 5. DAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH ( LAKIP ) SESUAI STANDAR SEHINGGA TERSEDIA DATA DAN INFORMASI DATA YANG VALID DAN AKUNTABEL. 5.7.8. 5.3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PENGOLAH DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH IKHTISAR JABATAN : MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH MELALUI PENYUSUNAN RENCANA KERJA TAHUNAN.

1. dan sistem-sistem yang berpotensi menimbulkan tindak pidana korupsi serta pengadaan barang dan jasa yang valid dan akuntabel.2. Mencatat perkembangan pengumpulan data dan permasalahannya dalam buku jaga untuk tindakan kerja selanjutnya.3. Mengklasifikasi data yang dikumpulkan berdasarkan penggolongan untuk memudahkan penemuan kembali data yang dibutuhan. Mengolah data dan mengklasifikasi. mentabulasi dan merekapitulasi data sesuai petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi data kekayaan penyelenggara Negara. 5. 5. kualitas pelayanan publik. ESELON : 3. SESUAI DENGAN STANDAR AGAR TERSEDIANYA DATA YANG VALID 5. Menyajikan informasi olahan data sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan proses kegiatan lebih lanjut. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA MONITORING EVALUASI 2. kualitas pelayanan publik.URAIAN TUGAS JABATAN 1.4. Menerima dan mengumpul data kekayaan penyelenggara Negara/pejabat daerah. Meneliti dan mengidentifikasi data kekayaan penyelenggara Negara. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PENGOLAH DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH 4. kinerja perangkat daerah. Uraian Tugas Jabatan Setda 129 .7. dan sistemsistem yang berpotensi menimbulkan tindak pidana korupsi serta pengadaan barang dan jasa yang ada sesuai dengan petunjuk kerja atasan agar mendapatkan kebenaran data yang dibutuhkan. PENETAPAN KINERJA.5. URAIAN TUGAS : 5. kualitas pelayanan publik. kinerja perangkat daerah. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.6. kinerja perangkat daerah. DAN SISTEM-SISTEM YANG BERPOTENSI MENIMBULKAN TINDAK PIDANA KORUPSI SERTA PENGADAAN BARANG DAN JASA. 5. dan sistem-sistem yang berpotensi menimbulkan tindak pidana korupsi serta pengadaan barang dan jasa melalui pengisian format-format untuk tindakan selanjutnya. 5. IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA KEKAYAAN PENYELENGGARA NEGARA/PEJABAT DAERAH. KUALITAS PELAYAN PUBLIK. 5.

4. 5.5. URAIAN TUGAS : 5.8. Memasang system perangkat keras komputer sesuai prosedur agar komputer dapat digunakan dengan baik.5. 5. 5.2. NAMA JABATAN : MAINTENANCE 3. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.9. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.6.3. 5. IKHTISAR JABATAN: MEMASANG DAN MERAWAT DAN MEMPERBAIKI SISTEM DAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER SESUAI STANDAR DAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR KOMPUTER DAPAT DIGUNAKAN DENGAN BAIK. ESELON : 3. Merawat system perangkat keras dan peralatannya sesuai prosedur sehingga dapat digunakan dengan baik. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.10. 5. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PENGOLAH DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH 4. Menyusun konsep data dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sesuai dengan petunjuk atasan untuk kelancaran tugas. URAIAN TUGAS JABATAN 1.1. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 130 . merawat dan memperbaiki peralatan perangkat keras komputer sesuai prosedur agar dapat digunakan dengan baik. Memasang.

Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Uraian Tugas Jabatan Setda 131 . 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 2. 5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.2. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. URAIAN TUGAS : 5.4.URAIAN TUGAS JABATAN 1.7. 5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PENGOLAH DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA KINERJA PERANGKAT DAERAH SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN.1. 5. 5.5. 5.3.6. 3. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. 4. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.

8. ESELON 3.6. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. NAMA JABATAN 2. Memungut dan menyerahkan biaya Penggunaan internet sesui ketentuan yang berlaku.2. Menyilakan pelanggan untuk menggunakan Internet. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. IKHTISAR JABATAN : MENERIMA DAN MELAYANI PEMAKAIAAN JASA INTERNET KEPADA PELANGGAN SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.4. 5.5. Melayani dan memandu pelanggan dalam menggunakan Internet. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.5. UNIT KERJA : PRAMU WARUNG INTERNET : : SUB BAGIAN PENGOLAH DATA DAN KINERJA PERANGKAT DAERAH 4.3.1. Uraian Tugas Jabatan Setda 132 . URAIAN TUGAS : 5.

RUMAH TANGGA DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SEKRETARIAT DAERAH SESUAI STANDAR. Mematikan kembali komputer setelah jam kantor pelayanan berakhir.9. NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN 2.10. 5.5. Membersikan dan menata ruang warung internet agar tampak bersih dan rapih. MENGKOORDINASIKAN PENYELENGGARAAN KETATAUSAHAAN. UNIT KERJA : ASISTEN ADMINISTRASI UMUM 4. ESELON : III. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.7. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN RENCANA KEGIATAN. URAIAN TUGAS : 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.8. AGAR TERJALINNYA KERJASAMA DAN PELAYANAN PRIMA BAGI PEGAWAI DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.A 3. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Uraian Tugas Jabatan Setda 133 .1.

Mengkoordinansi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerja sama yang baik. ATK dan gaji.15.5.16. Menyiapkan pelayanan Tata Usaha Pimpinan (TUP).5. 5. 5. agar tercapai hasil yang optimal. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing.2. Memberi saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau pun tidak diminta dalam meyelesaiakan suatu masalah. Membuatan laporan bulanan. Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala-kepala Sub Bagian pada Bagian Umum dan Kepegawaian dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya. 5. 5. 5. Tata Usaha Setda dan Kearsipan.13. 5. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Umum dan Kepegawaian baik secara tretulis maupun lisan.10.17. Tata Usaha Setda dan Kearsipan. Merumuskan kebijakan sasaran pembinaan dan pengendalian serta perencanaan dan penataan dibidang Tata Usaha Pimpinan (TUP). 5. Menyiapkan bahan bagi penyusunan rencana kebutuhan Belanja Non Urusan Setda berupa biaya perjalanan dinas.19. 5. agar realisasinya sesuai dengan rencana. Melayani urusan Rumah Tangga Bupati dan Wakil Bupati.6.4. Merumuskan sasaran pembinaan dan pengendalian serta perencanaan kegiatan dan penataan dibidang Kerumahatanggaan Pimpinan. Menyelenggarakan pengelolahan administrasi kepegawaian Setda. Mereview Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Umum dan Kepegawaian setiap tahun. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Umum dan Kepegawaian untuk menemukan kesalahankesalahan guna perbaikan-perbaikan. 5.7.11. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kabupaten Lembata. 5. 5.8.14. 5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Umum dan Kepegawaian apakah sesuai dengan petunjuk dan rencana kerja yang ditetapkan. peralatan. Merumuskan sasaran pembinaan dan pengendalian perencanaan kegiatan dan penataan dibidang Belanja Biaya Non Urusan Setda.18. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Umum dan Kepegawaian dengan sumber data yang Uraian Tugas Jabatan Setda 134 .12. 5.3.9. 5. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Umum dan Kepegawaian dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. 5. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan. 5.

ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan.20. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN 2. ESELON : IV. URAIAN TUGAS JABATAN 1.A Uraian Tugas Jabatan Setda 135 .5.

5.2. URAIAN TUGAS : . Melakukan pencatatan dan pendistribusian surat masuk dan keluar serta penataan kearsipan. 5.10.15 Merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan berdasarkan kagiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. UNIT KERJA : BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN 4. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan. Memeriksa hasil kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut.9. 5.3. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik.7. TATA USAHA SEKRETARIAT DAERAH DAN KEARSIPAN SERTA PELAYANAN ADMININSTRASI SURAT MENYURAT. Uraian Tugas Jabatan Setda 136 . Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. Menyiapkan bahan kerja dan melayani kebutuhan Tata Usaha Pimpinan dan Tata Usaha Setda untuk kelancaran pelaksanaan tugas.4. 5.3. 5. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN DAN MERENCANAKAN TATA USAHA PIMPINAN.5.6. 5. 5. 5.8. Membuat laporan bulanan.

5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda agar tertib administrasi. 5. IKHTISAR JABATAN: MENGADMINISTRASIKAN NASKAH DINAS MASUK DAN NASKAH DINAS KELUAR PADA SEKRETARIAT DAERAH SESUAI STANDAR AGAR TERTIB ADMINISTRASI. ESELON : 3.5.6.URAIAN TUGAS JABATAN 1.2. Menerima dan mencatat nomor. URAIAN TUGAS : 5. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. Uraian Tugas Jabatan Setda 137 .4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN 4. 5.3. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Mengelompokan surat dan naskah dinas kinerja perangkat daerah menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian. Menata surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan penemuan bila dibutuhkan. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA TATA USAHA PIMPINAN 2. 5. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.

3.5.2. URAIAN TUGAS : 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI TATA USAHA PIMPINAN ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN KHTISAR JABATAN : MENGADMINISTRASIKAN TATA USAHA PIMPINAN SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA ADMINISTRASI YANG BAIK.3. Menerima. 5. 5.4. 2. mencatat dan menghinpun surat dan naskah dinas yang disamapikan kepada Tata Usaha Pimpinan untuk diproses lebih lanjut sesuai petunjuk atasan dalam buku agenda agar tertib administrasi.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Menerima dan mencatat serta memerikasa surat atau naskah dinas lain yang sudah di disposisi pimpinan unuk disamapikan kepada yang bersangkutan oleh pengagenda surat. Menyusun dan menyimpan serta mengarsipkan data dan informasi lainnya sesuai petunjuk pimpinan dan ketentuan pola kearsipan ke dalam file agar memudahkan apabila dibutukan pimpinan. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 138 . 5. 5. Memeriksa dan meneliti kelayakan dan kelengkapan surat atau tata naskah dinas sesuai isi. 4. Melayani kebutuhan pimpinan tentang informasi dan data atas arahan atasan guna menunjang produktivitas pimpinan 5. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.7.6. maksud dan tujuan selanjutnya menyampaikan surat atau naskah dinas kepada pengagenda surat untuk dikirim kepada pimpinan atau pejabat yang bersangkutan. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.1.

1.5.5. 5. URAIAN TUGAS : 5.4. 3. indeks. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Menerima surat atau naskah dinas yang telah diarahkan dengan kode klasifikasi serta memeriksa kembali ketepatan pengarahan dan kode klasifikasi dengan membandingkan isi materi surat masuk untuk menghindari kekeliruan. 5. kode klasifikasi dan isi ringkas surat serta alamat pengirim surat pada kartu pengendali agar tertib administrasi. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.8. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 4. 5. dan kuning dengan ekspedisi untuk dilanjutkan kepada unit pengolah yang bersangkutan. Mencatat dan mencantumkan nomor urut.2. 2. Menyampaikan surat masuk berkut kartu kendali merah. Menyusun kartu kendali putih dalam kotak atau laci kartu kendali sesuai pola kearsipan dan menyerahkan kartu kendali warna hijau Uraian Tugas Jabatan Setda 139 .3. NAMA JABATAN : PENGENDALI SURAT MASUK ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN IKHTISAR JABATAN: MENERIMA DAN MEMERIKSA SURAT MASUK DAN NASKAH DINAS LAINNYA YANG BERKAITAN DENGAN SEKRETARIAT DAERAH SESUAI STANDAR UNTUK TERTIB ADMINISTRASI.

4. Menerima surat keluar yang sudah ditandatangani pimpinan dari tata usaha unit kerja pengolah untukdiolah lebih lanjut. Melaksakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. NAMA JABATAN : PENGENDALI SURAT KELUAR ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN IKHTISAR JABATAN: MENERIMA DAN MENATA SURAT KELUAR DAN NASKAH DINAS LAINNYA YANG BERKAITAN DENGAN KEGIATAN SEKRETARIAT DAERAH SESUAI STANDAR AGAR MEMUDAHKAN PENELUSURAN KEMBALI. 5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 3. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 140 .7.kepada penata arsip untuk ditata lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku.1.2. 2. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan baik secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegaiatan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. URAIAN TUGAS : 5.6.

5. indeks isi ringkas serta alamat yang dituju pada kartu kendali surat keluar untuk memudahkan penelusurannya.5. Mencatat dan mencantumkan nomor urut. NAMA JABATAN : PENGENDALI SURAT KHUSUS ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN IKHTISAR JABATAN: MENERIMA DAN MENATA SURAT KHUSUS YANG MASUK SESUAI STANDAR UNTUK MEMUDAHKAN PENYALURAN DAN PENELUSURAN KEMBALI. kode klasifikasi. Menyusun daftar inventaris surat keluar berdasarkan jenis surat serta menyimpan dan mengamankan stempel dinas. 5. Melaksakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Menyusun kartu kendali putih dalam kotak kartu kendali sebagai alat control disusun berdasarkan ketentuan kearsipan agar tidak terjadi rangkap penomoran. 2.3. URAIAN TUGAS : Uraian Tugas Jabatan Setda 141 . 5.4. 5. Membuat laporan jumlah surat keluar dan hasil pelaksanaan kegiatan lainnya secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan.6. 4. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.7. 3.

5.6. 5. ESELON : 3. Melaksakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.5. Meneliti dan mengendalikan surat khusus meliputi surat rahasia dan surat dari instanasi tertentu untuk diproses lebih lanjut sesuai arahan pimpinan.2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.3. 5. 5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.5.7. Membuat laporan jumlah surat keluar dan hasil pelaksanaan kegiatan lainnya secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. NAMA JABATAN : AJUDAN BUPATI 2.4. 5. Membuat rekapitulasi pengendalian surat khusus berdasarkan arahan atasan agar tertip dalam pencatatannya. Menyamapikan surat khusus yang sudah dikendalikan kepada pimpinan atau pejabat lain sesuai petunjuk dan arah dan atasan dengan mempergunakan lembar pengantar surat khusus agar pengendalannya tertip dan mudah penelusuran kembali.1. Menerima surat khusus baik yang sudah dibuka maupun yang masih tertutup dari penerima surat untuk diproses lebih lanjut. UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN Uraian Tugas Jabatan Setda 142 .

8.2. 5. 5. 5. telephon. Membuat catatan mengenai acara / kegiatan Bupati yang akan dilaksanakan untuk sebagai bahan referensi pada acara / kegiatan selanjutnya. Mengikuti seluruh acara / kegiatan dan melayani setiap keperluan Bupati untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Bupati.1. URAIAN TUGAS : 5.4. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Uraian Tugas Jabatan Setda 143 .3.5. KHTISAR JABATAN : MENGIKUTI SELURUH ACARA / KEGIATAN DAN MELAYANI SETIAP KEPERLUAN DINAS BUPATI SESUAI STANDAR UNTUK MENUNJANG KELANCARAN BERLANGSUNGNYA ACARA / KEGIATAN. Menyiapkan dan menyusun bahan serta berkas – berkas yang diperlukan oleh Bupati sesuai dengan acara / kegiatan yang diikuti untuk kelancaran pelaksanaan tugas.6. teleks. Memberitahukan dan mengingatkan kepada Bupati mengenai acara / kegiatan yang segera dilaksanakan agar tidak terlupakan. 5. 5. 5. 5. 5. Menerima berita. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.4.7. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. mencatat isinya dan menyampaikan isinya kepada Bupati atau menghubungi pihak lain untuk kelancaran pelaksanaan tugas Bupati.

6.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. NAMA JABATAN : AJUDAN WAKIL BUPATI ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN KHTISAR JABATAN : MENGIKUTI SELURUH ACARA / KEGIATAN DAN MELAYANI SETIAP KEPERLUAN DINAS WAKIL BUPATI SESUAI STANDAR UNTUK MENUNJANG KELANCARAN BERLANGSUNGNGNYA ACARA / KEGIATAN. 5. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Uraian Tugas Jabatan Setda 144 . Memberitahukan dan mengingatkan kepada Wakil Bupati mengenai acara / kegiatan yang segera dilaksanakan agar tidak terlupakan. mencatat isinya dan menyampaikan isinya kepada Wakil Bupati atau menghubungi pihak lain untuk kelancaran pelaksanaan tugas Wakil Bupati.7. 5. 5. 2. Menyiapkan dan menyusun bahan serta berkas – berkas yang diperlukan oleh Wakil Bupati sesuai dengan acara / kegiatan yang diikuti untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 4. telephon.5.3.1. URAIAN TUGAS : 5. 5. Membuat catatan mengenai acara / kegiatan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan untuk sebagai bahan referensi pada acara / kegiatan selanjutnya. Mengikuti seluruh acara / kegiatan dan melayani setiap keperluan Wakil Bupati untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Wakil Bupati. 3.4. teleks. Menerima berita.8.

5. URAIAN TUGAS : 5. Menerima dan melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya.7. NAMA JABATAN : PRAMU TAMU 2.URAIAN TUGAS JABATAN 1.8. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. KHTISAR JABATAN : MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR DAN KETENTUAN YANG BERLAKU. 5. Membuka.9. menutup jendela kantor. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Uraian Tugas Jabatan Setda 145 . Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.5. UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN 4. 5. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. Membersihkan dan menata kerapian ruangan kerja pada instansi dan lingkungansekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi. Menerima telephon serta menyampaikan atau mengoperkan kepada yang dituju. 5.3.2.6. 5.4. 5. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya. 5.1. 5. ESELON : 3.

Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. 5.5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. 3.6. 5. 5.1.2.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.4. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. 4. 2. 5.3. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. URAIAN TUGAS : 5. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA TATA USAHA SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN. Uraian Tugas Jabatan Setda 146 .

3.5. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.8.2. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI PERJALANAN DINAS ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN IKHTISAR JABATAN : MENGADMINISTRASIKAN PERJALANAN DINAS KELUAR DAERAH DAN KEDALAM DAERAH SESUAI STANDAR UNTUK KELANCARAN PELAKSANAAN TUGAS. URAIAN TUGAS : 5.7. Memeriksa kengkapan dan keapsahan Surat Perintah Perjalanan Dinas dari setiap pegawai atau peabat yang akan melaksanakan perjalanan dinas keluar dan ke dalam daerah. 4. 5.3. URAIAN TUGAS JABATAN 1. menyimpan dan menyiapkan bahan buku atau kartu perngawasan perjalanan dinas perorangan pada setiap unit kerja baik Uraian Tugas Jabatan Setda 147 . 5. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. 2. Menghimpun. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.

URAIAN TUGAS JABATAN 1. URAIAN TUGAS : Uraian Tugas Jabatan Setda 148 . 5. 5.4. 5. Mencatat nomor dan tanggal Surat Perintah Perjalanan Dinas keluar daerah dan ke dalam daerah agar tertibnya administrasi.5. NAMA JABATAN : CARAKA ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN IKHTISAR JABATAN : MENYAMPAIKAN SURAT DAN NASKAH DINAS KEPADA YANG BERKEPENTINGAN SESUAI STANDAR AGAR TERLAKSANANYA TUGAS DENGAN BAIK. 3.lingkungan Setda dan pada Dinas.6. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Badan dan Kantor sesuai arahan atasan untuk tertip administrasi. 2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 4.

5.3. 5. Membuat rencana menurut arah yang ditempuh sesuai dengan tujuan surat naskah dinas atau barang yang akan disampaikan. 5. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.1. Menerima dan memeriksa surat dan naskah dinas atau barang yang akan dikirim dari pengendali naskah dinas agar terhindar dari kekeliruan dan kesalahan. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.5. menyusun dan memasukan ke dalam amplop surat berdasarkan tujuan surat / naskah dinas atau barang yang akan dikirim untuk memudahkan pencariannya. Menyampaikan surat. 5.4.6. ESELON : IV. URAIAN TUGAS JABATAN 1.2. naskah dinas atau barang dan menyerahkan buku ekspedisi untuk ditandatangani atau barang yang akan disampaikan.7.5.A 3. UNIT KERJA : BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN Uraian Tugas Jabatan Setda 149 . Mencatat ke dalam buku ekspedisi. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.

2. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik. 5. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Rumah Tangga berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier.4. Uraian Tugas Jabatan Setda 150 .7.6. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5.4. Merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan berdasarkan kagiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Menyiapkan dan melayani kebutuhan Rumah Tangga dan perlengkapan Pimpinan 5. Memfasilitasi pelayanan kebutuhan Rumah Tangga Pimpinan agar selalu tersedia dan siap apabila dibutuhkan.8.5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.1. IKHTISAR JABATAN : MENYUSUN DAN MERENCANANKAN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PELAYANAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN PIMPINAN DAN SETDA SERTA KEBUTUHAN LAINNYA SESUAI KETENTUAN YANG BERLALKU .3.1. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Rumah Tangga sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Rumah Tangga untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 5. 5. 5. 5. 5.

Menata surat dan naskah dinas ke dalam file. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.1. 5.4. 5. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENERIMA SURAT DAN NASKAH DINAS PEMERINTAH SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DOKUMEN SECARA BAIK. agar memudahkan penemuan yang bila diperlukan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 2. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diprtoses pada buku agenda. URAIAN TUGAS : 5. 5. 5.3.6. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Menerima dan mencatat nomor. ESELON : 3. Uraian Tugas Jabatan Setda 151 .2.5. 5. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan.

5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. tanggal surat masuk dan naskah lainnya serta mencatat tanggal penerimaan.1. agar memudahkan penemuan yang bila diperlukan. Menata surat dan naskah dinas ke dalam file. Uraian Tugas Jabatan Setda 152 . Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.3. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.5.6. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian.4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA RUMAH TANGGA PIMPINAN 2. 5. Menerima dan mencatat nomor. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang telah selesai diproses pada buku agenda. ESELON : 3. 5.2. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT ADMINISTRASI RUMAH TANGGA PIMPINAN SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA ADMINISTRASI RUMAH TANGGA PIMPINAN DENGAN BAIK. URAIAN TUGAS : 5.

URAIAN TUGAS : 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA PIMPINAN 2. ESELON : 3. 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN RENCANA KEBUTUHAN PERLENGKAPAN DAN MENCATATAT ADMINISTRASI RUMAH TANGGA PIMPINAN SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA ADMINISTRASI PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA PIMPINAN SECARA BAIK. 5. Memeriksa perlengkapan dan perbekalan yang masih tersedia di lingkungan rumah dinas pimpinan dan menyusun konsep kebutuhan perlengkapan dan perbekalan untuk bahan masukan atasan . Mengawasi realisasi kebutuhan perlengkapan dan perbekalan yang telah ditetapkan atasan untuk mengetahui kesesuaiannya.URAIAN TUGAS JABATAN 1.3. Uraian Tugas Jabatan Setda 153 .2. 5.

Mencatat data mutasi atau pergantian barang pada rumah dinas pimpinan berdasarkan perintah atasan sesuai ketentuan yang berlaku agar tertib administrasi. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. IKHTISAR JABATAN: MENJAGA KEAMANAN DAN KETERTIBAN LINGKUNGAN RUMAH TANGGA PIMPINAN SESUAI STANDAR AGAR TERCIPTA SUASANA AMAN TENANG DAN NYAMAN DI LINGKUNGAN RUMAH TANGGA PIMPINAN.4. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.7. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. NAMA JABATAN : PETUGAS KEAMANAN RUMAH TANGGA PIMPINAN 2.5. URAIAN TUGAS : Uraian Tugas Jabatan Setda 154 .6. 5.5. ESELON : 3. Menyiapkan pandel dan cendramata lainnya bagi tamu pimpinan sesuai petunjuk atasan agar selalu tersedia bila diperlukan. 5.

Melakukan pemeriksanaan secara rutin di lingkungan rumah tangga pimpinan agar keamanan dapat terjamin.8. Menyediakan buku tamu. URAIAN TUGAS JABATAN 1.3. NAMA JABATAN : PENATA TAMAN DAN KEBERSIHAN ESELON : Uraian Tugas Jabatan Setda 155 . 5.5.1.7. 5. Memberikan informasi kepada paramu acara pimpinan tentang kedatangan tamu yang akan berkunjung sesuai prosedur yang berlaku untuk ditindaklanjuti. Memberikan buku catatan tamu kepada tamu untuk menulis nama.4. 5. 5. maksud tujuan dan asal tamu sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tertib administrasi. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 2. menanyakan maksud dan tujuan kedatangan serta identitas tamu sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dapat diketahui motifasi dan identitas tamu yang bersangkutan.6. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.2. buku piket dan perlengkapan lainnya yang diperlukan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku agar terdata jumlah tamu yang datang .5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. menyiram tanaman dan memberantas hama tanaman sesuai petunjuk yang telah ditentukan agar tanaman dapat tumbuh subur. URAIAN TUGAS : 5.2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.3. 5. Menanam tanaman hias yang diperlukan serta memberi pupuk. Membersihkan dan mengatur kerapihan taman.3. IKHTISAR JABATAN: : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN MENGATUR DAN MEMELIHARA TAMAN DAN KEBERSIHAN HALAMAN DI LINGKUNGAN KANTOR SESUAI STANDAR AGAR KEBUN DAN HALAMAN ASRI. Uraian Tugas Jabatan Setda 156 .1.6. 5.4. 5. memelihara dan merawat peralatan yang digunakan dengan cara membersihkan dari kotoran agar selalu siap pakai. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5. UNIT KERJA PERLENGKAPAN 4. Menyediakan peralatan yang diperlukan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku agar selalu tersedia bila diperlukan.7. kebun serta ruangan dan halaman kantor sesuai prosedur agar asri. 5.5.

7. Mengontrol instalasi listrik serta peralatan elektronika untuk mengetahui keadaan dan kemungkinan adanya kerusakan pada peralatan serta perlengkapannya. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. Memperbaiki atau menganti kerusakan ringan instalasi listrik dan peralatan yang menggunakan listrik seperti mengganti lampu yang mati atau rusak serta memperbaiki kerusakan pada peralatan elektronika agar dapat berfungsi kembali.8. Uraian Tugas Jabatan Setda 157 . 5. 5.5. Mengikuti pelaksanaan perbaikan listrik pada gardu listrik untuk mengetahui perkembangannya. 5. 5.9.2. IKHTISAR JABATAN: MEMPERBAIKI DAN MENGONTROL KONDISI LISTRIK PANEL DAN PERALATAN ELEKTRONIKA DILINGKUNGAN RUMAH TANGGA PIMPINAN DAN KANTOR SESUAI STANDAR AGAR DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK. 5.3. ESELON : 3. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.4. Mengatur Penggunaan aliran listrik sesuai petunjuk agar pemakainya sesuai dengan keperluan. URAIAN TUGAS : 5. Melaporkan kerusakan instalasi listrik dan peralatan kepada atasan terutama untuk kerusakan yang memerlukan penanganan PLN agar dapat diatasi lebih lanjut.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.1. Mencatat data instalasi listrik atau peralatan listrik berdasarkan laporan yang masuk dan menyiapkan peralatan yang diperlukan dalam perbaikannya. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. NAMA JABATAN : TEKNISI LISTRIK DAN ELEKTRONIKA 2.6.

4. Uraian Tugas Jabatan Setda 158 . 5.3. MENCATAT MUTASI DAN PENGHAPUSAN BARANG PERLENGKAPAN KANTOR DI LINGKUNGAN SETDA SESUAI STANDAR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA PERLENGKAPAN. Memeriksa perlengkapan yang masih tersedia dan menganalisis kebutuhan perlengkapan bagi setip unit kerja di lingkungan Setda dan menyusun konsep rencana kebutuhan perlengkapan dan membuat rekapitulasinya untuk bahan masukan atasan. ESELON : 3. Mencatat mutasi atau pergantian barang yang telah disetujui atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tertib administrasi .URAIAN TUGAS JABATAN 1.2. IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN RENCANA KEBUTUHAN. 5. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.5.1. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI PERLENGKAPAN KANTOR DAN RUMAH TANGGA PIMPINAN 2. Mengumpul dan mengoper data perlengkapan kantor mencatat dan melayani permintaan barang berdasarkan permintaan dan masukan dari unit kerja lingkungan Setda. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. URAIAN TUGAS : 5. 5.

3. Uraian Tugas Jabatan Setda 159 .2. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. 5. IKHTISAR JABATAN : TANGGA DAN MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA RUMAH TANGGA SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA YANG DIPERLUKAN.4. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. ESELON : 3.1. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH PERLENGKAPAN 4. 5.5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan.6. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. URAIAN TUGAS : 5. 5.

Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.6.7. IKHTISAR JABATAN: MENGATUR DAN MENYIAPKAN MENU JAMUAN UNTUK PIMPINAN DAN TAMU PIMPINAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA MENU YANG TELAH DITENTUKAN. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan. NAMA JABATAN : PRAMU BOGA 2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. ESELON : 3. 5.5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 160 .8. URAIAN TUGAS : 5. 5.5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai.1.

UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. 5.masing.5. ESELON : 3.3. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.5. 5. 5.7. 161 Uraian Tugas Jabatan Setda . Mengatur dan menyiapkan hidangan yang akan disajikan sesuai ketentuanyang berlaku sehingga siap saji.2. 5. IKHTISAR JABATAN: MENYAJIKAN HIDANGAN JAMUAN MAKAN UNTUK PIMPINAN DAN TAMU PIMPINAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA JAMUAN YANG TELAH DITENTUKAN. Menyusun daftar menu jamuan makan pimpinan dan tamu pimpinan pemerintah daerah sesuai dengan selera masing .6. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.4. Mengolah bahan jamuan makan sesuai ketentuan yang berlaku sehingga dapat dikonsumsi.8. Mengajukan kebutuhan atau menyiapkan bahan yang akan disajikan atau diolah sesuai dengan menu yang telah ditetapkan agar selalu tersedia apabila diperlukan. 5. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap setiap makanan di lingkungan rumahtangga pimpinan agar keamanan kesehatan dapat terjamin. URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : PRAMU SAJI 2.

Merapikan tempat yang telah dipergunakan untuk jamuan sehingga menjadi bersih dan rapi. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 162 . Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.2. Menyajikan hidangan jamuan makan untuk pimpinan dan tamu pimpinan sesuai ketentuan yang berlaku agar tersedia jamuan makan yang baik.5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.3. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap setiap hidangan yang disajikan di lingkungan rumah tangga pimpinan agar keamanan kesehatan dapat terjamin. 5. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. 5.4.5.6. 5.7. Menyiapkan dan menata tempat yang akan dipergunakan untuk jamuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tertata rapi.

NAMA JABATAN : PRAMU KEBERSIHAN PAKAIAN 2. Membersihkan alat perlengkapan.2.6.5. memperbaiki kerusakan ringan peralatan untuk mencuci atau melapor atasan pada kerusakan yang tidak dapat diperbaiki sendiri agar tidak menghambat kelancaran pelaksanaan tugas. 5. seperti alat dan perlengapan untuk mencuci serta setrika agar kegiatan berjalan lancar. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. menyimpan dan merapikan peralatan mencuci yang telah selesai digunakan. Mencuci dan mengeringkan serta menyetrika pakaian sesuai ketentuan yang berlaku bagi masing – masing jenis bahan pakaian.3. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4.1. IKHTISAR JABATAN: MELAYANI DAN MENJAGA KEBERSIHAN DAN KERAPIAN PAKAIAN PIMPINAN SESUAI STANDAR GUNA MENUNJANG PELAKSANAAN TUGAS PIMPINAN. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.4. URAIAN TUGAS : 5. ESELON : 3. Menyiapkan dan memeriksa keadaan peralatan yang digunakan dalam tugas. 5. 5. 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 163 .URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.

Memeriksa hasil pekerjaan perawatan dan pemeliharaan kendaraan yang sudah selesai dikerjakan serta membuat berita acara untuk pekerjaan yang berat.3. 5. perawatan dan pemeliharaan serta meneliti dan memeriksa kendaraan dinas untuk mengetahui keadaan dan jenis kerusakannya untuk menyusun perkiraan biaya perawatan dan pemeliharaannya. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Mengumpul dan meneliti permohonan. 5. bahan bakar minyak dan pengurusan perpanjang surat kendaraan dinas berdasarkan petunjuk atasan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.7.4.6. penjatahan bahan. IKHTISAR JABATAN: MENGELOLA KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SESUAI STANDAR AGAR KENDARAAN SELALU SIAP PAKAI. 5. Melaksanakan tugas – tugas ke dinas lain oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.5.URAIAN TUGAS JABATAN 1.2. 5. Menyusun jenis servis. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. Uraian Tugas Jabatan Setda 164 . 5. Mengatur pengoperasian kendaraan. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. NAMA JABATAN : PENGELOLAH KENDARAAN DINAS OPERASIONAL 2. accu. ESELON : 3. 5. biaya bahan bakar dan perbaikan kendaraan serta memantau pelaksanaan perawatan dan memelihara kendaraan dinas sesuai ketentuan yang berlaku untuk di tindak lanjuti.

4.2. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. accu dan bahan bakar kendaraan dinas sesuai petunjuk atasan untuk tertib administrasi. 5.3. 5. Mengecek dan mencatat surat – surat kendaraan. Menyusun konsep rencana biaya kebutuhan untuk perawatan. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5. mencocokannya dengan kendaraan dinas yang ada mencatat pemakai dan pegemudi kendaraan serta peruntukan atau Penggunaan kendaraan dinas untuk memudahkan pengoperasiannya. Mencatat dan melaksanakan penyaluran atau penjatahan ban.5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI KENDARAAN DINAS 2. URAIAN TUGAS : 5. IKHTISAR JABATAN: MENGADMINISTRASI DATA KENDARAAN DINAS SESUAI STANDAR AGAR TERTIB ADMINISTRASI. ESELON : 3. pemeliharaan dan biaya operasional kendaraan dinas berdasarkan Uraian Tugas Jabatan Setda 165 .1. Mencatat usulan rencana biaya perawatan dan pemeliharaan serta perpanjangan surat – surat kendaraan dinas yang diajukan unit kerja lingkungan SETDA untuk diajukan kepada pengelolah kendaraan dinas dan operasional.URAIAN TUGAS JABATAN 1.

UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan.2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaksanakan tugas – tugas ke dinas lain oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. MENATA DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN APEL DAN UPACARA SESUAI STANDAR AGAR KEGIATAN APEL DAN UPACARA BERJALAN LANCAR. NAMA JABATAN : PENGELOLAH PERALATAN APEL DAN UPACARA 2.7. 5.6. Uraian Tugas Jabatan Setda 166 . ESELON : 3. URAIAN TUGAS : 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Memasang peralatan untuk kegiatan apel dan upacara serta mengecek. mengatur volume sound system yang akan dipergunakan sesuai petunjuk atasan agar kegiatan apel atau upacara dapat berjalan dengan baik dan lancar.arahan dari unit kerja di lingkungan SETDA untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. IKHTISAR JABATAN: MENYIAPKAN.1. 5.

5.3. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Melaksanakan tugas – tugas ke dinas lain oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KENDARAAN DENGAN CARA MENGHIDUPKAN MESIN. Menyimpan kembali peralatan yang telah dipergunakan dan memelihara peralatan apel dan upacara agar selalu siap pakai. MENGENDARAI KENDARAAN SERTA MEMELIHARA DAN MERAWATNYA SESUAI KETENTUANNYA BERLAKU AGAR KENDARAAN LAYAK PAKAI DAN SIAP DIOPERASIKAN.4.6. UNIT KERJA : SUB BAGIAN RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN 4. 5.5. Memperbaiki atau melaporkan kerusakan peralatan kepada atasan dan menyusun konsep kebutuhan bahan dan peralatan apel upacara agar kegiatan apel dan upacara dapat berjalan sebagaimana mestinya. 5. NAMA JABATAN : PENGEMUDI / SOPIR 2. ESELON : 3. URAIAN TUGAS : Uraian Tugas Jabatan Setda 167 . 5.

ruang dalam dan bagian luar kendaraan agar kendaraan bersih dan terawat serta memperbaiki kerusakan kecil kendaraan agar kendaraan dapat berfungsi kembali.4.1. 5.2. 3. air radiator.5. 5.9.7. Merawat kendaraan dengan cara membersihkan mesin. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. air accu. 2.A UNIT KERJA : BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN Uraian Tugas Jabatan Setda 168 . 5. Mengemudikan kendaraan berdasarkan tujuan dan pengaturan lalu lintas yang berlaku agar kendaraan dapat tiba di tujuan dengan selamat. 5.5. lampu. 5. Melaporkan kerusakan kendaraan serta dokumen kendaraan (STNK) yang akan habis masalah berlakunya kepada pengelolah kendaraan dinas dan operasional.3. minyak rem. 5. Memeriksa kelengkapan dan keadaan kendaraan dengan cara mengecek rem. Menghidupkan dan memanaskan kendaraan guna mengetahui kelainan mesin. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. 5. Mencuci atau membersihkan kendaraan sebelum dipakai. dan bahan bakar agar dapat dikendarai dengan baik.8.6. 5. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN ESELON : IV.

7.6. 5.cuti dan pension dll. Menyiapkan dan melayani kebutuhan administrasi kepegawaian seluruh staf lingkup setda.3. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Kepegawaian berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5. serta daftar hadir bulanan.4. ujian dinas dan kenaikan pangkat . serta melaporkan kepada pimpinan setiap bulan.2.10. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Kepegawaian sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. kenaikan gaji berkala. IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SEKRETARIAT DAERAH SESUAI STANDAR DAN KETENTUAN YANG BERLALAKU . 5. yang berkaitan dengan kesejahteraan pegawai seperti pelayanan askes.9. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Kepegawaian untuk mempersiapkan dokumen kehadiran apel pagi dan siang.8. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil tugas secara tertulis dan lisan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. Uraian Tugas Jabatan Setda 169 . semester dan tahunan . Memfasilitasi pelayanan kebutuhan kepegawaian agar selalu tersedia dan siap apabila dibutuhkan. Menyiapkan dan melayani kebutuhan Kepegawaian Pimpinan dan seluruh staf lingkup setda. 5. 5. 5. bimbingan rohani 5. Melakukan koordinasi dengan unit/instansi dan pihak-pihak terkait agar tercipta kerjasama yang baik. 5. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.4.5.1. yang berkaitan dengan impasing. triwulan.

tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. 4. Menyusun konsep data dan naskah dinas lainnya berdasarkan petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Memberikan pelayanan dan permintaan arsip naskah dinas berdasarkan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. 5.8. Menata surat dan naskah dinas kepegawaian ke dalam file berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkan penemuannya bila dibutuhkan.1. 3. 2. 5.4. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Uraian Tugas Jabatan Setda 170 . 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.2.5. Menerima dan mencatat nomor. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI KEPEGAWAIAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN KEPEGAWAIAN UNIT SETDA SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK.7. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluarga yang telah selesai diproses untuk diteruskan ke Badan Kepegawaian Daerah.3.6. Mengelompokan surat dan dan naskah dinas kepegawaian menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian.URAIAN TUGAS JABATAN 1.

5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. menyajikan informasi menyimpan dan memelihara data yang telah diolah serta memberikan layanan data kepegawaian sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA KEPEGAWAIAN 2.status dan kedudukan. riwayat pekerjaan. 5.1.URAIAN TUGAS JABATAN 1.2.dan data lainnya sesuai prosedur dan petunjuk atasan selanjutnya di serahkan kepada ke BKD untuk penyusunan data base / beseting kepegawaian dan SIMPEG.5.6. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Uraian Tugas Jabatan Setda 171 . UNIT KERJA : SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN 4. Mengumpul dan mencatat data pegawai meliputi biodata.4. Menyusun konsep dan naskah dinas lain yang berkaitan dengan tugas kepegawaian SETDA sesuai petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. riwayat hidup. Melaksanakan tugas – tugas ke dinas yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.3. URAIAN TUGAS : 5. 5. ESELON : 3. 5. 5. Mengolah. IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA KEPEGAWAIAN SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI DATA KEPEGAWAIAN YANG VALID DAN AKUNTABEL.

URAIAN TUGAS : 5. MENCATAT DAN MENGELOLAH ABSENSI SESUAI PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERTIBNYA DATA ADMINISTRASI KEHADIRAN PEGAWAI. 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menerima lembaran daftar hadir dan absensi apel pagi / siang yang telah di tandatangani oleh pegawai pada bagian .5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. Mengevaluasi data pegawai yang mengikuti / tidak mengikuti apel pagi / siang secara bulanan sesuai arahan atasan untuk penyusun laporan evaluasi kehadiran pegawai pada apel pagi / siang. 3. 5. 5. 2. Mengetik data pegawai yang mengikuti / tidak mengikuti apel pagi / siang sesuai format untuk kelancaran pelaksanaan tugas. NAMA JABATAN : PENGOLAH ABSENSI ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN IKHTISAR JABATAN: MENERIMA. Mencatat data pegawai yang mengikuti / tidak mengikuti apel pagi / siang pada buku besar berdasarkan lembaran absensi yang masuk untuk tertib administrasi.bagian di SETDA sesuai prosedur yang berlaku untuk proses selanjutnya. 5. 4.2. Uraian Tugas Jabatan Setda 172 .3.4. 5.

IKHTISAR JABATAN : MENGKOORDINASIKAN PERUMUSAN DAN PENYUSUNAN RENCANA KEGIATAN BIDANG KEUANGAN YANG MELIPUTI PEMBINAAN DAN PETUNJUK TEKNIS ADMINISTRASI KEUANGAN DAN PENGELOLAAN ANGGARAN PADA BAGIAN – BAGIAN SETDA SESUAI STANDAR DAN PROSEDUR UNTUK MEWUJUDKAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEUANGAN SETDA YANG TERTIB BERORIENTASI PADA KEPENTINGAN PUBLIK. Menyusun konsep dan data naskah dinas lainnya sesuai petunjuk kerja dan perintah atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 173 . Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. URAIAN TUGAS : 5.9.A 3. Melaksanakan tugas – tugas ke dinas lain oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Bagian Keuangan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJM) Kabupaten Lembata.8.2. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. ESELON : III.6. Menyampaikan data pegawaian yang mengikuti / tidak mengikuti apel pagi / siang kepada atasan untuk urusan selanjutnya. UNIT KERJA : ASISTEN ADMINISTRASI UMUM 4.5. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan berdasarkan Perencanaan Strategis (RENSTRA) Bagian Keuangan sebagai pedoman pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.7. TRANSPARAN. NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN KEUANGAN 2.1.

Memantau pelaksanaan kegiatan para Kepala-kepala Sub Bagian pada Bagian Keuangan dan mengevaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui permasalahannya. 5. 5. 5. agar tercapai hasil yang optimal. 5. 5.5. merumuskan dan memantapkan bahan kebijakan dibidang keuangan di lingkungan Setda yang meliputi pengelolahan anggaran perbendaharaan.5. Uraian Tugas Jabatan Setda 174 . 5.7.13.10. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian pada Bagian Keuangan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. Memeriksa dan mengendalikan penyediaan anggaran belanja langsung dan tidak langsung di lingkungan Setda berdasarkan ketentuan yang berlaku pada pelaksanaan tugas perjalanan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.8.9. Menganalisis dan merumuskan bahan pembinaan dan petunjuk teknis yang berkaitan dengan pengelolahan keuangan daerah di lingkungan Setda. 5. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada para Kepala Sub Bagian di Bagian Keuangan baik secara tertulis maupun lisan. sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing. Memantau pelaksanaan kegiatan bawahan dan mengadakan evaluasi hasilnya berdasarkan rencana kerja guna mengetahui keberhasilan dan permasalahannya serta menyusun alternative pemecahan masalah guna mencapai hasil kerja optimal.11. Melakukan pembinaan kepada aparatur pengelolah administrasi keuangan pada Lingkungan Setda melalui bimbingan dan pelatihan – pelatihan lain untuk meningkatkan kualitas aparatur / pengelolah keuangan berbasis kinerja. agar realisasinya sesuai dengan rencana.6. 5. 5. 5. 5. Meneliti dan menandatangani laporan realisasi keuangan anggaran Setda berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk bahan penyusunan kinerja keuangan Setda. 5. dan akuntansi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas pengelolahan keuangan Daerah di lingkungan Setda yang berbasis kinerja.12.14.4. Mengadakan rapat staf secara rutin dan berkala dalam melakukan pembinaan dan motifasi bawahan untuk upaya peningkatan produktifitas dan karya.15. Menyelia pelaksanaan kegiatan para Kepala Sub Bagian pada Bagian Keuangan berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapakan.3. Menyiapkan dan mengoordinasikan bahan penyusunan anggaran dan belanja daerah unit Setda. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas para Kepala Sub Bagian pada Bagian Keuangan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna perbaikan.

5. Membuatan laporan bulanan. 5. URAIAN TUGAS JABATAN Uraian Tugas Jabatan Setda 175 . Memberikan saran dan pertimbangan pada atasan baik diminta maupun tidak diminta dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah pengelolahan keuangan di lingkungan Setda.16.19.17. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan Bagian Humas dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan.18. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan agar mengetahui permasalahan guna perbaikan lebih lanjut. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun secara tertulis dalam rangka pelaksanaan tugas.5.

8. 5.A 3. 5.4. 5.5. Menghimpun dan mengumpulkan data dan informasi yang berhubungan dengan anggaran.6. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.LS barang dan jasa 5. 5. 5. . 5.11. UNIT KERJA : BAGIAN KEUANGAN 4.9. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasrkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan seerta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. IKHTISAR JABATAN : 1. Mengidentifikasi bahan dalam rangka penyusunan anggaran. MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PELAKSANAAN PENGUMPULAN RENCANA ANGGARAN KEGIATAN DARI BAGIAN UNTUK PENYUSUNAN DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN LINGKUP SETDA SESUAI PROSEDUR DAN KETENTUAN YANG BERLAKU. Menerima. Uraian Tugas Jabatan Setda 176 . Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Anggaran untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. URAIAN TUGAS : 5.1.NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN ANGGARAN 2. 5. 5. Memeriksa hasil kerja bawahan untuk menemukan kesalahan – kesalahan dalam rangka perbaikan atau penyempurnaan. ESELON : IV. Meneliti dokumen SPP – GU. 5.2. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Anggaran berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier.10.7.12. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara lisan dan tertulis Kepada atasan untuk memberi gambaran akhir pelaksanaan tugas. mengolah data dan melakukan verifikasi rencana anggaran dalam bentuk RKA / DPA lingkup Setda Kabupaten Lembata. Melakukan asistensi RKA / DPA bersama dengan tim anggaran Pemerintah Daerah ( TAPD )dan tim anggaran DPRD. 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Anggaran sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. 5. SPP – TU dan SPP .3.

1. 5. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Mengelompokan surat dan dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menerima dan mencatat nomor. 5. Memberikan pelayanan dan permintaan arsip naskah dinas berdasarkan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS : 5. Menyusun konsep data dan naskah dinas lainnya berdasarkan petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluarga yang telah selesai diproses. 5. 5.3. Menata surat dan naskah dinas ke dalam file berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkan penemuannya bila dibutuhkan. 5.7. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI ANGGARAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN ANGGARAN IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN ANGGARAN UNIT SETDA SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK.6. 3. 5.4.8. 5.2.5. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 177 . 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 2.

1. URAIAN TUGAS : 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.2. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1.5. NAMA JABATAN : PENGUMPUL DAN PENGOLAH DATA ANGGARAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN ANGGARAN IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA ANGGARAN SETDA SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI ANGGARAN YANG VALID DAN AKUNTABEL. Uraian Tugas Jabatan Setda 178 . Mengolah data dengan mengklasifikasi dan mentabulasi dan merekapitulasi data sesui petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi yang valid dan akuntabel. 4. 5. 5. 5.6. Menerima dan mengumpul data anggaran baik belanja langsung maupun tidak langsung dari setiap Bagian dalam rangka penyusunan Rancangan Kegiatan Anggaran ( RKA ) sampai menjadi Dokumen Pelaksana Anggaran ( DPA ). Mencatat pengembangan pengumpulan data anggaran dan permasalahannya dalam buku jaga untuk tindakan kerja selanjutnya. Meneliti dan menidentifikasi data anggaran yang ada sesuai petunjuk kerja atasan agar mendapatkan kebenaran data yang dibutuhkan. 2.4. 5.3. 5. 3. Memfasilitasi data RKA / DPA sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penemuan kembali data yang dibutuhkan.

2. Menyajikan informasi olahan data sesuai prosedur yang berlaku untuk bahan pemantau situasi dan kondisi dilapangan. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.2. 5. 5. 5. Menyusun konsep surat dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sub bagiannya sesuaii petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas.5.8. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 4.1. 5.10. 5. 3.7. URAIAN TUGAS : 5. 5. Menerima dan mengumpul data anggaran baik realisasi belanja SP2D dan SPJ baik belanja langsung maupun tidak langsung dari setiap Bagian dalam rangka penyusunan Pencana Pengendalian Anggaran. NAMA JABATAN : PENGENDALI ANGGARAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN ANGGARAN IKHTISAR JABATAN: MENGUMPUL DAN MENGOLAH DATA UNTUK MENGENDALI ANGGARAN SETDA SESUAI STANDAR AGAR TERSEDIA DATA DAN INFORMASI ANGGARAN YANG VALID DAN AKUNTABEL. Uraian Tugas Jabatan Setda 179 . Membuat laporan realisasi belanja SP2D dan SPJ sebagai data pengendali anggaran disaat menyusun anggaran tahun berikutnya maupun dalam rangka penyusunan perubahan anggaran. URAIAN TUGAS JABATAN 1.3.9. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat SPP – GU.5. Mengolah data dengan mengklasifikasi dan mentabulasi dan merekapitulasi data sesui petunjuk kerja atasan agar tersedia informasi yang valid dan akuntabel. 5.4. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER ESELON : 3.6. URAIAN TUGAS : Uraian Tugas Jabatan Setda 180 . 5. 5.5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. dan SPP – TU serta kuitansi dan bukti – bukti lain berkaitan dengan belanja. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. SPP – LS Barang dan Jasa.9.8. Menyajikan informasi olahan data sesuai prosedur yang berlaku untuk bahan pemantau situasi dan kondisi anggaran Setda.7. 5. 5. UNIT KERJA : SUB BAGIAN ANGGARAN IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA ANGGARAN SESUAI STANDAR KOMPETENSI AGAR TEROLAHNYA DATA ANGGARAN YANG DIPERLUKAN. Menyusun konsep surat dan naskah dinas yang berkaitan dengan tugas sub kelembangan sesuaii petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas.

1.8. 5. 3. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.3.5.A UNIT KERJA : BAGIAN KEUANGAN IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PELAKSANAAN MELALUI PENGUMPULAN PERMINTAAN PEMBAYARAN. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.7. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai.6. 2. 5. 5.2. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Uraian Tugas Jabatan Setda 181 .5. 4. 5. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN ESELON : IV. MEKANISME PEMBAYARAN DAN PENGENDALIAN SERTA PENGAWASAN RENCANA PENGGUNAAN KEUANGAN LINGKUP SETDA SESUAI PROSEDUR DAN KETENTUAN YANG BERLAKU.4.

5. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5.10. 5.5.12. Merencanakan mekanisme realisasi penerimaan untuk pemenuhuan target penerimaan Setda. 5.1. Mengendalikan proses permintaan.2. Mengawasi Penggunaan uang oleh bendahara dengan meneliti keabsahan dan kewajaran setiap bukti belanja yang diajukan. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Perbendaharaan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas.4. Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Perbendaharaan berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier. Menghimpun dan mengumpulkan data yang berhubungan dengan Sub Bagian Perbendaharaan.6.5. 5.8.9. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Memeriksa hasil kerja bawahan untuk menemukan kesalahan – kesalahan dalam rangka perbaikan atau penyempurnaan. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. Penggunaan dan pertanggungjawaban uang oleh bendaharawan dengan berpedoman pada anggaran kas Setda. 5. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Perbendaharaan untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut.11. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasrkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan seerta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.3. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 182 .7. Merencanakan Permintaan Pembayaran Uang untuk pelaksanaan program dan kegiatan Setda.

5.4.1. Memberikan pelayanan dan permintaan arsip naskah dinas berdasarkan petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.6.URAIAN TUGAS JABATAN 1.7. Menyusun konsep data dan naskah dinas lainnya berdasarkan petunjuk atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas. 5. Menerima dan mencatat nomor. apel pagi/mingguan yang menjadi tanggungan bagian dan semua tugas yang berhubungan dengan urusan kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 5.2. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Mengelompokan surat dan dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkan pendistribusian dan pengendalian. URAIAN TUGAS : 5. 5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 183 . 5. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI PERBENDAHARAAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA NASKAH DINAS YANG BERKAITAN DENGAN KEGIATAN PERBENDAHARAAN UNIT SETDA SESUAI STANDAR AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK. 3. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluarga yang telah selesai diproses.3. 5. 5. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Melaksanakan administrasi kepegawaian Bagian berupa persiapan presensi kehadiaran pegawai bagian. 5. 2.8. Menata surat dan naskah dinas ke dalam file berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkan penemuannya bila dibutuhkan.9.5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.

5. 2.4. 5. 3.6.URAIAN TUGAS JABATAN 1. NAMA JABATAN : BENDAHARA PENERIMAAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENERIMA. 5.1.2. Uraian Tugas Jabatan Setda 184 . MENCATAT. 5. 5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluarga yang telah selesai diproses. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Menerima dan mencatat nomor. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.3. 5. 4. URAIAN TUGAS : 5. Menerima dan menyetor dan mempertanggungjawabkan seluruh penerimaan Sekretariat Daerah.5. Mengkoordinasi seluruh proses penerimaan Sekretariat Daerah dan realisasinya. MENYETOR SELURUH PENERIMAAN SEKRETARIAT DAERAH SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTIB ADMINISTRASI. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan.

Melakukan Pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya. 4. 3.URAIAN TUGAS JABATAN 1. SPP – Ganti Uang (GU). SPM dan SP2D. 5. 5.6. 5. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.4. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Menandatangani seluruh dokumen SPP dan lampirannya. 5. NAMA JABATAN : BENDAHARA PENGELUARAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENGAJUKAN. Uraian Tugas Jabatan Setda 185 . Mengajukan SPP – Uang Persediaan (UP).3.7. SPP Tambah Uang (TU). Melakukan pembayaran panjar / uang muka kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).5. 2. Membuat register SPP. MENANDATANGANI DOKUMEN SPP DAN MELAKUKAN PEMBAYARAN SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU. Menandatangani setiap kuitansi dan dokumen pendukung pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya.8. Membuat Buku Kas Umum (BKU) dan buku pembantu BKU.2. dan SPP – Langsung (LS).

11. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 186 .9.10. Mengajukan SPP – Langsung ( LS ) gaji dan tunjangan operasional kepala daerah dan wakil kepala daerah. URAIAN TUGAS : 5. Menyampaikan SPJ Sekretariat Daerah kepada Dinas Pendapatan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah. URAIAN TUGAS JABATAN 1.5.1. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.12. 3. NAMA JABATAN : BENDAHARA PENGELUARAN KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENGAJUKAN. 5. 5. 5. 2.2. MENANDATANGANI DOKUMEN SPP DAN MELAKUKAN PEMBAYARAN GAJI DAN TUNJANGAN OPERASIONAL KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaporkan seluruh penerimaan dan pengeluaran serta belanja kepada Pengguna Anggaran. 5. 5.

Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.8.6. MENANDATANGANI SELURUH DOKUMEN SPP – TU DAN SPP – LS SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU. 5. 3. Melakukan pembayaran panjar / uang muka kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). 5. SPM dan SP2D. 5. 5.11.5.12. NAMA JABATAN : BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU KUASA PENGGUNA ANGGARAN ASISTEN PEMERINTAHAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENGAJUKAN. Menandatangani setiap kuitansi dan dokumen pendukung pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya. Melaporkan seluruh penerimaan dan pengeluaran serta belanja kepada Pengguna Anggaran. Membantu Bendahara Pengeluaran untuk mengelola kegiatan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemberintah Daerah lainnya dan penyediaan belanja operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 187 . 5.10. Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah. 2. 5. Menyampaikan SPJ gaji dan tunjangan operasional kepala daerah dan wakil kepala daerah kepada Dinas Pendapatan. Membuat register SPP. Menandatangani seluruh dokumen SPP dan lampirannya. sedangkan kegiatan-kegiatan belanja tidak langsung disampaikan melalui bendahara pengeluaran Sekretariat Daerah. Melakukan Pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Membuat laporan pelakasanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.9.5.7.4. 4. 5.3.

Membuat Buku Kas Umum ( BKU ) dan buku pembantu panjar dan buku pembantu pajak.7.8. Menandatangani seluruh dokumen SPP – TU dan SPP – LS dan lampirannya. Menyampaikan SPJ kepada Bendahara Pengeluaran untuk selanjutnya menjadi SPJ SKPD Sekretariat Daerah. 5. Membantu bendahara pengeluaran mengelola belanja kegiatan rapat – rapat koordinasi dan konsultasi. 5.1. 5. URAIAN TUGAS JABATAN Uraian Tugas Jabatan Setda 188 . Mengajukan SPP Tambah Uang ( TU ).9.11.5. 5.5.2. Melakukan Pembayaran langsung dari uang panjar / uang muka kerja maupun TU dan LS yang menjadi kewenangannya. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Melaporkan seluruh penerimaan dan pengeluaran serta belanja kepada Kuasa Pengguna Anggaran dan PPTK.4. 5.10. 5. Menandatangani setiap kuitansi dan dokumen pendukung pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 5. URAIAN TUGAS : 5.6. 5. dan SPP – Langsung ( LS ) Kepada kuasa Pengguna Anggaran.3. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Melaporkan seluruh penerimaan dan pengeluaran serta belanja kepada Kuasa Pengguna Anggaran dan PPTK.2. 5. 5. Membantu bendahara pengeluaran mengelola belanja kegiatan bimbingan teknis implementasi Peraturan Perundang – Undangan.8.9. 5. MENANDATANGANI SELURUH DOKUMEN SPP – TU DAN SPP – LS SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU.1. URAIAN TUGAS : 5. Menandatangani seluruh dokumen SPP – TU dan SPP – LS dan lampirannya.10. 5. 5. 5. 2. Membuat Buku Kas Umum ( BKU ) dan buku pembantu panjar dan buku pembantu pajak. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.4. 5. Menyampaikan SPJ kepada Bendahara Pengeluaran untuk selanjutnya menjadi SPJ SKPD Sekretariat Daerah. Mengajukan SPP Tambah Uang ( TU ). 5.6.3. 5. dan SPP – Langsung ( LS ) yang kewenangannya dilimpahkan kepada masing – masing KPA. NAMA JABATAN : BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU KUASA PENGGUNA ANGGARAN ASISTEN PEREKONOMIAN PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENGAJUKAN.5. 4.7. Uraian Tugas Jabatan Setda 189 . Melakukan Pembayaran langsung dari uang panjar / uang muka kerja maupun TU dan LS yang menjadi kewenangannya. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.11. Menandatangani setiap kuitansi dan dokumen pendukung pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya.1. 3.

Melaporkan seluruh penerimaan dan pengeluaran serta belanja kepada Kuasa Pengguna Anggaran dan PPTK. 5. URAIAN TUGAS : 5.6. 5. 5.2. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.3.5. Membantu bendahara pengeluaran mengelola belanja kegiatan pemeliharaan rutin / berkala kendaraan dinas operasional.URAIAN TUGAS JABATAN 1.8. Menyampaikan SPJ kepada Bendahara Pengeluaran untuk selanjutnya menjadi SPJ SKPD Sekretariat Daerah.4.1. 5. Menandatangani seluruh dokumen SPP – TU dan SPP – LS dan lampirannya.7. Membuat Buku Kas Umum ( BKU ) dan buku pembantu panjar dan buku pembantu pajak. 4. 2. 5. 5.10. Mengajukan SPP Tambah Uang ( TU ). Uraian Tugas Jabatan Setda 190 . 3. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulisan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5.9. NAMA JABATAN : BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU KUASAPENGGUNA ANGGARAN ASISTEN ADMINISTRASI UMUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENGAJUKAN. 5. 5. dan SPP – Langsung ( LS ) yang kewenangannya dilimpahkan kepada masing – masing KPA. MENANDATANGANI SELURUH DOKUMEN SPP – TU DAN SPP – LS SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU. Melakukan Pembayaran langsung dari uang panjar / uang muka kerja maupun TU dan LS yang menjadi kewenangannya. Menandatangani setiap kuitansi dan dokumen pendukung pembayaran langsung atas belanja yang menjadi kewenangannya. rehabilitasi sedang / berat kendaraan dinas / operasional.

Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.6. 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 191 . 2. URAIAN TUGAS JABATAN 1.1. Membantu melaksanakan tugas Pembantu Bendahara Pengeluaran di Bagian Keuangan sehingga dapat membantu PPTK melaksanakan kegiatan di bagiannya. 5. URAIAN TUGAS : 5. 5.2.3.11. 5.5. 3. Membantu PPTK mendaftar kebutuhan dan mengajukan nota pencairan dana kepada KPA. 5.4. Membantu bendahara pengeluaran pembantu masing – masing untuk penyelesaian dokumen SPJ pada masing – masing KPA. Menyiapkan seluruh bukti pembayaran terhadap belanja yang telah dilakukan sebelum disampaikan kepada bendahara dan KPA untuk ditandatangani. NAMA JABATAN : PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MELAKSANAKAN PENCATATAN PENGELUARAN BENDAHARA PEMBANTU DAN PPTK PADA BAGIAN KEUANGAN SETDA SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU.5. 5. Membantu PPTK melakukan pembayaran atas panjar / uang muka kerja yang diterima dari Pengguna anggaran. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.

Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Membantu bendahara pengeluaran untuk menerbitkan dokumen – dokumen keuangan seperti permintaan uang. 5.1. URAIAN TUGAS : 5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan yang lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan atau tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. pencatatan transaksi.5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. dan pelaporan seluruh proses pengolahan Uraian Tugas Jabatan Setda 192 . UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN 4. IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MENERBITKAN NASKAH KEUANGAN. ESELON : 3.7. 5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI NASKAH PERBENDAHARAAN 2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. penerbitan bukti. 5. MENELITI TAGIHAN AGAR TERTIB ADMINISTRASI SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU.8.2.

MENELITI TAGIHAN AGAR TERTIB ADMINISTRASI SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU.5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Membantu meneliti surat tagihan atas belanja yang dilaksanakan oleh bendahara pengeluaran sebelum diterbitkan dokumen pembayaran atas tagihan – tagiahan dimaksud. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 4. 5. Melaporkan kepada bendahara pengeluaran setiap dokumen pengeluaran yang tidak lengkap sebelum dikembalikan kepada bendahara pengeluaran untuk diperbaiki. Membantu Bendahara Pengeluaran. 3.5. 5. meneliti bukti dan pelaporan pelaksanaan belanja oleh bendahara pengeluaran pembantu sebagai SPJ. 2. Uraian Tugas Jabatan Setda 193 .7. 5. keuangan atau dokumen lainnya yang diisyaratkan dalam aturan pengelolahan keuangan oleh Bendahara Pengeluaran.6.4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI NASKAH PERBENDAHARAAN KPA ASISTEN PEMERINTAHAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MENERBITKAN NASKAH KEUANGAN. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.3.

6.1. Melaporkan kepada bendahara pengeluaran setiap dokumen pengeluaran yang tidak lengkap sebelum dikembalikan kepada bendahara pengeluaran untuk diperbaiki. Uraian Tugas Jabatan Setda 194 . meneliti bukti dan pelaporan pelaksanaan belanja oleh bendahara pengeluaran pembantu sebagai SPJ. 5. 5.5. URAIAN TUGAS : 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.2. penerbitan bukti. pencatatan transaksi. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. Membantu bendahara pengeluaran untuk menerbitkan dokumen – dokumen keuangan seperti permintaan uang. dan pelaporan seluruh proses pengolahan keuangan atau dokumen lainnya yang diisyaratkan dalam aturan pengelolahan keuangan oleh Bendahara Pengeluaran KPA Asisten Pemerintahan.7. 5. Membantu Bendahara Pengeluaran. 5. 5.4.5.3. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Membantu meneliti surat tagihan atas belanja yang dilaksanakan oleh bendahara pengeluaran sebelum diterbitkan dokumen pembayaran atas tagihan – tagiahan dimaksud. 5.

4.5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. meneliti bukti dan pelaporan pelaksanaan belanja oleh bendahara pengeluaran pembantu sebagai SPJ. Membantu meneliti surat tagihan atas belanja yang dilaksanakan oleh bendahara pengeluaran sebelum diterbitkan dokumen pembayaran atas tagihan – tagiahan dimaksud. Membantu bendahara pengeluaran untuk menerbitkan dokumen – dokumen keuangan seperti permintaan uang. 5.6. 2. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI NASKAH PERBENDAHARAAN KPA ASISTEN ADMINISTRASI UMUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MEMBANTU MENERBITKAN NASKAH KEUANGAN. 5.2. 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. MENELITI TAGIHAN AGAR TERTIB ADMINISTRASI SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU. URAIAN TUGAS : 5.4. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 195 . Melaporkan kepada bendahara pengeluaran setiap dokumen pengeluaran yang tidak lengkap sebelum dikembalikan kepada bendahara pengeluaran untuk diperbaiki.penerbitan bukti. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.3. 5.1. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 3.7. Membantu Bendahara Pengeluaran. pencatatan transaksi. dan pelaporan seluruh proses pengolahan keuangan atau dokumen lainnya yang diisyaratkan dalam aturan pengelolahan keuangan oleh Bendahara Pengeluaran KPA Asisten Administrasi Umum.

URAIAN TUGAS : 5.6.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 4. 3. Membantu bendahara pengeluaran untuk melakukan pembayaran tagihan. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI NASKAH TAGIHAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MELAKUKAN MENYIAPKAN DAN MEMBANTU BENDAHARAN PEMBAYARAN TAGIHAN DAN PENERBITAN DOKUMEN.4.3. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 2.1. 5. Menerbitkan dokumen – dokumen sebagai bukti belanja atas tagihan. 5. 5. Membantu meneliti seluruh tagiahan atas belanja yang dilaksanakan oleh bendahara pengeluaran sebelum diterbitkan dokumen atas tagihan – tagihan dimaksud. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5. 5.2.5. Uraian Tugas Jabatan Setda 196 .

3. 5. 5.URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.4. 4. Membantu bendahara pengeluaran untuk melakukan penatausahaan seluruh dokumen pendukung yang disyaratkan untuk perhitungan dan pembayaran gaji PNS. Uraian Tugas Jabatan Setda 197 . Membantu bendahara pengeluaran untuk menyiapkan seluruh dokumen permintaan dan pembayaran gaji pegawai Lingkup Sekretariat Daerah.CPNS. dan tenaga Kontrak. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.3.2.1. Melakukan pembayaran gaji PNS. 5. 5. 2. NAMA JABATAN : PEMBAYAR GAJI PNS ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: GAJI PNS LINGKUP SETDA SESUAI MELAKUKAN PEMBAYARAN KETENTUAN YANG BERLAKU.5.. URAIAN TUGAS : 5. CPNS dan Tenaga Kontrak. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.

5.6. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI BARANG ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN:

MENGADMINISTRASI DATA BARANG DILINGKUNGAN SETDA SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR PELAKSANAAN TUGAS BERJALAN LANCAR. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menghimpun dan mengonsep usulan kebutuhan barang di lingkungan Setda berdasarkan usulan dari masing – masing bagian untuk kelancaran pelaksanaan tugas; 5.3. Menerima, memeriksa dan mencatat berdasarkan jenis dan jumlah barang yang masuk agar tertib administrasi ke dalam buku barang

Uraian Tugas Jabatan Setda

198

5.4. 5.5. 5.6. 5.7. 5.8. 5.9.

inventaris, buku barang pakai habis, buku hasil pengadaan, kartu barang dan kartu persediaan barang; Mendistribusikan dan melayani kebutuhan barang serta mencatat tanda terima barang pada bagian agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik; Menghimpun semua tanda bukti penerimaan barang dan pengeluaran / penyerahan secara tertib dan teratur sehingga memudahkan dalam pengawasan; Membuat laporan secara periodik kepada Pengguna Barang, setiap penambahan ataupun penghapusan barang milik sekretariat Daerah; Membuat perhitungan/pertanggungan jawab atas barang yangt diurusnya; Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. ESELON : 3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN 4. IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK PERBENDAHARAAN SESUAI STANDAR AGAR PERBENDAHARAAN YANG DIPERLUKAN. OLAHAN TEROLAHNYA DATA DATA

Uraian Tugas Jabatan Setda

199

5.

URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan; 5.3. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan; 5.4. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan; 5.5. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan; 5.6. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai; 5.7. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.8. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : CARAKA ESELON : UNIT KERJA : KEPALA SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN:

MENYAMPAIKAN SURAT DAN NASKAH DINAS KEPADA YANG BERKEPENTINGAN SESUAI STANDAR AGAR TERLAKSANANYA TUGAS DENGAN BAIK. 200

Uraian Tugas Jabatan Setda

5.

URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima dan memeriksa surat dan naskah dinas atau barang yang akan dikirim dari pengendali naskah dinas agar terhindar dari kekeliruan dan kesalahan; 5.3. Mencatat ke dalam buku ekspedisi, menyusun dan memasukan ke dalam amplop surat berdasarkan tujuan surat / naskah dinas atau barang yang akan dikirim untuk memudahkan pencariannya; 5.4. Membuat rencana menurut arah yang ditempuh sesuai dengan tujuan surat naskah dinas atau barang yang akan disampaikan; 5.5. Menyampaikan surat, naskah dinas atau barang dan menyerahkan buku ekspedisi untuk ditandatangani atau barang yang akan disampaikan; 5.6. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.7. Melaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN

Uraian Tugas Jabatan Setda

201

5. 5.1. Mencuci atau membersihkan kendaraan sebelum dipakai.1.3. MENGENDARAI KENDARAAN SERTA MEMELIHARA DAN MERAWATNYA SESUAI KETENTUANNYA BERLAKU AGAR KENDARAAN LAYAK PAKAI DAN SIAP DIOPERASIKAN. air accu. Mengemudikan kendaraan berdasarkan tujuan dan pengaturan lalu lintas yang berlaku agar kendaraan dapat tiba di tujuan dengan selamat. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.2.8. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. Melaporkan kerusakan kendaraan serta dokumen kendaraan (STNK) yang akan habis masalah berlakunya kepada pengelolah kendaraan dinas dan operasional.9.4. 2. Memeriksa kelengkapan dan keadaan kendaraan dengan cara mengecek rem. dan bahan bakar agar dapat dikendarai dengan baik. 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. NAMA JABATAN : PENGEMUDI / SOPIR ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KENDARAAN DENGAN CARA MENGHIDUPKAN MESIN.7. 5. ruang dalam dan bagian luar kendaraan agar kendaraan bersih dan terawat serta memperbaiki kerusakan kecil kendaraan agar kendaraan dapat berfungsi kembali. 5. 5. minyak rem. 5.6. Uraian Tugas Jabatan Setda 202 . Menghidupkan dan memanaskan kendaraan guna mengetahui kelainan mesin. Merawat kendaraan dengan cara membersihkan mesin.5. 3. 5. URAIAN TUGAS : 5. air radiator. 4. lampu.

Menilai prestasi kerja para bawahan di bawah Sub Bagian Akutansi berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier.2.6. Menyusun langkah-langkah kegiatan tahun berjalan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya baik rutin maupun pembangunan serta sumber data yang ada sebagai han untuk melaksanakan kegiatan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. 4. Menyusun draf laporan realisasi anggaran triwulan / laporan semester. Memberi petunjuk kepada bawahan dalam melakukan verifikasi dan pembuatan laporan realisasi anggaran berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA )Setda. 5. Memeriksa hasil kerja bawahan untuk menemukan kesalahan – kesalahan dalam rangka perbaikan atau penyempurnaan.8. serta laporan keuangan akhir tahun sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN AKUNTANSI ESELON : IV.1. 5. 5.5.9. 5. Membagi tugas kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Akutansi sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas. Menghimpun dan mengumpulkan data yang berhubungan pelaksanaan akutansi.A UNIT KERJA : BAGIAN KEUANGAN IKHTISAR JABATAN: MENYUSUN LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PELAKSANAAN MELALUI PENGUMPULAN BAHAN PELAKSANAAN PEMBUKUAN KEUANGAN DAN PERHITUNGAN ANGGARAN SETDA SESUAI PROSEDUR DAN KETENTUAN YANG BERLAKU. URAIAN TUGAS : 5. 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 203 . 5. 2.7. 5.3. 5. Melakukan komplikasi data laporan pada tiap periode akutansi.4. 5. Memberi petunjuk kepada para bawahan di bawah Sub Bagian Akutansi untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut. 3.URAIAN TUGAS JABATAN 1.

5. Menghimpun data penerimaan dan register penerimaan pada Sekretariat Daerah serta melakukan verifikasi SPJ penerimaan.2.12. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses pada sub bagian akutansi dan menyerahkan kepada kepala bagian melalui kepala sub bagian akutansi agar tertib administrasi. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA AKUTANSI KUASA PENGGUNA ANGGARAN ASISTEN PEMERINTAHAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH YANG BERKAITAN DENGAN AKUTANSI SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK.11. Menerima dan mencatat nomor.4. 2. URAIAN TUGAS : 5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5. 5.10. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. 5.5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas. Melakukan koordinasi kepada setiap pekerjaan yang diberikan kepada bawahan. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar membedakan pendistribusian dan pengendalian. Uraian Tugas Jabatan Setda 204 . 3. Membuat laporan bulanan. 4.3. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatan di Sub Bagian Perbendaharaan.1. 5.

5. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA AKUTANSI KUASA PENGGUNA ANGGARAN ASISTEN EKONOMI PEMBANGUANAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH YANG BERKAITAN DENGAN AKUTANSI SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK.9. Menerbitkan draf pengesahan kuasa Pengguna anggaran Asisten Pemerintahan. Uraian Tugas Jabatan Setda 205 . 4. URAIAN TUGAS : 5. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.10. URAIAN TUGAS JABATAN 1.5. Menghimpun data belanja langsung Kuasa Pengguna Anggaran dan membuat pengawasan / register TU dan LS pada konsep Pengguna anggaran Asisten pemerintahan 5.7. 2. obyek serta rincian dari setiap bentuk belanja Kuasa Pengguna Anggaran Asisten Pemerintahan.5. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya.8. 3.1. menyusun draf pengesahan penerimaan pada periode akutansi . 5.6. 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. Melakukan pembebanan anggaran terhadap program. Melakukan pembebanan terhadap jenis dan obyek penerimaan.

5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 2.3.10.5.8.2. Menerbitkan draf pengesahan kuasa Pengguna anggaran Asisten Ekonomi Pembangunan. 5.4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI DATA AKUNTANSI KUASA PENGGUNA ANGGARAN ASISTEN ADMINISTRASI UMUM ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUTANSI Uraian Tugas Jabatan Setda 206 . Melakukan pembebanan anggaran terhadap program. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. Menerima dan mencatat nomor. menyusun krap pengesahan penerimaan pada periode akutansi . Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar membedakan pendistribusian dan pengendalian. Menghimpun data belanja langsung Kuasa Pengguna Anggaran dan membuat pengawasan / register TU dan LS pada konsep Pengguna anggaran Asisten Ekonomi Pembanguan.5.7. 5. 5. 5. Melakukan pembebanan terhadap jenis dan obyek penerimaan. 3. 5. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. Menghimpun data penerimaan dan register penerimaan pada Sekretariat Daerah serta melakukan verifikasi SPJ penerimaan. 5.6. obyek serta rincian dari setiap bentuk belanja Kuasa Pengguna Anggaran Asisten Ekonomi Pembangunan.9. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses pada sub bagian akutansi dan menyerahkan kepada kepala bagian melalui kepala sub bagian akutansi agar tertib administrasi. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.5. Menghimpun data belanja langsung Kuasa Pengguna Anggaran dan membuat pengawasan / register TU dan LS pada konsep Pengguna anggaran Asisten Administrasi Umum. 5. Menghimpun data penerimaan dan register penerimaan pada Sekretariat Daerah serta melakukan verifikasi SPJ penerimaan. 5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses pada sub bagian akutansi dan menyerahkan kepada kepala bagian melalui kepala sub bagian akutansi agar tertib administrasi. IKHTISAR JABATAN: MENCATAT DAN MENYIMPAN DATA DAN NASKAH YANG BERKAITAN DENGAN AKUTANSI SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTATANYA DATA DENGAN BAIK.3.10.8. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.6.1. Menerbitkan draf pengesahan kuasa Pengguna anggaran Asisten Administrasi Umum. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar membedakan pendistribusian dan pengendalian.4. Melakukan pembebanan terhadap jenis dan obyek penerimaan. Menerima dan mencatat nomor. 5. 5. Melakukan pembebanan anggaran terhadap program. Uraian Tugas Jabatan Setda 207 . 5. 5.7. 5. URAIAN TUGAS : 5. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. menyusun krap pengesahan penerimaan pada periode akutansi . Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.2.9. 5. obyek serta rincian dari setiap bentuk belanja Kuasa Pengguna Anggaran tiga.4.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PEMBANTU PENGADMINISTRASI BARANG ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN IKHTISAR JABATAN:

MENCATAT DAN MENYIMPAN DAN MENGURUS BARANG MILIK DAERAH YANG ADA PADA SETDA SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTIB ADMINISTRASI. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima dan mencatat nomor, tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan, alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses dan menyampaikan Kepada atasan; 5.3. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar membedakan pendistribusian dan pengendalian; 5.4. Membantu penyimpanan atau pengurusan barang dalam mengolah barang milik daerah yang dikelola pada Sekretariat Daerah; 5.5. Membantu penyimpan dan pengurus barang melakukan penatausahaan administrasi barang, / asset yang dikelola oleh Sekretariat Daerah ; 5.6. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.7. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Uraian Tugas Jabatan Setda

208

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI PENDAPATAN ASLI DAERAH ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI IKHTISAR JABATAN:

MELAKUKAN PENERIMAAN, PENCATATAN DAN PENYETORAN PENDAPATAN ASLI DAERAH SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTIB ADMINISTRASI. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima dan mencatat nomor, tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan, alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses dan menyerahkannya Kepada atasan; 5.3. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar membedakan pendistribusian dan pengendalian; 5.4. Menerima, mencatat dan menyetor Pendapatan Asli Daerah yang diterima pada lingkup Setda; 5.5. Melakukan penyusunan laporan pertanggungjawaban penerimaan asli Daerah lingkup Setda; 5.6. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.7. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Uraian Tugas Jabatan Setda

209

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI BELANJA KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI IKHTISAR JABATAN:

MENGHIMPUN DATA BELANJA, MEREGISTRASIKAN, DAN MELAKUKAN VERIFIKASI SPJ BELANJA KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTIB ADMINISTRASI. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya; 5.2. Menerima dan mencatat nomor, tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan, alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses dan mennyerahkan Kepada atasan; 5.3. Mengelompokan surat dan naskah dinas menurut jenis dan sifatnya berdasarkan petunjuk atasan agar memudahkann pendistribusian dan pengendalian;

Uraian Tugas Jabatan Setda

210

5.4. Menghimpun data belanja tidak langsung Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah, belanja tidak langsung Setda dan belanja langsung kuasa Pengguna anggaran Administrasi Umum ; 5.5. Membuat pengawsan / register belanja tidak langsung kepala daerah dan wakil kepala daerah, dan belanja tidak langsung Setda; 5.6. Melakukan verifikasi SPJ belanja tidak langsung Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah dan belanja tidak langsung Setda serta belanja langsung kuasa Pengguna anggaran Asisten Administrasi Umum; 5.7. Melakukan pembebanan anggaran terhadap belanja tidak langsung kepala Daerah dan wakil kepala Daerah, belanja tidak langsug Setda, dan belanja langsung pada kuasa Pengguna anggaran Asisten Administrasi Umum; 5.8. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan; 5.9. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS JABATAN
1. 2. 3. 4. NAMA JABATAN : PENGADMINISTRASI BELANJA NON URUSAN ESELON : UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI IKHTISAR JABATAN:

MENGHIMPUN DATA BELANJA NON URUSAN, MEREGISTRASIKAN, DAN MELAKUKAN VERIFIKASI SPJ SESUAI KETENTUAN YANG BERLAKU AGAR TERTIB ADMINISTRASI. 5. URAIAN TUGAS : 5.1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya;

Uraian Tugas Jabatan Setda

211

5. alamat yang dituju dan perihal naskah dinas atau surat keluar yang selesai diproses dan menyerahkan kepata atasan.5. Melakukan pembebanan anggaran terhadap program obyek serta rincian dari setiap bentuk belanja pada non urusan Pengguna anggaran. 5. ESELON : 3.. 5. Menghimpun data belanja non urusan.8. Membuat pengawasan dan register non urusan Pengguna anggaran. 5. NAMA JABATAN : OPERATOR KOMPUTER 2. Menerima dan mencatat nomor. Menerbitkan draf pengesahan belanja pada non urusan Pengguna anggaran.4. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. URAIAN TUGAS JABATAN 1. UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI 4. Uraian Tugas Jabatan Setda 212 . 5.7. IKHTISAR JABATAN : MENGOPERASIKAN KOMPUTER UNTUK OLAHAN DATA AKUTANSI SESUAI STANDAR AGAR TEROLAHNYA DATA AKUTANSI YANG DIPERLUKAN.2. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan.3.6. tanggal surat masuk dan naskah dinas lainnya serta mencatat tanggal penerimaan. 5.5.

6. 5. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. 5.7. Mencatat nama kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan.2. NAMA JABATAN : PENGEMUDI / SOPIR ESELON : Uraian Tugas Jabatan Setda 213 . 5. Memelihara perangkat komputer dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar komputer dalam keadaan siap pakai. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. 5.4. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.5. URAIAN TUGAS : 5.8. Mengoreksi hasil olahan data sesuai konsep yang diberikan atasan untuk menemukan kesalahan guna perbaikan.3. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 2. Memasukan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan.5.1. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehinggah komputer siap digunakan. 5.

5. 5. 5. MENGENDARAI KENDARAAN SERTA MEMELIHARA DAN MERAWATNYA SESUAI KETENTUANNYA BERLAKU AGAR KENDARAAN LAYAK PAKAI DAN SIAP DIOPERASIKAN. Merawat kendaraan dengan cara membersihkan mesin. minyak rem. air accu. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. Menghidupkan dan memanaskan kendaraan guna mengetahui kelainan mesin.1. 5. Mencuci atau membersihkan kendaraan sebelum dipakai.3. ruang dalam dan bagian luar kendaraan agar kendaraan bersih dan terawat serta memperbaiki kerusakan kecil kendaraan agar kendaraan dapat berfungsi kembali.4. Uraian Tugas Jabatan Setda 214 .9. dan bahan bakar agar dapat dikendarai dengan baik.6. 5. 5. Mengemudikan kendaraan berdasarkan tujuan dan pengaturan lalu lintas yang berlaku agar kendaraan dapat tiba di tujuan dengan selamat. 5. Memeriksa kelengkapan dan keadaan kendaraan dengan cara mengecek rem. 5. Melaporkan kerusakan kendaraan serta dokumen kendaraan (STNK) yang akan habis masalah berlakunya kepada pengelolah kendaraan dinas dan operasional. 4. Melaksanakan yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas.3. UNIT KERJA : SUB BAGIAN AKUNTANSI IKHTISAR JABATAN: MENGOPERASIKAN KENDARAAN DENGAN CARA MENGIDUPKAN MESIN.8. URAIAN TUGAS : 5. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan secara tertulis maupun lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran terakhir pelaksanaan kegiatan. 5.7. air radiator. 5.2. lampu.

5. Menerima telephon serta menyampaikan dan pengoper kepada yang ditujukan. 5.3.2. Membantu pengadministrasi umum dalam menata berkas – berkas administrasi sehingga tertata dengan rapi sesuai dengan jenis dan sifatnya. 5. ESELON : 3.6. Membersihkan dan menata kerapian tempat kerja pada unit / instansi lingkungan sekitarnya agar selalu dalam keadaan rapi. Menata dan merawat taman di lingkungan sekitarnya. Uraian Tugas Jabatan Setda 215 .URAIAN TUGAS JABATAN 1.4.7. Mempelajar tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan secara saksama agara terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam pelaksanaannya. UNIT KERJA AKUNTANSI 4. Membuka. 5.9. 5.8.1. Menerima. Membantu mendistribusikan surat keluar sesuai dengan alamat yang dituju. 5. menutup pintu dan jendela kantor. 5. IKHTISAR JABATAN PRAMU TAMU : SUB : BAGIAN MENERIMA SERTA MELAYANI TAMU SESUAI DENGAN PROSEDUR YANG BERLAKU. NAMA JABATAN : 2.11. 5.10. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas. melayani serta mengarahkan tamu sesuai dengan keperluannya. Memperbanyak surat (foto copy) sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas sesuai dengan arahan atasan. 5. URAIAN TUGAS : 5. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan untuk memberikan gambaran akhir pelaksanaan kegiatan. 5. 5. 5.

Uraian Tugas Jabatan Setda 216 . hukum dan otonomi daerah untuk disampaikan kepada Bupati. hukum dan otonomi daerah dengan permasalahan yang aktual didaerah ini melalui format – format yang telah disiapkan.6. 5. UNIT KERJA : 4. IKHTISAR JABATAN STAF AHLI BIDANG POLITIK HUKUM DAN II.5.B SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA : MEMBERIKAN KAJIAN. ESELON : 3. 5. hukum dan otonomi Daerah berdasarkan Renstra Kepala Daerah agar terpadu dan terarah. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatannya dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. NAMA JABATAN : OTONOMI DAERAH 2.1. Melakukan kajian dan telaahan mengenai perkembangan politik. Menyampaikan kajian dan telaahan mengenai perkembangan politik.4. Melakukan studi pustaka sebagai referensi dalam menyusun kajian dan telaahan kepada Bupati. URAIAN TUGAS : 5. ANALISIS DAN TELAAHAN MENGENAI PERKEMBANGAN BIDANG POLITIK.2. 5. Melakukan pengumpulan data yang berkaitan dengan perkembangan bidang politik. 5. 5. hukum dan otonomi daerah sebagai masukan kepada Bupati. Membuat laporan bulanan. Menyusun rencana kerja tahunan staf ahli bidang politik.URAIAN TUGAS JABATAN 1. HUKUM DAN OTONOMI DAERAH SEBAGAI BAHAN MASUKAN KEPADA BUPATI.3. 5.

UNIT KERJA : 4. Melakukan studi pustaka sebagai referensi dalam menyusun kajian dan telaahan kepada Bupati. ANALISIS DAN TELAAHAN MENGENAI PERKEMBANGAN BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN SEBAGAI BAHAN MASUKAN KEPADA BUPATI. URAIAN TUGAS : 5. Uraian Tugas Jabatan Setda 217 . 5.B SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA : MEMBERIKAN KAJIAN.4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan Wakil Bupati. Melakukan pengumpulan data yang berkaitan dengan perkembangan bidang ekonomi dan pembangunan dengan permasalahan yang aktual didaerah ini melalui format – format yang telah disiapkan.1.5. Menyusun rencana kerja tahunan staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan berdasarkan Renstra Kepala Daerah agar terpadu dan terarah. IKHTISAR JABATAN STAF AHLI BIDANG EKONOMI DAN II. 5.7. ESELON : 3. Melakukan kajian dan telaahan mengenai perkembangan ekonomi dan pembangunan untuk disampaikan kepada Bupati. 5.2. NAMA JABATAN : PEMBANGUNAN 2.3. URAIAN TUGAS JABATAN 1. 5.

Membuat laporan bulanan.5. ANALISIS DAN TELAAHAN MENGENAI PERKEMBANGAN BIDANG PRASARANA WILAYAH DAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI BAHAN MASUKAN KEPADA BUPATI. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan Wakil Bupati. ESELON : II. Menyampaikan kajian dan telaahan mengenai perkembangan ekonomi dan pembangunan sebagai masukan kepada Bupati. Melakukan pengumpulan data yang berkaitan dengan perkembangan bidang Prasarana wilayah dan Sumber Daya Alam dengan Uraian Tugas Jabatan Setda 218 . NAMA JABATAN : STAF AHLI BIDANG PRASARANA WILAYAH DAN SUMBER DAYA ALAM 2. 5. 5.6.2. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatannya dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. 5.5. IKHTISAR JABATAN : MEMBERIKAN KAJIAN.1. Menyusun rencana kerja tahunan staf ahli bidang Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam berdasarkan Renstra Kepala Daerah agar terpadu dan terarah.7. URAIAN TUGAS : 5.B 3. UNIT KERJA : SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LEMBATA 4. 5. URAIAN TUGAS JABATAN 1.

3. Menyampaikan kajian dan telaahan mengenai perkembangan Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam sebagai masukan kepada Bupati.7.5.5. 5. 5. Melakukan kajian dan telaahan mengenai perkembangan Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam untuk disampaikan kepada Bupati. permasalahan yang aktual didaerah ini melalui format – format yang telah disiapkan. Membuat laporan bulanan. triwulan dan tahunan pelaksanaan kegiatannya dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan Wakil Bupati. Melakukan studi pustaka sebagai referensi dalam menyusun kajian dan telaahan kepada Bupati. Uraian Tugas Jabatan Setda 219 .4. 5. 5.6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful