P. 1
Pranoto Mukti Wibowo Tgs Akuntansi Manajemen & Akuntansi Keuangan

Pranoto Mukti Wibowo Tgs Akuntansi Manajemen & Akuntansi Keuangan

|Views: 43|Likes:
Published by Prans Pristuboy

More info:

Published by: Prans Pristuboy on May 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2011

pdf

text

original

NAMA KELAS NPM

: PRANOTO MUKTI WIBOWO : IV B : 0921290089

BAB 1 AKUNTANSI MANAJEMEN SUATU PERSPEKTIF
1. Organisasi dan Tujuan-Tujuannya. Pengertian Organisasi. Menurut Dimock, organisasi adalah : “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose” (Organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan). James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama) Pendapat lain menyebutkan bahwa Organisasi adalah se- kelompok orang yang menyatu bersama karena beberapa tujuan bersama. Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :


• •

Orang-orang (sekumpulan orang), Kerjasama, Tujuan yang ingin dicapai,

Sasaran Organisasi Sasaran merupakan Tujuan bersama yang mengarahkan kerja organisasi. Bagi beberapa organisasi sasarannya adalah membuat produk dan menghasilkan keuntungan

3. Dengan melalui pembentukan struktur organisasi memungkinkan suatu desentralisasi tanggung jawab manajemen. Manajer memutuskan bagaimana cara terbaik mengkombinasikan sumber daya manusia dengan sumber ekonomi lain yang menjadi milik perusahaan agar dapat menjalankan rencana yang ditetapkan. .Perencanaan Strategis. 4. Pada dasarnya manajer melaksanakan 4 (empat) fungsi umum dalam suatu organisasi : 1. Pengendalian Dalam tugas ini. perencanaan strategis terjadi dalam dua tahap 1. 2. Keputusan mengenai strategi pemasaran dan/ atau produksi yang akan diikuti dalam rangka menyampaikan produk atau jasa yang dimaksud kepada pihak yang semestinya. manajer mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap bagian organisasi berfungsi dengan efektifitas yang maksimal. Pengorganisasian dan Pengarahan. Pengambilan Keputusan Manajer berusaha membuat pilihan yang masuk akal di antara alternatif Struktur Organisasi • • Untuk menjalankan tugas manajemen diperlukan orang lain untuk membantunya. Dalam setiap organisasi. Desentralisasi Yakni merupakan pelimpahan wewenang pengambilan keputusan melalui pengambilan tempat pengambilan keputusan ke tingkat manajemen terbawah yang dimungkinkan. 2. Tugas Manajemen. Perencanaan Pengorganisasian Pengendalian Pengambilan Keputusan Perencanaan : Manajer merancang beberapa langkah yang akan diambil dalam upaya menggerakkan organisasi ke arah sasarannya. Keputusan mengenai produk yang akan dihasilkan dan/atau jasa yang akan diberikan.

tidak berhubungan langsung dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi Informasi Informasi adalah merupakan suatu fakta. Sebagai Tipe Akuntansi 2. 2. data. Akuntansi Keuangan 2. yang digunakan untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan pengelolaan perusahaan. Akuntansi Manajemen merupakan tipe informasi kuantitatif yang menggunakan uang sebagai satuan ukuran. Akuntansi Manajemen : Adalah Informasi keuangan yang merupakan keluaran yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen. Persamaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen : 1. . Sebagai Tipe Informasi Sebagai Tipe Akuntansi: Akuntansi Manajemen merupakan suatu system Pengolah Informasi Keuangan yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi Sebagai Tipe Informasi . Prinsip akuntansi yang lazim diterima baik dalam akuntansi keuangan kemungkinan besar juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen. persepsi atau sesuatu yang lain yang menambah pengetahuan dan diperlukan manusia untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan.Hubungan Lini dan Staff Jabatan lini adalah jabatan yang berhubungan langsung dengan pencapaian sasaran dasar suatu organisasi Jabatan staff. Menggunakan Sistem informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan informasi yang disajikan kepada pemakainya. yakni : 1. yang dimanfaatkan terutama oleh pemakai intern organisasi. pengamatan. Akuntansi Manajemen Akuntansi Manajemen memiliki dua arti 1. Dalam Akuntansi kita mengenal ada dua tipe.

Unsur Perbedaan Dasar Pencatatan Fokus Informasi Lingkup Informasi Akuntansi Keuangan Prinsip Akt yg lazim Informasi masa lalu Scr keseluruhan Akuntansi Manajemen Tidak terikat dengan Prinsip Akt yang lazim “ . 6.nan.Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen Akuntansi Keuangan merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen puncak dan pihak luar organisasi. (Contoh Perhitungan Payback period untuk menentukan apakah suatu investasi dapat diterima atau tidak) Informasi akuntansi Sebagai bahasa bisnis informasi akuntansi dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yakni : informasi operasi. Bagian perusahaan Lbh rinci dan unsur taksiran lebih domi. 4. Penggolongan Informasi Secara garis besar informasi dapat dibagi menjadi dua yakni informasi kuantitatif dan informasi non kuantitatif.an pengukuran kinerja ekonomi manajemen. informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen . 2.. 1. Perbedaan pokok antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen adalah terletak pada : No. . Akuntansi Manajemen merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi. Disiplin Sumber Ilmu Ekonomi yang Melandasi “… dan Ilmu Psiko logi Sosial. dan Inf masa yg akan datang. 3. 5. Informasi kuantitatif Informasi yang mengandung unsur jumlah secara kwantitatif Umumnya lebih berperan dalam mengurangi ketidakpastian jika dibandingkan dengan informasi non kuantitatif . Sifat Laporan yang Berupa Ringkasan Dihasilkan Keterlibatan dalam Lbh mementingkan Lbh bersangkutan dengan perilaku manusia pengukuran kejadi.

laporan biaya daur hidup produk (product life cycle cost) • Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen Terletak pada : 1. 11. laporan biaya mutu. 7. 2. 6. Pemakai Informasi Frekwensi Pelaporan Skema Klasifikasi Orientasi Waktu Relevansi dan fleksibilitas data Presisi Informasi Unit pelaporan Sumber disiplin ilmu Regulasi Fleksibilitas laporan Kandungan informasi Kewajiban. 4.Informasi Operasi Informasi yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas kegiatan sehari-hari. . laporan rugi/laba. laporan biaya produksi. Informasi ini biasanya disajikan kepada pihak luar perusahaan di dalam laporan keuangan berbentuk neraca. 3. Informasi Akuntansi Keuangan • • Dibutuhkan oleh manajemen puncak maupun pihak luar perusahaan untuk pengambilan keputusan. Informasi ini merupakan bahan baku untuk mengolah tipe informasi akuntansi yang lain : informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen. 8. laporan menurut aktivitas. laporan biaya menurut pusat pertanggungjawaban. laporan penjualan. 9. 5. Informasi Akuntansi Manajemen • • Diperlukan oleh Manajemen untuk melaksanakan dua fungsi pokok manajemen yakni : perencanaan dan pengendalian aktivitas Dihasilkan oleh Sistem pengolah informasi yang disebut akuntansi manajemen Bentuk laporan yang dihasilkan : anggaran. 12. 10. laporan laba ditahan dan sebainya.

5. biaya 4. per 6 bulan Mis utk Biaya didasarkan Obyek/fungsi pokok. Orientasi Waktu Berdsrkan Masa Informasi Berdsrkan informasi yang akan da- Lalu. than Berdsrkan perilaku biaya. mingguan. terkendali & tdk terkendali. 6. Unit Pelaporan Berhub dg perusahaan scr keseleuruhan. pertanggungjawaban. Relevansi dan Flek. Presisi Informasi Obyektif dan teruji Kecepatan informasi lbh diutamakan. PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN DAN . Ditentukan scr obyektif tang Data yg dipentingkan lbh relevan sibilitas Data. 3. Unsur Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen 1.PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN No. Pemakai Informasi Pemakai external Pemakai Internal 2. Harian. bln. suatu 7. dn teruji dn fleksibel. Bagian dari perusahaan. Frekwensi Pelaporan Skema Klasifikasi Tiap 1 tahun.

AKUNTANSI MANAJEMEN Lanjutan … No. Sumber dan Sifat Informasi Berasal dari sistem akunTansi dasar yg merekam Data transaksi yg sudah Selesai. 10. Perila ku rganisasi) 9. Operasi. . Unsur Perbedaan Sumber Disiplin Ilmu Akuntansi Keuangan Berdsrkan Ilmu Ekonomi Akuntansi Manajemen Ilmu Ekonomi Psikologi Sosial (Keu. Statistik. 8. 11. fleksibilitas yg Tidak diperlukan regulasi untuk melinDungi kepentingan masyarakat umum Berasal dari masa lalu dan informasi dan Riset Masa yang akan datang. Fleksibilitas Laporan Krg memiliki fleksibilitas Memiliki tinggi. Regulasi Laporan didasarkan atas Prinsip akuntansi yg berLaku umum di Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->