P. 1
Hukum Newton i

Hukum Newton i

|Views: 52|Likes:

More info:

Published by: Fakhri Riza Septiansyah on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2011

pdf

text

original

HUKUM NEWTON I HUKUM NEWTON I disebut juga hukum kelembaman (Inersia).

Sifat lembam benda adalah sifat mempertahankan keadaannya, yaitu keadaan tetap diam atau keaduan tetap bergerak beraturan. DEFINISI HUKUM NEWTON I : Setiap benda akan tetap bergerak lurus beraturan atau tetap dalam keadaan diam jika tidak ada resultan gaya (F) yang bekerja pada benda itu, jadi: 7F=0 a = 0 karena v=0 (diam), atau v= konstan (GLB)

HUKUM NEWTON II a = F/m 7F=ma 7 F = jumlah gaya-gaya pada benda m = massa benda a = percepatan benda Rumus ini sangat penting karena pada hampir semna persoalan gerak {mendatar/translasi (GLBB) dan melingkar (GMB/GMBB)} yang berhubungan dengan percepatan den massa benda dapat diselesaikan dengan rumus tersebut.

HUKUM NEWTON III DEFINISI HUKUM NEWTON III: Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda kedua maka benda kedua tersebut mengerjakan juga gaya pada benda pertama, yang besar gayanya = gaya yang diterima tetapi berlawanan arah. Perlu diperhatikan bahwa kedua gaya tersebut harus bekerja pada dua benda yang berlainan.

N dan T1 = aksi reaksi (bekerja pada dua benda)

F

aksi

=-F

reaksi

T2 dan W = bukan aksi reaksi (bekerja pada tiga benda)

sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Kata ³usaha´ yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari memiliki makna yang berbeda dengan pengertian usaha dalam fisika. Secara matematis. Pada pokok bahasan fisika sebelumnya. semoga dirimu tidak berkecil hati. Akhirnya. kita telah belajar tentang gerak benda dan hubungannya dengan Gaya yang mempengaruhi gerak benda (Hukum Newton tentang Gerak). semoga sukses sampai di tujuan. digambarkan sebagai sesuatu yang dihasilkan oleh Gaya (F) ketika Gaya bekerja pada benda hingga benda bergerak dalam jarak tertentu. Pada kesempitan ini kita akan belajar pokok bahasan usaha dan energi. maka dirimu tidak akan meringis ketika menatap rumus« selamat belajar ya. Usaha dan Energi merupakan besaran skalar sehingga analisis kita menjadi lebih mudah dibandingkan dengan ketika kita mempelajari gaya. Persamaan matematisnya adalah : W = Fs cos 0 = Fs (1) = Fs W adalah usaha alias kerja. F adalah besar gaya yang searah dengan perpindahan dan s adalah besar perpindahan. usaha yang dilakukan oleh gaya yang konstan didefinisikan sebagai hasil kali perpindahan dengan gaya yang searah dengan perpindahan. Komponen gaya yang searah dengan perpindahan adalah F cos teta . sehingga sangat dianjurkan supaya dipelajari dengan penuh semangat. Konsep usaha dan energi sangat penting. Oleh karena itu gurumuda mencoba membantu dirimu memahami kembali (syukur kalo masih diingat) konsep Usaha dan Energi secara lebih mendalam dan tentu saja disertai juga dengan penjelasan kuantitatif (ada rumusnya). Hal yang paling sederhana adalah apabila Gaya (F) bernilai konstan (baik besar maupun arahnya) dan benda yang dikenai Gaya bergerak pada lintasan lurus dan searah dengan arah Gaya tersebut. Kali ini kita menganalisis gerak benda dalam kaitannya dengan Usaha dan Energi. Pokok bahasan Usaha dan Energi yang telah anda pelajari di SMP masih bersifat kualitatif dan mungkin sekarang dirimu sudah melupakan semuanya .Usaha dan Energi Dalam kehidupan sehari-hari dirimu pasti sering mendengar atau menggunakan kata ³usaha´ dan ³energi´. Apabila gaya konstan tidak searah dengan perpindahan. USAHA Usaha alias Kerja yang dilambangkan dengan huruf W (Work-bahasa inggris). apalagi sampai kecewa dan putus asa karena ada rumus. Pahamilah dengan baik dan benar konsep Usaha dan Energi yang dijelaskan. maka usaha yang dilakukan oleh gaya pada benda didefinisikan sebagai perkalian antara perpindahan dengan komponen gaya yang searah dengan perpindahan.

satuan usaha disebut erg. karenanya berdasarkan persamaan di atas. Pada saat menenteng buku atau menjinjing tas. terdapat empat gaya yang bekerja pada peti kemas. yakni gaya tarik buruh (searah dengan perpindahan peti kemas). Karena tegak lurus maka sudut yang dibentuk adalah 90o. N = gaya normal. Pada soal di atas. Agar memudahkan pemahaman anda. Lantai tersebut agak kasar sehingga gaya gesekan yang diberikan pada karung beras sebesar 50 N. sudut yang terbentuk adalah 90o).m). usaha diukur dalam footpound (kaki-pon). Contoh Soal 1 : Sebuah peti kemas bermassa 50 kg yang terletak pada lantai ditarik horisontal sejauh 2 meter dengan gaya 100 N oleh seorang buruh pelabuhan. (b = buruh. w = berat). . nilai usaha sama dengan nol. tegak lurus dengan arah perpindahan. Fg = gaya gesekan. Kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah gaya tidak melakukan usaha apabila gaya tidak menghasilkan perpindahan dan arah gaya tegak lurus dengan arah perpindahan. bayangkanlah anda sedang menenteng buku sambil diam di tempat. terlebih dahulu kita hitung usaha yang dilakukan oleh buruh karung dan usaha yang dilakukan oleh gaya gesekan. Pelajari lagi perkalian vektor dan skalar kalau dirimu bingun« Persamaan di atas bisa ditulis dalam bentuk seperti ini : Satuan Usaha dalam Sistem Internasional (SI) adalah newton-meter. gaya gesekan (berlawanan arah dengan perpindahan peti). Dalam sistem British. 1 erg = 1 dyne. sebenarnya anda tidak melakukan usaha karena buku tidak melakukan perpindahan. Contoh lain adalah ketika dirimu mendorong tembok sampai puyeng« jika tembok tidak berpindah tempat maka walaupun anda mendorong sampai banjir keringat.cm. Perlu anda pahami dengan baik bahwa sebuah gaya melakukan usaha apabila benda yang dikenai gaya mengalami perpindahan. menggunakan sistem CGS (Centimeter Gram Sekon). Kita tetapkan arah kanan bertanda positif sedangkan arah kiri negatif.7376 ft. Hitunglah usaha total yang dilakukan terhadap karung berisi beras tersebut« Panduan jawaban : Sebelum menghitung usaha total. gaya berat dan gaya normal (tegak lurus arah perpindahan. anda juga tidak melakukan usaha pada buku. ke belakang atau ke samping. Jika benda tidak berpindah tempat maka gaya tidak melakukan usaha. Walaupun anda memberikan gaya pada buku tersebut.lb. Satuan newton-meter juga biasa disebut Joule ( 1 Joule = 1 N. arah gaya yang diberikan ke atas. Cos 90o = 0. anda tidak melakukan usaha. Ketika anda menenteng atau menjinjing buku sambil berjalan lurus ke depan.Secara matematis dirumuskan sebagai berikut : Hasil perkalian antara besar gaya (F) dan besar perpindahan (s) di atas merupakan bentuk perkalian titik atau perkalian skalar. Gaya gesekan berlawanan arah dengan arah gerakan benda sehingga bertanda negatif. 1 Joule = 107 erg = 0. Karenanya usaha masuk dalam kategori besaran skalar.

m Usaha yang dilakukan oleh gaya berat : Ww = Fw.s = (100 N) (2 m) = 200 N.Untuk mengetahui usaha total. berapakah usaha yang dilakukan anak tersebut ? Panduan jawaban : Pada dasarnya soal ini sama dengan contoh soal 1.(50 N) (2 m) = -100 N.s = (-2 N) (10 m) = -20 N. Jika mobil mainan berpindah sejauh 10 meter.m) + (-100 N.s =.m Usaha yang dilakukan oleh gaya berat : Ww = Fw.s = (mg) (2 m) cos 90o = 0 Usaha yang dilakukan oleh gaya normal : . sehingga komponen gaya tarik yang dipakai adalah F cos teta (sejajar dengan arah perpindahan) Untuk mengetahui usaha total. Tali tersebut membentuk sudut 30o terhadap permukaan tanah dan besar gaya gesekan tanah dengan roda mobil mainan adalah 2 N.s = (mg) (2 m) cos 90o = 0 Usaha yang dilakukan oleh gaya normal : WN = FN.m) + 0 + 0 = 100 N. Usaha yang dilakukan oleh buruh pelabuhan : Wb = Fb.s = (mg) (2 m) cos 90o = 0 Usaha total = Wb + Wg + Ww + WN = (200 N. terlebih dahulu kita hitung besar usaha yang dilakukan masingmasing gaya : (A = anak. terlebih dahulu kita hitung besar usaha yang dilakukan masingmasing gaya tersebut.m Usaha yang dilakukan oleh Gaya gesekan : Wg = Fg.m = 100 Joule Contoh Soal 2 : Seorang anak menarik mobil mainan menggunakan tali dengan gaya sebesar 20 N. g = gesekan. w = berat dan N = normal) Usaha yang dilakukan oleh Gaya gesekan : Wg = Fg. Pada soal ini terdapat sudut yang dibentuk antara gaya dengan arah horisontal.

. Definisi yang sederhana ini sebenarnya kurang tepat atau kurang valid untuk beberapa jenis energi (misalnya energi panas atau energi cahaya tidak dapat melakukan kerja).WN = FN. atau energi kimia berubah menjadi energi gerak (mesin kendaraan).s = (mg) (2 m) cos 90o = 0 Usaha total : ENERGI Segala sesuatu yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan energi. dirimu bisa memikirkan contoh lainnya. Energi kimia pada bahan bakar membantu kita menggerakan kendaraan. Mari kita pelajari kedua jenis energi ini secara lebih mendalam« . Usaha dilakukan ketika energi dipindahkan dari satu benda ke benda lain. tetapi hanya dapat berubah bentuk dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi lain. sebagaimana manusia dan tumbuhan. Contoh ini juga menjelaskan salah satu konsep penting dalam sains. Banyak sekali contoh dalam kehidupan kita. energi bermanfaat bagi kita ketika energi mengalami perubahan bentuk. Energi listrik juga bisa berubah menjadi energi panas (setrika listrik). kita bisa menonton TV atau menyalakan komputer sehingga bisa bermain game sepuasnya. Hewan juga membutuhkan energi untuk hidup. Misalnya ketika kita menyalakan lampu neon. Setiap kendaraan membutuhkan energi untuk bergerak dan energi itu diperoleh dari bahan bakar. Total kedua energi ini disebut energi mekanik. jika kita mendorong sepeda motor yang mogok. yang besarnya tetap alias kekal. karena sebagian energi kimia dalam tubuh berubah menjadi energi kinetik sepeda motor. tanpa energi kita tidak dapat melakukan kerja. Secara umum. demikian juga energi kimia pada makanan membantu makhluk hidup bertahan hidup dan melakukan kerja. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak jenis energi. Sebagai contoh. energi gerak (kipas angin) dan sebagainya. Secara umum. Definisi tersebut hanya bersifat umum. Mengenai Hukum Kekekalan Energi akan kita kupas tuntas dalam pokok bahasan tersendiri. Energi tidak pernah hilang. (tuh ada linknya di bawah)«. Untuk bertahan hidup kita membutuhkan energi yang diperoleh dari makanan. Pada saat yang sama. energi merupakan kemampuan melakukan usaha. yakni energi potensial dan energi kinetik translasi. Ini hanya beberapa contoh dari sekian banyak jenis energi dalam kehidupan kita. usaha alias kerja yang kita lakukan menggerakan sepeda motor tersebut. Energi merupakan salah satu konsep yang paling penting dalam fisika. Secara sederhana. Dengan adanya energi listrik. Jumlah total energi pada sistem dan lingkungan bersifat kekal alias tetap. energi listrik berubah menjadi energi cahaya. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari dua jenis energi yang sebenarnya selalu kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. yakni kekekalan energi. misalnya energi listrik berubah menjadi energi gerak (kipas angin). energi kimia dalam tubuh kita menjadi berkurang. Energi potensial dapat berubah bentuk menjadi energi kinetik ketika benda bergerak lurus dan sebaliknya energi kinetik juga bisa berubah bentuk menjadi energi potensial. Konsep yang sangat erat kaitannya dengan usaha adalah konsep energi.

sebab tagihan listrik yang semakin tinggi setiap tahunnya. Motor listrik yang umum digunakan di dunia Industri adalah motor listrik asinkron. sedangkan motor listrik NEMA berbasis imperial (inch). yang dalam jangka panjang memboroskan keuangan pemakai. pompa air dan penyedot debu. EFF1 adalah motor listrik yang paling efisien.Motor listrik motor listrik Motor listrik adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. sehingga lebih mencemari lingkungan. Banyak produsen elektrik motor yang tidak mengikuti standar IEC dan EU supaya produknya menjadi murah dan lebih banyak terjual. pembagian kelas ini menjadi EFF1. Alat yang berfungsi sebaliknya. sebab memboroskan bahan bakar di pembangkit listrik dan secara otomatis akan menimbulkan buangan karbon yang terbanyak. Motor listrik IEC dibagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan efisiensi yang dimilikinya. . dalam aplikasi ada satuan daya dalam horsepower (hp) maupun kiloWatt (kW). Ada banyak pabrik elektrik motor. EFF2 dan EFF3. sebagai standar di EU. banyak negara berkembang manjdi pasar untuk produk ini. Motor listrik dapat ditemukan pada peralatan rumah tangga seperti kipas angin. sedangkan EFF3 sudah tidak boleh dipergunakan dalam lingkungan EU. dengan dua standar global yakni IEC dan NEMA. Standar IEC yang berlaku adalah IEC 34-1. mengubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut generator atau dinamo. Motor asinkron IEC berbasis metrik (milimeter). mesin cuci. tetapi hanya sebagian saja yang benar-benar mengikuti arahan IEC 34-1 dan juga mengikuti arahan level efisiensi dari EU. paling sedikit memboroskan tenaga. ini adalah sebuah standar yang mengatur rotating equipment bertenaga listrik.

Prinsip kerja motor listrik Prinsip kerja motor listrik Pada motor listrik tenaga listrik diubah menjadi tenaga mekanik. dengan tujuan untuk menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi pencemaran karbon secara global. dalam sebuah industri rata-rata konsumsi listrik untuk motor listrik adalah sekitar 65-70% dari total biaya listrik. .Lembaga yang mengatur dan menjamin level efisiensi ini adalah CEMEP. tarik-menarik. maka pemakaian motor listrik EFF1 sudah waktunya menjadi keharusan. jadi memakai elektrik motor yang efisien akan mengurangi biaya overhead produksi. Perubahan ini dilakukan dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektro magnit. karena banyak daya diboroskan dalam pemakaian beban listrik. dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar. sehingga menaikkan daya saing produk. Sebagai contoh. apalagi dengan kenaikan tarif listrik setiap tahun. Sebagaimana kita ketahui bahwa : kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama. sebuah konsorsium di Eropa yang didirikan oleh pabrik-pabrik elektrik motor yang ternama.

Kondisi air yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya (resources) penghasil listrik adalah memiliki kapasitas aliran dan ketiggian tertentu dad instalasi. Secara teknis. turbin dan generator. . Dikatakan demikian karena instalasi pembangkit listrik seperti ini mengunakan sumber daya yang telah disediakan oleh alam dan ramah lingkungan. mikrohidro memanfaatkan energi potensial jatuhan air (head). Istilah kapasitas mengacu kepada jumlah volume aliran air per satuan waktu (flow capacity) sedangan beda ketinggian daerah aliran sampai ke instalasi dikenal dengan istilah head. Biasanya Mikrohidro dibangun berdasarkan kenyataan bahwa adanya air yang mengalir di suatu daerah dengan kapasitas dan ketinggian yang memadai. Semakin besar kapasitas aliran maupun ketinggiannya dari istalasi maka semakin besar energi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator. Semakin tinggi jatuhan air maka semakin besar energi potensial air yang dapat diubah menjadi energi listrik. Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu. Mikrohidro juga dikenal sebagai white resources dengan terjemahan bebas bisa dikatakan "energi putih". Suatu kenyataan bahwa alam memiliki air terjun atau jenis lainnya yang menjadi tempat air mengalir. Pada dasarnya. mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sebagai sumber energi). Dengan teknologi sekarang maka energi aliran air beserta energi perbedaan ketinggiannya dengan daerah tertentu (tempat instalasi akan dibangun) dapat diubah menjadi energi listrik. tinggi jatuhan air dapat pula diperoleh dengan membendung aliran air sehingga permukaan air menjadi tinggi. Air dialirkan melalui sebuah pipa pesat kedalam rumah pembangkit yang pada umumnya dibagun di bagian tepi sungai untuk menggerakkan turbin atau kincir air mikrohidro. Di samping faktor geografis (tata letak sungai).Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Mikrohidro adalah istilah yang digunakan untuk instalasi pembangkit listrik yang mengunakan energi air.

8).5 meter dapat dihasilkan listrik 400 watt. Dengan demikian. Relatif kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro dibandingkan dengan PLTA skala besar. Memiliki konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di daerah terpencil dengan tenaga terampil penduduk daerah setempat dengan sedikit latihan. dan debit air dalam meter kubik per detik (m/s3). misalnya dengan ketinggian air 2. sistem pembangkit mikrohidro cocok untuk menjangkau ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan. Sebuah skema mikrohidro memerlukan dua hal yaitu. 5. PLTMH ini cukup murah karena menggunakan energi alam. Keuntungan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro 1. 3. Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro . Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Prinsip dasar mikrohidro adalah memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit listrik. debit air dan ketinggian jatuh (head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan. 4. Hal ini adalah sebuah sistem konversi energi dari bentuk ketinggian dan aliran (energi potensial) ke dalam bentuk energi mekanik dan energi listrik. PLTA dibawah ukuran 200 KW digolongkan sebagai mikrohidro. Daya yang masuk (Pgross) merupakan penjumlahan dari daya yang dihasilkan (Pnet) ditambah dengan faktor kehilangan energi (loss) dalam bentuk suara atau panas. Daya yang dihasilkan merupakan perkalian dari daya yang masuk dikalikan dengan efisiensi konversi (Eo). berimplikasi pada relatif sederhananya peralatan serta kecilnya areal yang diperlukan guna instalasi dan pengoperasian mikrohidro. Tidak menimbulkan pencemaran. Pnet = Pgross ×Eo kW Daya kotor adalah head kotor (Hgross) yang dikalikan dengan debit air (Q) dan juga dikalikan dengan sebuah faktor gravitasi (g = 9. Dapat dipadukan dengan program lainnya seperti irigasi dan perikanan. 2.Mikrohidro bisa memanfaatkan ketinggian air yang tidak terlalu besar. Dapat mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutan sehingga ketersediaan air terjamin. Dibandingkan dengan pembangkit listrik jenis yang lain. sehingga persamaan dasar dari pembangkit listrik adalah : Pnet = g ×Hgross × Q ×Eo kW Dimana head dalam meter (m). Perbedaan antara Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan mikrohidro terutama pada besarnya tenaga listrik yang dihasilkan. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan mikrohidro. yakni tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

. Bak pengendap digunakan untuk memindahkan partikelpartikel pasir dari air. Fungsi dari bak penenang adalah untuk mengatur perbedaan keluaran air antara sebuah penstock dan headrace. Headtank (Bak Penenang).1. Saluran pembawa mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan. 2. 4. kayu-kayuan. 3. Bak Pengendap (Settling Basin). Saluran Pembawa (Headrace). Dam pengalih berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai ke dalam sebuah bak pengendap. Dam/Bendungan Pengalih (intake). Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir. dan untuk pemisahan akhir kotoran dalam air seperti pasir.

6. Pipa Pesat (Penstock). dikenal sebagai sebuah turbin. . Penstock dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah roda air. Turbin berfungsi untuk mengkonversi energi aliran air menjadi energi putaran mekanis. Generator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari putaran mekanis. 7. Turbin. Generator.5.

Panel kontrol berfungsi untuk menstabilkan tegangan. Pengalih Beban (Ballast load). 9. Pipa Hisap. 10.8. Kinerja pengalih beban ini diatur oleh panel kontrol . Pengalih beban berfungsi sebagai beban sekunder (dummy) ketika beban konsumen mengalami penurunan. Pipa hisap berfungsi untuk menghisap air. mengembalikan tekanan aliran yang masih tinggi ke tekanan atmosfer. Panel kontrol.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->