P. 1
Profesi Keguruan.unit 1

Profesi Keguruan.unit 1

|Views: 136|Likes:

More info:

Published by: Alkatiri Farah Farah on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2015

pdf

text

original

PROFESI KEGURUAN ³ Hakikat Profesi Keguruan´

Oleh Dra. Khutobah, Mpd

Kemampuan yang diharapkan
Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan makna profesi, profesional, rofesionalisme, profesionalitas dan profesionalisasi. 2. Menjelaskan ciri-ciri pokok profesi. 3. Menentukan jenis pekerjaan yang tidak termasuk profesi. 4. Menjelaskan pengertian profesi keguruan 5. Mengidentifikasi ciri-ciri profesi keguruan 6. Menjelaskan layanan profesi keguruan.

Dra. Khutobah, Mpd

2

tetapi hanya dapat dilakukan oleh orang yang dengan sengaja dipersiapkan untuk memangku jabatan itu. Mpd 3 .2). 2003:1. Khutobah. Artinya: jabatan atau pekerjaan yang disebut profesi itu hanya dapat dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian. Pekerjaan itu tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang.PENGERTIAN PROFESI ³Suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya´ (Djam Satori. Dra.

Khutobah. Dra. Penampilan seorang profesional mendapat pengakuan baik formal maupun informal. 2. Sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi. Mpd 4 .PROFESIONAL 1. Mengacu kepada sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya.

Dra. Khutobah.PROFESIONALISME ‡ Profesionalisme adalah sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen untuk senantiasa mewujudkan & meningkatkan kualitas profesionalnya. ‡ Profesionalisme itu merupakan motivasi intrinsik pada diri guru sebagai pendorong untuk mengembangkan dirinya ke arah perwujudan profesional. Mpd 5 .

Khutobah.Profesionalitas Sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya. Mpd 6 . Sebutan profesionalitas lebih menggam barkan suatu ³keadaan´ derajad keprofesian Dra.

Mpd 7 .Profesionalisasi Suatu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Khutobah. Dra.

Mengejar kualitas dan cita-cita profesi. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal. Khutobah.Guru memiliki profesionalisme tinggi cirinya: 1. 5. Memiliki kebanggaan terhadap profesinya. Meningkatkan dan memelihara citra profesi. Mpd 8 . selaIu berusaha untuk mencapai kualitas dan cita-cita sesuai dengan program yang telah ditetapkan. melalui perwujudan perilaku profesional. 2. Dra. 3. Keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional 4.

f) Ada pengakuan dari masyarakat (profesional. ciri profesi antara lain. penguasa dan awam) terhadap pekerjaan itu sebagai suatu profesi. Mpd 9 . d) Ada etika dan kode etik yang mengatur perilaku etik para pelakunya dalam memperlakukan kliennya. a) Ada standar untuk kerja yang baku dan jelas. e) Ada sistem imbalan terhadap jasa layanannya yang adil dan baku. c) Ada organisasi profesi yang mewadahi para pelakunya untuk memper tahankan dan memperjuangkan eksistensi dan kesejahteraannya. Dra. Khutobah. b) Ada lembaga pendidikan khusus yang menghasilkan pelakunya dengan program dan jenjang pendidikan yang baku serta bertanggung jawab tentang pengembangan ilmu pengetahuan yang melandasi profesi itu.CIRI PROFESI Menurut Rachman Nata Widjaya.

b) Dimilikinya sekumpulan bidang ilmu yang menjadi landasan sejumlah tehnik dan prosedur yang unik.Westby Gibson a) Pengakuan masyarakat terhadap layanan tertentu yang hanya dapat dilakukan oleh kelompok pekerja yang dikategorikan sebagai suatu profesi. c) Diperlukannya persiapan yang sengaja dan sistematis sebelum orang mampu melaksanakan suatu pekerjaan profesional. termasuk tindak etis profesional pada anggotanya.Menurut D. Khutobah. d) Dimilikinya mekanisme untuk menjaring. Mpd 10 . juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Dra. e) Dimilikinya organisasi profesional. sehingga hanya untuk mereka yang di anggap kompeten yang diperbolehkan bekerja untuk pekerjaan tertentu. yang disamping melindungi kepentingan anggotanya dari saingan kelompok luar.

Mpd 11 . d) Anggota profesi keguruan terpanggil untuk senantiasa menyegarkan serta menambah pengetahuan (dalam arti khusus dan dalam arti kedalaman ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan khusus profesi keguruan). Dra. Khutobah. terikat oleh pola sikap dan perilaku guru yang dirumuskan dalam kode etik guru Indonesia. b) Anggota profesi keguruan. c) Anggota profesi keguruan. dituntut untuk menyelesaikan suatu proses pendidikan persiapan jabatan yang relatif panjang.Pengertian Profesi Keguruan a) Profesi keguruan adalah suatu bidang pengabdian / dedikasi kepada kepentingan anak didik dalam perkembangannya menuju kesempurnaan manusiawi.

f) Anggota profesi keguruan perlu memiliki sikap bahwa jaminan ttg hak-hak profesional harus seimbang dan merupakan imbalan dari profesi profesionalnya g) Anggota profesi keguruan sepantasnya berserikat secara profesional (Maman Achdiat) Dra.e) Untuk dapat melaksanakan profesi keguruan dengan baik. Mpd 12 . para anggota harus. Khutobah. memiliki kecakapan / ketrampilan teknis yg mampu menyentuh nilai kemanusiaan yang mendasar.

memiliki publikasi profesional yang dapat melayani para guru. anak didik dan landasan kependidikan Bahwa para guru dalam organisasi profesional. sehingga tidak ketinggalan. Mpd . Khutobah. Rickey í í Bahwa para guru akan bekerja hanya sematamata memberikan pelayanan kemanusiaan dari pada kepentingan pribadi Bahwa para guru secara hukum dituntut untuk memenuhi brbagai persyaratan utk mendapatkan lisensi mengajar serta persyaratan yang ketat untuk menjadi anggota organisasi guru. metode.Ciri-ciri Profesi Keguruan Robert W.+ 13 í í Dra. Bahwa guru dituntut untuk memiliki pemahaman serta ketrampilan yg tinggi dlm hal bahan ajar. bahkan selalu mengikuti perkembangan.

í Bahwa para guru memiliki nilai dan etika yang berfungsi secara nasional maupun secara lokal. Dra. selalu diusahakan untuk selalu mengikuti kursus-kursus. Khutobah. í Bahwa para guru. workshop. í Bahwa para guru diakui sepenuhnya sebagai suatu karier hidup (a life career).serta terlibat secara luas dalam berbagai kegiatan ³in service´. Mpd 14 . seminar..

í Jabatan yang menjanjikan karir hidup dan keanggotaan yang permanen. í Jabatan yang menentukan baku (standarnya) sendiri. í Jabatan yang mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat. Mpd 15 . Khutobah. Menurut National Education Association (NEA) í Jabatan yang melibatkan kegiatan intelektual. í Jabatan yang memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan.2. Dra. í Jabatan yang memerlukan persiapan profesional yang lama (bandingkan dengan pekerjaan yang memerlukan latihan umum belaka). í Jabatan yg lebih mementingkan layanan diatas keuntungan pribadi. í Jabatan yang menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus.

‡ B. Mpd 16 . Suatu bidang pengabdian / dedikasi kepada kepentingan anak didik dalam perkembangannya menuju kesempurnaan manusiawi. para anggota harus memiliki kecakapan / ketrampilan teknis yang mampu menyentuh nilai ² nilai kemanusiaan yang mendasar.Pengertian Profesi Keguruan. Untuk dapat melaksanakan profesi keguruan dengan baik. ‡ E. dituntut utk menyelesaikan suatu proses ‡ pendidikan persiapan jabatan yang relatif panjang. Para anggota profesi keguruan perlu memiliki sikap bahwa jaminan tentang hak-hak profesional harus seimbang dan merupakan imbalan dari profesi profesionalnya Dra. Para anggota profesi keguruan. Khutobah. ‡ D. ‡ F. Para anggota profesi keguruan terpanggil untuk senantiasa me nyegarkan serta menambah pengetahuan (dalam arti khusus dan dalam arti kedalaman ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan khusus profesi keguruan). ‡ C. Para anggotanya. PGRI ‡ A. terikat oleh pola sikap dan perilaku guru yang dirumuskan dalam kode etik guru Indonesia.

Mpd 17 . Khutobah.Layanan Profesi Keguruan a) b) c) d) e) Layanan Pembelajaran Layanan Bimbingan Layanan Administrasi Layanan Kesehatan Sekolah Layanan Ekstra Kurikuler Dra.

Khutobah. Mpd ‡ nilai dan norma moral yang menentukan 18 .‡ Etika cabang filsafat yang berbicara nilai dan norma moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. Etika adalah sebuah refleksi kritis dan rasional mengenai Dra. ‡ Etika sangat menekankan pendekatan yang kritis dalam melihat dan menggumuli nilai dan norma moral tersebut serta permasalahan-permasalahan yang timbul dalam kaitan dengannilai dan norma moral itu.

‡ Etika adalah sebuah refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma moral yang menentukan dan terwujud dalam sikap dan pola perilaku manusia. Khutobah. baik secara pribadi maupun sebagai kelompok. Sedangkan etika hanya 19 . ‡ Menurut Magnis Suseno. Mpd ‡ moralitas. etika adalah sebuah ilmu dan bukan sebuah ‡ ajaran. Yang memberi kita norma tentang bagaimana kita harus hidup adalah Dra.

‡ Sedangkan etika hanya melakukan refleksi kritis atas norma atau ajaran ‡ moral tersebut. Sedangkan etika adalah perwujudan secara kritis dan rasional ajaran moral. Moralalitas adalah petunjuk kongkret tentang bagaimana kita harus ‡ hidup. Mpd 20 . Khutobah. Dra.

bahasa dan ‡ sebagainya yang sudah ada sejak dahulu kala dan diwariskan secara turun temurun.‡ Moralitas adalah sebuah ³pranata´ seperti halnya agama. ‡ Sebaliknya. etika adalah sikap kritis setiap pribadi dan kelompok masyarakat dalam Dra. Mpd 21 . Khutobah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->