P. 1
Pengertian Antivirus Dan Macam

Pengertian Antivirus Dan Macam

|Views: 1,183|Likes:
Published by SynysterAxelRoss

More info:

Published by: SynysterAxelRoss on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Masalah Komputer pada zaman sekarang ini sudah berkembang dari semula yang berfungsi sebagai alat hitung, hingga saat ini komputer tidak hanya dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti perkantoran, kedokteran, pendidikan, tetapi juga digunakan dalam dalam bidang usaha. Dengan bantuan komputer pekerjaan yang sulit dapat menjadi ringan, selain itu juga dapat memperkecil terjadinya kesalahan terutama masalah human error seperti ketelitian dan yang lainnya. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan dengan bantuan komputer adalah sistem penjualan. Apotek dengan pemasaran obat khusus mata banyak yang masih melakukan transaksinya dengan cara manual, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan pencatatan data dalam melakukan transaksi dan pembuatan laporan keuangan. Dengan alasan ini, dibuatlah program aplikasi penjualan yang dimaksudkan agar lebih mudah dalam melakukan transaksi dan membuat laporan penjualan, serta tidak dimanipulasi oleh petugas yang menangani transaksi tersebut. 1.2 Batasan Masalah Dalam penulisan ini hanya membatasi pembahasan mengenai aplikasi penjualan obat khusus mata menggunakan Visual asic.net 2008 dan SQL Server 2005, pembuatan diprioritaskan pada pencarian stok obat, transaksi penjualan, pencetakan struk penjualan, dan pembuatan laporan penjualan. 1.3 Tujuan Penulisan Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat aplikasi penjualan dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic.net 2008. Program aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan dalam pencarian stok obat, pencatatan penjualan, serta pembuatan laporan penjualan agar dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam pencatatan data penjualan. 1.4 Metode Penulisan Dalam membuat apikasi penjualan ini, digunakan metode studi pustaka yaitu dengan

Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Visual Basic. Teori yang digunakan adalah tentang visual basic. dan sistematika penulisan. ERD.net2008. buku.net 2008 dan SQL Server 2005. • Pembuatan rancangan tampilan aplikasi dengan menggunakan Visual Basic. batasan masalah. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran dalam pembuatan penulisan ilmiah ini.6 GHz CPU 386 MB Ram 1024 X 768 Display 5400 Rpm Hard Disk Adapun tahapan dalam pembuatan aplikasi penjualan ini dalam beberapa tahapan berikut :• Pembuatan database dengan menggunakan SQL Server 2005 . BAB II LANDASAN TEORI Pada bab ini menjelaskan tentang dasar-dasra teori yang digunakan untuk membuat aplikasi penjualan. flowchart. BAB III PEMBAHASAN Pembahasan ini menjelaskan tentang masalah dan pemecahannya. • Pembuatan naskah program aplikasi penjualan.mencari informasi mengenai aplikasi penjualan melalui berbagai sumber diantaranya internet. dan SQL Server 2005. Pengertian Antivirus Dan Macam – Macam Antivirus . metode penulisan. pembuatan aplikasi beserta rancangan database.5 Sistematika Penulisan Sistematika dalam penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Berisi latar belakang masalah. dan mengkoneksikan database. serta rancangan input dan output. normalisasi. struktur database. 1. tujuan penulisan. • Pengujian dilakukan beberapa kali agar aplikasi berhasil dijalankan sesuai dengan kebutuhan pengguna. serta bahan-bahan lainnya.net 2008. serta komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut: 1.

Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription). dimodifikasi. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus.Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail). Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan. tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. ukurannya. Umumnya. Disebut juga Virus Protection Software. Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti di bawah ini: • Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional. Antivirus juga dapat mengisolasi kodekode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang . Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus. atau ketika disimpan). perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka. yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus. dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya. Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. • Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS).

com http://www. atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu “lunak”).dials.ansav.co.html http://www.cyber. Antivirus yang menggunakan behavior-blocking detection ini masih sedikit jumlahnya. Kekurangannya.asw.at http://www.rav.com http://www.com. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature.hiwire.helpvirus.fsecure.com http://www.sg http://www.kaspersky.com http://www.com http://www. jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas).ru http://www.com http://www. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning. Live-Call WinProof dan ExcelProof Die Klinik Kaspersky Anti-Virus Situs Web http://www.aks.centralcommand.quickheal.authentium.cz http://www. Tabel berikut berisi beberapa antivirus yang beredar di pasaran Produk eSafe Avast Anyware AntiVirus Ansav AVG Anti-Virus Quick Heal Vexira Antivirus Command AntiVirus eTrust waVe Antivirus SpIDer Guard NOD32 F-Prot Antivirus F-Secure Anti-virus RAV AntiVirus AntiVir dan AntiVir Personal Edition ViRobot.kr http://www.ikarus-software.com .com http://www.com http://www. kemungkinan besar semua antivirus akan menggunakan cara ini.com/command/index.ca.com/ http://www.com http://www.akan dilakukan selanjutnya. maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau “False Alarm” (jika konfigurasi antivirus terlalu “keras”).com/virusinfo/ http://www.ro http://www.f-prot.nod32. terjadi false positive.antivir.grisoft. DataMedic.hauri.de http://www. Beberapa antivirus juga menggunakan dua metode di atas secara sekaligus. tapi di masa yang akan datang.

com atau http://www.com.com/ BullGuard Antivirus http://www.com http://www.com System dan PC-Cilin VirusBuster http://www.com/ Produsen Antivirus Produsen Aladdin Knowledge eSafe Produk Situs Web http://www.com http://www.com http://www.com http://www.(AVP) VirusBUSTER II email scanning services eScan MKS Vir McAfee Anti-Virus dan McAfee Virus Scan InVircible AV Norman Virus Control Panda AntiVirus dan NanoScan Per AntiVirus Protector Plus VirusNet PC and VirusNet LAN BitDefender Sophos Anti-Virus Antigen for Microsoft Exchange Norton Antivirus dan Symantec Antivirus Corporate Edition Trend Virus Control http://www.com http://www.symantec.invircible.com http://www.clamav.com http://www.com .zonealarm.mks.com dan Microsoft ForeFont ZoneAlarm AntiVirus http://www.leprechaun.safe.sybari.com.htm http://www.pandasoftware.sophos.live.bitdefender.com/antivir.microworldtechnologies.org PCMAV Windows Live OneCare http://onecare.avast.bullguard.persystems.helpvirus.com/viruseye/ http://www.com http://www.net http://www.no http://www.hu ClamAV http://www.trendmicro.norman.vbuster.aks.com Anyware Software Anyware AntiVirus http://www.pl http://www.com Systems Alwil Software Avast! http://www.com http://www.nai.mcafee.messagelabs.pspl.au http://www.

kr Call Hiwire Computer WinProof dan and Security Ikarus Kaspersky Labs Leprechaun Software Messagelabs MicroWorld Software MKS ExcelProof Die Klinik Kaspersky AntiVirus (AVP) VirusBUSTER II email scanning services eScan MKS Vir http://www.avg.sg http://www.hiwire.html http://www.com http://www.com http://www.kaspersky.at http://www.microworldtechnologies.com/viruseye/ http://www.com http://www. Live- http://www.Ansav AVI Grisoft Avira Cat Computer Services Central Command Software Authentium Computer Associates Cybersoft DialogueScience Eset Software Frisk Software F-Secure GeCAD H+BEDV Datentechnik Ansav Anti Virus InfoKomputer AVG Anti-Virus AntiVir Quick Heal Vexira Antivirus Command AntiVirus eTrust waVe Antivirus SpIDer Guard NOD32 F-Prot Antivirus F-Secure Anti-virus RAV AntiVirus AntiVir dan AntiVir Personal Edition ViRobot.com http://www.com http://www.com http://www.com/ http://www.com http://www.ro http://www.rav.com.f-prot.leprechaun.authentium.com http://www.messagelabs.co.antivir. DataMedic.fsecure.cyber.nod32.ikarus-software.com http://www.ansav.centralcommand.dials.hauri.au http://www.com.com.ca.com/avi http://www.pl .com http://www.mks.com/virusinfo/ http://www.avira.de HAURI http://www.infokomputer.ru http://www.quickheal.com/command/index.

com Sophos Sophos Anti-Virus http://www.com/security_essentials Corporation Essentials ZoneAlarm Zonelabs http://www.R.trendmicro.symantec.clamav.Network Associates McAfee Anti-Virus dan McAfee Virus http://www.zonealarm.pcmedia.safe.com/ AntiVirus http://www.pandasoftware.smadav.nr Antigen for Sybari Software http://www.net VirusNet LAN Smadav SMADAV http://www.norman.microsoft.id/ Microsoft Microsoft Security http://www.hu Clam ClamAV http://www.co. VirusBuster http://www.mcafee.com .invircible.com PC-Cilin VirusBuster Ltd.com Microsoft Exchange Norton Antivirus Symantec dan Symantec Antivirus Corporate Edition Trend Virus TREND Micro Control System dan http://www. Labs Sven7 Antivirus http://www.com Scan NetZ Computing InVircible AV Norman Virus Norman Data Control dan Suite Panda AntiVirus Defense Systems Norman Security http://www.com S.no Panda Software http://www.com atau http://www.bitdefender.com/antivir.com VirusNet PC and Safetynet http://www.sven7.com http://www.net PC Tools PC Tools antivirus http://pctools.com/ (company) PCMedia PCMedia AntiVirus http://www.com dan NanoScan Per Systems Per AntiVirus http://www.co.sybari.persystems.sophos.pspl.net Softwin BitDefender http://www.nai.htm Proland Software Protector Plus http://www.vbuster.

Perkembangan Virus berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya Windows. baik untuk mencegah dan membasmi virus maupun membuat virus.Setahun kemudian. Pada akhir tahun 1992. Sejak saat itu muncullah ratusan virus dan beberapa diantaranya diilhami oleh tulisan Burger. yang menyerang sistem operasi Tenex dan menyebarkan diri melalui jaringan komputer. jumlah virus meningkat tiga kali lipat lebih hingga mencapai 7. Saat itu.pertengahan tahun 70-an hadir sebuah virus benama The Creeper. Virus ini menempel pada file *. Pada pertengahan 1994. dibuat dan didemonstrasikan dalam sebuah seminar yang membahas mengenai keamanan komputer.exe. Brain versi berikutnya segera dibuat dalam waktu yang tidak terlalu lama dari versi pertamanya. virus bukan hanya didefinisikan secara teoritis. Bukan hanya jumlahnya saja yang bertambah. Tahun 2000 telah teridentifikasi lebih dari 50. keberadaan virus tanpa disadari telah hadir tengah perkembangan komputer.BullGuard Awal Mula BullGuard Antivirus http://www.com Keberadaan virus pertama kali mesih belum dapat dipastikan. tapi juga secara eksperimental. jenis dan model penyerangannya pun makin membahayakan. tercatat sekitar 200 hingga 500 virus telah tercipta.Sejak ditemukannya pertama kali hingga tahun 1990.Tahun 1986. sekitar awal 70-an.bullguard. sistem operasi lain seperti Linux dan Macintosh juga menjadi sasaran empuk pembuat virus.500 virus.000 virus Perusahaan antivirus.Kejadian pertama saat virus Pervading Animal menggerogoti sistem Univax 1108. melaporkan bahwa hingga pertengahan 2002 lalu saja tercipta .300 virus.Istilah virus baru pertama kali didokumentasikan tahun 1983 oleh Fred Cohen. Munculnya virus Vienna menggugah Ralf Burger untuk membuat tulisan mengenai virus tersebut. Yang jelas. hasil observasi menunjukkan adanya virus Brain. Tulisannya dalam buku berjudul Computer Viruses: A High-Tech Disease telah memunculkan ide dalam pembuatan virus komputer. Sejak saat itulah muncul berbagai cara. perkembangan virus mencapai tahap baru. yang diyakini menjadi virus pertama yang menyerang MS-DOS. Trend Micro Inc. jumlahnya membengkak hingga 2.

antivirus pertama telah diciptakan. yang merupakan virus pertama yang dienkripsi.Biasanya virus yang masuk ke jaringan internet berupa worm. termasuk dari IBM. Begitu juga dengan Stealth.Hingga pada 1990. Polymorphic.berdasarkan survei yang dilakukan oleh laboraturium International Customer service Association (ICSA) tahun 2001. lampiran (attachment) e-mail merupakan cara yabg paling banyak digunakan untuk menyebarkan virus. Saat itu tercatat lebih dari 60.Namun.000 komputer berhasil dilumpuhkan oleh worm tersebut Lahirnya Penangkal dan Pembasmi Sejak awal 1970-an.Pada Maret 1988. maka. segera sesudahnya ditemukan virus di Jerman. Pada tanggal 2 November 1988. Pertempuran Berlanjut . Artinya. Virus Macro merupakan jenis virus yang paling banyak ditemui. bernama Cascade. Jumlah virus ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 25. juga karena virus dapat memiliki lebih dari satu variant. anti virus ini mampu melibas virus Tequila.Pada 1993. khususnya di daerah Washington DC. Pada bulan April 1991.Dari jumlah tersebut. munculnya virus bernama SatanBug cukup menghebohkan. virus tersebut terdiri dari kode-kode yang tidak bisa diubah adatu dibuang. Jumlah tersebut sebenarnya bukan jumlah pasti. berbagai pihak dari industri pun membantu FBI untuk menemukan dan menulisnya. Digital Dispatch dan Iris. beberapa antivirus diperkenalkan. maka virus terus bermunculan. dan mengimunisasi disket dari infeksi virus tersebut. McAfee. dan ternyata pembuatnya masih anak-anak. sebuah worm pertama kali memasuki jaringan internet. dan berkembang pada 1986 yang diketahui adanya virus Brain yang diyakini sebagai virus pertama yang menyerang basis MS-DOS.644 virus.939 virus yang menginfeksi komputer di seluruh dunia. Dan Symantec mengeluarkan Norton Anti Virus pada tahun 1991. sebab selain banyak virus yang belum teridentifikasi. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak menjadi sasaran.Worm yang kemudian dikenal sebagai Morris ini menyerang melalui e-mail. dan Multipartite. sejenis virus yang dapat berkembang biak sendiri. Dirancang untuk mendeteksi dan membuang virus Brain. dan merasuki komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis Unix.28.

macro berkembang dengan nama Melissa.Tetapi pada tahun yang sama. Dan pada 1999. Ini juga bisa Anda atur agar bisa dilakukan secara periodik dengan menggunakan penjadwal. Kita tidak menutup mata dengan kesamaan antara si pembuat dan keduanya. Boza.Memang. Secara umum ada dua jenis program antivirus. yaitu on-access dan on-demand scanner. virus macro berkembang dengan berbagai nama: Concept. muncul virus macro yang bekerja di lingkungan Microsoft Word. Program antivirus Program antivirus mampu mendeteksi virus dan mencegah akses ke dokumen yang terinfeksi dan juga mampu menghilangkan infeksi yang terjadi. Program pemindai virus merupakan jenis yang paling populer dalam dunia antivirus. perusahaan-perusahaan antivirus juga berlombalomba meningkatkan kecerdasan produknya masing-masing. . tetapi program-program seperti ini harus sering diperbarui agar mampu mengenali virus-virus baru. bukan lagi di basis DOS. pertempuran antara virus dan antivirus akan terus berlanjut. • On-demand scanner membiarkan Anda yang akan memulai aktivitas pemindaian terhadap semua dokumen di komputer Anda. Seketika itu perusahaan antivirus terhenyak. hehehe.Setahun berikutnya. seolah tidak berpengaruh pada Windows 95. Bisnis jalan lagi nih. para perusahaan antivirus sebenarnya merasa khawatir tidak akan dibutuhkan lagi.Setelah munculnya sistem operasi Windows 95 pada tahun 1995. dan menularkan ke komputer lain memalui program e-mail Microsoft Outlook dan Outlook Express. • On-access scanner akan selalu aktif dalam sistem komputer selama Anda menggunakannya. Laroux. Banyak peerusahaan yang menawarkan gabungan dua jenis program tersebut dalam satu paket. Pemindai jenis ini akan secara otomatis memeriksa dokumendokumen yang Anda akses dan dapat mencegah Anda menggunakan dokumen yang sudah terinfeksi oleh virus komputer.. yang menggunakan Microsoft Word untuk menginfeksi komputer.. tetapi sekaligus bergembira karenanya. virus yang menyerang di boot sector pada basis sistem operasi DOS. Dan yang jelas. Karena saat itu.

Kronologi sejarah virus komputer • 1950s . Ini sangat berguna untuk mendeteksi virus-virus jenis baru atau yang belum terdeteksi sebelumnya. virus hoax pertama muncul di dunia. Jenis heuristic scanner ini tidak perlu sering diupdate tetapi efek sampingnya terkadang bisa menimbulkan kesalahan deteksi.Worm internet menyebar pada jaringan US DARPA. virus yang menyebarkan dirinya melalui e-mail menyebar ke seluruh dunia. hadir di dunia.Bell Labs membuat suatu game eksperimental dimana pemainnya menggunakan program jahat untuk menyerang komputer pemain lainnya. tetapi dideteksi dan dianggap sebagai suatu virus. Kemudian virus Bubbleboy.Penulis kisah sci-fi. menjadi virus pertama yang mampu menginfeksi komputer ketika Anda membaca e-mail Anda. Cara ini memungkinkan pemindai mendeteksi virus. 1984 . John Brunner. dengan menggunakan aturan-aturan yang umum yang menjadi indikator adanya suatu virus. 2001 . 1994 . baik yang sudah diketahui atau belum.Mellisa. Pada saat itu juga ditemukan virus pada sistem operasi Palm.Terjadi kepanikan di dunia terhadap virus Michelangelo. membayangkan suatu worm komputer menyebar melalui jaringan. • • • • • • • • • • • 2000 .Good Times. 1975 .Worm yang bernama Christmas tree menyerang jaringan komputer IBM.Ada juga jenis anti-virus yang menerapkan pemindaian secara heuristic.Virus yang mengklaim dirinya berisi foto pemain tenis Anna Kournikova menginfeksi ribuan komputer di seluruh dunia. 1986 .Virus komputer pertama bernama Brain ditulis oleh dua orang bersaudara di Pakistan. menjadi virus e-mail yang sukses.Fred Cohen mengenalkan istilah virus komputer di dalam thesisnya. 1992 . 1987 . di mana seharusnya itu dokumen atau program normal.Virus dokumen pertama yang bernama Concept. 1995 .CIH atau Chernobyl menjadi virus pertama yang mampu untuk mengganggu hardware komputer. 1999 .Love Bug. 1988 . 1998 . • .

Program anti-virus dapat mendeteksi dan terkadang mampu untuk membasmi virus. download file dari suatu situs atau saling bertukar disket. Mereka harus mengerti bahwa bahaya virus ada dimana-mana dan berhati-hatilah.David L Smith. Katakan kepada semua orang bahwa mereka selalu dalam risiko ketika membuka e-mail. pembuat virus Mellisa. Ini akan membuat virus sedikit sulit untuk menyebar. 2003 . • Selalu gunakan software patch untuk menutup lubang security. berikut ini akan disajikan hal-hal tersebut. • Membuat orang paham terhadap risiko virus. • Install program anti-virus dan update-lah secara reguler. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus.Pembuat worm Netsky dan Bagle saling bersaing untuk meraih efek yang paling besar. diputus oleh pengadilan Amerika untuk di penjara selama 20 bulan.• 2002 . membuka attachment e-mail. Pada saat yang sama juga menyebar virus e-mail yang bernama Sobig. Selalu monitor perkembangan patch untuk sistem operasi yang Anda gunakan.Worm Blaster menyebar di internet dengan memanfaatkan kelemahan pada sistem operasi Windows. Jika ada yang baru segera di-download dan jalankan agar menutup lubang security yang ada pada komputer Anda. • • 2004 . . • Gunakan firewall. Jika program tersebut menawarkan on-access scanner. ini membuat bulan Agustus 2003 menjadi bulan terburuk untuk insiden virus pada tahun tersebut. segera saja gunakan fasilitas tersebut.

Program ini mengidentifikasi virus melalui aksi. Antivirus menggunakan aturan-aturan pintar (heuristic rules) untuk mencari kemungkinan infeksi virus. • Selalu backup secara reguler data Anda. Selalu buatlah backup untuk semua data yang ada pada komputer Anda. Teknis ini terbatas untuk deteksi virus-virus yang telah dikenal. Ini juga bisa mencegah penyebaran virus secara cepat ke dalam jaringan. Jika sewakti-waktu komputer Anda terinfeksi virus maka Anda masih bisa melakukan restore dengan data dan program yang bersih. Generasi pertama : “scanner sederhana“. 4. “Perkembangan Program Antivirus” 1. Teknik-teknik ini meliputi scanning dan jebakan-jebakan aktivitas. 2. Antivirus menscan program untuk menemukan signature virus. Generasi ketiga : jebakan-jebakan aktivitas (activity trap). Antivirus generasi ini menggunakan beragam teknik antivirus secara bersamaan.Sebuah firewall mampu untuk mencegah akses ilegal ke sistem komputer atau jaringan Anda.aksinya bukan dari struktur program yang diinfeksi. 3. Generasi keempat : proteksi penuh (full featured protection). Generasi kedua : “scanner yang pintar” (heuristic scanner). . Program antivirus merupakan program yang menetap di memori (memory resident program). Pilihlah data dan program yang Anda anggap penting dan lakukan backup secara reguler.

NAMA:.IKSAN KELAS:XI-IPA II .M.

selama itu pula virus dan antivirus terus berlaga. . Tapi kalau program virus ini dijalankan. virus memang sengaja dibuat untuk kepentingan tertentu.Penutup Dan Kesimpulan Selama komputer dan sistem operasinya tetap ada. Bagaimanapun. sebab nyatanya virus dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang sangat kompleks. Virus dapat menyusup dan dapat pula bersifat mengganggu. Ada yang cuma iseng mengubah nama file. maka kejadian yang tidak terbayangkan bisa saja terjadi.. Ya ampun. Dan itulah yang menjadi ciri khas virus.Seperti virus biologis yang menyerang manusia. tidak mudah juga mengenali suatu virus. bahkan merusak program yang diinfeksinya.Pada suatu waktu virus diam dan tidak beraktivitas.Virus komputer memang beraneka ragam. virus komputer adalah buatan manusia. virus dapat dikatakan sebagai sebuah program yang dapat "menginfeksi" program lain dengan cara memodifikasi program tersebut. Para pembuat virus memanfaatkan kelemahan (bug) yang dimliki oleh sebuah sistem atau program komputer. Artinya.. virus komputer pun dapat "menular". Tingkahnya pun bermacammacam. ada juga yang kejam seperti mengahpus isi harddisk. karena kadang-kadang mereka bersembunyi atau malah mengajak main petak umpet ketika dicoba untuk dibasmi. Tentu saja pengertian ini terlalu sederhana.. Jadi.Pada dasarnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->