Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai Berdasarkan Persamaan Derajat

Konsepsi perdamaian sebagai suatu hak asasi manusia jelas akan membantu meningkatkan kesadaran umum bahwa setiap orang mempunyai peran dalam memelihara perdamaian, memperluas dukungan umum terhadap kebijaksanaan pelucutan senjata sebagai tonggak bagi kebijaksanaan pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional. Usaha untuk menciptakan perdamaian dunia telah banyak dibicarakan oleh para ahli politik dan kenegaraan sejak zaman dahulu, diantaranya dalam siding umum PBB tanggal 24 Oktober 1970 yang menyatakan bahwa “setiap perang agresi merupakan kejahatan terhadap perdamaiana dan bahwa suatu ancaman atau penggunaan kekuatan merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional”. Setiap Negara didunia menginginkan adanya suatu yang tertib dan aman. Akan tetapi kenapa terjadi peperangan dan kesengketaan antar Negara? Hal ini disebabkan karena setiap Negara memiliki kepentingan, keinginan serta kemauan yang berbeda-beda, yang dilandasi oleh suatu system atau cara memperjuangkan yang berbeda-beda pula, sehingga menimbulkan konflik kepentingan antar negara. Penggunaan kekerasasan dalam hubungan internasional sudah dilarang dan seharusnya diselesaikan secara damai. Majelis Umum PBB telah mendeklarasikan dalam Pasal 2 ayat(4) Piagam PBB serta berdasarkan Deklarasi Manila ahun 1982 yang melarang Negara anggota menggunakan kekerasan dalam hubungannya satu sama lain.
(http://muhlashala.wordpress.com/mata-kuliah-kewarganegaraan/)

Prinsip

Hidup

Berdampingan

Secara

Damai

Berdasarkan

Persamaan Derajat

Persamaan kedaulatan negara 5.Prinsip penyelesaian sengketa internasional secara dama dilakukan berdasarkan secara universal: 1. Bahwa negara tidak akan menggunakn kekerasan yang bersifat mengancam integrasi teritirial atau kebebasan politik suatu negara. Persamaan hak menentukan nasib sendiri bagi setiap bangsa 4. Keadilan dan hukum internasional http://www. . Non-intervensi dalam urusan dalam negeri dan luar negeri suatu negara 3.jika suatu keputusan mahkamah intermasional tekah diputuskan.jika terjadi sengekta maka sudah menjadi ketentuan bagi negara-negara anggota untuk menggunakan haknya bila merasa dirugikan oleh negara lain.segala konsekuensi yang ada harus diterima.com/doc/51137251/1274083249-PKN-XI-BAB-5 pada prisnsip-prinsip hukum internasional yang berlaku MENGHARGAI KEPUTUSAN MAHKAMAH INTERNASIONAL Seluruh anggota PBB secara otomatis menjadi anggota mahkamah internasional. Akan tetapi sebaliknya. Prinsip hukum internasionl mengenai kemerdekaan.mau menerima proses penyelesauan sengketa internasional sebagai wujud penghargaan terhadap keputusan mahkamah internasional. Berikut ini adalah beberapa contoh negara dan orang perorangan yang karena ketaatannya terhadap ketentuan hukum internasional. Hal tersebut mengingat bahwa apa yang emnjadi keputusan mahkamah internasional merupakan keputusan terkhir walaupun dapat dimintakan abnding. Oleh sebab itu.dan integrasi teritorial suatu negara 6.scribd.kedaulatan.atau menggunakan cara-cara lainnya yang tidak sesuai dengan tujuan-tujuan PBB 2. Itikad baik dalam hubungan internasional 7.

.

000 rakyat indonesia hilang dan tidak pernah kembali selama berlangsungnya romusha tsb. Tidak kurang 700rb Proses pengadilan harus 3 Serbia di kroasia dan bosnia helsegovania (yugoslavia) • Tahun 1994 pengadilan terhadap para penjahat pe-rag telah terbukti di den haag .selama geneva 1949 pendudukan jepang yang dikenal negara sebuah satuta roma 1998. Internasional pengadilan empat konvensi tsb. (Mahkamah internasional belum dapat berbuat banyak) • Tahun 1968. Namun.pasukan serbia telah melakukan pembersihan etnik terutama terhadap warga sipil muslim bosnia dan daera-daerah lain serta di kroasia yang ingin melepaskan diri dari serbia setelah bubarnya negara federasi yugoslavia. Kurun waktu antara 19921995.indo china dan jepang • Tahun 1906.polandia.korea mapun china yang sangat kejam Berdasarkan modal pengadilan rwandaselama ini.lebih dari 40.d 1939.NO Pihak-pihak yang terlibat Uraian kasus/kejadian keterangan 1 Amerika serikat di filipina. Hal ini termasuk dampak kelainan genetis yang dialami korban cdera keturunannya.dimulailah proses pelembagaan untuk Catatan: • Demikian juga pasukan jepang baik di indonesia. 2 Jerman & Jepang dalam aksinya di Eropa dan asia • periode antara tahun 1933 s.apalagi model ICC dan diperlakukan sangat kejam.akhirnya PBB menggelar kejahatan melalui pendudukan di negara-negara pengadilan untuk penjahat-penjahat perang. Di menjadi penting dengan disetujuinya oleh 91 penjahat perang semakinindonesia.Baru setelah sekutu membuka pengadilan nuremberg (19451946) untuk nazi dan jepang.kolonialisme barat dengan jutaan korban tidak tersentuh.banyak pengamat mengkritik pengadilan di Den Haag saja.namun tidak lama kemudian banyak yang dibebaskan. Tidak kurang dari 10.000 rakyat jepang yang tidak berdosa telah terpanggang dg dijatuhkannya bom atom horoshima dan nagasaki.dan cekoslowakia dengan cara-cara yang sangat biadab.peristiwa yang lebih dikenal dg “my lai massacre” sebuah kompi amerika dg senjata otomatis hingga menewaskan sekitar 500 korban • Pada tahun 1945.tentara amerika telah melakukan kejahatan perang dg membunuh warga filipina Para pelaku kejahatan perang telah diajukan ke pengadilan militer.sebuah langkah untuk membentuk dengan romusha telah memaksa ICC (internasional Criminal Court) yang permanen.Jerman di bawah pimpinan Adolf Hitler telah melakukan pembasmian terhadap lawan politik maupun orang-orang yahudi serta penyerbuan terhadap negara australia.lebih banyak gagal rakyat indonesia menjadi budak dari pada suksesnya. Sebelum pernag dunia II.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful