IDENTIFIKASI CIRI-CIRI DAN SIFAT-SIFAT MANUSIA

I. 

Teori Psikoanalisis:
Manusia adalah makhluk yang memiliki prilaku hasil interaksi antara komponen biologis, ego dan sosial. Dalam diri manusia terdapat unsur Animal (hewani) Rasional dan Moral (nilai) Manusia sebagaHomo valens manusia berkeinginan.  

II. Teori Behaviorisme :

Manusia sebagai homo mechanicus (manusia mesin). Manusia dapat dianalisa melalui sesuatu yang nampak atau prilaku yang tampak yang dapat diukur, dilukiskan dan diramalkan.

 Manusia sebagai makhluk yang selalu berusaha memahami lingkungan. selalu berfikir. .III. Teori kognitif : Memandang manusia sebagai Homo Sapiens (manusia berfikir)  Bukan lagi dipandang sebagai makhluk yang bereaksi secara pasif pada lingkungan.

IV. .Teori Humanisme : Manusia sebagai Homo Ludens (manusia bermain) manusia dalam pandangan Humanisme. berprilaku untukmempertahankan. meningkatkan dan mengaktualisasikan diri.

. ASAL USUL MANUSIA DIKAITKAN DENGAN KEBERDAAN ALAM  Kapankah manusia pertama kali hadir di muka bumi ini ? Makhluk apakah yang menjadi nenek moyang manusia ?  Bagaimana proses penurunan dan perubahanperubahannya  .

Pada abad 19 tumbuh suatu pemahaman tentang asal usul manusia yang dikaitkan dengan primata. .

Teori Darwin   Ramapithecus yang berusia 15 juta tahun. Hasil pengamatan yang teliti menunjukkan bahwa kedua spesies tersebut lebih layak disebut kera daripada manusia. . Oreopithecus yang berusia 12 juta tahun dianggap sebagaimanusia tertua.

000 tahun yang lalu. .25 ± 1. Tingginya antara 1.50 meter dengan volume otak antara 500 ± 500 cc.Australopithecus dianggap sebagai jenis yang paling mewakili manusia purba yang hidup kira-kira pada 4 juta tahun sampai 600.

 Mampu berfikir dan mempergunakan alat ± alat untuk mempermudah pekerjaannya. berkaki dua  Lekukan tulang pinggul lebar  Tulang paha yang menyesuaikan dengan diri dengan postur berkaki dua.  Diantara fosil yang ditemukan ada batu batu koral yang gunanya untuk membuat benda tajam dan mungkin digunakan untuk berburu. .Ciri ± cirinya :  Tubuhnya sangat manusiawi.

 Dalam situsnya fosilnya ditemukan tanda- tanda beliung yang ditanam dan batu-batu yang diatur secara berjejer menunjukkan batas-batas penghunian semua penemuan menunjukkan adanya kemampuan berfikir dan merenung.78 M.000 tahun.Manusia purba yang lebih maju adalah Pithecan Tropus Erectus yang hidup sekitar 500. .50 ± 1.  Tingginya 1.  Volume otaknya rata-rata 900 CC.

000 tahun yang lalu. .  Perkembangan intelektual terlihat dari kualitas senjata dan peralatan yang ditemukan dekat fosilnya.Gelombang manusia purba Neanthertal Beberapa sumber muncul sekitar 1 juta 500.  Tengkorak manusia lebih berkembang hingga 1300 ± 1600 CC.

.000 ± 40.Manusia Modern  Ciri-ciri anatomis utamanya telah ada sekitar 35.  Kedua tangan serta kaki telah mendapatkan proporsi sebagaimana yang dapat dilihat pada manusia sekarang.000 tahun yang lalu dan dikenal sebagai Homo Sapiens.350 CC.  Kapasitas tengkoraknya menurun hingga mencapai rata-rata 1.

Penyebutan nama manusia Penyebutan nama manusia dalam Al-qur an tidak hanya satu macam. y Dari aspek historis penciptaan disebut Bani Adam y sesuai dengan Al-qur an yang artinya y y y y Hai anak Adam.minumlah dan jan ganlah berlebih-lebihan.Aspek historis.KEJADIAN DAN HAKEKAT MANUSIA MENURUT AJARAN ISLAM y 1.Al-Araf ayat 31 .berbagai istilah digunakan untuk menunjukan berbagai aspek kehidupan : y a.makan.pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki Masjid.

Dari aspek biologis kemanusiaannya disebut basyar y yang mencerminkan sifat-sifat fisik kimiai biologis y sesuai Al-qur an yang artinya y y Dan berkatalah pemuka-pemuka yang kafir diantara kaumnya dan yang mendustakan akan menemui hari akhirat (kelak) dan yang telah (kami mewahkan dalam kehidupan dunia )(orang)ini tidak lain hanyalah manusia (basyar)seperti kamu dia makan dari apa yang kamu makan dan meminum dari apa yang kamu minum (Al-mukminun ayat 33 y .Aspek biologis y .b.

y Dari aspek kecerdasannya disebut dengan insan yakni y Makhluk terbaik yang diberi akal sehingga menyerap ilmu pengetahuannya sesuai dengan Al-qur an yang artinya y Dia menciptakan manusia(insan)mengajarnya pandai berbicara (Ar-Rahman ayat 3-4) .c.Aspek kecerdasan.

sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum agar kamu bertakwa al-Baqarah ayat 21 . y Dari aspek sosiologis disebut an-nas yang menunjukan sifatnya yang hidup berkelompok sesama jenis sesuai firman Allah yang artinya y y Wahai manusia.Aspek sosiologis.d.

(Adz-dzariyat ayat 56) .e.Aspek posisi. y Dari aspek posisi disebut abdun (hamba)yang menunjukan kedudukannya sebagai hamba Allah yang harus tunduk dan patuh kepadanya sebagaimana firman Allah yang artinya y y Tidak Aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya menyembah kepadaKu.

2.Ayat-ayat yang menegaskan bahwa asal-usul manusia berasal (bersifat) air dapat dibuktikan dari pembentukan alam semesta sesuai dengan Al-qur an yang artinya: y y Tidaklah orang-orang kafir itu melihat bahwa langit dan bumi disatukan. y Al-qur an tidak memerinci secara cronologis penciptaan manusia menyangkut dan tempat. Namun Al-qur an memberikan jawaban yang sangat penting dari titik manakah kehidupan itu bermula.kemudian mereka kami pisahkan dan Kami menjadikan setiap yang hidup dari air lantas apakah mereka tak beriman? (Al-anbiya ayat 30) . Aspek historis penciptaan.

3.Komponen biologis.Manusia dibentuk dari komponen yang dikandung dalam tanah.gambaran ini dengan sangat jelas diuraikan dalam berbagai ayat yang menunjukan komponenkomponen pembentuk dengan berbagai nama antara lain: . y Manusia adalah makhluk bumi.

y Turrab.Turrab.1.yaitu tanah gemuk sebagaimana disebut dalam ayat Al-qur an yang artinya : y Kawannya( yang mukmin) berkata kepadanya Sedang Dia bercakap-cakap dengannya Apakah kamu kafir kepada Tuhan yang menciptakan kamu dari tanah (turrab) kemudian setetes air mani lalu Dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna (surah Al-kahfi ayat 37) .

2.Tiin y Tiin yaitu tanah lempung sebagaimana dalam Al- qur an yang artinya : y y Tuhan memulai penciptaan manusia dari lempung.Hal ini jelas berma na tahap yang y lain akan segera mengikuti . . y (surah As.sajadah ayat 7) y Dalam ayat ini Allah menyebut kata-kata badaa yang berarti memulai ini menunjukan adanya awal suatu penciptaan dari Tiin .

y yaTiinul laazib yaitu tanah lempung ng pekat sesuai dalam ayat mengatakan yang artinya : y Maka tanyakanlah kepada mereka (musyrik mekkah) apakah mereka yang lebih kukuh kejadian nya atau apakah apa yang telah Kami ciptakan itu? Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dari tanah liat (tiinul laazib) (ash-shafaat ayat 11).3. .Tiinul laazib.

y Sulalatun min tiin yaitu dari saripati lempung.sulalat y Berarti sesuatu yang disarikan dari sesuatu yang lain 6. Air dianggap sebagai asal usul seluruh kehidupan sebagaimana disebut dalam ayat yang artinya : Dan Dia Allah pula yang menciptakan manusia dari air .5.lalu Dia (Allah) jadikan manusia punya keturunan dan musaharah adalah Tuhanmu Mahakuasa (Al-furqaan 54).Sulalatun min tiin.Air. .

Shalsalun .4.Shalsalun min hamain masnun (lempung dari lumpur yang dicetak/dibentuk ) dalam ayat mengatakan yang artinya : Dan sesungguhnyaKami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk ( Al-hijir ayat 26) .citra diayat ini menunjukan bahwa manusia dimodelkan b.yaitu lempung yang dikatakan kalfakhar (seperti tembikar).Shalsalun a.

y reproduksinya banyak sekali dijelaskan dalam Asal usul keberadaan manusia dilihat dari sisi ayat-ayat Alqur an dalam surah Al-qiyamah yang artinya y Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (kedalam rahim) berarti mansia berasal dari setetes sperma yang ditumpahkan.Reproduksi.Nutfah berarti sejumlah sangat kecil yang sering diartikan sebagai setetes air.dan dari sejumlah sperma yang ditumpahkan memang hanya satu sel saja yang pada akhirnya membuahi ovum .4.

Proses pembuahan.
y Sel telur yang telah dibuahi tertanam dalam lendir rahim

kira-kira pada hari keenam setelah pembuahan mengikutinya dan secara otomatis telur tersebut merupakan sesuatu yang bergantung (al alaq) sesuai dengan ayat 38 surah Al-qiyamah yang artinya: kemudian ia menjadi sesuatu yang bergantung,lalu Allah membentuknya dalam ukuran yang tepat dan selaras y Sesuatu yang bergantung terus berkembang sampai kira-kira 20 hari ketika ia mulai secara bertahap mengambil bentuk manusia.jaringan tulang mulai tampak dalam embrio itu secara berurutan diliputi oleh otot-otot. y Dal;am surah Al-mu minun ayat 14 dikatakan : y Kemudian Kami bentuk Nutfah menjadi alaqah dan kami bentuk alaqah menjadi mudgah dan mudgah kami bentuk menjadi tulang belulang,kemudian kami bungkus tulang belulang itu dengan lahm

5.Ruh dan nafas
y

Ruh adalah salah satu komponen penting yang menentukan ciri kemanusiaan manusia.setelah proses fisik berlansung dalam penciptaan manusia.ruh dalam jasad manusia unsur penentu yang membedakan manusia dengan dunia hewan. Dalam ayat mengatakan surah Shaad ayat 71-72 yang artinya:

y

(ingatlah)ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat sungguh aku akan menciptan manusia dri tanahmaka apabilah telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya ruh(ciptaan)Ku maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.

Ayat berikutnya mengatakan:
Artinya Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh.Katakanlah, Ruh itu Termasuk urusan Tuhanku dan tidaklah diberi pengetahuan melainkan sedikit ( Al-israa ayat 85 )

tetapi sukar difahami hakikatnya.sentuh y an getaran rohaniah itulah yang menyebabkan manusia dapat mencersna nilai-nilai belas kasih. .kejujuran. y Yaitu getara sinyal ketuhanan sebagaimana rahmat.Ruh adalah getaran Ilahiyah.kebenaran.keadilan dsb. nikmat. hikmah yang kesemuanya sering terasakan sentuhannya .

Gejolak nafs dapat dirasakan menyebar keseluruh tubuh manusia karena tubuh y Manusia merupakan kumpulan dari milyaran sel hidup yang saling berhubungan.Nafs menurut Al-qur an y Istilah nafs banyak tersebar dalam Al-qur an meski termasuk dalam wilawah abstrak yang sukar difahami. y Nafs memiliki pengertian yang sangat terkait dengan aspek fisik manusia. Nafs bekerja sesuai bekerja sistem biologis manusia sesuai dengan firman Allah: .

Firman Allah dalam Al-qur an Allah memegang jiwa (nafs ) ketika matinya dan memegang jiwa orang yang belum diwaktu tidurnya .Maka Dia tahanlah orang yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan .Sesunguhnya pada Yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir (azzumar ayat 42) .

y Perpisahan antara nafs dan fisik disebut mati dan inilah peristiwa yang paling misterius dalam kehidupan manusia sebelum ia menjumpai peristiwa lainnya di Alam lain pula.Hubungan antara Nafs dan fisik mannusia. .kesengsaraan membuat badan kuraus. Dual yang berbeda. mental dan fisik dapat menjalin interalasi sebab akibat.Kesedihan dapat menyebabkan mata mengeluarkan cairan. y Hubungan sangat erat namun sukar diketahui pasti bagaimana hubungan itu berjalan.

Firman Allah Swt.

Alangka dahsyatnya sekiranya kamu melihat diwaktu orang orang dzalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memuKul dengan tangan nya ( sambil berkata)Keluarkan nafsmu (Al-an am ayat 93) Ayat lain mengatakan :

Tiap yang bernafs pasti akan merasakan mati (Al-imran ayat 185)

Fitrah manusia : Hanif,Potensi akal, Qalb dan nafsu.
y Kata fitrah merupakan dari kata fatara artinya ciptaan

suci dan seimbang dalam kamus Al-munjid Louis Ma luf mengatakan: bahwa fitrah adalah sifat yang ada pada setiap awal penciptaan nya,sifat alami manusia y Menurut imam Al-Maraghi: Fitrah adalah kondisi di mana Allah menciptakan manusia yang menghadapkan dirinya kepada kebenaran dan kesiapan untuk menggunakan pikirannya
y

Allah Swt telah memberikan isyarat lewat Al-qur an.

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah) Tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah Itu .Tidak ada perubahan pada fitrah Allah (itulah)Agama yang lurus ;tetapi Kebanyakan manusia tidak mengetahui (Ar-rum ayat 30)

Dengan demikian didalm Al-qur an diletakan bukan hanya pada ranah rasio tetapi juga rasa bahkan jauh lebih dari itu jika akal diartikan dengan hikmah atau bijaksana. Akal dalam Al-qur an kebijaksanaan. . y Akal menurut bahasa berarti fikiran atau rasio y Harun Nasition Akal berasal dari bahasa arab yaitu y Menahan dan orang aqil dizaman jahiliyah dikenal dengan darah panasnya adalah orang yang dapat amarahnya dan oleh karena itu dapat mengambil sikap dan tindakan yang berisi kebijaksanaannya dalam mengatasi yang dihadapinya.Potensi akal.

Al-qalb. Musa Asyari menyebutkan al-qalb dengan Dua pengertian: yang pertama pengertian kasar atau fisik yaitu segumpal daging yang berbentuk bulat panjang terletak didada sebelah kiri yang sering disebut jantung .Pengertian yang kedua secara halus y yang bersifat keTuhanan dan rohanih yaitu hakikat manusia yang dapat menangkap segala pengertian y Berpengetahuan dan arif . y y y y . Al-qalb berasal dari kata qalaba yang berarti berubah Berpindah atau berbalik dan menurut Ibnu sayyidah Berarti hati.

y Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akal dapat digunakan manusia dalam rangka memikirkan y alam sedangkan mengingat Allah adalah kegiatan yang berpusat pada qalb keduanya merupakan kesatuan daya rohani untuk dapat memahami kebenaran sehingga manusia dapat memasuki suatu kesadaran tertinggi yang bertsatu dengan kebenaran y Ilahi .

Dorongan-dorongan ini sering disebut y dengan dorongan primitif. y Nafsu berasal dari bahasa arab(al-hwa.oleh karena itu nafsu y sering disebut sebagai kehendak bebas.Nafsu.Dengan nafsu manusia dapat bergerak dinamis dari suatu keadaan kekeadaan yang lain .dalam bahasa indonesia sering disebut hawa nafsu)Adalah suatu kekuatan yang mendorong manusia untuk mencapai keinginannya.karena sifatnya yang bebas y tanpa mengenal baik dan buruk. .

.Dan untuk mengendalikan nafsu manusia menggunakan akalnya sehingga dorongan-dorongan tersebut dapat menjadi kekuatan positif yang menggerakan manusia kearah tujuan yang jelas dan baik.agar manusia dapat bergerak kearah yang jelas.Kecenderungan nafsu bebas y Jika tidak terkendali dapat menyebabkan manusia memasuki kondisi yang membahayakan dirinya.maka agama berperan untuk menunjukan jalan yang akan harus ditempuhnya.

Nafs ya g t rk ali. y Nafsu yang dikendalikan oleh akal berada pada jalur y yang Agama dan inilah yang disebut an-nafsu al- muthmainnah yang diungkapkan dalam Al-qur an: Hai jiwa yang tenang kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi Diridai-Nya maka masuklah kedalam golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah Kedalam surga-Ku (Al-fajr ayat 27-30) .

. y Manusia adalah ciptaan Allah yang sangat berbeda dengan makhluk lainnya dialam semesta ini.ia memiliki yang khas bahkan dibandingkan dengan makhluk lain yang paling mirip sekalipun.kekhasan inilah yang menurut kitab suci menyebabkan konsekwensi kemanusiaan Diantaranya kesadaran tanggung jawabnya.Karakteristik manusia.

diantaranya adalah: Karakter istik manusia Aspek kreasi aspek ilmu Aspek kehen ak Pengarahan akhlak .Karakteristik manusia.

tetapi tangan manusia lebih fungsinal firman Allah: y Artinya Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dengan Sebaik-baik bentuk (At-tin ayat 4) . Apapun yang pada tubuh manusia sudah dirakit y talam suatu tatanan yang terbaik dan sempurna.Aspek kreasi. y Hal ini bisa dibandingkan dengan makhluk lain dalam aspek penciptaannya mungkin banyak kesamaannya.

Tetapi manusia menciptakan kebudayaan dan peradaban yang terus berkembang.Aspek ilmu y Hanya manusia yang mungkin punya kesempatan memahami lebih jauh hakikat alam ssemesta di sekelilingnya. Pengetahuan hewan hanya terbatas pada naluri dasar yang tidak bisa dikembangkan melalui pendidikan dan pengajaran. an ia mengajar kepada dam nama-nama (benda-benda)keseluruhannya .

Aspek kehendak y Manusia memiliki kehendak yangmenyebabkan nya bisa mengadakan pilihan pilihan dalam hidup.Makhluk lain hidup dalam suatu pola yang telah baku dan tak akan pernah berubah para malaikat yang mulia tak pernah menjadi makhluk yang sombong atau maksiat Sesungguhnya Kami telah menunjukinya (manusia)jalan yang lurus ada Yang syukur dan ada pula kufur (Al-Insan ayat 3) .

Demekian pula sebaliknya. Ada manusia yang sebelumnya baik-baik tetapi karena pengaruh lingkungan terttentu dapat menjadi seorang penjahat.Pengarahan akhlak.oleh sebab itu lembaga pendidikan diperlukan manusia untuk mengarahkan kehiduipan generasi yang akan datang . y Manusia adalah makhluk yang dapat dibentuk akhlaknya.

Misi dan fungsi penciptaan manusia.penyembahan berarti ketundukan manusia kepada hukum Allah dalam menjalankan kehidupan dimuka bumi ini baik hubungan vertikal maupun horizontal.pengertian penghambaan kepada Allah tidak boleh diartikan secara sempit dengan hanya membayangkan aspek ritual yang tercermin dalam shalat saja. . y Misi penciptaan manusia adalah untuk penyembahan kepada sang pencipta Allah Swt.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan mereka menyembahKu Aku tidak menghendaki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supa ya mereka memberi Aku makan sesungguhnya Allah Dialah Maha pemberi rezeki Yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh (Az-Zariyaat 56-58) .Dan penyembahan dilakukan secara sukarela tanpa paksaan.Firman Allah Swt.penyembahan kepada Allah adalah sebuah kebutuhan manusia y Penyembahan kepada Allah lebih mencerminkan kebutuhan manusia terhadap terwujudnya sebuah kehidupan dengan tatanan yang baik dan adil.

Keseimbangan alam dapat terjaga dengan hukum-hukum alam yang kokoh . Kekacauan kehidupan tidak sekedar akan menghancurkan tatanan kehidupan tetapi juga dapat menghancurkan bagian-bagian alam yang lain.Keseimbangan kehidupan manusia dapat terjaga dengan tegaknya hukum-hukum kemanusiaan yang telah Allah tetapkan. y Penyembahan yang sempurna dari seorang manusia akan menjadikan dirinya sebagai kepanjangan kekuasaan Allah dimuka buka bumi ini dalam mengelola alam semesta.Inilah fungsi kehadiran manusia ditengahtengah alam ini .Fungsi penciptaan manusia.

. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi (Al-baaqarah ayat 30) Firman Allah berikutnya : Dan tiadalah Kami mengutus kamu untuk menjadi rahmat bagi semesta alam (Al-anbiya ayat 107). Maka jelaslah bahwa kesatuan manusia dan alam semesta dapat terjaga dengan baik jika manusia dapat menjalankan fungsi kekhalifahannya di muka bummi ini.Firman Allah swt.

Arti Agama ruang lingkupnya y Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia. Mungkin seseorang dianggap termasuk pengikut suatu Agama.Maka tidak mudah mendefinisikan Agama.Termasuk mengelompokan seseorang apakah ia terlibat dalam suatu agama atau tidak.tetapi ia mengingkarinya. .Agama muncul dalam kehidupan manusia dalam berbagai dimensi dan sejarahnya.

y Agama suatu sistem orientasi dan obyek pengabdian.Kebudayaan yangberkembang ditengah manusia adalah produk dari tingkah laku keberagamaan manusia .Dalam pengertian ini semua orang adalah makhluk religius.Agama arti secara umum.tak seorangpun dapat hidup tanpa suatu sistem yang mengaturnya dan tetap dalam kondisi sehat.

3. 2.Keberhutangan.Din Dalam bahasa Al-qur an. 4.kecenderungan alami atau tendensi. . Kesimpulannya ialah bahwa orang itu menundukan dirinya dalam arti menyerah dan patuh kepada hukum dan peraturan yang mengatur hutang.Kekuasaan.Kata din yang berasal dari akar bahasa Arab dyn mempunyai banyak arti pokok yaitu y y y y y 1. Demikian juga dalam artian yang terbatas kepada yang berpiutang.Kepatuhan. y Din diartikan sebagai Agama.

Ritual yaitu tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan kekuatan supranatural sebagai konsekwensi atau pengakuan dan ketundukannya 3.Sistem nilai yang mengatur hubungan manusia dengan sesamanya atau alam semesta yang dikaitkan dengan keyakinannya tersebut. 2. .Tiga persoalan pokok dalam sebuah Agama yaitu: 1.Credial yakni keyakinan akan adanya sesuatu kekuatan supranatural yang diyakini mengatur dan menciptakan alam.

Agama a yu y Agama wahyu yang yang diterima oleh manusia dari Allah sang pencipta melalui malaikat jkibril dan disampaikan serta disebarkan oleh Rasul-Nya kep[ada ummat manusia.Agama itinja ari s mb rnya t rbagi dalam dua bagian yaitu:1. Wahyu dilestarikan melalui Alkitab.suhuf-suhuf atau ajaran lisan .

2. Sesungguhnya banyak isme-isme yang dianut oleh manusia berlakku pula sebagai Agama bukan wahyu.Agama bukan wahyu. y Agama bukan wahyu bersandar semata-mata kepada ajaran seorang manusia yang dianggap memiliki pengetahuan tentang kehidupan dalam berbagai aspeknya secara mendalam contohnya Agama Budha yang berpangkal pada ajaran sidharta gautama dan confusianisme yang berpangkal pada ajaran Kong Hu Cu meskipun tidak diakui secara formal. .

Wahyu yang dilestarikan dalam tradisi lisan dapat mengalami penyimpangan dengan adanya usaha untuk mengubah ajaran dari warna aslinya.Oleh karena itu boleh jadi yang disebut Agama wahyu terbawa didalamnya ajaran-ajaran manusia pula. y Adakalanya suatu agama wahyu dalam perjalanan sejarahnya mengalami distorsi-distorsi karena kurang terjaganya pengamanan wahyu.Dalam aspek keaslian sebuah Agama perlu di cermati. .

Munculnya Agama pada tingkat perkembangan manusia yang pertama terjadi disaat manusia belum mampu menggunakan akal untuk mengurusi kekuatan yang ada diluar dan didalam dirinya ia harus menghadapi atau mengatur kekuatan tersebut dengan bantuan kekuatan lain yang efektif. .Pandangan para ahli tentang Agama. 1. Sigmund Freud Seorang ahli psikologi mengatakan bahwa Agama berasal dari ketidak mampuan manusia menghadapi kekuatan alam diluar dirinya dan juga kekuatan insting dari dalam dirinya.

tetapi hal itu tidaklah berlaku bagi semua Agama.2.Penafsiran itu tidak sama dengan penafsiran dari bahan-bahan pengalaman yang menjadi subyek ilmu pengetahuan alam.Dogma dan kepercayaan Agama sudah tentu memiliki penafsiran metafisika. Muhammad iqbal y Muhammad iqbal membantah pendapat Freud dengan menyatakan bahwa memang ada agamaagama yang telah membukakan jalan pelarian secara pengecut dari kenyataan hidup. .

y Aguste comte seorang Sosiolog mengatakan Agama sebagai salah satu dari tahap-tahap pemikiran yang berkembang pada sejaarah peradaban dunia.Aguste Comte. .Pertama dinamakan teologis dimana manusia menafsirkan gejala-gejala yang ada disekelilingnya secara teologis.Terdapat kekuatan yang mengendalikan alam berupa roh-roh dewa-dewa atau Tuhan yang Mahakuasa .menurut comte ada tiga tahap perkembangan intelektual.3.

suatu ilmu pengetahuan positif apabilah memusatkan perhatian pada gejala-gejala yang nyata dan kongkrit tanpa ada halangan dari pertimbanganpertimbangan lainnya.dari perkembangan tahap pertama pada tahap ini manusia menganggap bahwa dalam setiap gejala terdapat kekuatan atau inti tertentu yang pada akhirnya akan dapat diungkapkan .Kedua yaitu tahap metafisik. . y Merupakan perkembangan. y Ketiga Merupakan tugas dari ilmu pengetahuan positif dan ini tahap terakhir dari perkembangan manusia.

Hubungan manusia dengan Agama y 1.Tabiat ini telah ada sejak manusia lahir sehingga tak ada pertentangan sedikitpun dari seorang yang tumbuh dewasa dalam sebuah sistem kehidupan. Fitrah terhadap Agama. . Kenyataan yang ditemukannya berbagai macam Agama dalam masyarakat sejak dahulu sampai sekarang membuktikan bahwa hidup dibawa sistem keyakinan adalah tabiat yang merata pada manusia.

3. y Seluruh unsur alam baik yang mati maupun yang hidup lebih mengagumkan lagi: 1.Proses terjadinya hujan 2.Keunikan lebah menata masyarakatnya dsb Kesemuanya ini seakan mencerminkan sikap ketundukan kepada hukum universal.burung-burung mengudara dengan ringannya dan mengembara keberbagai belahan dunia 4.oleh karena itu penembahan manusia kepada pencipta adalah suatu bagian dari karakteristik penciptaan itu sendiri sebagaimana ketundukan satelit mengorbit pada planetnya .Watak-watak yang ada pada seluruh alam.Planet-planet mengelilingi matahari.

Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah kepadaNya bertasbih apa yang ada dilangit dan yang dibumi dan juga burung dengan mengembangkan sayapnya.Firman Allah Swt.Masing-masing telah mengetahui (cara shalatnya dan tasbihnya dan Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan (An-nur ayat 41) .

dan Agama adalah suatu bentuk sistem yang kehadirannya berlansung sejak lama dengan bentuk yang berbedabeda. .Penyimpangan atas hukum alam menyebabkan kehancuran fisik dan penyimpangan pada hukum manusia yang dapat menyebabkan kehancuran fisik dan juga sosial. Manusia di dunia memerlukan suatu sistem yang mengatur kehidupan.Keteraturan seluruh elemen pada alam dapat membangkitkan kesadaran. Penerimaan manusia pada sebuah sistem terus berlansung dari masa kemasa. Khusus watak manusia menimbulkan dimensi yang berbeda pada hukumnya.

dimensi ini diterima manusia bahkan dalam cara berfikir modern sekalipun faham materialisme yang menganggap materi sebagai hakikat yang abadi dialam ini justru tidak mendapat tempat di dunia modern . y Hampir semua agama dapat menerima dimensi pahala dan dosa serta hari pembalasan.Dimensi pahala dan dosa.

Sebongkah materi tidak lagi merupakan sebuah benda yang tetap dengan keadaan yang bermacam-macam .Betrand russel menyatakan: y Bahwa teori relativitas telah menjebol pengertian tradisional mengenai substansi dari argumen filosofi manapun materi bagi pengertian sehari-hari adalah sesuatu yang bertahan dalam waktu dan bergerak dalam ruang.tetapi merupakan suatu sistem peristiwa yang saling berhubungan . Tetapi bagi ilmu alam teori relativitas tidak lagi dibenarkan. .

dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa.Mereka tidak mempunyai pengetahuan tentang itu. y Sesuai dengan firman Allah Swt Dan mereka berkata:Kehidupan ini hanyalah kehidupan di dunia saja.Materi dimata seorang materialis nampak lebih nyata dari pada kilasan pikiran sudah hilang sama sekali.mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja. (Al-jaasiyah ayat 24) .kita mati dan Kita hidup.

Pencarian manusia terhadap Agama.Penyimpangan sebuah ajaran agama dalam sejarah kehidupan dapat diketahui pada akhirnya oleh pemenuhan kepuasan berpikir manusia hidup kemudian. .2.Oleh karena itu pencarian manusia terhadap kebenaran agama tak pernah lepas dari muka bumi ini. y Akal yang sempurna akan senantiasa menuntut kepuasan berpikir.

pada akhirnya memerlukan tahannus karena jiwanya tak dapat menerima aturan hidup yang dikembangkan masyarakat quraisy di Mekkah yang mengaku masih menyembah Ibrahim Firman Allah swt Dan dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung lalu Dia memberi petunjuk (Surah Ad-duhaa ayat 7) .Demikian pula Nabi Muhammad saw .kisah Nabi Ibrahim as dan Nabi Muhammad saw y Nabi Ibrahim sangat tidak puas menyaksikan bagaimana manusia mempertuhankan benda-benda mati di alam ini seperti matahari bulan dan bintang.

namun hanya dalam situasi tertentu yang sifatnya sementara.yaitu sifat berpura-pura .Membentuk sikap konsistensi harus melalui langkah-langkah tertentu. .3. Konsistensi keagamaan. y Manusia diciptakan dengan hati nurani yang sepenuhnya mampu mengatakan realitas secara benar dan apa adanya.namun manusia juga memiliki keterampilan kejiwaan lain yang dapat menutupi apaapa yang terlintas dalam hati nuraninya .

.Langkah-langkah untuk membentuk sebuah konsisten: A.Pengenalan y Seseorang harus mengenal dengan jelas agama yang dipeluknya sehingga bisa membedakan nya dengan agama yang lain.Hal ini dapat dilakukan dengan mengetahui ciri-ciri pokok dan cabang yang terdapat dalam sebuah agama.jika ada orang menyatakan bahwa semua agama itu sama maka hampir dipastikan bahwa ia sebenarnya tidak mengenali agama satu persatu .

B.?Mengapa suatu ajaran diajarkan ?.Pengertian y Ajaran agama yang dipeluk pasti memiliki landasan yang kuat.ini adalah pertanyaan yang jawabannya akan mengantarkan kita kepada sebuah pengertian .tempat dari mana seharusnya kita memandang.apa faedahnya untuk kehidupan pribadi dan masyarakat?apa yang akan terjadi jika manusia meninggalkan ajaran tersebut ?.

ajaran yang hidup dalam jiwa dan menjadi sebuah kecenderungan yang instingtif mencerminkan tumbuhnya sebuah kesatuan yang tak terpisahkan antara agama dan kehidupan. .c.Interaksi seseorang terhadap ajaran agama nya pada fase ini tidak sekedar dengan pikirannya tetapi lebih jauh masuk kerelung-relung hatinya dengan penghayatan yag dalam seseorang dapat mengamalkan ajaran agamanya melahirkan keyakinan atau keimanan yang mendorong nya untuk melaksanakan agama dengan tulus dan ikhlas .Penghayatan y Penghayatan suatu ajaran agama lebih tinggi nilainya dari pada sekedar pengertian.

D. Pengabdian.
y Seseorang tidak lagi ambisi pribadi dalam

mengamalkan ajaran agamanya akan dapat memasuki pengabdian yang sempurna.kepentingan hidupnya adalah kepentingan agamanya,tujuan hidupnya adalah tujuan agamanya dan warna jiwanya adalah warna agamanya.orang yang memasuki fase ini bagaikan sudah takmemiliki dirinya lagi karena demikian hakikat penghambaan.Fasepenghambaan ini disebut ibadah yaitu penyerahan diri secara total dan menyeluruh kepada tuhannya.

E.Pembelaan
y Apabilah kecintaan seseorang terhadap agamanya

demikian tinggi maka tak boleh ada lagi perintang yang menghalangi laju jalannya agamanya.Rintangan terhadap agama adalah rintangan terhadap dirinya sendiri sehingga ia akan segera melakukan pembelaan. Ia rela mengorbankan apa saja yang ada pada dirinya,harta benda bahkan nyawa,bagi nama baik dan keagungan agama yang dipeluknya pembelaan ini disebut jihad yaitu suatu jiwa yang sungguh-sungguh dalam membela agamanya.

Itulah ma na konsistensi keagamaan.
y Seseorang yang tampakkan pada jalan kehidupannya

.Sejarah mencatatfenomena ini dalam berbagai agama dan ideologi yang tumbuhdan berkembang dalam kehidupan manusia sesuai dengan firman Allah

Sesunguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman Kepada Allah dan rasulNya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka Berjihad dengan harta dan jiwa dan jiwa mereka pada jalan Allah,mereka itulah orang-orang yang benar.(Al-Hujurat ayat 15)

AGAMA ISLAM y Tujuan y 1.Mempelajari perbandingan agama-agama besar y 3 Menganalisis mengapa islam disalah fahami .Mempelajari pengertian dan agama islam y 2.

Karena itu ia selalu menebarkan doa dan kedamaian pada sesama .bersih tanpa cacat atau sempurna.Arti dan ruang lingkup agama islam y Arti islam .karena itu kata assalamu alaikum merupakan tanda kecintaan seorang muslim kepada orang lain.assalamu. .Kata islam juga dapat diambil dari kata assilmu dan assalmu yang berarti kedamaian dan keamanan.assalamatu yang artinya bersih dan selamat dari kecacatan lahir bathin.Dari asal kata ini islam mengandung perdamaian dan keselamatan.Dari asal kata ini dapat diartikan bahwa dalam islam terkandung ma na suci. y Islam berasal dari kata aslama yang merupakan derivasi dari kata assalmu.

tunduk.Kesimpulan y Dari pengertian kata sebagaimana diungkapkan bahwa islam mengandung arti berserah diri. .Ketundukan dan kepatuhan kepada Allah itu melahirkan keselamatan dan kesejahteraan diri serta kedamaian kepada sesama manusia dan lingkungannya.patuh dan taat sepenuhnya kepada kehendak Allah.

y Menurut Ahmad Abdullah Almasdosi y bahwa islam adalah kaidah hidup yang diturunkan kepada manusia sejak digelar dimuka bumi dan terbina dalam bentuknya yang terakhir dan sempurna dalam Alqur an yang suci diwahyukan Tuhan kepada Nabi Muhammad Saw satu kaidah hidup yang memuat tuntunan yang jelas dan lengkap mengenai aspek hidup baik spritual maupun material .Pengertian islam secara terminologi.

Agama yang diturunkan Allah ke muka bumi sejak Nabi Adam sampai Nabi Muhammad Saw Adalah agama islam sebagaimana diungkapkan oleh Al-qur an Sesungguhnya agama disisi Allah adalah agama islam .Kesimpulan y Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada manusia melalui rasulrasul-Nya berisi hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Allah .manusia dengan sesama dan alam semesta.

yaitu agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw .sedangkan aturan aturan pengamalannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan budaya manusia pada zamannya.Ajaran Tauhid y Semua rasul mengajarkan keesaan Allah (tauhid)sebagai dasar keyakinan bagi umatnya.Akhirnya islam menjadi nama bagi sata-satunya agama.karena itu diantara para rasul itu terdapat perbedaan dalam syariat y setelah rasul-rasul yang membawanya wafat agama yang dianut oleh para pengikutnya itu mengalami perkembangan dan perubahan baik nama maupun isi ajarannya.

Secara garis besar ruang lingkup agama islam menyangkut tiga hal pokok yaitu: 1.Aspek prilaku yang disebut akhlak.Aspek keyakinan yang disebut aqidah yaitu keimanan kepada Allah dan semua yang difirmankanNya . 3. sesama manusia dan alam semesta .ya ni sikap prilaku yang nampak dari pelaksanaan aqidah dan syariah . 2.Aspek norma.hukum yang disebut syariah ya ni atauran aturan Allah yang mengatur hubungan manusia Allah.

tetapi menyatu membentuk kepribadian yang utuh pada diri seorang muslim.y Dari ketiga aspek tersebut tidaklah berdiri sendiri- sendiri.Hal ini diungkapkan secara tegas dalam firman Allah Wahai orang-orang yang beriman masuklah kamu kedalam islam keseluruhannya.dan Janganlah kamu turut langkah-langkah setan sesungguhnya setan itu musuh yang nyata (Al-baqarah 208 .

y Secara fitriah manusia membutuhkan agama sebagai pegangan hidup.Klasifikasi agama dan agama islam.karena itu sejarah mencatat aneka macam agama yang dianut oleh manusia sejak dahulu sampai hari ini.baik agama yang berasal olah pikir manusia maupun agama yang diturunkan melalui wahyu yang diterima rasul-rasul tuhan .karena sejarah itu agama sama panjangnya dengan sejarah manusia.

Agama budaya y Pada umumnya bersifat politeistik atau mempercayai beberapa tuhan sedangkan agama wahyu bersifat monoteistik atau meyakini satu tuhan dan agama budaya menggunakan pencetusnya sebagai nama agamanya.sedangkan agama wahyu penamaannya berdasarkan wahyu pula tidak menggunakan nama rasul yang menerimanya .

beliau dilahirkan di Mekkah tahun 571 Masehi dan mendapat wahyu yang pertama kali ketika beliau berusia 40 tahun .Agama islam. y Agama islam adalah agama wahyu satu-satunya yang memiliki kitab suci yang asli dan autentik tidak mengalami perubahan sejak diturunkan pada abad ke 6 Masehi sampai sekarang bahkan sampai akhir zaman.Rasul yang menerima wahyu Allah bernama Muhammad putra Abdullah yang memiliki silsilah dan turunan yang jelas .

Ajaran universal y Ajaran islam berlaku universal untuk segala tempat dan bangsa serta berlaku abadi sepanjang masa sebagaimana diungkapkan Al-qur an : Tidaklah kami utus engkau (Muhammad )melainkan untuk menjadi rahmat bagi Sekalian alam Al-anbiya ayat 107 Ayat ini mengisyaratkan bahwa ajaran yang diturunkan kepada Nasbi Muhammad (islam)ditujukan semua manusia pada semua tempat dan waktu .

Islam sering dipandang secara sempit sebagai agama yang berisi ritual saja.tetapi juga muslim sendiri yang belum memahami islam secara menyeluruh. .Islam berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan dan memberikan nilai-nilai esensial bagi seluruh kehidupan itu. Salah faham terhadap ajaran islam y Kesalah fahaman terhadap islam terdapat dikalangan orang-orang non muslim.1.pada hal ritual dalam islam hanya sebagian saja dari ajaran islam.

Agama hanya dipandang sebagai salah satu aspek hidup saja yaitu kebutuhan manusia terhadap penyembahan pada yang Mahakuasa sedangkan pada aspek kehidupan lainnya agama tidak bisa diperankan .pemahaman yang parsial ini melahirkan pandangan yang sempit terhadap islam dan menumbuhkan sekularisasi . Kesalah fahaman terhadap islam karena pemikiran bersifat dikhotomis.memisahkan antara agama dan kehidupan.Sebab terjadi kesalah fahaman.

Islam dijadikan dasar.Bagi seorang muslim islam menjadi dasar dalam menata kehidupannya. manusia y Islam diturunkan untuk menata kehidupan sedangkan akhirat adalah akibat atau dari kehidupan dunia .Sesungguhnya setan itu musuh Yang nyata bagimu Al-Baqarah ayat 208 .baik ekonomi politik maupun budaya sehingga kehidupannya menjelmakan prilaku yang islami firman Allah swt Hai orang-orang yang beriman.Islam menunjukan jalan dan arah yang ditempuh untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki dunia dan akhirat.masuklah kamu kedalam islam secara menyeluruh Dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan.

Salah faham tentang islam dan ilmu pengetahuan. y Agama dan ilmu pengetahuan merupakan dua hal yang sering disalah fahami. y Agama dan ilmu pengetahuan sampai saat ini masih dipandang sebagai dua hal yang tidak bisa dikompromikan.2.Disatu sisi agama dipandang sebagai hal yang statis.Keduanya seringkali ditempatkan pada titik yang berseberangan.obyektif dan rasional.Pandangan ini terus berkembang dan bahkan memasuki pola berfikir sebagian umat islam yang memisahkan antara ilmu pengetahuan dan agama .subyektif dan irrrasional dan ilmu pengetahuan dipandang sebagai dinamis .

sedangkan yang lain diciptakan dan disusun oleh manusia yang kebenarannya relatif. y Agama islam datang diturunkan melalui wahyu Allah.Asal usul ajaran islam dan ilmu pengetahuan. .karena itu kebenaran ilmu pengetahuan dan agama berbeda yang satu bersifat apa adanya dari Allah yang mutlak kebenarannya.sedangkan ilmu pengetahuan merupakan hasil olah fikir dan akal manusia ciptaan Allah.

Ilmu pengetahuan sebagai produk akal. y Apa yang dihasilkan oleh akal manusia senantiasa dapat diikuti oleh agama islam.karena islam memberikan tempat yang luas bagi pengembangan pemikiran manusia.Akal diperintahkan untuk bekerja dengan giat memikirkan dengan serius mendalam terhadap segala dan peristiwa dialam raya ini firman Allah Katakanlah olehmu(Muhammad)perhatikanlah 0lehmu apa yang ada dilangit Dan di bumi (surah yunus ayat 101 ) .

Islam menempatkan ilmu pengetahauan pada tempat yang tinggi dan mulia firman Allah: Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang Yang berilmu pengetahuan beberapa derajat (Al-Mujaadilah) .manusia dapat menghayati kekuasaan Allah yang tidak terbatas sehingga manusia dapat merasakan keterbatasan dan kelemahan dirinya di hadapan Allah.Islam dan Ilmu pengetahuan.Karena itu sudah sepantasnya manusia menghambakan dirinya kepada Allah yang Mahakuasa. y Dengan ilmu pengetahuan.

y 3.Terdorong untuk mengamalkan islam secara kaffah.Kerangka Dasar Ajaran Islam y Tujuan y 1. .Memahami komponen dasar islam dan kaitannya satu sama lainnya y 2.Memahami hubungan islam dengan ilmu-ilmu lainnya.

Akhlak y Sebagian ahli membaginya kedalam dua hal yaitu aqidah dan syariah dengan memasukan akhlak kedalam bidang syariah .Unsur pokok Agama islam y Secara umum aturan itu meliputi tiga hal pokok Yaitu: y 1. Aqidah y 2 Syariah y 3.

Barang siapa ingkar kepada Allah.kitab-kitabNya.tetaplah beriman kepada Allah dan RasulNya dan Kepada kitab yang diturunkan kepada RasulNya serta kitab yang Allah turunkan Sebelumnya . y Sebagaimana agama-agama pada umumnya yang memiliki sistem kepercayaan dan keyakinan kepada Tuhan.islam mengandung sistem keyakinan yang mendasari seluruh aktifitas pemeluknya yang disebut aqidah.1. Rasul-rasulNya dan Hari kemudian.para malaikatNya.(An-nisa ayat 136 ) .Aqidah.maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauhJauhnya .Aistem kepercayaan dibangun atas 6 dasar sesuai firman Allah: Wahai orang-orang beriman.

Dan Allah Maha mengetahui atas segala Sesuatu (Al-Ahzab ayat 40) .melainkan Dia itu utusan Allah dan penutup para nabi. y 1.Faktor yang seharusnya ada pada jiwa seorang muslim.Meyakini bahwa islam adalah agama yang terakhir mengandung syariat yang menyempurnakan syariat syariat yang diturunkan Allah sebelumnya Allah berfirman : Tidaklah Muhammad seorang bapak (bagi)salah seorang diantara kamu.3.

(Al-Maidah ayat 15) .Pada ayat yang lain mengatakan.sesungguhnya telah datang Rasul Kami menjelaskan kepadamu Bannyak dari isi Al-kitab yang kamu sembunyikan.dan telah Kuridhai islam menjadi agama bagimu (Al-Maidah ayat 3.) Firman Allah berikut mengatakan Hai ahli kitab.dan banyak pula yang dibiarka nnya .Sesungguhnya telah kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerang Kan.dan telah Kucukupkan ni matKu bagimu. Artinya : Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu.

Meyakini islam agama yang benar.Islam datang dengan membawa kebenaran yang bersifat absolut guna menjadi pedoman hidup dan kehidupan manusia selaras dengan fitrahnya.maka sekali-kali tidaklah akan diterima Dari adanya dan ia di akahirat termasuk orang-orang yang merugi (Ali-Imran ayat 85) .2.firman Allah dalam Al-qur an Sesungguhnya agama yang benar itu pada sisi Allah adalah Islam (Ali-Imran ayat 19) Barang siapa yang mencari agama selain Islam . y Islam adalah satu-satunya agama yang benar di sisi Allah.

y Islam agama yang universal serta berlaku untuk semua manusia dan mampu menjawab segala persoalan yang muncul dalam segala lapisan masyarakat sesuai dengan tuntutan budaya manusia firman Allah Dan tiadalah Kami utus kamu melainkan bersifat universal bagi semua manusia sebagai berita gembira dan peringatan .Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.Meyakini islam agama universal.(As-saba ayat 28) .3.

.ikatan dan perjanjian yang kokoh dan kuat. y Pengertian Aqidah.Kaitan antara aqdan dengan aqidatan adalah bahwa keyakinan itu tersimpul dan tertambat dengan kokoh dalam hati. Aqidah berasal dari kata Aqada-ya qidu-aqdan yang berarti simpul.Arti dan ruang lingkup Aqidah.Setelah terbentuk menjadi aqidatan (aqidah)bera rti kepercayaan atau keyakinan. Bersifat mengikat dan mengandung perjanjian.

y Menurut Hasan al-banna. Aqaid (bentuk jamak dari a qidah)adalah bebrapa perkara yang wajib diyakini kebenaran oleh hati.mendatangkan ketentraman jiwa.Aqidah secara terminologi.menjadi keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan. .

.Kebenaran itu dipatrikan. y Aqidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara mudah oleh manusia berdasarkan akal.dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.Menurut Abu Bakar Al-jazairi.wahyu (yang didengar)dan fitrah.

Setiap manusia memiliki fitrah untuk mengakui kebe naran dengan potensi yang dimilikinya.sedangkan wahyu menjadi pedoman untuk menentukan mana yang baik dan yang buruk. .hal penting yang harus diperhatikan dalam memahami aqidah lebih tepat dan jelas. y 1.Dalam beraqidah hendaknya manusia menempatkan fungsi masing-masing alat tersebut pada posisi yang sebenarnya.indra dan akal digunakan untuk mencari dan menguji kebenaran.

Sejalan dengan hal ini Allah Swt berfirman: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun dan Dia memberi kamu pendengaran.penglihatan dan hati agar kamu bersyukur (An-nahl ayat 78) .

Firman Allah berikutnya Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerang kan.Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridaanNya kejalan keselamatan . .(Al-Maidah ayat 15-16).dan dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizinNya dan menun juki mereka kejalan yang lurus.

.(Al-Haj ayat 54 ).2.Oleh karena itu untuk sampai kepada keyakinan.Firman Allah dalam Al-Qur an: Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu meyakini bahwasanya Al-qur an itu lah yang hak dari tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.manusia harus memiliki ilmu sehingga ia dapat menerima kebenaran dengan sepenuh hati setelah mengetahui dalil-dalilnya.Keyakinan itu harus bulat dan penuh. Suatu keyakinan tidak boleh berbaur dengan dengan kesamaran dan keraguan.

Untuk itu diperlukan keselara san antara keyakinan lahiriyah dan batiniyah.orang yang beriman .a arah ayat ) .3.Aqidah harus mendatangkan ketentraman. (Al.padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang. y Dengan keyakinan seseorang mampu mendatangkan ketentraman jiwanya.Sikap munafik ini akan mendatangkan kegelisahan Allah Swt berfirman : Diantara manusia ada yang mengatakan :kami beriman kepada Allah dan hari kemudian.Perten tangan antara keduanya akan melahirkan kemunafik an.

.mereka bermaksud riya( dengan shalat) dihadapan manusia.tidak masuk kepada golongan ini(orang-orang beriman ) Dan tidak pula kepada golongan itu (orang-orang kafir).Dan tidaklah mereka menyebut kecuali sedikit sekali.Barang siapa yang disesatkan Allah .maka kamu sekali-kali tidak akan mendapat jalan (untuk memberi petunjuk) baginya (An-Nisaa ayat 142-143).Firman Allah berikutnya Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka.mereka dalam keadaan ragu-ragu antara yang memekian (iman atau kafir ).Dan apabilah mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas.

Kesimpulan y Apabilah seseorang telah meyakini suatu kebenaran.4. maka konsekwensinya ia sanggup membuang jauh-jauh segala hal yang bertentangan dengan kebenaran yang diyakininya itu .

dsb.akhirat. .Ilahiyah yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan seperti wujud Allah 2. 4.mu jizat dsb 3.Ruhaniah yaitu pembahasan tentang alam metafisik seperti malaikat jin iblis setan dan ruh. seperti alam barzakh. y Menurut hasan Al-Banna yaitu 1.azab kubur.Sam iyah yaitu pembahasan sesuatu yang hanya bisa diketahui melalui sam i yakni dalil naqli berupa Alqur an dan sunnah .Nubuwwah yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan rasul termasuk kitab-kitab Allah.Ruang lingkup pembahasan aqidah.

Unsur pokok kedua y Syariah.Syariah adalah sistem nilai yang merupakan inti ajaran islam Syariah atau sistem nilai ditetapkan oleh Allah sendiri. .adalah berisi peraturan dan perundang- undangan yang mengatur aktivitas yang seharusnya dikerjakan manusia.Dalam kaitan ini Allah disebut syaari atau pencipta hukum.

niscaya ia telah dibe ri keputusan diantara mereka dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu (adalah)bagi Mereka azab yang pedih (Asy-syuura ayat 21) .Firman Allah swt dalam Al-qur an. Atau adakah bagi mereka sekutu-sekutu yang membuat peraturan untuk sebagai agama Yang tidak diizinkan Allah?dan sekiranya tidak karena kalimat takdir.

dan haji.karena sifatnya yang khas dan sudah ditentukan secara pasti oleh Allah dan dicontohkan secara rinci oleh Rasulullah Saw.seperti kewajiban shalat.Syariah yang mengatur hubungan manusia secara vertikal dengan Allah.Dalam konteks ini syariah berisikan ketentuan tata cara peribadatan manusia kepada Allah. .puasa.Hubungan manusia dengan Allah ini disebut ibadah mahdah atau ibadah khusus.zakat.Sistem nilai Islam secara umum meliputi dua bidang: 1.

y Horisontal adalah hubungan sesama manusia dan makhluk lainnya yang disebut muamalah.Bagi islam ibadah diwajibkan Allah atas hamba Nya bukan sekedar menjalankan ibadah secara formal belaka.Muamalah meliputi ketentuan perundangan yang mengatur segala aktivitas hidup manusia dalam pergaulan dengan sesamamnya dan dengan alam sekitarnya y Adanya sub sistem muamalah ini membuktikan bahwa islam tidak meninggalkan urusan dunia bahkan tidak pula melakukan pemisahan antara dunia dan akhirat.melainkan diperintahkan agar semua aktivitas hidup dijalankan manusia hendaknya bernilai ibadah.2.Syariah yang mengatur hubu ngan horisontal. .

.Sesuai dengan firman Allah Swt y Ajaran ini sesuai dengan konsep dasar islam tentang tujuan diciptakan manusia Dan tiadalah aku ciptakan jin dan manusia kecuali supaya beribadah kepada-Ku (Az-zaariyaat ayat 56) Hubungan horisontal ini disebut pula dengan istilah ibadah gairu mahdah atau ibadah umum karena sifatnya yang umum dimana Allah atau Rasul-Nya tidak memerinci macam dan jenis prilakunya tetapi hanya memberikan prinsipprinsip dasarnya saja.

y Akhlak merupakan komponen dasar islam yang ketiga yang berisi ajaran tentang tataprilaku atau sopan santun.Dalam pembahasan akhlak diatur mana prilaku yang tergolong baik dan prilaku buruk .Akhlak.3.

yaitu perbuatan baik dan buruk.Syariah melihat perbuatan manusia dari segi hukum.Sedangkan akhlak melihat perbuatan manusia dari segi nilai atau etika.sunat.makruh dan haram.yang berbeda diantara keduanya adalah obyek materia.mubah . .Pandangan syariah dan akhlak terhadap prilaku manusia Akhlak maupun syariah pada dasarnya prilaku manusia.yaitu wajib.

karena prilaku manusia merupakan obyek utama ajaran islam.Akhlak obyek utama ajaran islam y Akhlak yang sangat penting dalam ajaran islam.Rasul saw bersabda Tidaklah aku diutus melainkan menyempurnakan akhlak dan budi pekerti manusia .bahkan maksud diturunkannya agama adalah membimbing sikap dan prilaku manusia agar sesuai dengan fitrahnya. Agama menuntun agar memelihara dan mengembangkan kecenderungan mental yang bersih dan yang suci.

y Alhasil.yang berbeda antara keduanya adalah obyek materia.mubah.akhlak merupakan sistem etika islam. y Akhlak maupun syariah pada dasarnya membahas prilaku manusia.Syariah melihat perbuatan manusia dari segi hukum yaitu sunnah. .orang lain serta makhluk lainnya.sedangkan akhlak melihat perbuatan manusia dari segi nilai atau etika.perbuatan baik dan buruk.mulai sikap terhadap Allah swt .makruh dan haram.Akhlak adalah sistem etika islam.sebagai sistem yang memiliki spektrum yang luas.dirinya.

y Aqidah.sedangkan akhlak sebagai sistem etika menggambarkan arah dan tujuan yang hendak dicapai agama.Ketiga unsur tersebut dapat dibedakan namun tidak bisa dipisahkan.Hubungan antara aqidah. mengambarkan sumber dan hakikat dan keberadaan agama.syariah dan akhlak. y Aqidah sebagai sistem kepercayaan yang bermuatan elemen-elemen dasar keyakinan.syariah dan akhlak pada dasarnya merupakan kesatuan dalam ajaran islam.sementara syariah sebagai sistem nilai beisi peraturan yang menggambarkan fungsi agama. .

tetapi tidak dilandasi oleh aqidah atau keimanan.fasik dan munafik. y Munafik :Seseorang yang mengaku beriman dan melaksanakan syariah namun tidak dilandasi dengan iman yang benar . y Fasik:Seseorang yang mengaku beriman. y Kafir:seseorang yang melakukan perbuatan baik .Kategori orang kafir.maka orang itu disebut fasik.tetapi tidak mau melaksanakan syariah.maka orang itu termasuk kategori kafir.

y Perbuatan yang baik dan didorong oleh keimanan terhadap Allah sebagai wujud pelaksanaan syariah disebut amal shaleh karena dalam Al-qur an kata amal shaleh selalu diawali dengan kata iman Allah menjanjikan bagi orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan Amal shaleh menjadi pemimpin di bumi sebagaimana Ia telah telah menjadikan Orang-orang dari sebelum mereka sebagai pemimpin dan mengokohkan bagi mereka Agama Ia ridhai dan menggantikan mereka rasa takut dengan rasa tenang. (Surah An-nur ayat 55) .Perbuatan yang sesuai dengan keimanan terhadap Allah.Mereka Menyembah hanya kepadaKu mereka tidak menserikatkan Aku dengan sesuatupun Dan barang siapa yang ingkar setelah itu maka mereka itu adalah orang-orang fasik.

Sumber hukum islam. . y As-sunnah sebagai hukum islam yang kedua . y AL-Qur an sumber hukum islam utama dan pertama. y Ijtihad para ulama sumber hukum islam yang ketiga.

y Alqur an adalah sumber hukum islam yang pertamadisampaikan kepada Nabi muhammad saw diturunkan dalam bahasa arab dan secara autentik.Al-qur an.terhimpun dalam satu mushaf yang disebut Al-qur an dan merupakan kitab suci yang termasyhur dan sulit untuk menemukan satu definisi yang mencakup keseluruhan Al-qur an .

Dawud al-Attar. y Beliau mengatakan bahwa Al-qur an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad secara lafaz (lisan)ma na serta gaya bahasa (uslub)nya.yang termaktub dalam mushaf yang dinukil darinya secara mutawatir .Dr.

tidak ada satu katapun yang datang diturunkan ari perkataan atau pikiran Nabi y AL-qur an dalam bentuk lisan dengan ma na gaya bahasanya.Ma na khusus yang terkandung dari definisi tersebut. y Al-qur an sebagai wahyu Allah. .yaitu seluruh ayat-ayat Al-qur an adalah wahyu Allah.artinya isi maupun redaksi Al-qur an datang dari Allah sendiri.

y Al-qur an terhimpun dalam mushaf artinya Al-qur an tidak mencakup wahyu Allah kepada Nabi Muhammad dalam hukum-hukum yang kemudian disampaikan dalam bahasa Nabi sendiri y Al-qur an dinukil secara mutawatir.artinya Alqur an disampaikan kepada orang lain secara terus menerus oleh sekelompok orang yang tidak mungkin untuk berdusta karena banyaknya jumlah orang dan berbeda-beda tempat tinggal mereka. .

.penganiyayaan.sejarah turunnya Al-qur an.Intimidasi.pembunuhan merupakan bagian dari sejarah kelam kehidupan keagamaan mereka.Mereka yang telah memeluk islam menerima konsekwensi sosial yang memilukan.Dalam situasi seperti itu Al-qur an yang turun secara berangsur-angsur menjadi pelipur lara dan penyejuk hati mereka. y Al-qur an turun secara berangsur-angsur tenggang waktu lebih kurang waktu kurang lebih 23 tahun dalam sejarah kerinduan ummat manusia terhadap datangnya Al-qur an.

ayatnya pendek-pendek. 6236 ayat Ayat yang turun pada priode mekkah(ayat makiyah) sebanyak 4780 ayat yang tercakup dalam 86 surah.isinya banyak mengedepankan prinsip-prinsip kepercayaan dan kaidah umum syariah dan akhlak sedangkan ayat madaniyah menerangkan aspek syariah baik menyangkut peraturan tentang ibadah maupun muamalah dan akhlak. 114 surah. y y y y y . y Ayat yang turun pada priode madinah(ayat madaniyah)sebanyak 1456 ayat yang tercakup dalam 28 surah y Ayat-ayat makiyah pada umumnya mengandung nuansa sastra yang kental.Al-QUR AN Al-qur an terdiri dari: 30 juz.

Didalam nama ini terkandung isyarat perintah agar firman Allah itu ditulis Nabi serta mengandung prediksi bahwa Al-qur an akan menjadi mushaf abadi yang dibaca manusia.Wahyu Allah mempunyai nama lain selain Al-qur an. y Al-kitab berarti sesuatu yang ditulis (Ad-dukhan) Artinya : Demi kitab (Al-qur an )yang menjelaskan. .

Al-kalam. y Al-kalam berarti ucapan (At-taubah ayat 6) Artinya: y Ia sempat mendengar firman Allah y Nama ini menunjukan bahwa Al-qur an seluruhnya ucapan Allah.Dalam kaitan ini terkandung jaminan bahwa Allah itu suci dan lurus sebab datang dari yang Maha suci dan Maha benar .

y Az-zikra. (Al-hijir Ayat 9) Az-zikra berarti peringatn y aaaaaaas ARTINYA Seungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-qur an dan sesungguhnnya Kami benar benar memeliharanya atau menjaganya . Nama ini menunjukan fungsi Al-qur an selaku motivator amal agar manusia beramalbaik dan konsisten dengan kebajikan lantaran segala amal perbuatan manusia akan diminta petanggung jawaban kelak dihari pembalasan .

. dan Sesungguhnyayang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana . Sesungguhnya ini adalah kisah yang benar. dan danada Tuhan (yang berhak berhak disembah) selain Allah.Al-qur an menampilkan dua corak antagonistik fenomena masyarakat Yakni yang saleh dengan segala jmplikasi kedamaian dan yang sesat dengan ekses baha yanya.62.kenyataan ini membenarkan bahwa Al-qur an adalah kitab Sejarah tertua. dan esungguhnya Allah. SesungguhnyaS ini adalah kisah yang benar. Dialah yang Maha Perkasa lagi Al-qasas y Al-qasas berarti kisah-kisah (Ali Imran ayat 62) y Artinya: y y y Al-qur an membawa cerita nyata tentang masyarakat masa silam bahkan sejak kejadian Manusia pertama kali. tak tak ada Tuhan (yang disembah) selain Allah.ini sala satu metoda spesifik Al-qur an untuk menyampaikan pesan-pesan yang dibawanya supaya manusia mengambil pelajaran yang berharga dari kenyataan yang di alami masyarakat lain . M 62. Dialah Allah.

Artinya: Dialah yang telah menguts rasulNya dengan membawa petunjuk (Al-qur an) dan Agama yang benar untuk dimenangkanNya atas segala agama. y Al-huda berarti petunjuk sesuai dengan surah At- staubah ayat 33. Nama ini menunjukan fungsi Al-qur an selaku petunjuk yang hanya dengannya Manusia dapat mencapai keridaan Allah . .Al-huda.walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai.

Alfurqan berarti pemisah sesuai surah Al-furqan ayat 1.Al.Al-qur an mennyajikan norma dan Secara jelas . Penjelasan : Sebagai pedoman hidup dan kehidupan mansia. ARTINYA Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-fursqan (Al-qur an )kepada hambaNya Agar Dia menjadi pembeda.peringatan kepada seluruh alam.tegas dan tuntas terutama dalam soal kebaikan dan keburukan .furqan.

mengatakan : Artinya : Hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan bagi penyembuh penyakit-penyakit yang berada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman Dengan melihat ayat tersebut .Al-mauidzah. .namun secara umum gaya penyampaian Al-qur an amat halus .meskipun disana sini terdapat peringatan dan bahkan ancaman . y Al-mauidzah berarti nasihat dalam surah yunus ayat 57.semakin didekati semakin menjadi teman dialog dengan nasihat-nasihatnya yang menyejukan .

As-syifa.begitulah AL-Qur an yang dengan namanya ini memberi garansi bahdwa segala persoalan manusia dapat diselesaikan jika ia benar-benar menghayati Al-qur an dan mengamalkan secara konsisten. Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-qur an suatu yabg menjadi penawar dan rahmat bagi Orang-orang yang beriman dan Al-qur an tidaklah menambah kepada orang-orang Yang dzalim selain kerugian . . y Asy-syifa yang berarti obat atau penawar jiwa sesuai surah Al-isra ayat 82. Berdasarkan ayat diatas sesungguhnya akar prolematika manusia didalam dada nya Dan Al-qur an memberi solusi atas problematika manusia itu melalui akarnya Ia menembus dada manusia dan menghujam hatinya.

Artinya: Hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu (Muhammad dengan mu jizatnya ) dan telah kami turunkan cahaya terang benderang(Al-qur an) Penjelasan :Nama ini menunjukan fungsi Al-qur an sebagai wadah .ia gelap dengan kungkungan jasad luar Manusia dan semakin gelap lagi lantaran ulah perbuatan manusia. y An-nur berarti cahaya dalam surah An-nisa ayat 174.Sebutan cahaya Seolah mengilustrasikan bahwa Al-qur an ibarat cermin yang mewadahi sinar yang terPancar dari sang Maha pelita dan kemudian memancarkan cahaya nya kepada manusia .Al-qur an memantulkan cahaya Tuhan dan karenanya ia mampu menembus jasad manusia dan menyinari rongga dada sehingga kegelapan menjadi sirna.An-nur.Pantulan cahaya Al-qur an ini Jika manusia itu sendiri sanggup merespon Al-qur an dengan baik .Hati manusia berada dalam rongga dada.

ketika pemberian itu diterima.orang yang beriman.Ar-rahmah y Ar-rahmah yang berarti karunia (dalam surah An- naml ayat 77) mengatakan Artinya: Dan sesunguhnya al-qur an itu benar benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang.dijalani dan dikembangkan dengan landasan Al-qur an . penjelasan : Segala pemberian Tuhan akan menjadi rahmat didunia dan diakhirat .

Pokok keyakinan atau keimanan terhadap Allah.dari pokok-pokok ini yang terkandung dalam Alqur an ini lahir teologi atau ilmu kalam.Al-qur an sebagai sumber nilai mengandung pokok-pokok ajaran: 1.Pokok-pokok peraturan atau hukum.antar manusia dan hubungan manusia dengan alam yang melahirkan syariat hukum atau ilmu fighi. 3. 2.yaitu garis-garis besar aturan tentang hubungan dengan Allah.Pokok-pokokaturan tingkah laku atau nilai-nilai dasar etika.malaikat. .kitab-kitab.rasul-rasul dan hari akhir.

seperti adanya jin. 6.kiamat.Petunjuk dasar tanda-tanda alam yang menunjukan eksistensi dan kebesaran Tuhan sebagai pencipta.surga.rasul dan umat terdahulu.Kisah-kisah para Nabi.4. 5.Informasi tentang alam gaib. .Petunjuk dasr ini merupakan isyarat-isyarat ilmiah yang melahirkan ilmu pengetahuan.dan neraka.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful