KARAKTERISTIK KARTU YANG DITERBITKAN PERBANKAN

: : Karakteristik Kartu Kredit : : Tampak Depan

: : Tampak Belakang

DETAIL FITUR KARTU KREDIT DENGAN CHIP Tampak Depan : 1. 2. Chip pada kartu kredit yang selalu diletakkan di bagian depan sisi kartu, chip ini telah ditambahkan berbagai aplikasi yang dapat mengenkripsi data sehingga data dapat tersimpan lebih aman. Nomor kartu yang terdiri atas 16 digit.

3. MEKANISME PENGGUNAAN KARTU KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN CHIP Mekanisme Penggunaan Kartu Kredit dengan menggunakan chip tidak banyak mengalami perubahan dengan mekanisme sebelumnya. Setelah proses verifikasi selesai. Nama / Logo penerbit kartu kredit. jika dalam bertransaksi kartu kredit Anda masih menggunakan mekanisme yang lama yaitu digesek. transaksi tidak lagi digesek tapi di-dip. kartu mengalami proses enkripsi terlebih dahulu sebelum akhirnya secara online di-link-an dan di verifikasi dengan penerbit kartu kredit yang dipakai. itu berarti kartu kredit dan mesin EDC belum menggunakan Chip. (***) . Masa berlaku kartu kredit. Ketika bertransaksi. 5. Tampak Belakang : 1. Alamat Bank penerbit kartu kredit. hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kartu kredit chip adalah: 1. 2. Signature panel adalah tempat pembubuhan tanda tangan pemilik kartu pada kartu kredit yang dimiliki. Nama penerbit kartu kredit. mesin EDC yang telah dilengkapi chip akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi. Nomor verifikasi yang terdiri atas tiga digit. 5. Yang perlu diingat adalah. 4. 3. Mekanisme yang sama mudahnya dengan teknologi sebelumnya yang dikenal dengan magnetic stripe. Magnetic stripe yang masih dapat digunakan jika kartu kredit tersebut digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. 2. 3. 4. Pada saat di-dip. Segera minta penggantian kartu Anda kepada penerbit kartu yang tertera pada kartu kredit Anda. Kartu kredit yang Anda serahkan ke kasir akan diproses dengan cara memasukkan kartu ke dalam mesin EDC yang telah dilengkapi chip atau dikenal dengan istilah di-dip. Transaksi selesai. Nama pemegang kartu. Logo Jaringan Kartu kredit. 6.

KHARAKTERISTIK CEK YANG DITERBITKAN PERBANKAN ** Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran contoh Cek dalam Ketentuan SE Warkat No 8/35/DASP tgl 22 Des 2006 perihal Warkat Debet dan Dokumen Kliring serta Percetakannya pada Perusahaan Percetakan Warkat dan Dokumen Kliring (PPWDK) dalam Penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional. SE Warkat ini mencabut SE sebelumnya tahun 2004 perihal yang sama .

KHARAKTERISTIK BILYET GIRO YANG DITERBITKAN PERBANKAN ** Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran contoh BG dalam Ketentuan SE Warkat No 8/35/DASP tgl 22 Des 2006 perihal Warkat Debet dan Dokumen Kliring serta Percetakannya pada Perusahaan Percetakan Warkat dan Dokumen Kliring (PPWDK) dalam Penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional. SE Warkat ini mencabut SE sebelumnya tahun 2004 perihal yang sama .

SE Warkat ini mencabut SE sebelumnya tahun 2004 perihal yang sama.KHARAKTERISTIK NOTA DEBET YANG DITERBITKAN PERBANKAN ** Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran contoh Nota Debet dalam Ketentuan SE Warkat No 8/35/DASP tgl 22 Des 2006 perihal Warkat Debet dan Dokumen Kliring serta Percetakannya pada Perusahaan Percetakan Warkat dan Dokumen Kliring (PPWDK) dalam Penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional. .

PERBEDAAN CEK & BG • BG – Atas nama – Non tunai – Alat pembindahbukuan – Ada 2 tanggal • CEK – Atas nama / atau unjuk – Tunai Alat pembayaran / penukar – Hanya 1 tanggal .

. tetapi belum dimasukkan kerekening bank yang bersangkutan disertai jumlahnya. Sedangkan untuk rekening cara mencocokkanya adalah: a. Buatlah daftar mengenai cek-cek yang telah dikeluarkan. Cocokkan uang yang telah diambil atau dikeluarkan dengan potonganpotongan cek (struk) yang bersisa pada buku cek. Dapat diuangkan langsung secara tunai Pembayaran oleh bank dapat dilakukan atas unjuk (dapat di endosir) Dikenakan biaya materai Dikenal adanya cek mundur Tudak dapat diuangkan pada bank yang bersangkutan sebelum di beri tanggal penerbitanya.a. Yag perlu diperhatikan dalam mencocokkan posisi keuangan dalam rekening koran giro adalah: o o o o Jumlah saldo pada permulaan periode yang bersangkutan Penyetoran dan pengambilan uang Biaya-biaya jasa yang harus ditanggung nasabah Saldo terakhir. 4. b.Cek: o o o o o o Merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank untuk membayar dengan uang tunai kepada orang yang ditunjuk atau penbawa cek tersebut. b. Jumlah tersebut di kurangkan dengan saldo bank pada rekening tersebut. Mencocokkan rekening koran dan giro Secara berkala bank mengirimkan rekening koran giro kepada nasabah untuk mencocokkan atau mengecek kebenaran uang nasabah yang ada dibank di mana nasabah membuka rekening koran. jika tanggal efektif tersebut lebih awal dari tanggal penerbitanya Tidak dikenakan baya materai. Bilyet giro: o o o o o o Bilyet giro merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank untuk memindahka dananya kepada orang yang di tunjuk dan mempunyai rekening yang jelas pada bank tertentu Tidak dapat diuangkan langsung secara tunai Pemindah bukuan yang dilakukan oleh bank hanya dapat dilakka atas nama (tidak dapat diendosir) Tercantum tanggal penerbitan dan tanggal efektif Bilyet giro dapat diserahkan bank sebelum tanggal efektif.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.