P. 1
Tugas I Penulisan Karya Ilmiah (6 Mei)

Tugas I Penulisan Karya Ilmiah (6 Mei)

|Views: 28|Likes:
Published by bluebellsday

More info:

Published by: bluebellsday on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2011

pdf

text

original

PENDAPAT ATAS ARTIKEL “MENANTI SURAT IZIN ISTANA” (13/4/2011

)

Korupsi seolah telah menjadi hal yang biasa dilakukan di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir dalam setiap kegiatan terutama yang berhubungan dengan birokrasi, banyak terjadi praktek yang dapat dikategorikan ke dalam perbuatan tindak pidana korupsi. Korupsi yang merajalela ini telah mencapai tahap mengganggu jalannya pemerintahan dan juga perekonomian Indonesia. Dalam praktek yang terjadi saat ini, terdapat indikasi adanya upaya dan alasan untuk menghambat penyidikan, penyelidikan dan penuntutan terhadap dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah. Hal itu dilakukan antara lain dengan menggunakan alasan tidak adanya izin Presiden dalam melakukan upaya penyidikan, penyelidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah. Undang-undang tentang Pemerintahan Daerah memang mensyaratkan adanya izin dari Presiden sebelum penyidik dan penyelidik melakukan penyidikan dan penyelidikan terhadap tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan oleh Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah. Alasan ini tidak dapat dibenarkan karena Pasal 36 ayat (2) Undang-U Pemerintahan Daerah telah menentukan dalam hal izin Presiden tidak diberikan dalam waktu 60 hari sejak permohonan diterima oleh presiden, maka penyidikan dan penyelidikan terhadap tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan oleh Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah dapat langsung dilakukan. Hal tersebut lebih ditegaskan lagi oleh Mahkamah Agung dalam Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2009 tentang Petunjuk Izin Penyidikan Terhadap Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dan Anggota DPRD, bahwa izin dari Presiden tidak relevan lagi apabila dalam waktu 60 hari sejak surat permohonan penyidikan dan penyelidikan dikirimkan kepada Presiden, tidak ada jawaban/tanggapan dari Presiden atas permohonan tersebut. Peraturan permintaan izin kepada Presiden atas penyidikan dan penyelidikan yang akan dilakukan atas dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah diperlukan karena tugas pemerintahan negara termasuk pemerintahan daerah secara vertikal merupakan tanggung jawab Presiden, yang secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap jalannya pemerintahan di daerah wilayah kerja Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah yang bersangkutan, dan berdampak buruk bagi kepentingan masyarakat daerah tersebut.

KPK juga diharapkan dapat menjadi lembaga independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun. ---. karena itu KPK diberikan kewenangan penyidikan. seharusnya KPK dapat berperan aktif mengambilalih penanganan kasus-kasus tersebut sesuai kewenangan dan tujuannya dalam memberantas korupsi di Indonesia. Keberhasilan pemberantasan korupsi hanya dapat dilakukan dengan adanya keinginan yang kuat dari semua pihak dan dengan kecepatan penanganan serta upaya penyelesaian setiap kasus dugaan korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibentuk karena adanya ketidakpercayaan kepada Kepolisian yang memiliki kewenangan penyidikan dan penyelidikan serta Kejaksaan yang memiliki kewenangan penuntutan dalam menangani dan memberantas tindak pidana korupsi. penyelidikan dan penuntutan dalam tugasnya untuk melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi.000 ---- . Presiden perlu mengantisipasi timbulnya kendala untuk kelangsungan pemerintahan di wilayah tersebut apabila masalah-masalah korupsi yang terjadi tidak dapat diselesaikan dengan segera. Dengan demikian bila terjadi kendala dalam upaya penanganan kasus-kasus korupsi.Oleh karena kepentingan masyarakat merupakan kepentingan yang utama. Seperti diketahui bersama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->