P. 1
Pemanfaatan Komputer Dalam Bidang Industri, Pemerintahan Dan Militer

Pemanfaatan Komputer Dalam Bidang Industri, Pemerintahan Dan Militer

|Views: 3,704|Likes:
Published by AndikaSulaiman

More info:

Published by: AndikaSulaiman on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

Kelompok III

Triana Agustin Andika Sulaiman Imam Irawan

: : :

200843500654 200843500698 200843500662

Manfaat Komputer Dalam Bidang Pemerintahan, Perindustrian dan Kemiliteran Terdapat berbagai opini dan argumen mengenai berbagai dampak dalam pemanfaatan komputer diberbagai bidang dimasyarakat walau pemanfaatan tersebut memberikan berbagai dampak positif tetapi tidak dipungkiri bahwa dampak negatif pun hadir dengan berjalannya pemanfaatan yang tidak diseimbangkan dengan efektifitas dan efisiensi penggunaanya.

Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Beberapa contoh bidang pekerjaan yang juga mulai berpengaruh, misalnya: 1). Penyiapan surat-menyurat sampai penyimpanan arsipnya di kantor. 2). Bidang animasi untuk membantu pembuatan film kartun dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan dalam bidang grafika komputer dan pengolahan cintra. 3). Membnatu pemakai dalam menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang di perpustakaan.

4). Dukungan layanan Admintrasi di rumah sakit seperti data pasien. 5). Pemesanan tiket pesawat terbang. 6). Adminitrasi negara seperti Adminitrasi data kepegawaian dan kepepndudukan. 7). Pengendalian proses produksi di bidang industri pada negara maju dengan memanfaatkan kemampuan & ketetlitian komputer yang tinggi.

Manfaat Komputer
A. BIDANG INDUSTRI Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.

Di bidang industri, komputer digunakan untuk : 1. Mengendalikanmesin-mesinproduksi dengankecepatantinggi. 2. Bidang industri otomotif berfungsi untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan & ketelitian yang tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.

3. Bidang industri perfilman Semua efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. 4. Bidang industri rekaman Untuk dapat menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam & modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun dibantu dengan sistem komputer.

Kerugian yang dapat muncul dari teknologi komputer ini : 1. Mudahnya terjadi cyber crime terhadap jaringan pada sebuah industri 2. Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan, yang dapat menimbulkan kerugian finansial yang besar

Keuntungan dari penggunaan teknologi komputer : 1. Industri yang telah mampu melakukan e-commerce dapat mempermudah transaksitraansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan 2. Mudahnya melakukan pemasangan iklan produk sebuah hasil industri

B. BIDANG PEMERINTAHAN Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT ini. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya terdiri dari beberapa segi.

Manfaat dalam Bidang Pemerintahan . E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Pada intinya target dari pemanfaatan e-government yaitu peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

Keuntungan : 1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. 2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri. 3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

Kerugian : Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

C. BIDANG MILITER Organisasi Militer menempatkan Teknologi Informasi & Komputer sebagai salah satu senjata yang mendukungkekuatan dan persatuan organisasi. Hal ini sejalan dengan kekhasan organisasi Militer yang selalu menuntut kecepatan dan ketepatan informasi sebelum mengambil sebuah keputusan .

Di bidang Militer komputer digunakan untuk : 1. Penerapan komputer digunakan untuk mengendalikan senjata dan peluru kendali. 2. Operasi persandian dan pengirimannya. 3. Untuk simulasi perang 4. Navigasi alat-alat perang serperti pesawat, tank dan kapal ±termasuk kapal selam untuk militer.

1. Pelatihan Komputer digunakan untuk mensimulasi perilaku dari pesawat, kendaraan dan system senjata untuk memberikan praktik kepada para trainee (orang yang dilatih), dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Komputer dapat merekan kinerja trainee dan menampilkannya kembali sehingga trainee dapat mengamati perilaku mereka sendiri dan belajar dari perilaku tersebut. Banyak orang militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam hal penggunaan amunisi, tetapi simulasi sangat realistis sehingga mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik.

2. Senjata canggih Komputer digunakan untuk mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara, kendaraan perang, atau senjata pemandu dapat diperlengkapi dengan penerima Global Positioning System (GPS), yang mengidentifikasi lokasi eksak dari posisi teman atau lawan.

kesimpulan
Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen- elemen komputer (Hardware, software, brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

SEKIAN TERIMA KAISH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->