ARTI ADIL DALAM ISLAM Adil sering diartikan sebagai sikap moderat, obyektif terhadap orang lain dalam

memberikan hukum, sering diartikan pula dengan persamaan dan keseimbangan dalam memberikan hak orang lain., tanpa ada yang dilebihkan atau dikurangi. Seperti yang dijelaskan Al Qur’an dalam surah Ar Rahman/55:7-9 “ Dan Allah telah meninggikan langit-langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan) suapaya kamu jangan melampaui batas neraca itu. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu”

DISTRIBUSI KEADILAN Islam mewajibkan ummatnya berlaku adil dalam semua urusan. Al Qur’an mendistribusikan kewajiban sikap adil dalam beberapa hal seperti : 1. Menetapkan hukum “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.” QS.4:58 2. Memberikan hak orang lain. “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berbuat adil dan berbuat kebajikan..” QS. 16:90 3. Dalam berbicara “Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabatmu.”QS. 6:152 4. Dalam kesaksian “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatnu. QS. 4:135 5. Dalam pencatatan hutang piutang “Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar..”QS 2:282 6. Dalam Mendamaikan perselisihan “…maka damaikan antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah..”QS. 49:9 7. Menghadapi orang yang tidak disukai

mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Imam As Syafi’iy menegaskan kepada para qadli (hakim) agar bersikap adil dalam lima hal terhadap dua orang yang berselisih. 10. Menghadapkan wajah kepadanya. 5:8 8. Allah ridha terhadapNya[10] Itulah keberuntungan yang paling besar". alam kehidupan seserorang ada beberapa hal yang harus menampilkan sikap ridha. ×M»¨Yy_ “Ì ヘ øgrB `ÏB $ygÏFøtrB ã ヘ»yg÷RF{$# tûïÏ$Î#»yz !$pkŽÏù #Y‰t/r& 4 zÓÅ̧‘ ª!$# öNåk÷]tã (#qàÊu‘ur çm÷Ztã 4 y7Ï9ºsŒ ã—öqxÿø9$# ãLìÏàyèø9$# ÇÊÊÒÈ Artinya:”Allah berfirman: "Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka.t. Banyak ayat Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa Allah SWT ridho terhadap kebaikan hambanya. Saat duduk di hadapannya. maka dendanya ialah mengganti dengan binatang ternak seimbang dengan buruan yang dibunuhnya.(QS. 5:95 9. berupa ketentuan yang diberikan kepada manusia. suka.[9] Allah swt berfirman: tA$s% ª!$# #x‹»yd ãPöqtƒ ßìxÿZtƒ tûüÏ%ω»¢Á9$# öNßgè%ô‰Ï¹ 4 öNçlm. mereka kekal di dalamnya selamalamanya. minimal empat macam berikut ini: . suka. Kata Ridho berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata rodiya yang berarti senang.QS. 3. Memutuskan hukum.[6] Ridha (‫ ) رضى‬menurut kamus al-Munawwir artinya senang. Ketika masuk pintu. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa.w. Al-Maidah:119) Jadi ridho adalah perilaku terpuji menerima dengan senang apa yang telah diberikan Allah kepadanya.w. rela. Dsb.[8] Pengertian ridha juga ialah menerima dengan senang segala apa yang diberikan oleh Allah s. rela. Mendengarkan pembicaraannya. baik berupa peraturan ( hukum ) atau pun qada’ atau sesuatu ketentuan dari Allah s. 2. Pemberian balasan “…dan barang siapa diantara kamu membunuhnya dengan sengaja. yaitu : 1. 5.t. bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. menurut putusan dua orang yang adil di antara kamu …QS. Ridho merupakan sifat yang terpuji yang harus dimiliki oleh manusia.[7] َِ Dan bisa diartikan Ridho/rela adalah nuansa hati kita dalam merespon semua pemberian-NYA yang setiap saat selalu ita rasakan. 4.“Dan janganlah sekali-kali kebencianmu pada suatu kaum.

karena keridhaan Allah tergantung pada keridhaan orang tua. karena dengan sikap demikian. Ulil Amri artinya orang-orang yang diberi kewenangan. anNisa:59. c. 1. Ridha terhadap taqdir Allah. Dengan demikian mempersiapkan diri menjadi kader bangsa yang tangguh. mempersyaratkan adanya keridhaan orang tua. sebagaimana firman Allah yang terdapat dalam Q. dapat diartikan sebagai pernyataan ridha terhadap semua nilai dan syari’ah Islam. Ridha terhadap peraturan dan undang-undang Negara Mentaati peraturan yang belaku merupakan bagian dari ajaran Islam dan merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah swt.S.S. dan murka Allah tergantung murka orang tua”. Ridha terhadap perintah dan larangan Allah Artinya ridha untuk mentaati Allah dan Rasulnya. seperti ulama dan umara (Ulama dan pemerintah). 1. sebagaiman perintah Allah dalam Q. sedangkan sabar adalah keharusan dan kemestian yang perlu dilakukan oleh seorang muslim. 1. Perbedaan antara sabar dan ridha adalah sabar merupakan perilaku menahan nafsu dan mengekangnya dari kebencian. guru dan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalil tentang Ridho . 3. Pada hakekatnya seseorang yang telah mengucapkan dua kalimat syahadat. Begitulah tingginya nilai ridha orang tua dalam kehidupan kita. Ulama dengan fatwa dan nasehatnya sedangkan umara dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Ridha merupakan keutamaan yang dianjurkan. Bahkan Rasulullah bersabda : “Keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua. dan semakin mengasyikkan dirinya untuk bermusyahadah kepada Allah. Luqman (31) ayat 14. berarti membantu diri sendiri. 1. walaupun beliau ahli ibadah. karena dengan demikian akan menjamin keteraturan dan ketertiban sosial. ia mendapat murka Allah karena ibunya tersinggung ketika ia tidak menghiraukan panggilan ibunya. Termasuk dalam ridha terhadap peraturan dan undang-undang negara adalah ridha terhadap peraturan sekolah. Sebab didalam hatinya selalu tertanam sangkaan baik (Husnuzan) terhadap sang Khaliq bagi orang yang ridha ujian adalah pembangkit semangat untuk semakin dekat kepada Allah. sekalipun menyakitkan dan mengharap akan segera berlalunya musibah. Ada dua sikap utama bagi seseorang ketika dia tertimpa sesuatu yang tidak diinginkan yaitu ridha dan sabar. Sedangkan ridha adalah kelapangan jiwa dalam menerima taqdir Allah swt. 4.1. Ridha terhadap perintah orang tua. 1. Dan menjadikan ridha sendiri sebagai penawarnya. Ridha terhadap perintah orang tua merupakan salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah swt. sehingga untuk mendapatkan keridhaan dari Allah. 2. Ingatlah kisah Juraij. orang tua.

• Adil o o o o Menjauhi dari sikap egois ketika menentukan dua perkara Mendahulukan kebaikan daripada kejelekan orang Bersikap objktif jiak melihat dua perkara yang berbeda Ridho  Apabila tertimpa musibah. tidak akan tampak di akhirat derajat yang tertinggi daripada orang-orang yang senantiasa ridha kepada Allah swt. anggap saja itu adalah cobaan yang Allah berikan  Mentaati perintah orang tua sekecil apapun  Mentaati peraturan yang diatur oleh pemerintah demi kemashalatan masyarakatnya  Menerima semua nikmat yang Allah berikan • Rela berkorban . ridho. Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya. hingga ulama salaf mengatakan. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah. d. maka Ali bertanya . 1. dan terhapus amalnya”. Contoh Perilaku Ridho Δ Dalam suatu kisah Abu Darda’. Δ Dalam riwayat dikisahkan sebagai berikut . dua orang anakku terbunuh dan mataku tercongkel dalam pertempuran”. Ady menjawab .” (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka). At-Taubah:59) 1. “Bagaimana aku tidak bersedih hati. maka dia senang jika taqdirnya itu diterima dengan rela atau ridha.öqs9ur óOßg¯Rr& (#qàÊu‘ !$tB ÞOßg9s?#uä ª!$# ¼ã&è!qß™u‘ur (#qä9$s%ur $uZç6ó¡ym ª!$# $oYŠÏ?÷sã‹y™ ª!$# `ÏB ¾Ï&Î#ôÒsù ÿ¼ã&è!qß™u‘ur !$¯RÎ) ’n<Î) «!$# šcqç6Ïîºu‘ ÇÎÒÈ Artinya:”Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan RasulNya kepada mereka. “Wahai Ady. dan barang siapa tidak ridha terhadap taqdirNya maka hal itupun tetap berlaku atasnya. melihat Ady bin Hatim bermuram durja. yang salah satu anggota keluarganya meninggal dunia. barang siapa ridha terhadap taqdir Allah swt. Keluarga itu ridha dan tabah serta memuji Allah swt. dalam situasi apapun. pernah melayat pada sebuah keluarga.a. Cara menumbuhkan perilaku adil. pada suatu hari Ali bin Abi Thalib r. dan berkata: “Cukuplah Allah bagi kami. kemudian berkata. maka taqdir itu tetap berlaku atasnya dan dia mendapatkan pahalaNya. Begitu tingginya keutamaan ridha. apabila memutuskan suatu perkara. Ali terdiam haru. Maka Abu Darda’ berkata kepada mereka. sesungguhnya Allah swt. “Mengapa engkau tampak bersedih hati ?”. “Engkau benar.(QS.

berusaha menghilangkan persengketaan. jangan membiarkan persengkataan atau perselisihan itu berlarut-larut. Allah melarang kita saling membelakangi. Setiap muslim wajib berusaha membangun kukuhnya persatuan dan kesatuan demi tegaknya agama. masyarakat.o o o o o Selalu peduli dan memperhatikan kepentingan umum. kita mesti berbuat. tetapi juga memberi petunjuk bagaimana menyusun suatu masyarakat agar tiap-tiap anggotanya dapat hidup rukun. Dapat menenangkan pikiran atau batin 2.[13] 6) Hikmah Hikmah perilaku adil. Gemar memberikan pertolongan kepada sesama Penyantun dan penyayang terhadap orang lain atau lingkungan. Suka memberikan contoh dan pembinaan yang baik kepada sesama. Dari penjelasan ayat diatas diperoleh kesimpulan bahwa usaha umat Islam terutama para pemuka (ulama/hakim/pejabat) supaya memperbaiki hubungan antara seseorang dengan seseorang yang lain atau kelompok. Menjauhi sifat angkuh. bukan hanya membimnbing manusia mengenal tuhan dan tata cara beribadah kepadanya. ridho. bangsa dan negara. Para umat tidak boleh berdiam diri asal badan sendiri selamat. egois. yakni masing-masing hendakalah bertakwa. suka mencari kesalahan . aman dan nyaman. Menciptakan suasana damai dengan masyarakat Pengertian Persatuan Pengertian Persatuan ialah ikatan yang terjadi antara dua orang lebih yang mereka melakukan tidak yang sama dalam hal terjadinya peristiwa tertentu. Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan kesejahteraan bersama dengan cara yang bijaksana dan seadil-adilnya menurut ketentuan Allah SWT. Bila seseorang suatu bangsa maka rakyatnya akan bersatu membela bangssanya. Perilaku terpuji bagi setiap individu muslim haruslah sesuai dengan prinsip-prinsip agama. golongan dengan golongan atau dengan seseorang secara nyata. Dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT 3. hedonis dan matrialistis. beberapa hikmah dari ketiga perilaku terpuji di atas adalah: 1. Agama islan adalah agama yang smepurna ajaranajarannya. dan menghidupkan tali persaudaraan antara orang-orang yang bersengketa itu. bangsa dan negara selain dari kepentingan pribadi.

tolong menolong. bantu mambantu dengan manaati Allah dan rasulnya disetiap keadaan. Selanjutnya dalam usaha memperjuangkan kebajikan dan amal. Lebih-lebih para anak muda yang sedang mencari jati dirinya. Lihat Al-Qur’an online di google Aritnya : “Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. baik perorangan maupun kelompok adalah hal yang wajar. Unsur penting perekat persatuan dan kesatuan umat ialah takwa.orang lain. masih sebangsa dan sering pula malah seiman.a) Hadis tersebut memberi penjelasan bahwa menjaga persatuan dan kesatuan itu mutlak diperlukan. dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman. saling melengkapi sesuai dengan kemampuan disiplin ilmu yang dikuasainya. baik dari guru maupun pemuka masyarakat agar masalah yang timbul tidak berlarut-larut. Wahai Rasululah. Engkau harus melarangnya dari kezaliman itulah cara menolongnya. Dengan begitu. Sahabat Anas bin Malik meriwayatkan sebuah hadis yang artinya : “Tolonglah saudaramu dalam keadaan menganiaya atau dianiaya. Hal yang demikian pernah menghinggapi sebagian sahabat nabi seusai perang badar. Sikap demikian amat berbahaya jika bersemayam di dada seorang muslim.” (HR Anas r. karena dapat merusak keikhlasan beramal. memperbaiki hubungan sesama muslim. persaingan anatar individu atau kelompok sulit dihindari sehingga tidak jarang berakhir dengan baku hantam. janganlah merasa bahwa diri dan kelompoknyalah yang pantas memperoleh bagian dan fasilitas yang lebih dari yang lain. Bagaimana caranya menolong yang zalim?. oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu.” (QS Al Anfal :1) Ayat diatas memberi dorongan kepada kaum muslimin agar siap memikul tanggung jawab berat melaksanakan dakwah islamiyah secara terpadu. kemudian oleh Allah dengan firmannya. jelas hanya akan merugikan diri dan bangsa kita sendiri. PENGERTIAN . iri dan dengki lebih-lebih berbuat aniaya yang dapat menimbulkan perselisihan diantara sesama. hasud. Terjadinya perbedaan pendapat. Dengan kondisi yang demikian. Perlu disadari bahwa mereka yang terlibat perselisihan pada umumnya adalah teman kita sendiri. Maka penyelesaian dengan jalan kekerasan. Saya bertanya. yang ini saya menolongnya karena teraniaya. karena setiap pribadi memang dianugrahi oelh Allah kemampuan berkreasi dan penalaran yang berbeda-beda. hal-hal yang menyebabkan terjadinya persengketaan hendaknya dihindari. hendaklah segera dibentuk juru damai. Katakanlah: “Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul.

walaupun berbeda agama. Dan kamu bukanlah penyembah Tuhanyang aku sembah. bukan dalam bidang aqidah Islamiyah (keimanan). tidak bertengkar. “Hai orangorang kafir! “. Setiap umat beragama di beri kesempatan melakukan ibadah sesuai dengan keimanan dan kepercayaan masing-masing. Rukun dalam arti adjektiva adalah baik atau damai. dalam Surat Al-Kafirun ( 109) ayat 1 – 6 sebagai berikut: Artinya : “Katakanlah. Aku tidak menyembah apa yang kamu sembah. tetapi hendaklah kembali kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Pada saat itu rasul dan kaum muslim hidup berdampingan dengan masyarakat Madinah yang berbeda agama (Yahudi dan Nasrani). Sehingga yang di maksud dengan toleransi ialah kerukunan sosial kemasyarakatan. kerukunan sosial kemasyarakatan telah ditampakkan pada masyarakat Madinah. karena aqidah telah digariskan secara jelas dan tegas di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. yaitu Islam. Konflik yang terjadi kemudian disebabkan adanya penghianatan dari orang bukan Islam (Yahudi) yang melakukan persekongkolan untuk menghancurkan umat Islam. Kerukunan hidup di Indonesia tidak termasuk aqidah atau keimanan menurut ajaran agama yang dianut oleh warga negara Indonesia. Dan aku bukan penyembah apayang biasa kamu sembah. Dalam sejarah kehidupan Rasulullah SAW. Kerukunan hidup umat beragama di Indonesia adalah program pemerintah sesuai dengan GBHN tahun 1999 dan Propenas 2000 tentang sasaran pembangunan bidang agama. seperti rukun Islam. Katolik. Pengertian Kerukunan Menurut Islam Kerukunan dalam Islam diberi istilah “tasamuh ” atau toleransi. Apabila terjadi perbedaan pendapat antara anggota masyarakat (muslim) tidak perlu menimbulkan perpecahan umat. Kerukunan hidup umat beragama artinya hidup dalam suasana damai. B.“Rukun” dari Bahasa Arab “ruknun” artinya asas-asas atau dasar.. Kristen Protestan. . meskipun dalam pergaulan sosial dan kemasyarakatan Islam sangat menekankan prinsip toleransi atau kerukunan antar umat beragama. Dan tiada (pula) kamu menyembah Tuhanyang aku sembah. Bagimu agamamu dan bagiku agamaku”. Sikap sinkritisme dalam agama yang menganggap bahwa semua agama adalah benar tidak sesuai dan tidak relevan dengan keimanan seseorang muslim dan tidak relevan dengan pemikiran yang logis. Dalam bidang aqidah atau keimanan seorang muslim hendaknya meyakini bahwa Islam adalah satusatunya agama dan keyakinan yang dianutnya sesuai dengan firman Allah SWT. Hindu dan Budha.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful