P. 1
BUDIDAYA TANAMAN KAKAO 3

BUDIDAYA TANAMAN KAKAO 3

|Views: 120|Likes:
Published by marwanard

More info:

Published by: marwanard on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

PENGOLAHAN BUAH KAKAO PENGOLAHAN BUAH KAKAO

PENGOLAHAN BUAH KAKAO

Buah kakao masak (jumlah biji 20 - 60 biji/buah) dapat dilihat dengan perubahan warna buah, tingkat kematangan:  tingkat kematangan C, yaitu jika alur buah sudah berwarna kuning,  tingkat kematangan B, yaitu jika alur dan punggung buah berubah kuning, dan  tingkat kematangan A atau A+, yaitu jika seluruh permukaan buah sudah berwarna kuning atau kuning tua Panen buah kakao: dipetik dengan menggunakan pisau atau gunting tanaman. Pada umumnya petani sudah memanen buah kakao jika tingkat kematangannya sekurang-kurangnya sudah B, untuk menghindari dari pencurian buah kakao di lokasi kebun.

Buah-buah hasil panen dikumpulkan di suatu tempat menunggu untuk dipecahkan. Kegiatan tersebut dikenal dengan pemeraman buah. Buah yang sudah terkumpul kemudian dipecahkan dengan alat pemukul yang terbuat dari kayu. Bila kulit telah terbagi dua, kulit bagian ujung dibuang dan tangan kanan menarik biji dari placenta. Pengeringan biji untuk menurnkan kadar air biji dari 60% sampai pada kondisi dimana kandungan air dalam biji tidak dapat menurunkan kualitas biji dan biji tidak dapat ditumbuhi jamur. Pengeringan dengan sinar matahari sampai kadar air 7 - 8% diperlukan waktu 2 - 3 hari, tergantung dari kondisi cuaca dan intensitas sinar matahari.

Pengolahan biji kakao memiliki prospek serta nilai jual yang tinggi, dengan memanfaatkan produk alternatif yang mampu mengantisipasi aspek akan kehilangan / penurunan hasil produksi / panen buah / biji kakao.

Biji basah aja laku… Biji kakao kering lebih mahal…

Buah Kakao Matang Siap Panen

Panen Buah Kakao

Pengumpulan Buah Kakao Hasil Panen

Pemecahan Buah Kakao

Tanpa Fermentasi

Penjemuran Biji Kakao Tanpa Sortasi Pengarungan Biji Kakao Kering

Alur Pengolahan Biji Kakao pada Tingkat Petani

Akhir-akhir ini, perkembangan pemanfaatan buah kakao secara menyeluruh sebagai bahan baku industri meningkat sesuai perkembangan teknologi pengolahan berbasis bahan baku kakao dan perkembangan sosial-ekonomi masyarakat. Secara umum banyak ragam kelompok produk pangan dan non pangan serta kelompok industri yang berperan dalam pemanfaatan buah kakao, produk olahan biji kakao umumnya terbagi menjadi tiga bentuk yaitu pasta, bubuk coklat, dan lemak.

Prediksi Pertanyaan Ujian Akhir Semester...? 1. Apakah yang saudara ketahui tentang kondisi tanaman kakao terkini di Provinsi Lampung....? (komoditi perkebunan yang masih sangat prosfektif...? dan permasalahan di lapangan...?) 2. Bagaimanakah untuk memperbanyak tanaman kakao secara generatif…agar terjamin produktivitasnya..?...atau saudara dapat memberikan solusi yang lain....? 3. Jelaskan mekanisme penyerangan dan cara penanggulangan salah satu hama atau penyakit tanaman kakao berikut ini:...jika yang saudara ketahui...adalah..... - Hama penghisap pucuk/daun & buah kakao adalah Helopeltis sp. atau hama Penggerek Buah Kakao (BPK) yaitu Conopomorpha cramerella Snell - Penyakit yang menyerang batang dan buah kakao yaitu Cendawan Phytopthora palmivora atau Colletotrichum gleosporioides 4. Dua masalah pokok yang dihadapai petani kakao di Prov. Lampung...? produksi rendah dan kuwalitas biji kakao mutunya rendah...? Jelaskan solusi apa yang harus saudara tawarkan sebagai sarjana dari STIBUN Lampung...?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->