P. 1
Gerak Harmonik Sederhana

Gerak Harmonik Sederhana

|Views: 2,375|Likes:
Published by Repita Sari

More info:

Published by: Repita Sari on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

Gerak Harmonik Sederhana

Gerak Harmonik Sederhana (GHS) adalah gerak periodik dengan lintasan yang ditempuh selalu sama (tetap). Gerak Harmonik Sederhana mempunyai persamaan gerak dalam bentuk sinusoidal dan digunakan untuk menganalisis suatu gerak periodik tertentu. Gerak periodik adalah gerak berulang atau berosilasi melalui titik setimbang dalam interval waktu tetap. Gerak Harmonik Sederhana dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :

Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Linier, misalnya penghisap dalam silinder gas, gerak osilasi air raksa / air dalam pipa U, gerak horizontal / vertikal dari pegas, dan sebagainya. Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Angular, misalnya gerak bandul/ bandul fisis, osilasi ayunan torsi, dan sebagainya.

Beberapa Contoh Gerak Harmonik

Gerak harmonik pada bandul: Sebuah bandul adalah massa (m) yang digantungkan pada salah satu ujung tali dengan panjang l dan membuat simpangan dengan sudut kecil. Gaya yang menyebabkan bandul ke posisi kesetimbangan dinamakan gaya pemulih yaitu dan panjang busur adalah Kesetimbangan gayanya. Bila amplitudo getaran tidak kecil namun tidak harmonik sederhana sehingga periode mengalami ketergantungan pada amplitudo dan dinyatakan dalam amplitudo sudut Gerak harmonik pada pegas: Sistem pegas adalah sebuah pegas dengan konstanta pegas (k) dan diberi massa pada ujungnya dan diberi simpangan sehingga membentuk gerak harmonik. Gaya yang berpengaruh pada sistem pegas adalah gaya Hooke,

Gerak Harmonik Teredam
Secara umum gerak osilasi sebenarnya teredam. Energi mekanik terdisipasi (berkurang) karena adanya gaya gesek. Maka jika dibiarkan, osilasi akan berhenti, yang artinya GHSnya teredam. Gaya gesekan biasanya dinyatakan sebagai arah berlawanan dan b adalah konstanta menyatakan besarnya redaman. dimana = amplitudo dan = frekuensi angular pada GHS teredam. · GERAK OSILASI Osilasi adalah variasi periodik - umumnya terhadap waktu - dari suatu hasil pengukuran, contohnya pada ayunan bandul. Istilah vibrasi sering digunakan sebagai sinonim osilasi, walaupun sebenarnya vibrasi merujuk pada jenis spesifik osilasi, yaitu osilasi mekanis. Osilasi tidak hanya terjadi pada suatu sistem fisik, tapi bisa juga pada sistem biologi dan bahkan dalam masyarakat. Osilasi terbagi menjadi 2 yaitu osilasi harmonis sederhana dan osilasi harmonis kompleks. Dalam osilasi harmonis sederhana terdapat gerak harmonis sederhana.

Gerak Harmonik Sederhana (GHS) 2. dan sebagainya. Gerak Harmonik Sederhana. gerak horizontal / vertikal dari pegas. Ø Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Angular. Gerak Harmonik Sederhana dapat dibedakan menjadi 2 bagian. Gerak Harmonik Teredam 1. misalnya gerak bandul/ bandul fisis. Gerak periodik adalah gerak berulang atau berosilasi melalui titik setimbang dalam interval waktu tetap. Grafik Gerak Harmonik Sederhana (GHS) b) Kecepatan GHS adalah turunan dan simpangan GHS (2) c) Percepatan GHS adalah turunan kedua dari simpangan atau turunan kecepatan GHS . osilasi ayunan torsi. B. dan sebagainya.· GERAK HARMONIK Gerak Harmonik terdiri atas : 1. Pendahuluan Gerak Harmonik Sederhana (GHS) adalah gerak periodik dengan lintasan yang ditempuh selalu sama (tetap). misalnya penghisap dalam silinder gas. gerak osilasi air raksa / air dalam pipa U. A. Gerak Harmonik Sederhana mempunyai persamaan gerak dalam bentuk sinusoidal dan digunakan untuk menganalisis suatu gerak periodik tertentu. yaitu : Ø Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Linier. Kinematika Gerak Harmonik Sederhana (GHS) a) Simpangan (Pergeseran) (1) dimana x = simpangan Am = amplitudo = frekuensi angular = sudut fasa awal Gambar 1.

d) Pada GHS. energi potensial. dan sebagainya. c) Energi Potensial (3) d) Energi Kinetik (5) (4) e) Energi Mekanik adalah Em = Ek + Ep. yaitu (9) Bila amplitudo getaran tidak kecil namun tidak harmonik sederhana sehingga periode mengalami ketergantungan pada amplitudo dan dinyatakan dalam amplitudo sudut yaitu : (10) o) Gerak harmonik pada pegas Sistem pegas adalah sebuah pegas dengan konstanta pegas (k) dan diberi massa pada ujungnya dan diberi simpangan sehingga membentuk gerak harmonik. yaitu (11) Maka sistem gerak harmonik pada pegas adalah . yaitu Beberapa Contoh Gerak Harmonik o Gerak harmonik pada bandul Sebuah bandul adalah massa (m) yang digantungkan pada salah satu ujung tali dengan panjang l dan membuat simpangan dengan sudut kecil . dan energi total. Gaya yang berpengaruh pada sistem pegas adalah gaya Hooke. Dinamika dan Energi GHS a) Dinamika GHS adalah menganalisis GHS dari gaya penyebabnya misal pegas pengaruh gaya Hooke. b) Energi pada GHS terdiri atas energi kinetik. bandul pengaruh gaya berat. frekuensi dan periode tidak tergantung pada amplitudo C. Hukum Newton dapat diaplikasi untuk mengetahui persamaan gerak dari GHS. Gaya yang menyebabkan bandul ke posisi kesetimbangan dinamakan gaya pemulih yaitu dan panjang busur adalah Kesetimbangan gayanya adalah (6) (7) maka persamaan GHS untuk bandul adalah (8) sehingga frekuensi angular dan periode dapat ditentukan.

Hubungan frekuensi dengan adalah . yang artinya GHSnya teredam. Maka persamaan GHS teredam adalah (14) dimana merupakan faktor redaman. Energi mekanik terdisipasi (berkurang) karena adanya gaya gesek. Gerak Harmonik pada Pegas 2. osilasi akan berhenti. Gerak Harmonik pada Bandul Gambar 3. Maka jika dibiarkan.(12) maka frekuensi angular dan periodenya adalah (13) Gambar 2. Penyelesaian eksaknya : (15) dimana = amplitudo dan = frekuensi angular pada GHS teredam. Gaya gesekan biasanya dinyatakan sebagai arah berlawanan dan b adalah konstanta menyatakan besarnya redaman. Gerak Harmonik Teredam Secara umum gerak osilasi sebenarnya teredam.

salah satu contohnya adalah permainan ditaman kanak-kanak. a) b) c) Gambar 4.1 Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari ilmu fisika. dimulai dari yang ada dari diri kita sendiri seperti gerak yang kita lakukan setiap saat. maka dan . yaitu ayunan.(16) Jika tidak ada redaman. Gerak Harmonik Teredam BAB I PENDAHULUAN 1. Sebenarnya ayunan ini . energi yang kita pergunakansetiap hari sampai pada sesuatu yang berada diluar diri kita.

ayunan yang dipergunakan adalah ayunan yang dibuat sedemikian rupa dengan bebannya adalah bandul fisis. timbul suatu masalah. Pada percobaan ini. yaitu bagai mana mencari nilai percepatan gravitasi bimi di suatu tempat dengan menggunakan bandul dan apakah nilai tersebut sesuai dengan nilai konstanta percepatan gravitasi bumi (g = 9. 1. Pada dasarnya percobaan dengan bandul ini tadak terlepas dari getaran.3 Tujuan Percobaan . Getaran dapat bersifat sederhana dan dapat bersifat kompleks. Getaran yang dibahasntentang bandul adalah getaran harmonik sederhana yaitu suatu getaran dimana resultan gaya yang bekerja pada titik sembarangan selalu mengarah ke titik kesetimbangan dan besar resultan gaya sebanding dengan jarak titik sembarang ketitik kesetimbangan tersebut.juga dibahas dalam ilmu fisika. 1.8 m/s2) atau tidak. dimana dari ayunan tersebut kita dapat menghitung perioda yaitu selang waktu yang diperlukan beban untuk melakukan suatu getaran lengkap dan juga kita dapat menghitung berapa besar gravitasi bumi di suatu tempat. dimana pengertian getaran itu sendiri adalah gerak bolak balik secara periodia melalui titik kesetimbangan.2 Permasalahan Dari latar belakang tentang percoban bandul yang telah diuraikan diatas.

maka tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengamati perioda osilasi bandul dan kemudian menentukan besar percepatan gravitasi bumi di suatu tempat.Berdasarkan permasalahan yang ada. yaitu bandul mekanis dan bandul fisis. dengan menggunakan bandul . . BAB II DASAR TEORI Bandul yang dipergunakan pada percobaan ini sebenarnya ada dua jenis.mekanis dan bandul fisis. Bandul mekanis adalah disebut juga bandul sederhana merupakan sebuah bandul ideal yang terdiri dari sebuah partikel yang digantung pada seutas tali panjang yang ringan.

tidak bergantung pada amplitudo. Gaya pemulih yang bekerja pada m: F = -mg sin 0. Perioda yang mengalami gerak selaras sederhana. sementara ia melihat ayunan lampu dalam katedalan di pissa. Penemuan ini mengarah pada bandul jam yang pertama mirip dengan lonceng. yaitu sebagai benda tegar. BAB III PROSEDUR PERCOBAAN 3. termasuk bandul. gerak yang terjadi bukan gerakharmonik sederhana. karena gaya pemulihnya sebanding dengan sin 0 bukan dengan simpangannya. Bandul fisis merupakan sembarang benda tegar yang digantung yang dapat berayun/bergetar/berisolasi dalam bidang vertical terhadap sumbu tertentu. Bandul fisis sebenarnya memiliki bentuk yang lebih kompleks.1 Alat dan Bahan No 1 2 3 4 Nama Alat dan Bahan Bandul matematis dan bahan Bandul matematis dan perlengkapan Stop watch Mistar Jumlah 1 set 1 set 1 buah 1 buah . Galileo dikatakan sebagai yang pertama mencatat kenyataan ini. maka bandul akan berayun karena pengaruh gravitasi atau bandul bergetar dengan ragam getaran selaras.Bila bandul ditarik kesamping dari posisi seimbangnya kemudian dilepas. Bandul juga berguna dalam bidang geologi dan sering kali diperlukan untuk mengukur percepatan gravitasi pada lapis tertentu dengan sangat teliti.

Diulang sebanyak lima kali. dan posisi m2 terhadap A sebesar x = 10 cm. Tanpa merubah kedudukan m1 dan m2. diayun dengan sudut kecil dan dicatat waktu untuk lima getaran serta ulangi lima kali. Diatur kedudukan m1 terhadap A sebesar x0 = 10 cm. Dipasang bandul fisis dan diatur sumbu putar pada titik A. .5 Statis 1 buah 3. Diusahakan bandul berada dalam keadaan setimbang. Bandul matematis diatur dengan panjang tali 50 cm. 2. Diayun dengan sudut yang kecil dicatat waktu yang dibutuhkan untuk lima ayunan diulang sebanyak lima kali. 3. Bandul matematis 1. dicatat waktu yang dibutuhkan untuk lima getaran. 3. 4. 2.2 Cara Kerja A. diulang denga panjang kawat yang berbeda. 4. diganti sumbu putar ketitik B. diberi simpangan kecil pada bandul kemudian dilepaskan. Diusahakan agar ayunan mempunyai lintasan dalam bidang dan tidak berputar. B. Bandul Fisis 1.

Salah satu contoh getaran harmonic adalah bandul fisis. Diulang langkah 6 hingga x = 70 cm. Dikembalikan sumbu ayun ketitik A. PENDAHULUAN Getaran merupakan gerak bolak-balik yang periodic. Bandul fisis ini adalah getaran harmonic sederhana yang sering di bahas dalam buku-buku teks fisika dan sangat popular untuk didemontrasikan. MAKSUD 1. 4 dan 5. Ditentukan jarak titik berat G terhadap titik A. bandul fisis adalah bandul sederhana dengan beban massa (m). II. 7. Untuk mengetahui lebih lanjut. bekerja gaya-gaya yang selalu mengarah kesatu titik yang besarnya sebanding dengan jarak titik tersebut. Mengenal sifat-sifat bandul fisis . Setiap benda yang bergetar akan bergetar dengan frekuensi alamiahnya sendiri pada getaran harmonic. dan diayun dengan sudut simpangan tidak benar. dalam laporan ini akan di bahas mengenai bandul fisi.5. Untuk pengenalan awal tentang bandul fisis. Ditambahkan jarak x sebesar 5 cm. cara perhitungan dan jalannya praktikum. Untuk mengakses dan mendownload tugas kuliah ini selengkapnya anda harus berstatus Paid Member . diikat pada tali panjang (L). lalu diulangi sebanyak 3. teori-teori. 6.

Menghitung percepatan gravitasi mudah bagaimana memulai bisnis catering: 1.2. Jika Anda menikmati kegiatan memasak. Anda mungkin mulai berpikir tentang sebuah usaha katering. serta perencanaan menu. Ada banyak peluang yang mungkin dapat .

Iklan terbaik adalah dari mulut ke mulut (mouth-to-mouth campaign).ditangkap. Pastikan untuk menghubungi pihak-pihak berwenang untuk melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha katering. apakah Anda memerlukan ruang kerja lain selain rumah tinggal Anda. Selain tiu Anda juga membutuhkan fasilitas untuk mengangkut semua peranangkat perlengkapan tersebut ke lokasi acara tentunya. 6. tapi sekali Anda telah menerima surat. lisensi. 4. namun agak mahal. Halaman kuning atau brosur juga baik untuk iklan. 7. Ini benar-benar dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan dan percaya diri Anda. 8. Anda dapat menjawab bahwa Anda telah mengambil kelas memasak. inspeksi. atau setidaknya menu unik yang merupakan gabungan menu-menu kesukaan Anda. Di atas semua hal tersebut. atau setidaknya menu unik yang merupakan gabungan menu-menu kesukaan Anda. Radio dan televisi dapat dengan cepat membangun bisnis Anda. Anda akan membutuhkan beberapa piring saji. dan ketika bisnis sudah semakin berkembang. . Selain itu. Anda memiliki menu unggulan. ketika ditanyakan. Hal ini mungkin merupakan modal terbesar yang harus Anda keluarkan dalam bisnis catering ini. hal ini pasti salah satu pilihan jika Anda memiliki anggaran periklanan 9. minta kepadanya referensi. Beberapa hal ini mungkin bisa agak costly. Sebaliknya. 5. Tentukan jenis makanan apa yang ingin Anda tawarkan. Karena Anda akan mendapatkan lebih banyak laba dari usaha ini berdasarkan atas satu item penting ini. maka kesenangan segera Anda dapat dapatkan. kalau Anda bermaksud mengembangkan usaha secara bertahap. Namun. serbet dan banyak item lainnya. Hal ini bisa membuat calon pelanggan merasa nyaman dengan kemampuan Anda. 2. 3. atau ulang tahun. Anda bisa memulainya di rumah Anda. dan asuransi.Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengambil beberapa kelas guna membantu Anda mahir menguasai beberapa teknik hidangan unik. Sebaiknya Anda memiliki menu unggulan. Tentukanlah. Jika Anda berencana untuk menyediakan katering untuk acara-acara besar. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda mulai. Anda baru meningkatkan pada faktor lokasinya. seperti sebuah pernikahan. Anda mungkin perlu izin. pastikan kualitas makanan Anda baik dan lezat. gelas. Banyak perusahaan juga menggunakan katering khusus untuk pesta liburan khusus atau aktivitas lainnya. Anda bisa mencari dapur yang luas untuk Anda sewa. Jika Anda baru saja menyelesaikan layanan Anda kepada salah seorang customer. sebuah pesta wisuda.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->