HADITS TENTANG METODE PENDIDIKAN

MAKALAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Hadits II Dosen Pengampu: Bp. Fakhrur Rozi, M.Ag

Disusun oleh : 1. 2. Heru Budi Susanto Erni Fatmawati (083111065) (093111037)

FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG

PENDAHULUAN Pendidikan adalah usaha untuk membentuk kepribadian dengan metode yang benar. nilai. Bahkan sering disebutkan cara atau metode kadang lebih penting daripada materi itu sendiri. Sebaik apapun tujuan pendidikan jika tidak didukung oleh metode yang tepat. Dalam proses belajar mengajar pendidik memiliki peran utama dalam menentukan kualitas pengajaran yang di laksanakannya. sudah sepatutnya menaruh perhatian terhadap metode-metode pendidikan yang diterapkan Rasulullah SAW.2011 HADITS TENTANG METODE PENDIDIKAN I. lembaga sekolah. hingga mereka memiliki kesempurnaan akhlak. disesuaikan dengan berbagai faktor terkait. Pendidikan merupakan kegiatan yang paling penting dalam kemajuan manusia. para mubalig. II. yakni memberi pengetahuan sikap. terang C. Kegiatan pada pendidikan selalu terkait dengan dua belah pihak yaitu: pendidik dan peserta didik. B. Sebuah metode akan mempengaruhi sampai tidaknya suatu informasi secara lengkap atau tidak. tujuan tersebut sangat sulit untuk dapat tercapai dengan baik. RUMUSAN MASALAH A. kesucian jiwa. sehingga hasil pendidikan dapat memuaskan. Hadits Anas tentang Metode Mengulang penjelasan (Tikror) Pengertian Metode Hadits aisyah tentang menyampaikan perkataan yang jels dan 2 . Sebuah keluarga. Oleh sebab itu pemilihan metode pendidikan harus dilakukan secara cermat. islam mengajarkan umatnya untuk selalu gigih dalam menuntut ilmu seperti yang di perintahkan dlam beberapa ayat al-qur’an dan hadist. dan keterampilan. dan karakter yang bersih. bahkan seluruh kaum muslimin. Rasulullah SAW telah bersungguh-sungguh dalam mendidik para sahabat dan generasi muslim.

PEMBAHASAN A. (Bandung: Mizan. oleh sebab itu metode secara operasional memiliki berbagai macam bentuk dan variasi praktis. Ringkasan Shahih Al-Bukhari (Terjemahan).Perktaan yang jelas dan terang akan menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah 1 Jasa Ungguh Muliawan.III. hlm. Pengertian Metode Metode (method) secara harfiah berasal dari dua perkataan. 2005). 33. 2 Al-Imam Zainuddin Ahmad bin Abdul Lathif Az-Zabidi.1 B. 144-145. Abu Daud) Hadis tersebut untuk kita sebagai calon guru agar dalam menggucapkan suatu perkataan hendaklah dengan terang dan jelas. 2004). Pendidikan Islam Integratif. yaitu meta dan hodos. Meta berarti “melalui” dan hodos berarti “jalan” atau “cara”. Metode dalam sistem pendidikan Islam mempunyai peran dan fungsi khusus.Dan apabila dengan ucapan pertamanya belum menjelskn kepada murid. Dalam pemakaian yang umum.maka guru itu wajib menggulanginya agar murid tersebut bisa paham dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penerapan metode yang tepat harus disesuaikan dengan kekhususan kemampuan peserta didik dalam belajar.supaya orang yang mendengar (peserta didik) dapat memahami maksud yang di sampaikan.2(HR. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hlm. Hadits Aisyah tentang Menyampaikan Perkataan yang Jelas dan Terang ّ َ ‫ع َن عائ ِشة رحمها الله قال َت كان ك َل َم رسول اللهِ صصصلى‬ َ َ ْ َ َ َ ِ َ َ َ َ ْ ِ ُ َ ُ ‫الله ع َل َي ْهِ وَسل ّم كلما فَصل ي َفهَمه ك ُل مصصن سصصمعَه )رواه‬ ُ ِ َ ْ َ ّ ُ ُ ْ ً َ َ َ ْ (‫ابو داود‬ Dari ‘Aisyah rahimahallah berkata: Sesungguhnya perkataan Rasulullah SAW adalah perkataan yang jelas memahamkan setiap orang yang mendengarnya. 3 . metode diartikan sebagai cara melakukan sesuatu kegiatan atau cara melakukan pekerjaan dengan menggunakan fakta dan konsep-konsep secara sistematis. Metode berarti cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan.

ketika terjadi salah pengertian bukan tidak mungkin justru peserta didik akan melenceng dari yang di harapkan. Mendidik Cara Nabi SAW (Terjemahan). serta dapat menyentuh fitrah dan akal orang awam. hlm. (Bandung: Pustaka Hidayah. tapi dipahami juga oleh orang awam. Bukhari) 5 3 Imam Nawawi.di harapkan dengan adanya perkataan yang jelas dan terang tersebut anak didik mampu menyereap dan memahami apa yang di harapkan oleh pendidik. Najib Khalid Al-Amir. 2002). filsafat. hlm.. atau bermanfaat pula buat orang-orang yang tidak diberi kelebihan dalam penguasaan ilmu. sehingga perkataan beliau dapat difahami. 639. (Jakarta: Pustaka Amani. 435-436. 1999). Itu karena ucapan Rasulullah diungkapkan atas dasar kemampuan pemahaman seseorang sesuai fitrah aslinya. Terjemahan Riyaadlus Shalihin Jilid 1. 4 4 . Di samping itu. Hadits Anas tentang Metode Mengulang penjelasan (Tikror) ّ َ ‫عَن انس عن النبي صلى الله عَل َي ْهِ وَسل ّم انه كصصان‬ َ َ ْ ‫اذا تكلم بكلمة اعادها ثلثا حتى تفهم عنه واذا اتى‬ ‫على قصوم فسصلم عليهصم سصلم عليهصم ثلثصا )رواه‬ ‫ص‬ ‫ص‬ ‫ص‬ ‫ص‬ ‫ص‬ ‫ص‬ (‫البخاري‬ Dari Anas dari Nabi SAW. Sesungguhnya ketika beliau mengatakan suatu kalimat beliau mengulanginya tiga kali. memahami logika.cit. juga ilmu-ilmu alam. C.3 Di antara sifat ucapan Rasulullah adalah gampang dipahami oleh orang yang pandai dan bodoh sekaligus. ucapan beliau tidak hanya dipahami oleh orang yang cerdas dan yang mengetahui peristilahan ilmiah. astronomi.4 Jadi Nabi Muhammad SAW mengucapkan suatu kepada seseorang dengan menggunakan gaya dan bahasa sesuai dengan kedar kemampuan dan daya tangkap pemikiran orang yang menjadi lawan kata beliau.R. Op. hlm. 5 Al-Imam Zainuddin Ahmad bin Abdul Lathif Az-Zabidi. eksak. 37. dan ketika datang pada suatu kaum maka beliau mengucapkan salam kepada mereka sebanyak tiga kali (H.pendidikan.karena jika tidak demikian dikhawatirkan nantiny akan terjadi salah pengertian.

Psikologi Perkembangan Islami. 2006). Latihan mental. Dapat mempermudah murid untuk mengingatnya 2.blogspot. Untuk merefresh daya ingat murid dalam materi-materi yang telah disampaikan pengajar. Purwakania Hasan.6 Satu proses yang penting dalam pembelajaran adalah pengulangan atau prektek yang diulang-ulang. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Nabi Muhammad SAW juga terbiasa melakukan pengulangan dalam memberikan perkataannya untuk menjelaskan sesuatu dan menghentikannya sepanjang ia merasa orang lain telah memahaminya. Dapat mempermudah murid yang belum faham dengan apa yang disampaikan pengajar 3. mengaktifkan orang yang belajar untuk membayangkan kejadian-kejadian yang sudah tidak ad untuk berikutnya bayangan-bayangan ini membimbing latihan motorik. baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek Kekurangan Aliah B.7 Mengulang penjelasan atau pembicaraan adalah suatu metode penyampaian informasi yang cukup penting dalam pemahaman meteri yang disampaikan oleh pengajar. 7 http://tokoblog. Proses pengulangan juga dipengaruhi oleh taraf perkembangan seseorang.html 6 5 .com/2011/03/hadits-tentang-metode-pendidikan. karena dalam pengajaran yang menggunakan metode pengulangan penyampaian meteri terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangannya yaitu : Kelebihannya : 1. hlm. Kemampuan melukiskan tingkah laku dan keckpan membuat model menjadi kode verbal atau kode visual mempermudah pengulangan. Metode pengulangan dilakukan Rasulullah saw ketika menjelaskan sesuatu yang penting untuk didingatkan para sahabat. 130-131. Baik latihan mental dimana seseorang mambayangkan dirinya melakukan perbuatan tertantu maupun latihan motorik yaitu melakukan perbuatan secr nyata merupakan alat-alat bantu ingatn yang penting.

Seorang murid merasa bosan akan penjelasan yang terlalu banyak diulang-ulang 2. V. (Jakarta: 6 . isi tulisan maupun penyampaian makalah. 8 (Terjemahan). Dalam metode belajar dan mengajar terdapat kelemahan dan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. IV. KESIMPULAN Di antara metode pendidikan dan pengajaran yang diterapkan oleh Rasulullah SAW dalam mengajarkan suatu ilmu adalah: menyampaikan materi secara jelas dan terang. Abdul Aziz Abdul Majid. untuk itu kami mohon kritik dan saran yang bersifat konstruktif guna memperbaiki makalah selanjutnya atas segala kekurangan baik tulisan. kami mohon maaf. sehingga dalam penerapan metode yang tepat harus disesuaikan dengan kemampuan daya tangkap otak murid-murid yang diajar.. Dalam kedua hadist di atas telah dijelaskan bahwa dalam penyampaian materi berfariasi mulai dari penyampaian materi secara gambling dan mudah dipahami dan juga cara penyampaian meteri secara berulang-ulang agar lebih mudah dipahami dan diingat. 2003). kami sadar bahwa makalah ini jauh dari sempurna. semoga bermanfaat bagi kita semua. Tumbuh rasa meremehkan pelajaran pada murid. 19-20.8 Dalam realita kehidupan dalam dunia pendidikan banyak juga para pengajar yang kurang memperhatikan tentang bagaimana cara menyampaikan materi yang diajarkan agar dapat mudah dipahami murid. PENUTUP Demikianlah makalah yang kami buat. Metode Mendidik Anak Mustaqiim.1. Memakan waktu yang cukup banyak untuk proses belajar mengajar 3. akan tetapi mereka lebih memfokuskan pada penguasaan materi saja tanpa disertai cara penyampaian yang baik dan mudah di pahami murid-murid mereka. dan juga dalam penyampaian yang menggunakan metode mengulang-ulang materi agagr dapat lebih mudah dipahami. Amin Dr. hlm.

7 .

html 8 . Purwakania. 2006. Usman. M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Imam.blogspot. Jakarta: Mustaqiim. Mendidik Cara Nabi SAW (Terjemahan). Majid. Psikologi Perkembangan Islami. Jasa Ungguh. Terjemahan Riyaadlus Shalihin Jilid 1. Abdul Aziz Abdul. Jakarta: Ciputat Pers. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1997. Najib Khalid. Ilmu Pendidikan Islam. Nur. Aliah B. 2003. http://tokoblog. Bandung: Pustaka Setia. Muliawan. 2002. Pendidikan Islam Integratif. Nawawi.DAFTAR PUSTAKA Al-Amir. Basyiruddin. Bandung: Pustaka Hidayah.com/2011/03/hadits-tentang-metode-pendidikan. 2002. 2005. Hasan. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Cara Mendidik Anak (Terjemahan). Uhbiyati. 1999. Jakarta: Pustaka Amani.