P. 1
PERSEGI PANJANG

PERSEGI PANJANG

|Views: 1,225|Likes:
Published by Al Afiev

More info:

Published by: Al Afiev on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

PERSEGI PANJANG

OLEH m. Al afif : 410.162 Ilham Ramadhan : 410.143 aRif saPutra : 410.091

Definisi Persegi Panjang : adalah Segi empat yang memiliki dua pasang sisi berhadapan yang setiap pasangnya sejajar dan sama panjang . serta keempat sudutnya siku-siku. .

yaitu AB. ’B. dan ’D. ’C. Banyak diagonal persegi panjang ada dua buah. BC. dan AD Banyak sudut persegi panjang ada empat buah yang semuanya siku-siku. yaitu ’A. yaitu AC dan BD A D B C . CD.UNSUR-UNSUR PERSEGI PANJANG Banyak sisi persegi panjang ada empat buah.

C D AC = BD.SIFAT ² SIFAT PERSEGI PANJANG Sifat 1 : Panjang sisi-sisi yang berhadapan sama dan sejajar. AB = CD A B .

Untuk lebih jelasnya perhatikan dengan baik setiap uraian berikut ini : .

dengan bingkainya. uraian di atas dapat disimpulkan. jika persegi panjang tersebut dibalik menurut garis EF. B C. sehingga dapat disimpulkan : . y Letak 1 pada gambar menyatakan persegi panjang ABCD berimpit . pada letak 3 dibalik menurut garis GH. Amatilah letak 3 dan 4. ternyata dapat menempati bingkainya dengan tepat seperti letak 4. maka persegi panjang dapat dengan tepat menempati bingkainya seperti letak 2.A menempati B dan B menempati A. ditulis A B .AD menempati BC dan BC menempati AD. maka AD = BC (lihat letak 1 dan 2) Dengan cara yang sama kita dapat menentukan panjang AB dan DC. y Sisi-sisi yang berhadapan suatu persegi panjang sama panjang dan sejajar. ditulis AD BC Karena AD BC.A D. dan AB DC . ditulis D C . sehingga dapat disimpulkan : .Jadi AB = DC (lihat letak 3 dan 4) Karena AD = BC dan AB = DC.D menempati C dan C menempati D.

D C AC= BD A B .y Sifat 2 : y Diagonal diagonal persegi panjang sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan di tengah-tengah.

sehingga didapat : .A B. dan C D.AC BC (lihat letak 1 dan 2) .y Jika letak 1 dibalik menurut garis EF.Jadi AC =BD Dari uraian di atas dapat ambil kesimpulan yaitu : y Diagonal-diagonal persegi panjang sama panjang . maka dengan tepat menempati bingkainya kembali seperti letak 2. dan .

y Sifat 3 : Semua sudut persegi panjang sama besar. A B C D .

maka .letak 1 dibalik menurut garis EF diperoleh letak 2 .’D ’C Jadi ’D = ’C letak 3 dibalik menurut garis GH diperoleh letak 4.’B ’C Jadi ’B = ’C maka.’A ’D Jadi ’A = ’D .’A ’B Jadi ’A = ’B . maka . dapat disimpulkan : ’ A =’ B = ’ C = ’ D Jadi : Semua sudut persegi panjang sama besar .

A B C D .Sifat 4 : Semua sudut persegi panjang adalah sudut siku .siku.

l .Luas dan Keliling Luas persegi panjang : Dengan mengetahui panjang dan lebar suatu persegi panjang kita dapat mencari luas persegi panjang tersebut dengan rumus : ket : L = luas p = panjang L = p.l l = lebar K = keliling Secara umum rumus keliling persegi panjang adalah : K = 2.p + 2.

Misal : Kotak-kotak kecil itu sisinya 1 cm dan bentuknya persegi. Jadi tiap kotak itu kita sebut 1 cm persegi dan ditulis.y Luas persegi panjang sama dengan hasil perbanyakan panjang dengan lebarnya. .

Jumlah kotak kecil itu adalah 21 kotak jadi luas persegi panjang ABCD = 21 x 1 cm = 21 cm y Adakah cara lain yang lebih mudah untuk menentukan luas persegi panjang ABCD di atas ? Tentu ada ! Ikutilah uraian berikut ini. Jadi luas persegi panjang ABCD didapat dengan mengalikan panjang dan lebar sisinya.Luas daerah persegi panjang ABCD di atas dapat dicari dengan menghitung banyaknya kotak-kotak kecil yang ada dalam persegi panjang ABCD itu. tentukan dulu banyaknya kotak pada sisi BC dan pada sisi AB. Maka luas persegi panjang ABCD = (7 x 3) cm2 = 21 cm lebih mudah bukan ? . sebelum kita cari luasnya. Ya ! pada sisi BC ada 7 kotak jadi panjangnya : 7 x 1 cm = 7 cm pada sisi AB 3 kotak jadi lebarnya : 3 x 1 cm = 3 cm.

Luas = px l 8cm = 8 cm x 5 cm = 40 cm2 . Suatu persegi panjang mempunyai panjang = 8 cm dan lebar = 5 cm. Berapa Luas dan keliling persegi panjang itu ? Jawab : .Keliling = 2 (p+l) 5cm = 2 ( 8cm+ 5 cm) = 2 x 13 cm = 26 cm .y Contoh soal : y 1.

2 Suatu persegi panjang mempunyai luas = 70 cm2 dan panjang 10 cm.Berapa lebar dan keliling persegi panjang tersebut ? Jawab: Luas = p x l l = Luas : Panjang 70 cm2 : 10cm = 7 cm Keliling = 2 (10cm+7cm) = 2 x 17 cm = 34 cm 10 cm ? .

Sekian terima kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->