P. 1
KAPILARITAS

KAPILARITAS

|Views: 1,055|Likes:
Published by LuThfi Permana

More info:

Published by: LuThfi Permana on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2012

pdf

text

original

FISIKA DASAR KAPILARITAS

DI SUSUN OLEH :

PURNOMO TP VIDHI ROESDI AP

( 5511310004 ) ( 5511310006 )

UNNES 2010

Ketika kita memasukan tabung atau pipa tipis (pipa yang diameternya lebih kecil dari wadah). Keadaan ini dapat menyebabkan cairan dapat naik ke atas oleh tegangan permukaan yang arahnya keatas sampai batas keseimbangan gaya ke atas dengan gaya berat cairan tercapai. Kapilaritas disebabkan oleh interaksi molekul-molekul di dalam zat cair. cairan yang ada dalam wadah naik melalui kolom pipa tersebut. Apabila gaya kohesi cairan lebih besar dari gaya adhesi. yaitu bahan wadah di mana zat cair berada. Gaya kohesi adalah tarik-menarik antara molekul-molekul di dalam suatu zat cair sedangkan gaya adhesi adalah tarik menarik antara molekul dengan molekul lain yang tidak sejenis. Apabila adhesi lebih besar dari kohesi seperti pada air dengan permukaan gelas. maka akan terbentuk bagian cairan yang lebih tinggi . Di dalam zat cair molekul-molekulnya dapat mengalami gaya adhesi dan kohesi. Hal ini disebabkan karena gaya tegangan permukaan total sepanjang dinding tabung bekerja ke atas. Jadi air dapat naik keatas dalam suatu pipa kecil yang biasa disebut pipa kapiler. Inilah yang terjadi pada saat air naik dari tanah ke atas melalui tembok.Dengan kata lain. .KAPILARITAS Kapilaritas ialah gejala naik atau turunnya zat cair dalam tabung kapiler yang dimasukkan sebagian ke dalam zat cair karena pengaruh adhesi dan kohesi. Jadi. air akan berinteraksi kuat dengan permukaan gelas sehingga air membasahi kaca dan juga permukaan atas cairan akan melengkung (cekung). cairan hanya mampu naik hingga ketinggian di mana gaya tegangan permukaan seimbang dengan berat cairan yang ada dalam pipa. maka permukaan cairan akan melengkung ke atas. Ketinggian maksimum yang dapat dicapai cairan adalah ketika gaya tegangan permukaan sama atau setara dengan berat cairan yang berada dalam pipa.

maka permukaan cairan akan melengkung ke bawah. jika gaya adhesi lebih besar daripada gaya kohesi cairan. Ketika kita memasukan tabung atau pipa tipis (pipa yang diameternya lebih kecil dari wadah). maka akan terbentuk bagian cairan yang lebih rendah .Sebaliknya.

besarnya gaya tegangan permukaan komponen vertikal yang bekerja sepanjang permukaan kontak adalah : Keterangan : . Gaya yang berperan dalam menahan cairan pada ketinggian h adalah komponen gaya tegangan permukaan pada arah vertikal : F cos teta Bagian atas pipa kapiler terbuka sehingga terdapat tekanan atmosfir pada permukaan cairan. Panjang permukaan sentuh antara cairan dengan pipa adalah 2 phi r (keliling lingkaran). Dengan demikian.Persamaan Kapilaritas Ketinggian maksimum yang dapat dicapai cairan ketika cairan naik melalui pipa kapiler terjadi ketika gaya tegangan permukaan seimbang dengan berat cairan yang ada dalam pipa kapiler Tampak bahwa cairan naik pada kolom pipa kapiler yang memiliki jari-jari r hingga ketinggian h.

cairan akan mencapai ketinggian maksimum. Komponen vertikal dari Gaya tegangan permukaan adalah : Ketika cairan mencapai ketinggian maksimum (h). Dengan kata lain. apabila komponen vertikal dari gaya tegangan permukaan seimbang dengan berat cairan setinggi h. maka volume cairan dalam pipa adalah : Apabila komponen vertikal dari Gaya Tegangan Permukaan seimbang dengan berat kolom cairan dalam pipa kapiler. ditulis : . Secara matematis.Apabila permukaan cairan yang melengkung ke atas diabaikan. Komponen vertikal dari gaya tegangan permukaan harus sama dengan berat cairan yang ada dalam pipa kapiler. maka cairan tidak dapat naik lagi.

Zat cair memiliki beberapa sifat dan salah satunya adalah kapilritas. semakin tinggi kenaikan permukaan air. Kapilaritas merupakan perubahan ketinggian permukaan air di dalam suatu pipa. sehingga air dalam tanah akan mudah naik sampai ke puncak pohon.Laju Air Naik ke Pohon Sama seperti manusia. Kandungan zat yang ada pada pohon berasal dari air dan tanah melalui akar tanpa adanya pompa. Akar pohon terdiri dari pipa-pipa yang sangat kecil.Jika kita memasukkan sebuah sedotan pada gelas yang berisi air. tumbuhan juga membutuhkan air sebagai kelangsungan hidupnya. . maka permukaan air dalam sedotan tampak lebih tinggi dibanding permukaan air di luar sedotan Semakin kecil diameter pipa.

hingga mencapai ujung sumbu yang terbakar .Lampu minyak merupakan salah satu sumber penerangan ketika belum ada lampu listrik. Sumbu tersebut bisa menyala dalam waktu yang lama karena minyak tanah yang berada dalam wadah merembes ke atas. Jika kita ingin menggunakan lampu minyak. Sebagian sumbu dicelupkan dalam wadah yang berisi minyak tanah. maka sumbu yang terletak di ujung atas pipa kecil tersebut harus dibakar. disisakan sebagian sumbu. sedangkan sebagian lagi dibungkus dalam pipa kecil.Lampu minyak terdiri dari wadah yang berisi bahan bakar (biasanya minyak tanah) dan sumbu. Pada ujung atas pipa tersebut.

com www.gudangilmu.mediaindonesia.Sumber : www.com .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->