P. 1
PERMEN 58-2009 STANDAR PAUD

PERMEN 58-2009 STANDAR PAUD

|Views: 19,448|Likes:
Published by Dadang Setiawan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Dadang Setiawan on May 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2015

original

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 58 TAHUN 2009

TENTANG STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Standar PAUD pendidikan formal dan nonformal
1. 2. 3. 4. Standar tingkat pencapaian perkembangan; Standar pendidik dan tenaga kependidikan; Standar isi, proses, dan penilaian; dan Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan

DEFINISI PAUD
‡ Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

BENTUK PAUD
‡ Penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan formal berbentuk : Taman Kanak-Kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 4 6 tahun. ‡ Penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk :  Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 0 <2 tahun, 2 <4 tahun, 4 6 tahun  Program Pengasuhan untuk anak usia 0 - 6 tahun;  Kelompok Bermain (KB) dan bentuk lain yang sederajat, menggunakan program untuk anak usia 2 <4 tahun dan 4 6 tahun.

STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡

Pengelompokan Usia Anak 1. Tahap usia 0 - < 2 tahun, terdiri atas kelompok usia: a. < 3 bulan b. 3 - < 6 bulan c. 6 - < 9 bulan d. 9 - < 12 bulan e. 12 - < 18 bulan f. 18 - < 24 bulan 2. Tahap usia 2 < 4 tahun, terdiri atas kelompok usia: a. 2 < 3 tahun b. 3 < 4 tahun 3. Tahap usia 4 6 tahun, terdiri atas kelompok usia : a. 4 < 5 tahun b. 5 6 tahun

STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN 1. Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 0 < 12 Bulan 2. Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 12 < 24 Bulan 3. Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 2 <4 Tahun 4. Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 4 6 Tahun

STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
‡ Pendidik anak usia dini adalah profesional yang bertugas merencanakan,melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, sertamelakukan pembimbingan, pengasuhan dan perlindungan anak didik. PendidikPAUD bertugas di berbagai jenis layanan baik pada jalur pendidikan formal maupun nonformal seperti TK/RA, KB, TPA dan bentuk lain yang sederajat. ‡ Pendidik PAUD pada jalur pendidikan formal terdiri atas guru dan guru pendamping; sedangkanpendidik PAUD pada jalur pendidikan nonformal terdiri atas guru, guru pendamping,dan pengasuh.

‡ Tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan,pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada lembaga PAUD. Tenaga kependidikan terdiri atas Pengawas/Penilik, Kepala Sekolah, Pengelola, Administrasi, dan Petugas Kebersihan. ‡ Tenaga kependidikan pada PAUD jalur pendidikan formal terdiri atas: Pengawas, Kepala TK/RA, Tenaga Administrasi, dan Petugas Kebersihan. ‡ Tenaga kependidikan pada PAUD jalur pendidikan nonformal terdiri atas: Penilik, Pengelola, Administrasi, dan Petugas Kebersihan.

STANDAR PENDIDIK
GURU PAUD ‡ NDAPINE PERMENDIKNAS NO.16/2007 TTG STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU

GURU PAUD YANG BELUM MEMENUHI KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI AKADEMIK DISEBUT GURU PENDAMPING DAN PENGASUH GURU PENDAMPING
‡ IJAZAH D-II PGTK (PT TERAKREDITASI ) ‡IJAZAH SMA DAN MEMILIKI SERTIFIKAT

PENGASUH

MEMILIKI IJAZAH MINIMUM SMA SEDERAJAT

STANDAR TENAGA KEPENDIDIKAN
PENGAWAS PERMENDIKNAS NO.12/2007 TTG STANDAR PENGAWAS SEKOLAH DAN MADRASAH PERATURAN PENILIK PNF PERMENDIKNAS NO.13/2007 TTG STANDAR KEPALA SEKOLAH DAN MADRASAH
‡ MEMILIKI KOMPETENSI GURU PENDAMPING ‡LULUS KURSUS/PELATIHAN PENGELOLA PAUD ‡BERPENGALAMAN MINIMAL 2 TAHUN

PENILIK

KEPALA PAUD FORMAL PENGELOLA PAUD NONFORMAL ADMINISTRASI PAUD

MEMILIKI IJAZAH MINIMUM SMA SEDERAJAT

STANDAR ISI
1.Struktur Program PAUD :
PENGEMBANGAN LINGKUP PEMBENTUKAN PERILAKU KEMAMPUAN DASAR

NILAI-NILAI AGAMA & MORAL

FISIK

KOGNITIF

BAHASA

SOSIAL EMOSIONAL

PENDEKATAN TEMATIK

2. Bentuk Kegiatan Layanan : KEGIATAN PAUD
KELOMPOK USIA :  0 - < 2 TAHUN  2 - < 4 TAHUN  4 - < 6 TAHUN

PENGASUH AN ANAK 

USIA 0 - < 6 TAHUN DILAKUKAN SETELAH KEGIATAN DI KELOMPOK USIA SELESAI DILAKUKAN

PENITIPAN ANAK 

USIA 0 - < 6 TAHUN DILAKUKAN SETELAH KEGIATAN DI KELOMPOK USIA DAN PENGASUHAN ANAK SELESAI DILAKUKAN

3. Alokasi Waktu :
KELOMPOK USIA 0 - < 2 THN LAMA PERTEMUAN 1 X 120 PERTEMUAN PER- MGU 1X MINGGU EFEKTIF/SMT 17 SEMESTER PER THN 2

2 - < 4 THN

1 X 180

2X

17

2

4 - < 6 THN : *PAUD FORMAL *PAUD NON FORMAL

1 X150 - 180

5 6X

17

2

1 X 180

3X

17

2

4. Rombongan Belajar (rombel).
JENIS PAUD FORMAL JUMLAH PST DIDIK 20 GURU/PENDAMPING 1 RASIO GURU : PESERTA DIDIK PAUD NON FORMAL

0-<1=1:4 1 -<2=1:6

NONFORMAL

FLEXIBEL (SESUAI LAYANAN PROGRAM)

MINIMAL 1

2-<3=1:8 3 - < 4 = 1 : 10 4 - < 5 = 1 : 12 5 - < 6 = 1 : 15

STANDAR PROSES
A. PERENCANAAN : 
PENGEMBANGAN RENCANA PEMBLAJARAN. 1. Perencanaan Semester, RKM, RKH. 2. Untuk anak usia 0-2 tahun bersifat individual;. Disesuaikan jadwal harian masing-masing anak.  PRINSIP-PRINSIP : 1. Memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat dan karakteristik anak; 2. Mengintegrasikan kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan dan perlindungan; 3. Pembelajaran dilaksanakan melalui konsep bermain; 4. Pembelajaran dilaksanakan secara bertahap, berkesinambungan dan bersifat pembiasaan; 5. Pembelajaran bersifat aktif, kreatif, interaktif, efektif dan menyenangkan; 6. Proses pembelajaran berpusat pada anak.  PENGORGANISASIAN : 1. Pemilihan metode yang tepat dan bervariasi; 2. Pemilihan alat bermain dan sumber belajar yang ada di lingkungan; 3. Pemilihan teknik dan alat penilaian sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan.

STANDAR PROSES
B. PELAKSANAAN 
1. 2.

3.  1. 2. 3. 4. 5.

PENATAAN LINGKUNGAN BERMAIN : Menciptakan suasana bermain yang aman, nyaman, bersih, sehat dan menarik; Penggunaan APE memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan sesuai dengan fungsi stimulasi yang telah direncakan; Memanfaatkan lingkungan. PENGORGANISASIAN KEGIATAN : Kegiatan dilaksanakan di dalam atau di luar ruangan; Kegiatan dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan; Kegiatan untuk anak usia 0-2 tahun bersifat individual; Pengelolaan pembelajaran anak usia 2 -<4 tahun dalam klp besar, kecil dan individual meliputi inti dan penutup; Pengelolaan pembelajaran anak usia 4 -<6 tahun dilakukan dalam individu, klp kecil, klp besar, meliputi kegiatan pembukaan, inti dan penutup;

6.

Melibatkan orang tua/keluarga.

STANDAR PENILAIAN
PENGERTIAN : PENILAIAN adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak. Tehnik penilaian : ‡ Pengamatan, Penugasan, Unjuk kerja, Pencatatan anekdot, Percakapan/dialog, laporan orang tua, dokumentasi hasil karya anak (portofolio), deskripsi profil anak.

STANDAR PENILAIAN
Lingkup Penilaian :
1. 2. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Mencakup seluruh tingkat pencapaian perkembangan peserta didik; Mencakup data tentang status kesehatan, pengasuhan dan pendidikan. Berkala, intenif, bermakna, menyeluruh dan berkelanjutan; Pengamatan pada aktivitas anak sepanjang hari; Mengkaji ulang catatan perkembangan anak ; Melakukan komunikasi dengan orang tua anak; Dilakukan secara sistematis, terpercaya dan konsisten; Memonitor semua aspek tingkat pencapaian perkembangan anak; Mengutamakan proses dampak hasil; Pembelajaran melalui bermain dengan benda konkret.

Proses Penilaian :

STANDAR PENILAIAN
Pengelolaan Hasil Penilaian :
1. 2. 3. Membuat kesimpulan dan laporan kemajuan anak; Menyusun dan menyampaikan laporan perkembangan anak kpd orang tua; Bentuk laporan : lisan maupun tulisan disertai saran-saran bagi orang tua. Untuk meningkatkan kompetansi diri; Untuk memperbaiki program, metode, jenis kegiatan dll; Bahan diskusi dengan orang tua ttg kemajuan perkembangan anak; Mreujuk keterlambatan perkembangan anak kpd ahlinya via orang tua; Merencanakan program pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus.

Tindak lanjut Hasil Penilaian (oleh Pendidik) :
1. 2. 3. 4. 5.

STANDAR SARANA DAN PRASARANA
A. PRINSIP :
1. Aman, nyaman, terang, dan memenuhi kriteria kesehatan bagi anak; 2. Sesuai dengan tingkat perkembangan anak; 3. Memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada dilin gkungan sekitar. B. PERSYARATAN :
1. LUAS LAHAN MIN. 300 m2 2. RASIO MIN. 3 m2/ANAK, R.GURU, R.KEPSEK, JAMBAN, AIR BERSIH DLL; 3. APE ( PRODUK GURU, ANAK, PABRIK) 4. APE LUAR 5. ALAT PENDUKUNG KEAKSARAAN

PAUD FORMAL

PAUD NON FORMAL

1. DISESUAIKAN DENGAN JENIS LAYANAN, JML ANAK, KELOMPOK USIA, RASIO 3 m2./anak. 2. TEMPAT AKTI VITAS ANAK, R.LUAR & DALAM, KAMAR MANDI,JAMBAN, AIR BERSIH DLL; 3. MEMILIKI FASILITAS APE DALAM 4. MEMILIKI FASILITAS APE LUAR 5. KHUSUS TPA HARUS MENYEDIAKAN TEMPAT TIDUR, K.MANDI, K.MAKAN, TEMPAT ISTIRAHAT SIANG.

STANDAR PENGELOLAAN
1. PROGRAM DIKELOLA SECARA PARTISIPATORIS; 2. PAUD FORMAL MENERAPKAN MBS 3. PAUD NONFORMAL MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS MASYARAKAT.

PRINSIP PENGELOLAAN

PAUD FORMAL UNTUK ANAK USIA 4 - < 6 TAHUN : 1. TK/RAE 2. BENTUK LAIN YANG SEDERAJAT BENTUK LAYANAN PAUD NONFORMAL : 1. TPA ( USIA 0 - < 6 TAHUN ) 2. KOBER ( USIA 2 - < 6 TAHUN ) 3. BENTUK LAIN SEDERAJAT ( 0 - < 6 TAHUN )

STANDAR PENGELOLAAN
PERENCANAAN PENGELOLAAN :
SETIAP LEMBAGA PAUD HARUS MENETAPKAN VISI, MISI DAN TUJUAN LEMBAGA

PELAKSANAAN PENGELOLAAN :
1. PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEGIATAN; meliputi Data Anak dan Perkembangannya , DataLembaga, Administrasi Keuangan dan program; 2. PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR, pengadaan, pemanfaatan, perawatan alat bermain dll.

PENGAWASAN DAN EVALUASI :
MINIMAL SATU KALI DALAM SATU SEMESTER

STANDAR PEMBIAYAAN
1. BIAYA INVESTASI Pengadaan sarpras, pengembangan SDM, modal kerja tetap JENIS DAN PEMAN FAATAN 2. BIAYA OPERASIONAL Gaji Pendidik ,Tunjangan, Alat/bahan habis pakai, 3. BIAYA PERSONAL Biaya yang dikeluarkan oleh peserta didik untuk mengikuti Proses pembelajaran. 1. 2. 3. 4. 5. PEMERINTAH PEMERINTAH DAERAH YAYASAN PARTISIPASI MASYARAKAT SUMBANGAN YG SYAH & TDK MENGIKAT

SUMBER PEMBIAYAAN

SELESAI

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->