UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FTI

PROPOSAL PENELITIAN TUGAS AKHIR
Nama No. Mhs Contact :Fajar Jati Wicaksono____________________ :04524031 ____________________________ :Perum Jatimulyo Baru Blok H.15 Kricak Jogjyakarta Telp 085643840246, email: L337crew_gt@yahoo.com (alamat,telp, email, untuk kemudahan menghubungi, dan jika ada perubahan data
harap hubungi jurusan)

PERSETUJUAN PEMBIMBING Proposal Tugas Akhir ini telah disetujui oleh : Pembimbing I Pembimbing II

………………………. A. JUDUL/ TOPIK

……………………………………

Optimasi Layanan CDMA di wilayah Kota Baru, dan Malioboro Jogyakarta menggunakan metode Drivetest menggunakan software Tems. B. PENDAHULUAN a.
Latar Belakang

Teknologi informasi dan telekomunikasi hari ini sudah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Telekomunikasi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok,sehingga pertambahan jumlah penggunanya pun semakin pesat dalam waktu singkat. Untuk itu diperlukan sebuah upaya agar kualitas dan kapasitas layanan dapat terus terjaga seiring dengan bertambah banyaknya jumlah pelanggan yang pasti akan meningkatkan kepadatan jaringan telekomunikasi. Hari ini dalam dunia telekomunikasi sendiri upaya ini sebenarnya sudah diperhitungkan sejak awal dibangunnya sebuah jaringan telekomunikasi. Metode yang digunakan untuk menjaga kualitas jaringan ini disebut dengan Drive-test. Dengan metode ini vendor dan teknisi dapat mengetahui berapa kualitas dan kapasitas jaringan pada suatu tempat, dan dapat mengetahui juga apakah nilai yang ada masih masuk dalam batas kewajaran atau tidak sehingga perlu disesuaikan. Kegiatan ini biasa disebut optimasi. Optimasi ini dalam aplikasinya perlu disesuaikan dengan tingkat pertambahan pelanggan dan faktor lain yang mempengaruhi kualitas sinyal jaringan itu sendiri. Semakin cepat perubahan yang ada pada suatu wilayah menuntut sebuah perhatian lebih pada daerah tersebut. Contohnya seperti pusat pertokoan dan perkantoran, dimana daerah ini memiliki fluktuasi jumlah pengguna yang besar tiap harinya. Hal ini akan berpengaruh pada cell breathing jaringan yang ada. Selain itu pertumbuhan pohon, gedung, dan reklame yang dapat mempengaruhi sinyal juga perlu diperhatikan dalam optimasi. Untuk itu lokasi lokasi seperti ini perlu di optimasi lebih rutin.

yang menggunakan timeslot untuk mengakomodasi trafik telekomunikasi. Ada yang bertipe FDMA seperti GSM. Akan tetapi jenis jaringan yang ditest adalah jaringan sebuah vendor GSM dengan wilayah coverage regional Jogjakarta. TINJAUAN PUSTAKA Optimalisasi jaringan telekomunikasi sebelumnya pernah dilakukan oleh mahasiswa UII dengan nama Tomi. Batasan Masalah Optimasi jaringan yang akan saya laksanakan ini akan dilakukan untuk daerah Kota Baru dan kawasan Malioboro saja. saya akan menggunakan software Tems sebagai sarananya. Jenis jaringan ini memiliki kekurangan dalam hal kapasitas pelayanannya.Jenis jaringan itu sendiri ada banyak macam. Rumusan Masalah Dalam tugas akhir kali ini saya akan mencari seberapa kualitas dan kapasitas jaringan yang ada pada daerah Kota Baru dan kawasan Malioboro? Kemudian mencari masalah apakah yang sering timbul dari layanan CDMA yang ada disana? Dari masalah – masalah yang berhasil di identifikasi. saya akan mencari solusi apa yang harus diterapkan untuk mengatasi masalah tadi? dan saya akan mencari cara apa yang perlu dilakukan untuk melaksanakan solusi tadi? c. saya serahkan pada teknisi vendor yang nanti akan saya gunakan. Oleh karena itu saya mengangkat judul diatas dalam tugas akhir ini. hingga ditemukan solusi dan teknis penerapannya di lapangan untuk mengatasi masalah yang ada. Optimasi Jaringan CDMA di wilayah Kota Baru dan Malioboro menggunkan software Tems. sehingga dapat menghemat penggunaan bandwidth. D. Optimasi yang saya lakukan ini bertujuan untuk mencari data tentang kualitas dan kapasitas jaringan CDMA yang ada di wilayah yang sudah ditentukan diatas. Untuk pelaksanaan optimasi itu sendiri yang lebih langsung ke alatnya. Untuk software yang digunakan. b. yaitu CDMA di kawasan Kotabaru dan Malioboro. Optimasi yang dilakukan oleh beliau dilakukan pada tahun 2010. Beliau melakukan optimasi jaringan telekomunikasi dengan metode drivetest untuk tugas akhirnya di Universitas Islam Indonesia. Kali ini kami akan melakukan optimasi dengan metode yang sama akan tetapi untuk jenis jaringan. C. maka parameter yang ada pun nantinya akan berbeda dengan optimalisasi jaringan GSM. METODOLOGI / PERANCANGAN . Software ini dapat digunakan baik untuk optimasi jaringan berbasis FDMA atau GSM. dan juga CDMA. Dengan teknologi yang berbeda. Jaringan lain yang diaplikasikan untuk mengatasi masalah ini adalah CDMA (Code Division Multiple Acces) dimana trafik yang ada dilayani berdasarkan code identik yang disebut dengan Pseudo-Noise (PN). dan cakupan wilayah yang berbeda. Software yang biasa digunakan dalam Drive-test ini salah satunya adalah software Tems dari Sony.

JADWAL PELAKSANAAN Dalam Tugas Akhir kali ini saya menargetkan maksimal dalam 2 minggu bisa mendapatkan ijin melakukan drivetest dari provider layanan yang ditargetkan. DAFTAR PUSTAKA 1. Alih Bahasa: Dimas Aryo Sasongko. S. MS. dengan target Esia atau Telkom Fleksi.T. William Stallings.Komunikasi dan Jaringan Nirkabel. E-Book “Tutorial Tems” 3. Setelah mendapatkan ijin dan kode yang dibutuhkan untuk Drivetest.2007. Setelah data yang didapatkan valid data akan diproses dalam jangka waktu maksimal 2 minggu dengan bimbingan dari dosen pembimbing. Penerbit Erlangga. dan kendaraan) saya akan mengumpulkan data dari layanan provider CDMA di wilayah yang sudah ditargetkan. Jadi waktu total yang saya perkirakan untuk pelaksanaan Drivetest CDMA ini yaitu 5 minggu. sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat berdasarkan analisis geografis dan elektris (QoS) E. Yogyakarta. E-Book “Drivetest Untuk Optimasi Jaringan CDMA Menggunakan Perangkat Agilent” 2.Langkah awal yang akan saya laksanakan yaitu meminta ijin sebuah Provider layanan CDMA. Dari hasil Drivetest tadi akan saya proses sehingga dapat diketahui tingkat layanan di wilayah tersebut dan masalah masalah yang ada. Kemudian dengan peralatan Drivetest (Laptop. saya akan lanjutkan dengan melakukan drivetest di lapangan dengan waktu maksimal 1 minggu. Jakarta. 6 Mei 2011 Nama Mhs: Fajar Jati Wicaksono . Software TEMS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful