Cara Ternak Cacing Sutra

by yulidc on Mar 9, 2011 ‡ 3:34 pm No Comments

Cacing sutera (Tubifex), sering juga disebut cacing rambut atau cacing darah merupakan cacing kecil seukuran rambut berwarna kemerahan dengan panjang sekitar 1-3 cm, dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. Cacing ini hidup berkoloni di perairan yang kaya akan bahan organik. Di dalam tubuh cacing sutera terkandung kira-kira 57% protein dan 13% lemak, yang oleh karena itu merupakan pakan yang baik untuk ikan, tidak terkecuali ikan yang dipelihara manusia seperti lele atau ikan hias. Habitat Cacing ini hidup pada subtrat lumpur dengan kedalaman 0 ± 4 cm. Nah seperti hewan air laen maka air memegang peranan penting buat kelangsungan hidup cacing ini. Nah langsung aja parameter optimal cacning sutra : ‡pH:5,5 -8,0 ‡Suhu: 25 ± 28 C ‡ DO(oksigen terlarut) : 2,5 ± 7,0 ppm ‡ Amoniak : <3,6 Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur secara eksternal. Telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah menjadi dua sebelum menetas. Bahan organik yang baik untuk digunakan oleh cacing sutra adalah campuran antara kotoran ayam, dedak (bekatul) dan lumpur. Berikut teknik budidaya cacing sutra: 1. Persiapan Bibit Bibit bisa dibeli dari toko ikan hias atau diambil dari alam Catatan : Sebaiknya bibit cacing di karantina dahulu karena ditakutkan membawa bakteri patogen. 2. Persiapan Media Media perkembangan dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air. Tiap tiap kubangan dibuat petakan petakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm, antar bedengan diberi lubang dengan diameter 1 cm.

seperti keong mas atau kijing. ‡ Apabila matahari cukup terik. Fermentasi Lahan direndam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari. Bersamaan dengan itu. Pipa pengeluaran ini sebaiknya terbuat dari bahan paralon berdiameter 2 inci dengan panjang sekitar 15 cm. ‡ Pipa air keluar atau pipa pengeluaran dicek kekuatannya dan pastikan berfungsi dengan baik. jemur kolam minimum sehari. berarti kedalaman air akan terlihat sama di semua bagian. Hendaknya konstruksi tanah dasar kolam relatif datar atau tidak bergelombang. sehingga benar-benar terlihat rata dan tidak terdapat lumpur yang keras. Jika kondisinya benar-benar rata. kemudian sebar secara merata dan selanjutnya bisa diaduk-aduk dengan kaki. aduk hingga rata. ‡ Untuk memastikannya. Berikut tahapan kerja yang harus dilakukan dalam pembudidayaan cacing sutra. Tahapan Kerja Budidaya Cacing Sutra Cacing sutra atau cacing rambut memang telah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pakan ikan. 5. ‡ Siapkan bakteri EM4 untuk fermentasi kotoran ayam tersebut. ‡ Lahan uji coba berupa kolam tanah berukuran 8 x 1.3. ‡ Dasar kolam diisi dengan lumpur halus yang berasal dari saluran atau kolam yang dianggap banyak mengandung bahan organik hingga ketebalan dasar lumpur mencapai 10 cm. caranya ¼ sendok makan gula pasir + 4ml EM4 + dalam 300ml air trus diemin kurang lebih 2 jam. Namun sayangnya. Dasar kolam uji coba ini hanya diisi dengan sedikit lumpur. membuat bisnis cacing sutra cukup banyak dilirik orang. ‡ Campur cairan itu ke 10kg tokai yang dah di jemur tadi. ‡ Masukkan kotoran ayam kering sebanyak tiga karung ukuran kemasan pakan ikan. kolam dibersihkan dari rumput atau hewan lain yang berpotensi menjadi hama bagi cacing sutra. gunakan aliran air sebagai pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. Pemupukan Lahan di pupuk dengan dedak halus atau ampas tahu sebanyak 200 ± 250 gr/M2 atau dengan pupuk kandang sebanyak 300 gr/ M2. . tidak banyak orang yang memahami teknis pembudidayaan cacing sutra ini.5 m dengan kedalaman 30 cm. Cari di toko pertanian atau toko peternakan atau balai peternakan. jemur 6 jam. ‡ Tanah dasar yang sudah ditambahi lumpur diratakan. Harga jual yang relatif tinggi. Cara bikin pupuknya : ‡ Siapkan kotoran ayam. ‡ Usai pengeringan dan penjemuran. ‡ Trus masukin ke wadah yang ketutup rapet selama 5 hari Kenapa harus fermentasi? Karena dengan fermetasi maka kandungan N-organik dan C-organik bakal naek sampai 2 kali lipat 4. usahakan kondisi dasar kolam bebas dari bebatuan dan benda-benda keras lainnya. ‡ Aktifin dulu bakterinya. Penebaran Bibit Selama Proses Budidaya lahan dialiri air dengan debit 2-5 Liter / detik 6.

‡ Setelah dianggap datar.Pengantar Pertambahan penduduk dunia meningkatan kebutuhan akan sumber protein makanan daging dan ikan . Penangkapan ikan yang hampir tidak terkendali dan dampak pencemaran laut oleh limbah rumah tangga. Panen Cacing Bisa dipanen setelah 8-10 hari. media sudah tidak beraroma busuk lagi. mencegah penyakit kolestrol / penyakit jantung. namun sukar dipenuhi karena pencemaran lingkungan di kedua negara ini pun telah semakin parah akibat pertumbuhan industri. ‡ Kolam yang sudah tergenang air tersebut dibiarkan selama satu minggu agar gas yang dihasilkan dari kotoran ayam hilang.) Negara Asal: Cara Pembayaran: Kemas & Pengiriman: Keterangan: Indonesia Tunai Styrofoam Box TEROBOSAN BARU BUDIDAYA PERIKANAN DALAM KOTA/ PERUMAHAN MARI IKUT BERGABUNG BERSAMA KAMI A.5 liter gumpalan cacing sutra dengan cara menyiramnya terlebih dahulu di dalam baskom agar gumpalannya buyar. genangi kolam tersebut hingga kedalaman air maksimum 5 cm. Pada sisi lain manfaat ikan semakin disadari sebagai pemacu pertumbuhan tubuh manusia. Salah satu jenis ikan yang dianggap sangat bermanfaat bagi manusia ( Jepang dan Korea) adalah ikan belut atau sidat atau eel ( anguilla bicolor) karena dengan mengkonsumsi ikan secara teratur bangsa Jepang dan Korea disamping memacu pertumbuhan tinggi badan juga menstimulasi intelektual bangsa dan menjadi mereka sebagai negara industri dan modern.000 ton pertahun dan permintaan tetap bertambah. ‡ Cacing sutra yang sudah terurai ini kemudian ditebarkan di kolam budi daya ke seluruh permukaan kolam secara merata. industri atau tumpahan minyak yang semakin meluas. Jepang mengimport ikan sidat dari China dan Vietnam hampir 500. ‡ Seterusnya atur aliran air dengan pipa paralon berukuran 2/3 inci. serta manfaat lain bagi kesehatan manusia. . sehingga kebutuhan ikan semakin bertambah tambah. 7. Cirinya. ‡ Tebarkan 0. mengurangi dan memutus siklus kehidupan ikan diperairan diseluruh dunia sehingga menjadikan perbandingan antara kebutuhan dan ketersediaan semakin besar dan tajam. sesuai panjang pipa pembuangan. peningkatan kemampuan otak manusia. Investasi Budidaya Ikan Sidat ( Anguilla sp. ‡ Pasang atap peneduh untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam.

sedang di pembibitan mencapai 30% . Karena tingginya permintaan ekspor ikan sidat serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. temperatur dan pH yang stabil.( tidak ada dipasar) Jangka waktu pembesaran ikan sidat antara 10 12 bulan dengan populasi bibit 4. lebar 300 cm tinggi 75 cm per unit dengan sistem MSWPS ( Multi Stage Water Purification Sysstem) berdasarkan konsep menciptakan lingkungan yang sehat untuk ikan sehingga ikan bebas dari predator pemangsa.Negara negara Eropah juga merupakan pasaraan yang berpotensi tinggi karena mereka juga banyak mengkonsumsi ikan. Air sebagai media pembesaran sidat ditempatkan dalam fibreglaas bulat.000 kg setiap di panen. Keberhasilan pengembangan budidaya ikan sangat ditentukan oleh 3 ( tiga) faktor yaitu : Benih ikan .Pakan dengan formula khusus akan dipasok perusahaan dan konsentratnya disesuaikan dengan umur dan tingkat pertumbuhan sidat atau jenis ikan lainnya yang dibudi dayakan.000 ton pertahun . sehingga harus dikembangkan melalui pengembangan budi daya bilamana hendak dijadikan komoditi ekspor yang potensil. Pada skala ukuran bibit seperti ini. Makan ikan sidat atau dikenal dengan Unagi. menetas di muara muara sungai dan membesar di air tawar. Indonesia hingga saat ini belum mampu berbuat. menunjukkan kita sebagai tamu terhormat. tetapi termasuk termahal di resetoran Jepang sehingga bila kita dijamu dengan hidangan makanan tersebut. 2. Ssasakawa dan lainnya dan perusahaan ini baru mau bekerjasama bila kita mampu memasok kontrak diatas 5.Methode Pengembangan. Air serta Pakan atau Makanan ikan. tingkat kematian/ mortalitas di pembesaran maksimal 2% . Ciri khas ikan sidat adalah bertelur dilaut dalam. . bukanlah makanan biasa. 1. sekaligus secara otomatis menyaring kotoran ikan dan sisa makanan dan mengalirkan kembali air kedalam kontainer. khususnya ikan sidat. 3. Penangkapan yang ada saat ini sangat terbatas dalam jumlah kecil. virus. B. Unagi merupakan suguhan makanan bagi pertemuan pembisnis besar dan terkenal atau tokoh tokoh penting . walau ada 3 wilayah khusus di perairan kita sebagai tempat pengembangan telur ikan sidat yaitu Teluk Toli Toli. Sorong Barat dan Pelabuhan Ratu. kami mengundang para pensiunan maupun yang di pensiun dini atau yang di PHK. bakteri dan cemaran ( polutan) .000 ekor per kontainer atau rata rata 1. Jabar) . Marubeni. para artis serta investor lainnya ikut dalam program kami Membudidayakan ikan ditengah perkotaan/ pemukiman guna memenuhi kebutuhan komoditi ekspor serta mencerdaskan bangsa dengan keuntungan pasti . Benih ikan sidat ukuran 8-15 cm ( fingerling) akan dipasok oleh perusahaan pembibitan/ hatchery ( lokasi di Pelabuhan Ratu. Karenanya yang terlibat dalam bisnis sidat disana adalah perusahaan besar multi nasional seperti Mitsui.

000.000. 3. 135.500.C. 10 bak type 1.750.000. 2. 18. Biaya listrik PLN a. F. 5.000.000.000. Indonesia memiliki pantai 81.5. ancaman pencemaran dilaut Jawa dan permasalahan lainnya. Penutup.Pemasaran. 2 unit M. Harga akan semakin baik dari waktu kewaktu sehingga tingkat keuntungan akan .500. 1 unit Tangki air stainless steel size 1.500. = Rp. 0.000. b.= Rp. Biaya penyambungan baru PLN 6. 9.000.130.000. Biaya Operasional ( 10 bulan) a. 1 unit instalasi air dan listrik a. c. --------------------------------T o t a l = Rp.000 ekor/ 10 bak tahun.64% . bahkan kami bersedia memberi ganti rugi bila investasi anda gagal.7. d.000 km2 dan potensi ikan cukup besar namun terkendala dengan masalah pencurian ikan.000.000 km. ( Dua ratus lima puluh juta rupiah) E. 14.000.000. Rp.) menghasilkan Rp.500. 50. 3 unit Tangkiair Plastik size 1.000. Rp.110. = Rp. Rp.000. 250. 75.500L a. ---------------------------------T o t a l = Rp. atau 117. Hasil Panen ( 10 bulan/ 10 bak) . = Rp. 160 m2 rangka besi dan atap seng a. 350. = Rp. Rp. Rp. 4 ( empat) ekor per kg atau 40. 5.000.000. = Rp.000. c. Rp. 1. 2. terkendali dan terprogram dan dapat dilakukan di rumah/ pekarangan maupun lahan lainnya dengan modal yang relatif kecil . Investasi Peralatan dan Perlengkapan. = Rp.000./ panen. Rp.000kg sidat a Rp. 56.Paket Investasi Proyek Pembesaran Sidat 1. 130. 2. kurangnya peralatan kapal.500.000. = Rp. 25. panen pertama menghasilkan 10.000. = Rp.Kami memberikan bimbingan dan pengawasan sepenuhnya sehingga risiko ditekan seminimal mungkin. Rp.000 fibreglaas ( 3mx75cm) a.600 watt . = Rp. e.200 l a. S Waste Water Recycling System a.75 = Rp. Seluruh hasil pembesaran para investor akan dibeli dan ditampung oleh Perusahaan untuk diproses sebagai bahan makanan jadi bersertifikat sesuai standar dan keinginan pembeli di luar negeri maupun kebutuhan lokal D. Rp. Panen pertama hasilnya telah dapat mengembalikan investasi ( 0) sedang untuk panen kedua dan berikutnya dengan jangka waktu penghapusan instalasi 15 tahun ( Rp. tiadanya industri pengolahan. 17. f.000. 5. 5.000 ( penyambungan PLN) = Rp. ---------------------------------Grand Total = Rp.000. Budidaya ikan dalam kontainer. 2 unit Perawatan MSWWRS a. Pasta/ Pakan 10. b. 1.000 kg a.250.000. luas perairan lebih 6. Rp.135. g. ( dalam 000 rupiah) a.000.

Di Indonesia diperkirakan paling sedikit terdapat 5 (lima) jenis Ikan Sidat. Ikan Sidat dapat dibudidayakan di dalam ruangan tertutup (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). celebensis. Pembudidayaan ikan dengan sistim ini dapat dilakukan secara bersama di komplek perumahan dengan memiliki 1 ( satu) unit produksi ( 10 kontainer) secara patungan . BUDIDAYA SIDAT PADA JARING APUNG 1. borneonsis. Apa pun jenis wadah yang digunakan dalam budidaya Ikan Sidat yang hamus diperhatikan adalah bagaimana mencegah lolosnya ikan dari media budidaya. Diperkirakan ruaya larva Ikan Sidat dimulai pada awal musim hujan. Bicolor Pacifica. ANDA DAN KELUARGA AKAN MENIKMATI KEUNTUNGAN PASTI DAN TETAP. termasuk famili Anguillidae.bertambah . yaitu : Jepang. A. A. bicolor bicolor. MARI BERINVESTASI DENGAN KAMI.. akan tetapi pada musim tersebut faktor arus sungai dan keadaan bulan sangat mempengaruhi intensitas ruayanya. . ordo Apodes. setelah itu Ikan Sidat dewasa beruaya ke laut dalam untuk melakukan reproduksi. Ruaya anadromus larva Sidat (elver) berhubungan dengan musim. Di Indonesia dengan suhu lingkungan yang relatif konstan sepanjang tahun maka pemeliharaan Ikan Sidat dapat dilakukan di luar ruangan (out door). A. pen dan keramba faring apung. Aktivitas makan Ikan Sidat umumnya pada malam hari (nokturnal). Ikan Sidat tumbuh di perairan tawar (sungai dan danau) hingga mencapai dewasa. disamping meningkatnya mutu intelegensia anak anak dengan membiasakan mengkonsumsi ikan ( sidat) yang dihasilkan sendiri. PENDAHULUAN Ikan Sidat (anguilla bicolor). Secara praktis Ikan Sidat dapat dibudidayakan di kolam tanah berdinding bambu. yaitu : Anguilla encentralis. dan A. Ikan Sidat yang telah mencapai stadia elver (glass eel) akan beruaya dari perairan laut ke perairan tawar melalui muara sungai. Di negara-negara lain seperti Australia. Di perairan umum Ikan Sidat memakan berbagai jenis hewan. Taiwan dan China daratan. Ikan Sidat telah dibudidayakan secara intensif di Eropa khususnya di Norwegia. dan secara berangsur-angsur terbawa arus ke perairan pantai. Investasi ini sangat menenangkan karena perkembangan setiap hari. minggu dan bulan dapat dimonitor sekaligus menghilangkan stress dan ancaman sakit jantung yang semakin meluas diderita masyarakat. Jerman dan Belanda serta Asia. Larva hasil pemijahan akan berkembang. polichatea (cacing. Indonesia dan beberapa negara Eropa dan Afrika Barat umumnya produksi Ikan Sidat masih mengandalkan dari hasil penangkapan di alam. Ikan Sidat termasuk ikan karnivora. larva chironomus dan bivalva serta gastropods). khususnya organisme benthik seperti crustacea (udang dan kepiting). kolam beton (bak beton).

d. Suhu. bicolor bicolor. vitamin dan mineral. c.5 ppm. Untuk menghindari lolosnya ikan. Pada pemeliharaan Ikan Sidat lokal. A. bicolor bicolor (elver). d. salinitas yang dapat memberikan pertumbuhan yang baik adalah 6 . Benih Ikan Sidat.40 ppm seluruh Ikan Sidat mengalami methemoglobinemie. dengan jaring berukuran 7 x 7 x 2. Amonia (N H3. 3.2.2. Pada pemeliharaan benih Ikan Sidat lokal..N) dan Nitrit (NO2-N) Pada konsentrasi amonia 20 ppm sebagian Ikan Sidat yang dipelihara mengalami methemoglobinemie dan pada konsentrasi 30 . Salinitas. b. Ikan Sidat membutuhkan zat gizi berupa protein. Benih Ikan Sidat (Anguilla bicolor) berbobot 15 . pH.93% Lemak 10.20 gram per ekor dengan panjang 20-30 cm.. e. LINGKUNGAN PERAIRAN YANG DIKEHENDAKI UNTUK BUDIDAYA IKAN SIDAT a. 4. KEBUTUHAN NUTRIEN Seperti halnya jenis ikan-ikan lain. Oksigen Terlarut.7 ppt.8.5 inchi. Pakan yang diberikan adalah pakan buatan berbentuk pasta dengan kandungan : Protein 47. disekeliling tepian kolam bagian atas diberi penutup dari hapa dengan lebar 60 cm. lemak. c.00% . karbohidrat. Satu unit jaring apung memiliki empat kolam berukuran 7 x 7 m. Jaring Apung. Benih Ikan Sidat diperoleh dari Pelabuhan Ratu hasil tangkapan nelayan di perairan umum.5 .03% Seratkasar 8. Setiap kolam ditebar 100 kg benih Ikan Sidat. pH optimal untuk pertumbuhan Ikan Sidat adalah 7 . suhu terbaik untuk memacu pertumbuhan adalah 29°C. b. Kandungan oksigen minimal yang dapat ditolelir oleh Ikan Sidat berkisar antara 0. Pakan. A.. Kadar protein pakan optimal adalah 45% untuk ikan bestir (juvenil) dan sekitar 50% untuk ikan kecil (fingerling). Padat Penebaran. BUDIDAYA IKAN SIDAT PADA JARING APUNG a.5 m dan mata jaring 2.

BETN 8. 2008 CARA PINTAR BUDIDAYA CAGING SUTRA Bentuk tubuh cacing ini menyerupai rambut dengan panjang badan antara 1-3cm dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas. Bahan organik yang baik untuk digunakan oleh cacing sutra adalah campuran antara kotoran ayam. konsumsi yaitu 180 . Telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah menjadi dua sebelum menetas.200 gram per ekor.46`% dengan mortalitas 9. dipanen dapat . e. Dengan konvensi tersebut akan diperoleh laju perturnbuhan rata-rata 1. Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur secara eksternal. dan masa.64 %. Namun dalam penerapannya masih perlu diperhatikan kondisi serta kualitas perairan umum yang dipergunakan. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. panen secara bertahap dapat dimulai pada masa pemeliharaan 4 bulan. dedak (bekatul) dan lumpur.96. sumber :"dinas Perikanan Provinsi Jabar. Pemeliharaan Ikan Sidat pada kolam keramba jaring apung selama 7 . antar bedengan diberi lubang dengan diameter 1 cm. 2. Persiapan Bibit Bibit bisa dibeli dari toko ikan hias atau diambil dari alam Note: Sebaiknya bibit cacing di karantina dahulu karena ditakutkan membawa bakteri patogen. Cacing ini meiliki 57% protein dan 13% lemak dalam tubuhnya. Ukuran Ikan Sidat yang.mencapai ukuran. Tiap tiap kubangan dibuat petakan petakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm.71% Pakan diberikan sebanyak 3% dari berat total ikan Konvensi pakan sebesar 1. Masa Pemeliharaan dan Panen.8 bulan. Pemeliharaan ikan Sidat pada kolam keramba jaring apung merupakan salah satu alternatif dalam rangka penganekaragaman budidaya ikan pada kolam keramba jaring apung.32% Abu 25. Berikut teknik budidaya cacing sutra: 1. Pemupukan . Persiapan Media Media perkembangan dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air. 3.

seperti keong mas atau kijing. Pipa pengeluaran ini sebaiknya terbuat dari bahan paralon berdiameter 2 inci dengan panjang sekitar 15 cm. Hendaknya konstruksi tanah dasar kolam relatif datar atau tidak bergelombang. . Tanah dasar yang sudah ditambahi lumpur diratakan. sehingga benar-benar terlihat rata dan tidak terdapat lumpur yang keras. Untuk memastikannya. Berikut tahapan kerja yang harus dilakukan dalam pembudidayaan cacing sutra. sesuai panjang pipa pembuangan. Harga jual yang relatif tinggi. 4. Apabila matahari cukup terik. Bersamaan dengan itu. . berarti kedalaman air akan terlihat sama di semua bagian. . kolam dibersihkan dari rumput atau hewan lain yang berpotensi menjadi hama bagi cacing sutra. Usai pengeringan dan penjemuran. . Tahapan Kerja Budidaya Cacing Sutra Cacing sutra atau cacing rambut memang telah sejak lama dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pakan ikan. . Pipa air keluar atau pipa pengeluaran dicek kekuatannya dan pastikan berfungsi dengan baik. . kemudian sebar secara merata dan selanjutnya bisa diaduk-aduk dengan kaki. usahakan kondisi dasar kolam bebas dari bebatuan dan bendabenda keras lainnya. Pasang atap peneduh untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam. Dasar kolam diisi dengan lumpur halus yang berasal dari saluran atau kolam yang dianggap banyak mengandung bahan organik hingga ketebalan dasar lumpur mencapai 10 cm. 5. jemur kolam minimum sehari. Penebaran Bibit Selama Proses Budidaya lahan dialiri air dengan debit 2-5 Liter / detik 6. tidak banyak orang yang memahami teknis pembudidayaan cacing sutra ini. . Masukkan kotoran ayam kering sebanyak tiga karung ukuran kemasan pakan ikan. Lahan uji coba berupa kolam tanah berukuran 8 x 1. . Jika kondisinya benar-benar rata. Fermentasi Lahan direndam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari. membuat bisnis cacing sutra cukup banyak dilirik orang. genangi kolam tersebut hingga kedalaman air maksimum 5 cm. Dasar kolam uji coba ini hanya diisi dengan sedikit lumpur. Setelah dianggap datar.Lahan di pupuk dengan dedak halus atau ampas tahu sebanyak 200 250 gr/M2 atau dengan pupuk kandang sebanyak 300 gr/ M2. gunakan aliran air sebagai pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. Namun sayangnya.5 m dengan kedalaman 30 cm. .

´ katanya. 7.. Pelatihan Budidaya dan Bisnis Ikan Sidat (teori) yang berlangsung kemarin di . Kabupaten Cilacap dengan jenis unggulan Anguilla bicolor yang mirip dengan spesies Anguilla japonica yang sangat disukai di Jepang. pantai barat Sumatra. menurut dia. Rekan2 yang baik. Salah satu lokasi yang dinilai cocok dijadikan kawasan budidaya ikan sidat. Cacing sutra yang sudah terurai ini kemudian ditebarkan di kolam budi daya ke seluruh permukaan kolam secara merata. Cilacap menjadi salah satu lokasi percontohan pemeliharaan benih ikan sidat Potensi ini menjadi satu pemikiran yang perlu dikaji lebih dalam. ´Khususnya di sepanjang pantai selatan Jawa. .´ kata peneliti kelautan dari BPPT Iwan Eka Setiawan pada sosialisasi Kegiatan Program Difusi Teknologi Pemeliharaan Benih Ikan Sidat Teradaptasi di Cilacap. Potensi besar itu karena ikan sidat (Anguilla) membutuhkan lokasi laut dalam untuk bertelur. seperti dikutip dari antarajateng. tempat penyebaran 12 dari 18 spesies ikan sidat yang ada di dunia. adalah kawasan laguna Segara Anakan. khususnya Jepang. hingga mencapai ratusan ribu ton pertahun pengiriman ikan di luar. untuk mengembangkan potensi daerah dan menambah pendapatan nelayan. . mulai dari pendederan hingga pembesaran. saat ini ikan sidat menjadi pasar terbesar di negara lain. Jepang merupakan konsumen ikan sidat terbesar dunia. Pemkab Cilacap berupaya menjadikan desa Panikel. Tebarkan 0.5 liter gumpalan cacing sutra dengan cara menyiramnya terlebih dahulu di dalam baskom agar gumpalannya buyar. Sementara itu peneliti biologi BPPT Dr. padahal produksi negara sakura itu hanya 21 ribu ton per tahun. setiap tahunnya membutuhkan 150 ribu ton dari 250 ribu ton kebutuhan dunia. Cilacap ± Ikan sidat ternyata banyak diminati oleh masyarakat luar.com. media sudah tidak beraroma busuk lagi. budidaya ikan sidat perlu digencarkan. Cirinya. . Seterusnya atur aliran air dengan pipa paralon berukuran 2/3 inci. Panen Cacing Bisa dipanen setelah 8-10 hari. Odilia Rovara menambahkan. pesisir Sulawesi dan perairan Ambon. Kolam yang sudah tergenang air tersebut dibiarkan selama satu minggu agar gas yang dihasilkan dari kotoran ayam hilang. ³Potensial tapi belum dikenal masyarakat. di sisi lain juga membutuhkan air payau dan tawar ketika tumbuh dewasa sehingga sangat cocok dengan kondisi alam maritim Indonesia. Indonesia sangat berpotensial sekali menjadi salah satu pemasok terbesar ikan sidat.

Padahal hewan ini sangat dibutuhkan sebagai menu makanan. pelatihan angkatan ke-5 ini banyak dihadiri para peserta yang datang dari luar kota. Manado. Antara lain dari Cilacap. Bagi rekan2 yang ingin ikut anjangkarya silahkan mendaftarkan diri dengan menghubungi Agromania: 021-7199660 atau daftar langsung di http://sidatmania. Kini para pengusaha rajin datang ke . Pelatihan Budidaya Ikan Sidat Secara Intensif Populasi sidat di Jepang menurun drastis.com Untuk rekan2 yang ingin mendapatkan materi pelatihan ( 2 DVD + 1 CD + 3 Materi Cetak) silahkan hubungi 021. Jaksel 12510 Email: infokita2@. Mereka bingung. Pejaten Barat 2. contoh yg sudah berhasil Pak Nurkholiq di Bogor.Griya Patria. Pembawa materi yang terdiri dari Rudy S. Panitia Penyelenggara ALAMAT SEKRETARIAT: Agromania Business cLub (ABC) Jl. > > > Alamat: Kompleks Perumahan Laladon Baru RT 05 RW 01. Salam.7199660.blogspot. Terima kasih. 0811111570. Pontoh (Owner Agromania) dan Syaiful Hanif (milyader muda dari bisnis ikan sidat) mendapat sambutan luar biasa dari para peserta.. Tel/Fax: (021) 719 9660 SMS: 0 8 1 1 1 8 5 9 2 9 Memang main bibit profit margin nya agak lebih tinggi dari pada pembesaran.53.. Negeri Sakura itu sangat membutuhkan. Bandung. Kalau dari ulasan tabloid peluang usaha memang pembibitan menjanjikan. Jaksel berlangsung luar biasa sukses. ini contact nya 08176494442. Jumlah peserta benar2 membludak di luar dugaan. dll. Jambu No. Berbeda dengan pelatihan2 sebelumnya. Makassar. Acara pelatihan akan dilanjutkan dengan anjangkarya (tanggal 29 Januari 2011).

Indonesia. 9. Usai Pelatihan bisa meninjau Farm Lele Greenhouse (GH) milik UF-two. 24.8 cm Memproduksi benih ukuran 9-10 cm Penanganan Benih 17. 27. 31. 11. 10. 5. ikuti pelatihannya di UF-two. 22. 32. 13. 23. Prospek usaha Memilih tahapan usaha Mengenal kebiasaan makan Siklus hidup dan pembiakan Beda jantan dan betina Sidat konsumsi yang baik Memilih lahan budidaya Menyiapkan kolam pemijahan Menyiapkan kolam pendederan Membeli glass eel atau elver Glass eel atau elver yang baik Memproduksi benih ukuran 2 ± 3 cm Memproduksi benih ukuran 4 . Pemberokan Menyeleksi benih Menghitung benih Pembesaran di kolam tembok Pembesaran di kolam tanah Pembesaran di fibre glass Membuat probiotik Mengenal probiotik Kultur Dapnia dan Moina Mengangkut benih Mengangkut induk Mencegah penyakit Mengobati penyakit Mendapatkan benih betina Analisa usaha pembenihan Analisa usaha pembesaran . Karena itu. 8. 6. tapi hanya teori. Materinya sangat lengkap. 7. 18. dengan tujuan untuk membuka peluang kerja sama usaha. 21. 26. 12. 19. Berikut seluruh materinya : 1. 29. 20. kita harus siap dengan teknologinya.6 cm Memproduksi benih ukuran 7 . 3. 15. 16. 14. 30. 28. 2. 4. Ingin tahu cara budidayanya. 25.