STANDAR KOMPETENSI Menganalisa Perdaban Indonesia dan Dunia

KOMPETENSI DASAR Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia

A. Pembabagan Zaman Pembabagan zaman dalam pembahasan kali ini dibedakan menjadi 2 yaitu pembabagan secara geologi dan arkeologis. Pembabagan berdasarkan geologinya dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Zaman Arkaekum Zaman tertua ini diperkirakan berusia sekitar 2500 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi belum stabil dan masih panas. Kulit bumi dalam proses pembentukan.Pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan. 2. Zaman Palezoikum Zaman ini berusia sekitar 340 juta tahun. Keadaan bumi masih belum stabil dan masih berubah-ubah. Pada zaman ini sudah ada tanda-tanda kehidupan, seperti makhluk bersel satu atau mikroorganisme, binatang yang tidak bertulang punggung, beberapa jenis ikan, amfibi, dan reptile. Zaman ini disebut juga zaman primer atau zaman pertama 3. Zaman Mesozoikum Zaman ini diperkirakan berusia 140 juta tahun. Pada zaman ini, kehidupan mengalami perkembangan yang pesat. Muncul binatang-binatang besar, seperti jenis-jenis binatang dinosaurus, atlantosaurus, serta jenis-jenis burung dalam bentuk yang sangat besar. Pada zaman ini berkembang berbagai jenis reptile. Zaman Mesozoikum ini disebut juga zaman sekunder atau zaman kedua. 4. Zaman Neozoikum Zaman ini diperkirakan berusia sekitar 60 juta tahun. Keadaan bumi semakin membaik, perubahan cuaca tidak begitu besar dan kehidupan berkembang dengan pesat. Zaman ini dibedakan atas dua zaman yaitu: a. Zaman Tertier. Zaman ini ditandai berkurangnya jenis-jenis binatang besar dan telah hidup jenis-jenis binatang menyusui, yaitu kera dan monyet. b. Zaman Quarter. Zaman ini berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu. Zaman ini ditandai adanya tanda-tanda kehidupan manusia purba dan zaman ini terdiri atas dua bagian, yaitu kala pleistosen dan kala holosen.

Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06

1

Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

• Kala Pleistosen atau Zaman Dilluvium. Zaman ini berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalau. Zaman ini disebut juga disebut zaman es (zaman Glasial). Pada zaman ini, es dari Kutub Utara mencair hingga menutupi sebagian Eropa Utara, Asia Utara, dan Amerika Utara. Naik turunnya temperatur bumi datang dan silih berganti dengan tiba-tiba. Jika temperatur turun, genangan es semakin luas dan air laut menjadi turun. Sebaliknya jika temperatur naik, es-es tersebut mencair dan membentuk lautan-lautan yang luas. • Kala Holosen atau Zaman Alluvium. Zaman ini berkembang sejak 20.000 tahun yang lalu. Pada zaman ini mulai hidup jenis homo sapiens, yaitu jenis manusia separti manusia zaman sekarang. Selain pembagian zaman berdasarkan kajian geologis, dikenal juga pembagian zaman berdasarkan kajian arkeologis, yaitu berdasarkan jenis peralatan atau bendabenda yang dipergunakan sebagai penopang kehidupan segari-hari. Pembagian zaman tersebut adalah sebagi berikut : 1. Zaman Batu Zaman batu adalah zaman ketika manusia menggunakan alat-alat penunjang hidupnya sebagian besar terbuat dari batu. Tentunya pada zaman ini ada pula alatalat penunjang hidup manusia yang terbuat dari kayu tau bambo, tetapi bekas-bekasnya tidak ada sama sekali. Dapat di bayangkan bahwa manusia pendukung zaman ini memiliki daya pikir yang sangat rendah. Dengan demikian, kepandaian untuk menciptakan alat-alat hidup juga sangat rendah. Kemampuan daya pikir tersebut sesuai dengan tantangan dari lingkungan sekitarnya. Mereka menggunakan peralatan yang mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal sekitar mereka. Para ahli purbakala membedakan zaman ini ke dalam Zaman Batu Tua, Batu Tengah, Batu Muda, dan Batu Besar Zaman Batu Tua (Paleolithikum) Zaman ini diperkirakan berlangsung selama 600.000 tahun silam, yaitu selama Kala Pleistosen (Dilluvium). Selama kurun waktu tersebut manusia hanya menggunakan alat-alat yang paling dekat dengan lingkungan hidup mereka, seperti kayu, bambu dan batu. Batu juga berfungsi sebagai kapak yang digenggam untuk memotong kayu atau membunuh binatang buruan. Kehidupan manusia pendukung zaman ini masih nomaden atau bepindahpindah dari satu tempat ke tempat lain. Inti kegiatan hidup sehari-hari manusia pendukung Zaman Paleolithikum adalah mengumpulkan bahan makanan untuk dikonsumsi saat itu juga. Kegiatan seperti itu disebut peradaban food gathering atau pengumpul makanan. Zaman Batu Tengah (Mezolithikum) Pada zaman Mezolithikum, kehidupan manusia tidak jauh berbeda dengan Zaman Paleolithikum.yaitu berburu mengumpulkan makanan dan menangkap ikan. Namun, berbeda dengan kehidupan manusia pada Zaman Paleolithikum yang masih nomaden, manusia Zaman Mezolithikum telah bertempat tinggal tetap.

2

Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06

Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

Biasanya mereka memilih tempat tinggal di tepi sungai, tepi pantai, atau guagua. Para ahli ilmu purbakala menyebutkan bahwa zaman ini berlangsung kurang lebih 20.000 tahun silam. Manusia purba pendukung peradaban ini merupakan campuran bangsa-bangsa pendatang dari Asia. Dengan demikan, alat-alat yang mereka gunakan juga mendapat pengaruh dari daratan Asia. Zaman Batu Muda (Neolithikum) Ciri utama zaman ini adalah manusia telah menghasilkan makanan atau menjadi pendukung peradaban food producing. Manusia pendukung peradaban ini sudah bertempat tinggal menetap, bercocok tanam, dan berternak. Dengan demikian, mereka sudah dapat disebut sebagai masyarakat agraris. Mereka telah mampu membuat tempat tinggal tetap, membuat aturan hidup bersama dalam satu kelompok masyarakat, dan melakukan pembagian kerja.Alatalat kebudayaan yang dihasilkanny sudah diasah dan diupam sehingga halus dan a indah. Selain tembikar sudah pula dikenal tenunan. Mereka juga telah mengembangkan kepercayaan terhadap terhadap orang yang pertama kali mengembangkan kampung tempat tinggal mereka yang telah meninggal. Kepercayaan tersebut disebut kepercayaan terhadap arwah nenek moyang. Zaman Batu Besar (Megalithikum) Zaman Megalithikum biasa disebut dengan zaman batu besar, karena pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meninggalkan kebudayaan yang terbuat dari batu-batu besar. Kebudayaan ini berkembang dari zaman Neolithikum sampai zaman perunggu. Pada zaman ini, manusia sudah mengenal kepercayaan. Kepercayaan mereka masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Kepercayaan ini muncul karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat. Manusia mulai percaya bahwa orang yang meninggal, rohnya akan pergi ke suatu tempat dan sewaktu-waktu roh itu dapat dipanggil untuk memberikan pertolongan. Benda-benda peninggalan zaman Megalithikum hampir dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

AYO BIKIN BAGAN PEMBABAGAN ZAMAN
Kalian tentunya telah paham dengan materi Pembabagan zaman. Sekarang coba buat bagan Pembabagan zaman berdasarkan geologisnya kemudian jelaskan ciri-ciri tiap zaman tersebut. Apabila kesulitan, kalian boleh kok melihat kembali materi diatas. Bila telah selesai, maka nilaikan pekerjaan kalian kepada guru untuk dinilai sebagai nilai tugas.

Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06

3

Ralph von Koenigswald berhasil menemukan sejumlah alat di Punung. Selain di Pacitan. Manusia selalu belajar dari pengalaman yang dialaminya sehari-hari sebagai guru yang terbaik. Arkeologi. dan tombak.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 2. Alat-alat tersebut tercipta sebagai hasil dari proses belajar beribu-ribu tahun. dan Antropologi-Budaya. Alat-alat tersebut berupa kapak genggam yang terbuat dari batu dan lempung. Alat-alat yang ditemukan di Pacitan tersebut disebut chopper atau alat penetak. Mungkin bijih logam sudah ditemukan pada Zaman Paleolithikum. alat pertanian. Kabupaten Pacitan. pengorek. Kemampuan mereka membuat kapak. Zaman digunakannya alat-alat tersebut disebut Zaman Logam. alat rumah tangga. yaitu di goa Choukoutien. Geologi diperlukan untuk mengetahui peninggalan-peninggalan purbakala atau zaman ketika orang belum mengenal tulisan. Mezolithikum. Kita tidak mengetahui dengan pasti siapakah pemilik benda-benda itu. dekat Ngawi. dan di Sumatra Selatan. seperti mencari dan mengolah makanan serta untuk memepertahankan hidupnya. Kebudayaan Pacitan ini dibuat dan digunakan oleh jenis manusia Pithecanthropus. diperlukan ilmu bantu. a) Zaman Paleolthikum 1. B. dan sebagainya yang terbuat dari logam tidak timbul begitu saja. Bentuk fisiknya masih kasar. Manusia zaman ini menyadari bahwa untuk menghasilkan alat baru diperlukan teknologi baru. dengan cara apa benda-benda itu dibuat. Oleh karena itu. usaha. Neolithikum. dan Zaman Logam. Hasil-Hasil Budaya Manusia Purba Benda-benda peninggalan zaman prasejarah sebagai hasil budaya manusia purba sudah terkubur selama puluhan. serta pengalaman berpengaruh terhadap terciptanya kebudayaan dan peradaban yang lebih baik. Kapak Genggam Pada 1935. Zaman Logam Masyarakat prasejarah mulai menggunakan logam setelah selama ribuan tahun menggunakan batu. 4 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . serta untuk kepentingan apa benda-benda itu diciptakan. Alat-Alat dari Tulang dan Tanduk Binatang Di daerah Ngandong dan Sidorejo. Alat ini juga ditemukan diluar wilayah Indonesia. Madiun (Jawa Timur). bahkan ribuan tahun. Faktor daya pikir. ratusan. kerja keras. 2. Peking. seperti bajak. Karena alat-alat ini ditemukan di Pacitan maka disebut Kebudayaan Pacitan. sedangkan teknologi baru memerlukan kemampuan baru. Dari hasil penelitian. Alat-alat ini berfungsi sebagai alat penusuk. Ditemukan banyak alat yang terbuat dari tulang dan tanduk binatang. Megalithikum. Dari pengalaman tersebut mereka menghasilkan alat yang lebih baik dari alat yang dibuat sebelumnya guna menunjang kegiatan pokok sehari-hari. Adapun AntropologiBudaya diperlukan untuk mengetahui kebudayaan manusia dari peninggalannya. Sukabumi (Jawa Barat). antara lain Geologi. chopper juga ditemukan di Parigi dan Gombong (Jawa Tengah). Berikut hasil-hasil budaya manusia purba dari Zaman Paleolothikum. anak panah.

......................................................... atau memotong umbiumbian........ Flakes banyak di temukan di daerah Sangiran................................................... Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar ! 1) Berdasarkan geologi waktu sejak terjadinya bumi hingga sekarang dapat menjadi empat zaman............................................................. ............................ Sebutkan 2 zaman tersebut ! Jawab : ..................................................... ........ 3) Kapak lonjong yang besar disebut walzenweil........... Alatalat ini........................................................... Alat ini di gunakan untuk mengulit hewan buruan................................................................................................................................................................................. Waruga banyak ditemukan didaerah….................................................................. ............................. mengiris daging.............................................................................................................................................................. kemudian yang kecil disebut….......... termasuk Kebudayaan Ngandong............. Sragen (Jawa Tengah)........................ Jawab : ............................................... ................................................................................. Siapa penemu Arca…............. .................................... ......... ...................... .............. Jawab : .................................................... 5) Arca............................... Sebutkan pembabagan zaman tersebut ! Jawab : ............................................................ arca Meghalitik banyak ditemukan di Sumatra selatan dan ditemukan oleh orang asing................................... Dari hasil penelitian..................... Jawab : .... ............. ................................ 3................................................................. ....... .................................. Kebudayaan Ngandong ini di buat dan di gunakan oleh jenis manusia Homo Soloensis dan Homo Wajakensis....................................................... Dari hasil penelitian................................................................................................................. flakes di buat dan di gunakan oleh jenis manusia Homo Soloensis dan Homo Wajakensis............................................ .................................................................................................................... .............................................................................................Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Karena alat-alat ini ditemukan di Ngandong maka di sebut Kebudayaan Ngandong.............................................................................. ................... 2) Zaman kuarter dibagi menjadi 2 kala.......... Alat Serpih(flakes) Alat serpih atau Flakes terbuat dari batu yang bentuknya kecil............... . 4) Waruga adalah peti jenasah yang berbentuk kubus dan dan ditutup dengan batu lain...................................................

Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 5 .

Alat-alat ini juga ditemukan di Kjokkenmoddinger di sepanjang pantai Sumatra Timur Laut. Sisi luarnya yang sudah halus tidak di apa-apakan. di antara Langsa (Aceh) dan Medan (Sumatera Utara).Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia b) Zaman Mezolithikum 1. Kjokken artinya dapur dan moding artinya sampah. Adapun jenis manusia yang menjadi pendukung kebudayaan Kjokkenmoddinger adalah bangsa Papua Melanesoide. Kapak ini ditemukan di Kjokkenmodinger di sepanjang pantai Sumatea Timur Laut. di antara Langsa (Aceh) dan Medan (Sumatra Utara). Kapak Pendek (Hache courte) Kapak pendek atau hache courte adalah sejenis kapak genggam yang bentuknya kira-kira setengah lingkaran dan dibuat dengan memukuli dan memecahkan batu tanpa diasah. Seorang ahli yang pertama kali meneliti Kjokkenmoddinger adalah Dr. Goa-goa tersebut menyerupai ceruk untuk berlindung dari panas dan hujan. Tajamnya terdapat pada sisi yang lengkung. sedangkan sisi dalamnya (tempat belah) dikerjakan lebih lanjut.Van Stein Callenfels pada 1925. Kapak Sumatra (pebble) Kapak Sumatralith atau pebble adalah sejenis kapak genggam yang terbuat dari batu kali yang dipecah atau dibelah. Tidak diketahui secara pasti kegunaan alat ini. . Kjokkenmoddinger Kjokkenmodinger berasal dari bahasa Denmark. Jadi. diantara Langsa (Aceh) dan Medan (Sumatra Utara). Pipisan ini digunakan tidak hanya untuk menggiling makanan. Kulit-kulit siput dan kerang tersebut sebagian di antaranya telah menjadi fosil dan merekat bersatu menjadi suatu kelompok yang padat. Peninggalan budaya ini banyak di temukan sepanjang pantai Sumatera Timur laut. 2. tetapi juga untuk menghaluskan cat merah seperti yang terlihat dari bekas-bekasnya. 5. sesuai dengan keperluannya.PV. 4. Pipisan Pipisan adalah batu-batu penggiling beserta landasannya. Kapak ini ditemukan di Kjokkemoddinger di sepanjang pantai utara timur laut diantara Langsa (Aceh) dan Medan (Sumatra Utara). Abris Sous Roche Abris sous roche adalah goa-goa yang digunakan sebagai tempat tinggal. Aktifitas ini diperkirakan berkaitan dengan upacara ritual dan kepercayaan. Kjokkemodinger adalah sampah dapur berupa kulitkulit siput dan kerang yang telah bertumpuk selama beribu-ribu tahun sehingga membentuk sebuah bukit kecil yang beberapa meter tingginya. 3.

6 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 .

Lukisan-lukisan tersebut antara lain ditemukan di Leang-leang Sulawesi Selatan. 7.N. Menurut penelitian Von Koenigswald. Daerah Bandung dan sekitarnya (Padalarang. lukisan gua juga ditemukan di Gua Raha.Th. Di gua ini ditemukan lukisan berwarna babi hutan yang sedang lari dan cap tangan yang berwarna merah. Penelitian tentang persebaran Kapak Sumatra dan kapak pendek telah membawa para ahli ke daerah Tonkin. Banjaran. Flakes yang ditemukan di daerah sekitar tepi danau Bandung tersebut semuanya terbuat dari batu indah yang warnanya hitam (obisidian). Selain itu. Yunan Selatan. Adapun flakes obisidian yang ditemukan di daerah danau Kerinci di teliti pertama kali oleh Dr. Mme Madeleine Colani. Hal ini terbukti dari ditemukannya pecahanpecahan obisidian yang tidak atau belum terpakai untuk pembuatan alat-alat di daerah tersebut. Sulawesi Tenggara. Di sekitar danau Sentani. Flakes Obisidian Penelitian tentang daerah lain tempat penemuannya flakes selain di Sangiran juga di daerah Bandung (Jawa Barat) dan daerah Danau Kerinci (Sumatera). Lukisan di gua tersebut menggambarkan beberapa kuda gunung yang salah satunya sedang ditunggangi oleh dua orang. Papua ditemukan juga lukisan gua yang menggambarkan manusia. yaitu pegunungan Basconn dan daerah Hoabinh yang letaknya berdekatan. kebudayaan ini dinamakan Kebudayaan Bacson-Hoabinh sesuai dengan nama tempat penemuannya. Soreang hingga Cicilin).J. kehidupan di dalam laut. Kebudayaan Bascon-Hoabinh. Lukisan di dinding Gua Salah satu hasil budaya yang terdapat di Abris Sous roche adalah lukisanlukisan pada dinding gua. Di daerah bahan obisidian untuk flakes diambil di daerah Merangin (Jambi Hulu) 8. Flakes obisidian ini dinamakan Microlith (batu kecil). . dahulunya merupakan sebuah danau purba. Thussink van der Hoop pada tahun 1937.A.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 6. Oleh ahli prasejarah Perancis. Bandung Utara. Pulau Muna. reptil. Temuan tersebut diteliti oleh van Heekeren. ditemukan berbagai alat kebudayaan yang sama dengan alat-alat yang ditemukan di wilayah Indonesia. Obisidian sebagai bahan untuk flakes di daerah Bandung ini berasal dari daerah Nagrek di sebelah utara Garut. dan perahu. Cicalengka. Penyelidikan menunjukan bahwa di Tonkin inilah terdapat pusat kebudayaan prasejarah Asia Tenggara. Di daerah ini.

Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 7 .

.. a... Obris Sour Rouce 8 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . 600 SM e... Pebble adalah istilah kapak genggam Sumatra. Keinbeil 4. Alas tulang b. Salah satu hasil kebudayaan perunggu adalah….. Kebudayaan zaman batu muda di Indonesia dibagi 2 golongan besar. Kebudayaan perunggu di Asia Tenggara yang menyebar ke Nusantara sekitar 500 M. Tombak e... Sejak zaman berapakah zaman perunggu masuk ke Indonesia. Hache Courte e. a.... Van Heine b.. Pebble Culture c. Disebut apakah nama kapak lonjong yang kecil.. Sarkofagus e. Gerabah b. 100 SM d.. yaitu kebudayaan kapak persegi dan kebudayaan kapak lonjong.... Kapak lonjong yang besar disebut wal zenbeil. Kain c.. Alat serpih d.. Tulang rusuk e. Jawa Barat berupa kapak genggam dari batu dan Flake adalah… a. a. Van Basten c... 500 SM c. Van Roosts e. Van Harts d. Van Toefl 5. a.. Yang memeberi nama kapak persegi ini adalah…. Kayu d... Linggis c. 700 SM 2. 450 SM b. Tulang ikan 6.. Nekara b. Alat–alat zaman batu tua dari Ngandong dekat Ngawi...Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia A. Pada zaman logam ini penduduk di Nusantara telah mampu mengolah dan melebur logam... Alat batu c.. a... Dolmen 3.. Pilihlah Jawaban yang paling benar ! 1. Sedangkan Kapak pendek mempunyai istilah …... Pisau Batu b. Keris d. Sampah dapur d.

Bahan pembuatan kapak persegi adalah batu api dan batu chalcedom.. Kebudayaan Jawa d. P. Aceh e.. Kebudayaan Melayu c) Zaman Neolithikum 1. Bali d. Pendukung utama kebudayaan perunggu di Indonesia adalah pendatang baru dari Asia Tenggara yaitu penduduk Deutro Melayu.Komodo 10.... Kepercayaan terhadap benda-benda yang bersifat magis disebut… a. a. Alat ini bentuknya memanjang dengan penampang / alat berbentuk persegi dan bagian pangkalnya tidak diasah sebagai tempat ikatan tangkai. Pemujaan terhadap binatang yang dianggap memiliki kekuatan magis disebut fetomisme.. Animisme c. Cetakan lilin d. Kapak corong adalah kapak yang bagian atasnya berbentuk corong..Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 7. Salah satu tempat ditemukannya kapak tersebut adalah. Teknik mencetak logam yaitu menggunakan 2 cetakan yang dapat ditangkapkan (dirapatkan). Fetisime e.. kapak-kapak persegi tersebut berasal dari Asia dan menyebar ke wilayah Indonesia melalui jalan barat.Nias c. Kebudayaan Deutro Melayu b.. Kapak Persegi Nama kapak persegi berasal dari von Heine Geldern berdasarkan penampang dari alat-alatnya yang berupa persegi panjang atau berbentuk trapesium... Menurut penelitian. Dinamisme b. Mistik d. Pelayaran e. P. Kebudayaan Dongson c.. Madura b.. Teknik tersebut adalah teknik Bivalve yang berarti …. Kebudayaan yang dibawa bangsa Deutro Melayu adalah… a. Searah c.. Setangkap b. Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 9 .. Cetakan 9. Animatisme 8. Kebudayaan Deutro Sunda e. a.

diantaranya berupa gelang. Di bukit-bukit pasir di Pantai Selatan Jawa antara Yogyakarta dan Pacitan ditemukan pecahan-pecahan periuk belangga yang mempunyai hiasan tenunan. dan anting-anting. Gorong. 5. dan jaspis. Sulawesi Utara kapak ini ditemukan. Sarkophagus Sarkophagus atau keranda adalah peti bangunan megalith berupa peti mati tempat penyimpanan mayat. chalcedon. Leti. mereka juga sudah pandai menenun tekstil yang agak halus. Di wilayah Indonesia kapak bahu pada umumnya tidak dikenal. yaitu yang besar disebut walzenbeil. 3. di Melolo. serta manik-manik. Hal ini berdasarkan penemuan alat pemukul kayu yang biasanya digunakan untuk membuat pakaian dari kulit kayu. Sumbawa banyak ditemukan periuk belangga yang berisi tulang belulang manusia. Jawa Timur. Tembikar Penemuan pertama tentang tembikar (periuk belangga) terdapat di lapisan teratas Kjokkenmoddinger di Sumatra. Tanimbar. Bentuknya seperti palung atau lesung yang terbuat dari batu utuh dan diberi penutup. Minahasa. Perhiasan Masyarakat prasejarah telah mengenal perhiasan. Kapak-kapak lonjong memiliki berbagai ukuran. Bahan yang digunakan untuk pembuatan perhiasan ini adalah batu-batu indah. Bahan yang digunakan untuk membuat kapak lonjong adalah batu kali yang berwarna kehitaman. 6. kalung. Salah satu tempat penemuan sarkhopagus adalah di Bali. Pakaian Masyarakat prasejarah telah mengenal pula pakaian. . Selain itu. 4. Kapak Bahu Kapak bahu adalah sejenis kapak persegi yang pada tangkainya diberi “leher” sehingga menyerupai bentuk botol yang persegi. Namun. seperti agat. Sarkhopagus juga ditemukan di Bondowoso. bentuknya sudah berupa pecahanpecahan yang sangat kecil sehingga sukar ditentukan bentuk asalnya. Perhiasan ini pada umunya ditemukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Isinya tulang belulang manusia. dan Serawak ditemukan juga.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 2. kapak-kapak lonjong tersebut berasal dari Asia dan menyebar ke wilayah Indonesia melalui jalur timur. d) Zaman Megalithikum 1. Menurut penelitian. sedangkan yang kecil disebut kleinbeil. barang-barang perunggu dan besi. dengan ujung pangkal runcing dan melebar. Daerah pusat kapak lonjong adalah Papua. hanya di Minahasa. Kapak Lonjong Nama kapak lonjong didasarkan penampang-alangnya yang berbentuk lonjong. tetapi di Seram.

10 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 .

Gunung Kidul Rembang (Jawa Tengah). Dolmen Dolmen adalah meja batu berkakian menhir tempat sesajen dan pemujaan kepada nenek moyang yang berfungsi sebagai penutup sarkhopagus atau keranda. 5. Ngada (Flores). Wonosari(Yogyakarta). Menhir Menhir adalah tiang atau tugu terbuat dari batu yang didirikan sebagai tanda peringatan dan melambangkan arwah nenek moyang sehingga menjadi benda pujaan. 4. dan Cirebon (Jawa Barat). Dolmen banyak ditemukan di daerah Besuki. Lahat (Sumatra Selatan). 3. Sulawesi Tengah ditemukan juga dua buah arca yang melambangkan sosok lelaki dan perempuan. Jawa Timur.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 2. Di Lembah Bada. Dalam perkembangan selanjutnya. Penyelidikan di Pasemah ini dilakukan oleh Dr.van der Hoop dan von Heine Geldern. keratin atau bangunan keagamaan lainnya. Keempat sisinya berdindingkan papan-papan batu. Punden Berundak Punden berundak adalahbangunan megalith berupa susunan batu bertingkat sebagai tempat pemujaan terhadap nenek moyang. Peninggalan megalith ini banyak ditemukan di daerah Pasemah (Sumatra Selatan). Bangunan ini terbuat dari batu besar yang utuh. Kubur Batu Kubur batu adalah peti mati yang terbuat dari batu. dan Kuningan. Waruga Waruga adalah kubur batu yang berbentuk kubus atau bulat. Arca atau Patung Arca atau patung adalah bangunan yang terbuat dari batu berbentuk binatang atau manusia yang melambangkan nenek moyangdan menjadi pujaan. punden berundak merupakan dasar bagi pembuatan candi. Menhir banyak ditemukan di dataran tinggi Pasemah (pegunungan antara wilayah Palembang dan Bengkulu). Sungai Talang Koto (Sumatra Barat). Waruga banyak ditemukan di daerah Sulawesi Utara dan Tengah. Penyelidikan di Pasemah dilakukan oleh Dr. 6. Cepu (Jawa Tengah). Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 11 . Banten Selatan. Begitu pula alas dan bidang atasnya dari papan batu. Leles (Garut). 7. Peninggalan megalith ini banyak ditemukan di dataran tinggi Pasemah (pegunungan antara wilayah Palembang dan Bengkulu). Dolmen di daerah ini biasa disebut pandhusa. dan Sulawesi Tengah. Peninggalan megalith ini antara lain ditemukan di Lebak Sibedug.van der Hoop dan von Heine Geldern.

tetapi ada juga yang diguanakan sebagai tanda kebesaran dan alat upacara saja. Jawa. Alor (Nusa Tenggara Timur). 2. dan Bogor. binatang. Kapak corong banyak ditemukan di Sumatra Selatan. Sulawesi Tengah. seperti garis-garis lurus dan belok. arca tersebut di bagian kepalanya diberi tempat untuk mengaitkan tali atau menggantung. Arca Perunggu Arca perunggu banyak ditemukan di Bangkinang (Sulawesi Selatan). ada yang besar dan memakai hiasan. seperti Jawa dan Sumatra. Pendapat ini diperkuat oleh tidak samanya hiasan nekara di Dongson dengan bentuk hiasan dari zaman Dinasti Han. Nama kebudayaan ini diambil dari nama tempat penyelidikan pertama di daerah Tonkin. Nekara perunggu banyak ditemukan di Bali. dan pemandangan-pemandangan seperti lukisan orang berburu dan orangorang yang sedang melakukan upacara tari. 3. perahu. Kapak corong yang panjang satu sisinya. Leti. Ada yang kecil dan bersahaja. Jenis kapak corong bermacam-macam. van Heine Geldern menyatakan bahwa umur Kebudayaan Dongson paling muda 300 SM. Nekara Perunggu Nekara adalah benda yang terbuat dari perunggu berbentuk seperti dandang yang tertelungkup atau semacam kerumbung yang berpinggang pada bagian tengahnya dan bagian atasnya tertutup. Victor Goloubew berpendapat bahwa kebudayaan tersebut berkembang sejak abad pertengahan sebelum Masehi. Kapak corong juga disebut kapak sepatu karena bentuk corongnya dipakai untuk tempat tangkai kayu yang bentuknya menyiku seperti bentuk kaki. 12 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . Mengenai umur Kebudayaan Dongson. Adapun. Papua. dan Kepulauan Kei. Sulawesi Selatan. Pulau Selayar. Hal ini berdasarkan banyaknya temuan di daerah ini berupa segala macam alat dari perunggu dan besi dari zaman perunggu. Di bagian dinding nekara terdapat berbagai hiasan. Kapak corong yang panjang satu sisinya disebut candrasa. dan ada yang panjang satu sisinya. Yang menarik. Kebudayaan Dongson Kebudayaan Dongson adalah kebudayaan perunggu yang berkembang di Asia Tenggara. Menurut penelitian. Bali. ada yang bulat. Pendapatnya tersebut berdasarkan temuan mata uang Cina yang berasal dari Dinasti Han di kuburan-kuburan di Dongson.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia e) Zaman Logam 1. Bentuk nekara di Indonesia Timur umumnya lebih besar dibandingkan dengan nekara yang ditemukan di Indonesia Barat. pilin-pilin. Kapak Sepatu atau Kapak Corong Kapak sepatu atau kapak corong adalah kapak yang terbuat dari perunggu yang bagian atasnya berbentuk corong. di daerah inilah kebudayaan perunggu di Asia Tenggara. 4. dan daerah sekitar Danau Sentani. Roti. rumah. Pulau Selayar. ada yang pendek lebar. Riau.Tidak semua kapak tersebut digunakan sebagai perkakas. Bentuknya menampilkan sosok manusia dalam posisi tertentu. Sumatra. Pulau Sangean dekat Sumba.

. hanya untuk memperindah perahu c. Kemudian fosil-fosil homo wajakensis diteliti oleh seorang ahli fosil bernama…. Di bejana yang ditemukan di Madura terdapat pula gambar merak dan rusa dalam kotak segi tiga. tetapi langsing dan gepeng ditemukan di Kerinci (Sumatra Barat) dan Madura.. a. Oppenoorth 13 Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 . Perhiasan perunggu. kepercayaan tentang adanya roh-roh yang mem iliki kekeuatan di alam gaib e. A. a. Peninggalan ini banyak ditemukan. Kepercayaan mereka dikenal dengan sebutan animisme. Cadik tersebut berfungsi sebagai. Bejana Perunggu Bejana perunggu berbentuk seperti periuk. antara lain berbentuk gelang. Eugene Dubois b.. Weidenrich c. Perahu itu dibuat dari batang pohon yang bagian dalamnya dikeruk sehingga berbentuk lesung lalu perahu tersebut diberi cadik di bagian sampingnya.. Gilimanuk (Bali). alat agar mudah mencari ikan b. kepercayaan kepada patung-patung c...Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Orang Alor menyebut jenis nekara yang lebih kecil ukurannya dengan nama moko. dan cincin. Pilihlah Jawaban yang paling benar ! 1.. sebagai jimat 2. dan Melolo(Sumba). Tulungagung. a. Apa yang disebut dengan animisme…. alat keseimbanagan agar perahu tidak mudah terbalik oleh ombak d.. 6.. Ter Haar e. antara lain di Anyer (Banten).. Tidak diketahui secara pasti fungsi benda ini. Plawangan dekat Rembang (Jawa Tengah).. kepercayaan akan hewan yang bisa mengeluarkan kekuatan gaib 3.. Masyarakat pada zaman neolitikum mempercayai adanya kekuatan “di luar” kekuatan manusia. kalung. alat penangkar petir e. nekara hanya dipergunakan pada saat upacaraupacara ritual. Van Koenigswald d.. kepercayaan kepada benda-benda gaib b. 5.. anting-anting. kepercayaan kepada banyak dewa d. Perahu bercadik atau perahu bersayap adalah perahu khusus dari Indonesia. Fosil Homo Wajakesis ditemukan oleh Van Riestehoten pada tahun 1889 di desa Wajak. Menurut penelitian. Pada umumnya barang-barang perhiasan tersebut tidak diberi hiasan ukiran.. Perhiasan Perunggu.. Keduanya memiliki hiasan ukiran yang serupa dan sangat indah berupa gambar-gambar geometri dan pilinpilin yang mirip huruf “j”..

makhluk pertama di dunia e. Kern dan Von Heine Geldern. dan Papua. Irian. gempa bumi. kemarau panjang. Mereka datang ke Indonesia ada yang melalui jalur darat ada juga yang melalui jalur laut. Sedangkan Indonesia lukisan-lukisan di dinding gua baru ada pada zaman… a. Mezolithikum e. dan sebagainya. Megalithikum b. makhluk yang bergerak dengan dua tangan dan kaki c. terjadinya bencana alam. Paleolitikum C. seperti banjir. Apa yang dimaksud dengan missing link… a. makhluk yang hampir punah b. yaitu sekitar lembah hulu Sungai Mehkong.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 4. Mereka datang dari Yunan ke Indonesia melalui jalur Barat dan Timur. Afrika dan sebagian Asia berasal dari zaman Paleolithikum. Kalimantan. Sulawesi. Arkaekum d. Peninggalan kebudayaan yang dibawa melalui jalur ini adalah kapak lonjong yang banyak dijumpai di Minahasa. makhluk peralihan dari kera ke manusia 5. Perpindahan bangsa Austronesia tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari rumpun bangsa Austronesia yang masuk ke Indonesia sekitar 2000 SM secara bergelombang dan menyebar ke wilayah Indonesia. dari Semenanjung Malaya. Pertama. Seram. Bila dihubungkan dengan teori evolusi Darwin. sampai Australia. Lukisan-lukisan pada dinding-dinding gua di Eropa. kapak ini sering disebut Neolithikum Papua. dari Teluk Tonkin di Yunan menyusuri Pantai Asia Timur menuju Taiwan. Kedua. Kedua faktor tersebut telah mendorong bangsa Austronesia meninggalkan tempat kelahirannya untuk mencari tempat hidup baru yang lebih aman. • Jalur Timur. Pithechantropus Erectus diangap sebagai missing link. Penyebaran mereka ke Indonesia terbagi dalam dua gelombang. yaitu sebagai berikut : a) Gelombang Pertama (2000 SM) Nenek moyang bangsa Indonesia yang datang pertama kali diperkirakan terjadi pada 2000 SM. makhluk yang sudah punah d. ada yang menuju ke Jawa. Oleh karena itu. Vietnam sekarang. Peta Jalur Penyebaran Manusia Purba dan Hasil Budayanya di Indonesia Menurut teori H. • Jalur Barat. ada yang menuju ke Kalimantan. Sumatra. Filiphina. Mereka berasal dari daerah Yunan (Tonkin). Arus perpindahan bangsa Austronesia ini membawa kebudayaan Neolithikum. Peninggalan kebudayaan yang dibawa melalui jalur barat ini adalah kapak persegi. dan dikenal dengan sebutan Proto Melayu (Melayu Tua). Neolitikum c. adanya serangan bangsa-bangsa pengembara dari Cina Utara (bangsa Barbar) sekitar tahun 2000 SM. Maluku. 14 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . dan serangan dari bangsa Tibet sekitar 1000 SM. dan berakhir di Nusa Tenggara.

Pengetahuan memasak makanan baru dapat dilakukan setelah mereka mampu menciptakan api. Demikian pula ketika makanan mereka habis serta binatang buruan tidak ditemukan lagi. tersedia bahan makanan. Konsep Perkawinan dan Keluarga Berbeda dengan zaman modern. ibu. Bangsa Austronesia dari ras Deutro Melayu ini akhirnya dapat mendesak ras Proto Melayu yang sudah lebih dahulu datang. Api digunakan untuk membakar makanan. Kemungkinan. Binatang buruan yang dibunuhnya kemungkinan dibakar terlebih dahulu sebelum dimakan bersama-sama anggota kelompoknya. Mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ketika menemukan makanan. D. muara. Dengan demikian. Mereka berjalan berpuluh-puluh atau beratus-ratus kilometer selama hidupnya. Kehadirannya melahirkan kebudayaan baru dan kemudian menjadi kebudayaan bangsa Indonesia sekarang ini. Kedatangan nenek moyang ke wilayah kepulauan kita memilih daerah pantai. pemimpin kelompok yang memiliki hak untuk mengawini banyak perempuan anggota kelompoknya. Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 15 . yaitu suku Batak pedalaman. b. pada zaman prasejarah belum ada konsep perkawinan serta konsep keluarga seperti ayah. Gelombang kedua ini juga termasuk dalam rumpun bangsa Austronesia yang disebut Deotro Melayu (Melayu Muda). dan perhiasan perunggu (Kebudayaan Dongson). mudah mendapatkan air. Ekonomi dan Budaya Manusia Purba di Indonesia 1. nekara. Proses Perkembangan Sosial. Sifat ras Deutro Melayu ini lebih terbuka terhadap pengaruh kebudayaan luar dibandingkan dengan ras Proto Melayu. Ketika di suatu tempat mereka menemukan banyak bahan makanan serta binatang buruan. Kebudayaan yang dibawa ras Deutro Melayu ini relative lebih maju karena mereka sudah mengenal benda-benda dari perunggu. dan anak. b) Gelombang Kedua (500 SM) Gelombang kedua terjadi sekitar 500 SM. dan jalur lalub lintas yang mudah dilalui. tradisi food gathering ini terus berlangsung selama berabad-abad. Caranya adalah dengan menggores-goreskan batu atau benda-benda keras lainnya hingga menimbulkan panas dan api. Kehidupan Berburu dari Masyarakat Nomaden Ciri hidup masyarakat prasejarah Zaman Paleolithikum dan Mezolithikum adalah nomaden. dan sungai dengan pertimbangan. mereka tinggal untuk sementara dalam kelompok-kelompok kecil. dan suku Papua. kita masih dapat melihat suku bangsa yang tergolong Proto Melayu ini.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Dari sekian banyak suku bangsa Indonesia yang tersebar di seluruh Kepulauan Nusantara. suku Dayak. seperti kapak corong. antara lain letaknya strategis. Dari Food Gathering ke Food Producing a. Tujuannya adalah untuk berburu dan mencari makanan. Pada masyarakat seperti ini belum ada tradisi memasak makanan. seperti umbi-umbian dan binatang buruan. ras Deutro Melayu ini akhirnya menjadi nenek moyang sebagian besar bangsa Indonesia. subur. mereka pindah lagi ke tempat yang mungkin ditemukan makanan. mereka langsung memakannya. Melalui perjalanan waktu yang sangat panjang. Tradisi hidup seperti it uterus dilakukan dari generasi ke generasi. suku Toraja.

kerbau. seperti jenis umbi-umbian dan biji-bijian. Tanaman-tanaman yang semula tumbuh liar mulai ditanam secara rutin di tempat yang diperkirakan tumbuh. penggunaan batu genggam. Tradisi seperti ini biasa disebut food gathering.P. Secara evolusioner mereka menggunakan batu perimbas yang digenggam untuk membunuh binatang. Berburu dan Persebaran Masyarakat Nomaden Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Von Koenigswald pada 1935. Kemungkinan padi sudah ditanam pada zaman prasejarah. Manusia prasejarah Indonesia menciptakan teknologi sederhana berupa alatalat baru yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. serta alat-alat upacara ritual. serta tulang-tulang binatang adalah sangat umum di seluruh Indonesia pada zaman Paleolithikum dan Mezolithikum. Perempuan akan membesarkan anak karena dialah yang melahirkannya. jumlah kelompok nomaden semakin banyak menyebar di seluruh kepulauan Nusantara. sapi. Mereka juga menanam berbagai macam tanaman. Mereka menggunakan tulang-tulang binatang yang telah di bunuhnya untuk dijadikan alat-alat panah. Mereka juga mulai menjinakkan binatang buruan. Alat-alat ritual digunakan untuk menghormati arwah nenek moyang. bercocok tanam. dan R. Untuk mendapat makanan yang banyak serta binatang buruan yang memadai. c. Ketika jumlah anggota kelompok semakin banyak. membuktikan penggunaan alat-alat seperti itu. kepala kelompok harus melindungi semua anggota kelompoknya. Dengan digunakannya alat-alat tersebut maka jumlah makanan yang dikumpulkan mampu memenuhi kebutuhan hidup anggota kelompoknya. van Heekeren. berternak. lahirlah tradisi baru. Menurut hasil temuan arkeolog diperkirakan bahwa kemampuan berpikir serta proses evolusi berpengaruh terhadap timbulnya tradisi baru tersebut.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Ketika anak lahir. kehidupan manusia purba Indonesia ditandai dengan tradisi bercocok tanam dan menghasilkan makanan sendiri. Dia akan menjaga anaknya berdasarkan naluri keibuannya. kemudian disebut kapak genggam. perempuan yang melahirkan berperan untuk menjaga bayinya berdasarkan naluri kewanitaanya.R. dan memelihara ikan. Tradisi Bercocok Tanam Sejak akhir zaman Mezolithikum dan Neolithikum. d. 16 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . Tradisi ini terus berlangsung dalam proses evolusi hingga Zaman Logam dan Zaman Sejarah sekarang dalam tingkatan yang semakin maju. Begitu juga dengan percampuran dengan kelompok-kelompok suku lain menyebabkan terjadinya pertukaran pengalaman di antara mereka. yaitu tradisi untuk bertempat tinggal menetap. Demikian juga penelitian yang dilakukan H. Persebaran mereka yang berlangsung selama ratusan ribi tahun ditunjang kondisi geogragis kepulauan Indonesia. sperti babi. Basoeki. Sejalan dengan berkembangnya waktu. Berkembangnya tradisi ini tidak diketahui dengan pasti faktor penyebabnya. alat-alat berburu untuk menjinakkan binatang. Soejono di Pacitan. Dari pertukaran pengalaman ini. dan ayam. Alat-alat tersebut adalah alat-alat rumah tangga. alat-alat pertanian. diperlukan peralatan berburu.

ketua kelompok tidak lebih sekadar pimus interpares atau orang pertama di antara kelompoknya dan tidak memiliki kedudukan istimewa. Oleh karena itu.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Hewan-hewan tersebut ada yang merupakan khas kepulauan Indonesia yang menyebar dari daratan Asia ketika kepulauan Indonesia masih menyatu dengn daratan Asia pada Zaman Pleistosen. Ketua kelompok juga bekerja besama secara komunal (bersama-sama) dengan anggota kelompok lainnya. diperlukan sebuah organisasi sosial yang lebih jelas dan teratur. matahari. e. Mereka percaya bahwa kejadian-kejadian itu ada penyebabnya. Berdasarkan temuan-temuan arkeologis diketahui bahwa peradaban Megalithikum lebih banyak berkaitan dengan tradisi pemujaan terhadap roh-roh dan arwah-arwah nenek moyang. yaitu adanya kepercayaan terhadap roh-roh. langit. seperti batu-batu besar. Anak laki-laki berperan membantu orang dewasa di lading dan berburu binatang untuk dipelihara. pohon. Kegiatan bersama ini disebut tradisi gotong royong. dolmen. Aspek Religi dan Kepercayaan Dalam kehidupan sehari-hari. 17 Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 . Walaupun demikian. konsep animisme dan dinamisme pada dasarnya sama. mereka mengembangkan suatu penjelasan menurut kemampuan daya pikirnya. atau kemarau yang menyebabkan kekeringan dan panen gagal. bulan. Keyakinan terhadap adanya roh yang tidak terlihat itu disebut animisme. danau. Mereka yakin bahwa ada roh-roh yang melekat pada setiap benda-benda alam. mereka perlu dipuaskan dengan memberinya berbagai macam makanan atau sesaji dalam upcara-upacara ritual. masyarakat prasejarah tidak mengetahui dengan pasti fenomena alam. wanita dewasa bekerja di rumah memasak makanan dan memelihara bayi selain bekerja di ladang. yaitu kekuatan yang berada diluar jangkauan mereka. Tugasnya mengatur segala aturan hidup di lingkungan kelompoknya. f. Mereka tidak mengetahui dengan pasti mengapa terjadi hujan deras yang menimbulkan banjir. Adapun. arca batu. Dengan cara itu diharapkan agar roh-roh tersebut tidak mengganggu manusia. Bangunan-bangunan seperti menhir. Sama seperti masyarakat nomaden. Agar roh-roh tersebut tidak menyebabkan kerugian bagi manusia. Roh-roh itu juga bisa mempengaruhi jiwa manusia. pengaruh baik maupun pengaruh buruk. serta punden berundak-undak adalah bentuk fisik kepercayaan animisme dan dinamisme zaman prasejarah. bahkan dalam diri binatang dan manusia. Yang sakit bisa sembuh kembali serta seluruh penduduk bisa hidup tentram. Mereka berharap agar tanah tetap subur dan panen melimpah. Organisasi Sosial Dalam masyarakat yang hidup menetap dan bercocok tanam. Namun secara umum. sarkhopagus. diperlukan pembagian tugas dan peran yang lebih rumit. Mereka juga tidak mengetahui berbagai penyakit yang menimpa mereka serta timbulnya kematian. Adapun keyakinan bahwa roh-roh tersebut bisa berwujud dalam bentuk benda-benda disebut dinamisme. Untuk menjawab fenomena-fenomena alam tersebut. masyarakat bercocok tanam memiliki pemimpin kelompok.

Pengetahuan ini juga penting dalam memprediksi musim untuk menentukan waktu terbaik menanam padi di sawah. 3. 2. Menurut penelitian ahli purbakala. kapak bahu. dan perkebunan.. Berasal dari manakah kbdayaan dongson tersebut.. Tonkin.. Mereka disebut sebagai bangsa bahari karena mereka menggunakan laut sebagai sarana komunikasi dan migrasi dari daratan Asia ke kepulauan Indonesia.. Mereka mengembangkan tanah yang mereka diami untuk diolah menjadi lahan pertanian.. 4. bangsa Indonesia sejak zaman prasejarah telah mem iliki pengetahuan astronomi terutama untuk hal-hal yang praktis dan pelayaran. 2. Sepanjang hidupnya mereka juga bergantung pada laut untuk memenuhi kebutuhan hidup dan lain-lain.. Zaman apakah itu…. Untuk menentukan arah pelayaran.. dan bangsa yang sudah menetap di kepulauan Indonesia selama ribuan tahun. Bangsa deutro melayu datang ke Indonesia dengan membawa kebudayaan dongson. Bangsa Agraris Selain sebagai bangsa bahari. Ilmu astronomi telah dikuasai untuk mengatur kegiatan pertania. nenek moyang bangsa Indonesia merupakan campuran antara bangsa pendatang Yunan. 18 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . tradisi bersawah berasal dari Indonesia yang kemudian menyebar ke daratan Asia lainnya melalui Asia Tenggara.. Zaman ini berumur sekitar 340 juta tahun... Kapak persegi.. Dari Proses Migrasi Menjadi Bangsa Bahari a.. Diperkirakan. Bangsa Bahari Seperti telah disebutkan sebelumnya. kapak lonjong.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar ! 1. Vietnam. nenek moyang bangsa Indonesia juga merupakan bangsa Agraris. Dimanakah letak ditemukannya bejana perunggu….... Dengan demikian pengetahuan harus dim iliki agar mereka bisa berlayar sesuai dengan arah yang dituju. mereka menggunakan pengetahuan perbintangan. peternakan. b. Satu-satunya petunjuk arah yang memudahkan mereka berlayar ialah pengetahuan tentang arah angina dan posisi bintang... Mereka belum mengenal kompas.. Hasil kebudayaan diatas adalah peninggalan dari zaman apakah…. dll. Bejana perunggu merupakan peninggalan dari zaman logam. 5. gerabah. Apakah ilmu astronomi tersebut….. Bangsa pendatang tersebut adalah bangsa-bangsa astronesia yang bermigrasi dari dataran Asia sejak 2000 tahun SM sampai permulaan abad Masehi.

semua anggota masyarakat berusaha menghindari pelanggaran terhadap norma dan tradisi bersama. Mereka mulai mengembangkan teknoligi sederhana dengan memproduksi alat-alat pertanian untuk mengolah sawah. Nah sekarang kalian sudah mengetahui kan mengenai materi Kehidupan Awal Masyarakatat Indonesia. Di desa-desa itulah peradaban perundagian dan agraris dikembangkan. c. terbentuklah tradisi mata pencaharian pertanian berupa tanaman padi di sawah dengan menggunakan sisitem pengairan. Hidup bergotong royong berkembang pada masyarakat prasejarah. dan tradisi yang telah dianut bersama. alat penebang (kapak). Corak hidup seperti itu masih terus dipertahankan sampai sekarang dalam berbagai bentuk dan tingkatan. ladang yang dikerjakan bersama-sama oleh komunal adalah milik semua orang yang mengerjakannya. konsep hak milik belum dikenal yang ada adalah konsep milik bersama. terutama ketika menghadapi tantangan alam.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Dipadukan dengan kepandaian berladang dan berhuma yang sudah dikembangkan sebelumnya. misalnya dengan dikucilkan. alat upacara. Coba buatlah sebuah makalah berkaitan dengan materi tersebut. dan lain-lain. Selain itu tugas pemimpin ialah mengawasi aturan. Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 19 . Pada masyarakat prasejarah. Kelompok-kelompok penduduk yang sudah bertempat tingal tetap kemudian membentuk satu perkampungan yang kelak berkembang menjadi desa. Oke selamat bekerja teman. kalian bisa akses dari internet. Jadi. untuk alat-alat rumah tangga. Bangsa Yang Hidup Bergotong royong Nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa yang hidup bergotong royong. Dengan berkembangnya kemakmuran yang dicapai dari hasil pertanian. Oleh karena itu. Pelanggaran terhadap tradisi dikenakan sangsi sosial oleh anggota masyarakat. buku-buku perpustakaan atau minta bantuan guru kalian. norma. Ketika mereka membuka hutan belukar untuk ladang-ladang dan sawah kerja sama antar anggota kelompok komunal sangat diperlukan. Hidup secara rukun saling menghormati di antara angoota masyarakat merupakan salah satu corak kehidupan masyarakat prasejarah. meningkat pula jumlah penduduknya.

Kala Holosen 3. Iklimnya juga semakin membaik. Perhatikan ciri-ciri manusia purba di bawah ini : 1) Ditemukan Eugene Dubois 2) Ditemukan Von Koenidswald 3) Ditemukan di Desa Trinil. Memiliki badan yang tegap dan rahang yang besar d. Herodotus 4. Berburu dan mengumpulkan makanan b. Mesozoikum b.. a. Manusia Purba yang telah ditemukan banyak sekali macamnya. Jacob c. Pendapat tersebut merupakan teori tentang evolusi yang dicetuskan oleh…... Koentjaningrat e.... Kehidupan sosial pada zaman batu adalah hunting and food gathering.. Zaman Mesozoikum berlangsung kurang lebih 140 juta tahun. Zaman Primer b. Menghasilkan makanan e. Kainozoikum 2. Zaman yang temasuk zaman primer adalah… a. lembah Bengawan Solo c... Arkaekum d. Berasal dari Pleistosen bawah 5. Zaman Tersier d. Paleozoikum e.. Tinggal di gua-gua c. Zaman Kuarter e. Ditemukan di Sangiran. Membunuh orang 6. C. a. Darwin b. a.. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari manusia purba Meganthropus Paleojavanicus adalah. Ditemukan oleh von koenigswald b. T.. Lamarx d. Belum menetap d. Spesies-spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masamasa silam dan telah melalui seleksi alam yang panjang untuk berevolusi.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Pilihlah jawaban yang paling benar ! 1. Apakah yang dimaksud dengan hunting and food gathering.. Ngawi Jawa Timur 4) Berjalan tegak 5) Merupakan missing link 20 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . Azoikum c. kurun waktu sejak mulai terbentuknya bumi sampai sekarang dapat dibagi menjadi beberapa zaman.. Zaman Mesozoikum juga disebut dengan zaman… a. Zaman Sekunder c. Berdasarkan geologi. Berasal dari Pleistosen tengah e...

Food Production 1. Salah satunya ialah kepercayaan terhadap binatang yang dianggap memiliki kekuatan magis disebut… a.Abris Sous roche 3.. walzenbeil dan keinbeil c. Abris Sous roche 8.Pacitan 1. Sangiran c. Masyarakat prasejarah Indonesia telah mengenal berbagai macam kepercayaan. Dolmen d. a. Politisme e. Apakah saja teknik pembuatan benda logam tersebut... Waruga c. 1 b. A3. a. Punden berundak b. Fetisisme d. 4 e. A1. B3. kjokken moddinger dan abris sous roche d.Semang 3. bivalve dan a cire perdue b. A3.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Yang bukan ciri-ciri dari Pithecanthropus Erectus adalah no……. Bangunan yang berupa tiang atau tugu batu yang dibuat sebgai tanda peringatan terhadap arwa nenek moyang adalah… a. B3 e. Pada zaman Mezolithikum terdapat 2 budaya. B2.Kjokkenmoddinger 2. C3 9. B1. C1 d. B1. Animisme b. B2. Kebudayaan Megalithikum telah menghasilkan banyak bangunan-bangunan. nomaden dan seminomaden e. C1 b. Budaya manusia yang hidup dalam gua batu karang dan juga pada gua alam biasa (cave) ialah budaya… a. B1 c.Nomaden 3. 3 d..Meganthropus Yang merupakan ciri-ciri dari zaman paleolithikum….. Dinamisme c.. A3.Seminomaden 2. Arca batu e. Kjokkenmoddinger e. a. Menhir Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 21 . gerabah dan nekara 11. Pacitan b. Perhatikan matrik di bawah ini ! A B C 1. 2 c. Totemisme 10. Cire a perduce d. A2. Benda-benda perunggu yang ditemukan dari zaman logam dibuat dengan menggunakan 2 teknik. 5 7.Pithecanthropus Erectus 2.

dan 4 c. Pada kala Pleistosen dibagi 2 zaman yaitu zaman interglasial dan zaman Glasial.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 12. 3. 1. 2. Homo Erectus d. dan 4 d. 5 d. 3. 2. 1. Walzein beil 4. Terjadi peristiwa apakah pada zaman interglasial… a. 3. Homo Wajakensis c.. 1. dan 3 b. 1.. Alu dan lesung batu 5. dan 5 e. Tjokrohandoyo b. Keinbeil Diantara alat-alat tersebut yang termasuk hasil dari kebudayaan kapak genggam Sumatra adalah. mencairnya lapisan es di kutub utara d. 4 c. Perhatikan alat-alat di bawah ini ! 1. Remboez 14. 5 16. 4. Jenis homo yang ditemukan oleh Van Riestchoten pada tahun 1889 di Desa Wajak Tulungagung ialah. Hache courte 3. Homo merupakan jenis manusia purba yang paling modern. munculnya plat sunda dan plat sahul c. 4. Eugene Dubois d. mamalia berkembang pesat 22 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . Seorang peneliti manusia purba berkebangsaan Belanda yang pertam kali datang ke Indonesia adalah… a. 2. Homo Remboeztusis 15.R Von Koenigswold e. a. 3.. Perhatikan tempat-tempat berikut ini! 1) Gua Pecatu 4) Gua Sampung 2) Gua Maros 5) Gua-gua di Pulau Rote 3) Gua Rinca Tempat-tempat di atas yang merupakan tempat penemuan serpih bilah / flakes dari budaya abris sous roche adalah… a. 4. 1. Homo Soloensis b. 2. Duifjes c. Banyak para ahli yang meneliti manusia purba di Indonesia. 2.H. 2. 3 b. meluasnya lapisan es di kutub utara b. 3. Homo Robustus e. G. Pebble 2. munculnya dinosaurus e. 3.…. dan 5 13. a. 5 e.

Menurut ilmu geologi. Aceh... Papua 22. Kata Holosen merupakan zaman dimana mencairnya es di kutub utara. Sumatra d.. Bali b... a.. bahasa-bahasa yang dipakai c. Komodo 19. a. kein beil 18.... Terdapat peristiwa apakah sehingga Kala Holosen dikatakan sebagai masa terpenting... munculnya dinasourus c. pembagian zaman dibagi menjadi 4. Jawa. Pendapatnya di dukung oleh………… a. Trinil. munculnya homo sapiens e. Arkaekum b. munculnya thyrano saurus d. hache courte e. Riau. Di bawah ini yang bukan tempat ditemukannya kapak lonjong ialah… a.. waizen beil b. Sumatra. Maluku d. Geologi ialah ilmu yang menjelaskan tentang lapisan-lapisan kulit bumi. Nekara adalah gendering besar yang terbuat dari perunggu.. Kapak lonjong adalah kapak yang penampangnya berbentuk lonjong atau bulat telur. Zaman Mesozoikum Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 23 . artefak-artefak yang ditemukan b. Kalimantan c. Flores c. pebble c. a. munculnya remboez 20. Zaman sekunder d. Sulawesi b. fosil-fosil dan artefak-artefak tertua d. berpinggang di bagian tengahnya dan tertutup di bagian atasnya. Mesozoikum c. Penemuan kapak lonjong di Indonesia terbatas hanya di Indonesia bagian timur... Sulawesi. Bali.. Zaman Primer e. Madura e. cara manusia purba mencari makan 21.. manusia purba yang ditemukan e. Zaman yang didalamnya sudah ditemukan makhluk hidup bersel satu (mikroorganisme) disebut juga zaman.. Ditemukan dimana sajakah Nekara. Taniber e. Kapak lonjong yang besar disebut…. kala Holosen juga dikatakan sebagai zaman terpenting dalam sejarah awal manusia... a. Van Heine Geldren menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 17. Taniber d. munculnya meganthropus b.

T.000 zaman… tahun yang lalu a. Teori imigrasi dikemukakan oleh … a. Neozoikum 24... yaitu mikroevolusi dan makroevolusi. disebut sebagai teori apakah hal tersebut. yaitu kala b. teori fisik 26. Proses evolusi terbagi menjadi 2. Ditandai dengan tanda-tanda memiliki ciri-ciri seperti di kehidupan manusia. Zaman yang termasuk zaman neozoikum yang Ciri-ciri: 1. Jalur Austronesia c. Yamin b. Von Heine Geldern. a.. samping ini disebut juga 2... d. Kuarties e. biologisnya mengalami sejumlah perkembangan terutama dari kondisi fisiknya. Teori-teori yang mendukung pendapat para ahli tentang kehidupan awal di Indonesia disebut teori imigrasi.. Lamarx 24 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 . Dibagi menjadi 2. Moh Yamin dan T.. Charles Darwin d. Koentjaningrat. Jalur Timur 25.. Jalur Barat d.. Manusia dalam perubahannya.Robert van Heine Geldern. teori evolusi Darwin d. H. teori kedatangan bangsa Austronesia c... Charles Darwin. VIETNAM TAIWAN FILIPHINA INDONESIA MUANGTHAI SEMENANJUNG MALAYA a. Jalur yang dilalui bangsa Austronesia dari Muangtai ke Semenanjung Malaya kemudian masuk ke Indonesia. Charles Darwin. Prof. teori kemunculan bangsa Austro-Melanesoit b... Jalur tersebut merupakan 2 jalur yang dilalui oleh bangsa-bangsa Melayu Austronesia untuk datang ke Nusantara.. Jalur masuknya bangsa Austronesia b. Teuku Jacob c. disebut juga jalur…. Berlagsung sekitar 600. Jalur Selatan e. Siapakah yang mengungkapkan hal tersebut.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 23. Kern dan Moh.. Dr. Lamarx e. teori kedatangan bangsa melayu e.. Holosen pleistosen dan kala holosen c. Kainozoikum d. Pleistosen 3.

Volume otak kepalanya masih 900 cc . H.. Bentuknya setengah lingkaran Tajamnya ada pada sisi lengkungnya Ditemukan di pantai Sumatra b. Homo Soloensis 30.. Terbuat dari batu kali yang di pecah atau di belah Sisi luarnya sudah halus Ditemukan di sepanjang pantai Sumatra timur laut c. Kern c. a.Berubah agak kecil dan memiliki kemampuan piker yang masih rendah .. Charles Darwin e. Yamin Bangsa Indonesia berasal dari Asia (bahasa) H. Berfungsi sebagai alat penusuk Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 25 . salah satunya kapak Sumatra. Yamin d. Tokoh Pendapat Tokoh Van Heine Geldern Bangsa Indonesia berasal dari Asia (artefak) Moh.Volume otak manusia modern = 1000 cc .Jenis kera tertinggi 600 cc .Lamarx 29. T. Pithecanthropus Erectus c. Madiun seorang sejarahwan bernama Eugene Dubois telah menemukan tengkorak manusia purba dengan ciri-ciri sebagai berikut : . Pitecanthropus Robuctus b. Pada tahun 1890-1892 di Desa Trinil dekat Ngawi. Kern Bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia Diantara pernyataan diatas pendapat tokoh yang sesuai adalah … a. Kehidupan awal Indonesia b. jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eugene Dubois adalah………. Peristiwa Interglasial c.. Terbuat dari batu atau lempung Bentuk fisiknya masih kasar Bentuk fisiknya masih halus d..... Terbuat dari batu yang bentuknya bagus Digunakan untuk menguliti hewan e. Van Heine Geldern b. Homo Erectus e. Moh.000 tahun silam Berdasarkan ciri-ciri tersebut...Hidup kera-kera 1 juta = 600. Beberapa hasil-hasil kebudayaan yang ditemukan di Indonesia. Paparan Sahur 28. a.. Meganthropus Paleojavanicus d. Perhatikan 2 pernyataan dibawah ini : 1) Bekas daratan Asia yang menjadi dasar lautan 2) Bekas daratan yang menghubungkan Indonesia timur dengan daratan Australia Pernyataan diatas termasuk penjelasan tentang….. a.Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 27. Paparan Sunda e.. Dua paparan yang memisahkan Asia dan Australia d. Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri kapak Sumatra adalah.

............................................. Bali d............................ Apakah nama fosil yang ditemukan itu ? Jawab : ......... ..... Madura b................ Jawa Barat berupa kapak genggam dari batu dan flake-flake adalah… a. Pacitan b. Disebut dengan apakah pemujaan terhadap roh-roh nenek moyang ? Jawab : ......................Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 31............. Pendukung utama kebudayaan perunggu di Indonesia adalah pendatang baru dri Asia Tenggara yaitu penduduk Deutro Melayu.. Sangiran c.................................... Proto Melayu 32........ Kebudayaan Jawa d.... Kebudayaan Deutro Sunda e.... Kjokkenmoddinger e.......................... Tulang ikan pari 33. Cire a perdue d.......... Aceh e...... ................... Kapak corong adalah kapak yang bagian atasnya berbentuk corong.......... disebut dinamisme...... 2................ Pebble Culture c.. P............................ Alat serpih d.........Nias c. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar ! 1. Sebuah fosil ditemukan oleh Eugene Dubois di Desa Trinil Ngawi.... 26 Modul Sejarah Kelas 1 (Xb) SMA / MA ‘06 ......................Komodo 35.. Kebudyaan Dongson c............... Alat-alat zaman batu tua dari Ngandong dekat Ngawi......... Tulang rusuk e................................ Pebble adalah istilah kapak genggam Sumatr...................................................................... Pisau batu b.. Budaya manusia yang hidup dalam gua batu karang dan juga pada gua alam biasa (cave) ialah budaya… a...... a...................... Kebudayaan Deutro Melayu b....... ...... Sampah dapur d... Kapak pendek mempunyai istilah yaitu........... P. Kapak Sumatera B...... Kebudayaan yang dibawa bangsa Deutro Melayu adalah…...................... Abris Sous roche 34.......................... Hache Courte e............................................. Pemujaan terhadap benda-benda gaib.. Salah satu tempat ditemukannya kapak tersebut adalah… a..................................... Pada zamn Mezolithikum terdapat 2 budaya....... Alat batu c......... ... Alas tulang b............................................... a..................................................

.......................................................... ...................... ................................................ .......................................................... ............................. 4.............................................. .............................................................................................................................. Manusia pendukung Mesolitikum adalah manusia dari suatu ras.................................................. .. bejana perunggu..........................................Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia 3....................... ........................ Terdapat beberapa hasil kebudayaan sebagai berikut kapak corong..................................................................................................... ................... Apa nama ras tersebut ? Jawab : .................................... nekara.......... Zaman ini adalah zaman meluasnya lapisan es di dikutub................................................................ 5.................... .................... ....... ..................... ....... ................................................................................................... ..................................... Apakah nama zaman tersebut ? Jawab : .................................................... .... .......................................... Berasal dari zaman apakah kebudayaan tersebut ? Jawab : ....... dan sebagainya............................................ arca perunggu.........

Modul Sejarah Kelas 1 (X b) SMA / MA ‘06 27 .