BAB 1

PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kehidupan dibumi pada awal nya tersusun oleh sel. Konsep tentang sel tidak muncul secara tiba tiba melainkan karena perkembangan zaman. Dan dalam laporan ini saya akan membahas pengamatan sel eukaryotic pada tubuhan dengan menggunakn mikroskop cahayaa yaitu pada sel gabus pada batang singkong dan sel epitel rongga mulut.

1.2 Tujuan Praktikum Setelah melaksanakan praktikum mahasiswa di harapkan dapat: Menjelaskan struktur sel hewan dan sel tumbuhan Menyebutkan bagian-bagian sel hewan dan sel tumbuhan Menunjukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Tusuk gigi tumpul. alat Mikroskop.Pipet tetes.1 Alat Dan Bahan A.2 Metode Kerja Pada gabus batang singkong : 1. B. Waktu menutup usahakan jangan sempai ada gelembung 6. Memotong gabus batang singkong kering secara melintang dengan silet setipis mungkin 2.kaca penutup (cover gelass).Air (aquades).Silet. 2. Lalu tutup dengan kaca penutup 5.BAB II BAHAN DAN METODE 2.Epitel rongga mulut. Setelah mendapatkan bagian yang tipis ambil dengan pinset lalu letakan di kaca obyek 3. Mengamati preparat tersebut di bawah mikroskop dengan pembesaran lemah (4x) lalu dengan pembesaran kuat (obyektif 10 x) . Kemudian tetesi dengan aquades menggunakan pipet sebanyak 1 atau 2 tetes 4.Gelas piala.Kaca obyek. bahan Gabus batang singkong.

lalu sebarkanlah lendir pada ujung tusuk gigi itu dan aduk dengan tetesan air tadi agar sel-sel tidk mengkelompok 3. Meneteskan sedikit air dengan pipet tetes di atas kaca obyek. Pada epitel rongga mulut: 1. Mengorehkan/mengkeruklah secara perlahan bagian dalam pipimu dari dalam rongga mulut menggunakan ujng tumpul tusuk gigi hingga di peroleh lapisan lendir di dalamnya 2. Meneteskan metylen blue dengan hati-hati pada pinggir cover glassdan tempelkan kertas isap pada pinggir cover glass yang berlawanan agar metylen blue cepat merata 6. Gambarlah hasil pengamatan pada tempat tersedia dan berikan keterangan pada bagiannya.kemudian ganti dengan (10 x 40) . Mengisap air yang berlebihan dengan ketas isap melalui tepi cover glass 5. Menutup dengan kaca penutup (cover gelas) agar tidak terbentuk gelebung udara di bawah cufer glass 4.7. Meletakan preparat tersebut di atas meja preparat pada mikroskop amati secara bertahap dengan perbesaran lemah )10 x 10).

BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN 3.1 Hasil Pengamatan Gambar Hasil Pengamatan sel gabus Gambar Pembesaran 12.5 x 10 Gambar Pembesaran 10 X 10 .

sitoplasma.2 Pembahasan Sel gabus pada batang singkong berbentuk segi enam pada pengamatan terlihat dinding sel.dan nukleus.ruang antar sel.sitoplasma adalah cairan yg berada didalam sel sering disebut sitosol sebagai tempat berlangsugnya reaksi reaksi kimia atau metabolisme.vakuola. .Gambar Hasil Pengamatan Pada SelEpitel Rongga Mulut 3. nukleus atau inti sel sebagai sebuah rumah untuk informasi imformasi pewarisan sifat atau organism. Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbukan. Vakuola adalah organel sel berupa kantong kantong membrane berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadang makanan.

.jaringan gabus dibentuk oleh kambium/felogen.BAB IV.sel gabus bagian dalam merupakan sel hidup yang disebut feloderm bagian luar berupa sel sel mati disebut felem. KESIMPULAN Setelah diamati dapat disimpulkan bahwa sel gabus: bersifat kedap air. Sel epitel rongga mulut mempunyai batas batas sel yang lebih jelas antara sel selaput gabus dengan sel epitel rongga mulut.

R.2009.1986.Yudhistira  Tim Dosen Biologi Umum. Biologi.Edisi ke empat.Bandung. Bandar Lampung: Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung . Wokingham UK:  Forma.DAFTAR PUSTAKA  Cambel.Edisi ke-2.Neil A.petunjuk praktikum Biologi Umum.Biologi.2005.

O.S NPM : 1011060091 FAK/JUR.BIOLOGI B/ FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN INTAN LAMPUNG . SMT : TARBIYAH/T.LAPORAN HASIL MENGAMATI SEL EPITEL RONGGA MULUT DAN SEL GABUS DISUSUN OLEH: NAMA : EFNIKA M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful