Contoh-contoh Surat Bisnis

Untuk memenuhi tugas Komunikasi Bisnis

Nama : Agung Permana Gumelar () Kelas Reguler sore

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung

Salam Sejahtera. 8 Mei 2006 No : 4G/015/05/06 Hal : Penawaran Lampiran : 1 (Satu) Proposal Kepada Yth. Hormat Kami. Pupung Budi Purnama . Besar harapan kami untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu. Kami berkeinginan untuk memperkenalkan layanan kami kepada perusahaan Bapak / Ibu. CEO / Dirut PT. Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan Web (Web Development) dan Multimedia. Selasa. atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan Terima Kasih.Contoh Surat Penawaran Bandung. dengan harapan akan menjalin kerjasama pada pengembangan Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan Web (Web Development) dan Multimedia sebagai sarana publikasi maupun promosi perusahaan Bapak/Ibu.

. Tukad Banyu Poh.Contoh Surat Kerja sama Bentuk Kerja Sama Kerja sama akan dilakukan oleh dua belah pihak : Nama : ………………………………… No. Panjer. Tukad Banyupoh. Jangka waktu pelaksanaan .. KTP : …………………. KTP : ………………………………… Alamat : ………………………………… : ………………………………… Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA Nama : ……………. Irawadi. Irawadi Panjer – Denpasar. Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA Untuk Selanjutnya pihak pertama dan pihak kedua sepakat mengadakan suatu perjanjian kerja sama pengadaan Rumah Tinggal di jl. Alamat : …………… : …………………. No. Maksud dan Tujuan Jadi maksud dan tujuan kerja sama ini adalah untuk memperoleh keuntungan dari hasil penjualan Rumah Tinggal yang akan di Bangun. Jenis Pekerjaan Pihak Pertama sebagai penyandang dana untuk pembangunan dan pihak kedua sebagai penyedia tanah seluas 2 are yang berlokasi di Jl.

besarnya keuntungan akan di akumulasikan pada Rencana Anggaran Biaya.Pihak kedua memberikan jangka waktu untuk pembangunan Rumah tinggal di Jl. Keuangan di sesuaikan . Tukad Banyu Poh. Pihak kedua wajib dan bertanggung jawab atas pembangunan dan pemasaran rumah tinggal tersebut. . Kewajiban dan tanggung jawab   Pihak pertama berhak mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan rumah tinggal tersebut. . Irawadi Panjer – Denpasar adalah selama 7 bulan kalender masehi. Irawadi Panjer – Denpasar adalah selama 3 bulan kalender masehi. Pihak pertama Wajib dan bertanggung jawab untuk melakukan pengadaan pendanaan untuk pembangunan rumah tinggal tersebut. terhitung dari penandatanganan Surat Perjanjian Kerja sama. Pihak Pertama dapat memberikan bantuan untuk pemasaran rumah tinggal tersebut. Pihak kedua memberikan jangka waktu untuk pemasaran Rumah tinggal di . . besarnya biaya untuk pembangunan akan di akumulasikan pada rencana anggaran biaya. terhitung dari penandatanganan Surat Perjanjian Kerja sama. CONTOH SURAT MOU ( Memo Of Understanding ) . Pihak kedua berhak mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan rumah tinggal tersebut. apabila anda ingin bergabung dan menggunakan jasa kami :    . Biaya pembangunan dan Biaya pemasaran akan di akumulasikan pada rencana anggaran biaya. besarnya keuntungan akan di akumulasikan pada Rencana Anggaran Biaya. Tukad Banyu Poh.

.. ..... Agenda : Sifat : sangat segera Segera Rahasia Diteruskan kepada Sdr..... Surat Tgl.... : Dengan hormat harap : Mmmmmmmmmmmm Mmmmmmmmmmmm Mmmmmmmmmmmm Dstnya. Tanggapan dan Saran Proses lebih lanjut Koordinasi/konfirmasikan ……………………………………… ……………………………………… (NAMA) Pangkat ...... ...................... Catatan : KEPALA... NIP..Contoh Surat Disposisi LEMBAR DISPOSISI Surat dari No...... Surat Perihal : Diterima Tgl : No..........

dengan ini diberikan petunjuk penyelesaian atas pemasukanbarang bantuan dari luar negeri untuk Bencana Nasional di Propinsi NAD dan sekitarnyasebagai berikut: 1. 4. Polonia-Medan. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan nomor 144/KMK. Pasal 25 ayat 1 huruf e. 2. 3. Para Kepala KPBC di wilayah Kanwil DJBC XIII Aceh Sehubungan dengan hasil rapat koordinasi di Kantor Menko Kesra pada tanggal 27Desember 2004 yang membahas penanganan Bencana Nasional di Provinsi Nangroe AcehDarussalam dan sekitarnya. amal.03/2001 dan Nomor 254/KMK. Yth. Bandara Blangbintang-Banda Aceh. dan mengingat perlunya penanganan segera terhadap barang-barang bantuan tersebut. Berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan. dan kebudayaan yang mendapatkan pembebasan bea masuk. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 231/KMK. Kepala Kantor Wilayah IV DJBC Jakarta 3.823 /BC/2004 29 Desember 2004 Sifat : Sangat penting Hal : Petunjuk penyelesaian atas pemasukan barang bantuan untuk Bencana Nasional di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan sekitarnya. amal. disebutkan bahwa terhadap impor barang kiriman hadiah untuk keperluan ibadah umum. dan kebudayaan. 1. Berdasarkan Pasal 40 Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor KEP07/BC/2003 disebutkan bahwa Kepala Kantor Pabean dapat memberikan persetujuan pengeluaran barang impor dengan penangguhan pembayaran bea masuk. cukai. dan kebudayaan diberikan pembebasan bea masuk. maka terhadap pemasukan barang bantuan dari luar negeri yang tiba di Bandara Halim Perdana KusumaJakarta. diberikan pembebasan bea masuk dan cukai. dan pajak dalam rangka impor (Vooruitslag) terhadap barang impor untuk keperluan penanggulangan keadaan darurat (bencana alam). sosial. Kepala KPBC Polonia Medan 5. serta PPh Pasal 22 Impor tidak dipungut terhadap impor barang kiriman hadiah untuk keperluan ibadah umum. Kepala Kantor Wilayah XIII DJBC Aceh 4. sosial.03/2001 disebutkan bahwa PPN. Berkaitan dengan ha-hal tersebut di atas. Kepala KPBC Jakarta 6.05/1997 disebutkan bahwa terhadap impor barang kiriman hadiah untuk keperluan ibadah umum. dan Bandara Lhok . Kepala Kantor Wilayah I DJBC Medan 2. dan PPnBM. amal. sosial.Contoh Surat Pemasukan Barang Nomor : S. 5.

3. tipe. Direktur Teknis Kepabeanan menerbitkan Surat Keputusan tentang Pembebasan BM dan PDRI terhadap pemasukan barang bantuan tersebut. Surat tersebut sedapat mungkin dilengkapi dengan daftar barang (jenis barang. Demikian disampaikan untuk dimaklumi dan dilaksanakan. Bahwa atas pemasukan barang bantuan dari luar negeri tersebut harus mendapatkan Surat Persetujuan Pemberian Bantuan dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat atau Pejabat yang ditunjuknya yang tembusannya juga disampaikan kepada Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai tempat pemasukan. 5. Direktur Jenderal . Kepala KPBC tempat pemasukan atau pejabat yang ditunjuknya mencocokkan antara surat persetujuan dan fisik barang. Menko Bidang Kesra atau pejabat yang ditunjuknya mengajukan permohonan pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (secara global) kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Kepada seluruh KPBC terkait diperintahkan untuk segera memberikan bantuan dengan sebaik-baiknya. Surat Persetujuan Pemberian Bantuan dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat atau Pejabat yang ditunjuknya tersebut diperlakukan sebagai permohonan pengeluaran barang dengan penangguhan pembayaran bea masuk (BM) dan pajak dalam rangka impor (PDRI) dan sekaligus merupakan surat jaminan tertulis. Selanjutnya. 5. merk. nilai pabean.4. sarana pengangkut.5.6. dan Surat Keterangan Pemberian Bantuan/Gift Certificate). 5. Pengeluaran barang dilakukan dengan menggunakan PIBT dan diterbitkan SPPB. pemberi bantuan.1. 350-7543. kemudian menerbitkan Keputusan tentang pemberian izin pengeluaran barang dengan penangguhan pembayaran BM dan PDRI. 5.Seumawe diperlakukan sebagai berikut: 5. Direktorat Teknis Kepabeanan dengan nomor telpon/faksimile 021-4701734 atau menghubungi Posko Penanggulangan Bencana Alam yaitu POSKO MEDIA CENTER Kantor Menko Kesra (24 jam) dengan nomor (021) 345-3676. dan apabila terjadi permasalahan dalam penanganannya agar segera melaporkan kepada Kantor Pusat DJBC c. KPBC tempat pemasukan barang selanjutnya akan melakukan pendefinitifan PIBT berdasarkan Surat Keputusan dimaksud. Direktur Teknis Kepabeanan. dengan tembusan kepada Menko Bidang Kesra dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai u.2. 350-7538.p.q. 6. 345-9102.p. Setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan maka Direktur Jenderal Bea dan Cukai u. 5.

Menteri Keuangan 4.nad .Eddy Abdurrachman NIP 060044459 Tembusan : 1. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat 2. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan 3. Direktur Jenderal Pajak E/Subditie/429-lap-rakorsus.

Contoh Surat Purchasing Order .

Saya berharap dan berdo’a agar PT. Pamapersada Nusantara terhitung tanggal : 25 Nopember 2006. Pamapersada Nusantara Dengan hormat. Pamapersada Nusantara sebagai suatu perusahaan besar dibidang mining contractor selama kurang lebih dua bulan ini.Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Yth. Pamapersada Nusantara. Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Hormat saya Chaidir Abadi . Bpk. Pamapersada Nusantara apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Saya menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di PT. Pamapersada Nusantara menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “World Leader mining contractor with the best PRESENT”. Yose Octavi Azmiral Manager Departemen IT PT. Tak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT.

dia bisa tahu yah kalau saya memang butuh dibangunkan. berkaca-kaca. Mungkin. Kok. Salam hormat . Pimpinan Perusahaan C***** . Saya khawatir apabila ada orang lain yang menerima sikap demikian. tidak hanya akan berkaca-kaca.. karena EYD dan pilihan katanya belum tepat.. Saya berpesan. hingga dia memukulnya dengan keras. bak pujangga di siang hari dan bagai kilat di tengah gulita. Maaf jika waktu itu saya belum sempat membuatkan minuman.Contoh Surat Komplain Kepada Yth. pintu di rumah saya terlalu tebal. (tanda * buat samarkan nama perusahaannya) Saya ucapkan terima kasih. karena perusahaan saudara telah mengirimkan wakilnya untuk datang ke rumah. Terima kasih pula telah membangunkan saya dari tidur siang. tapi akan menangis. karena wakil kantor saudara langsung menunjuk-nunjuk saya dan mengeluarkan kata-kata yang membuat saya. Kalimatnya begitu dalam dan dahsyat. sebaiknya wakil saudara itu dididik kembali.