12 cara berkomunikasi yang baik yaitu : 1. Berbicaralah dengan jelas. 2.

Dengarkanlah apa yang diucapkan lawan bicaramu dan berikan respon yang baik. Pandanglah lawan bicaramu. 3. Peliharalah kontak mata pada tingkatan yang sama-sama antara terus menatap dengan saling menghindari tatapan. Cobalah menangkap petunjuk-petunjuk tentang bagaimana yang leluasa bagi lawan bicaramu. 4. Berupayalah semampumu untuk memahami apa maksud lawan bicaramu, kalau ada sesuatu yang tidak kamu pahami, tanyakanlah. 5. Pekalah terhadap bahasa tubuh dan petunjuk-petunjuk lisan-punyamu maupun lawan bicaramu. Tampillah peka dan berminat. Amatilah tanda-tanda kalau lawan bicaramu kehilangann minat, ingin mengubah topiknya atau perlu mengakhiri percakapannya. 6. Berikanlah umpan baik kalau diminta. Mintalah juga umpan balik. 7. Berikanlah contoh-contoh untuk mendukung apa maksudmu. 8. Berikanlah pendapatmu kalau diminta. 9. Bergantianlah berbicara. 10. Sesuaikanlah tingkat dan bahasa lawan bicaramu. Umpamanya, kamu tentu akan berbicara dengan cara yang berbeda kepada seorang anak daripada kepada seorang dewasa (gunakan kata-kata dan kalimat yang sederhana, bukan omongan bayi). 11. Dengarkanlah permintaan lawan bicaramu (ini tidak selalu datang dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan langsung). 12. Gunakan intuisimu. Terkadang kata-kata tidak perlu dan kamu bisa berkomunikasi dengan perasaan, ekspresi, gerak-gerik. Larangan yang perlu diingat 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Jangan terlalu ingin tahu Jangan bergosip Jangan menginterupsi Jangan mengganti topiknya. Jangan menentang atau mengoreksi apa yang dikatakan lawan bicaramu. Jangan sesumbar Jangan tertidur.

Perbaiki Cara Komunikasi Anda Nasehat-Nasehat Dalam Berkomunikasi

Communication is the key to success, sebuah statement yang kerap kita dengar namun masih banyak yang gagal menerapkannya. Berbagai alasan mengemuka. Mulai dari ketidakpercayaan diri, ketidaksempurnaan alat ucap (artikulator) sampai dengan penampilan fisik yang tidak memadai. Banyak diskusi tentang komunikasi telah dilakukan, namun tidak juga membantu mengatasi persoalan sulitnya berkomunikasi secara berhasil guna. Tidak mengherankan memang ! Karena diskusi mengenai komunikasi sebagian besar didasarkan pada teori-teori kering tanpa ada kejelasan bagaimana

Menyadari hal itulah. Semarah apa pun orang tersebut sebelumnya. tidak mungkin dapat digunakan di tempat dimana orang sedang ditimpa kemalangan. Ingatlah tidak semua pendengar memiliki intelegensia seperti Anda. misalnya. kita perlu belajar bagaimana membuat setiap artikulasi kita jelas dan bermakna tunggal sehingga kesalahpahaman tidak akan terjadi. Ucapan/istilah dalam pergaulan sehari-hari tentu tidak dapat dipakai ketika memandu seorang narasumber dalam sebuah talk show formal. 2. So.com/. Jika kita menanganinya dengan komunikasi yang baik. Tutur kata yang sopan dan lemah lembut. Kata-kata bermakna bahagia. Ketika diterapkan di Indonesia. Sekali pun orang yang diajak bicara telah mengernyitkan dahi ketika mendengarkan mereka. malah ada yang merasa bangga bahwa mereka telah menggunakan bahasa formal nan tinggi sehingga orang-orang mungkin saja menganggap mereka sebagai kaum intelektual. saya mencoba untuk mengangkat lagi tulisan lama dari Saudara Ponijan Liaw dan saya ambil dari http://pembelajar. Bila ada orang yang complain terhadap jasa dan produk kita. teori tersebut belum tentu sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.Kesalahpahaman dan pertikaian hanya dapat diselesaikan dengan komunikasi. misalnya. Sehingga tidaklah terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa komunikasi adalah obat mujarab bagi segala persoalan. Tidak menyadari latar belakang gaya bahasa. komunikasi yang baik akan dapat mengatasi semuanya itu.mempraktekkannya di dunia nyata. 1. Sedikit saya singkat dan olah kembali demi memudahkan pembaca memahaminya serta tentu saja lebih menghemat bandwith karena tidak usah bingung-bingung mencarinya. Yang ada hanyalah kerangka teoretis yang sulit dicerna karena banyak menggunakan contoh-contoh dengan pendekatan budaya yang terjadi di belahan bumi lain (disebabkan banyak bahan yang diambli berasal dari buku-buku terjemahan). Go Down to Earth When You Speak Gunakan cara berbicara yang membumi dengan pilihan materi yang dapat dimengerti oleh orang-orang . Simplify Your Words Banyak orang yang lupa (atau pura-pura lupa) menyederhanakan kosa kata yang digunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain. Communicate Effectively Lakukan komunikasi secara efektif. penuh semangat. Maka untuk menajamkan komunikasi yang efektif ini. 5. Use Proper Words in Proper Place Penggunaan kata-kata harus disesuaikan dengan tempat dimana komunikasi itu berlangsung. istilah dan kebiasaan berbahasa orang yang diajak berkomunikasi. 3. Good Communication Erases Life Matters Komunikasi yang didasari dengan pengertian yang baik dan bijaksana akan menghapus segala persoalan hidup. Bahasa kantor yang sangat teknis dan njlimet menghiasi percakapan mereka. tempat sangat mempengaruhi bagaimana kita harus memilih kata yang tepat. misalnya. Hindari pemberian instruksi yang tidak jelas atau ambigious (mengandung makna ganda). Tidak semua kata dapat diterapkan di semua tempat. mengingat posting dari sumber aslinya pada bulan Desember 2004. 4.

6. dan merugikan semua pihak. . melainkan juga melelahkan pendengarnya. Kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Keep Your Message Simple and Short Adalah lebih baik jika kita dapat meringkas apa yang ingin kita sampaikan dalam kalimat-kalimat singkat.di sekitar kita. Komunikasi yang dibatasi sedemikian rupa dalam hal topik dan tempat. tidak karuan) dan kehilangan fokus sehingga pendengar atau komunikan menjadi bingung. Melalui alasan yang Anda sampaikan. 7. bukan hanya melelahkan penuturnya. dinamis dan berkekuatan karena inilah iklan diri kita. komunikator dan komunikan. 8. Your Speech is Your Ads. Tell the Reasons Why You Speak about It Ketika memulai sebuah presentasi/penyampaian gagasan. Oleh karena itu susunlah kalimat-kalimat kreatif dengan cara memilih kata-kata positif. tepat dan memikat. Jika hal ini terjadi. Lebih baik selalu berpedoman kepada apa yang sedang Anda bahas. orang-orang akan memahami latar belakang tersebut dan selanjutnya akan dapat mengikuti penyampaian Anda dengan lebih efektif dan positif. apa pun yang disampaikan dalam komunikasi itu. 9. bukanlah panjangnya kalimat tetapi sejauh mana esensi percakapan itu dapat ditangkap oleh pendengar. kapan saja. So. Yang jauh lebih penting disini. Be Creative Banyak orang tidak menyadari bahwa setiap komunikasi dilakukan dengan siapa saja. dugaan-dugaan negatif dan destruktif terhadap tujuan komunikasi itu sendiri. akan menjadi sebuah hambatan dari komunikasi itu sendiri. tidak akan membawa banyak arti atau pun manfaat. sebaiknya penilaian tidak diberikan. Pada dasarnya tidak ada gunanya kita berbicara dengan bahasa intelektual tinggi jika itu tidak dapat dimengerti oleh pendengarnya. Baik buruknya image diri sangat ditentukan oleh apa yang keluar dari mulut mereka. Jangan ngalor ngidul (kemanamana. Disini. sebaiknya percakapan tidak dilakukan. Jika ada hal yang membebani Anda. 10. Speak without Any Borders Bicaralah dengan bebas tanpa ada tekanan dan ketakutan. kita diajarkan untuk fokus terhadap apa yang tengah kita bicarakan. padat. sebab hanya akan memberikan hasil yang tidak maksimal yang pada batas tertentu memalukan karena kehilangan inti pembicaraan berarti. dimana saja. Focus on What You Talk About Jika Anda dihadapkan pada pertanyaan atau pernyataan yang tidak menyangkut apa yang sedang Anda bicarakan atau tidak berhubungan langsung dengan anda. Bahkan bukan tidak mungkin hal ini justru akan menimbulkan kecurigaan. jangan lupa jelaskan alasan mengapa hal itu perlu disampaikan pada kesempatan tersebut. Hal ini terutama harus dipraktekkan kepada para bos yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan sesuatu yang panjang dan complicated. Disamping itu kerangka berpikir sederhana namun sistematis harus dikedepankan sehingga setiap penjelasan kita akan mudah dipahami dan diikuti dengan mendalam. mereka sesungguhnya sedang menjual diri mereka kepada orang yang sedang berhadapan dengan mereka.

lebih banyaklah mendengar daripada ngomong. Artinya. catatan sejarah tentang apa yang pernah terjadi dapat kita kutip. ataupun antara guru dengan muridnya. Kutipan ini tidak hanya mempermudah pembicaraan kita tetapi juga memperindahnya. Hal ini tidak akan mengurangi rasa hormat orang lain terhadap kita. Never Plan What to Say When Listening Jangan melakukan self-mind chatting ketika mendengarkan orang lain sedang berbicara dengan kita. 13. Cancel the Complicated Matters Persoalan rumit yang belum cukup matang kita pahami sebaiknya ditunda saja perbincangannya. Quote Others to Ease Your Speech Kita tidak memiliki cukup waktu untuk mengalami sendiri semua peristiwa yang pernah terjadi di muka bumi ini. Kesalahan dengan menerobos nilai-nilai ini secara negatif akan berdampak antipati terhadap diri kita. 12. 15. Cara berkomunikasi yang baik antara guru dengan guru. 14. Consider Community s Values Pertimbangkan nilai-nilai yang hidup di masyarakat di mana kita sedang memberikan pembahasan terhadap suatu hal. Berbicara dengan pikiran sendiri dan menyusun rencana selanjutnya untuk disampaikan akan mengganggu kelancaran komunikasi. y Ricardo Kaka Messi Dlona .11. Untuk itu. Reply to topic Displaying all 9 posts. Justru dari mendengar kita belajar bukan dari berbicara. Justru sebaliknya akan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk tidak membebani pikiran mereka dengan hal-hal rumit yang belum saatnya untuk dipahami secara sederhana. Don t Butt In ! Setiap orang memiliki dua telinga dan satu mulut.

. Namun yang terpenting dalam untuk mendukung proses pembelajaran. Sampaikan tujuan anda 5. Begitu kira-kira about 12 months ago · Report y Wildan Rusli Prosedur Komunikasi : 1. Guru harus dapat mengenal siswa lebih dekat dan mampu berkomunikasi dengan baik. Mintai pendapat dan saran 6.. hal utama dalam pendidikan dan pengajaran(pembelajaran). pemahaman menyeluruh atas konsekuensi menyandang sebutan guru.. Lakukan terus menerus Kang WW about 12 months ago · Report y Harri Soe . berbicara dengan bahasa mereka dan menyelamai dunia mereka. Simpulkan 7. a. Beri senyuman 3. Bagaimanakah cara berkomunikasi dengan baik supaya tercipta proses pembelajaran yang baik seperti yang diharapkan. tanggung jawab terhadap profesi. Komunikasi adalah faktor penting dalam jalannya pembelajaran. komunikasi efektif antara guru dg siswa sepanjang pengalaman saya adalah dengan memposisikan kita sejajar dengan mereka. Ajak bercerita 4. BAYU ANDI MARDLONA 085768326646 about 12 months ago · Report y Ma'arif Setyo Nugroho Ketulusan dan keikhlasan.n.Untuk mendukung pembelajaran. Hal lainnya adalah penghargaan sebagai sesama insan-Nya -meski siswa lebih berkekurangan dalam segala hal dibanding kita-. Dekati 2. komunikasi yang baik antara guru dengan siswa harus terjalin dengan baik. Hubungan komunikasi antara guru dengan guru yang saling membantu dalam proses pembelajaran.

banyak dari kita yang baru belajar berbicara didepan umum setelah menjadi seorang pejabat walaupun hanya setingkat RT.dahulu kita cuma diajarkan oleh guru-guru kita untuk membaca buku paket dan menulis jawaban soal. bagaimana mereka yang diajarkan 5 komponen komunikasi masih menggangap berbicara sebagai ketakutan yang paling ditakuti. menikah . Dan dari beberapa kasus yang bisa saya lihat. selebihnya kalo kata orang betawi "loe lagi-loe lagi". cukup 5 menit sehingga semua murid anda memiliki kesempatan yang sama. Terbayang jelas jika surver ini dilakukan di Indonesia yang mana berbicara didepan umum hanya diajarkan pada sekolah-sekolah berlabel internasional dan percontohan.membuat komitmen. tugaskan mereka untuk memilih salah satu topik yang menarik yang mereka sukai. Wow. binatang buas dsb hanya menempati peringkat sepuluh besar. bagi seseorang yang instrofet seperti saya untuk bisa berbicara didepan umum adalah sebuah prestasi yang sangat luar biasa. ada sebuah survey di Amerika pada sekitar tahun 60an mengenai hal apa saja yang paling ditakuti didunia ini.manusia dengan sesamanya serta antara manusia dengan alam sekitar. kematian. berbagi sehingga menimbulkan rasa saling mempercayai dan hubungan manusia dengan alam sekitar dengan prinsip saling perduli. hanya sedikit sekolah yang memberikan kesempatan kepada seluruh siswanya untuk mendapatkan ketrampilan yang sama. sedangkan komunikasi adalah proses interaksi baik antara manusia dengan sang pencipta . Masih tergambar jelas didepan mata saat-saat saya pertama berbicara didepan kelas dimana beberapa pasang mata mahasiswi saya menatap tajam kearah saya saat pertama kali saya mengajar di sebuah lembaga pendidikan yang mentasbiskan diri sebagai lembaga pendidikan para calon kepala sekolah. baru pertama kali berbicara didepan umum setelah diminta menyampaikan sepatah dua patah kata pada saat perayaan ulang tahun anaknya atau kejadian lain yang memaksa atau lebih tepatnya terpaksa berbicara didepan umum. Mungkin bagi anda yang memang sehari-harinya harus berbicara didepan umum dalam hal ini murid-murid anda adalah sebuah ketrampilan yang sangat biasa. mintakan resume dari buku yang dipilihnya. lalu prsentasikan menurut bahasa dan pola pikirnya sendiri. Saya yakinkan kepada anda bahwa anda akan mengalami pengalaman yang menakjubkan. pertanyaannya adalah bagaimana jika di Indonesia yang notabene hanya diajarkan membaca dan menulis. beda dengan kurikulum Inggris yang lebih menekankan pada membaca menulis . biasakan melatih murid-murid anda untuk menyempatkan diri mendatangi perpustakaan atau taman bacaan atau toko buku atau apalah namanya. sedangkan manusia dengan sesama dalam hal ini antar rekan seprofesi dengan prinsip saling perduli.mendengarkan . bagaimana si A dengan yakinkan maju kedepan kelas. atau si B yang menyembunyikan salah . Berbicara didepan umum justru peringkat pertamanya. Jadi mulai saat ini. Hubungan manusia dengan pencipta dalam bentuk beribadah. berbagi dan bisa mengatur alam sekitarnya selayaknya sebuah hubungan komunikasi: selain membaca dan menulis sebenarnya banyak rangkaian proses yang bisa dan harus dipelajari sehingga seorang guru bisa menyampaikan sebuah materi dengan lebih baik dan pada proses akhirnya adalah murid bisa menyerap apa yang disampaikan oleh guru tersebut.berbicara serta body language. bagaimana jika anda seorang ibu rumah tangga. hasilnya ternyata sangat diluar prediksi.

Ternyata. Apakah guru yang kesehariannya berpresentasi didepan murid-muridnya juga secara otomatis bisa berbicara didepan umum. Komunikasi adalah sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak ke pihak lainnya.. atau si C yang tiba-tiba terkena batuk akut sehingga harus berkali-kali menutup mulutnya dengan tangan. Salah satu hal yang berkembang sangat pesat dan menjadi pemicu dari perkembangan yang ada adalah komunikasi. yang pada awalnya berlangsung sangat sederhana dimulai dengan sejumlah ide-ide yang abstrak atau pikiran dalam otak seseorang untuk mencari data atau menyampaikan . atau hingga detik-detik terakhir materi yang ketinggalan dirumah belum juga sampai ketanggannya karena sang sopir terjebak macet adalah salah satu kasus dari beberapa kasus yang pernah penulis saksikan sendiri bagaimana paniknya mereka saat kejadian tersebut berlangsung. Tidak juga. fasilitas dan perangkatnya pun sudah berkembang maju sedemikian modernnya sehingga sekarang dunia seakan tidak ada batas lagi. bahkan banyak yang tidak masuk dengan alasan yang diluar akal sehat.. banyak dari guru yang saya kenal cukup pandai berpresentasi. Nah. dalam perkembangan terakhir dimana dunia informasi menjadi sangat penting dalam aspek kehidupan. dan si D yang selalu permisi ke kamar kecil hanya untuk menenangkan jantungnya yang tiba-tiba atau berdegup sangat kencang. manusia dapat berhubungan satu-sama lain dengan begitu mudah dan cepatnya. apapun hasilnya yang akan anda temui.satu tangannya dikantong hanya untuk membunuh rasa groginya. semoga bermanfaat (mantan guru) Komunikasi Oleh: Hendra Dunia semakin cepat berubah. begitu laptopnya atau proyektornya mati. bagaimana dengan ilmu yang lainnya. hanya untuk berkomunikasi saya kita masih harus banyak belajar. dalam dua dasawarsa terakhir perkembangan teknologi sudah demikian pesatnya memberikan dampaknya yang menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Belum lagi bagaimana mereka berkomunikasi dengan sesama rekan guru yang menurut pengamata saya pribadi banyak yang dalam tanda kutip sangat diluar pola kesopansantunan berdaarkan kamus yang telah diajarkan orang tua saya sejak puluhan tahun yang lalu. maka komunikasipun akhirnya tidak dapat ditawar lagi dan menjadi bagian yang sangat penting dalam melengkapi kehidupan manusia. jangan lupa untuk selalu memberikan semangat dalam bentuk pujian dan aplouse dari seluruh audionce atas prestasinya untuk bisa berbicara didepan umum. Metode.

Tao ( ) yang juga mengalami perkembanganNya pun tidak luput dari pengaruh kemajuan perkembangan informasi dan komunikasi yang ada. Oleh karena itu saya sangat tidak setuju dengan adanya pendapat bahwa Tao itu tidak dapat dikomunikasikan. Berkomunikasi Secara Efektif dan Efisien Begitu kompleksnya hal dan permasalahan yang lalu-lalang dalam lalulintas informasi yang ada sekarang ini. pengertian Taonya. Harus diakui bahwa kemudahan dan kecepatan komunikasi yang ada sekarang ini memang sangat membantu dan mempermudah serta mendukung perkembangan dan kemajuan Tao yang ada sekarang ini. akan tetapi Tao jika dipandang secara sederhana maka akan sangat sederhana melebihi kesederhanaan yang mampu kita bayangkan. maka diharapkan seorang Taoyu ( ) dapat mengkomunikasikan Tao pada yang lain secara efektif dan efisien yaitu dapat diserap oleh penerimanya dengan tepat dan benar serta padat dan singkat. kode suara. Tao jika dipandang secara komplek maka akan lebih kompleks dari kemampuan kita melihatnya. Dengan adanya kemampuan tambahan tersebut dan disertai pengalaman serta teknik berkomunikasi yang baik. mau tidak mau kita harus memiliki juga dasar-dasar kemampuan berkomunikasi yang memadai agar dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien. akhirnya menuntut adanya suatu cara-cara atau sistim berkomunikasi yang efektif dan efisien . sehingga memerlukan proses penterjemahan sehingga terkadang arti dan makna pengertian-pengertian yang ada tidak dapat ditransfer secara keseluruhan secara menyeluruh. lancar dan sopan. Apalagi semua referensi dan sumber-sumber informasi Tao itu berasal dari bahasa Mandarin . Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien . demikian pula didalam Tao. atau kode tulisan. dll. Dalam mengkomunikasikan Tao ( ). .informasi yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa berbentuk kode visual. Tetapi harus kita ingat juga bahwa Tao itu adalah hal yang sangat "luar biasa" dan mempunyai sifat keunikanNya yang Agung sehingga mungkin sudah bukan rahasia pula diantara kita semua bahwa Tao itu dianggap bukan sesuatu yang dapat dengan mudah "dimengerti" semua orang. Hanya saja memang untuk mengkomunikasikanNya itu bukanlah hal yang mudah juga. apalagi untuk ditransfer dengan gampang dan cepatnya walaupun menggunakan alat semodern apapun. perbendaharaan kata-katanya. pengetahuan Taonya. yang membutuhkan kemampuan-kemampuan tambahan seperti : adanya kemampuan bahasa mandarin dan bahasa Indonesia yang memadai dan berimbang .

Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi semuanya. Memahami latar belakang serta nilai-nilai yang dipegang teguh para pendengarnya. Tentunya masih banyak lagi. kentang atau lainnya walaupun didukung "bukti-bukti dan alasan yang kuat dan benar". dilihat atau dimengerti sangatlah di bentuk oleh latar belakang dan pengalaman pribadi perorangan. Latih diri Anda untuk tidak gugup bila berbicara dengan orang lain. Bagaimana dan seperti apa sudut maupun cara pandang seseorang terhadap apa yang didengar. Sekelompok petani didesa tentunya tidak mengerti dan tidak tertarik pada pembicaraan seorang pialang mengenai perdagangan saham. adalah sangat bijak jika seorang Taoyu-pun dapat mengkomunikasikan Tao-nya dengan baik (benar dan tepat) dengan fleksibilas yang tinggi (kemampuan yang sangat luwes) sesuai takaran-takarannya secara proporsional (sesuai pada orang lain dan sesuai diri sendiri). kita harus melakukan komunikasi dengan berbagai orang. Anda .Hambatan-Hambatan Komunikasi Dalam praktek berkomunikasi biasanya seseorang akan menemui berbagai macam hambatan yang jika tidak dapat ditanggapi dan disikapi secara tepat akan membuat proses komunikasi yang terjadi menjadi sia-sia karena pesan tidak tersampaikan atau yang sering terjadi adalah terjadinya penyimpangan. hal mengenai permasalahan komunikasi yang dapat dibahas pada kesempatan yang lain. "Adalah pendengar yang menentukan bagaimana sebaiknya sebuah pesan dimengerti". Berikut ini ada beberapa tips. Oleh karena itu dalam berkomunikasi apalagi mengenai masalah Tao. Seorang ahli presentasipun akan sangat kesulitan menembus dan merubah "kekebalan" (kekeras-kepalaan) pendapat seorang individu apalagi kelompok masyarakat yang mengkonsumsi makanan pokok nasi menjadi gandum. Sekelompok remaja SMA tentunya wajar jika tidak tertarik pada pembicaraan mengenai permasalahan bagaimana merawat dan mendidik balita yang disampaikan seorang ibu rumah tangga. Adapun hal-hal yang sering terjadi adalah karena ketidakmampuan seorang penyampai pesan dalam: y y y y Berkomunikasi sesuai tingkatan bahasa para pendengarnya. Untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Seorang pedagang makanan yang hanya lulusan SMP tentunya akan kesulitan mengerti pembicaraan seorang sarjana teknik yang berbicara menggunakan istilah-istilah tekniknya. Demikian pembahasan masalah berkomunikasi ini secara singkat. 1. Anda perlu gaya tersendiri sebagai seorang yang profesional dalam pekerjaan. Dalam organisasi.Ini perlu banyak latihan. Mengerti keinginan arah pembicaraan dari para pendengarnya. Mengerti kelas sosial para pendengarnya. misalnya dengan menjadi anggota klub para bos atau sering berhubungan dengan mereka.

Jika orang lain tidak tertawa. melipat tangan. dll. Jenderal generasi ke tiga: Toku Gawa Ke Mitsu (1604 . Konsentrasi pada apa yang Anda bicarakan dan tidak melantur kemana-mana. Ada beberapa gaya khas. memegang buku. misalnya duduk menaruh kedua tangan diatas meja dan bicara.akan mulai merasa familiar dan tidak takut salah. hanya berdiri bengong. 6. cobalah sering bercanda dan beradu pendapat dengan kelompok teman.Giacomo Leopardi. Gunakan sikap santai tetapi tetap berkonsentrasi pada pembicaraan. beberapa orang sewaktu menghisap rokok di kedai arak dipergoki oleh Do I Toshi Kachi. 4. dan jangan berusaha membuat orang lain untuk tertawa. Jika Anda telah siap dengan berbagai data dan informasi yang relevan. penghargaan lebih disenangi orang dibandingkan dengan welas asih. &#65288. 3.or. tak sempat lagi membuang rokok. artinya Anda tidak akan mudah gugup dalam berbicara. 5. atau hentikan pembicaraan supaya tidak membuang waktu orang lain. Jangan berbicara terlalu lambat. Begitu lawan bicara Anda paham maksud Anda. Cara Sukses Berkomunikasi (1) Respek Terhadap Bawahan Adalah Semacam Kemuliaan Oleh: Zeng Xiaoge (Erabaru. Ungkapkan dengan optimis dan PeDe dengan kecepatan normal.Penghinaan membuat orang lebih marah dibandingkan dengan kebencian. Kepercayaan diri atau "keamanan" inilah yang menyebabkan Anda tidak mudah gugup. selalu saja ada sejumlah tentara menghisap dengan diam-diam. kemudian berkata: . Sikap Anda menentukan kesan lawan bicara Anda. Hindari cerita yang tidak perlu. penyair dan filsuf dari Italia&#65289.Jika bicara dengan bos. Keseriusan Anda akan ditopang oleh persiapan sebelumnya. Pilihlah kalimat seefektif mungkin. sesekali menopang dagu.1651) dari Toku Gawa Baku Fu . 2. Berhati-hati jika menceritakan hal-hal pribadi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Oleh karena Toku Gawa tidak menghisap rokok. Sewaktu ia memerintah. maka di dalam kota dilarang menghisap rokok. Tempo bicara juga menentukan. Sebagai test. Lanjutkan pembicaraan.Jepang adalah putra ke dua dari jenderal generasi ke dua Toku Gawa Hideo. gunakan gaya serius dalam membicarakan pekerjaan. Pada suatu malam. gunakan kalimat langsung pada sasaran pembicaraan. Sebisa mungkin. terdapat seorang pejabat tinggi bernama: Do I Toshi Kachi. Gunakan humor seperlunya jika diperlukan untuk mencairkan suasana. Akan tetapi larangan menghisap rokok tersebut tak mampu dilaksanakan tuntas. Biasanya orang berharap dihargai daripada disenangi orang lain. Beri pengantar sedikit tentang jalan ceritanya. jangan mengulang-ulang isi pembicaraan. lalu to the point pada laporan Anda. Do I Toshi Kachi memerintahkan mereka menutup semua jendela. lanjutkan saja pembicaraan. Orang-orang itu pucat pasi. Hindari menggumam dalam mengatakan sesuatu. Tunjukkan sikap yang menunjukkan keseriusan Anda.id) . maka Anda akan siap untuk bicara serius. Anda bisa mempelajari berbagai gaya ini dengan melihat orang lain dan menirunya. Kalau Anda mampu mengatasi berbagai ejekan dan gurauan teman.

Josephine tidak lagi merasa tertekan. oleh karena itu. pengalaman hidup juga lebih banyak 10. ketika Josephine telah berbuat kekeliruan lagi. baru bisa khusus memperhatikan kelemahan sejenis dari anak buah. Ia selalu dengan tersenyum berkata kepada Josephine: "Tidak masalah. dia betul-betul menjadi seorang sekretaris yang canggih. Saya sendiri juga pernah melakukan lebih banyak kebodohan. Suatu hari. seharusnya demikian! Matahari saja juga memiliki flek hitam. saya tidak akan memberitahu Toku Gawa. Carnegie tanpa sungkan mengkritiknya. Kala itu dia baru lulus SMA belum memiliki pengalaman sama sekali. kadangkala sekarang ataupun masa lalu juga bisa mempunyai kekurangan. 4 sedotan dengan nikmatnya. usiamu lebih tua 2 kali lipat dibandingkan Josephine. saya barangkali lebih banyak melakukan kesalahan daripada kamu! Tidak seorangpun otomatis langsung serba bisa." Seusai berkata. kamu mengerjakan apa? Bukankah juga sering melakukan kesalahan tolol semacam itu?" Setelah melalui introspeksi. adalah perwujudan penghargaan individu tertinggi. Akan tetapi. Maka dari itu. segera berkata kepada dirinya sendiri: "Tunggu. tak heran kalau kalian tak berhasil berhenti. tiada orang lagi yang menghisapnya di belakang Toku Gawa. bagaimana mungkin mengharapkan dia mengerjakan sebaik kamu? Sewaktu umur 19 tahun."Merepotkan kalian. perintah larangan merokok baru efektif. Carnegie tidak lagi seperti dahulu dengan langsung menegurnya. pada usia 19 tahun datang ke New York. ini hanyalah kesalahan kecil saja. Toku Gawa sangat membenci orang yang merokok. Terlalu menegur kesalahan kecil anak buah anda. Keponakan dari Carnegie bernama Josephine. Dalam berkomunikasi. baru ada yang mengeluarkan rokok dan diberikan kepadanya. jika kamu lakukan seperti ini bukankah sedikit lebih cerdas?" Mendengar perkataan semacam itu. tetapi mulai hari ini jangan begini lagi. bukankah . apalagi kamu lebih pandai dibandingkan saya sewaktu muda. Do I Toshi Kachi hendak meninggalkan tempat. tiba-tiba menoleh balik dan berkata: "Kejadian malam ini." Sejak saat itu. Sebagai seorang atasan. Kemudian.000 kali daripada dia. sewaktu Josephine dalam sejumlah urusan pekerjaan. menjadi sekretaris Carnegie. Josephine merasa sangat tertekan. wajar telah melakukan sejumlah kekeliruan. malahan telah dipenuhi inisiatif. telah melakukan kesalahan lagi. sukses hanya bisa diperoleh dari membenahi kesalahan yang terus menerus. Carnegie baru saja hendak menyemprotnya. satu kakinya baru saja melangkahi ambang pintu. Namun. di dalam pekerjaan. Sesudah Do I Toshi Kachi menghisap sebanyak 3. Atasan menasehati bawahan. jangan menilai segalanya berdasarkan standard diri sendiri. urusan manusia di dunia lebih-lebih tidak mungkin tanpa cela. coba kamu lihat. tidak ada yang berani sembarangan bergerak. bagaikan menggunakan kapak tajam membacok seekor lalat yang hinggap di keningnya. Do I Toshi Kachi mendesak sebanyak 3 kali. siapakah yang sudi meminjami saya rokok untuk coba menghisap?" Pada mulanya mereka tidak jelas apakah maksudnya. berkata: "Tak dinyana rokok begini hebat. saya sama sekali tidak ingin mengkritikmu atau siapapun. sesungguhnya.

saya pikir. mumpung hatinya sedang berbunga barulah tunjukkan kekurangannya. memujinya terlebih dahulu. Para pengusaha Yahudi terkenal kelas dunia beranggapan. malah bisa merasa berterima-kasih kepada anda. Berkehendak memperoleh ketulusan dan kegairahan karyawan dalam bekerja. tetapi tidak boleh keras-kejam. baru bawahan bisa menerima dengan senang. efeknya bisa tidak sama. ternyata Boss menjawab dengan sangat tenang: "Melon tidak ada yang bulat sempurna. Beberapa wartawan dalam melacak perkembangan kasus tersebut. Karena kami orang Yahudi menuntut nilai 100 hanya kepada Tuhan dan mesin. terlalu kencang menekannya. baru dengan mudah dapat membuat orang mematahkan kesalahan . juga hatinya bisa tidak terima. Demi dapatnya menasehati bawahan dan sewaktu diperlukan mengkritik. manusiapun tidak ada yang sempurna. tapi sulit dalam mengambil hati karyawan. mengapa bisa muncul karyawan yang merusak citra perusahaan? Tidakkah anda merasa kecewa? Bukankah ini menandakan bahwasanya anda tidak me-manage dengan ketat?" Di luar dugaan. harus mempertahankan kelenturan yang agak besar. hati terpikir langsung urusan bisa beres? Setiap orang mempunyai cara berbeda. percayalah ia pasti bisa menerima dengan rendah hati. sebaliknya. bukan begitu halnya. me-manage karyawan seharusnya tentu tegas. Oleh karena itu perbanyak menggunakan usulan. apanya yang mesti diherankan? Mengenai management kurang tegas. pada mungkin berbuat kesalahan. Carnegie melalui perubahan cara berkomunikasi. Makna yang sama. meski bawahan menganggap anda benar dan diri sendiri salah. Karyawan perusahaan kami bagaimanapun juga adalah manusia. menurut dan bekerja sama dengan baik. cara yang terbaik seharusnya menggunakan sikap yang tulus ikhlas. Pertanyaan salah seorang reporter wanita terkesan memojokkan: "Perusahaan anda biasanya terkenal dengan kedisiplinan yang baik. Namun. meminta wawancara tentang motif pelanggaran beberapa karyawan tersebut. Bagaimana mencapai target. Akan tetapi. maka tak terelakkan lagi bisa berbuat kekeliruan. barangkali malah kontra-produktif. di Amerika telah terbongkar sebuah komplotan besar penyelundupan berlian. kurangi menggunakan perintah. bahkan marah dan mendendam. Suatu kali. para manager dalam berkomunikasi harus memiliki "Hati yang seprinsip". Bagaimanapun setiap karyawan bukanlah orang suci. tingkat penerimaan seseorang juga bisa tidak sama. diantaranya terdapat beberapa tertuduh karyawan berasal dari perusahaan orang Yahudi . tapi dengan cara penyampaian yang berbeda. tuntutan kepada manusia selamanya adalah nilai 64 (Orang Yahudi menganggap nilai 64 sebagai angka minimal kelulusan). barulah mencapai tujuan agar keponakan merubah kekurangannya. sistem peraturan yang keras untuk sementara barangkali bisa membatasi karyawan keluar dari jalur. nasehat dan pengarahan yang tulus. barangkali biasanya standard tuntutan saya kepada mereka terlalu tinggi. jikalau anda bisa seketika merubah suatu metode lain.terlalu berlebihan! Oleh sebab itu.

sudah seharusnya memiliki hak penentuan terbesar. sedangkan karyawan zaman sekarang jikalau terlalu sengit membantah boss. Respek terhadap bawahan. jangan mengerjakan ini.Sebelum mengatakan sesuatu. telah meninggalkan cukup banyak contoh soal nyata dan cerita yang menarik. lokasi dan waktu Karya: Penyair Persia Saadi Sebagai seorang bawahan.id) . ada 3 hal yang perlu dipertimbangkan. kerjakan itu. patut dihormati. banyak menggunakan usulan. bagaimanakah caranya usul kepada boss? Pejabat pada zaman kuno ketika menghaturkan usulan kepada raja. Di bawah ini adalah sebuah rahasia yang patut dipertimbangkan dan di dalam dunia usaha bisa membawa manfaat yang tidak kecil: Di kala mengusulkan sesuatu kepada boss. ketika ia menghendaki bawahan datang menghadapnya. Ia selamanya juga tidak berkata: "Kerjakan ini. Cara Sukses Berkomunikasi (2) Bagaimana Cara Terefektif Mengajukan Usul Kepada Boss? (Erabaru. kurangi perintah. Cara. ia biasanya apakah lebih suka mendengar omongan anda? Ataukah hanya menyukai anda yang mendengarkan dia berbicara? Karena sewaktu mengusulkan dan menasehati. bukan saja bisa menghindari melukai harga diri mereka. seorang manager di pemerintahan kota. mereka bisa berhasil belajar dari pengalaman. dalam prosesnya memberitahu bawahan. meskipun "Zaman kaisar telah berlalu. Oleh karena itu." melainkan selalu berkata: "Coba Anda pertimbangkan. agar dalam kesalahan yang mereka sendiri perbuat. selain itu bisa membuat bawahan merasakan anda mudah dekat dengan orang. . terkadang mengandung risiko penggal kepala. pasti menjaga muka. pejabat zaman kuno suka menggunakan cara "menasehati dengan bernada sindir" untuk mengajukan pendapat. melakukan begini bukankah lebih baik?" Sesudah mendikte pembuatan surat. dengan sendirinya akan senang menerima usulan dan bekerja sama dengan baik. ia selalu berkata: "Barangkali kita merubah kalimat ini begini.or. meski kita merasa baik.dari pangkalnya. yang pertama-tama harus dipilah secara jelas ialah. selamanya tidak pernah berkata: "Silakan anda ke ruang saya sebentar!" melainkan ia bekata: "Saya menunggu Anda di kantor". namun pikiran kuasa-raja masih saja terwariskan" (Ini adalah ungkapan seorang profesor). bisa agak lebih baik. sebagian boss masih menganggap diri sendiri adalah pemberi modal. juga sama saja menghadapi risiko dipecat! Oleh karenanya bagaimana sang boss dengan senang hati mau menerima usulan anda." Ia selalu membiarkan bawahan mencoba membuatnya. adalah sebuah pelajaran besar dalam ilmu komunikasi. Setiap orang yang mempunyai harga diri. sering ia berkata: "Pendapat Anda tentang surat ini bagaimana?" Dalam memeriksa draft surat seorang asisten." Pada kenyataannya. Kini. adalah semacam kemuliaan! Sesuai yang diketahui oleh penulis.

jurus rahasia apa yang saya miliki? Kuncinya terletak pada cara penyampaian anda. sering kali mengalami "penolakan mentah-mentah". Perusahaan Arab kita menerapkan kebijakan perorangan dan management kekuasaan terpusat. tetapi karena sikap anda yang kebablasan. bukankah dengan jelas adalah tidak memberi muka kepadanya? Tentu saja. Hanya Wei Zheng seorang yang menentangnya. toh kebanyakan diterima oleh Taizong. usulan anda betul-betul bagus. namun lautan budi tersebut belum menjangkau ke seluruh negeri. cari peluang untuk mengajukan usulan lagi. usulan anda bagaimanapun baiknya. sangat mudah diterima oleh boss. tapi belum bisa memenuhi kehendak mereka. patut dipertimbangkan. Sebagai contoh. prasyaratnya ialah harus terlebih dahulu menjaga muka atasan. barangkali belum mempertimbangkan muka boss. ataupun berharap merubah kebijakan. terkadang bahkan harus menelan pil pahit. pertanda kemujuran meski . Sha Like adalah ahli siasat bagi perusahaan. kadang-kadang juga sangat sulit diterima dan diprioritaskan. Wei Zheng. membuat orang mau tak mau takluk. mengajukan nasehat ratusan kali banyaknya. gunung yang dikeramatkan di zaman Tiongkok kuno) mengadakan upacara akbar Feng Chan (syukuran kepada sang pencipta). zaman dinasti Tang sedang dalam masa kejayaannya. usulannya kebanyakan mengandung kekuatan logika. telah memberikan kepada kita banyak sekali kebijakan "Menyampaikan usulan" yang patut dipelajari." Contoh kasus pejabat cerdik zaman kuno. para pejabat mengundang Taizong bertandang ke Taishan. Jack terpaksa dengan rendah hati minta belajar dari Sha Like. ia menganggap saat itu mengadakan Feng Chan adalah tidak pada tempatnya. karena ini bisa mencoreng muka si pengambil kebijakanÅBApabila karyawan bawahan hendak mengusulkan sesuatu kepada atasan. kebijakan semula dibutuhkan beberapa perubahan dan penyesuaian. negara meski sudah aman tenteram. akan tetapi sandang-pangan belum melimpah. kemudian di dalam proses pelaksanaannya. Menurut pendapat penulis. saya tidak berbicara apapun terlebih dulu. Sedangkan yang anda lakukan bukanlah seperti itu! Anda sering kali disaat boss membuat kebijakan. tentu memiliki keuletan yang tak dapat diremehkan. dengarkan saja sambil mencari akal. ia juga akan menolaknya mentah-mentah. maka bila pada saat itu mengajukan usulan. Andaikata saya. Coba lihat bagaimana ia berbicara! "Jasa karya baginda meskipun tinggi. langsung di depan umum mengusulkan sesuatu yang bernada sumbang. Maka dari itu walaupun usulan itu baik.ÅIKadang kala. Kemudian.Zhen Guan. Kepiawaiannya dalam mengajukan nasehat. sedangkan rekan sekerjanya dari Inggris bernama Jack. boss biasanya bisa spontan menerimanya. untuk menunjukkan pemerintahan dengan intelektualitas lebih unggul daripada kekerasan. staf lain akan sangat sulit merubahnya. Patih dinasti Tang. bisa mengabdi kepada kaisar Tang Taizong selama 17 tahun. boss bisa saja dengan sengaja menghadang kegairahan anda.tapi belum tentu disambut baik oleh boss. negara jiran meski sudah takluk. Oleh karena perubahan faktor keadaan. tahun ke 6 . dengan demikian jikalau sewaktu-waktu pengambil kebijakan utama perusahaan melakukan keputusan keliru. usulannya selalu efektif. jikalau tidak diperhatikan cara penyampaiannya. Sha Like dengan tertawa menjelaskan: "Sebetulnya.

dengan serta merta telah menerima usulannya. energi utama tubuh belum pulih benar. oleh karena itu dibutuhkan ketrampilan khusus. membuat Taizong yang semestinya berencana menerima undangan para pejabat tinggi mengadakan Feng Chan bertandang ke Tai Shan menjadi terdiam membisu. persiapan sudah masak baru disampaikan. negara kita yang baru saja sembuh dari luka-luka perang dan kekacauan. maksudnya ialah boleh tidak setuju dengan pendapat lawan berbicara." Wei Zheng sekaligus mengajukan 5 buah realita khusus. [Mini Tips Berkomunikasi] Bawahan berbicara kepada atasan. dengan puluhan ribu kereta dan kuda. atau orang yang tidak memahami persoalan berbuat onar. jikalau di perjalanan bertemu lagi dengan bencana kelaparan. setahap demi setahap maju. nyata." Wei Zheng menggunakan perbandingan dan penalaran argumen. Kisah usulan Wei Zheng sangat banyak. menggunakan cara merangkum dan menalarkan argumen. Tang Taizong sesudah mempertimbangkan masak-masak. bersamaan itu isi usulan harus padat. tetapi masih bisa melanjutkan pembicaraan. lantas buru-buru melapor hasil karya kepada sang pencipta. maka menyesal kemudian sudah tidak ada gunanya!" Tiga usulan Wei Zheng. kebanyakan berposisi di bawah angin. salah satunya dibicarakan tentang . memperoleh suatu kesimpulan: "Tidak boleh mengadakan Feng Chan". terutama membutuhkan alasan yang tak terbantahkan. Yang hendak penulis sampaikan ialah. Mike Danner yang pernah menjabat sebagai PM pemerintahan partai buruh Inggris periode ke 2 mengatakan: "Yang disebut dialog. contoh kasus tidak banyak diceritakan di sini. menghabiskan banyak sumber tenaga dan materi. dilakukan seperti ini pasti gagal. tapi gudang masih dinilai kosong. kalimat perkataan Wei Zheng. tentu saja terasa kurang sesuai. menghentikan mengadakan Feng Chan. disuruh langsung menggotong satu pikul beras menempuh perjalanan jauh sekali dalam satu hari.sering muncul." Dua buah cerita tersebut di atas. tapi jejaring hukum masih terlalu rumit. Oleh karena itu saya kira saat ini mengadakan Feng Chan tidak pas. Bawahan berbicara kepada atasan. ke timur melakukan Feng Chan di Tai Shan. ketika mengajukan usulan. sikap bawahan musti peka terhadap perkataan dan mimik (atasan). langsung menambahkan: "Seorang pasien yang baru saja sembuh. semuanya sudah diatur terlebih dahulu. Wei Zheng melihat usulannya mulai berkhasiat. telah membuat hati Taizong tergerak. pada saat berbicara baru bisa tegas kuat dan setiap suku kata seolah menggetarkan. akirnya memperoleh kesimpulan yang tidak dapat diragukan lagi. yang memiliki daya penakluk tertentu. Maka ia maju lagi selangkah dan berkata: "Lagi pula. usulan yang bersifat melawan arus. panen meskipun lumayan. Maka sehari-harinya harus membina hubungan baik. sangat membutuhkan ketrampilan tertentu. Maka. perubahan iklim secara mendadak. Hanya apabila sebelumnya mengerjakan PR dengan baik.

ada orang yang mencari bossnya untuk merundingkan sesuatu.¡ªKadang kala. pejabat zaman kuno suka menggunakan cara ³menasehati dengan bernada sindir´ untuk mengajukan pendapat. tapi belum tentu disambut baik oleh boss. di dalam kata-kata terdapat realita. sesungguhnya juga ialah semacam penghormatan). usulan anda betul-betul bagus. Acap kali. ± Cara. . boss bisa saja dengan sengaja menghadang kegairahan anda. tetapi karena sikap anda yang kebablasan. adalah sebuah pelajaran besar dalam ilmu komunikasi.´ Pada kenyataannya. namun pikiran kuasa-raja masih saja terwariskan´ (Ini adalah ungkapan seorang profesor). Kertas kecil itu berbunyi sbb: "Boss yang terhormat. terutama dibutuhkan alasan penakluk yang kokoh kuat dan tak dapat disepelekan. terkadang mengandung risiko penggal kepala. Di bawah ini adalah sebuah rahasia yang patut dipertimbangkan dan di dalam dunia usaha bisa membawa manfaat yang tidak kecil: Di kala mengusulkan sesuatu kepada boss. Sekretaris wanita itu sering tak enak hati karena tak mengetahui kepergian si boss. kemudian setelah diberi tips oleh seorang pakar. meski kita merasa baik. barulah problemanya terpecahkan. lokasi dan waktu Karya: Penyair Persia Saadi Sebagai seorang bawahan. ia biasanya apakah lebih suka mendengar omongan anda? Ataukah hanya menyukai anda yang mendengarkan dia berbicara? Karena sewaktu mengusulkan dan menasehati. Andapun mengetahui hendak pergi kemana. sedangkan karyawan zaman sekarang jikalau terlalu sengit membantah boss. ia menempelkan secarik kertas kecil pada bagian menyolok di tempat pemberangkatan boss. Kini. Tuhan mengetahui Anda kemana. bagaimanakah caranya usul kepada boss? Pejabat pada zaman kuno ketika menghaturkan usulan kepada raja. seandainya ada usulan yang menentang arus. ke dua yang perlu ditekankan ialah isinya yang berbobot. sekretaris Anda?" (Bersambung) Bagaimana Cara Terefektif Mengajukan Usul Kepada Boss? penulis: Zeng Xiaoge Sebelum mengatakan sesuatu. tetapi si boss entah telah pergi kemana. ada 3 hal yang perlu dipertimbangkan. juga tidak mesti terlalu tegang sehingga terkesan kaku. yang pertama-tama harus dipilah secara jelas ialah. meskipun ³Zaman kaisar telah berlalu. Sebetulnya hubungan boss dengan bawahan. juga sama saja menghadapi risiko dipecat! Oleh karenanya bagaimana sang boss dengan senang hati mau menerima usulan anda. sudah seharusnya memiliki hak penentuan terbesar.sikap sewaktu mengajukan usulan (Menjaga muka si boss. sebagian boss masih menganggap diri sendiri adalah pemberi modal. Ada seorang sekretaris wanita boss sebuah perusahaan besar. telah meninggalkan cukup banyak contoh soal nyata dan cerita yang menarik. akan tetapi.

ataupun berharap merubah kebijakan. dengarkan saja sambil mencari akal. kadang-kadang juga sangat sulit diterima dan diprioritaskan. namun lautan budi tersebut belum menjangkau ke seluruh negeri. bisa mengabdi kepada kaisar Tang Taizong selama 17 tahun. Oleh karena itu saya kira saat ini mengadakan Feng Chan tidak pas. bukankah dengan jelas adalah tidak memberi muka kepadanya? Tentu saja. kemudian di dalam proses pelaksanaannya. telah memberikan kepada kita banyak sekali kebijakan ³Menyampaikan usulan´ yang patut dipelajari. saya tidak berbicara apapun terlebih dulu. sangat mudah diterima oleh boss.Maka dari itu walaupun usulan itu baik. tentu memiliki keuletan yang tak dapat diremehkan. Patih dinasti Tang. usulan anda bagaimanapun baiknya. Perusahaan Arab kita menerapkan kebijakan perorangan dan management kekuasaan terpusat. Sedangkan yang anda lakukan bukanlah seperti itu! Anda sering kali disaat boss membuat kebijakan. jurus rahasia apa yang saya miliki? Kuncinya terletak pada cara penyampaian anda. prasyaratnya ialah harus terlebih dahulu menjaga muka atasan. menggunakan cara merangkum dan menalarkan argumen. yang memiliki daya penakluk tertentu. para pejabat mengundang Taizong bertandang ke Taishan. Hanya Wei Zheng seorang yang menentangnya. cari peluang untuk mengajukan usulan lagi. Sebagai contoh. ia menganggap saat itu mengadakan Feng Chan adalah tidak pada tempatnya. usulannya kebanyakan mengandung kekuatan logika. dengan demikian jikalau sewaktu-waktu pengambil kebijakan utama perusahaan melakukan keputusan keliru. staf lain akan sangat sulit merubahnya. jikalau tidak diperhatikan cara penyampaiannya. Andaikata saya. Coba lihat bagaimana ia berbicara! ´Jasa karya baginda meskipun tinggi. untuk menunjukkan pemerintahan dengan intelektualitas lebih unggul daripada kekerasan. pertanda kemujuran meski sering muncul. langsung di depan umum mengusulkan sesuatu yang bernada sumbang. tapi belum bisa memenuhi kehendak mereka. tapi gudang masih dinilai kosong. memperoleh suatu kesimpulan: ³Tidak boleh mengadakan Feng Chan´. panen meskipun lumayan. barangkali belum mempertimbangkan muka boss. membuat orang mau tak mau takluk. kebijakan semula dibutuhkan beberapa perubahan dan penyesuaian. Sha Like adalah ahli siasat bagi perusahaan. tapi jejaring hukum masih terlalu rumit. Kemudian. Jack terpaksa dengan rendah hati minta belajar dari Sha Like. akan tetapi sandang-pangan belum melimpah. Kepiawaiannya dalam mengajukan nasehat. ¡§Wei Zheng melihat usulannya mulai berkhasiat. tahun ke 6 . karena ini bisa mencoreng muka si pengambil kebijakan¡£Apabila karyawan bawahan hendak mengusulkan sesuatu kepada atasan.´ Contoh kasus pejabat cerdik zaman kuno. gunung yang dikeramatkan di zaman Tiongkok kuno) mengadakan upacara akbar Feng Chan (syukuran kepada sang pencipta). zaman dinasti Tang sedang dalam masa kejayaannya. usulannya selalu efektif. sering kali mengalami ³penolakan mentah-mentah´. Oleh karena perubahan faktor keadaan. mengajukan nasehat ratusan kali banyaknya. boss biasanya bisa spontan menerimanya.´ Wei Zheng sekaligus mengajukan 5 buah realita khusus. toh kebanyakan diterima oleh Taizong. ia juga akan menolaknya mentah-mentah. Sha Like dengan tertawa menjelaskan: ³Sebetulnya. terkadang bahkan harus menelan pil pahit. sedangkan rekan sekerjanya dari Inggris bernama Jack. Wei Zheng.Zhen Guan. membuat Taizong yang semestinya berencana menerima undangan para pejabat tinggi mengadakan Feng Chan bertandang ke Tai Shan menjadi terdiam membisu. maka bila pada saat itu mengajukan usulan. . negara jiran meski sudah takluk. patut dipertimbangkan. Menurut pendapat penulis. negara meski sudah aman tenteram.

terutama membutuhkan alasan yang tak terbantahkan. Ada seorang sekretaris wanita boss sebuah perusahaan besar¡£Acap kali. Maka ia maju lagi selangkah dan berkata: ³Lagi pula. perubahan iklim secara mendadak. nyata. setahap demi setahap maju.langsung menambahkan: ´Seorang pasien yang baru saja sembuh. ada orang yang mencari bossnya untuk merundingkan sesuatu. akirnya memperoleh kesimpulan yang tidak dapat diragukan lagi. Bawahan berbicara kepada atasan. ke dua yang perlu ditekankan ialah isinya yang berbobot. . kebanyakan berposisi di bawah angin. ke timur melakukan Feng Chan di Tai Shan. Sebetulnya hubungan boss dengan bawahan. pada saat berbicara baru bisa tegas kuat dan setiap suku kata seolah menggetarkan. juga tidak mesti terlalu tegang sehingga terkesan kaku. maka menyesal kemudian sudah tidak ada gunanya!´ Tiga usulan Wei Zheng. terutama dibutuhkan alasan penakluk yang kokoh kuat dan tak dapat disepelekan. semuanya sudah diatur terlebih dahulu. dengan serta merta telah menerima usulannya. Hanya apabila sebelumnya mengerjakan PR dengan baik. Sekretaris wanita itu sering tak enak hati karena tak mengetahui kepergian si boss. Maka. salah satunya dibicarakan tentang sikap sewaktu mengajukan usulan (Menjaga muka si boss. tetapi si boss entah telah pergi kemana. Maka sehari-harinya harus membina hubungan baik. tetapi masih bisa melanjutkan pembicaraan. oleh karena itu dibutuhkan ketrampilan khusus. contoh kasus tidak banyak diceritakan di sini. disuruh langsung menggotong satu pikul beras menempuh perjalanan jauh sekali dalam satu hari. Tang Taizong sesudah mempertimbangkan masak-masak. persiapan sudah masak baru disampaikan. maksudnya ialah boleh tidak setuju dengan pendapat lawan berbicara. di dalam katakata terdapat realita. sangat membutuhkan ketrampilan tertentu. energi utama tubuh belum pulih benar. sikap bawahan musti peka terhadap perkataan dan mimik (atasan). dengan puluhan ribu kereta dan kuda. atau orang yang tidak memahami persoalan berbuat onar.´ Dua buah cerita tersebut di atas. negara kita yang baru saja sembuh dari luka-luka perang dan kekacauan. sesungguhnya juga ialah semacam penghormatan).´ Wei Zheng menggunakan perbandingan dan penalaran argumen. Yang hendak penulis sampaikan ialah. usulan yang bersifat melawan arus. kalimat perkataan Wei Zheng. menghabiskan banyak sumber tenaga dan materi. tentu saja terasa kurang sesuai. seandainya ada usulan yang menentang arus. dilakukan seperti ini pasti gagal. Mike Danner yang pernah menjabat sebagai PM pemerintahan partai buruh Inggris periode ke 2 mengatakan: ³Yang disebut dialog. menghentikan mengadakan Feng Chan. telah membuat hati Taizong tergerak. bersamaan itu isi usulan harus padat. jikalau di perjalanan bertemu lagi dengan bencana kelaparan. Kisah usulan Wei Zheng sangat banyak. [Mini Tips Berkomunikasi] Bawahan berbicara kepada atasan. ketika mengajukan usulan. lantas buru-buru melapor hasil karya kepada sang pencipta.

Bahkan naik pesawat terbang pun. Kontrol terus hal-hal seperti ini dan berikan mereka pengertian.dajiyuan. Enggak enak. barulah problemanya terpecahkan. "Memang sangat menyenangkan. akan tetapi. segera perbaiki tingkah laku anak! Cara Mencegah: Jika Anda mendapati anak berbohong. Kalau anak belajar dan merasa bahwa dengan membual merupakan cara yang mudah agar dia dipandang lebih hebat oleh temannya atau mencegah terjadinya masalah yang lebih besar yang telah diperbuatnya. sangat penting untuk membicarakannya dengan anak dan jangan pernah dibiarkan! Soalnya. kalau kita bisa pergi ke Disney World. Andapun mengetahui hendak pergi kemana. ia menempelkan secarik kertas kecil pada bagian menyolok di tempat pemberangkatan boss. Sebab. periksa giginya. Jangan pernah bosan melakukannya! Anda ingin si kecil berperilaku baik di saat ia besar nanti. nanti jika kamu benar-benar melakukan sesuatu yang benar. Jika hal ini terjadi. Anda mengatakan. ya. kan?" Atau jika anak berkata sudah menggosok giginya.kemudian setelah diberi tips oleh seorang pakar. Mudah-mudahan suatu hari kita bisa pergi ke sana. kalau kamu suka berbohong. Nah. tidak akan ada lagi yang percaya karena tahu kamu sudah berbohong. Misalnya. belum pernah. diterbitkan oleh Shang Zhou (http://www. Jika ternyata belum. sekretaris Anda?´ Dikutip dari: ³Cara Sukses Berkomunikasi´. berbohong dapat menjadi suatu hal yang otomatis. suruh dia segera menggosok gigi dengan bersih. Kertas kecil itu berbunyi sbb: ³Boss yang terhormat. ajak dia duduk bersama dan langsung bicarakan mengenai masalahnya. akhirnya kamu enggak punya teman. kan? . Tapi kamu enggak boleh berbohong bilang pada temanmu sudah pergi ke sana. Tuhan mengetahui Anda kemana.com) Jangan menganggap seolah-olah bukan suatu hal yang penting jika anak Anda mengatakan dia telah merapikan tempat tidurnya dengan susah payah padahal hal itu sama sekali tak benar. Atau dia bercerita kepada temannya bahwa liburan kemarin dia pergi ke Disney World padahal sebetulnya dia belum pernah ke sana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful