Proposal Kegiatan Agustusan Date: 28-07-07 08:56

Terimakasih pada teman-teman sidang pembaca yang telah mengirimkan permintaan contoh proposal acara Agustusan. Saya belum pernah menjadi panitia; karena itu saya tidak punya contohnya. Namun demikian, saya sering menerima tamu yang menyodorkan proposal acara seperti itu. Berikut ini saya sampaikan beberapa hal mengenai pembuatan proposal Agustusan.

Sebelum mulai melangkah, sadari dulu bahwa saat ini sudah cukup banyak proposal kegiatan kemasyarakatan yang beredar seperti pembangunan masjid, pondok pesantren, panti asuhan, sekolah, dan sebagainya. Banyaknya peredaran proposal-proposal semacam ini dapat membuat masyarakat menjadi "kebal" terhadap pengiriman proposal secara langsung. Perlahan tapi pasti masyarakat kita akan semakin banyak yang menyalurkan amal jariahnya melalui organisasi-organisasi pengelola zakat/infaq/shadakah yang terpercaya. Oleh karena itu, penggunaan "koneksi" sangat penting untuk meyakinkan calon donatur bahwa proposal itu tidak fiktif. Ke depan, proposal-proposal aktivitas sosial lebih bagus dikirim ke lembaga-lembaga semacam itu daripada langsung ke anggota masyarakat.

Judul

Kecermatan pemilihan judul sangat berpengaruh pada keberhasilan proposal. Judul proposal "Lomba Tumpeng" lebih menarik perhatian dibanding judul "Peringatan 17 Agustus." Penjelasan konteks acara dapat disampaikan sebagai sub judul "Dalam rangka Peringantan hari Kemerdekaan RI ke 62."

Bab 1 Pendahuluan

Jelaskan secara umum mengapa kegiatan yang diusulkan penting untuk dilaksanakan. Bab pendahuluan dapat dipandang sebagai narasi ringkasan isi seluruh dokumen proposal yang dikemas dalam format paragraf-paragraf. Karena sebaiknya pendek saja, maka pastikan setiap kalimat di Pendahuluan membawa pesan penting untuk pembaca proposal. Buang semua kalimat semacam "Seperti kita ketahui bersama, ..."

kegiatan yang diusulkan tersebut akan sukses terlaksana.Dari iuran waga masyarakat dan program jimpitan telah terkumpul Rp. Tempatkan kalimat permohonan bantuan pendanaan di sini. Bab 4 Rincian Kebutuhan Biaya Buat tabel rincian kebutuhan biaya. Ada baiknya di sini sudah memuat nama-nama pelaksana. Angka-angka pokok seperti jumlah kepala keluarga.5000. 7." Bab 2 Latar Belakang Jelaskan secara singkat situasi masyarakat tempat kegiatan akan dilaksanakan. kegiatan ini memerlukan dana Rp. Yakinkan pembaca proposal bahwa bila didanai. minimal nama koordinator masng-masing kegiatan. target parsisipan. serta jumlah anggota masyarakat kelompok remaja dan anak-anak sangat membantu memahami situasi. 10.000. Nilainya tidak perlu besar (cukup 5 -15% total lebutuhan) tapi menunjukkan kesungguhan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan itu.Sering ada baiknya di pendahuluan dimasukkan pula informasi keuangan semisal: "Secara keseluruhan.400. Bab 3 Deskripsi Kegiatan Deskripsikan satu per satu kegiatan yang dilaksanakan.-. Dekskripsi itu mencakup gambaran singkat pelaksanaan. pelaksana. Bab 5 Penutup Sampaikan komitmen kontribusi partisipasi masyarakat pada pembiayaan acara tersebut semisal iuran Rp.000.sehingga ada kekurangan sekitar Rp.320. . jadwal pelaksanaan kegiatan. sasaran yang hendak dicapai dan komponen-komponen biaya yang diperlukan.7 juta. 2. sesuaikan nomor-nomor baris dengan nomor kegiatan yang disebutkan di bab 3.-.-.per kepala atau per kepala keluarga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.