P. 1
Pengumpulan Data Statistik Pendidikan

Pengumpulan Data Statistik Pendidikan

|Views: 815|Likes:
Published by Ryan Ghokil

More info:

Published by: Ryan Ghokil on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

PENGUMPULAN DATA STATISTIK PENDIDIKAN

1. Prinsip pengumpulan data statisrik pendidikan adalah : - Dengan waktu - Tenaga - Biaya - Alat yang sehemat mungkin, dapat di himpun data yang lengkap dan dapat dipercaya. a. Lengkap data. Prinsip pertama yang harus dipegang adalah dalam pengumpulan data statistik kependidikan kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menghimpun data yang selengkaplengkapnya. b. Tepatnya data. Prinsip kedua ialah data yang di himpun hendaknya merupakan data yang tepat, yakni tepat dalam hal : 1. Jenis atau macam datanya. 2. Waktu pengumpulannya 3. Kegunaan atau relevansinya sesuai dengan tujuan pengumpulan data atau tujuan penelitian. 4. Alat atau instrumen yang dipergunakan untuk menghimpun data. c. Kebenaran data yang di himpun. Prinsip ketiga ialah data yang di himpun hendaklah data yang benar-benar dapat di percaya atau dapat di jamin akan keselisihannya. 2. Cara mengumpulkan data statistik kependidikan a. Sensus ialah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meneliti seluruh elemen yang menjadi objek penelitian. Kelemahannya memakan waktu, tenaga, biaya dan peralatan. b. Sampling ialah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meniliti sebagian kecil saja dari seluruh elemen yang menjadi objek penelitian. - Pengamatan mendalam (systematic observtion) yaitu pengamatan terhadap objek yang akan di catat datanya, dengan persiapan yang matang dilengkapi dengan instrumen tertent. - Wawancara mendalam (systematic intervalew) yaitu mengumpulkan data berbentuk pengajuan pertanyaan secara lisan, dan pertanyaan yang diajukan dalam wawancara itu telah di persiapkan secara tuntas, dilengkapi dengan instrumennya. - Angket yaitu cara pengumpulan data berbentuk pengajuan pertanyaan tertulis melalui sebuah daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. - Pemeriksaan dekomentasi (studi dokumenter) di lakukan dengan meneliti bahan dokumentasi yang ada dan mempunyai relevansi dengan tujuan penelitian. - Tes seperti : tes hasil belajar , tes kepribadian, tes kecerdasan, tes minet dan perhatian. 3. Sifat data statistik a. Data statistik memiliki nilai relatif (relative value) atau nilai semu. b.Data statistik memiliki nilai nyata (true value) atau nilai sebearnya. c. Data statistik memiliki batas bawah relatif, batas atas relatif, batas bawah nyata dan batas atas nyata. d.Data statistik yang berbentuk data kelompokan memiliki nilai tengah atau titik tengah (mid point) e. Data statistik sebagai data angka, dalam proses perhitungannya tidak menggunakan sistem pecahan, melainkan menggunakan sistem desimal ( sistem perpuluhan) f. Data Statistik sebagai data angka dalam proses perhitungan menggunakan sistem pembulatan angka tertentu.

h. e. Data Statistik yang berkaitan dengan anggaran pendapatan dan belanja. staf pengajar dan staf administrasi. f. Source: http://www. c. d. Beberapa macam contoh data statistik dalam dunia pendidikan adalah : a. Data Statistik yang berkaitan dengan staf administrasi. Data Statistik yang berkaitan dengan bidang perpustakaan.com/exact-sciences/statistics/2027985-pengumpulan-datastatistik/#ixzz1LzXTLRdh . g. b. Data Statistik tentang angka presensi anak didik. Data Statistik yang berkaitan dengan prestasi belajar anak didik. Data Statistik yang berkaitan dengan keadaan anak didik.shvoong. Data Statistik yang berkaitan dengan staf pengajar. Data Statistik yang berkaitan dengan bidang perlengkapan.4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->