P. 1
TUGAS PENGANTAR AKUNTANSI 2

TUGAS PENGANTAR AKUNTANSI 2

|Views: 483|Likes:
Published by CummaYesmin Bakpao

More info:

Published by: CummaYesmin Bakpao on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2014

pdf

text

original

Tugas...........

Pengantar Akuntansi 2

Oleh :
Sukmawati.yesmin 02320100414 AWP_ 7

AKUNTANSI KAS A. simpanan bank yang sewaktu-waktu dapat ditarik. Jika rekening koran bank tersebut dibandingkan dengan catatan perusahaan. kas dapat disimpan di bank dalam bentuk simpanan giro. saldo rekening koran yang diblokir. PENGERTIAN KAS Kas adalah harta yang dapat digunakan untuk membayar kegiatan operasional perusahaan atau dapat digunakan untuk membayar kewajiban saat ini. kemungkinan ada perbedaan yang dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut: 1. B. cek yang tidak cukup dananya/not sufficient fund (NSF) check. Item yang tidak dapat dikatakan kas adalah cek mundur. cek. dana kas kecil. Wujud dari kas dpat berupa uang kertas/logam. secara berkala bank biasanya mengirimkan laporan ke nasabah yang lazim disebut rekening koran (bank statement). Perusahaan melakukan pencatatan atas uang yang disimpan di bank di perkiraan (akun) cash atau cash in bank. Dengan demikian dapat dilakukan perbandingan antara data menurut perusahaan dengan informasi yang dilaporkan bank. Jika hal ini terjadi maka masing-masing fihak yaitu perusahaan (nasabah) dan bank akan melakukan pencatatan atas saldo dan perubahan dari saldo kas tersebut. Transaksi sudah dicatat oleh perusahaan. REKONSILIASI SALDO KAS Untuk pengendalian. saldo dana yang kegunaannya dibatasi. Rekonsiliasi adalah tindakan membandingkan dua data untuk mencari kesesuaiannya. bilyet giro. tetapi belum dilaporkan oleh bank. seperti: . yaitu setoran yang dilakukan oleh perusahaan (biasanya pada akhir suatu periode yang dicakup oleh rekening koran) dan uang . dsb.setoran dalam perjalanan (deposit in transit). Selanjutnya berdasarkan catatan bank.Laporan arus kas Laporan arus kas (Inggris: cash flow statement atau statement of cash flows) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan.

Cek yang masih beredar (outstanding check).Prinsip tersenut adalah meminimumkan jumlah kas yqang diperlukan untuk kegiatan perusahaan. dalam artian paling sering berubah.setoran tersebut telah diterima oleh bank tetapi belum masuk dalam rekening koran bank karena rekening koran bank dibuat mendahului setoran tersebut. terutama untuk membayar gaji dan rekening-rekening lainnya.Membuat kepastiaan bahwa kas selalu tersedia bilamana diperlukan. uang kertas. Anggaran kas Tanggung jawab manajer dalam pengelolaan aliran kas perusahaan meliputi : . 2. Dalam neraca. uang logam. . .Memanfaatkan kas untuk memaksimumkan pendapatan bunga. Hamper pada setiap transaksi dengan pihak luar selalu mempengaruhi kas Komposisi kas Kas terdiri dari : 1. Makalah Kas dan Investasi Jangka Pendek Pengertian Kas Merupakan suatu alat pertukaran dan juga digunakan sebagai ukuran dalam akutansi. KAS Kas Sejumlah dana yang ada didalam perusahaan diwujudkan dalam bentuk kas. Akibatnya perusahaan telah mencatat pengeluaran tetapi bank belum. yaitu cek yang sudah dibuat dan diserahkan oleh perusahaan kepada penerima tetapi sampai akhir periode cek tersebut belum diuangkan di bank. . Dalam pengelolaan kas terdapat suatu prinsip umum yang harus dipegang oleh manajer. kas merupakan aktiva yang paling lancer.

3. yaitu sebesar yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk membentuk dana kas kecil. ada 2 metode yaitu : 1. sistem imprest Didalam sistem ini jumlah dalam rekening kas kecil selalu tetap. Metode Fluktuasi Dalam metode fluktuasi pembentukan dana kas kecil dilakukan dengan cara yang sama seperti dalam sistem imprest. 5. Dalam menambah jumlah kas kecil. cashier’s checks. 6. Money Order Kas Kecil Kas kecil adalah uang kas yang disediakan untuk membayar pengeluran – pengeluaran yang jumlahnya relative kecil dan tidak ekonomis bila dibayarkan dengan cek dana ini diserakan kepada kasir kas kecil yang bertanggung jawab terhadap pembayaran – pembayaran dari dan ini akan terdapat jumlah dana kas kecil. Apabila saldo selisih kas itu debit maka dilaporan sebagai biaya diluar usaha. 7. 4. Simpanan dalam bentuk giro atau bilyet. tetapi kalau saldo rekening selisih ka situ kredit maka dilaporkan sebagai pendapatan di luar usaha. Cek yang belum distorka. . bank draft dan 8. Traveller’s Checks. a. Perbedaanya dengan sistem imprest adalah bahwa dalam metode fluktuasi salado rekening kas kecil tidak tetap tetapi berfluktuasi sesuai dengan jumlahpengisian kembali dan pengeluran – pengeluaran dari kas kecil Selisih Kas Jika jumlah uang yang ada ternyata tidak sesuai dengan catatan kas maka selisihnya dicatat dalam rekening selisih kas dan rekening lawannya adalah rekening kas.

. (2) menunjukkan logika dari hubungan timbale balik antara laporan-laporan keuangan. Aktiva yang segera dapat diuangakan (near cash) dimiliki dalam bentuk surat-surat berharga yang dapat dikonversikan menjadi kas dengan risiko penurunan nilai tercantum yang relative kecil. Laporan-laporan keuangnan karena itu penting bagi manajemen organisasi yang efisien. Jadi ekuitas adalah selisih antara harga perolehan aktiva yang tercatat dikurangi nilai hutang menurut perjanjiannya. dengan dana hutang atau ekuitas. Laporan tahunan merupakan dokumen yang memberi informasi kepada pemegang saham dan diaudit sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum. Di sisi kanan diurutkan sumber-sumber pembiayaan harta tersebut. Laporan-laporan keuangan itu juga memberikan dasar untuk memberikan kompensasi kepada para partisipan atau pemegang andil. Menurut definisi akuntansi neraca dalam keadaan “seimbang” karena adanya sifat berikut: Aktiva= Kewajiban + Ekuitas Menurut konvensi-konvensi akuntansi hubungan ini didasarkan pada biaya-biaya histories. simpanan pada lembaga-lembaga keuangan) dimiliki terutama untuk melaksanakan transaksi-transaksi perusahaan. Neraca Menurut aturan-aturan akuntansi AS neraca disusun dengan harta di sisi kiri. Urutan penyusunan aktiva di sisi kiri neraca didasarkan pada likuiditas-jangka waktu yang diperlukan suatu perusahaan yang berjalan untuk menerima kas selama persahaan menjalani siklus operasinya. (3) memperkenalkan beberapa prinsip keuangan yang pertama. Kas (realistisnya. dan (4) menetapkan pentingnya arus kas yang akan datangsebagai fondasi untuk mengukur nilai sekarang (present value) dan nilai yang akan datang (future value) suatu organisasi.PEMBAHASAN LAPORAN KEUANGAN DAN ARUS KAS Laporan Keuangan Laporan keuangan melaporkan prestasi histories dari suatu perusahaan dan memberikan dasar. bersama dengan analisis bisnis dan ekonomi. Laporan-laporan keuangan merupakan kartu angka untuk mencatat dan mengevaluasi kinerja suatu organisasi. untuk membuat proyeksi dan peramalan untuk masa depan. Laporan-laporan keuangan kunci yang mencatat asktivitas semua organisasi yang mempunyai sejumlah tujuan: (1) memberikan satu bahasa yang dimengerti oleh semua pihak.

2. Penjualan bersih disajikan pada bagian atas dari setiap laporan. Jika perusahan menerbitkan saham obligasi selama tahun berjalan.Piutang dagang merupakan penjualan yang dilakukan kepada pelanggan yang belum diterima pembayaran tunai sesungguhnya. 2. arus kas positif akan mengarah pada lebih banyak kas di dalam bank. 3. Perubahan dalam modal kerja. yang meliputi kas yang dihimpun selama tahun berjalan dengan menerbitkan utang jangka pendek. Rugi laba per lembar saham (EPS) yang disebut sebagai “tototal akhir” menunjukkan bahwa di antara seluruh pos yang terdapat di dalam laporan rugi laba. dan perubahan dalam aktiva lancer dan kewajiban lancer di luar kas dan utang jangka pendek. yang biasanya setiap satu kuartal atau satu tahun . Aktivitas operasi. Modal kerja bersih. penjualan dari aktiva tetap akan meningkatkan kas. 4. Sebuah laporan tentang laba dan deviden per saham disajikan di bagian bawah dari laporan rugi laba.Jika hal-hal lain dianggap konstan. Persediaan dapat berbentuk bahan-bahan baku yang akan digunakan dalam operasi produksi. yang meliputi laba bersih. Laporan Rugi Laba Laporan rugi laba adalah laporan yang mengikhtisarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan selama satu periode akuntansi. depresiasi. Jika sebuah perusahaan berinvestasi pada aktiva tetap. hal ini akan mengurangi posisi kasnya. yang sesudahnya akan dikurangkan dengan berbagai biaya untuk mendapatkan laba bersih yang tersedia bagi pemegang saham biasa. Laporan ini memisahkan aktivitas-aktivitas menjadi tiga kategori: 1. Arus kas. yang meliputi investasi atau penjualan aktiva tetap. barang dalam proses. . yang umumnya cukup dinyatakan sebagai laba bersih saja. Transaksi sekuritas dan pembayaran dividen. Aktiva tetap. EPS adalah yang paling penting. Laporan Arus Kas Sebuah perusahaan menghasilkan arus kas yang tinggi tidak selalu berarti bahwa jumlah kas yang dilaporkan pada neracanya juga akan tinggi. dana yang dikumpulkan akan meningkatkan posisi kasnya. Memang posisi kas perusahaan yang dilaporkan pada neraca akan dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk hal-hal berikut: 1. didefinisikan sebagai aktiva lancer minus kewajiban lancer. 3. Aktivitas investasi. Di sisi lain. utang panjang atau saham. Aktiva pendapatan. dan barang jadi.

Fundamentals of Financial Management (Dasar-dasar Manajemen Keuanagan). edisi 10 Salemba Empat 2006.DAFTAR PUSTAKA Eugene F. Manajemen Keuanagan. . edisi 9. Weston & Thomas E. Brigham & Houston. Fred J. Coupeland.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->