P. 1
AKHLAK MAHMUDAH

AKHLAK MAHMUDAH

|Views: 316|Likes:
Published by amoent

More info:

Published by: amoent on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2014

pdf

text

original

Tugas Mandiri Akhlak

Dosen Pembimbing Nasrun.HS.M.ag

KLIPING TENTANG AKHLAK MAHMUDAH DAN AKHLAK MAZMUMAH

Disusun oleh : Lona Helcera 11016201278

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU 2010

Untuk memperkuat dugaan tersebut pernah di lakukan sebuah penelitian yang di pimpin Dr. cemberut. senyum. Yaitu. Sejumlah gambar wajah dengan berbagai ekspresi seperti kontak mata. seseorang cenderung menyukai orang lain yang menunjukkan sifat positif yaitu. Nabi Muhammad SAW didalam hadist nya pun menyebutkan ³Senyum adalah ibadah´.Jadi mulai saat ini janganlah ragu untuk tersenyum.AKHLAK MAHMUDAH Judul : Jangan Ragu Tebar Senyuman Penulis / Sumber : Majalah Aklamasi Tanggal terbit Inti sari berita: Menurut seorang psikologi dari Durham. Dan menurut seorang ahli psikologi dari Universitas Durham. : Januari-Februari 2009 Komentar: Senyum merupakan salah satu akhlak mahmudah. seseorang cenderung menyukai orang lain yang bisa menunjukkan sikap positif padanya. Inggris. sebuah senyuman. maupun senyuman diperlihatkan kepada mereka untuk melihat kadar ketertarikan koresponden. Linda Boothroyd terhadap 230 koresponden wanita dan pria. karena dengan menebar senyum kepada saudara kita seiman berarti kita sudah berusaha untuk menyenangkan hati orang lain. Inggaris. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa koreponden lebih tertarik pada mimik wajah yang menunjukkan senyum sumringah. .

Untuk menafkahi keluarga terkadang tidaklah mudah tetapi sebagai seorang kepala rumah tangga hendaknya harus di jalani dengan sabar dan tawakkal. Ia harus berdagang keliling untuk menghidupi keluarganya. Bapak Wendi ini berasal dari Indramayu yang mencoba mengadu nasib di Pekanbaru. Seperti yang di lakoni oleh Bapak Wendi di dalam artikel di atas. Dia berprinsip bahwa Tuhan pasti memberikan jalan yang terbaik untuk mengais rezeki yang halal. Nafkah keluarga yang diberikan hendaknya yang halal lagi baik.Andai saja semua orang seperi bapak Wendi tentu saja tidak akan ada koruptor yang mendapatkan uang banyak hanya dengan tanda tangan atau hanya dengan duduk-duduk saja di kursi empuk. 10 Desember 2008 Komentar: Di dalam sebuah rumah tangga tugas seorang suami adalah menafkahi keluarga nya. Terkadang penghasilannya sehari-hari hanya Rp 20. Yang Penting Halal Penulis / Sumber : Yuda Pratama Tanggal terbit Inti sari berita: Pak Wendi adalah seorang pedagang gorengan keliling yang sudah menekuni pekerjaannya selama empat tahun. dengan beban dagangan yang dipikulnya dan beban selaku kepala rumah tangga yang menghidupi anak dan istrinya.000. Begitulah bapak Wendi..sampai Rp 30. : Rabu. Dan semua itu harus dilakukan dengan baik pula.tetapi bapak Wendi tetap bersemangat.000. Profesi nya sebagai pedagang gorengan keliling tidaklah selalu berjalan mulus pernah suatu ketika dia harus di tertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan tidak jarang pula dia harus berjalan dengan jarak tempuh yang begitu jauh untuk menjajakan barang dagangannya.AKHLAK MAHMUDAH Judul : Beratpun Tak Apalah.. Bagi nya pantang menyerah itu harus sebab dia harus berjuang untuk menafkahi keluarganya. Rela bersusah payah asalkan rezeki yang di carinya itu halal. .

Memukul istri yang bertujuan untuk mendidik istri supaya menjadi sholeha tidaklah di larang. setelah itu baru ayahmu.. Terutama kepada anggota keluarga kita. . ibumu. tetapi itu bukanlah solusi terakhir.. Seorang suami haru menghormati istrinya agar tercipta suasana yang kondusif di dalam rumah tangga. Dan nabi sendiri mengatakan kepada sahabat yang bertanya bahwa siapa yang lebih pantas kita dahulukan nabi menjawab ibumu. Jabir bin Andillah berkata:´Rosulullah SAW melarang untuk memukul pada bagian wajah´ (HR Muslim) dan tidak boleh sampai melukai apalagi sampai mematahkan tulang Ibnu Abbas berkata:´pukullah dan jangan sampai mematahkan tulang dan melukai´ (Sunan Kubra Karya Imam Baihaqi) : September-Oktober 2005 Komentar: Berbuat baik kepada sesama merupakan salah satu akhlak mahmudah.AKHLAK MAHMUDAH Judul : Memuliakan Wanita dalam Rumah Tangga Penulis / Sumber : Ma¶afin Mufida Tanggal terbit Inti sari berita: Bahtera rumah tangga merupakan wadah penggabungan dua karakter yang berbeda. Alquran mengajarkan tentang hal ini dalam surat An Nisa ayat 34 ³wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya maka nasihatilah mereka dan pisahkan mereka di tempat tidur mereka dan pukullah mereka´. asal sesuai dengan aturan syariat islam antara lain: Tidak memukul muka. ibumu. Jadi dalam hal ini seorang wanita harus di muliakan terutama seorang ibu.. Syariat islam melarang terjadinya kekerasan di dalam rumah tangga semisalnya memukul istri... tetapi memiliki tujuan yang sama.. Walaupun islam membolehkan memukul wanita.

2 Desember 2010 Komentar: Membantu sesama juga merupakan akhlak mahmudah. Universitas Islam Negeri (UIN SUSKA). serta Universitas Lancang Kuning (UNILAK). Aksi peduli terhadap korban bencana alam merapi dan mentawai mereka lakukan dengan mendonorkan darah. sebagai contohnya mendonorkan darah. dan tentu saja masih banyak hal yang bisa dilakukan didalam membantu orang-orang yang dalam kesulitan. Ini adalah salah satu contoh akhlak didalam membantu sesama. . organisasi masyarakat Nasional Demokrat (Nasdem) bekerja sama dengan PMI melakukan aksi donor darah di Universitas Riau. atau pertolongan karena kekurangan darah bisa di atasi. Membantu sesama bisa dilakukan dengan tenaga.Kegiatan donor darah juga di ikuti Club Badut D¶Joker. Hal ini bertujuan agar kegiatan donor darah itu lebih menyenangka : Kamis. Seperti yang di lakukan Organisasi masyarakat Nasional demokrat (Nasdem) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru. hal ini tentu saja diharapkan agar masyarakat yang kesulitan dalm mencari bantuan.AKHLAK MAHMUDAH Judul : Badut Ikut Donor Darah Penulis / Sumber : Tribun Pekanbaru Tanggal terbit Inti sari berita: Aksi peduli terhadap korban bencana alam Merapi dan Mentawai berlangsung hingga Rabu 12 Desember 2010 . Selain UR aksi donor darah juga di ikuti oleh Universitas Islam Riau (UIR). pikiran atau apa saja yang bisa dilakukan.

Khusus tahun2010 ini dipilih lokasi venue-venue Pon di mana salah satunya adalah Rusunawa UIR.Septina Primawati Rusli. Gerakan perempuan tersebut akan menanam pohon sejumlah 9.400 batang yang tersebar di lokasi kampus UIR sebanyak 1.000 batang. 6 Desember 2010 Komentar: Pelestarian lingkungan hidup merupakan salah satu akhlak mahmudah. Dan mencegah terjadinya bencana yang di akibat ulah tangan manusia sendiri.MM mencanangkan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon Provinsi Riau 2010. SMU/SMK 2. seperti: banjir. kegiatan itu merupakan upaya organisasi perempuan Riau dalam membantu pemerintah untuk menghijaukan Riau. Septina mengatakan. . dan Tahura 5.500 batang. karena dengan melestarikan lingkungan berarti kita ikut menjaga kehidupan makhluk.AKHLAK MAHMUDAH Judul : Wanita pun Tak Mau Ketinggalan Penulis / Sumber : Tribun Pekanbaru Tanggal terbit Inti sari berita: Masalah Global Warming alias pemanasan global. Ketua tim penggrak PKK Provinsi Riau Dra.000 batang.Hj. ternyata juga menjadi perhatian kaum wanita. : Senin.400 batang. seputaran PKK Provinsi Riau 4.

AKHLAK MAZMUMAH Judul : Majikan Gunting Bibir Sumiati Penulis / Sumber : Tribun Pekanbaru Tanggal terbit Inti sari berita: Sadis dan tidak berprikemanusiaan seorang tenaga kerja Indonesia di Arab Saudi di aniaya oleh majikannya. Sumiati mengalami luka bakar di beberapa titik. jari tengah retak. bibir bagian atasnya hilang. Pada tanggal 8 November 2010 Sumiati di larikan ke rumah sakit swata di Madinah (rumah sakit Kings Fadh Madinah). 16 November 2010 . kakinya nyaris lumpuh. kulit tubuh dan kepala nyaris terkelupas. alis mata rusak dan yang lebih parahnya. : Selasa.

Komentar: Merusak lingkungan merupakan salah satu akhlak mazmumah seperti penebangan hutan secara liar seperti yang telah di lakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab di atas. Kampar. Setelah mengamankan 8 truk itu dan menginterogasi sopir truk maka mereka dibebaskan dan polisi akan menunggu pemilik truk untuk menyelesaikan masalah ini. Truk kayu itu di angkut ke Pasir Putih. 14 Desember 2010 . Karena penebangan hutanbisa merusak ekosistem yang ada dan mengakibatkan banjir dan bencanabagi setiap masyarakat. Truk itu di amankan di Mapolsek bandar Seikijang.AKHLAK MAZMUMAH Judul : Polisi Lacak Pemilik 8 Truk Illegal Logging Penulis / Sumber : Pekanbaru MX Tanggal terbit Inti sari berita: Polres Pelalawan menangkap 8 truk mobil bermuatan kayu yang di duga illegal logging. Kab. : Selasa. untuk di proses lebih lanjut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->