P. 1
Lap. Keuangan

Lap. Keuangan

|Views: 37|Likes:
Published by Cah Iyo Jo

More info:

Published by: Cah Iyo Jo on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2011

pdf

text

original

RUANG LINGKUP LAPORAN KEUANGAN

oleh : Endah Utami

PENDAHULUAN
‡ Bermanfaat sebagai informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur dan bagi pihak perusahaan yang bersangkutan

LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN ‡ Media untuk meneliti kesehatan / kinerja perusahaan ‡ Laporan keuangan terdiri dari : Neraca Laporan Rugi Laba Cash Flow .

Tujuan Laporan Keuangan ‡ Menyediakan informasi yang menyangkut kinerja serta posisi keuangan suatu perusahaan ‡ Laporan keuangan perusahaan disusun untuk memenuhi kebutuhan pihak±pihak yang berkepentingan. laporan keuangan tersebut secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu ‡ Laporan keuangan menunjukkan apa yang dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas .

NERACA ‡ AKTIVA LANCAR ‡ AKTIVA TETAP ‡ HUTANG LANCAR ‡ HUTANG JANGKA PANJANG ‡ MODAL SENDIRI .

Laporan Rugi Laba ‡ Penjualan ‡ Harga Pokok Penjualan Laba bruto ‡ Biaya Operasi Biaya penjualan Biaya umum Biaya administrasi Depresiasi Laba Operasi (EBIT) ‡ Biaya bunga ‡ Laba Bersih sebelum Pajak (EBT) ‡ Pajak perusahaan Laba Bersih setelah Pajak (EAT) .

PEMBELANJAAN ‡ PEMBELANJAAN DALAM PERUSAHAAN ‡ PERANAN MANAJER KEUANGAN .

Fungsi Pembelanjaan dalam tiga Bidang Keputusan ‡ Keputusan mengenai investasi ‡ Keputusan mengenai pemenuhan kebutuhan dana ‡ Keputusan mengenai dividen .

pengaturan ini akan menentukan Struktur Kekayaan.Pembelanjaan ‡ Adalah masalah pengaturan keseimbangan finannsiil ‡ Mengatur keseimbangan Aktiva maupun Pasiva ‡ Yaitu mengatur susunan kualitatif baik di dalam Aktiva.Struktur Finansiil dan Struktur Modal . Pasiva.

PERANAN MANAJER KEUANGAN ‡ BERTANGGUNG JAWAB ATAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENTING MENGENAI INVESTASI DAN PENDANAAN ‡ BERPERAN DALAM MELANCARKAN KAS ATAU DANA DARI LUAR KE DLM PERUSAHAAN ATAU SEBALIKNYA .

MAMPU MENGHASILKAN RENTABILITAS DAN TINGKAT KEUNTUNGAN YANG MAKSIMAL ALTERNATIF-ALTERNATIF INVESTASI  KEPUTUSAN PENDANAAN  KEPUTUSAN INVESTASI . Pengarahan dan Pengendalian Pembelanjaan ‡ PEROLEHAN / PEMENUHAN DANA PEROLEHAN DANA DENGAN BIAYA MINIMAL DAN SYARATSYARAT YANG MENGUNTUNGKAN PEROLEHAN DARI SUMBER INTERN MAUPUN EXTERN PERUSAHAAN ‡ PENGALOKASIAN DANA : TERTANAM DI DLM AKTIVA SEEFISIEN MUNGKIN .Manajemen Keuangan merupakan manajemen dalam fungsi-fungsi pembelanjaan. yaitu antara lain meliputi Perencanaan.

MODAL DALAM PERUSAHAAN .

PENGERTIAN MODAL ‡ Hasil produksi yang digunakan untuk memprodusir lebih lanjut ‡ Kekuasaan menggunakan capital maupun barang ‡ Kolektivitas barang-barang modal dalam fungsi produktifnya untuk membentuk pendapatannya .

PENGERTIAN PEMBELANJAAN ‡ Berkaitan dengan masalah penggunaan dana : Pembelanjaan Pasif (Penarikan Modal) dan Pembelanjaan Aktif (Penggunaan Modal) ‡ Menyangkut masalah keseimbangan finansiil : struktur kekayaan. struktur finansiil dan struktur modal .

MODAL ABSTRAK-KONGKRET ‡ Modal Abstrak meliputi seluruh komponen kredit dalam neraca ‡ Modal Kongkret meliputi seluruh komponen debit dalam neraca .

MODAL AKTIF .PASIF ‡ Modal aktif adalah modal yang menunjukkan bentuknya ‡ Modal pasif adalah modal yang menunjukkan sumbernya .

MODAL AKTIF ‡ Berdasarkan cara dan lamanya perputaran : aktiva lancar dan aktiva tetap ‡ Berdasarkan fungsi bekerjanya : modal kerja (working capital assets/gross working capital). net working capital dan modal tetap (fixed capital assets) .

modal perusahaan induk . modal obligasi) maupun modal jangka pendek (kredit dari penjual) .MODAL PASIF ‡ Berdasar asalnya : modal sendiri dan modal asing ‡ Berdasar lamanya : tak tertentu jangka waktunya dan tertentu waktunya baik dari modal jangka panjang (modal saham.

baik dalam artian absolut maupun artian relatif antara aktiva lancar dengan aktiva tetap .STRUKTUR KEKAYAAN ‡ Cerminan susunan kualitatif dari aktiva ‡ Perimbangan atau perbandingan.

STRUKTUR FINANSIIL ‡ Cerminan susunan kualitatif dari pasiva ‡ Perimbangan baik dalam artian absolut maupun relatif antara keseluruhan modal asing dengan modal sendiri .

STRUKTUR MODAL ‡ Perimbangan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri ‡ Merupakan sebagian saja dari struktur finansiil .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->