P. 1
akuntansi

akuntansi

|Views: 48|Likes:
Published by biditah

More info:

Published by: biditah on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2011

pdf

text

original

PERTEMUAN 4 LINK ACCOUNT, SALES, DAN EXPORT-IMPORT

Kompetensi Dasar 1. Praktikan dapat melakukan link Account 2. Praktikan dapat mencatat transaksi penjualan barang/jasa, return penjualan dan penerimaan yang berhubungan dengan penjualan tersebut 3. Praktikan dapat melakukan Export-Import rekening

1. LINK ACCOUNT a. Account & Banking Account Secara default MYOP akan mengisi Kolom Laba periode berjalan ( 3-900 Current Earning), laba ditahan ( 3-800 Retaired earning), namun untuk kolom isian perkiraan saldo penyeimbang/Selisih Pembukuan (3-9999 Historical Balancing), Pembayaran Elaektronik (Cheque account for Electronic Payment), Penerimaan Sementara (Cheque account for Undesited Funds) anda dapat mengganti dengan perkiraan yang lain. b. Sales Account Koordinasi rekening yang berhubungan transaksi penjualan jasa atau barang dagangan yang merupakan kegiatan utama perusahaan, dimana ketika Anda mencatat transaksi penjualan, rekening-rekening apa saja yang terpengaruh/digunakan oleh transaksi tersebut. c. Purchases Account Koordinasi rekening yang berhubungan dengan transaksi pembelian jasa atau barang ddagangan yang merupakan kegiatan utama prusahaan, dimana ketika anda mencatat transaksi pembelian, rekening-rekening apa saja yang terpengaruh atau digunakan oleh transaksi tersebut.

000 diskon Jumlah 6. SALES Modul sales digunakan untuk mencata transaksi penjualan barng atau jasa. tentukan transaksi penjulan ada tiga pilihan untuk status tsb: Quote dipakai untuk mencata yang kita berikan ke customer.000 Penyelesaian Dari modul Sales. pada pojok sebelah kiri atas. Order dipakai untuk mencatat order penjualan yang telah diteriam perusahaan Invoice dipakai untuk membuat faktur penjualan lembat invoice dapat berlaku. Mancatat Return Penjualan Tunai Masih berhubuang dengan contoh1. misalkan tanggal 4 januari 2009 perusaan mnerima pengembalian barang dari customer penjualan tunai yaitu 1 unit barang P-002 ( Urea) karena rusak . Contoh 1 mencatat transaksi penjualan tunai Tanggal 3 januari 2006 perusahaan menjual barang dagangan secara tunai kepada customer penjualan tunai dengan rincian: Unit 2 Kode P-002 Nama Barang Urea harga 3. ubah tampilan fakturnya dengan klik icon Layout. kemudian klik OK selanjutnya isi data penjualan sbb: Perhatikan pada fron tsb. Juga sebagai lembar taguhan.2. return penjualan dan penerimaan yang berhubungan dengan penjualan tersebut. pilih Item. untuk contoh tsb kita pilih Invoice Perhatikan juga pada kolom Paid Today diisi dengan jumlah uang yang dibayarkan tunai dana tersebut akan menambah saldo kas di bank BNI Contoh 2. klik Enter Sales.

klik Enter Sales. klik Pay Refund. isikan data barang yang dikembalikan. pilih Item. Enter sales. Contoh 3. Sales Register. klik Receive Payment. sorot nama Customerny.) jumlah barng yang dikembalikan. perhatikan pada kolom ship diisi ( . Mencatat penerimaan dari customer. Dana yang ditrima tsn akan menambah saldo rekening di Bank BNI.000 8. Penyelesaian dari modul Sales. kemudian klik OK. dana tersebut akan mengurangi saldo yang ada di bang BNI.000 diskon Jumlah 6. Langkah 2 : catat pengeluaran dana akibat pengembalian barang dari customer melalui modul Sales. Mencatat Transaksi Penjualan Secara Kredit. Tanggal 4 Januari 2006 perusahaan menjual barang dagangan kepada PT MAJU secara kredit dengan perincian sbb: Unit 2 2 Kode P-002 P-003 Nama Barang Urea TSP harga 3. selanjutnya isi data penjualannya sbb. kolom Amount Received diisi daengan dana yang kita terima. .000 Penyelesaian: Dari modul Sales.500. Contoh 4.000 4. ubah tampilan fakturnya dengan klik icon Layout. Selelah memilih Pay Refund anda cukup menggati tanggal penegluaran dana. selanjutnya nilai tsb distribusikan pada colom Amount Aplied pada ransaksi yang dilunasi.Penyelesaan : Langkah 1 : Catat tersebut pengembalian barang dari customer melalui modul Sales. Tanggal 3 Januari 2009 diterima pelunasa dari PT MAJU 4. pilih Return & Kredit.

. Catat pengurangan piutang. Mencatat Transaksi Return Penjualan Kredit Masih berhubungan dengan Contoh 4. Tanggal 6 januari 2009 perusahaan menerima pemesanan barang dari customer CV JAYA dengan perincian sbb : Unit 3 Kode P-004 Nama Barang Harga 5. Penyelesaian : Langkah 1. melaui modul Sales. Contoh 6.000 Transaksi ini belum berpengaruh pada saldo pada rekening yang bersangkutan dikarenakan transaksi ini dianggap belum terjadi hanya sebatas order pemesanan saja. Mencatat Order Pemesanan dari Costumer. oleh Perusahaan barang tsb diganti dengan 1 Unit Urea ( P-002).perhatikan pada kolom Paid Today tidak diisi karena kita belum menerima dana dari cortumer tsb ( berbeda dengan penjualan tunai) : Contoh 5. Catat pengembalian dan penukaran barang melalui modul Sales. sorot nama customernya( PT SAHABAT TANI). klik Enter Sales kemudain isikan datany sbb. misalkan tanggal 5 Januari 2009 PT SAHABAT TANI mengembalikan barang yang dibeli karena rusak yakni 1 UNIT TSP (P-003). klik Sales Register pilih bilah Return & Credit. nilai yang ada di Colom Kredit Amount.000 Diskon Jumlah 15. Setelah memiliki Apply to Sale . klik bilah Apply to Sales. distribusikan pada kolom Amount Aplied pada transaksi yang akan dikurangi ( klik kolom tsb ). kolom ship diisi (-) jumlah barang yang dikembalikan dan (+) jumlah barang peggantinya / penukarannya: Langkah 2.

EXPORT-IMPORT REKENING EXPORT REKENING : Mencopy account atau rekening dari data akuntansi yang pernah dibuat. pada Duplicate Record. klik naman file nya. klik Sales Register. 3. klik CONTINUE  Bua file export data tadi. Tahapan:  Buka satu file data baru  Klik menu FILE. klik CONTINUE  Klik kategori yang akan diexport IMPORT REKENING : Mengambil rekening dari file export dan dicopykan pada file data akuntansi yang baru. klik bilah Change to Invoice. IMPORT DATA. klik Enter Sales. EXPORT DATA. Penyelesaian Dari modul Sales. ubah status transaksinya ( klik pojok kiri atas) menjadi Order. ACCOUNT. kemudian catat data pemesanannya sbb : Contoh 7 mengubah Transaksi Order menjadi Invoice Masih berhubungan dengan contoh 6. Tahapan:  Buka salah satu file myop yang telah selesai dikerjakan  Klik menu FILE. pilih Update Existing Record.Penyelesaian: Dari modul Sales. pilih bilah Order. klik OPEN  Pilih kategori yang akan diimport . ACCOUNT pilih bulannya. misalkan tgl 7 Januari 2009 Perusahaan mengirimkan barang yang dipesan oleh CV JAYA. sorot mana customernya ( C JAYA .

 Klik IMPORT. kemudian akhiri dengan OK .

000 Penyelesaian : Dari modul purchase. Mencat transaksi pembelian kredit Tanggal 11 januari 2009 Perusahaan membeli barang dagangan secara kredit kepada Raja Prima dengan rincian sbb: Unit 2 3 Kode P-003 P-004 Nama Barang TSP Pupuk Kandang Harga 3. BACK UP DATA DAN SISTEM KEAMANAN DATA Kompetensi dasar Praktikan dapat mencata transaksi pembelian. JURNAL PENUTUP. PURCHASE Modul Purchase digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang atau jasa.000 4.000 12. pilih item. selanjutnya isi data pembeliannya sbb: . pilih status transaksi yakni Nill. Contoh 1.PERTEMUAN 5 PURCHASE. return pembelian dan pengeluaran yang behubungan dengan pembelian tersebut. klik Enter Purchase.000 Diskon Jumlah 6. ubah tampilan fakturnya dengan klik icon Layout. return pembelian dan pengeluaran yang behubungan dengan pembelian tersebut Praktikan dapat membuat back up data dan restore data Praktikan dapat membuat system pengamanan data akuntansi MYOB 1. kemudian klik OK.

kemudian isikan datanya sbb. oleh Raja Prima barang tsb diganti dengan 1 unit TSP (P-003). klik Enter Purchase. klik bilah Appy to Purchase. pilih salah status transaksinya yakni Bill. selanjutnya isi data pembeliannya sbb. Catat pengembalian dan pertukaran barang melalui modul Purchase.000 Diskon Jumlah 6. Contoh 3 mencatat transaksi pembelian tunai Tanggal 13 Januari 2009 Perusahaan membeli barang kepada Supplier Siapa Saja dengan perincian sbb : Unit 3 Kode P-002 Nama Barang Urea Harga 2. perhatikan juga pada kolom Paid Today diisi dengan jumlah data yang dikeluarkan untuk membayar : . hapuslah nilai tsb / jangan diberlakukan discount tsb).Contoh 2. Penyelesaian : Langkah 1. misalkan tanggal 12 januari 2009 perusahaan mengembalikan barang yang dibeli karena rusak yakni 1 unit Pupuk Kandang ( P-004). Mencatat Retur pembelian Kredit Masih berhubungan dengan contoh 1. pilih Item. kolom Receive diisi (-) jumlah barang yang akan dikembalikan dan (+) jumlah barang penggantinya/ penukarnya: Langkah 2. pilih bilah Return & Debit. kemudian klik OK. nilai yang ada di kolom Debit Amount didistribusikan ke kolom Amount Applied pada transaksi yang dipergunakan hutangnya (apabila dikolom discount ada nilainya. klik Enter Purchase.000 Penyelesaian : Dari modul Purchase. ubah tampilannya fakturnya dengan klik icon Layout. Catat pengurangan hutang melalui modul Purchase klik Purchase Register. sorot nama supliernya ( Raja Prima).

Langkah 2. klik bilah Receive Fund. sorot nama Supliernya ( Siapa Saja). Contoh 6.000 . Mencatat return pembelian Tunai Masih berhubungan dengan contoh 3. Contoh 5 mencatat transaksi pelunasan hutang Tanggal 15 januari 2009 mperusahaan membayar hutang ke supplier raja Prima 24.000 Diskon Jumlah 6. pilih Pay Bill. plih bilah Return & Debit. Mencatat Order pembelian barang Tanggal 16 januari 2009 perusahaan memesan barang kepada supplier ( maltindo) dengan rincian sbb : Unit 2 Kode P-002 Nama Barang Urea Harga 2. catat pengembalian dan penukaran carang melalui modul Purchase. misalnya tanggal 14 januari 2009 Perusahaan mengembalikan barang yang dibeli yaitu 1 unit Urea (P-002) karena rusak. selanjutnya didistribusikan nilai tsb pada kolo Amount Aplied.000 utuk melunasi hutang awal sedangkan sisanya untuk melunasi pembelian pada tanggal 11 yang lalu. klik Purchase Register. kemudian pada kolom Amount diisi dengan jumlah dana yang dikeluarkan. Penyelesaian : Dari modul Purchase. Kolom receive diisi (-) jumlah barang yang dikembalikan. Catat penerimaan Dana.Contoh 4. Supplier ( Siapa Saja) setuju untuk mengembalikan dana yang telah diberikan kepadanya kepada perusahaan kita. kemudian isikan datanya sbb.740 dengan perincian 10. melaui modul Purchase. klik Enter Purchase. Penyelesaian : Langkah 1.

3 P-003 TSP 3. RESTORE DATA File backup tidak dapat digunakan dan dibuka apabila belum di restore. Mengubah Transaksi Order menjadi Bill Masih berhubungan dengan contoh 6. klik bilah Change to Bill. ubah tampilan fakturnya dengan klik icon Layout. 2. kemudian klik OK. klik Continue. RESTORE . selanjutnya isi data pembeliannya sbb : Contoh 7. Langkah mencakup data : 1. pilih status transaksinya yakni Order. Hasil backup data berupa file baru yang berextension ZIP. Klik menu FILE.000 Penyelesaian : Dari modul Purchase. Untuk merestore data. Langkah merestore file Backup : 1. pilih Item. misalkan tanggal 17 januari 2009 perusahaan menerima barang yang dipesan dari Maltindo. sorot nama supliernya ( maltindo). Penyelesaian : Dari modul Purchase. anda bias menggunakan aplikasi WINZIP. BACKUP DATA Mengubah file cadangan/backup data sangat diperlukan apabila nantinya kita akan memindahkan data akuntansi ke media perekam yang kapasitasnya terbatas. klik Enter Purchase. klik menu FILE. pilih bilah Order. kemudian ketik nama file untuk file backup anda akhiri dengan SAVE 3. pilih Purchase Register.000 6. Kegunaan dari restore data menghasilkan file baru yang sama persis dengan file aslinya ( sebelum di backup). Buka data yang akan dibackup 2. BACKUP. WINRAR atau MYOP jugs bisa. Aktivkan MYOP.

kemudian catat jurnal pada file hasil restore tsb. klik continue 2x Keterangan Financial Year just Completed menunjukan tahun periode Akuntansi yang aktif ( sebelum proses tutup buku) New Finnacial Year menunjukan tahun Periode Akuntansi baru nantinya ( setelah proses tutup buku) . Proses tutup buku biasanya dilakukan di akhir periode akuntansi ( missal) di tanggal 31 desember). Buka file Backup anda . Hal hal yang diperlukan sebelum melakukan proses tutup buku 1. Buatlah file backup terlebih dahulu. START A NEW YEAR. Klik menu FILE. akan tetapi kalau anda tidak mempunyai file backup maka anda harus membuat ulang file data dan mencatat utang semua transaksi pada file data tersebut( dari januari sampai desember). anda harus merestore file backup yang sebelumnya anda buat .2. Langkah melakukan tutup buku : 1. klik Open 3. Pastikan semua transaksi telah dicatat semua. klik file Backup. 4. Buka data yang akan ditutup buku tetapi sebelumnya ingat no 1 dan 2 di atas 2. File data yang telah ditutup buku. 2. START A NEW FINANCIAL YEAR. Kemudian klik nama file untuk file hasil restore data nantinya akhiri dengan SAVE 4. Jika ada jurnal yang lupa belum dicatat. 3. jurnalnya tidak bias dalampirkan kembali (close). TUTUP BUKU Proses tutup buku pada dasarnya menutup semua saldo perkiraan nominasi dan dipindahlkan ke rekening 3-8000 retaired earning ( laba yang ditahan) untuk memulai pencatatan transaksi di periode akuntansi yang baru.

selanjutnya klik icon PASSWORD. PREFERENCE. misalkan anda seorang kepala pembukuan di suatu perusahaan dan mempunyai 3 orang bawahan yakni si cantik bagian umum hanya bias akses modul ACCOUNT si adinda bagian pembelian hanya bias akses modul PURCHASE dan si tirta bagian penjualan hanya bias akses modul SALES. kemudian klik continue 3x akhiri dengan Start a New financial year. kemudian Klik RECORD NEW PASSWORD. Ketik kata sandi yang akan dibuat pada kotak New Master Password. Buka file data akuntasi yang akan diberi password 2. SUB MASTER PASSWORD JUGA MEMBATSI Kita juga bisa membatasi hak akses seseorang untuk memasukan transaksi ke dalam file data akuntansi. . klik OK untuk mengakhiri. Di layar akan muncul konfirmasi unruk mengingatkan anda tentang kata sandi yang telah anda berikan tadi ( ingat dan catat kata sandi tsb. SECURUTY. 6. 3. Langkah member password sbb : 1. Sebagai catatan yang bias memberikan hak akses yakni yang mempunyai kat sandi MASTER PASSWORD. Anda bias lakukan perubahan opada option tsb. 5. Klik menu SETUP. Sebagai contoh. apabila nanti anda lupa maka file maka file data tidak akan bias dibuka). PASSWORD DATA AKUNTANSI Kadang kita tidak perlu untuk member password atau data akuntansi agar tidak smebarangan oleh bias membuka dan melihat data kita.The last Mont of The New Year menunjukan bulan akhir periode akuntansi yang baru ( setelah proses tutup buku). Number of Periods in New Financial Year menunjukan periode bulan yang digunakan untuk periode akuntasi yang baru ( setelah proses tutup buku ). karena data akuntansi merupakan data yang rahasia serta tidak boleh sembarangan orang tahu data tersebut. 3.

Ulangi cara yang sama user yang lain. Untuk membatasihak akses cantik. Buka file data akuntansi dan masuk dengan kata sandi MASTER PASSWORD 2. 4.Langkah member Sub master Password 1. . klik modul yang tidak boleh atau bias diakses cantik sehingga modul tsb kan ditandai dengan tanda centang. Klik NEW ketik kata sandi pada new sub password ( missal cantik) akhiri dengan klik Record New Password 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->