PAPER TEKNOLOGI TRAKTOR SPESIFIKASI TRAKTOR

Lora Sance 240110080072

TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN JATINANGOR 2010

Klasifikasi traktor dibedakan menjadi dua macam. Kedudukan poros roda relatif rendah. Sering digunakan untuk meratakan atau menimbun tanah pada pekerjaan . pemeliharaan tanaman. untuk traktor khusus pertanian). Mudah dirangkai dengan peralatan yang khusus (misalnya dipasang alat/mesin pengolah tanah.8 kg/cm2). c.Traktor adalah alat/mesin penarik beban yang bersumberdaya mekanis. sehingga kemungkinan traktor terbenam ke dalam tanah kecil. pemanen. maka kemampuan tarik traktor besar. d. General purpose tractor Traktor ini dirancang untuk melaksanakan pekerjaan yang bersifat umum. ukuran roda depan dan belakang sama atau hampir sama dan bergandan ganda. Industrial tractor Traktor jenis ini dirancang khusus untuk keperluan industri atau kegiatan pembangunan. Special purpose tractor Jenis traktor ini dirancang untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih khusus. Mempunyai daya yang relatif kecil (± 12.5 HP)  Traktor berdasarkan jenis roda penggeraknya A. b. Berdaya besar dan dilengkapi dengan pelindung (atap) e.  Traktor berdasarkan kegunaannya a. Kekhususannya antara lain . jarak roda kiri dan kanan (wheel base) dapat diatur. Plantation tractor Traktor jenis ini dirancang untuk dapat dengan mudah dan aman digunakan pada lahan yang banyak tanamannya. Dibuat dengan konstruksi pusat titik berat rendah sehingga dapat digunakan pada lahan yang mempunyai kemiringan tinggi. Karena ukuran roda yang hampir sama. Berdaya kecil sampai berdaya besar. Garden tractor Traktor kebun yang dirancang untuk pekerjaan ringan (misalnya pertanian kecil atau pemangkas rumput). Traktor roda krepyak (crawler tractor) a) Standard crawler tractor Traktor ini mempunyai ground preassure (tekanan ke tanah) yang kecil (0. Kedudukan poros roda (ground clearance) tinggi. yaitu berdasarkan kegunaan dan jenis roda penggeraknya.

Cara pengendalian: operatoor tidak naik di atas traktor. GP sebesar itu diperoleh dengan memperlebar trak (luasan kontak roda dengan tanah) dan menghilangkan komponen-komponen yang kurang bermanfaat. penggaruan). Four wheel drive traktor : berdaya lebih dari 20 HP Pada saat beroperasi. Ground preassurenya sebesar 0. d) Extra Swam Crawler Tractor Ground preassure traktor jenis ini sebesar 0. Traktor ini cocok untuk pekerjaan penanaman.5 HP. tetapi berjalan dibelakang traktor. Mini traktor : berdaya 12. e) Special Application Crawler Tractor Traktor ini digunakan untuk menarik peralatan pertanian yang berat. pemeliharaan tanaman atau panen. Sehingga traktor jenis ini mampu digunakan di rawa-rawa. berat traktor roda bertumpu pada roda belakang sebesar .  Berdasarkan dayanya dibedakan menjadi: 1.5 20 HP 2. c) Swam Crawler Tractor Traktor jenis ini mempunyai Ground preassure sebesar 0. Traktor Roda Karet (Ban) a) Single Axle Traktor ini mempunyai satu poros roda (dua roda) sering disebut dengan traktor tangan dan dayanya kurang dari 12.5 kg/cm2.  Four wheel tractor (traktor roda empat) Traktor ini mempunyai empat roda yang masing-masing dua pada poros depan dan dua pada poros belakang.pembukaan hutan. b) Low Ground Preassure Tractor (LGP) Traktor ini digunakan pada tanah yang agak lembab.6 kg/cm2. Cocok untuk menarik beban berat misalnya untuk pengolahan tanah (pembajakan. B. b) Double Axle  Three cycle tractor (traktor roda tiga) Roda depan terdiri dari satu roda atau dua roda yang dipasang secara berhimpitan dan roda belakang dua buah. sehingga dapat digunakan pada tanah yang sangat lembek/basah.25 kg/cm2.

yang dibedakan menjad 4 macam i kecepatan rendah (termasuk kecepatan mundur) dan 4 macam kecepatan tinggi (termasuk kecepatan mundur). Kecepatan kerja berkisar antara 0. lebar berkisar 120 HP. minimum mempunyai sebuah poros roda yang dirancang untuk menarik serta menggerakan alat/mesin pertanian. Atas dasar bentuk dan ukuran traktor. Traktor jenis ini sudah dilengkapi dengan PTO (power take off). 2. yaitu mempunyai panjang berkisar 1790 berat 385 2070 mm. 1. yaitu traktor besar.54 13. Traktor mini Traktor ini merupakan traktor yang mempunyai dua buah poros roda (beroda empat). sesuai dengan namanya maka ukuran traktor ini relatif lebih kecil. maka traktor pertanian dapat dibedakan menjadi tiga jenis. mempunyai 6 kecepatan (versneling) maju. 4. Jenis traktor ini harganya sangat mahal sehingga petani masih belum mampu untuk memiliki secara perorangan. Traktor besar Traktor besar dicirikan sebagai traktor yang mempunyai dua buah poros roda (beroda empat atau lebih). Disamping itu penggunaannyapun kurang efisien mengingat bentuk petakan sawah yang relatif kecil. Dalam menghitung ground preassure (tekanan traktor pada tanah) untuk traktor roda`dipengaruhi oleh berat dinamis traktor dan luas roda yang menyentuh tanah (Ground Contact).70 20 80 % dari berat totalnya (berat dinamis traktor). three point hitch (tiga titik penggandengan/sistem mounted). panjangnya berkisar 2650 1740 2010 mm dan dayanya berkisar 20 3910 mm. lebar berkisar 995 1020 mm. Sedangkan untuk roda depan 30 % dari berat totalnya. Traktor ini banyak dijumpai pada perusahaan perusahaan perkebunan yanng mempunyai areal yang luas dan modal yang cukup besar. traktor mini dan traktor tangan.79 . 535 kg. Pada umumnya konstruksi traktor mini tidak banyak berbeda dengan traktor besar.94 km/jam dan kecepatan transport antara 7.20 HP. perbedaannya hanya terdapat pada dayanya saja.5 .31 km/jam.Pada elemennya traktor jenis ini digerakkan oleh motor diesel dua silinder atau lebih. Traktor pertanian didefinisikan sebagai suatu kendaraan yang mempunyai daya penggerak sendiri. dan 2 kecepatan mundur. Traktor jenis ini banyak dimiliki oleh petani. dan daya berkisar 12.

TRAKTOR TANGAN KUBOTA Bodi dari besi cor khusus. Didesain khusus supaya mampu dioperasikan menggunakan diesel 10. Spesifikasi Teknis Model Tenaga rata-rata (HP/rpm) Tenaga Maksimum (HP/rpm) Bahan Bakar Sistem Starting Sistem Pendingin G . Traktor tangan Traktor tangan merupakan traktor pertanian yang hanya mempunyai sebuuah poros roda (beroda dua). Dapat menggunakan bajak parabola (bajak piringan) dengan keunggulan antara lain:    Mengolah tanah 2x lebih cepat. Konstruksi yang seimbang. Gear kopling awet (tahan lama) dan terpercaya. Ringan perawatannya. didukung pula dengan gear kopling yang sangat awet. Sebagai daya penggerak utamanya menggunakan motor diesel silinder tunggal. 10 HP.5/2200 10.5/2400 Solar Engkol Radiator 8. sehingga sangat stabil dan kuat.5/2200 G ± 3000 .5 HP! Kopling belok sangat ringan. Hasil bajakan 2x lebih lebar. sehingga dihasilkan bodi yang sangat kuat dan kokoh. Gear sangat awet (tahanlama) dan mampu dioperasikan dengan diesel 10. Kopling belok ringan. Solar lebih irit. sebab QUICK G 1000 benar-benar traktor tangan yang tangguh. Cocok untuk lahan basah maupun kering.5 PK.3.1000 7. Traktor ini berukuran panjang berkisar 1740 lebar berkisar 710 880 mm dan dayanya berkisar 6 2290 mm. Jarak bebas bodi ke tanah cukup tinggi sehingga mampu mengerjakan berbagai macam kondisi lahan.

Bajak Singkal (Luku). mempunyai 2 kecepatan maju dan 1 mundur sehingga efektif dalam pengolahan tanah dan penggunaan trailer. Hitch II. y Transmisi dengan press khusus menambah kekokohan.8 2. menggunakan sistem kampas kopeling untuk memudahkan pengoperasian.4 90 AC Regulator Roda Besi Standar.5 Kg YST ± LY 2490 x 770 x 1110 mm 240 Kg . Roda Besi Bertapak Lebar Perlengkapan Tambahan TRAKTOR TANGAN YANMAR SERI YST Traktor tangan dengan perpaduan yang kompak antara rangka dan mesin dengan menggunakan teknologi YANMAR sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih nyaman dan stabil dalam berkerja. dan kecepatan 1 mundur (YST lebih nyaman dan efisien dalam pengoperasian. kecepatan 2 untuk trailer. Garu. y YST DX. y YST DX. Spesifikasi Teknis Model Dimensi + Roda Karet (PxLxT) Berat + Motor Penggerak Motor Penggerak: YST . Roda Karet. Gelebek Bajak Parabola. y Engine YANMAR dilengkapi dengan Balancer yang berfungsi untuk meredam getaran. Roda Besi Bertapak Panjang. DX) sehingga y Kopeling utama membuat V-belt awet (YST DX).DX 2470 x 770 x 1134 mm 236. Kecepatan 1 kerja di sawah.Isi Bahan Bakar (Lt) Isi Minyak Pelumas (Lt) Berat (Kg) Sistem Pengaturan Lampu Perlengkapan Yang Disertakan 9.

Sistem Pendingin f. Kapasitas Tangki Transmisi TF 85 MLY .di Motor Diesel Horisontal 4 Langkah Berpendingin Air 8.0 . Jenis c. Volume Silinder e. Mundur 1 Maju 1 . Garu. Model b.5/2200 493 cc Air dengan Radiator Solar 10. Gelebek. Puli Penegang Tali Gigi Cakar 5.5 Liter Roda Gigi & Rantai Maju 2.12 Roda Besi d = 900 mm. Bajak Tunggal Sabuk .a. Daya Maksimum (HP/rpm) d. Ganti Jalur Puli Kopeling Roda Karet Perlengkapan Standar Cakram Majemuk Kering. Bahan Bakar g.

di Motor b. Sistem Pendingin f. Jenis c.12 Roda Besi d = 800 mm. Volume Silinder e. Daya Maksimum (HP / rpm) d. Gigi Cakar 5. Model TF 70 LY . 2 Ganti Jalur Puli Puli Penegang Tali Sabuk. Bajak Tunggal .0 .0/2400 382 cc Air dengan Radiator Solar 7.1 Liter Roda Gigi & Rantai . Garu.Spesifikasi Teknis Model Dimensi + Roda Karet (PxLxT) Berat + Motor Penggerak Motor Penggerak: a. Maju 1. Bahan Bakar g. Gelebek. Kapasitas Tangki Transmisi Kopeling Roda Karet Perlengkapan Standar Diesel Horisontal 4 Langkah YST ± S 2430 x 760 x 1110 mm 216 Kg Berpendingin Air 7.

ac.com.DAFTAR PUSTAKA Kepner.google.google. Search engine. 3rd Edition.go. Principles of Farm Machinery.litbang. Westport. 1978. R.com.. 290 Massey Fergusson-MF www.e-course.pdf. USA www.id http://bbp2tp. Connecticut.deptan. Inc.usu. . Efisiensi Traktor http//:www.id/FileUpload/files/publikasi/jpptp810513.A. AVI Publishing Company.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful