P. 1
Aliran Sistem Informasi

Aliran Sistem Informasi

|Views: 4,209|Likes:
Published by Harry Al Fairuz

More info:

Published by: Harry Al Fairuz on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2013

pdf

text

original

A.

Aliran Sistem Informasi (ASI) Aliran sistem informasi merupakan bagan alir yang menujukkan arus dari program dan formulir termasuk tembusan ± tembusannya. Aliran sistem informasi mempunyai simbol ± simbol.

Tabel 2.1 Simbol ± Simbol Pada Aliran Sistem Informasi Gambar Keterangan Simbol proses Fungsi Menunjukkan proses dari kegiatan operasi

program komputer Simbol alternative Menunjukkan alternative

Simbol multi dokumen

Menunjukkan

dokumen

input dan output untuk proses manual, mekanik atau komputer Simbol kegiatan manual Menunjukkan pekerjaan manual Simbol penghubung Menunjukkan penghubung dalam satu halaman

Context Diagram Context diagram adalah gambaran umum tentang suatu sistem yang terdapat dalam suatu organisasi yang memeprlihatkan batasan (boundary) sistem. Context diagram ini merupakan alat bantu yang digunakan dalam menganalisa system yang akan dikembangkan.Simbol simpanan offline Menunjukkan simpan data secara manual Simbol harddisk Menunjukkan penyimpanan data secara elektronik Simbol garis alir Menunjukkan arus dari proses B. . adanya interaksi antara eksternal entity dengan suatu sistem.

Beberapa symbol yang digunakann dalam Context Diagram yaitu : Table 2. Kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh Process Nama Proses orang. Arus data ini menunjukkan Data Flow (Arus Data) Identifikasi arus data yang masuk kedalam proses system. (Proses) . simpanan data dan kesatuan. organisasi atau system lainnya Eksternal Entity (Kesatuan Luar) yang berada dilingkungkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output system Arus data mengalir diantara proses.2 Simbol ± Simbol Context Diagram Nama Simbol Keterangan Merupakan kesatuan luar system yang dapat berupa orang. mesin atau computer dari hasil suatu arus data yang masuk dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.

Data Flow Diagram (DFD) Data flow diagram digunakan untuk menggambarkan suatu system yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik.C.3 Simbol ± simbol Data Flow Diagram (DFD) Symbol Keterangan Symbol proses Fungsi Menunjukkan kegiatan dari proses komputer Symbol entitas Menunjukkan suatu entitas atau entity Symbol aliran data Menunjukkan aliran atau arus dari proses Symbol file Untuk menyimpan data . Table 2.

. a. Model Relasi Bentuk relasi antar file dikategorikan menjadi 3 macam. Hubungan satu lawan satu (one to one relationship) Hubungan satu lawan satu mempunyai ciri-ciri 1) Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah satu banding satu. Entity Relationship Diagram (ERD) ERD digunakan untuk menjelaskan hubungan antar data dari beberapa file yang mana file tersebut didefenisikan atas entity untuk file dan field untuk atribut serta suatu karakter sebagai penghubung. Table 2.4 Simbol ± Simbol Entity Relationship Diagram Gambar Keterangan Symbol entitas Symbol satu kesatu Fungsi Menunjukkan suatu entitas Menunjukkan satu kesatu Symbol satu kebanyak Menunjukkan satu kebanyak Symbol banyak kebanyak Menunjukkan banyak kebanyak hubungan hubungan hubungan 1.D.

Seperti dapat dilihat pada gambar 2. atau dapat dibalik.2) Tanda lingkaran untuk menunjukkan file dan relasi antara file digambarkan dengan tanda panah tunggal. Hubungan satu lawan banyak (one to many relationship) 1) Hubungan antara file pertama dengan file kedua adalah satu banding banyak. Tanda lingkaran . Staf Pustaka jaga Pustaka Gambar 2.1 Relasi satu lawan satu b.1. Contoh : pada staf pustaka dimana staf pustaka hanya memiliki satu pustaka dan satu pustaka hanya dimiliki oleh satu staf pustaka.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->