E-COMMERCE

PENGERTIAN E-COMMERCE E-Commerce merupakan salah satu keunggulan dari Internet. Ada beberapa sebutan E-Commerce yaitu Internet Commerce, Ecom, atau Immerce, yang pada dasarnya semua sebutan di atas mempunyai makna yang sama. Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau menjual secara elektronik, dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan Internet. Merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa, proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.

MACAM-MACAM APLIKASI E-COMMERCE Aplikasi e-commerce meliputi berbagai bidang : 1. Saham 2. Pekerjaan 3. Pelayanan 4. Keuangan 5. Asuransi 6. Mall 7. Pemasaran dan periklanan on-line 8. Pelayanan pelanggan 9. Lelang

(Efisiensi. pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”. KEUNTUNGAN E-COMMERCE 1. 12. Travel Hardware dan software PC Hiburan Buku dan musik Pakaian Ritel dan publikasi on Line Secara ringkas e-commerce mampu menangani masalah berikut : 1. Integrasi. Publikasi. Bagi bisnis .10. 3. tepat waktu) . 11. 5. kegiatan bisnis secara online. Otomasi. 13. 15. 14. tanpa kesalhan. perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Dapat menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. kesepakatan antara 2 pihak yang menangani pembayaran. Interaksi. memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan 4. proses terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. Transaksi. proses otomasi yang meenggantikan proses manual 2.

Konsumen tidak perlu mengantri di took atau bahkan meninggalkan rumahnya. KOMPONEN UTAMA E-COMMERCE . Bagi konsumen. 3. konsumen dapat melakukan bisnis secara online dengan mudah. B2B(Business To Business). sebagai transaksi pasar. RUANG LINGKUP E-COMMERCE • E-Business. B2C(Business To Customer). dimana didalamnya termasuk : Perdagangan via internet Perdagangan dengan fasilitas web internet Perdagangan dengan system pertukaran data terstruktur secara elektronik JENIS-JENIS E-COMMERCE 1. Bagi Manajemen. belanja cukup di 1 tempat). dapat meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan.2. • E-commerce.merupakan runag lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik. merupakan ruang lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas.(Harga lebih murah. sebagai transaksi antar perusahaan 2.

dapat mempercepat proses bisnis. Connectivity 6. dan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi. memfasilitasi pertukaran informasi. PERTIMBANGAN BISNIS E-COMMERCE 1. Electronic Catalogs. pertukaran data antar computer antar berbagai organisasi atas suatu informasi terstruktur dalam format yang standard an bias diolah oleh computer. 2. Kebijakan dan ketentuan umum. merupakan antar muka grafis(GUI) yang berbentuk halaman WWW dimana menyediakan umumnya informasi tentang penawaran produk dan jasa. 4. Penyiapan dan penyimpanan informasi 2. untuk memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik dalam lingkungan kerja tertentu.1. 3. Elektronik payments 4. Intranet dan ekstranet. Digital Currency. Jasa pencarian informasi 3. . EDI(Electronic Data Inter Change). Security services 5.