P. 1
Hukum Internasional

Hukum Internasional

|Views: 789|Likes:

More info:

Published by: Nicolas Condy Dominik on May 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

Hukum

Internasional

.

Nama Kelompok 5 nim .

Hukum Internasional WILAYAH NEGARA DI DARAT dan di LAUT .

WILAYAH NEGARA DI DARAT dan di LAUT ‡ Pengertian kedaulatan teritorial ‡ Cara-cara memperoleh wilayah negara ‡ Wilayah dan Yurisdiksi negara di Laut .

Cara penentuan batas-batas wilayah negara di darat .Pengertian kedaulatan teritorial ‡ A. Pengertian kedaulatan teritorial/kedaulatan Negara ‡ b.

Pengertian kedaulatan teritorial/kedaulatan Negara ‡ Kedaulatan Teritorial adalah sebuah konsep yang menandakan bahwa di dalam wilayah suatu Negara. yuridiksi dilaksanakan oleh Negara terhadap orang-orang dan harta benda yang menyampingkan Negara-negara lain .a.

Cara penentuan batas-batas wilayah negara di darat ‡ Luas daratan awal dapat terjadi atau ditentukan oleh tindakan atau pernyataan sepihak suatu Negara ketika memproklamirkan kemerdekaannya. ataupun akan ditentukan oleh perkembangan setelah Negara itu terbentuk sebagaimana terjadi pada Israel dan Polandia yang wilayah daratan awalnya belum pasti saat merdeka . oleh perjanjian internasional. suatu kebiasaan internasional.b.

Cession ‡ 5.Occupation ‡ 2.Cara-cara memperoleh wilayah Negara ‡ 1.Annexation ‡ 3.Prescription .Accretion ‡ 4.

1.Occupation ‡ Okupasi atau Pendudukan merupakan perolehan/penegakan kedaulatan atas wilayah yang terra nullius yaitu wilayah yang bukan dan sebelumnya belum pernah diletakan dibawah kedaulatan suatu Negara .

‡ 2. .2. Apabila wilayah yang di aneksasi telah dilakukan atau ditundukan oleh Negara yang menganeksasi.Annexation ‡ Aneksasi adalah suatu metode perolehan kedaulatan territorial yang dipaksakan dengan dua bentuk keadaan: ‡ 1. Apabila wilayah yang dianeksasi dalam kedudukan yang benar-benar berada di bawah Negara yang menganeksasi pada waktu diumumkannya kehendak aneksasi oleh Negara tersebut.

Accretion ‡ Akresi merupakan cara perolehan wilayah baru dengan proses alam terhadap wilayah yang sudah ada dibawah kedaulatan suatu Negara.3. perubahan arah suatu sungai yang menyebabkan terjadinya daratan baru . Contoh: pembentukan pulau dimulut sungai.

Cessie dapat dilakukan dengan sukarela maupun dengan kekerasan. pihak yang kalah dipaksa melalui perjanjian internasional untuk menyerahkan sebagian wilayahnya kepada pihak pemenang .4. Dengan kekerasan pada umumnya akibat kalah perang.Cession ‡ Cessie adalah cara perolehan tambahan wilayah melalui proses peralihan hak dari satu Negara ke Negara lain.

Perolehan tambahan wilayah dengan cara ini sebenarnya mengadopsi dari ketentuan bezit dalam hukum perdata .5.Prescription ‡ Preskripsi adalah perolehan wilayah oleh suatu Negara akibat pelaksanaan secara damai kedaulatan de facto dalam jangka waktu yang lama atas wilayah yang sebenarnya de jure masuk wilayah Negara lain.

Zona Ekonomi Eksklusif g. Zona-zona maritim. Lebar laut wilayah e. Laut Lepas . Sejarah singkat terbentuknya hukum laut internasional b. pembahasan meliputi c.3. Kawasan Dasar Laut Internasional j. Jenis dan Cara penentuan garis pangkal pantai (base line) d. Landas Kontinen h. Wilayah dan Yurisdiksi negara di Laut ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ a. Zona Tambahan f. Negara Kepulauan i.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->