WALIMAH

Makalah Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Tafsir Ahkam Dosen pengampu: embuh

Disusun oleh:

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KEDIRI 2011
1

Di era sekarang ini. Ada yang menggelar walimah secara sederhana di rumah dan ada pula yang melakukan walimah di gedung bahkan hingga di hotel berbitang lima yang menghabiskan dana sampai puluhan miliar rupiah. resepsi pernikahan diselenggarakan umat Muslim dengan beragam cara.Bab I A. Rumusan Masalah 1. Pendahuluan Resepsi pernikahan atau walimah merupakan tradisi yang telah diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya. ajaran Islam telah menetapkan adab dalam menyelenggarakan walimah. B. Agar sebuah walimah atau resepsi pernikahan tak terjerembab ke dalam perkara yang dilarang. bagaimanakah walimah seharusnya? 2 .

Sehingga. Definisi Walimah Walimah bersala dari kata “al walamu” yang berarti berkumpul. Niat Yang Benar Hal pertama yang harus kita luruskan adalah niat. Tata Cara Mengadakan Walimah Setiap masyarakat mempunyai tata cara tersendiri dalam mengdakan walimah. harta yang dibelanjakan dan waktu yang diluangkan akan diganti dengan pahala. Nabi sendiri pun mencontohkan pengadaan walimah yang sederhana. Hal ini dikarenakan walimah adalah saat dimana suami dan istri dapat berkumpul. Ketetuan acara walimah yang sesuai dengan agam islam adalah: a). Walimah 1. Karena sesuatu yang diniatkan dengan baik akan menjadi amal saleh. Pembedaan pembedaan contoh hidangan dalam acara walimah yang diadakan nabi bukan bertujuan untuk melebihkan antara satu 1 Kitab bulughul marom hadist no 1074 3 . Membuat dan menyediakan hidangan sesuai kebutuhan. 2. Hal ini berguna untuk menjauhkan kaum muslimin dari jeratan utang demi mengadakan walimah yang diluar batas kemampuanya. Walimatul urus adalah sebuah acara yang disusun sedemikian rupa untuk memperingati bertemunya suami istri. Masing masing anggota kelompok mempunyai karakteristik tersendiri tentang resepsi pernikahan yang mereka adakan. Beberapa hadist menyebutkan bahwa walimah boleh diadakan dengan makanan apa saja sesuai kemampuan. b).BAB II Pembahasan A. ْ ِ ِ ْ ّ ُ ِ ِ ِ َ ِ ِ ْ َ ََ ‫و َن صفية بنت شيبة قالت : ) أولم النبي صلى ال عليه وسلم علممى بعمض نسممائه بممدين ممن‬ ّ ِ ّ َ َ َْ َ ْ َ َ َ َ ْ َ ِ ْ ِ َ ّ ِ َ ْ ‫َع‬ ٍ َِ ‫“ شعير‬Shafiyyah Binti Syaibah Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengadakan walimah terhadap sebagian istrinya dengan dua mud sya'ir1” Seorang tuan rumah tak perlu memberatkan diri di luar batas kemampuannya untuk menyediakan hidangan bagi para undangan.

c). فألقي عليها التمر . mengundang rekan rekan akan melanggengkan kasih sayang dan menambah rasa cinta. dan pada hari ketiga adalah sum'ah (ingin mendapat pujian dan nama baik). Yang ada ialah beliau menyuruh membentangkan tikar kulit. والسمن‬ ْ ّ َ ُ ِ َْ َ ُ ْ ّ َ َ ْ ََ َ ِ ْ َُ ْ َ ِ ُ َ ِ َ ْ َْ ِ َ َ َ ْ َ ّ ِ َ ِ . Monggo. d). فدعوت المسلمين إلى وليمته . 3. nyanyian gadis gadis dengan vocal gado gado serta MC yang terlalu pede. dan samin2” Mengundang karib kerabat dalam acara walimah akan mempererat tali silaturahim. mengundang tetangga dapat mendatangkan kebaikan. hadist no 1075 4 .. akan dapat menjadi perkara haram jika didalamnya disertakan perkara mungkar. Keluar dari tradisi dan adat yang menyelubungi setiap resepsi di masyarakat.dengan yang lainya. susu kering. Tidak dapat kita pungkiri bahwa perayaan walimah pada masyarakat kerap diiringi musik dangdut yang super lebay. ‫و َن أنس قال : ) أقام النبي صلى ال عليه وسلم بين خيبر والمدينة ثلث ليال‬ ٍ ََ َ َ َ ِ َ ِ َ ْ َ َ َْ َ َ ْ َ ّ ِ ّ َ َ َ َ َ َ ٍ َ َ ْ ‫َع‬ َ َ َ َ ٍ ْ َ َ َ ٍ ْ ُ ْ ِ َ ِ َ َ َ َ ِ ِ َ َِ َِ َ ِ ِْ ُ ْ َ ُ ْ َ َ َ َ ّ ِ َ ِ ِ ْ ََ َ ْ ُ ‫يبنى عليه بصفية . وما كان‬ ‫ُ) فيها إل أن أمر بالنطاع . Selain itu. Hendaknya Mengundang Karib Kerabat. Dalam walimah itu tak ada roti dan daging. Hindari Perkara Perkara Mungkar Sebuah perkara sunnah. فبسطت . والقط . Melainkan semata mata disesuaikan dengan keadaan ketika sulit dan lapang. Lalu aku mengundang kaum muslimin menghadiri walimahnya. فما كان فيها من خبز ول لحم . Barangsiapa ingin mencari pujian dan nama 2 Ibid. Waktu Walimah Ketentuan waktu mengadakan walimah: . Lalu ia dibentangkan dan di atasnya diletakkan buah kurma. pada hari kedua adalah sunat. Sedangkan. walimah. Tetangga dan Rekan-Rekan “Anas berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah berdiam selama tiga malam di daerah antara Khaibar dan Madinah untuk bermalam bersama Shafiyyah (istri baru). “Dari Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Makanan walimah pada hari pertama adalah layak. kita mempunyai hak untuk memilih mendatangi resepsi tersebut selain kewajiban untuk menjauhi hal hal mungkar.

" Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Muslim4” 3 4 Ibid. قال : يا رسول ال ! إني تزوجت امرأة على وزن نواة من ذهب. Memang. فقال‬ َ َ َ ٍ َ َ ْ ِ ٍ َ َ ِ ْ َ ََ ً ََ ْ ِ ُ ْ ّ َ َ ّ ِ ّ َ َ ُ َ َ َ َ ِ َ َ َ َ َ ٍ َ ْ ُ َ ََ ٍ َ ِ ْ ََ ْ ِْ َ َ َ ّ َ َ َ َ َ ‫فبارك ال لك . sesungguhnya aku telah menikahi seorang perempuan dengan maskawin senilai satu biji emas. hadist no 1067 5 . Beliau bersabda: "Semoga Allah memberkahimu. Menurut hokum adat. Hokum Mengadakan Walimah Dasar: ٍ ْ َ ِ ْ ِ َ ْ ّ َ ِ ْ َ ََ ََ ‫عن أنس بن مالك رضي ال عنه ) أن النبي صلى ال عليه وسلم رأى على عبد الرحمن بن عوف‬ ّ ِّ َ ّ َ ٍ ِ َ ِ ْ ِ ََ ْ َ : ‫أثر صفرة . hadist no 1072 Ibid. Lalu beliau bersabda: "Apa ini?". Dan sama sekali tidak ada alasan untuk individu individu yang mengingkarinya kecuali mitos mitos seram yang melingkupi hari selain hari yang ditentukan tersebut. Karena tidak ada waktu terlarang untuk menikah. dapat kita ketahui bahwa waktu terbaik mengadakan walimah adalah pada hari pertama setelah akad nikah. Para perawinya adalah perawi-perawi kitab shahih Bukhari. kliwon. namun dari terjemahan hadist diatas. Kita pun harus mempunyai hitungan sistematis (pon. sya’ban. dan bulan nuharrom. أولم ولو بشاة‬ ُ “Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah melihat bekas kekuningan pada Abdurrahman Ibnu Auf. dkk) untuk menentukan hari H diadakanya pernikahan.00 malam jumat kliwon.baik. Hokum Seputar Walimah 1. B.” 3 Pada dasarnya waktu mengadakan walimah adalah sewaktu waktu. terserah saja. wage. selenggarakanlah walimah walaupun hanya dengan seekor kambing. Ia berkata: Wahai Rasulullah. قال : ما هذا ? . Allah akan menjelekkan namanya. waktu mengadakan pernikahan lebih fleksibel." Hadits gharib riwayat Tirmidzi. kalau mau mengadakan acara walimah pada jam 12. waktu pernikahan tidak boleh dilakukan pada bulan rajab. Sehingga. Pada hokum agama. waktu pernikahan masih menjadi masalah karena pada satu sisi hokum berdasar pada agama sedangkan pada sisi lainya menganut system adat sebagai landasanya.

Hukum Memenuhi Undangan Walimah Pendapat terbesar dalam menghadiri walimah a). Wajib Kifayah Pendapat ini muncul dengan mengambil esensi bahwa walimah mengandung dua tujuan. yaitu: mengumumkan pernikahan membedakanya dari zina Dapat kita ketahui bahwa akad pernikahan tidak disaksikan oleh semua orang melainkan hanya mereka yang berkeperluan dengan akad nikah tersebut. Wajib Dasar: 6 . dapat kita ketahui bahwa hokum mengadakan walimah adalah wajib. konsekuesinya pahala. Bila kita menghadiri. Abdurrohman bin auf termasuk dari golongan sahabat sahabat berduit yang baginya seekor kambing bukanlah beban dan kita tidak bisa lepas dari inti sebuah walimah itu sendri. yaitu pengumuman atas sebuah pernikahan yang berikutnya adalah doa yang dipanjatkan kepada pasangan yang berbahagia. Namun kita tidak bisa lepas dari sisi geografis sosiologis sebuah hokum diturunkan. Beberapa ulama berpendapat bahwa hokum mengadakan walimah adalah sunnah. maka gugurlah kewajiban tamu undangan lainya. Sedangkan bagi yang menolak. Ulama yang berpendapat bahwa menghadiri undangan adalah fardhu kifayah berpendapat bahwa bila sebagian individu telah menghadiri undangan tersebut. maka konsekuesinya adalah nothing. Dapat kita bayangkan bahwa walimah tak ubahnya seperti bagi bagi rejeki. Sunnah Pendapat ini muncul berdasar esensi walimah yang disamakan dengan penerimaan harta. kita tidak mendapat apapun. c). Hadist diatas memang benar adanya. b).Dalam kalimat “Selenggarakanlah acara pernikahan meskipun hanya dengan seekor kambing”. 2. Guna pernikahan adalah mengumumkan sebuah hubungan baru yang nantinya mecegah presepsi masyarakat tentang adanya zina dalam hubungan baru tersebut.

maka yang pertama harus didahulukan. dan jika ia tidak puasa hendaknya ia makan. فإن كان صائما‬ ً ِ َ َ َ ْ َِ ْ ِ ُْ َ ْ ُ ُ َ َ َ ِ ُ َ ِ ِ ّ َ ُ ُ َ َ َ َ َ ُ َْ َ ْ َ ْ ُ ْ َ ً ِ ْ ُ َ َ ْ َِ ّ َ ُ ْ َ ‫فليصل . dapat kita ketahui bahwa apabila walimah dalam pesta perkawinan berhukum makruh bila hanya mengundang orang orang kaya saja. dapat kita ketahui bahwa hukum mengadakan walimah adalah wajib. وإن كان مفطرا فليطعم‬ “Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila seorang di antara kamu diundang hendaknya ia memenuhi undangan tersebut. Memperhatikan syarat syarat diatas. hadist no 1070 Slamet abidin dkk. Fiqih munakahat 1 Hal 154 7 Kitab bulughul marom hadist no 1076 7 . Secara rinci. ويدعى إليها من يأباها . وسنده ضعيف‬ “Salah seorang sahabat Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berkata: Apabila dua orang mengundang secara bersamaan. فإن سبق أحدهما فأجب الذي سبق ( رواه أبو داود . Jika salah seorang di antara mereka mengundang terlebih dahulu. maka penuhilah orang yang paling dekat pintu (rumah)nya. undangan walimah itu wajib dihadiri. apabila memenuhi syarat sebagai berikut6: pengundangnya mukalaf.‫وعنه قال : قال رسول ال صلى ال عليه وسلم : إذا دعي أحدكم فليجب ."5 Dari keterangan hadist diatas. berakal sehat. Bila didahului oleh undangan lain. dan bersifat individualis. jika ia sedang puasa hendaknya ia mendoakan. maka penuhilah undangan yang lebih dahulu”7 Yang diundang tidak ada uzur syar’i. Hal ini sesuai dengan hadist: ُ َ‫َ ّ َطَ ِ ط‬ ‫وعن أبي هريرة رضي ال عنه قال : قال رسول ال صلى ال عليه وسلم ) شر ال ّعام َعام‬ ِ ّ َُ َُ َ َ َ َ َ َ ْ َ ُ َِ ْ َ َ ( ‫ال َليمة: يمنعها من يأتيها . dan merdeka undanganya tidak dikhususkan kepada orang yg kaya saja. Mutlak. Hal ini sesuai hadist yang berbunyi ‫وعن رجل من أصحاب النبي صلى ال عليه وسلم قال : ) إذا اجتمع داعيان . ومن لم يج ِ الدعوة فقد عصى ال ورسوله‬ ُ َ ُ َ َ ّ َ َ َ ْ َ َ َ َ ْ ّ َ ‫َ ْوِ َ ِ ُ ْ َ ُ َ َ ْ َ ْ ِ َ َُ ْ َ َِ ْ َ َ ْ َ ْ َ َ َ َ ْ َ ْ ُ ِب‬ َ ٌ ِْ ُ ُ َ َ ْ َ ‫أخرجه مسلم‬ 5 6 Ibid. Undanganya tidak dikhususukan kepada orang orang yg disenangi dan dihormati Belum didahulu oleh undangan lain. فأجب أقربهما‬ َ ُ َ َ ْ َ ْ ِ ََ ِ َ ِ َ َ َ َ ْ ِ َ ِ َ َ ّ ِّ َ ِ َ ْ َ ْ ِ ٍ ُ َ ْ َ َ ٌ ِ َ ُ ُ َ َ َ َ ُ َ ُ َ ُ َ َ َ َ َ ِ َّ ِ ِ ََ َ ُ ُ َ َ َ َ َ ْ َِ ً َ ‫بابا .

Tanda penyerahan anak gadis kepada suami dari kedua orang tuanya 3. Jika kita kembalikan pada hukum asalnya. Antara lain sebagai berikut: 1."8 Pembahasan selanjutnya adalah keadaan walimah yang sesuai tradisi. Maka barangsiapa tidak memenuhi undangan tersebut. Dapat kita gambarkan bahwa memberi angpau dan kewajiban menghadiri undangan adalah dua perbuatan yang berbeda dan berdiri sendiri. hadist no 1069 Slamet abidin dkk. Hikmah Walimah Diadakanya walimah dalam pwsta perkawinan mempunyai beberapa hikmah. ia ditolak orang yang datang kepadanya dan mengundang orang yang tidak diundang. dan hukum asal menghadiri walimah yang wajib. Dalam hukum islam. maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa menghadiri walimah adalah wajib tetapi kita tidak mempunyai kewajiban untuk memberi angpau. Merupakan rasa syukur kepada Alloh SWT 2. Yaitu hukum asal memberi hadiah yang sunnah. harus memberi sejumlah hadiah ataupun sejumlah uang kepada tuan rumah yang bertujuan untuk membantu meringankan acara walimah tersebut.“Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sejahat-jahatnya makanan ialah makanan walimah. hukum menghadiri walimah adalah wajib dan hukum memberi hadiah (amplop) adalah sunnah. ia telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebagai tanda baru memulai hidup suami istri9 8 9 Ibid. Sedangkan tidak ada hadist yang mengatakan bahwa wajib hukumnya memberi angpau pada saat menghadiri undangan walimah. C. Sebagai tanda resmi adanya akad nikah 4. Fiqih munakahat 1 hal 156 8 . keluar dari tradisi super ribet dalam masyarakat.

9 .Bab III Kesimpulan 1. Namun hukum memberi angpau pada saat acara berlangsung berhukum sunnah 2. Kewajiban menghadiri menjadi hilang bila dalam walimah terdapat rangkaian rangkaian acara mungkar. Hukum menghadiri walimah adalah wajib.