P. 1
TUGAS SOSIOLOGI

TUGAS SOSIOLOGI

|Views: 462|Likes:
Published by Adri Shadiq Fauzan

More info:

Published by: Adri Shadiq Fauzan on May 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2012

pdf

text

original

TUGAS SOSIOLOGI

Disusun oleh: 1. Adri Shadiq 2. Arie Julian 3. M.Eka Firdaus

Kelas XI-IPS 1

Demikian pula. peralatan hidup. Diharapkan makalah ini bisa menjadi bahan belaja. i . religi.Kata Pengantar Puji dan syukur kepada Allah Yang Maha Esa. bermakna. mata pencaharian. makalah ini t di kumpulkan pada bab kebudayaan. Di dalam makalah ini tentang suku batak yang akan disajikan sistem bahasa. Selaras dengan maksud pembelajarn mata pelajaran Sosiologi bab kebudayaan. dan terwujudnya nilai tinggi. dan kekerabatan dalam suku batak. yang telah mengaruniakan segalanya sehingga kami bisa menyelsaikan tugas mata pelajaran Sosiologi untuk memenuhi tugas kami. terima kasih sebelumnya kepada semuanya. kesenian. ilmu pengetahuan.

.i .. ... ...6 ii ..ii .4 . .1 . . .4 ... 1 1 .Daftar isi Kata Pengantar Daftar Isi Sistem Bahasa Sistem Kesenian Sistem Religi/ Keagamaan Sistem Ilmu Pengetahuan Sistem Mata Pencaharian/ Ekonomi Sistem Peralatan Hidup/ Teknologi Sistem Kekerabatan/ Sistem Sosial Penutup . .. 5 .4 .

(4) Logat Toba yang dipakai oleh orang Toba. dan Dairi. B. mendirikan rumah. upacara kematian. Marco Polo melaporkan bahwa masyarakat Batak sebagai orang-orang "liar yang musyrik" dan tidak pernah terpengaruh oleh agama-agama dari luar. (3) Logat Simalungun yang dipakai oleh Simalungun. pasukan Minangkabau menyerang tanah Batak dan melakukan pengislaman besar-besaran atas masyarakat Mandailing dan Angkola. (2) Logat Pakpak yang dipakai oleh Pakpak. ialah: (1)Logat Karo yang dipakai oleh orang Karo. yang pada akhirnya mereka menganut agama Protestan. Saga-saga. penyerahan harta warisan. Meskipun Ibn Battuta. Hasil kerajinan tenun dari suku batak adalah kain ulos. tidak dapat mengislamkan masyarakat tersebut. Hal ini secara perlahan telah meningkatakan pemeluk Islam di tengah-tengah masyarakat Batak. Bahasa Dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari. 1 . masyarakat Batak tidak pernah mengenal Islam sebelum disebarkan oleh pedagang Minangkabau. Kerajaan Aceh di utara. Pakpak. C. Tari serampang dua belas (bersifat hiburan). Pada masa Perang Paderi di awal abad ke-19. Kain ini selalu ditampilkan dalam upacara perkawinan. Kesenian Seni Tari yaitu Tari Tor-tor (bersifat magis). Kain adat sesuai dengan sistem keyakinan yang diwariskan nenek moyang . Religi/keagamaan y Masuknya Islam Dalam kunjungannya pada tahun 1292. orang Batak menggunakan beberapa logat.A. Namun penyerangan Paderi atas wilayah Toba. juga banyak berperan dalam mengislamkan masyarakat Karo. Bersamaan dengan usaha dagangnya. Angkola dan Mandailing. mengunjungi Sumatera Utara pada tahun 1345 dan mengislamkan Sultan Al-Malik Al-Dhahir. Alat Musik tradisional : Gong. banyak pedagang Minangkabau yang melakukan kawin-mawin dengan perempuan Batak. menyambut tamu yang dihormati dan upacara menari Tor-tor.

terjemahan ini tidak mudah dibaca. mereka sampai di dataran tinggi Silindung dan menetap selama dua minggu di pedalaman. dan pada awal abad ke-20 telah menjadikan Kristen sebagai identitas budaya. Pada masa ini merupakan periode kebangkitan kolonialisme Hindia-Belanda. kegiatan ini diikuti oleh Henry Lyman dan Samuel Munson dari Dewan Komisaris Amerika untuk Misi Luar Negeri. Pada tahun 1850. Perlawanan secara gerilya yang dilakukan oleh orang-orang Batak Toba berakhir pada tahun 1907. dan terdengar aneh dalam bahasa Batak. Johannsen pada tahun 1891. Voorma. dua misionaris Baptist asal Inggris. Sisingamangaraja XII wafat. dan sebuah misi pengkristenan dijalankan pada tahun 1881 oleh Dr. O. Misionaris pertama asal Jerman tiba di lembah sekitar Danau Toba pada tahun 1861. Richard Burton dan Nathaniel Ward berjalan kaki dari Sibolga menuju pedalaman Batak.Belanda. H.y Misionaris Kristen Pada tahun 1824. Setelah tiga hari berjalan. setelah pemimpin kharismatik mereka. Ludwig Ingwer Nommensen.. mereka melakukan observasi dan pengamatan langsung atas kehidupan masyarakat Batak. 2 . Masyarakat Toba dan Karo menyerap agama Nasrani dengan cepat. Pada tahun 1834. Dari penjelajahan ini. Teks terjemahan tersebut dicetak dalam huruf latin di Medan pada tahun 1893. Kitab Perjanjian Baru untuk pertama kalinya diterjemahkan ke bahasa Batak Toba oleh Nommensen pada tahun 1869 dan penerjemahan Kitab Perjanjian Lama diselesaikan oleh P. agak kaku. dimana banyak orang Batak sudah tidak melakukan perlawanan lagi dengan pemerintahan kolonial. Menurut H. Hal ini bertujuan untuk memudahkan misi-misi kelompok Kristen Belanda dan Jerman berbicara dengan masyarakat Toba dan Simalungun yang menjadi sasaran pengkristenan mereka. Dewan Injil Belanda menugaskan Herman Neubronner van der Tuuk untuk menerbitkan buku tata bahasa dan kamus bahasa Batak .

Semua orang memiliki tondi. sebuah sekolah perawat memberikan pelatihan perawatan kepada bidan-bidan disana. Walaupun sudah menganut agama Kristen dan berpendidikan tinggi.y Gereja HKBP Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) telah berdiri di Balige pada bulan September 1917. Tondi di dapat sejak seseorang di dalam kandungan. Pada akhir tahun 1920-an. Sahala : adalah jiwa atau roh kekuatan yang dimiliki seseorang. Menyangkut jiwa dan roh. Sahala sama dengan sumanta. Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) didirikan. namun orang Batak belum mau meninggalkan religi dan kepercayaan yang sudah tertanam di dalam hati sanubari mereka.Bila tondi meninggalkan badan seseorang. tuah atau kesaktian yang dimiliki para raja atau hula-hula. suku Batak mengenal tiga konsep. maka diadakan upacara mangalap (menjemput) tondi dari sombaon yang menawannya. yaitu: Tondi : adalah jiwa atau roh seseorang yang merupakan kekuatan. Demikianlah religi dan kepercayaan suku Batak yang terdapat dalam pustaha. y Sejarah kepercayaan Sebelum suku Batak menganut agama Kristen Protestan. yang tingkah lakunya sama dengan tingkah laku manusia. maka orang tersebut akan sakit atau meninggal. mereka mempunyai sistem kepercayaan dan religi tentang Mulajadi Nabolon yang memiliki kekuasaan di atas langit dan pancaran kekuasaan-Nya terwujud dalam Debata Natolu. hanya muncul pada waktu malam. Kemudian pada tahun 1941. oleh karena itu tondi memberi nyawa kepada manusia. tetapi tidak semua orang memiliki sahala. Begu : adalah tondi orang telah meninggal. 3 .

Sekelompok orang tetangga atau kerabat dekat bersama-sama mengerjakan tanah dan masing-masing anggota secara bergiliran. Teknologi/peralatan hidup Masyarakat Batak telah mengenal dan mempergunakan alat-alat sederhana yang dipergunakan untuk bercocok tanam dalam kehidupannya. sabit (sabi-sabi) atau ani-ani.D. Misalnya tenun. sedangkan dalam bahasa Toba hal itu disebut Marsiurupan. ukiran kayu. Raron itu merupakan satu pranata yang keanggotaannya sangat sukarela dan lamanya berdiri tergantung kepada persetujuan pesertanya. Selain tanah ulayat adapun tanah yang dimiliki perseorangan . Dalam bahasa Karo aktivitas itu disebut Raron. babi. E. temmbikar. Lahan didapat dari pembagian yang didasarkan marga. dan bebek. podang (sejenis pedang panjang). sapi. piso gajah dompak (sebilah keris yang panjang). Setiap kelurga mandapat tanah tadi tetapi tidak boleh menjualnya. tongkat tunggal (engkol dalam bahasa Karo). anyaman rotan. Masyarakat Batak juga memiliki senjata tradisional yaitu. Sektor kerajinan juga berkembang. 4 . piso surit (sejenis belati). ayam. bajak (tenggala dalam bahasa Karo). Ilmu Pengetahuan Orang Batak juga mengenal sistem gotong-royong kuno dalam hal bercocok tanam. Perternakan juga salah satu mata pencaharian suku batak antara lain perternakan kerbau. Mata Pencaharian/ekomomi Pada umumnya masyarakat batak bercocok tanam padi di sawah dan ladang. Unsur teknologi lainnya yaitukain ulos yang merupakan kain tenunan yang mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan adat Batak. Penangkapan ikan dilakukan sebagian penduduk disekitar danau Toba. F. Seperti cangkul. kambing. yang ada kaitanya dengan pariwisata. hujur (sejenis tombak).

yakni berdasarkan garis keturunan (genealogi) dan berdasarkan sosilogis. kesatuan adatnya adalah Marga Harahap vs narga lainnya.G. 5 . Sedangkan kekerabatan berdasarkan sosiologis terjadi melalui perjanjian (padan antar marga tertentu) maupun karena perkawinan. Kekerabatan/sistem sosial Kekerabatan adalah menyangkut hubungan hukum antar orang dalam pergaulan hidup. (c) perbedaan sifat keaslian dan (d) status kawin. kemudian Marga. Ada dua bentuk kekerabatan bagi suku Batak. Kelompok kekerabatan suku bangsa Batak berdiam di daerah pedesaan yang disebut Huta atau Kuta menurut istilah Karo. Dalam tradisi Batak. walaupun pada dasarnya tetangga tidak boleh dilupakan dalam pelaksanaan Adat.Ada pula kelompok kerabat yang disebut marga taneh yaitu kelompok pariteral keturunan pendiri dari Kuta. sementara kekerabatan teritorial tidak ada. Marga tersebut terikat oleh simbol-simbol tertentu misalnya nama marga. dimana semua suku bangsa Batak memiliki marga. Biasanya satu Huta didiami oleh keluarga dari satu marga. yang pertama dicari adalah yang satu marga. karena merekalah teman terdekat. Berhubung bahwa Adat Batak/Tradisi Batak sifatnya dinamis yang seringkali disesuaikan dengan waktu dan tempat berpengaruh terhadap perbedaan corak tradisi antar daerah. Bentuk kekerabatan berdasarkan garis keturunan (genealogi) terlihat dari silsilah marga mulai dari Si Raja Batak. Adanya falsafah dalam perumpamaan dalam bahasa Batak Toba yang berbunyi: Jonok dongan partubu jonokan do dongan parhundul. Artinya misalnya Harahap. Sebaliknya klen besar yang anggotanya sdah banyak hidup tersebar sehingga tidak saling kenal tetapi mereka dapat mengenali anggotanya melalui nama marga yang selalu disertakan dibelakang nama kecilnya. Namun dalam pelaksanaan adat. (b) perbedaan pangkat dan jabatan. Stratifikasi sosial orang Batak didasarkan pada empat prinsip yaitu : (a) perbedaan tigkat umur. merupakan suatu filosopi agar kita senantiasa menjaga hubungan baik dengan tetangga. Klen kecil tadi merupakan kerabat patrilineal yang masih berdiam dalam satu kawasan. yang menjadi kesatuan Adat adalah ikatan sedarah dalam marga.

.Penutup Terima kasih atas perhatiannya. Wb. wasalammualaikum wr.

you may have to delete the image and then insert it again. Restart your computer. and then open the file again.The image cannot be displayed. . If the red x still appears. or the image may have been corrupted. Your computer may not have enough memory to open the image.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->