TUGAS TUTORIAL MATA KULIAH EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

NAMA NIM KELAS

: LINDA PRATIWI : 820992366 :B

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ MALANG POKJAR KOTA KEDIRI

BIODATA PENULIS NAMA NIM TTL AGAMA TEMPAT MENGAJAR NAMA SUAMI NAMA IBU : LINDA PRATIWI : 820992366 : KEDIRI. MUBIN ASRORI : RUSMIATI . 04 JANUARI 1988 : ISLAM : TK. DHARMA WANITA TEMPUREJO I : MOH.

Selain itu bermain membantu anak mengenal lingkungannya. Upaya Meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan tulisan melalui permainan kartu kata siswa kelompok B TK Dharma Wanita Candra Purnamasari Kata kunci: . Pemilihan metode dan media dapat ditentukan oleh guru sesuai dengan bidang pengembangan. aman menarik dan mudah digunakan anak.Menghubungkan gambar . Permainan kartu kata terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta menarik minat anak di TK Dharma Wanita Candra Purnamasari. Dari analisis data diketahui terjadi peningkatan pada kemampuan anak dalam menghubungkan gambar dengan tulisan. Teknik pengumpulan data melalui kolom penilaian pada SKH. setiap siklus meliputi planning (rencana). Sedangkan tujuan dari perbaikan ini adalah: meningkatkan kemampuan anak di TK Dharma Wanita Candra Purnamasari dalam menghubungkan gambar dengan tulisan. serta berkreasi belajar secara menyenangkan. menentukan. Terbukti pada siklus ke 2 anak yang mendapat bintang 3 sudah mencapai 80%. dan reflection (refleksi). Perbaikan pembelajaran ini berdasarkan masalah: Bagaimana meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan kata melalui media permainan kartu kata. Tidak kalah pentingnya media juga memegang peranan penting.Kartu kata Pembelajaran di TK dilaksanakan melalui kegiatan bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain. Keberhasilan proses belajar mengajar yang terjadi dalam kelas sangat ditentukan oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan. media yang dibuat harus memperhatikan tingkat perkembangan anak. dan lembar observasi. action (tindakan). mengekspresikan perasaan. Metode yang dipilih harus tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Dengan bermain anak memiliki kesempatan untuk bereksplorasi. Metode permainan kartu kata terbukti dapat meningkatkan penguasaan kompetensi dasar pada bidang pengembangan bahasa. Lokasi penelitian TK Dharma Wanita Candra Purnamasari dan objek penelitian anak kelompok B sebanyak 24 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Perbaikan ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Perbaikan dilaksanakan pada kegiatan inti untuk setiap siklus 5 hari kegiatan.ABSTRAK Pratiwi. observation (pengamatan). buku rangkuman penilaian. . Kesimpulan dari perbaikan ini adalah: permainan kartu kata merupakan alat pembelajaran yang dibuat berdasarkan kegembiraan anak dan guru dalam memudahkan anak dalam membaca. juga memperhatikan minat serta kebutuhan anak. 2011.

selaku kepala TK Dharma Wanita Candra Purnamasari. dan semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). selaku penilai dua dalam pelaksanaan perbaikan. do’a dan semangat sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini tepat waktu.. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan perlaksanaan pemantapan kemampuan professional ini masih jauh dari sempurna.KATA PENGANTAR Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Suami dan keluarga tersayang yang telah memberikan motivasi. MA selaku tutor pembimbing laporan pelaksanaan pemantapan kemampuan profesional.. Kediri. Siti Marpuah. dukungan. Anak-anak TK Dharma Wanita Candra Purnamasari yang telah menjadi obyek pelaksanaan perbaikan. Pada kesempatan ini penulis juga ingin menyampaiakn ucapan terima kasih kepada: 1. Endro Wahyuno. selaku tutor pembimbing laporan pelaksanaan pemantapan kemampuan professional sekaligus penilai satu dalam pelaksanaan perbaikan. 8. 5. 7. 4. Ir. Bapak Drs. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan laporan pelaksanaan pemantapan kemampuan profesional ini. sehingga saat inipenulis bisa menyelesaikan tugas mata kuliah yaitu Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) sebagai tugas akhir mahasiswa S-1 PAUD UT UPBJJ Malang. Bapak Drs. Tiksno Widyatmoko. 6.Pd.Si. 23 Maret 2011 . Rekan-rekan satu angkatan yang telah memberi motivasi dan dukungan pada saya. 3. M. S. 2. Ibu Dra. Seluruh pengelola UPBJJ-UT Pokjar Kota Kediri. Ibu Liya Agustin.

Penulis .

Rumusan Masalan Permasalahan dalam penelitian ini adalah hamper semua siswa kelompok B di TK. Dharma Wanita Candra Purnamasari?” C. . “Bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan tulisan melalui permainan kartu kata siswa kelompok B TK. malas. Dharma Wanita Candra Purnamasari mengalami kesulitan dalam menghubungkan gambar dengan tulisan.BAB I PENDAHULUAN A. B. Tujuan Perbaikan Tujuan perbaikan kegiatan pengembangan ini. yaitu: (1) strategi mengajar guru yang membosankan. Dharma Wanita Candra Purnamasari semester II siswa kelompok B. Latar Belakang Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan di kelas TK. Dari beberaia penyebab tersebut maka penulis selaku guru berupaya untuk melakukan perbaikan pembelakaran agar standar kompetensi dapat tercapai dengan baik. Dharma Wanita Candra Purnamasari dalam menghubungkan gambar dengan tulisan melalui media permainan kartu kata”. (2) alat peraga kurang menarik. ditemukan masalah yaitu kemampuan anak dalam menghubungkan gambar dengan tulisan belum berkembang secara optimal. dan pasif dalam melakukan kegiatan. Belum optimalnya kemampuan tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Untuk meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan tulisan melalui permainan kartu kata diharapkan anak dapat berhasil menghubungkan gambar dengan tulisan dan dapat mengembangkan kecerdasan bahasa anak. secara umum adalah “meningkatkan kemampuan siswa kelompok B TK. (3) perilaku anak rebut.

sekolah/lembaga dan orang tua. dapat menambah wawasan bagaimana cara dan mendukung pengembangan kemampuan memfasilitasi menghubungkan gambar dengan tulisan. serta mendorong agar lebih kreatif dalam menciptakan permainan baru yang menarik. 5. untuk menambah wawasan tentang stimulasi yang tepat menghubungkan gambar dengan tulisan. kepala. dalam merangsang dan meningkatkan pengembangan kemampuan menghubungkan gambar dengan tulisan.D. Bagi orang tua. Bagi anak. memberi masukan bagi sekolah untuk dapat kebijakan demi peningkatan kualitas sekolah. 3. agar dapat mengembangkan kemampuan dalam Bagi guru. meningkatkan kualitas serta sebagai sarana untuk meningkatkan kerjasama dan kreatifitas antar guru. Manfaat Perbaikan Perbaikan ini diharapkan bermanfaat bagi guru. . 1. 2. untuk dijadikan sebagai acuan dalam membuat Bagi sekolah/lembaga. anak. Bagi kepasekolah. 4.

Dharma Wanita Candra Purnamasari ini seperti pada umumnya. dan api :9 : 14 s/d 18 Maret 2011 Siklus 2 dilaksanakan pada: Adapun kegiatan yang diteliti adalah kemampuan menghubungkan gambar dengan tulisan. minta diperhatikan dan masih sulit memisahkan dirinya dengan lingkungan awal yang dikenal yaitu lingkungan keluarga. 2. Waktu pelaksanaan Penelitian dilaksanakan pada hari efektif sekolah. Dharma Wanita Candra Purnamasari semester II.BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN A. udara. Pelaksanaan perbaikan dilaksanakan dalam dua siklus yaitu: Siklus 1 dilaksanakan pada: Tema Minggu Tanggal Tema Minggu Tanggal : Air. selalu ingin tahu. ingin mencoba. . udara dan api :8 : 07 s/d 11 Maret 2011 : Air. Karakteristik anak pada TK. Subjek Penelitian 1. Lokasi Penelitian ini dilakukan di TK. Penelitian dilaksanakan pada kegiatan inti selama ± 20 menit. tahun pelajaran 2010-2011 kelompok B dengan jumlah murid 24 anak terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. rentang waktu persiklus disesuaikan dengan jadwal kegiatan sesuai yang tercantum dalam rencana kegiatan harian (SKH). yaitu unik.

Melalui permainan kartu kata diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam kegiatan menghubungkan gambar dengan tulisan. dan refleksi. kemudian dilaksanakan refleksi. dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi. Menghubungkan dan b. Sebelum anak masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi masalah. Diskripsi Persiklus 1. tindakan. a. setiap siklus planning (rencana). 2. Langkah-langkah perbaikan Perbaikan dilaksanakan pada setiap siklus. Melalui alat penilaian kemampuan guru (APKG-PKP) berupa lembar penilaian kemampuan merencanakan kegiatan perbaikan kegiatan pengembangan (APKG 1) dan lembar penilaian kemampuan merencanakan perbaikan pengembangan (APKG 2). Dengan demikian sesuai dengan objek tindakan dalam penelitian ini adalah permainan kata diharapkan mampu meningkatkan kemampuan anak pada indikator bahasa nomor 16. Pelaksanaan Pada pelaksanaan perbaikan penilaian dilakukan oleh penilai 1 dan penilai 2. action (tindakan). Dharma Wanita Candra Purnamasari mengalami ketidakberhasilan. meliputi menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya.B. Rencana Alternatif perbaikan Berdasarkan kenyataan dalam praktek pembelajaran. Tugas penilai 1 dan 2 sebelum menilai adalah: . pengamatan. dan selanjutnya dirancang kembali untuk perbaikan siklus ke 2. Setelah diketahui hasil dari siklus 1. observasi (pengamatan). Perbaikan dilaksanakan pada kegiatan inti direncanakan untuk 1 siklus 5 hari kegiatan. kegiatan menghubungkan gambar dengan tulisan di TK.

Pengumpulan data Pengamatan dan pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil evaluasi perkembangan anak melalui teknik-teknik evaluasi yang berlaku di TK yaitu: a. b. Buku rangkuman penilaian Buku ini berfungsi untuk merangkum hasil evaluasi selama satu minggu dan nanti akan dianalisis selama satu semester untuk mengetahui perkembangan anak dalam kegiatan-kegiatan melalui indikator yang terjaring melalui tema yang ada. Sedangkan teknik pelaksanaan penilaian dilaksanakan oleh guru. *** (bintang tiga) b. a. Membaca dengan cermat SKH perbaikan dan skenario perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru atau mahasiswa untuk mengajar. dan anak merasa senang dan gembira. : anak yang sudah mampu tanpa bantuan guru. 4. yang berlangsung 3. pengembangan sebagai berikut: Mengamati dengan cermat kegiatan pengembangan . Kekuatan Refleksi Kekuatan dan kelemahan tindakan perbaikan kegiatan : media yang kami buat mampu menarik perhatian anak.a. anak tertarik dan fokus pada media yang kami buat. (bingtang dua) : anak yang cukup mampu dalam arti sekali-kali masih dapat bantuan guru. selalu dibantu guru dan belum mandiri. dengan pedoman observasi yang telah disusun sesuai indikator yang dilakukan pada perbaikan atau yang akan diteliti. Persiapan mengajar SKH (Satuan Kegiatan Harian) Pada kolom penilaian perkembangan anak setiap harinya melalui kegiatan yang sudah terprogram dengan tanda atau kode: * ** (bintang satu) : anak belum mampu.

Kelemahan : penggunaan waktu serta penilaian proses dan kurangnya waktu untuk menilai/mengobservasi anak pada saat proses belajar berlangsung. suatu tindakan perbaikan kegiatan pengembangan. Kekuatan Kekuatan dan kelebahan dan merancang dan melakukan : materi yang disajikan sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan perbaikan pengembangan dan indikator. b. Kelemahan : dalam merancang dan melakukan perbaikan terdapat pada pembuatan gambar/media yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful