Terapi Sang Nabi dalam Menyembuhkan Demam Ditulis oleh admin Rabu, 26 Agustus 2009 06:29 Dalam kitab shahih

Bukhari dan Muslim, dituturkan hadis riwayat Nafi’ dari Ibnu Umar bahwasannya Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya demam atau demam yang berat(akut) itu berasal uap api jahanam,maka dinginkan demam dengan air” Rasulullah apabila terkena demam, beliau minta diambilkan qirbah (kantong air yang terbuat dari kulit). Rasulullah memakai air untuk mengguyur kepalanya, kemudian beliau mandi. Dalam kitab Sunan dituturkan Hadis riwayat Abu Hurairah. Ia menandaslan, “Tatkala, ada salah seorang sahabat yang menyebut-nyebut demam di hadapan Rasulullah, ada sahabat lain yang mengecam keras penyakit demam. Rasulullah bersabda, “Jangan menista demam. Sebab demam dapat menghapus dosa, sebagaimana api dapat melenyapkan karat besi” Orang yang terserang penyakit demam, selazimnya meninggalkan beragam jenis makanan buruk, berikut mengkonsumsi obat-obatan yang berdaya guna. Segala kondisi demam, yaitu ketika temperature tubuh meningkat tajam, dapat diterapi dengan air melalui dua cara, yaitu Dari arah luar, yaitu dengan cara mengkompresnya, dengan menggunakan air dingin atau es, dengan maksud untuk menurunkan temperatur panas. Mengkonsumsi air mineral sebanyak mungkin saat menderita demam. Hal itu dapat membentu kestabilan organ tubuh , terutama dua ginjal, agar berfungsi normal. Diantara hal yang membantu proses penyembuhan demam adalah membersihkan tubuh sebaik mungkin, membuang berbagai kotoran tubuh, membuang kelebihan “ampas” tubuh yang tak berguna, dan menyingkirkan unsur-unsur makanan yang buruk dari dalam tubuh, sehingga kondisi tubuh sama persisnya dengan besi yang telah tersterilkan dari karatnya. Tindakan preventif inilah yang popular di kalangan para alhi medis dalam usaha penyembuhan sakit demam. Abu hurairah menuturkan, “Tidak ada penyakit yang menjangkitiku, yang paling aku sukai selain dari demam, sebab demam merasuk ke seluruh organ tubuhku. Dan Allah akan member pahala bagi setiap organ tubuh yang terkena demam”. Air dingin merupakan obat yang berdaya guna untuk mengantisipasi demam, khususnya demam yang tidak disertai dengan pembengkakan organ tubuh, serta tidak mengandung unsur-unsur buruk, baik dari luar maupun dalam tubuhm maupun unsur-unsurperusak lainnya. Dengan izin allah penyakit demam ini akan dapat diredam dengan cepat, dan cara

” Imam alKhadimi dalam komentarnya menambahkan. yang disusun oleh sekelompok ulama dinyatakan bahwa. [pada saat tidur tanpa atap di atas kepalanya]. karena setan tidak melakukannya. “Tidur dengan posisi terlentang adalah tidurnya para Rasul dan orang-orang yang merenungkan penciptaan langit dan bumi. dan multiguna. dan untuk berbaring dengan posisi miring ke kanan menghadap qiblat. karena Rasulullah saw bersabda. Selain posisi tidur sehat.’” Kemudian sebagaimana yang disebutkan dalam al-Ghayatsiyya… direkomendasikan untuk tidur dalam keadaan suci (berwudhu). Tidak disukai untuk tidur di pagi hari. sehat. 4: 177). “Dianjurkan untuk memperoleh manfaat dari tidur siang (qaylula). Rasulullah saw melewati orang yang sedang tidur dengan posisi tengkurap. Lakukanlah tidur di siang hari. ‘Ini adalah posisi yang tidak disukai Allah swt.” (al-Bariqa al-Mahmudiyya fi Syarh al-Tariqa al-Muhammadiyya. juga bagaimana waktu tidur yang sehat. 21 Agustus 2009 04:20 Rasulullah merupakan sebaik baik teladan bagi kehidupan kita. demikian pula dengan haditshadits lain yang tergolong koleksi utama. Melalui riwayat-riwayat hadist dibawah ini kita bisa mengetahui cara tidur sehat ala rasulullah.penyembuhan demam dengan air dingin adalah cara pengobatan yang murah. dan tidur dengan posisi tengkurap adalah tidurnya setan dan orang-orang kafir.’ Ibnu Hiban dalam sahihnya juga melaporkan hal yang sama. “Tidak disukai tidur terlentang tanpa alasan yang jelas. Imam Ahmad melaporkan bahwa Abu Hurayrah ra berkata. Dalam Fatawa al-Hindiyya. Tidur dengan posisi miring ke kanan adalah tidurnya para ulama dan orang-orang yang taat beribadah. beliau membangunkan orang itu dengan kakinya dan berkata. dan di waktu Ashar dan Magrib dan antara Maghrib dan ‘Isya (karena biasanya dapat mengakibatkan terlewatnya shalat Magrib dan ‘Isya . Salah satunya kita diajarkan dalam thibbun nabawi bagaimana posisi tidur yang sehat. thibbun nabawi Tidur menyehatkan menurut sunnah Ditulis oleh Admin Jumat. Imam al-Barkawi menyebutkan dalam bab petunjuk menuju taqwa dalam kitab al-Tariqa al-Muhammadiyya. tidur dengan posisi miring ke kiri adalah tidurnya orang-orang yang suka sekali makan. yang merupakan koleksi gemilang dan dijadikan andalan dalam mahdzab Hanafi.

Orang harus bangun sebelum subuh. Dan semua kebajikan.berjamaah). yaitu mandi junub (ghusl) orang-orang yang berzina. Telah disebutkan dalam beberapa literatur bahwa Sayyidina ‘Ali lebih menyukai untuk tidak tidur setelah ‘Isya sebelum tengah malam. Disarankan untuk menggosok gigi. yaitu dengan mengucapkan tahlil (‘la ilaha illa Allah’). sebagaimana yang disebutkan dalam Musnad Ahmad dan Sunan Abu Dawud. "[al-Fatawa al-Hindiyya. dan lainnya] Dianjurkan untuk menggosok muka dan mata dengan kedua tangan. idealnya dengan siwak. . berbaring di sisinya. dari darah yang tumpah karena melanggar hukum. dan Alhamdulillahi alladzi ahyana ba`da ma amatana wa ilayhi an-nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita setelah kematian kita. di dunia ini dan di hari kemudian bisa ditemukan dalam sunnah Rasulullah saw. Dan segala keberhasilan berasal dari Allah swt. lalu Alhamdulillah’ 3 kali. karena bumi mengeluh kepada Allah swt terhadap 3 hal. Abu Dawud. tanpa sesuatu kecuali apa yang telah diperbuatnya… Jika perut seseorang terlalu penuh dan merasa takut terkena sakit perut. Orang tidur sebaiknya di tempat tidur yang kondisinya sedang antara lunak dan keras [untuk mencegah tidur yang berlebihan yang dapat menyebabkan orang kehilangan shalat tahajjudnya. tahmid (‘alhamdu lillah’) dan tasbih (‘subhan Allah’) [setelah membaca beberapa do’a khusus sebelum tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah saw] hingga orang itu tertidur. dan dengan suatu ketetapan hati yang kuat untuk bertaqwa kepada Allah dan menjauhi larangan segala larangan-Nya serta memutuskan untuk tidak menyalahkan hamba Allah swt. Orang harus mengingat Allah swt (dzikr) ketika akan tidur. karena terlalu terlelap]. 5: 376] Di antara sunnah ketika bangun tidur adalah: Mengucapkan ‘La Ilaha illa Allah’. untuk menghilangkan pengaruh dari tidur. Seseorang harus menggunakan tangan kanannya sebagai bantal di bawah pipinya. dan dari tidurnya orang-orang setelah datangnya waktu subuh. dan kepada-Nyalah kita akan kembali). Dia juga harus berpikir bahwa dia akan [seolah-olah] ditempatkan dalam kubur. karena orang yang tidur akan dibangkitkan dalam keadaan seperti sebelum tidur dan orang yang meninggal menurut cara bagaimana dia meninggal. [Bukhari. sebagaimana yang telah disebutkan dalam al-Ghara’ib. tidak ada masalah baginya untuk meletakkan bantal di bawah perutnya dan tidur dengan bantal itu. Orang harus bangun dengan berdzikir kepada Allah swt [yang terbaik adalah mengucapkan do’a yang dicontohkan oleh Rasulullah saw]. sebagaimana disebutkan dalam Syama’il al-Tirmidzi.

Wa min Allah at Taufiq Syaikh Faraz Rabbani . Seorang muslim juga akan selalu sadar bahwa makanan bukan tujuan akhir. Membaca basmalah ketika hendak makan. Nabi bersabda: ”Barangsiapa tertidur sedang di kedua tangannya terdapat bekas gajih. maka hendaklah dia tidak mencela melainkan dirinya sendiri”. 20 prinsip penting dari pola makan Rasulullah yang dapat kita terapkan dalam pola makan kita sehari-hari seperti bagaimana mengatur menu makanan dengan pola makan teratur sehingga hal ini berguna bagi kita yang selama ini makan apa saja hingga menyebabkan obesitas dapat dijadikan sebagai tips diet agar langsing kembali. Makan adalah kewajiban. Barangkali hikmah membaca basmalah dan hamdalah adalah seorang muslim selalu mengingat bahwa makanan yang disantap tidak lain adalah nikmat dan anugerah dari Allah yang Maha Lembut dan Maha Tahu. Dengan makan seorang muslim memperoleh kekuatan untuk beribadah. 31 Agustus 2009 04:41 Salah satu sisi dari pola hidup sehat rasulullah adalah dalam hal kebiasaan beliau makan dan minum. Buku ini memuat petunjuk cukup lengkap mengenai bagaimana Nabi mengatur program diet sehat sehingga kesehatan tubuh terjaga. Menjauhi sikap berlebihan dan rakus. Kitab ini telah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Almahira dengan judul “pola makan rasulullah. memakmurkan bumi dan menaburinya dengan kebaikan. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Prof. Berikut ini adalah adab makan dan minum yang dicontohkan oleh Nabi: 1.Amman. Nabi sendiri jika hendak makan selalu mencuci tangan terlebih dahulu. dan mengakhiri dengan membaca hamdalah. sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Nasa’i dari Aisyah ra. tapi sarana menambah kekuatan untuk menuju ketaatan kepada Allah. 3. Makanan Sehat Berkualitas menurut al-Qur’an dan as-Sunnah”. al-Ghadza baina ad-Daa wa ad-Dawa”. 2. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abdullah ibn . lalu ketika bangun pagi dia menderita suatu penyakit. telah menulis kitab yang sangat bagus mengenai hal ini berjudul “at-Taghdziyah an-Nabawiyah. Dr . Dia akan terhindar dari sikap berlebih-lebihan dan mubadzir. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid. seorang pakar kedokteran dan biofisika. Jordan POLA MAKAN RASULULLAH Ditulis oleh admin Senin.

sedangkan makan dengan satu atau dua jari menunjukkan kesombongan dan keangkuhan. 5. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. Beliau juga bersabda: ”Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Allah dalam surat al-A’raf ayat 31 berfirman: ”Makan dan minumlah. dan sepertiga lagi untuk bernafas”. Makan dengan tiga jari. dan bila makan kami tidak sampai kenyang”. Rasulullah melarang seseorang makan sambil bersandar karena membahayakan kesehatan dan mengganggu pencernaan lambung. Turmudzi. Dalam hadits lain disebutkan: ”Sesungguhnya termasuk sikap berlebih-lebihan bila kamu memakan segala sesuatu yang kamu inginkan”. dan makanan empat orang sebenarnya cukup untuk delapan orang”. Ibnu Majah. Sebagaimana dikatakan bahwa makan dengan lima jari menunjukkan kerakusan. Ibnu Majah. (HR. Muslim. yaitu menjauhi sikap berlebihan dan rakus. (HR. . maka sepertiga untuk makanan. Banyak sekali dalil yang menekankan hal ini. dan Muslim) Maksudnya sebenarnya makanan dalam porsi minimal pun sudah cukup baginya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. (HR Ibnu Majah) Beliau pun bersabda: ”Seorang mukmin makan dengan satu usus. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. Turmudzi. Rasulullah saw juga bersabda: ”Makanan satu orang cukup untuk dua orang. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Namun demikian kita harus ingat batasan dalam mengkonsumsi makanan. Muslim. dan janganlah melampaui batas padanya”. Imam Ahmad dan Darimi. makanan dua orang cukup untuk empat orang.Umar: ”Sesungguhnya tubuhmu mempunyai hak yang harus kamu penuhi”. Ahmad. Dengan tiga jari berarti kita telah bersikap seimbang. tapi janganlah berlebih-lebihan. Kalau dia harus mengisinya. sebagaimana sabda Beliau: ”Kami adalah orang-orang yang tidak makan kecuali setelah lapar. Duduk tegak lurus saat makan dan tidak bersandar. dan Ibnu Majah) 4. Dan juga di surat Thaha ayat 81: ”Makanlah diantara rezeki yang baik yang telah Kami berikan pada kalian. Sementara Rasulullah saw sendiri telah memerintahkan untuk mengatur waktu makan dan berpegang teguh pada etika. sementara orang kafir makan dengan tujuh usus”. sepertiga untuk minuman.

Rasulullah saw bersabda: ”Tutuplah wadah tempat makanan dan minuman. Bahkan beliau melarang meniup makanan dan minuman. Diriwayatkan dari Anas ra bahwa Rasulullah saw bernafas tiga kali saat minum. Nabi juga menganjurkan untuk meminum madu secara teratur. sebagaimana dinyatakan dalam hadits Nabi saw. Minum dengan tiga kali tegukan. Mencuci mulut (berkumur) sebelum dan setelah makan. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan bakteri. Menutup makanan dan minuman di atas meja. karena di dalamnya mengandung lemak”. Mendahulukan makan buah-buahan sebelum makan daging (makanan utama). Secara khusus beliau menekankan pentingnya berkumur setelah minum susu: ”Berkumurlah kalian setelah minum susu. menyembuhkan. Ibnu Majah) 10. (HR Muslim) Ibnu Abbas menambahkan: ”Rasulullah saw telah melarang minum dari mulut poci”. 9. Ubay bin Ka’ab berkata: ”Nabi saw tidak pernah meniup makanan dan minuman.” Nabi saw biasa minum dengan tiga kali teguk. Maksudnya adalah mencegah masuknya udara ke dalam lambung. Nabi bersabda: . (HR.: ”Tutuplah bejana”. (HR. Nabi mengajarkan minum dengan menyesap (minum air dengan menempelkan bibir ke air). tidak bernafas di dalam wadah. (HR Bukhari dan Muslim) Anas juga berkata: ”Rasulullah saw telah melarang minum sambil berdiri”. ini lebih mengenyangkan. sambil bernafas di antara tiga kali tegukan di luar gelas dan bukan di dalamnya. Muslim. Dalilnya adalah Qur’an surat al-Waqi’ah ayat 20-21: ”Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih. Dilakukan sambil duduk dan tidak bernafas dalam gelas. Wabah itu tidak menjumpai wadah yang terbuka melainkan akan ada sebagian dari wabah itu yang mengenai wadah itu”. dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”. dan menyegarkan”. dan Ibnu Majah) Dalam riwayat Bukhari disebutkan: ”Tutuplah makanan dan minuman”. Ahmad. Suplemen makanan terbaik adalah madu. (HR Bukhori dan Ibnu Majah) 7. karena dalam satu tahun ada satu malam yang di malam itu turun wabah dari langit. bernafas di luar gelas serta tidak minum dengan cara menenggak.6. Rumah Nabi tidak pernah kehabisan madu. Beliau bersabda: ”Sungguh. Nabi mewajibkan menutup makanan untuk melindunginya dari pencemaran. 8. Hal ini sebagai upaya untuk mengikuti apa yang dilakukan para penghuni surga.

Abu Naim dengan sanad dha’if) Diriwayatkan dari Anas dengan status marfu’: ”Makan malamlah sekalipun hanya dengan kurma kering (yang rusak). (HR. 16. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan suasana rileks dan menyenangkan saat makan. Menjilati jari dan tempat makan. Menjilati tempat bekas makan akan sangat membantu pencernaan. Muslim. Ibnu Majah. Nabi melarang menggabungkan antara susu dan ikan.”Hendaklah kalian meminum madu”. Hal ini dimaksudkan agar makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan tepat sehingga bisa dicerna dengan baik. maka piring itu akan memohonkan ampun untuknya”. Makan bersama-sama dan tidak sendiri-sendiri. Tidak memasukkan makanan pada makanan. . Rasulullah saw sendiri menjilati jemari beliau setelah makan. Makan sambil berbincang dan tidak diam. cuka dan nasi. 15. (HR. Pendapat pertama adalah kita dilarang makan kecuali setelah dua jam dari waktu makan berat. makanan asam dengan makanan pedas. serta janganlah kalian tidur setelah makan. Tapi bisa juga digantikan oleh shalat. kubis (kol) dengan ikan. Tabrani) Hal itu menunjukkan adanya perintah untuk tidak meninggalkan sisa makanan di tempat makan. 14. Nabi menganjurkan seseorang berjalan-jalan setelah makan malam. Hal ini menyebarkan sekaligus menciptakan nuansa penuh kasih sayang dan rasa saling mencintai yang tentunya akan memberi nilai positif bagi selera makan. Diriwayatkan dari Aisyah bahwa Nabi saw bersabda: ”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah yang Mahatinggi dan shalat. Adapun Nabi mengajarkan bahwa cara terbaik meminum madu adalah dengan melarutkan satu sendok madu dengan air yang tidak dingin dan diaduk dengan baik. Bukhori. (HR. bawang putih dengan bawang merah. buah dan susu. makanan panas dengan makanan dingin. Ahmad. cuka dan susu. Tidak tidur setelah makan. delima dengan tepung. Pendapat kedua adalah kita dilarang menyuap makanan ke dalam mulut pada saat masih ada makanan di dalamnya. karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”. 12. hendaklah dia tidak membersihkan tangannya sehingga menjilatinya”. Dunia kedokteran modern membuktikan bahwa kedua hal tersebut memang berdampak negatif pada kesehatan. Beliau bersabda: ”Apabila salah seorang di antara kalian selesai makan. makanan lama dengan makanan baru. cuka dan ikan. 11. karena meninggalkan makan malam dapat mempercepat penuaan”. lalu ia menjilatinya. Ahmad) 13. Ada dua pendapat mengenai maksud dari memasukkan makanan pada makanan. Juga diriwayatkan Turmudzi dengan lafaz: ”Barangsiapa makan di piring. Turmudzi.

Kebetulan waktu itu kami punya buah yang masih tergantung di pohonnya. kamu baru sembuh dari sakit”. Tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu panas dan minuman yang terlalu dingin. aku akan datang.17. Tidak memakan buah pada saat baru sembuh dari sakit. Rasul mencegah seraya berkata: “Jangan Ali. melainkan berselang hari. 19. 29 Agustus 2010 21:40 . pada bagian ketiga kita bisa menemukan setidaknya tiga anjuran Rasulullah berkaitan dengan pola makan: 1. 18. Bersikap lembut terhadap orang sakit dengan tidak memaksakan makanan tertentu. Bukhori) Dari aswaja. bahkan jika yang dihidangkan nilainya sangat murah. Maka aku membuat roti dan makanan yang direbus dan membawakannya pada mereka. Ali Syu’aibi (2004). Ali juga ikut memetik. kalau tidak. tinggalkan”. Dilarang menghina atau membenci makanan. Rasul pun berdiri dan dan memetik buah dan memakannya. Diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Aisyah ra. Begitu juga kalau aku diberi hadiah tangan atau kaki. Namun beliau tidak memakan daging setiap hari. Tidak memakan daging setiap hari. Ali pun mengurungkan niatnya. Kalau suka makanlah. sekalipun makanan itu di luar kebiasaan kita. Hal ini bisa menyebabkan terganggunya selera makan orang tersebut. meskipun yang dihidangkan hanya kaki atau tangan. Abu Dawud) 3. 2. Diriwayatkan dari Ummu Al-Mundzir binti Qais. Maka yang tersisa ditangguhkan untuk keesokan harinya. Dalam buku ”Muhammad Seorang Milyuner” karya Dr. (HR. Maka Rasul pun berkata pada Ali: “Makanlah ini. Abu Dawud) Sebagaimana Rasul juga pernah mengatakan: “Kalau aku diundang untuk menghadiri suatu jamuan. 20. seorang wanita Anshar. (HR. Rasul tidak pernah menolak undangan makan apapun selama makanan yang dihidangkan itu halal. (HR. Menghormati budaya dan tradisi makan yang ada di tempat kita makan. dia mengatakan bahwa bagian lengan atas adalah daging yang paling disukai Nabi. Beliau berkata: “Jika kalian diundang untuk menghadiri jamuan makan.net Pola Hidup yang Sehat Ditulis oleh AdeYM Minggu. namun ketika akan memakannya. Ini lebih baik untukmu””. maka hadirilah. meskipun makanan itu sangat murah. Menjaga perasaan orang lain dengan tidak membelakangi posisi mereka. aku pasti menerimanya”. Tidak pernah menolak undangan makan. dia mengatakan: ”Rasul datang kepadaku bersama Ali yang waktu itu baru sembuh dari sakit.

marah. maka muncullah kecenderungan mengarah pada ketidakseimbangan. Sebaliknya orang yang memiliki ego rendah cenderung bisa memahami kegagalan dan kekalahan. Pekerja keras tak kenal waktu bermunculan dimana-mana dan menjadi tren masyarakat maju. Siang malam bekerja dengan berbagai motivasinya. Tidak mudah stress. Siang malam dalam ritme kerja yang sangat tinggi. tidak bisa menerima kegagalan. padahal untuk setiap bangsa biasanya memiliki pola makan dan pola hidup tentu yang sesuai dengan lingkungan negaranya. kesehatan kita juga sangat dipengaruhi oleh komponen-komponen yang bersifat kejiwaan dalam menyikapi hidup ini. ketenangan dan keikhlasan. Selain berdampak pada pribadi. Pola hidup sangat dipengaruhi oleh keseimbangan jiwa seseorang. selanjutnya sifat-sifat emosional terseut yang membawa pada kondisi stress ketika menghadapi kegagalan. ketenangan. Di berbagai negara maju. Ketidak seimbangan itu menjadi awal dari munculnya berbagai penyakit modern yang menggejala secara luas dewasa ini. Ujung-ujungnya kita jadi sakit. ketentraman dan kedamaian. iri.Selain pola makan.ritme kehidupan menjadi demikian cepat dengan ukuran-ukuran matrealistik. kesabaran. badan kita juga akan sakit. Oleh karena itu pentinglah bagi kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat Keseimbangan Individu Jika di dalam tubuh kita terjadi ketidakseimbangan metabolisme. Sedangkan ketidak seimbangan digambarkan dengan kemarahan. dia cenderung ingin sempurna dalam segala aktifitasnya dengan sempurna. serta instan. dan berbagai jenis emosi yang cenderung bergejolak dalam berbagai skalanya. Jika kita mengalami ketidakseimbangan antara bekerja dan istirahat. dan kemudian kaitannya dengan tingkat stress yang tinggi. dendam. karena pola hidup biasanya tercermin dalam perilaku keseharian. Seseorang yang menyikapi kehidupan dengan emosional biasanya memiliki ego yang tinggi. Yang kemudian memicu rasa khawatir yang berlebihan. Kompensasinya biasanya dalam bentuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang berlebihan dan tidak . Pada zaman modern yang semakin mengglobal. Persaingan kerja meninggkat tajam. Ketentraman dan kedamaian jiwa membawa kita pada kesehatan. dan ujung-ujungnya stress. Namun mereka cenderung tidak berupaya secara maksimal dalam mencapai cita-citanya. dengki. Ada yang menghadapi hidup ini dengan penuh kesabaran. Dalam potret masyarakat yang seperti itu. Begitu juga jika terjadi ketidakseimbangan jiwa. benci. maka kita bisa stress. Keseimbangan jiwa digambarkan oleh keikhlasan. putus asa. rasa kecewa. kebencian. Pola hidup kita sangat dipengaruhi oleh sikap jiwa dalam menghadapi persoalan. masyarakat di seluruh dunia cenderung memiliki life style kebarat-baratan. karena dia berpendapat bahwa kegagalan adalah hal yang biasa dalam kehidupan ini. pola hidup seseorang juga berdampak pada lingkungan sosialnya. makanya badan menjadi tidak sehat. sedangkan emosi yang bergejolak cenderung membawa pada penyakit. serakah. dendam. iri. Badan dan jiwa bagaikan dua sisi dalam satu keping mata uang yang tidak bisa dipisahkan. dengki. Akhirnya muncullah kehidupan yang tidak teratur. Manusia modern memiliki kecenderungan untuk berperilaku yg pertama yaitu ingin serba cepat.

tepat. Perlakukanlah manusia sebagai manusia. maroji scientific Fasting by Agus Mustofa KURMA Ditulis oleh AdeYM . dan mengangkat mereka yang gagal. Inilah konsep kehidupan Islami yang seharusnya kita tegakkan. atau mencari hiburan. stroke. Kita harus mengubah sudut pandang ini. kanker dan masih banyak lagi lainnya. sulit diobati karena terlanjur memperburuk kualitas kesehatan secara permanen. Yaitu menghargai mereka yang sukses. akan timbul penyakit sosial. Keseimbangan sosial Selain berdampak pada keseimbangan individual. Potret kehidupan modern ternyata memunculkan berbagai ketidak seimbangan dalam diri seseorang yang mengikuti pola hidup semacam itu. bukan secara individual dan liberal. kepepet. lemah. Dan munculnya berbagai tempat-tempat hiburan dalam segala macam bentuknya. marah dan kemudian berbuat kejahatan sosial. biasanya merasa kecewa. pola hidup modern juga berdampak pada keseimbangan sosial. Perubahan yang sangat cepat disegala bidang tidak selalu bisa diikuti oleh kelompok-kelompok masyarakat tertentu. Mereka yang tertinggal oleh perubahan. diabetes. Insya allah penyakit-penyakit itu secara bertahap bisa disembuhkan. Akhirnya terbukti. Semakin banyak orang yang mengalami stress dan banyak juga yang terkena berbagai macam penyakit modern seperti darah tinggi. Itulah dampak pola hidup yang tidak seimbang secara kemasyarakatan. Untuk mengimbangi perilaku workaholic maka bermunculanlah pusat pusat makanan cepat saji atau instan. Justru mereka harus diangkat supaya bisa berdiri tegak kembali sejajar dengan saudara-saudaranya yang lain. semua penyakit itu bermula dari pola hidup yang tidak teratur disertai pola makan yang buruk. iri. Penyakit baru akan berdampak setelah 10-20 tahun. tetapi jangan mencemooh orang-orang yang kalah. jantung. melainkan mengacu pada keseimbangan sosial. kolesterol. Bagai mana menyembuhkannya?Agaknya kita mesti mengarahkan semua itu pada keseimbangannya kembali. dipinggirkan bahkan muncul perasaan diperlakukan secara tidak adil. hargailah orang-orang yang sukses karena kerja keras mereka. liver. terpinggirkan dan dhuafa.

Bahkan Allah memerintahkan Maryam binti ‘Imran untuk memakan buah kurma ini ketika ia sedang nifas. Qaaf: 10) “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan. ”Allah menyebutkan buah kurma ini secara khusus karena kemuliaan dan manfaat yang dikandungnya. tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang.S. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman di atas sebagian yang lain tentang rasanya. 06 November 2009 01:56 Allah Swt telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. di antaranya kurma sangat dianjurkan bagi perempuan yang hamil dan yang akan segera melahirkan. ath-Thibb an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis (Pengobatan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan: “Hikmah dari ayat ini secara kedokteran adalah. an-Nakhiil dan an-Nakhlah. Ar-Rahman: 11) Ibnu Katsir berkata.” (Q. kemudian Allah mengutamakannya dengan menyebutkan ciri-ciri pohon dan buah ini: Allah berfirman: “Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelopak mayang. baik ketika masih basah maupun ketika telah kering.S. disirami dengan air yang sama. Ar-Ra’du: 4) Buah kurma mengandung banyak manfaat. Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” “Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusunsusun. Allah menyebutkannya dalam Al-Qur’an dalam 20 tempat yang berbeda dengan memakai lafaz pohon kurma . Allah telah menetapkan bahwasanya pohon kurma ada di bumi.” (Q. an-Nakhl. perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula.Jumat.S.” (Q. dan kebun-kebun anggur. Kurma mendapat tempat istimewa dalam AlQur’an dan sebenar-benar perkataan adalah Kalamullah (Al-Qur’an Al-Karim). hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan .

. 4. Vitamin-vitamin: IU miligram. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). bagi Potasium Tembaga Belerang Besi Gula Serat Air Protein Lemak A B-1 B-2 = = selulosa = = = = = = 0.00 22.” Keajaiban buah kurma dari Anas r. protein.jabang bayi. Nabi SAW dalam beberapa hadits. 5." (HR. Dan ternyata. Mineral. = = = = 79 21 65 5 berupa: miligram miligram miligram miligram . Vitamin Vitamin Vitamin 7. Abu Daud dan Tirmidzi).50 60 08 05 gram gram gram gram gram. 3. dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air. 2. Hal ini karena kurma mengandung semua unsur makanan pokok yang dibutuhkan tubuh. "Rasulullah SAW. menganjuran kita untuk mengkonsumsi tujuh buah kurma. terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama.50 2. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). tujuh buah kurma ini bila ditimbang ada sekitar 100 gram yang mengandung: 1. Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.50 2. dan vitamin. Kurma itu penuh asam mineral yang merupakan unsur terpenting sebagai makanan tubuh. lemak. yaitu gula. 75. mineral. miligram. kalau tidak ada maka dengan kurma kering.a. 0. 6.00 4. beliau berkata. berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar.

4. Manfaat lainnya dari vitamin A banyak sekali. Jadi. yaitu hormon yang bercampur di dalam peranakan wanita. datang terus-menerus. dan pencegahan terjadinya infeksi. Dan yang terpenting dalam asam ini adalah glutathione sebagai antioksidan. serta dapat mengurangi resiko pendarahan setelah melahirkan. Aktivitas kehidupan di dalam tubuh kebanyakan bertumpu pada vitamin-vitamin tersebut. Kurma adalah rejeki yang beruntun. Hormon lain dalam kurma adalah hormon untuk menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok (glandula thyreoidea). Bahan yang lain. sehingga dapat membantu percepatan kelahiran.Magnesium Mangan Kalsium Fosfor = 72 gram = = = 65 2 65 miligram miligram miligram Pada pertengahan kedua abad ke-20. sehingga dapat memperlancar ASI (Air Susu Ibu). Fosfor bersama kalsium diperlukan untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi. tapi vitamin diperlukan untuk menyempurnakan aktivitas kelenjar getah bening dalam tubuh dengan cara yang lebih baik. para ahli mengungkapkan adanya asam amino yang lain pada kurma. nilai gizi kurma hampir sempurna. Fosfor berguna untuk membangun aktivitas kelenjar dan mengembalikan fungsi . Kurma Menurut Tinjauan Medis dan Pengobatan 1. Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan epitel selaput lendir. sebagai obat mujarab untuk penyembuhan yang disebabkan kurang makan. Serat selulosa berguna untuk membangkitkan kerja usus. ketajaman penglihatan mata. tidak terputus sebagai rejeki dari Allah SWT untuk manusia. 2. Serat ini tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan kita. Ternyata. bagi 100 gram (7 kurma) dapat memberikan lebih dari 350 energi. yaitu hormon pembangkit kelenjar susu. Vitamin bukan lah bahan penguat tubuh. ditemukan beberapa bahan kimia yang memengaruhi horman oksitosik. sehingga dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari kekurangan makanan dalam perut. Oleh karena ini lah orangorang gurun selalu mengkonsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. Dalam kurma. 3.

vitamin A. 5. diperlukan untuk rasa mengobati penyakit sakit sensitivitas darah. enzim allinase.kelenjar tubuh.or. niasin. Kurma kering mengandung aspirin (acetylsalicylic acid) alami yang dapat mengurangi (analgesic).B1 (thiamine). fosfor. Bawang putih atau nama ilmiahnya Allium sativum L bersifat panas dan kering pada tingkat keempat.vitamin C dan .islamic-center. ia diperlukan untuk melindungi manusia dari kekurangan 7. tubuh.B2(riboflavin). saponin. 03 Agustus 2010 15:52 Sadar atau tidak kita dikelilingi herba. serta untuk penyakit. kalium. aliin. 6.taq/berbagai sumber/republika www. kalsium. membuat organ jantung bekerja lebih optimal. Magnesium penting sekali bagi aktivitas kehidupan di dalam tubuh. Baunya juga merangsang untuk membuka selera makan. BAHAN AKTIF DALAM BAWANG PUTIH Bahan aktif yang terkandung di dalam herba ini antaranya adalah alisin. Fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak. Kalium (potassium) signifikan untuk mengatasi kelelahan. sangat bermanafaat untuk orang yang mempunyai masalah badan sejuk(dingin). protien. 8. Oleh karena itu. kuprum. 9. mengaktifkan kontraksi otot. Ia memanaskan dengan kuat dan sangat mengeringkan. belerang. allithiamin.id Khasiat Bawang Putih Ditulis oleh AdeYM Selasa. kreatin. Seng. dalam diri jangka panjang berefek dari mencerdaskan otak. asam nikotinat. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah dalam sumsum tulang. sehingga bila dikonsumsi menjaga teratur. dan berperan dalam pengaturan tekanan darah. besi. cukup untuk mencarinya di dapur kita dan Subahanallah manafaatnya sangat banyak untuk keperluan seisi keluarga.

Herba ini sangat membantu penyerapan enzim untuk proses pencernaan makanan yang kita ambil. antioksidan. . selsema. Pencegah Kardiovaskular Herba ini berfungsi menurunkan kadar LDL di dalam darah.Vitamin D dan berbagai bahan aktif yang melengkapkan potensi herba ini. menurunkan kadar kolesterol. karena herba ini jika dimakan mentah akan merangsang pengeluaran air liur untuk membantu pepsin (enzim pencernaan protien) dan menaikkan tahap asid hidroklorik di dalam badan. memanaskan badan. KHASIAT DAN MANAFAAT BAWANG PUTIH Bawang putih mempunyai berbagai khasiat antaranya menurunkan tekanan dan melancarkan perjalanan darah. caranya dengan menggosokan bawang putih yang telah dikupas di bahagian yang merekah. insya ALLAH tumit juga akan menjadi lembut. masalah peredaran darah. Zat thiamine berfungsi untuk mencegah sembelit. dan menghalang pembentukan plak di jantung. namun rasanya sedikit pedih kerana bahan aktif aliisin berfungsi sebagai antibiotik yang menghalang pembentukan kulit.dan lain-lain.jadi pengambilan herba ini sebagai pencegahan penyakit kardiovaskular. insomnia. atau mencuci luka dengan bawang putih. kanser. perlu di ingat Herba ini tidak boleh diambil oleh mereka yang menggunakan mesin Hemodialisis. Sistem Pencernaan Herba ini sangat baik untuk membantu pencernaan. Herba ini juga sangat baik untuk luka yang bernanah. menurunkan paras gula di dalam darah.asma.arthritis. sinusitis(Resdung) dan jangkitan kulat.dengan menempelkan bawang putih yang telah dilumatkan ke luka yang telah bernanah. melancarkan pembuangan air kencing. mencegah pembekuan darah.berfungsi sebagai antibiotik. menstimulasikan sistem Imuniti. Herba ini juga sangat baik untuk mengubati arterioclerosis. getah bawang putih dikatakan sangat baik untuk tumit kaki yang pecah.kuman dan bakteria. Untuk fungsi penjagaan diri. Namun.