Maylanny Christin

PUBLIC RELATIONS WRITING

Public Relations Writing adalah upaya untuk melakukan hubungan positif antara suatu organisasi/perusahaan dengan berbagai publiknya, biasanya melalui teknik image building  (membangun citra).

Bentuk penulisan PR banyak jenisnya namun, dapat dibagi menjadi dua kategori utama:
1. Controlled Information

2. Uncontrolled Information

Controlled Information adalah informasi yang secara total dapat dikendalikan oleh PR, baik meyangkut isi keredaksian, gaya, penempatan maupun pemilihan waktu. Contoh, informasi yang bisa dikendalikan PR: Adevertising (Iklan) atau Instutional and advocacy advertising, house publication (media terbitan sendiri bukan umum), selebaran, dan lain-lain.

 Uncontrolled Information adalah informasi diluar kendali PR. gaya. . informasi yang tidak bisa dikendalikan PR adalah Press Release/News Release/Broadcast Release/ Siaran Pers. kendali ada di media (massa).  Contoh. baik menyangkut isi. sehingga tidak bisa dikontrol atau apa yang PR inginkan secara total ada dalam kendali redaksi.Wawancara Pers dan Konferensi Pers. placement (penempatan) maupun timing (pengaturan waktu terbit).

televisi.PRESS RELEASE News Relaease/Press Release/Broadcast Release (Siaran Pers) adalah karya tulis yang paling banyak dan paling sering dilakukan praktisi PR untuk menyebarkan informasi melalui media massa (surakabar. media online). majalah. radio. .

Bentuk-Bentuk Penulisan: Backgrounder (latar) adalah informasi dasar yang memuat uraian penopang bagi tulisan wartawan. investor. dan sebagainya. visi dan misi perusahaan. bisa uraian singkat tentang perusahaan. karyawan. .

perluasan usaha. hari-hari nasional . ulang tahun perusahaan. Corporate Adverstising (Iklan Perusahaan) adalah penulisan yang ditujukan sebagai kegiatan strategis untuk mengangkat citra organisasi/perusahaan tertentu. Misalnya dikaitkan peresmian pabrik baru.

al.Public Service Announcement (Iklan Layanan Masyarakat) adalah pesan untuk mendidik masyarakat agar timbul kesadaran atau kepedulian terhadap sejumlah masalah. .

Collateral Publication (Publikasi ringan) adalah brosur. pamflet.  . Artikel dan editorial adalah penulisan tentang pandangan redaksi tentang suatu masalah yang disampaikan dalam media perusahaan. flyer dan alat pemasaran langsung lainnya untuk membantu kampanye pemasaran.

. Company Profile dan Annual Report (Profil Perusahaan dan Laporan Tahunan) adalah penulisan tentang perusahaan dan kegiatannya.

.Speeches and Presentation (Pidato dan Presentasi) adalah penulisan PR tentang naskah pidato dan bahan presentasi untuk pimpinan perusahaan.

dan program-program pelayanan masyarakat. mengasumsikan bahwa setidaknya ada dua sisi dapat muncul ke permukaan dari suatu isu. Digunakan bila khalayak menghendaki pengunkapan secara langsung. terutama kepada mereka yang masih netral dan terbuka untuk argumentasi. Strategi Argumentasi. mengungkap fakta.  . umumnya bersifat langsung menuju sasaran. Pesan yang disampaikan umumnya bersifat persausif dan diarahkan pada khalayak yang sudah mengenal dan tertarik akan isu teresebut.Menetapkan Strategi Penulisan  Strategi Informasi. kampanye kesadaran konsumen. seperti pada peluncuran produk baru. Strategi ini memberikan alasan-alasan kepada khalayak.

merk. Contoh tulisan para kolumnis seperti Emha Ainun Najib. Strategi Citra. cara yang sering dipakai dengan memilih kata atau struktur kalimat yang sifatnya menggugah perasaan. atau organisasi). Strategi Emosional. ini akan efektif bila digunakan dalam keadaan persaingan yang ketat dan lingkungan yang khusus.   . Harry Roesli atau Mahbub Djunaedi sering memberi warna menghibur ketika mereka tengah membahas suatu topik yang serius. Teknik ini banyak dipakai dalam kampanye politik dan kampanye produk yang berkonotasi (menimbulkan arti lain). seperti patriotisme. ini dipakai untuk mengembangkan dan sekaligus memelihara identitas yang kuat dan mudah diingat (terhadap orang. Strategi Menghibur. romantisme atau kadang-kadang humor. Bondan Winarno. benda.

Perkenalan Senjata PR yang Pertama press release Maylanny Christin Kamis. 24 Februari 2011 .

Sebuah News Release layak muat apabila cara menulis berita dengan gaya piramida terbalik. radio.  . suratkabar. majalah) untuk dimuat dalam media tersebut. termasuk memiliki unsur daya tarik dan mempunyai nilai berita bagi media massa yang memuatnya.News Release/Press Release/Broadcast Release (Siaran Pers)  Informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations Officer (PRO) atau Pejabat Humas suatu perusahaan atau organisasi yang disampaikan kepada pengelola media massa/pers (televisi.

JUDUL LEAD (5W + 1H) TUBUH Sangat penting Rincian Lead. Latar Belakang dan Informasi Lanjutan Kurang Penting .

UNSUR 5W + 1H :      What Where When Who Why How  : Apa yang terjadi? : Dimana terjadinya? : Kapan peristiwa itu terjadi? : Siapayangterlibatdalamperisitwa tersebut? : Mengapa peristiwa itu terjadi? : Bagaimana berlangsungnnya peristiwa tersebut? .

Unsur apa dari 5 W+ 1H yang akan ditonjolkan dalam berita tergantung faktanya. .    Paragrap sangat penting ini biasanya disebut lead atau teras berita. Penggunaan gaya piramida terbalik: Untuk mempermudah penyuntingan bagi redaksi Redaksi menyeleksi Press Release dengan melihat lead atau teras berita. bagian terpenting dari seluruh isi berita memuat unsur 5 W+ 1H. Penulisan judul Press Release diambil dari lead (teras berita). Pembaca dikategorikan orang sibuk.

Press release harus diberi judul. Cantumkan tanggal pembuatan Press Release. Sertakan surat pengantar/permohonan. . sehingga ada kejelasan waktu pemuatan/penyiaran. Berikan identitas pengirim dengan jelas. Cantumkan sifat surat itu. Press release di kririm dalam sampul/amplop atau bisa kirim lewat facimile atau e-mail (internet).Bagaimana Menyajikan News Release        Memberikan penjelasan tentang organisasi/perusahaan pengirim Press Release.

Press release    ditulis ringkas Menggambarkan suatu kegiatan atau isu tertentu. Resourch : Tri Agus S Siswowiharjo . cara pertama dan termudah yang dipakai untuk menghubungi media.

Target Press Release MENJELASKAN MEMBIMBING MENEKANKAN PRESS RELEASE MEMPENGARUHI MEMBERITAHUKAN .

Jenis Press Release Basic Publicity Release  Product Release  Financial Release (Bivins dalam Handbook PR Writing LincolnWood:NTC. 1991: 40)  .

Jenis Tambahan    Relational Release (Menjaga Hubungan dengan publik) Response Release (Merespon Komplain dari Masyarakat) Bad News Release (Mengkaunter berita negatif termasuk peristiwa yang terjadi secara spontan) .

Mencapai Target      Memahami keredaksian lembaga Memahami newspeg (isu yang sedang HOT) Pendekatan personal Akurasi data Kadangkala narasumber .

faktor penulisan (kaidah Jurnalistik) 2. 1.KESALAHAN PR DALAM MEMBUAT RELEASE    Berdasarkan pengalaman ada dua faktor yang menentukan dimuat tidaknya press release. kualitas hubungan dengan media (media relations) .

STANDAR PENILAIAN MEDIA    MENENTUKAN SATU TEMA (NEWS VALUESKASUS BERITA WISUDA ) BUAT SESUAI POLA PIRAMIDA TERBALIKKASUS PILIH YG MENGANDUNG PROXIMITY) HINDARI PESAN SPONSOR-KASUS INFORMASI FAKTUAL BUKAN IKLAN) .

6 KALIMAT DALAM SATU PARAGRAF) PERHATIKAN FORMAT .  SINGKAT (400-500 KATA.

Tugas kelompok     Buatlah kerangka (outline) press release ! Identifisikan data-data yang dianggap penting untuk dimuat dalam release ! Buatlah press release berdasarkan data yang telah diidentifikasi tersebut. Dikumpulkan pada tanggal (03 Maret 2011) .

KONFERENSI PERS MAYLANNY CHRISTIN .

mengundang wartawan untuk berdialog. . dengan materi yang telah disiapkan secara matang oleh Public Relations Officer (Pejabat PR). Sasaran pertemuan dalam Konferensi Pers diharapkan dapat dimuat dalam media massa (cetak. elektronik atau on line) dari wartawan yang diundang.

Tujuan Konferensi Pers:     Menyebarkan informasi positif pada publik. Menetralisir berita atau membatah berita yang tidak benar atau negatif tentang perusahaan atau manajemen. Meningkatkan citra (company image atau product/brand image). Membina hubungan secara langsung dengan Pers. .

Membuat News Release/Press Release yang ingin disampaikan dalam Konferensi Pers.Persiapan Konferensi Pers:    Kirimkan undangan kepada redaksi minimal tiga hari sebelum konferensi pers berlangsung. Cek kembali undangan yang sudah dikirimkan. .

Menyiapkan tempat pertemuan sesuai dengan jumlah yang diundang dan tuan rumah. yang mengetahui permasalahan yang akan dibahas. Biasanya terdiri dari beberapa orang yang sesuai dengan bidang masing-masing dan satu sama lain saling menunjang. Lengkapi dengan LCD Projector. OHP dalam pertemuan itu.   Menunjuk juru bicara dalam Konferensi Pers. .

jelas. agar waktu tidak terbuang.    Jika Konferensi Pers sebelum atau sesudah makan siang. khusus bagi wartawan ketika baru datang. padat. mengingat masih banyaknya tugas wartawan yang lain. siapkan makanan kecil dan minumannya. dan terarah. . Lama dan jalannya Konferensi Pers diatur secara ringkas. Buat daftar hadir/buku tamu. Sediakan sovenir (kalau ada).

datang ke konferensi pers atau di bawa temannya yang diundang. perlu dijawab bila tidak akan menimbulkan citra negatif pada perusahaan atau ditolak secara halus.  Bila ada wartawan dalam Konferensi Pers bertanya di luar konteks. Bila ada wartawan tak diundang. tetap saja layani dan terima baik-baik .

Sikap dan perilaku menghadapi Pers:    Selalu bersedia menerima dan menampung dahulu apa yang wartawan inginkan. bersikap dan berperilaku wajar dan ramah. Tidak ragu. . kendati ada masalah di perusahaan yang bisa menjadi konsumsi pers. curiga atau takut.

 . perlu terapkan prinsip bahwa segala permasalahan dapat dicari pemecahannya dan hadapi dengan sikap tenang. Bila dalam perusahaan ada kasus. Melayani dengan komunikatif dan informatif.

Tanggal pelaksanaan.Syarat-syarat Konferensi Pers:     Penyelenggaraan Tujuan. memilih tanggal yang tepat. Tempat penyelenggaraan. alasan mengapa Konferensi Pers diadakan. Daftar tamu .

      Undangan Identitas tamu Paket pers. . Konsumsi kenang-kenangan Pengelolaan acara. segala informasi yang akan disampaikan.

SIMULASI .