P. 1
AKAR

AKAR

|Views: 409|Likes:
Published by Eko Vanrio Simbolon

More info:

Published by: Eko Vanrio Simbolon on May 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

1. AKAR TUNGGANG Akar tunggang demikian sering kali berhubungan dengan fungsinya menyimpan air dan makanan.

Akar tersebut mempunyai bentuk yang istimewa. Akar tunggang pada tanaman wortel dan lobak disebut dengan akar tombak atau akar pena. Disebut demikian karena bentuk pangkalnya besar meruncing ke ujung dengan serabut-serabut akar sebagai percabangan. Ada juga akar tunggang yang berbentuk gasing seperti yang terdapat pada tanaman bengkoang dan bit karena pangkal akar besar membulat. Akar-akar serabut sebagai cabang hanya terdapat pada ujung yang sempit meruncing. Akar tunggang bercabang. Akar ini berbentuk kerucut panjang tumbuh lurus ke bawah, bercabang banyak dan cabangnya bercabang lagi sehingga memberi kekuatan yang lebih besar pada batang. Daerah perakaran menjadi luas sehingga penyerapan makanan lebih banyak. Akar tunggang jenis ini banyak dijumpai pada tanaman yang ditanam dari biji. Akar tunggang terdapat pada pohon mangga, nangka, rambutan, dan masih banyak lagi.

.

.

.

Akar menyerap bahan-bahan mineral bersamaan dengan air dari lingkungannya. Akar ini terutama terdapat pada tumbuhan monokotil. 5) akar nafas. 3) akar pengisap. 2) akar gantung atau akar udara. AKAR SERABUT Akar serabut adalah akar yang tumbuh dari pangkal batang setelah akar lembaga (embrio) mati. akar serabut dibagi dalam berbagai bentuk. Fungsi akar adalah untuk menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah. misalnya pada sirih. akar juga berfungsi untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan sehingga dapat berdiri tegak di tempat . Air masuk ke dalam akar melalui rambut-rambut akar. misalnya pada sukun. Berdasarkan cirinya. Pada pangkal batang akan tumbuh akar serabut yang ukurannya lebih kecil daripada akar lembaga. Rambut akar atau bulu akar merupakan perubahan bentuk dari jaringan epidermis akar yang berfungsi mengisap air dan unsur-unsur hara dari dalam tanah. b. dan sebagai alat perbanyakan tanaman secara vegetatif. Pada tumbuhan yang berakar tunggang terdapat akar lembaga yang tumbuh terus membesar dan memanjang dan akhirnya menjadi akar primer atau akar pokok. 6) akar tunjang. dan 9) akar lutut. misalnya pada pohon tanjung. a. Menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah Akar dipergunakan oleh tumbuhan untuk memperoleh bahan-bahan yang diperlukan untuk pertumbuhannya. misalnya pada pohon beringin. akar banir.2. 7) akar pembelit. misalnya pada pandan dan bakau. bernapas. sedangkan pada tumbuhan yang berakar serabut akar lembaga tidak tumbuh terus dan akhirnya mati. misalnya pada vanili. misalnya pada bogem. menyimpan cadangan makanan. misalnya pada tanaman padi dan jagung. namun bercabang-cabang. yaitu: 1) akar bentuk benang. Akar serabut mempunyai struktur yang berbeda dengan akar tunggang. Memperkokoh berdirinya batang tanaman Selain untuk menyerap air dan unsur hara. 4) akar pelekat. misalnya pada benalu.

. Makanan yang disimpan biasanya berupa pati atau tepung. Tempat menyimpan cadangan makanan Sebagian tanaman menyimpan cadangan makanan pada akarnya. Tumbuhan yang tinggi membutuhkan sistem perakaran yang semakin kuat untuk menahan terpaan angin yang semakin besar. Cadangan makanan yang tersimpan dalam akar dipergunakan selama masa pertumbuhan tertentu dan akan digunakan untuk proses pertumbuhan pada masa pertumbuhan selanjutnya. misalnya pada musim kemarau sehingga tanaman tersebut dapat bertahan hidup. Sebagian tanaman yang tergolong herba sangat tergantung pada cadangan makanan yang tersimpan dalam akar terutama untuk mengatasi kondisi lingkungan yang buruk. c.tumbuhnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->