P. 1
Ekstraksi Kulit Kayu Manis (Wenni)

Ekstraksi Kulit Kayu Manis (Wenni)

|Views: 1,062|Likes:
Published by Wahyu T-sosro

More info:

Published by: Wahyu T-sosro on May 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2013

pdf

text

original

EKSTRAKSI KULIT KAYU MANIS

Proses ekstraksi kulit kayu manis merupakan salah satu teknologi pengolahan kulit kayu manis untuk meningkatkan nilai ekonomisnya. Secara umum proses ekstraksi kulit kayu terdiri atas dua macam ekstraksi yaitu ekstraksi dengan menggunakan destilasi uap untuk menghasilkan minyak kulit kayu manis dan ekstraksi pelarut untuk menghasilkan oleoresin ( Moyler, 1991) seperti terlihat pada lampiran 1. Berikut ini akan dijelaskan proses ekstraksi untuk memperoleh minyak kulit kayu manis dan oleoresin. A. Ekstraksi minyak kulit kayu manis Proses ekstraksi dengan menggunakan destilasi uap ini dilakukan untuk menghasilkan minyak kulit kayu manis dengan waktu proses optimum yang diperoleh pada penelitian pendahuluan. Alat destilasi uap yang digunakan adalah destilasi uap skala 50 : 1 dengan bahan baku kulit kayu manis 5 kg yang menggunakan pemanas berbahan bakar minyak seperti yang terlihat pada lampiran 1. Pengecilan ukuran kulit kayu manis yang akan digunakan dalam proses ekstraksi bertujuan untuk meningkatkan luas permukaan sehingga memudahkan minyak kulit kayu manis tersebut terekstrak. Uap hasil pemanasan air akan membawa minyak dari kelenjar minyak kulit kayu manis kemudian uap tersebut dikondensasikan oleh kondensor sehingga akan dihasilkan minyak dan air pada penampung minyak. Skema proses ekstraksi minyak kulit kayu manis dapat dilihat pada gambar 2 Kulit kayu manis

Kulit dirajang dengan ukuran 5 mm x 5 mm

Kayu manis diekstrak dengan destilasi uap selama 6 jam

Minyak dipisahkan dari air dengan Na2SO4 anhidrat

Volume minyak diukur

bilangan ester. larutan campuran pelarut dan oleoresin dievaporasi sampai tidak ada lagi pelarut yang menetes. bilangan asam. B. Proses ekstraksi ini dilakukan menggunakan pelarut dengan ekstraksi bertingkat berdasarkan tingkat polaritas pelarut. warna dan gas kromatografi. Kulit kayu manis Kayu manis dirajang sampai ukuran 5 mmx 5mm Kayu manis diekstrak dengan pelarut Menggunakan soklet (pemanasan) menggunakan perkolator (tanpa pemanasan) . Alat ekstraksi untuk penelitian utama ini digunakan 2 macam alat yaitu soklet skala 2 1 (lampiran 4) yang menggunakan pemanasan dalam proses ekstraksinya dan percolator skala 8 1 (lampiran 5) yang tidak menggunakan pemanasan dalam proses ekstraksinya.Minyak dianalisa Gambar 2. Skema proses ekstraksi oleoresin dapat dilihat pada gambar 3. indeks bias. Ekstraksi oleoresin Ekstraksi menggunakan pelarut dilakukan untuk menghasilkan oleoresin dari kulit kayu manis. zat asing (lemak dan keruing). putaran optic. Kulit kayu manis akan diekstrak oleh pelarut sampai larutan tersebut bening. kelarutan dalam alcohol. Skema proses ekstraksi minyak kayu manis Parameter yang diamati dari minyak kulit kayu manis meliputi bobot jenis.

Diekstrak dengan pelarut secara semi kontinyu dengan pelarut heksan 7 jam diekstrak dengan pelarut secara semi kontinyu dengan pelarut heksan 8 jam evaporasi dengan vacuum evaporator 3 jam larutan larutan evaporasi dengan vacuum evaporator kulit kayu manis kulit kayu manis 3 jam Oleoresin diekstrak dengan etanol Selama 35 jam diekstrak dengan etanol selama 37 jam oleoresin Evaporasi dengan Vacuum evaporator 9 jam Larutan larutan evaporasi dengan vacuum evaporator Kulit kayu manis kulit kayu manis 35 jam Oleoresin diekstrak dengan methanol Selama 35 jam diekstrak dengan methanol selama 30 jam oleoresin Evaporasi dengan Vacuum evaporator 12 jam larutan larutan evaporasi dengan vacuum evaporator kulit kayu manis kulit kayu manis 38 jam .

Skema proses ekstraksi oleosin dengan soklet dan percolator Lampiran 1.Oleoresin diekstrak dengan air Selama 32 jam diekstrak dengan air selama 24 jam oleoresin Evaporasi dengan Vacuum evaporator 23 jam larutan larutan evaporasi dengan vacuum evaporator 30 jam Oleoresin oleoresin Gambar 3. .

Sumber: digilib.id/gdl.php . Lampiran 5.ac.Lampiran 4.itb.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->