P. 1
mengelola buku jurnal

mengelola buku jurnal

|Views: 816|Likes:
Published by Afif Jaladara

More info:

Published by: Afif Jaladara on May 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2011

pdf

text

original

MENGELOLA BUKU JURNAL

Oleh: Sigit Setyo Budi Mirwan Akbarrizal Wimas Muhammad Afif MJ

PENGERTIAN PERUSAHAAN JASA

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi produk tidak bewujud dengan tujuan mencari laba. laba.
Contoh perusahaan jasa adalah usaha reparasi kendaraan.

PENGERTIAN PERUSAHAAN DAGANG

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang dan menjualnya kembali tanpa melakukan perubahaan terhadap barang tersebut terlebih dahulu. dahulu.
Contoh perusahaan dagang swalayan dan hypermrket. adalah

BUKTI TRANSAKSI Setiap perusahaan yang melakukan transaksi harus dicatat dalam bukti transaksi karena dengan pencatatan bukti transaksi tersebut dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan keuangan. . Bukti transaksi tersebut dapat berfungsi untuk menentukan keabsahan transaksi dan menjadi bukti yang kuat bila terjadi permasalahan di kemudian hari.

.

Contoh: penjualan. ‡ Transaksi usaha adalah transaksi yang menyangkut dengan operasi perusahaan. pembelian. Contoh: faktur penjualan. prive.‡ Transaksi intern adalah transaksi yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri tanpa melibatkan pihak dari luar perusahaan. pembayaran pajak. Contoh: bukti pembayaran gaji. Contoh: setoran modal. pembayaran utang. ‡ Transaksi modal adalah transaksi dalam perusahaan yang mempengaruhi perubahan modal pemilik. dan lain-lain . penarikan modal. retur. dan lain-lain. prive. dan bukti pengeluaran barang dari gudang. ‡ Transaksi ekstern adalah transaksi yang dilakukan perusahaan dengan melibatkan pihak dari luar perusahaan.

.

. PENGERTIAN JURNAL ATAU BUKU HARIAN ADALAH FORMULIR KHUSUS YANG DIPAKAI UNTUK MENCATAT SETIAP BUKTI PENCATATAN SECARA KRONOLOGIS MENURUT NAMA AKUN DAN JUMLAH HARUS DIDEBIT DAN DIKREDIT.JURNAL BERASAL DARI KATA JOUR (BAHASA PERANCIS) YANG MEMILIKI ARTI HARI.

Fungsi historis. artinya semua transaksi dengan sumbernya harus dicatat tanpa ada yang ketinggalan. yaitu jurnal merupakan perintah memposting dalam buku besar baik yang di Debet maupun yang di Kredit sesuai hasil analisis dalam jurnal. ‡ 3. ‡ 5. Fungsi informatif. Fungsi instruktif. yaitu jurnal merupakan kegiatan mencatat semua transaksi keuangan secara kronologis atau berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya. ‡ 4. yaitu jurnal menganalisis transaksi untuk menentukan akun yang harus di Debet maaupun yang di Kredit. Fungsi analisis. yaitu jurnal merupakan pencatatan yang lengkap terperinci. ‡ 2.‡ 1. . yaitu jurnal memberikan keterangan kegiatan perusahaan secara jelas. Fungsi mencatat.

Kalau suatu entitas telah menggunakan jurnal khusus. maka jurnal umum hanya untuk mencatat transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal khusus . Jurnal khusus umumnya terdiri atas: ‡ ‡ ‡ ‡ Jurnal penerimaan kas untuk mencatat penerimaan uang tunai & cek Jurnal pengeluaran kas untuk mencatat pengeluaran uang tunai & cek Jurnal penjualan untuk mencatat penjualan kredit Jurnal pembelian untuk mencatat pembelian kredit ‡ Jurnal umum adalah jurnal yang dirancang untuk mencatat pengaruh debit±kredit semua transaksi keuangan yang terjadi.‡ Jurnal khusus adalah jurnal yang dirancang untuk mencatat transaksi yang mempunyai pengaruh terhadap akun yang sama.

NO 1 2 3 4 5 6 KELOMPOK AKUN AKTIVA (Assets) KEWAJIBAN (Liabilities) EKUITAS (Capital) PENDAPATAN ( Revenue ) BEBAN (Expense) PRIVE (Drawing) DEBIT + + + KREDIT + + + - .

.

d) Kolom referens (ref) diisi dengan nomor kode akun pada saat data pos jurnal yang bersangkutan dipindahbukukan. jumlah yang bersangkutan ditulis di kolom KREDIT. . jumlah rupiah yang bersangkutan ditulis di kolom DEBET.TANGGAL NO. BUKTI AKUN REF DEBIT KREDIT a)Kolom tanggal diisi dengan tanggal terjadinya transaksi yang disusun menurut urutan waktu terjadinya transaksi b) Nama akun yang didebet ditulis lebih dulu. c) Nama akun yang dikredit ditulis samping kanan debet.

perlengkapan. dan barang lainnya) yang dilakukan dengan pembayaran kredit. Jurnal pembelian (Purchases Journal) berfungsi sebagai tenpat mencatat transaksi pembelian barang (barang dagangan.FAKTUR NAMA KREDITUR REF AKUN DEBiT SERBA-SERBI AKUN REF JUMLAH KREDIT HUTANG DAGANG . peralatan. TANGGAL NO.JURNAL KHUSUS 1.

.2. misalnya pembayaran hutang. pembayaran beban-beban dan sebagainya. Jurnal pengeluaran kas (Cash Payments Journal) berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi pengeluaran kas.

TANGGAL NO. Bentuk buku jurnal penjualan biasanya disesuaikan dengan data mengenai penjualan yang diperlukan. Jurnal penjualan (Sales Journal) berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi penjualan barang dagangan atau jasa yang dilakukan dengan pembayaran kredit.3. Sumber pencatatan buku tersebut adalah faktur penjualan. FAKTUR NAMA DEBITUR REF DEBIT PIUTANG DAGANG KREDIT PENJUALAN .

BUKTI AKUN REF DEBiT POT PENJUALAN KAS SERBASERBI KREDIT PENJUALAN PIUTANG DAGANG . peneerimaan setoran modal dan penerimaan dari penjualan barang dengan pembayaran tunai. Jurnal penerimaan kas (Cash Receipts Journal) berfungsi sebagai tempat mencatat semua penerimaan piutang.4. Oleh karena itu sumber pencatatan dalam buku jurnal tersebut pada umumnya terdiri atas kuitansi (lembar dua atau copy) dan copy nota kontan. TANGGAL NO.

KODE AKUN (Account Code ) ‡ Klasifikasi dan kode akun angka urut (Sequintial Number Code) ‡ Klasifikasi dan kode blok (Block Code) ‡ Klasifikasi dan kode kelompok (Numerial Group Code) ‡ Klasifikasi Kode Desimal (Decimal Code) .

Sequential Number Code NO. KODE 1 2 3 4 5 NAMA AKUN Kas ( Cash ) Kas Kecil ( Patty Cash ) Piutang Dagang (Account receivable) Persediaan Barang Dagang (Inventory) ««« dst .

BLOCK CODE ‡ Example : ± 100 ± 199 ± 120 ± 129 ± 130 ± 139 ± 140 ± 149 ± 150 ± 159 ± 160 ± 169 ± 170 . Untuk akun-akun Current Assets Untuk akun-akun investment Untuk akun-akun Fixed Assets Untuk akun-akun Liabilities Untuk akun-akun Owner¶s Equity Untuk akun-akun Revenue Untuk akun-akun Expense .«..

NUMERIAL GROUP CODE 1 1 1 1 Nama Akun Sub golongan akun Golongan Akun Kelompok Akun : Kas : Kas dan Bank : Aktiva Lancar : Aktiva .

CONTOH PEMBERIAN NOMOR KODE AKUN METODE KODE KELOMPOK 11.. 1111 1112 1113 1114 1115 1116 1117 1118 1119 1120 Aktiva Lancar Kas Kas Kecil Surat-Surat Berharga Piutang Wesel Piutang Dagang Piutang lain-lain Sediaan Barang Dagang Sediaan Perlengkapan Biaya Dibayar di Muka Pendapatan yang Masih harus diterima .

Kewajiban Lancar 2111 Hutang Wesel Jangka Pendek 2112 Hutang Dagang 2113 Hutang Deviden 2114 Hutang Pajak 2115 Hutang Beban 2116 Uang Muka Penjualan .Lanjutan 21..

.

.

KETERANGAN KODE JUMLAH KETERANGAN KODE JUMLAH KETERANGAN KODE DEBIT KREDIT .

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

E. Akun-akun buku besar yang harus di debet dan di kredit atas transaksi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi C.. C. Transaksi yang terjadi dalam perusahaan selama suatu periode akuntansi B. D.. Bukti-bukti transaksi yang diserahkan oleh perusahaan kepada pihak ekstern perusahaan 2) Tahap pencatatan transaksi dalam proses akuntansi dilakukan dalam: A. A. Klasifikasi transaksi yang terjadi dalam perusahaan selama suatu periode E.Pilihlah jawaban yang paling benar. 1 ) Buku jurnal berisi catatan tentang . Buku jurnal Buku jurnal dan buku besar Kertas kerja laporan keuangan Buku besar dan neraca saldo Kertas kerja dan laporan keuangan . B. Ikhtisar transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan selama satu periode D.

Kas Utang dagang Utang dagang dan Kas Kas dan Peralatan kantor Utang dagang dan Peralatan kantor Utang dagang Penjualan barang dagang Retur pembelian Potongan penjualan Pembelian barang dagang 5) Dari akun di bawah ini di debet dalam jurnal penerimaan kas adalah . C. E. B.. D. A. A.. D. Sebagian dibayar tunai dan sisanya dibayar secara angsuran. C.3) Mencatat transaksi dalam buku jurnal adalah .. B.. C. Akun yang harus di kredit adalah: A... . B. E. E. Mencatat peristiwa yang terjadi dalam perusahaan menurut urutan waktu terjadinya Mencatat jumlah uang yang diterima dam dikeluarkan dengan pihak lain Mencatat terjadinya utang piutang perusahaan dengan pihak lain Mencatat pengaruh keuangan dari transaksi thd saldo akun-akun terkait Mencatat semua kegiatan yang dilakukan perusahaan 4) Suatu perusahaan melakukan transaksi pembelian peralatan kantor. D.

. 10.00 10..000........... it li i r l t r i it ri r i ri ..000..... r r P r l t t Pi t r t .00 i ..000...... i r t t it r t t ... P i l i ri r iri ri ri f t r f t r ri i l i t j i l i t j i l i t r t j t l ri l t t j r l 10.6) l j r l t r l i t r Pi t ..........000... . P .... 10.000.... P .............. P t . ........ P .000... P ...000.. . i t l rj i i j rj i j r i ri t: t: r i r l i r 7) ............. P j r l i t l t t t tr . .......000..

. faktur yang diterima dari kreditor dicatat ke dalam . C. Akun- . C. B. A. E.. B. E. D... D. B.. A. E.8) Dalam jurnal khusus. C. Jurnal pembelian Jurnal penjualan Jurnal penerimaan kas Jurnal pengeluaran kas Jurnal umum Faktur yang diterima untuk barang dagang yang dipesan Nota kredit yang diterima dari kreditor Copy nota kontan untuk penjualan barang dagang Lembar ke 2 nota kredit untuk retur penjualan barang dagang Copy (lembar 2) dari faktur yang dikirimkan kepada debitor Piutang dagang dan Penjualan Kas dan Penjualan Utang dagang dan Penjualan Piutang dagang dan Pembelian Piutang dagang dan Kas 9) Bukti transaksi di bawah ini yg dicatat ke dalam jurnal penjualan adalah . D... 10) Akun-akun buku besar yang terkait dengan jurnal penjualan adalah . A.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->