Gaya Hidup Modern

Brily Lombogia XI Ipa 3

1

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam era globalisasi ini kehidupan sehari-hari kita telah berubah menjadi kehidupan yang modern dan jauh lebih kompleks.Kita sendiri sebagai orang-orang Kristen. sebagai para pengikut Kristus secara langsung ataupun tidak langsung telah menjadi bagian dari kehidupan modern itu sendiri. 2 . Semoga dengan dibuatnya makalah ini dapatmembantu Anda yang membutuhkannya. Juga kepada keluarga dan temantemansaya yang telah memberikan dukungan baik melalui doa ataupun secara material.Tujuan makalah ini sendiri adalah membahas cara pandang iman Kristen terhadap gaya hidup modern yang semakin mendunia sekarang ini.Kata Pengantar Pertama kali saya ucapkan puji syukur bagi Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya yang selalu menyertai saya dalam pembuatan makalah ini.

¡ ¡  ¨ ¦¡ £ £ £      ¦¨¨   § ¡ ¥ ¡  ¡   ¡ £ £ £ £    £    ¢ £ ¡¥©¨ §¦¥ ¤ ¡ £ £¢       BELAKANGAN . y 3 Gambar :Makanan Instan . y y P  ¤ ¥ £ £ £   ¨   ¡  ¤  ¡ ¥ §  ¡  ¥   § £ £ £ £ £ ¢ £      £ £    ¤ §¦¥ ¤ ©§ ¡ ¡  ¡ ¨  ¨ ¡ © ¤ ¨ ¦  ¢ £ £ £ £ £ £ £  £ £     c . .

ereka seolah 4 .Gambar : Icon sex Free-sex. Baik generasi muda maupun generasi tua ramai-ramai tergerus arus yang menyimpang. jika ingin dianggap modern. sebuah erminologi modern yang dalam beberapa ahun erakhir ini semakin meresahkan. Freesex seolah menjadi bagian yang ak erpisahkan dari modernisasi itu sendiri. lakukanlah!" serta mengatakan bahwa free-sex adalah kelumrahan di jaman yang modern ini. eiring arus modernisasi. bangga dengan "hasil kreasinya" tersebut dan dengan lantang berkata :"Freesex adalah gaya hidup modern. bahkan parahnya. !      mereka pun tak sungkan mempertontonkannya di depankamera.

modeling dari artis yang di idola kan. melalui media iklan. serta selalu ingin menjadi pusat perhatian. 5 . Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bentuk dari suatu gaya hidup dapat berupa gaya hidup dari suatu penampilan. seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah. lebih banyak bermain. senang pada keramaian kota. senang membeli barang m ahal yang disenanginya. gaya hidup yang hanya mengejar kenikmatan semata sampai dengan gaya hidup mandiri yang menuntut penalaran dan tanggung jawab dalam pola perilakunya.Gambar : Remaja dan gaya hidup modern Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup.

ekspresif. teknologis. elalui clubbing khususnya anak muda merasa teler dan capai. lalu pulang dalam keadaan ingkatnya clubbing adalah just having fun. cekikikan sampai pagi. konsumeristik dan metropolis yang menjanjikan segala bentuk kegembiraan menemukan jati diri. modern. 2004). sekedar hura -hura dan membutuhkan " " sasaat (Perdana. banyak uang. hedonis. disana mereka bisa ´ber jingkrak-jingkrakµ sebebasnya. 6 .Gambar : Kegiatan Clubbing Clubbing merupakan istilah prokem khas anak muda yang berarti suatu dunia malam yang bernuansa kebebasan. # elalui clubbing mereka bisa menemukan komunitas bergaulnya. meneguk alkohol dan narkoba.

Saat ini efek negatif itu begitu dahsyat bak gulungan bola salju yang semakin membesar. Ada efek negatif yang sedang dan akan terjadi jika kita tidak bisa memanfaatkan perkembangan teknologi itu dengan benar. dll adalah suatu keuntungan bagi kita yang hidup di jaman serba modern ini.Gambar : Televisi Semua perkembangan teknologi yang membantu kita mendapatkan informasi. 7 . kecuali kita segera melakukan pencegahan dan pemulihan dengan cepat agar efek negatif itu tidak semakin meluas dan mempengaruhi jiwa generasi penerus estafet bangsa ini. yaitu anak-anak dan remaja. tapi tentu saja tidak selamanya per kembangan teknologi itu berdampak positif. menyambungkan komunikasi.

% 8 . Berbicara kepada anak remaja tentang tekanan-tekanan atau masalah yang sering terjadi di dalam pergaulan remaja seperti masalah seks. etapi hal yang negatif & % $ malam seperti pulang larut malam (misalnya di atasjam 12 malam) berdua saja dengan pacar adalah hal yang kurang baik. elaskan juga kebiasaan dan perilaku positif yang semestinya dilakukan oleh seorang remaja. seorang Ibu dapat menjelaskan bahwa bepergian ke luarrumah pada inggu adalah hal yang wajar dalam berpacaran. Landasan moral dan agama di dalam rumah tangga semestinya harus kuat. isalnya. harus tahu bahwa penghormatan terhadap dirinya adalah hal yang amat penting. obat-obatan dan alkohol.Gambar : kencan remaja Anak remaja. bahwa kalau mereka ingin identitas diri mereka tetap terjaga maka mereka harus menolak pengaruh negatif teman -temannya atau pacarnya. Katakan kepada anak remaja anda. terutama remaja pu tri.

Seperti yang Anda ketahui Internet telah membentuk kembaliGaya Hidup Internetcara kita berkomunikasi dan dengan fax tidak ada pengecualian. KeduaGaya Hidup opsi ini akan memungkinkan Anda mengirim dokumen yang diperlukan dalam hitungan detik dengan kualitas yang hebat dan kejelasan. Anda dapat melakukan segala sesuatu dari komputer Anda hanya dengan beberapa klik mengambil begitu saja bahwa fax Anda akan bepergian sangat cepat untuk setiap bagian dari World ' 9 . adi jika Anda ingin tahu cara mengirim faks internasional Anda tidak perlu mesin fax lama lagi.Gambar : Internet Fax Apakah Anda perlu mengirim faks internasional tetapi tidak tahu bagaimana melakukannya Nah gaya hidup kini belajar bagaimana mengirim fax internasional mudah dengan kemunculan perangkat lunak dan internet faks layanan faks.

Kalau HP sampai ketinggalan.Gambar : Macam Macam Handphone saat kini Tak berlebihan alat handphone (HP) atau ponsel sudah menjadi separuh dari nyawa manusia modern. 10 . Itulah fakta kehidupan modern yang dijalani oleh warga masyarakat yang nggak mau ketinggalan jaman. rasanya sang -pemilik akan mati rasa. tak berada dalam genggaman tangan. dan sepertinya tak bisa berbuat apa-apa lagi.

alias katrok hanya karena tidak mengenalnya . asam fosfat/kafein.Seseorang bisa dikatakan sebagai orang udik.Banyak mengkonsumsi softdrink menjadi salah satu penyebab kegemukan. pewarna. agar lebih waspada terhadap bahaya yang mengancam kesehatan melalui pangan tersebut.Gambar : Fast Food dan Soft Drink Diantara gaya hidup masyarakat yang maunya dikatakan modern adalah mengkonsumsi softdrink dan fast food.atau kamso.karena softdrink dapat meningkatkan rasa lapar 11 . bukan karena cara berpikir dan kemampuan teknologinya. fosfor. pemanis atau pemanis buatan.Padahal sebenarnya sebagai orang modern seharusnya mengetahui dengan baik tentang teknologitermasuk teknologi pangan. Softdrink atau minuman ringan yang mengandung soda atau karbondioksida.