1. Apa yang dimaksud dengan kontrak ?

Jawab: Suatu perjanjian antara dua pihak atau lebih yang menimbulkan kewajiban-kewajiban yang mengikat secara yuridis.

2. Apa yang dimaksud dengan hukum kontrak ? Jawab: aturan hukum yang berkaitan dengan pelaksanaan perjanjian atau persetujuan.

3. Sebutkan unsur yang tercantum dalam hukum kontrak ! Jawab: 1. adanya kaidah hukum 2. adanya subjek hukum 3. adanya prestasi 4. adanya kata sepakat 5. akibat hukum

4. Sebutkan pasal yang mengatur tempat pengaturan hukum kontrak ! Jawab: diatur dalam Buku III KUH Perdata,yang terdiri atas 18 BAB dan 631 pasal,mulai dari pasal 1233 KUH Perdata sampai 1864 KUH Perdata.

5. Sebutkan hal-hal yang diatur di dalam Buku III KUH Perdata ! Jawab: • Perikatan pada umumnya (pasal 1233-1312 KUH Perdata).

1

Asas kepribadian 7. Asas pasca sunt servanda 4.dll • Jual beli (Pasal 1457-1540 KUH Perdata) meliputi ketentuan umum.pencampuran utang.syarat sah perjanjian .Hal yang diatur meliputi sumber perikatan.kewajiban si pembeli.dll 6. Asas kebebasan berkontrak 2. • Hapusnya perikatan (pasal 1381-1456 KUH Perdata) meliputi hapusnya perikatan karena pembayaran.dan bunga karena tidak dipenuhinya suatu perikatan. 2 . Asas itikad baik 5.kekuatan politik.situasi social ekonomi.prestasi.dan jenis-jenis perikatan • Perikatan yang dilahirkan dari perjanjian (pasal 1313-1351 KUH Perdata) meliputi ketentuan umum.penyimpanan. Misalnya hubungan social.rugi. Sebutkan 5 asas dalam hukum kontrak ! Jawab: 1.percampuran utang.penggantian biaya.kewajiban si penjual. Sebutkan sumber hukum kontrak ! Jawab: • Sumber hukum kontrak dalam Civil Law ♦ Sumber hukum materiil ialah: tempat darimana materi hukum diambil. Asas konsensualisme 3.akibat perjanjian dan penafsiran perjanjian.

dan kebiasaan • Sumber hukum kontrak Amerika ♦ Judicial Opinion ♦ Statutory Law ♦ Restatements ♦ Legal Commentary 8. Sebutkan dan jelaskan Jenis-jenis kontrak ! Jawab:  Kontrak menurut sumber hukumnya • • • • Perjanjian yang bersumber dari hukum keluarga Perjanjian yang bersumber dari kebendaan Perjanjian obligatoir Perjanjian yang bersumber dari hukum acara 3 .perjanjian antarnegara.yurisprudensi.♦ Sumber hukum formal merupakan tempat memperoleh kekuatan hukum. Misalnya undang-undang. Sebutkan pengertian perjanjian atau kontrak ! Jawab: Perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu pihak atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang atau lebih 9.

• Perjanjian yang bersumber dari hukum public  Kontrak menurut namanya Menurut pasal 1319 KUH Perdata dan Artikel 1355 NBW hanya disebutkan dua macam kontrak menurut namanya yaitu: • • Kontrak nominaat Kontrak innominat  Kontrak menurut bentuknya Menurut KUH Perdata maka kontrak menurut bentuknya dibagi menjadi dua macam yaitu: • • Kontrak lisan Kontrak tertulis  Kontrak Timbal balik Perjanjian timbal balik ini dibagi menjadi dua macam yaitu: • Kontrak timbal balik tidak sempurna menimbulkan kewajiban pokok bagi satu pihak • Perjanjian sepihak merupakan perjanjian yang selalu menimbulkan kewajiban yang hanya bagi satu pihak saja.’   Perjanjian Cuma-Cuma atau dengan alas hak yang membebani Perjanjian berdasarkan sifatnya 4 .

• •  Perjanjian kebendaan Perjanjian obligatoir Perjanjian dari aspek larangannya 10.Sebutkan syarat-syarat sahnya kontrak ! Jawab: • Menurut KUH Perdata (Civil law) ♦ Pasal 1320 KUH Perdata menentukan empat syarat sahnya perjanjian yaitu  Adanya kesepakatan kedua belah pihak  Adanya kecakapan untuk melakukan perbuatan hukum  Adanya objek perjanjian  Adanya causa yang halal • Menurut hukum Kontrak Amerika Didalam hukum kontrak amerika ditentukan empat syarat sahnya kontrak yaitu: ♦ Adanya penawaran dan penerimaan ♦ Adanya persesuaian kehendak ♦ Adanya prestasi ♦ Kemampuan hukum para pihak dan pokok persoalan yang sah 11.Sebutkan dan Jelaskan bentuk-bentuk kontrak ! 5 .

Sebutkan hal-hal yang diperhatikan oleh para pihak yang akan mengadakan dan membuat kontrak ! Jawab: 1.  Ada tiga bentuk perjanjian tertulis: • Perjanjian dibawah tangan yang ditandatangani oleh para pihak yang bersangkutan. • Perjanjian dengan saksi notaris untuk melegalisir tanda tangan para pihak • Perjanjian yang dibuat dihadapan oleh notaris dalam bentuk akta notariel 12. Fungsi ekonomis 14. Kewenangan hukum para pihak 6 . Fungsi yuridis 2.Sebutkan 3 fungsi akta notariel !  Sebagai bukti bahwa pihak yang bersangkutan telah mengadakan perjanjian tertentu  Sebagai bukti bagi para pihak bahwa apa yang tertulis dalam perjanjian adalah menjadi tujuan dan keinginan para pihak  Sebagai bukti kepada pihak ketiga bahwa pada tanggal tertentu 13.Jawab: bentuk kontrak dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bentuk tertulis dan lisan.Sebutkan 2 fungsi kontrak ! Jawab: 1.

Perpajakan 3.Sebutkan cirri-ciri MOU ! Jawab: 1.dalam arti akan diikuti perjanjian lain yang mengatur dengan alasan sebagai berikut : • Dalam prospek komersialnya belum jelas.2. Pengakhiran kontrak 15. Masalah keagrariaan 5.jika menandatangani kontrak.sehingga untuk sementara waktu dibuat MOU.untuk menghindari kesulitan pembatalan dibuat MOU yang relative lebih mudah dibatalkan. • Dalam penandatanganan kontrak memerlukan waktu lama sehingga dibuat MOU yang akan berlaku sementara waktu.yang akan diikuti dengan suatu kontrak terperinci 3. Isinya singkat. Pilihan hukum 6.berupa hal pokok 2. Untuk berpikir. Jangka waktu terbatas 7 .Apa yang dimaksud dengan MOU ? Jawab: Suatu perjanjian pendahuluan. Penyelesaian sengketa 7. Alas hak yang sah 4. 16. • Adanya keraguan para pihak dan memerlukan waktu. Merupakan pendahuluan.

Tahapan persiapan 2. 18. Tahapan pelaksanaan 8 .Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis negoisasi ! Jawab: a) Corak negoisiasi yang bersifat lunak/soft position bargainer Corak ini hanya dapat digunakan dalam lingkungan keluarga antara sahabat bertujuan semata-mata membina hubungan baik/culvating the relationship. 17.Apa yang dimaksud dengan negosiasi ? Jawab: sarana bagi pihak-pihak untuk mengadakan komunikasi dua arah dirancang untuk mencapai kesepakatan sebagai akibat adanya perbedaan pandangan terhadap sesuatu hal dilatarbelakangi oleh kesamaan/ketidaksamaan kepentingan di antara mereka. 19.Sebutkan tahapan negosiasi ! Jawab: 1.serta tidak ada kewajiban yang memaksa untuk terperinci.serta ancaman.4. Biasanya tidak dibuat secara formal. b) Corak negosiasi yang bersifat keras/hard position bargainer Corak negosiasi ini sangat mungkin menemui kebuntuan/dead lock akibat adanya tekanan.terutama jika terbentur pada situasi dimana perunding keras bertemu sesama perunding keras lainnya.

Sebutkan objek perjanjian ! Jawab: hak dan kewajiban untuk memenuhi sesuatu (prestasi) yang menurut undang-undang bisa berupa : • • Menyerahkan sesuatu benda/menberikan untuk dipakai Melakukan sesuatu 9 . 21.Sebutkan 5 tahap penyusunan kontrak di Indonesia ! Jawab: 1.20. Badan hukum (recht person) 22. Penutup dengan penandatanganan kontrak oleh masing-masing pihak.Sebutkan subjek perjanjian ! Jawab: 1. Orang (person) 2. Saling tukar menukar draft kontrak 3. Pembuatan draft pertama c) Judul kontrak d) Pembukaan e) Pihak-pihak dalam kontrak f) Racital g) Isi kontrak h) Penutup 2. Dilakukan penyelesaian akhir 5. Jika perlu diadakan revisi 4.

Sebutkan prapenyusunan kontrak ! Jawab: 1. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa system adalah kumpulan asasasas yang terpadu yang merupakan landasan dimana dibangun tertib hukum. Penelitian awal 3.Apa yang dimaksud Sistem hukum menurut Soebekti ! Jawab: Suatu susunan atau catatan yang teratur sesuatu keseluruhan yang terdiri atas bagian yang berkaitan satu sama lain tersusun menurut suatu rencana atau pola hasil pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.Apa yang dimaksud system hukum menurut Bellefroid ! Jawab: Keseluruhan aturan hukum yang disusun secara terpadu berdasarkan asas-asas tertentu. 25. 10 . Identifikasi para pihak 2.• Tidak melakukan sesuatu 23. Negosiasi 24. Pembuatan Momentum of Understanding (MOU) 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful