KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Alloh SWT. bahwa saya telah menyelesaikan tugas mata pelajaran penjaskes dengan membahas perilaku seks bebas dalam bentuk makalah. Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang saya hadapi. Namun saya menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Bapak guru bidang studi Penjaskes yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada saya sehingga saya termotivasi dan menyelesaikan tugas ini. 2. Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.

sedih. gembira. Karena meningkatnya minat remaja pada masalah seksual dan sedang berada dalam potensi seksual yang aktif. Disaat remajalah proses menjadi manusia dewasa berlangsung. banyak diantara mereka yang tidak sadar bahwa beberapa pengalaman yang tampaknya menyenangkan justru dapat menjerumuskan. Padahal pada masa remaja informasi tentang masalah seksual sudah seharusnya mulai diberikan. yang berlangsung saat ini. Sayangnya. seringkali remaja sangat tidak matang untuk melakukan hubungan seksual terlebih lagi jika harus menanggung resiko dari hubungan seksual tersebut.PENDAHULUAN Pada masa remaja rasa ingin tahu terhadap masalah seksual sangat penting dalam pembentukan hubungan baru yang lebih matang dengan lawan jenis. terutama yang berkaitan dengan masalah seksual. maka remaja berusaha mencari berbagai informasi mengenai hal tersebut. masa yang penuh dengan berbagai pengenalan dan petualangan akan hal-hal yang baru sebagai bekal untuk mengisi kehidupan mereka kelak. Pengalaman manis. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar remaja kita tidak mengetahui dampak dari perilaku seksual yang mereka lakukan. ditambah kurangnya informasi mengenai seks dari sekolah/lembaga formal serta bertubi-tubinya berbagai informasi seks dari media massa yang tidak sesuai dengan norma yang dianut menyebabkan keputusan-keputusan yang diambil mengenai masalah cinta dan seks begitu kompleks dan menimbulkan gesekan-gesekan dengan orang tua ataupun lingkungan keluarganya. lucu bahkan menyakitkan mungkin akan dialami dalam rangka mencari jati diri. rasa ingin dianggap sebagai manusia dewasa. Memasuki Milenium baru ini sudah selayaknya bila orang tua dan kaum pendidik bersikap lebih tanggap dalam menjaga dan mendidik anak dan remaja agar ekstra berhati-hati terhadap gejalagejala sosial. berkembangnya naruli seks akibat matangnya alat-alat kelamin sekunder. Tentu saja hal tersebut akan sangat berbahaya bagi perkembangan jiwa remaja bila ia tidak memiliki pengetahuan dan informasi yang tepat. Rasa ingin tahu dari para remaja kadang-kadang kurang disertai pertimbangan rasional akan akibat lanjut dari suatu perbuatan. agar remaja tidak mencari informasi dari orang lain atau dari sumber-sumber yang tidak jelas atau bahkan keliru sama sekali. pahit. Pemberian informasi masalah seksual menjadi penting terlebih lagi mengingat remaja berada dalam potensi seksual yang aktif. Daya tarik persahabatan antar kelompok. Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak. kurangnya kontrol dari pihak yang lebih tua (dalam hal ini orang tua). karena berkaitan dengan dorongan seksual yang dipengaruhi hormon dan sering tidak memiliki informasi yang cukup mengenai aktivitas seksual mereka sendiri (Handbook of Adolecent psychology: 1980). kaburnya nilai-nilai moral yang dianut. . Seiring perkembangan yang terjadi sudah saatnya pemberian penerangan dan pengetahuan masalah seksualitas pada anak dan remaja ditingkatkan.

Arus modernisasi juga berdampak negatif di kalangan remaja. dll. komik dewasa. Akses informasi yang begitu cepat melalui internet. nampaknya secara perlahan-lahan harus diubah.Pandangan sebagian besar masyarakat yang menganggap seksualitas merupakan suatu hal yang alamiah. . Sudah saatnya pandangan semacam ini harus diluruskan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan bagi anak dan remaja sebagai generasi penerus bangsa. Remaja yang hamil di luar nikah. Sebagian kecil remaja Indonesia telah melakukan seks bebas terhadap pacar atau temanya. Banyak diantaranya yang telah melakukan seks bebas. Pendidikan seks dan dampaknya masih kurang diperkenalkan kepada remaja Indonesia. yang nantinya akan diketahui dengan sendirinya setelah mereka menikah sehingga dianggap suatu hal tabu untuk dibicarakan secara terbuka. aborsi. adalah contoh dari beberapa kenyataan pahit yang sering terjadi pada remaja sebagai akibat pemahaman yang keliru mengenai seksualitas. penyakit kelamin. Film dan game menyerbu remaja yang dikemas sedemikian rupa sehingga perbuatan seks dianggap lumrah dan menyenangkan.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Atau melalui luka terbuka pada daerah alat kelamin yang bisa menjadi pintu masuk (port' d' entree) agen penyebab penyakit. dan bahkan virus HIV yang menyebabkan AIDS juga termasuk salah satu jenis PMS (karena bisa menular lewat hubungan seksual). Dari tahun ke tahun data remaja yang melakukan hubungan seks bebas semakin meningkat. syphilis (disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum). Contoh-contoh umum PMS antara lain adalah Gonorrhea (kencing nanah). DEFINISI PMS (Penyakit Menular Sexuality) PMS adalah jenis-jenis penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. FAKTOR ± FAKTOR YANG MEMPENAGRUHI SESEORANG TERPEROSOK KE DALAM SEX BEBAS Faktor-faktor yang menyebabkan seks bebas karena adanya pertentangan dari lawan jenis. Telah di lakukan penelitian mengenai gambaran pengetahuan remaja tentang seks bebas di Desa Paya Bakung Dusun I B Kecamatan Hamparan Perak yahun 2006.DEFINISI Seks bebas merupakan tingkah laku yang di dorong oleh hasrat seksual yang di tujukan dalam bentuk tingkah laku. Hasil penelitian yang terlibat pergaulan tidak baik sebanyak 80. dari 5% ada tahun 1980-an menjadi 20% di tahun 2000. dapat berupa bakteri. adanya tekanan dari keluarga dan teman. Umumnya.6%dan remaja yang keadaan ekonominya baik sebanyak 35.5. mikro-organisme penyebab PMS diitularkan melalui cairan yang keluar pada saat berhubungan sex. virus. Dapat di tarik kesimpulan bahwa kurangnya pengetahuaan remaja tentang seks bebas disebabkan karena kurangnya kesadaran remaja tentang keadaannya dan tidak ada keterbukaan antara orang tua dan anaknya. penelitian ini menggunakan kuesioner yang di ajuka responden dengan jumlah sample 42 responden. Herpes (disebabkan oleh virus herpes simplex). Pemakaian alat kontrasepsi seperti kondom bisa mengurangi kemungkinan timbulnya PMS .6% serta remaja yang berpengetahuaan cukup tentang seks bebas sebanyak 43% sedangkan baik dan kurang masing-masing sebanyak 28.9% sedangkan remaja yang memperoleh sumber informasi tentang seks bebas sebanyak 47. jamur. disebabkan oleh bakteri Neissherria gonorrhea. atau mikro-organisme lainnya.

Acydovir (Zovirox). walaupun bisa juga muncul tanpa gejala. Herpes Genital Hampir 31 juta orang Amerika. Meskipun sering tanpa gejala. karena dapat mengundang penyakit jantung. penyakit ini dapat membuat orang yang telah berumur sangat menderita. tetapi tidak menyembuhkan. dan kebutaan. Sifilis sering dimulai dengan lecet yang tidak terasa sakit pada penis atau bagian kemaluan lain dan berkembang dalam tiga tahap yang dapat berlangsung lebih dari 30 tahun. Lecet-lecet karena herpes tersebut bisa meningkatkan risiko tertular AIDS melalui luka di darah. dan infeksi pada jantung atau otak. Ada pria yang tidak menunjukkan gejala apa pun. sebuah obat yang diresepkan. satu per enam jumlah penduduk Amerika-pernah menderita herpes genital. Gonore (Kencing Nanah) Penyakit ini telah dikenal sejak dahulu. infeksi bakteri ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan mengeluarkan nanah setelah dua hingga sepuluh hari. Herpes.000 orang di AS tertular sifilis tiap tahun. 4. tetapi mudah juga menginfeksi. Kira-kira 120. lepuh-lepuh pada kulit. klamidia termasuk penyakit yang paling mudah diobati. yang disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 2. dapat meringankan gejala-gejalanya. menyerang sekitar 1. adalah infeksi seumur hidup yang menyebabkan lecet-lecet pada alat kelamin yang biasanya datang dan pergi. penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian. tetapi mereka tetap bisa menulari orang lain. Tetapi tidak menjamin yang bersangkutan terbebas sepenuhnya dari resiko tertular PMS. 3. baik pria maupun wanita. Seperti sifilis dan gonore. kerusakan otak. setiap tahun. PENYAKIT YANG TIMBUL AKIBAT SEX BEBAS 1. Sifilis (Penyakit Raja Singa) Sifilis juga dikenal dengan nama Great Imitator karena gejala-gejala awalnya mirip dengan gejala-gejala sejumlah penyakit lain. Apabila tidak diobati. penyakit ini dapat berkembang menjadi artritis. Kalau tidak diobati. yaitu sekitar 4 juta orang setiap tahun. Secara umum. Penyakit ini dapat menyebabkan artritis parah dan kemandulan pada pria. Gonore dapat disembuhkan dengan antibiotika. Klamidia Klamidia mempunyai gejala mirip gonore.karena juga mengurangi kontak antara alat reproduksi. 2. penderitanya dapat disembuhkan dengan antibiotika.5 juta orang Amerika. Di Amerika. .

kasus kutil pada alat kelamin ini mencapai 1 juta setiap tahunnya. Penggunaan kondom memang bisa mencegah penyakit HIV dan gonorrhea. Setiap tahun kasus yang dilaporkan mencapai 200. 6. . Jengger Ayam atau Kutil di kelamin (Genital wart) Di Amerika. Virus yang menyerang kekebalan tubuh ini bisa menular melalui darah dan sperma pada saat berhubungan seksual. STD ini disebabkan oleh sejenis virus papiloma. Ada juga yang tidak mengalami gejala apapun. walaupun ini satu-satunya STD yang dapat dicegah melalui vaksinasi. 10. Pria yang sering melakukan seks dengan banyak wanita berisiko 2 kali lipat terkena kanker prostat. Obatnya tidak ada. tapi kurang efektif mencegah herpes. Hepatitis B Penyakit ini dapat berlanjut ke sirosis hati atau kanker hati. 7. yang terkait dengan kanker penis serta anus. 9. walaupun kutil yang terjadi dapat dihilangkan melalui operasi atau dibakar. Hingga kini vaksinnya masih dikembangkan namun belum terbukti ampuh mencegah penularannya. AIDS adalah penyakit penyebab kematian ke-6 di dunia. dan laki-laki pun bisa tertular oleh virus ini. dan 33 persen wanita dilaporkan punya virus tersebut. Kanker prostat Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Karin Rosenblatt dari University of Illinois.5. Kontak seksual seperti ciuman. Trichomoniasis Bisa menyebabkan daerah di sekitar vagina menjadi berbuih atau berbusa. Penyakit ini bisa menyebabkan bayi terlahir prematur jika sang ibu menderita penyakit ini saat hamil. Kanker Serviks (leher rahim) Hampir 95 persen kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). atau dibekukan. HIV/AIDS Pertama kali ditemukan pada tahun 1984. baik bagi wanita maupun pria.000. Virus ini bisa menular lewat hubungan seksual. trichomoniasis. terdapat hubungan antara kanker prostat dan banyaknya berhubungan seksual dengan beberapa orang. yang menyebabkan adanya sakit di leher rahim. oral seks dan penggunaan alat bantu seks seperti vibrator juga berisiko menularkan virus. Sangat penting mengetahui bahwa hubungan seksual bukan hanya sekedar hubungan intim. chlamydia dan HPV. diketahui bahwa dari 753 pria yang disurvei. Satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran dan tidak mendapatkan penyakit itu adalah dengan berhubungan seks dengan satu pasangan. 8. Akan tetapi setelah itu gejala yang sama dapat datang kembali.

Timbul Rasa Ketagihan Seks bebas akan mengundang rasa ketagihan bagi para pelakunya. agama dan sosial yang menghantuinya. Kehamilan yang terjadi akibat seks bebas menjadi beban mental yang luar biasa. 4. Menggugurkan kandungan dengan cara aborsi tidak aman. namun hal itu tidak menjamin 100%. So«be careful and be wise! DAMPAK NEGATIF SEX BEBAS 1.Hal yang paling aman untuk menghindari penyakit di atas adalah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dan bergonta-ganti pasangan. Keluarga besar pelaku pun turut menanggung malu sehingga menjadi beban mental yang berat. seperti penggunaan kondom. Menggugurkan Kandungan (aborsi) dan Pembunuhan Bayi Aborsi merupakan tindakan medis yang ilegal dan melanggar hukum. Aborsi mengakibatkan kemandulan bahkan kanker rahim. Meskipun ada cara pencegah penyebaran. karena dapat mengakibatkan kematian. dampak beban moral. Hal ini disebabkan karena orang tersebut mendapatkan kenikmatan untuk menyalurkan hasrat seksualnya. 3. Mengakibatkan Kehamilan Hubungan seks satu kali saja bisa mengakibatkan kehamilan bila dilakukan pada masa subur. Apabila seseorang terbukti telah melakukan seks pranikah atau seks bebas maka secara moral pelaku dihantui rasa bersalah yang berlarut-larut. . 2. Kehamilan yang dianggap ³Kecelakaan´ ini mengakibatkan kesusahan dan malapetaka bagi pelaku bahkan keturunannya. Sekali seseorang mencoba melakukan seks bebas. Belum lagi.Menciptakan Kenangan Buruk Norma-norma yang berlaku di masyarakat menyatakan bahwa seks bebas merupakan perbuatan yang melanggar kepatutan. maka dapat dipastikan orang tersebut akan melakukan terus menerus perbuatan seks bebas.

d) Diri Sendiri : Harus pandai mencari teman dan dengan siapa kita bergaul. mengapa anak tidak boleh melakukannya. sehingga mereka tau apa yang ia lakukan melanggar batas atau tidak. jangan sampai terjerumus ke dalam sex bebas. . c) Keluarga : Harus diberikan pendidikan tentang sex bebas. b) Masyarakat : Seorang remaja harus tau norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Hubungan seks satu kali saja dapat menularkan penyakit bila dilakukan dengan orang yang tertular salah satu penyakit kelamin. Penyebarannya melalui seks bebas dengan bergonta-ganti pasangan. PENCEGAHAN TERHADAP SEX BEBAS Menurut : a) Pemerintah : Seorang remaja harus tau batas ± batas apa saja yang senormalnya seorang remaja lakukan. Salah satu virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seks adalah virus HIV. apa dampak buruk baginya. Penyebaran Penyakit Penyakit kelamin akan menular melalui pasangan dan bahkan keturunannya. dll.5.

Kita sendiri yang harus merubah semuanya. jangan hanya menunggu takdir. Dan Tingkatkan keimanan dan selalu dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. HIV/AIDS. tanpa berfikir panjang apakah dampak yang ditimbulkan jika ia berperilaku seperti itu. dia hanya akan merusak masa depan kita. Secara umum ada dua dampak yang ditimbulkan dari perilaku seks bebas dikalangan remaja yaitu kehamilan dan penyakit menular seksual (sipilis. kita tau mana yang baik dan buruk untuk diri kita sendiri. Ada beberapa faktor penyebab remaja melakukan seks bebas. dan kurangnya peran dan perhatian orang tua kepada anaknya. KESIMPULAN Seks bebas merupakan tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang ditujukan dalam bentuk tingkah laku. Seperti yang kita tau seks bebas banyak sekali dampak negatifnya. Pandai ± pandailah dalam mencari teman. dll). Dan sekiranya orang itu memberikan dampak yang buruk.Saran Kita khususnya generasi muda harus benar ± benar menghilangkan perilaku seks bebas yang biasanya dilakukan oleh anak usia remaja. Cara menghindari seks bebas yaitu melalui pendidikan seks. bahaya penyakit kelamin dan sebagainya. penyaluran hasrat seksual. .dan kita harus tau dengan siapa bergaul. Salah satu bentuk pendidikan seks di keluarga di antaranya adalah pencegahan seks bebas menurut agama dan pencegahan seks bebas dalam keluarga. Jauhilah yang namanya seks bebas. diantaranya adalah menonton film porno. pendidikan seks dapat diartikan sebagai penerangan tentang anatomi fisiologi seks manusia. Tapi bagi yang sudah terbiasa mungkin sebuah kesenangan untuk mereka. pengaruh pergaulan bebas. mari lah kawan ± kawan ubah lah masa depan kita secerah mungkin. maka kita harus bisa mengontrol sampai mana kita harus berteman dengannya agar tidak terbawa dengan perilakunya yang buruk. Nah.

LOGO SLOGAN Sex destroy your future !! .

SEKS BEBAS SMA N 97 JAKARTA SELATAN NAMA : FEBY TRI AGUSTIANI KELAS : X-7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful