P. 1
Pengaduan Masyarakat Pardasuka Mengenai Kesehatan

Pengaduan Masyarakat Pardasuka Mengenai Kesehatan

|Views: 111|Likes:
Published by Mailan Bastari,S.Pd

More info:

Published by: Mailan Bastari,S.Pd on May 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2011

pdf

text

original

Bismilahirohmanirohim PERTEMUAN KOMIS A DENGAN MASYARAKAT PARDASUKA Pengaduan mengenai masalah pelayanan kesehatan di kecamatan Pardasuka Ketua Komisi

A (Herman):

31 Maret 2011

Ada beberapa pokok bahasan dan akan diambil jalan penyelesaiannya,DPRD siap menerima masukan masukan dari masyarakat di kabupaten Pringsewu. Mohon disampaikan dahulu apa keluhan dari masyarakat dan dibuat surat pengaduannya dan akan ditindaklanjut. Di Puskesmas ada gejala tindakan tidak menyenangkan dari seorang paramedic,untuk itu masyarakat mengeluhkan kejadian tersebut. Rapat dihadiri oleh:Stiyono,Herman,Heri,Taufikurohim,Leo Bambang,Mailan.Zunianto.

Perwakilan dari masyarakat: Wildan Firdaus: Awalnya bersilaturahmi,kemudian ada sedikit keluhan.Terjadi ketidaknyaman dari paramedic.pengaduan dr.R kepada dr.B mengenai tindakan medis dari dr.B pada saat ada pasien kurang mampu berobat justru dirujuk ke rumahsakit,dan melakukan pengaduan ke aparat.Di sisi lain dr.R memiliki klinik yang dikhawatirkan untuk mencari keuntungan. Muhamad isa Yunises: Saudara uung (paramedic) melakukan perawatan atas permohonan dr.B.Padahal sudah meminta rekomendasi puskesmas.Justru dr.R melarikan ke aparat /criminal.aparat yang hadir yaitu Sukimanto.Mohon kalau ada kelalaian tidak dilarikan ke ranah hukum oleh aparat dan dr.S tidak melakukan tindakan medis. Julian : Surat pengaduan sudah diberikan ke DPRD,perlu adanya sosialisasi ke masyarakat mengenai UU Kesehatan mohon tidak bias.Mohon dikumpulkan Pemda,Parmedis,DPRD,Tokoh Masyarakat.Jadi ada unsure-unsur persaingan usaha.Perlu ada kejelasan pelaksaan UU kesehatan diharap tidak menyengsarakan rakyat.Sudah ada rumah Dinas kepala puskesmas,tapi tidak digunakan sehingga pelayanan kesehatan kurang maksimal.Purnama Heru dan dr.B adalah paramedic yang SK di kabupaten di luar kabupaten Pringsewu.Dr.R mengatakan dr.B melakukan mal praktek.setelah 2 hari setelah kejadian dr.B takut melakukan tindakan medis.Tolong dr.B dimutasi ke kecamatan lain diganti yang lain yang lebih baik.

Setiono ,SH: Prihatin atas peristiwa tersebut,akan dimusyawarahkan dan mohon tidak melakukan tindakan anarkis.Akan dikonfirmasi ke dr.R Leo Bambang I: Mohon dijelaskan dari pihak keluarga yang sakit: Pasien: Pasien mohon dr.B untuk merawat dibantu perawat Uung.Beberapa hari kemudian dr.R dating dengan perawat membawa pasien ke RSUD,infuse dilepas dan tidak dilakukan tindakan medis.Pasien kolaps sehingga mohon bantu dr.B. Herman : Dr.R kurang manusiawi dan bisa melayani dengan jamkesda.dr.R akan di panggil karena tidak maksimal dalam pelayanan dan tidak menggunakan fasilitas pemerintah.karena kurang disiplin masyarakat tidak dilayani.Boleh mencari keuntungan.Aparat akan dikomunikasikan agar tidak terlalu jauh bertindak.Aparat akan diberi masukan agar tidak represif.dr.R tidak disukai maka mohon dimutasi ke daerah lain melalui Bupati.Akan diselesaikan tapi masyarakat harap tenang,sambil menunggu konfirmasi dr.R. Taufikurohim : Akan ditanyakan ke dr.R.Karena masalah lemanusiaan.akan diperiksa Parmedis,Alat Medis,Obat dll.Akan ditanyakan kenapa aparat melakukan tindakan represif.Selayaknya orang sakit di RS tapi kalau mendadak boleh dimanapun.Belum disimpulkan masalah-masalah terkait. Muhamad Isa: Bahwa gejala kekeliruan,dan mohon hal-hal tindakan darurat dapat dilayani. Zunianto : Akan dicek masalah manusiawi,dan perijinan Heri Prodwikas: Akan dilakukan tindakan pemanggilan,prinsipnya akan dicarikan jalan keluar. Yulian : Tindak lanjutnya segera dikonfirmasikan ke masyarakat,mohon kapan waktunya.karena masyarakat menunggu.Kalau memang bisa ditambah tenaga medis. Herman :

Belum ada ranah hokum,jadi akan diperiksa seluruhnya,dr,R.Dokter B akan apakah yang terbaik.Seluruh data-data akan diteliti dulu dan akan dikordinasikan ke Dinas terkait. Wildan : Dr.R sudah tidak bisa dipertahankan dan akan menimbulkan anarkis,maka jangan lama-lama segera dip roses.

Jawaban dr.Rahmad Sukoco:
Dr.Rahmat Sukoco: Tahun maret 2010,bupati 2010,mengenai retribusi,dan keluhan kurangnya pelayanan.Keluhankeluhan ada sarana kesehatan : Ada yang tidak ijin praktek BP yang tidak ijin Bidan D1 Banyak kegiatan bisnis kesehatan tapi untuk mencari keuntungan Banayak yang jadi korban:Mur 30 th dalam infuse dll.dan Bayi. Kurangnya tenaga kesehatan (bidan,dokter,perawat) Pusling 24 jam,dan bekerja sesuai jam Medan kerja yang jauh Rumah rawat inap kurang representative Kurangnya jamkesmas,jamkesda

Mengkordinasikan ke pemerintah,jawaban untuk melindungi pelayanan liar maka diadakan pembinaan.Ada surat dan berita acara.Kordinasi dengan dinas.Maka keluar intruksi pendataan pelayan swasta .. (4 maret 2011).setelah itu diadakan pembinaan kepada seluruh sarana kesehatan,tidak boleh melakukan tindakan medis kecuali yang mempunyai keahlian dan berwenang .Untuk mengurangi klaim bantu dan pembayaran mahal.Contoh:saudara U selaku parmedis meminta pembayaran 500.000,lalu dirawat lagi 200.000.Pasien meminta jamkesmas dan kenyataan keliru member diagnose.dan diambil jalan tengah merujuk ke RSUD melalui jamkesda.Setelah diurus di RSUD,ternyata RSUD sedang over,lalu pulang.Ternyata dirawat lagi dan tidak mau dirawat karena merasa sudah dilayani.Akhirnya tidak ke rumah sakit. Hari kamis Camat,Kalopsek,dr.Swasta,Perawat dan dr.Puskesmas bermusyawarah dan fasilitas di Puskesmas disediakan pemerintah:obat,alkes,ambulan.Ada permohonan menambah

dokter,perawat.banyak paramedic tidak nyaman di pardasuka.Dan akan ditambahkan kendaraan besar ke pemerintah.Rawat inap sedang diusahakan.Informasi sudah dalam bentuk sosialisasi ke desa-desa melalui sekolah-sekolah kesehatan dll. Keberhasilan dan kekurangan dan masukan LSM sangat komplek karena itu butuh dukungan seluruh pihak.

Herman (ketua Komisi): Telah mendengar pengaduan maka akan di cari solusinya dan akan direkomendasi ke dinas kesehatan, harapannya tidak membebani dokter dari dinas karena akan berpengaruh ke pelayanan atau ada anggapan persaingan usaha dan lain-lain.perlu dibuat tim dalam membenahi sarana kesehatan.Mengenai pelepasan infuse dan ketindaklanjut mestinya dr.rahmat segera merawat.Masalah birokrasi dapat menyusul karena menyangkut masalah nyawa. Masyarakat pardasuka mempunyai kultur budaya daerah yang perlu pendekatan budaya,misalnya dengan menempati rumah dinas jadi ada interaksi.Dan mobil Pusling tidak cukup tetapi perlu kontak fisik dengan masyarakat.Dilibatkannya Uspika sebaiknya kalau memang perlu sangat penting,agar system kesehatan dan undang-undang dapat dilaksanakan dengan baik.Menghindari benturan di masyarakat,atau image yang keliru maslah persaingan usaha,dalam pembinaan sarana kesehatan sangat komprehensif tidak dilakukan perseorangan.Dalam melakukan tugas pribadi diharap tidak terjadi benturan dengan jam dinas,akan dipanggil kepala dinas,dan akan disosialisasikan pentingnya perawatan yang baik dan benar.Akan difasilitasi dengan masyarakat.

Taufikurohim: Dr.Rahmat adalah dokter structural bukan dr.Puskesmas.Jadi rumah dinas bukan untuk dokter Rahmat.

Stiyono SH: Laporan masyarakat bahwa dr.rahmat mencabut infuse dan membawa polisi.kenapa hal itu terjadi.Maka perlu diadakan hearing ternyata kronologinya beda,hanya sebaiknya langsung pasien ditangani.Diharap dijelaskan ke masyarakat bahwa diagnose ke pasien ada kekeliruan,

sehingga tidak ada masalah.jadi tindakan dr.R sudah tepat tetapi sebaiknya dengan pendekatan masyarakat.

Leo BR: Yang dipakai protap dari kedinasan maka masyarakat memandang miskomunikasikan,diharap tidak menggabungakan structural dan fungsional.Untuk itu perlu diadakan hearing dengan kapala dinas.

Zuniantao : Keberadaan dr.R adalah tugas dinas jadi dan ada miskomunikasi dengan dr.B .mengharapakan tidak menjadi polemic dan pasien tidak dirugikan.Misalnya akhirnya dimanfaatkan oleh LSM atau oknum.Agar paramedic Uung dapat tetap bekerja,keluarga melindungi.Ada unsure unsur ketidaksukaan pribadi. Dr.R: Melakukan poskesdes,perawat,bidan dan pusling diberdayakan sehingga tidak ada motif ekonomi.Menghindari terjadinya korban karena kekeliruan perawatan.Pemanggilan aparat untuk memberi contoh kesalahan tindakan medis.

Hi.Suyono: Telah klarifikasi mengenai kronologinya ,sebagai KUPT untuk membenahi masalah medis di Pardasuka.Maka telah melakukan perubahan paradigm tapi tidak melakukan tindakan lapangan.Kalau tidak sesuai aturan diberi sangsi,kalau ada gawat darurat.maka pelaksana kepada para staff.tidak perlu dengan uspika tapi dengan staf maka diperintahkan ke staff.Maka kalau ada masalah diberikan ke dinas Kesehatan.Laksanakan Tupoksinya.

Sunartho : Persoalan medis terjadi di banyak puskesmas,maka ada peringatan kepada paramedic.Agar tidak dimanfaatkannya bantuan untuk mencari keuntungan.Tindakan infuse adalah dilakukan di sarana kesehatan.

Sutarmi: Kenapa ada dokter PTT dan PNS yang ditempatkan ke Paerdasuka tidak mau bekerja di Pardasuka.Karena kedinasan dr.Rahmat tidak merekomendasikan untuk member ijin pindah ke dokter yang baru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->