BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pemuda menempati posisi penting dalam aktivitas pembangunan bangsa dan Negara. Mereka menjadi major human resources, kelompok strategis yang berperan sebagai ³agent of change´ (unsur perubahan) dalam kehidupan berbangsa,

bermasyarakat, dan bernegara. Pemuda juga menjadi pewaris regenerasi masa depan perkembangan peradaban suatu bangsa. Sangatlah tepat, jika pemuda ditempatkan sebagai kelompok strategis dan potensial dalam melanjutkan kepemimpinan nasional. Pemuda juga menjadi sumber daya produktif dalam pembangunan yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.1 Dalam catatan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, peran pemuda dalam setiap peristiwa penting yang terjadi tidaklah dapat dipandang dipandang sebelah mata. Bahkan oemuda menjadi tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang hingga proses proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia diproklamirkan oleh para founding fathers kita. Peran pemuda sebagai agent of change tetap disandang oleh pemuda Indonesia hingga saat ini. Peranan lain dari pemuda dewasa ini adalah sebagai pengontrol independen terhadap segala kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan penguasa. Kejadian pada tahun 1998 merupakan salah satu fakta sejarah dari peranan pemuda Indonesia. Hingga tiba pada suatu analisa bahwa pemuda yang tadinya hanya sebagai katalis dalam perubahan harus menjadi subjek dalam mengawal perubahan mencapai hasil yang dicita-citakan. Setiap pemuda yang lahir pada generasi sekarang maupun yang akan datang harus mampu menempa dirinya lebih keras karena tantangan arus globalisasipun semakin besar.

1

Dr. Azis Syamsuddin, Peran Pemuda dalam Pembangunan Ekonomi dan Keamanan Negara, (On-line),

tersedia di: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/1109104112.pdf

1

Tetapi bangsa Indonesia mampu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya dari agresi Belanda dan mampu menegakkan wibawa pemerintahan dari gerakan separatis.org/wiki/Geopolitik_di_Indonesia Sedarnawati Yasni. memperluas kesempatan pemuda memperoleh pendidikan dan keterampilan. yaitu pertama. meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan sosial. Khususnya. keamanan serta budaya dan agama. Untuk itu bangsa Indonesia harus memiliki keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga berhasil mengatasi setiap bentuk tantangan ancaman hambatan dan gangguan dari manapun datangnya. sepanjang masih sesuai dan tidak bertentangan dengan budaya Indonesia. sumber daya alam dan jumlah serta kemampuan penduduk telah menempatkan Indonesia menjadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh antar negara besar. Esensi Nilai-nilai Pancasila dan Pelaksanaan UUD 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. sebaliknya bila tidak berpegang teguh pada budaya dan jati dirinya. lingkungan hidup. akan tetap membawa bangsa Indonesia kuat.wikipedia. Ditinjau dari geopolitik dan geostrategi dengan posisi geografis. (Bogor: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak negatif terhadap segenap aspek kehidupan sehingga dapat mempengaruhi dan membahayakan kelangsungan hidup dan eksitensi NKRI. yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap aspek kehidupan lainnya. artinya tetap berpegang teguh pada budaya dan jati diri bangsanya.Sejak merdeka negara Indonesia tidak luput dari gejolak dan ancaman yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa. (On-line). Atau juga baru-baru ini yang terjadi di Masjid Polres 2 3 Geopolitik di Indonesia. 2 .3 Pemboman Hotel JW Mariot dan Hotel The Ritz-Carlton membuat kita semua terkejut dan membuat tanda tanya besar mengapa hal tersebut dapat terjadi untuk kedua kalinya di tempat yang sama. 2007). tersedia di: http://id. Kedua. Penerimaan suatu budaya yang datang dari luar. maka bangsa tersebut akan berdiri kokoh dan keberadaannya tetap terjaga. ketahanan suatu bangsa sangat ditentukan oleh ketahanan budaya (kultur) bangsa tersebut. 17. maka bangsa tersebut akan hilang (musnah). ketahanan.2 Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kepeloporan pemuda yang akan menjadi harapan masa depan bangsa. politik. ekonomi. hal. Bila suatu bangsa tetap memegang teguh budaya dan jati diri bangsanya. akan berpengaruh terhadap cara berpikir dan bertindak. Lunturnya budaya bangsa akibat masuknya budaya asing.

Apakah negara kita masih dapat dikategorikan aman dari kejadian demikian? Hal inilah yang harus membuat kita kembali merapatkan barisan untuk bersama-sama menjaga keamanan negara kita tercinta. Pemuda.4 B. berbangsa. Wawasan Nusantara merupakan pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat. satu kesatuan sosial budaya. maka dapat diidentifikasikan permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimanakah ketahanan nasional dalam perspektif pemuda? 4 Ibid. sebagai bagian dari bangsa. sejarah perjuangan dan kondisi social budaya bangsa. Walaupun secara umum Indonesia dapat dikategorikan dalam kondisi keamanan dan ketertiban yang relatif kondusif bagi berlangsungnya aktivitas masyarakat.Cirebon. akan tetapi hal tersebut jangan membuat kita semua terlena dan hanya berpangku tangan dengan mengatakan bahwa urusankeamanan di Indonesia adalah menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini POLRI dan TNI. Bagi Indonesia. satu kesatuan ekonomi. Apakah konsepsi dari Ketahanan Nasional? 2. dan satu kesatuan pertahanan keamanan. sehingga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara peran pemuda tetap sebagai garda depan pembangunan. harus mampu memahami wawasan ini. 3 . Identifikasi Masalah Dari uraian yang dikemukakan dalam latar belakang di atas. Dalam konteks Indonesia kita mengenal Wawasan Nusantara yang merupakan wawasan nasional Indonesia (Indonesia national outlook) yang dikembangkan dan dirumuskan dalam rangka mencapai cita-cita dan tujuan nasional dengan mempertimbangkan pandangan geopolitik Indonesia. dan bernegara menuju perwujudan Indonesia sebagai satu kesatuan politik.

Memberikan wawasan kepada pembaca mengenai Ketahanan Nasional dalam Perspektif Pemuda. Tujuan Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan ini adalah: a. D. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini selanjutnya diolah dengan cara metode kualitatif. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Yaitu dengan cara menggunakan data atau bahan yang dilakukan dengan cara membaca sejumlah buku-buku dan literatur yang ada relevansinya dengan judul penulisan. Metode Penulisan Metodologi penulisan yang digunakan bersifat deskriptif analitis. teknik yang digunakan adalah: 1. Diharapkan dapat berguna bagi bangsa dan negara. yaitu penulis menggambarkan penyajian data yang diperoleh secara lengkap dengan memberikan gambaran data dan melakukan analisis terhadap data. yaitu pengolahan data yang dilakukan dengan cara menggunakan katakata dan kalimat. b. Untuk mengetahui apakah konsepsi dari Ketahanan Nasional. Maksud Adapun yang menjadi maksud dilakukannya penulisan ini adalah: a. sehingga diperoleh bahasan atau paparan yang sistematis dan dapat dimengerti. 4 . dengan menggunakan pendapat dari para ahli hukum dan sains yang kemudian dianalisis. b. Untuk mengetahui ketahanan nasional dalam perspektif pemuda. 2. Dalam mengumpulkan data. Maksud dan Tujuan 1.C.

BAB V PENUTUP Bab ini merupakan bab penutup dari penulisan karya tulis yang menegaskan segala permasalahan dalam bentuk kesimpulan dari seluruh analisis yang telah dilakukan. 5 . yaitu: BAB I PENDAHULUAN Dalam bab ini terdiri dari: latar belakang. metodologi dan sistematika penulisan. dan juga saran-saran yang berupa pendapat maupun ide-ide yang tujuannya untuk memberikan pencerahan. Perkembangan Ketahanan Nasional Indonesia dan Ketahanan Nasional dalam Perspektif Pemuda. Sistematika Penulisan Adapun sistematika penulisan karya tulis mengenai: ³ Ketahanan Nasional dalam Perspektif Pemuda ³. maksud dan tujuan. BAB II KETAHANAN NASIONAL INDONESIA Pada bab ini akan diuraikan mengenai Konsepsi dan Asas-asas Ketahanan Nasional.E. identifikasi masalah.

menurut Wan Usman . meliputi semua aspek kehidupan untuk tetap jaya di tengah keteraturan dan perubahan yang selalu ada. Kesejahteraan = Kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya demi sebesar-besarnya kemakmuran yang adil dan merata rohani dan jasmani. Ketahanan Nasional. Untuk menjamin identitas. Keamanan = Kemampuan bangsa Indonesia melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam. Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh berlandaskan Pancasila. berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan ancaman hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Konsep Ketahanan Nasional suatu bangsa dilatarbelakangi oleh kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan negara sehingga ia mampu mempertahankan ke-langsungan hidupnya meskipun mengalami berbagai gangguan. integritas kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya. Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan Wawasan Nusantara. Konsepsi dan Asas-asas Ketahanan Nasional Kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang berintegrasi.BAB II KETAHANAN NASIONAL DI INDONESIA A. Ketahanan (kemajuan) suatu 6 . hambatan dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar. adalah aspek dinamis suatu bangsa.

5 Masad Masrur. 3. Mandiri = Percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri bertumpu pada identitas. 2. Asas-asas Ketahanan Nasional Indonesia 1.uk/2009/01/29/ketahanan-nasional-dan-pemuda-5467523/ 7 . Kesejahteraan dan keamanan Komprehensif Integral (Menyeluruh Terpadu) Mawas ke dalam dan ke luar Kekeluargaan Sifat Ketahanan Nasional Indonesia 1. 2. 3.co. (On-line). Wibawa = Pembinaan ketahanan nasional yang berhasil akan meningkatkan kemampuan bangsa dan menjadi faktor yang diperhatikan pihak lain. serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional. Kemandirian merupakan prasyarat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan 2. 4. integritas dan kepribadian. Konsultasi dan Kerjasama = Sikap konsultatif dan kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa. 4.bangsa untuk tetap jaya. me-ngandung makna keteraturan (regular) dan stabilitas yang di dalamnya terkandung potensi untuk terjadinya perubahan (the stability idea of changes). Ketahanan Nasional dan Pemuda. tersedia di: http://masadmasrur. Hakikat Ketahanan Nasional Indonesia yaitu Keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan tujuan negara. Dinamis = Berubah tergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara serta kondisi lingkungan strategis. Hakikat Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia yaitu Pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang.blog.5 Hakikat Ketahanan dan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia 1.

tersedia di: http://susilo. Politik c. Tiap-tiap aspek relatif berubah menurut waktu.ac. Aspek alamiah / Trigatra (Tangible / Statis) a.Pd. Disamping itu belum pula disusun konsepsi yang lengkap menyeluruh tentang ketahanan nasional.. Aspek social / Pancagatra (Intangible / Dinamis) a.staff. Ekonomi d.uns. Geografis b. S. (On-line). Perkembangan Ketahanan Nasional di Indonesia 6 Dewasa ini istilah ketahanan nasional sudah dikenal diseluruh Indonesia. Istilah ketahanan nasional pada waktu itu dipakai dalam rangka pembahasan masalah pembinaan teritorial atau masalah pertahanan keamanan pada umumnya. Ketahanan Nasional baru dikenal sejak permulaan tahun 60an. Pada saat itu istilah itu belum diberi devenisi tertentu.ppt 8 . Dapat dikatakan bahwa istilah itu telah menjadi milik nasional. Sumber kekayaan alam 2.Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional Pada Kehidupan Bernegara Ketahanan nasional merupakan gambaran dari kondisi sistem (tata) kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada saat tertentu. Ketahanan Nasional. Sosial budaya e. Ideologi b. Kependudukan c. Walaupun banyak instansi maupun perorangan pada waktu itu 6 Susilo Tri Widodo. ruang dan lingkungan terutama pada aspek-aspek dinamis sehingga interaksinya menciptakan kondisi umum yang sulit dipantau karena sangan komplek. Konsepsi ketahanan nasional akan menyangkut hubungan antar aspek yang mendukung kehidupan.id/files/2009/05/ketahanan -nasional. yaitu: 1. Ketahanan keamanan B.fkip.

b. Tidak lagi diusahakan adanya suatu definisi. namun lembaga yang secara serius dan terusmenerus mempelajari dan membahas masalah ketahanan nasional adalah lembaga pertahanan nasional (Lemhanas). terutama di negara-negara yang sedang berkembang.menggunakan istilah ketahanan nasional. Jika dahulu ketahanan nasional diidentikkan dengan keuletan dan daya tahan. yang disebut dalam konsep 1968 adalah sebagai berikut : Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan kita dalam meng hadapi segala kekuatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia. Sejak mulai dengan membahas masalah ketahanan nasional sampai sekarang. yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas. ancaman. serta gangguan. berisi keuletan dan ketangguhan. hambatan. ancaman. Perumusan 1972 bersifat universal. Apabila kita bandingkan dengan yang terdahulu. di dalam menghadapi dan mengisi segala tantangan. yang berarti bahwa kondisi itu dapat berubah. 9 . d. maka akan tampak perbedaan antara lain seperti berikut : a. Sejak Lemhanas didirikan pada tahun 1965. Secara lengkap dicantumkan tantangan. maka masalah ketahanan nasional selalu memperoleh perhatian yang besar. telah dihasilkan tiga konsepsi. hambatan. maka ketahanan nasional merupakan suatu kondisi dinamis yang berisikan keuletan dan ketangguhan. Pengertian atau definisi pertama Lemhanas. sebagai gantinya dirumuskan apa yang dimaksudkan dengan istilah ketahanan nasional. dalam arti bahwa rumusan tersebut dapat diterapkan dinegara-negara lain. serta gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. Pengertian kedua dari Lemhanas yang disebut dalam ketahanan nasional konsepsi tahun 1969 merupakan penyempurnaan dari konspsi pertama yaitu : Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan suatu bangsa yang mengandung kemampuan untuk memperkembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala ancaman baik yang datang dari luar maupun yang data ng dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup negara Indonesia. kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar perjuangan nasional. identitas. c. Ketahanan nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa.

10 . Dalam pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Jenderal Suharto di depan siding DPR tanggal 16 Agustus 1975. 2. identitas. Karena keadaan selalu berkembang serta bahaya dan tantangan selalu berubah. bukan statis. Ketahanan Sosial budaya : kondisi sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional berdasarkan pancasila yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia. Kelangsungan hidup lebih diperinci menjadi integritas. Ketahanan nasional meliputi : 1. Ketahanan Ekonomi : kondisisi kehidupan perekonomian bangsa yang berlandaskan demokrasi ekonomi yang berlandaskan pancasila yang mampu memelihara stabilitas ekonomi. Kemunculan konsep Ketahanan nasional di Indonesia yaitu tahun 1968 dalam pemikiran Lemhanas sehingga konsep tersebut sebagai pertanda beralihnya konsep kekuatan nasional menjadi ketahanan nasional. Karena itu ketahanan nasional itu bersifat dinamis. Ketahanan Pertahanan keamanan : kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi kesadaran bela negara seluruh rakyat yang mengandung kemampuan memelihara stabilitas pertahanan dan keamanan. Ketahanan Politik : kondisi kehidupan politik bangsa Indonesia yang berlandaskan demokrasi politik berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang mampu memelihara sistem politik yang sehat dan dinamis.e. maka ketahanan nasional itu juga harus dikembangkan dan dibina agar memadai dengan perkembangan keadaan. 3. dan kelangsungan hidup. 5. Ketahanan Ideologi : kondisi mental bangsa Indonesia yang berlandaskan akan ideologi Pancasila. dikatakan bahwa Ketahanan Nasional adalah tingkat keadaan dan keuletan dan ketangguhan bahwa Indonesia dalam menghimpun dan mengarahkan kesungguhan kemampuan nasional yang ada sehingga merupakan kekuatan nasional yang mampu dan sanggup menghadapi setiap ancaman dan tantangan terhadap keutuhanan maupun kepribadian bangsa dan mempertahankan kehidupan dan kelangsungan cita-citanya. 4.

Tanpa adanya pemuda yang memiliki kepedulian terhadap nasib bangsa dan negara. Pemuda sebagai bagian dari potensi pembangunan perlu diberdayakan agar mampu berkiprah dalam pembangunan dan menghadapi tantangan global. Mereka mempunyai kelebihan dalam pemikiran ilmiah. Angkatan 1966. sifat kritisnya. dan berdaya saing tentunya akan menjadi modal utama ketahanan nasional. (On-line). Angkatan 1908 dan Angkatan 1928 merupakan angkatan pemuda yang melakukan pencerahan kepada rakyat atas penindasan kolonialisme. Angkatan 1908. Pemuda selalu menjadi kekuatan utama dalam proses modernisasi dan perubahan. Ketahanan Nasional dalam Perspektif Pemuda 7 Ketahanan nasional dalam persfektif pemuda berjalan seiring dan saling keterikatan. bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil.com/journal/item/86/KETAHANAN_NASIONAL_VERSUS_PEMUDA. Angkatan 1945. bisa dipastikan ketahanan nasional akan melemah. Angkatan 1928.C. kematangan logikanya dan kebersih an-nya dari noda orde masanya. Kewaspadaan nasional selalu dinamis dan aktif mendeteksi. 11 . Makna pemuda memiliki arti yang beragam. Pemuda yang kuat. berdaya. tersedia di: http://ardiabara. mengidentifikasi dan berusaha punya akses ke sumber-sumber informasi tentang potensi ancaman sedini mungkin sejak masih embrio. Adalah ideal apabila semua strata kewaspadaan sesuai 7 Ardia Bara. selain semangat mudanya. kiprah kaum muda selalu mengikuti setiap tapak-tapak penting sejarah. Angkatan 1908 mendapat inspirasi dari asiatic reveil (kebangkitan bangsa-bangsa Asia) akibat kemenangan Jepang terhadap Rusia pada tahun 1904-1905.multiply. peran pemuda tak bisa dilepaskan. Ketahanan Nasional versus Pemuda. Dari definisi ini. Angkatan 1974 dan Angkatan 1998 adalah sebutan bagi para pemuda di jamannya yang melakukan pembaharuan. Bila melihat pada sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Masalah ketahanan nasional. maka dapat diinterpretasikan pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis. sehingga mulai tumbuh kesadaran sebagai bangsa. Dan biasanya pula pemuda jenis ini adalah para pemuda yang terdidik.

Tidak ada perubahan tanpa kaum muda. Sedangkan ketahanan nasional itu sendiri. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa segenap aspek tersebut merupakan suatu keseluruhan yang serasi. ´ Lebih lanjut lagi dikatakan dalam Pasal 30 ayat (1) Undang-undang Dasar Republik Indonesia setelah di amandemen: ³Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Hendaknya pemuda bukan lagi hanya sekedar wacana agent of change tersebut. Sangat janggal rasanya ketika agent of change tersebut hanya menjadi penonton atas perubahan besar yang telah berhasil dikontribusikannya.´ Lalu dalam Pasal 9 ayat (1) Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan negara yang berbunyi: ³Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. meliputi semua aspek kehidupan untuk tetap jaya di tengah keteraturan dan perubahan yang selalu ada. tetapi mencakup dan menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. tetapi juga sebagai direct of change yang menjalankan perubahan tersebut menuju kekokohan ketahanan nasional sebuah negara. mengingat pula setiap warga negara (termasuk pemuda) mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta. Dalam perspektif ketahanan nasional. mendeteksi dan mengidentifikasi sinyal-sinyal atau isu yang berkembang sehingga seawal mungkin melakukan tindakan pencegahan awal (early prevention). sehingga potensi ancaman tidak sampai terwujud atau kalau perlu menghindarinya. adalah aspek dinamis suatu bangsa. Mengingat bahwa ruang kewaspadaan nasional ini meliputi seluruh bidang kehidupan negara dan rakyat. 12 . peran pemuda dalam menggagas perubahan-perubahan ke arah perbaikan adalah kunci kekuatan kepeloporan pemuda. Ketahanan nasional belum menemukan format idealnya ketika peran signifikan pemuda belum terakomodir secara optimal.lingkup keawasan dan kemampuannya terus memantau.´ Kewaspadaan nasional bukan hanya persoalan dan tanggung jawab negara saja. mengamati. Seperti yang tercantum dalam Pasal 27 ayat (3) Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 setelah di amandemen yang berbunyi: ³Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Saran Dari apa yang telah penulis simpulkan di atas. hambatan. Politik. pemerintah daerah dan masyarakat berkewajiban untuk bersinergi dalam melaksanakan pelayanan kepemudaan.BAB III PENUTUP A. dan cita-cita pemuda pada khususnya. di dalam menghadapi dan mengisi segala tantangan. identitas.´ Sedangkan pengertian pelayanan kepemudaan tercantum dalam undang-undang yang sama Pasal 1 angka 4 yang berbunyi: ³Pelayanan Kepemudaan 13 . Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa. yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. Kesimpulan Berdasarkan uraian dari bab-bab sebelumnya. Meliputi ketahanan di bidang Ideologi. Pemerintah berkewajiban untuk memfasilitasi kaum pemuda dalam berbagai hal dan kegiatan demi terwujudnya ketahanan nasional pada umumnya dan untuk mengembangkan potensi. Sosial budaya dan Pertahanan keamanan. B. serta gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. seperti yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang berbunyi: ³Pemerintah. aktualisasi diri. berisi keuletan dan ketangguhan. maka penulis akan memberikan saran sebagai berikut: 1. kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar perjuangan nasional. ancaman. Agar pihak pemerintah saling bersinergi dalam memfasilitasi pemuda dalam berkegiatan. Ekonomi. 2. yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas. maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1. kapasitas.

Agar pemuda Indonesia bersatu padu dalam menjaga keamanan dan ketahanan nasional sesuai dengan potensi dan kemampuannya masing-masing melalui berbagai cara.adalah penyadaran. serta kepeloporan pemuda.´ 2. pemberdayaan. dan sebagainya. jejaring sosial yang menjamur. misalnya melalui media. dan pengembangan kepemimpinan. 14 . kewirausahaan.

pdf Diakses Jumat. Ketahanan Nasional versus Pemuda.id/admin/jurnal/1109104112.multiply. Syamsuddin. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. Ketahanan Nasional dan Pemuda. 15 . tersedia di: http://ardiabara. Bogor: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). Bara.co.uk/2009/01/29/ketahanan-nasional-dan-pemuda-5467523/ Diakses Jumat. 15 April 2011.blog.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Amandemen ke-4. http://masadmasrur.lipi. Dr. 15 April 2011. Esensi Nilai-nilai Pancasila dan Pelaksanaan UUD 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.org/wiki/Geopolitik_di_Indonesia Diakses Masrur. Jumat. Peran Pemuda dalam Pembangunan Ekonomi dan Keamanan Negara.go. Diakses Jumat.pdii. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Masad. Ardia. 2007. http://id. Sedarnawati. Geopolitik di Indonesia. 15 April 2011.com/journal/item/86/KETAHANAN_NASIONAL_VERSUS_PEM UDA. 15 April 2011. Yasni. Azis. http://jurnal.

http://susilo.Tri Widodo.. S. 16 .uns. Susilo. 15 April 2011.Pd.ppt Diakses Jumat.id/files/2009/05/ketahanan-nasional. Ketahanan Nasional.fkip.staff.ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful