Integritas dan Aspek Etika Ipteks

Oleh : Andi Muh. Isra Nur (O11110275) Meyby Eka Putri L. (O11110276) Indra Sebastian T. (O11110277) Imelda Meiliany P. (O11110278)

Integritas
Pendahuluan Apa itu Integritas?
Integritas dapat dipahami dari makna huruf menjadi kata bermakna yaitu Ikrar, Niat, Tabiat, Emosional, Guna, Rasional, Ihsan, Tawakkal, Amanah,dan Sabar Jadi bila disusun ke dalam suatu untaian kalimat yang bermakna, maka pemahaman Integritas adalah manusia secara sadar membuat Ikrar, dengan membangun Niat sebagai keinginannya secara ikhlas untuk meningkatkan kedewasaan Emosional agar memberi Guna kedalam pikiran Rasional dengan berbuat Ihsan bakal memperoleh kebaikan duniawi yang berlandaskan Taqwakkal, Amanah, dan Sabar.

Integritas dan Aspek Etika Ipteks INTEGRITAS IPTEKS DALAM DUNIA SEGITIGA ASPEK ETIKA ILMU PENGETAHUAN ASPEK ETIKA TEKNOLOGI DAN SENI CARA MEREDAM PENGARUH NEGATIF IPTEKS .

INTEGRITAS IPTEKS DALAM DUNIA SEGITIGA MORALITAS IMAN INTELEKTUALITAS SENSIBILITAS ETIKA TEKNOLOGI IHSAN FILSAFAT ESTETIKA SAINS INSAN SENI .

dan etika). Kualitas seni maupun ilmu akan dapat memiliki kemajuan yang baik dengan bantuan teknologi. dan moralitas dapat dirurunkan dari masingmasing sudutnya menuju kanan bawah yaitu intelektualitas ke arah sains. Berbagai dunia segitiga lainya dapat disingkap dan ternyata memiliki keterkaitan dengan fungsi dari masing-masing sudut dunia segitiga . maka penggunaanya dapat diperluas. Oleh karena itu ketiganya membentuk suatu sistem ilmu teknologi dan seni yang menjadi dasar terbangunnya sistem ³dunia segitiga´. sensibilitas. sensibilitas.Dunia Segitiga iman (intelektual.misalnya seperti berbagai dunia segitiga dari segitiga intelektual. sensibilitas. dan moralitas.estetika. . insan(sains. seni dan teknologi Frase ³dunia bersudut ³segitiga´ merupakan konsepsi penyederhanaan dari keadaan yang sebenarnya yang tentu saja sepanjang hal ini dapat menyingkap misteri. ihsan (filsafat. dan moralitas ke arah teknologi dan menuju kiri bawah yaitu intelektualiatas ke arah filsafat sensibilitas ke arah estetika moralitas ke arah etika secara mendatar sudut filsafat berkaitan langsung dengan sains estetika berkaitan langsung dengan seni dan etika brkaitan langsung dengan teknologi.

bahwa seni yang setinggi-tingginya adalah ketika telah berkumpul didalam kebenaran.Berdasarkan keyakinan tentang kesatupaduan kebenaran kebaikan dan keindahan dalam berpendapat untuk menuntut ilmu pengetahuan. Kedua pengertian teknologi menurut Fredick fere (1988) adalah kecerdasan pengamalan praktis dari pengetahuan tentang ketertiban alam dan manusia yang diwujudkan dalam bentuk dunia kebendaan dan atau dunia kecerdasan. teknologi. Ketiga menurut Hamka . dan seni sehingga terbentuk kesatuan pendapat yang disebut IPTEKS« Pertama ilmu pengetahuan bagi Al Fatabi sebagai seorang cendekiawan islam pada zaman keemasan islam menyampaikan bahwa : ilmu yang sebenarnya bagaikan batang tubuh pengethuan yang terorganisir dengan baik dan sebagai disiplin ilmu akan memiiki tujuan yang premis dasar dan obyek kajian serta metode ilmiah tertentu. keadilan. dan keindahan yang direkat oleh cinta yang kudus .

kebaikan (teknologi). Masjid Al-Haramain sebagai mesjid terbesar dan terindah di Arabia Saudi. Bangunan Taj Mahal di India. teknologi. dan seni. Tembok Cina di Cina. dan keindahan (seni). menara Piza di Italia. Barj Dubai sebagai gedung tertinggi dengan tinggi 828 meter di Uni Emirat Arab dan beberapa karya lainnya. dimana kesemuanya memperlihatkan kesatupaduan hasil karya IPTEKS yang luar biasa. Beberapa hasil karya IPTEKS yang mendukung dan berkaitan dengan pengertian tersebut adalah Candi Borobudur di Indonesia. . Dimana seni akan mewarnai secara utuh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ketiganya akan saling bahu membahu dan saling membantu dan bersinergi satu dengan yang lain dalam perkembangan ilmu pengetahuan.Maka pemahaman tentang integritas IPTEKS yang utuh tidak lain adalah suatu konsepsi multi dimensi yang didalamnya memiliki nilai-nilai kebenaran(ilmu pengetahuan). Patung Liberty di Amerika Serikat. Pyramid di Mesir.

Yang paling menonjol adalah tentang baik atau good dan teori tentang kewajiban (obligation). buruk (bad). Executor-nya menjadi jelas ketika sang subyek berhadapan opsi baik atau buruk yang baik itulah materi kewajiban ekskutor dalam situasi ini . Etika pada dasarnya adalah seperangkat kewajibankewajiban tentang kebaikan (good) yang pelaksananya (executor) tidak ditunjuk. semestinya (ought to).Sedikit tentang pengertian Etika Etika merupakan pembahasan mengenai baik (good). benar (right). Keduanya bertalian dengan hati nurani. dan salah (wrong).

. hasil usaha manusia untuk memahami suatu obyek tertentu.ASPEK ETIKA ILMU PENGETAHUAN Pengertian Ilmu adalah rangkaian aktivitas penelaahan yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara empiris mengenai dunia ini dalam berbagai segi dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia. Dalam pengertian yang sempit science diartikan untuk menunjukkan ilmu pengetahuan alam yang sifatnya kuantitatif dan obyek. Pengetahuan adalah hasil tahu manusia terhadap sesuatu. atau segala perbuatan manusia untuk memahami suatu obyek yang dihadapinya. Sedangkan ilmu pengetahuan diambil dari kata science (bahasa inggris) yang diberasal dari bahasa latin scientia dari bentuk kata kerja scinre yang berarti mempelajari.mengetahui.

dikenal konsep diri dari Freud yang dikenal dengan nama ³id´.ASPEK ETIKA ILMU PENGETAHUAN Manusia Manipulator Artikulator Dalam Psikologi. ³ego´ dan ³super-ego´ .

karena ia tidak ada hubungan dengan dunia luar. Superego adalah cabang moril atau cabang keadilan dari kepribadian. ia tidak dapat diubah oleh pengalaman.Menurut Freud. Akan tetapi id dapat dikontrol dan diawasi oleh ego. Id lebih dekat hubungannya dengan tubuh dan proses-prosesnya daripada dengan dunia luar. Energinya berada dalam keadaan bergerak (mobil) sehingga energi itu dapat diredakan dengan segera atau dipindahkan dari suatu benda ke benda lain. Sekarang bandingkan dengan kata ³motivasi´. Superego lebih mewakili alam ideal daripada alam nyata. Ia tidak berubah menurut masa. id adalah sumber primer dari energi rohaniah dan tempat berkumpul naluri-naluri. Ego merupakan aktualisasi diri manusia untuk menyalurkan keinginan atau ide untuk dirinya ke objek diluar dirinya sendiri. ego ideal dan hati nurani. Superego terdiri dari dua anak system. .

kedua mengingatkan bahwa kita masih bodoh dan masih banyak yang harus diketahui dan dipelajari.ASPEK ETIKA TEKNOLOGI DAN SENI Teknologi dan seni maka perlu jelas bagi kita bahwa yang dibatasi secara etis ialah cara memperoleh cara pengujian dan cara penggunaan ipteks pada saat penerapanya dengan pihak Dalam bahasa Melsen : Tanggungjawab dalam ilmu pengetahuan menyangkut problem etis karena menyangkut ketegangan-ketegangan antara realitas yang ada dan realitas yang seharusnya ada. . Ilmu pengetahuan secara ideal seharusnya berguna dalam dua hal yaitu membuat manusia rendah hati karena memberikan kejelasan tentang jagad raya.

Etika seperti itu berdasarkan ³interaksi´ antara keadaan etika sendiri dengan masalah-masalah yang membumi. Tidak lagi sekedar memberikan isyarat dan pedoman umum. Tidak ada pengetahuan yang pada akhirnya tidak terbentur pertanyaan. Etika dalam hal ini dapat diterangkan sebagai suatu penilaian yang memperbincangkan bagaimana tekhnik yang mengelola kelakuan manusia. Etika semacam itu tentu saja harus membuktikan kemampuannya menyelesaikan masalah manusia konkret. ³apakah sesuatu itu baik atau jahat´. . ilmu dan etika saling bertautan. sehingga terjadi hubungan timbal balik dengan apa yang sebenarnya terjadi. ³Apa´ yang dikejar oleh pengetahuan.ASPEK ETIKA TEKNOLOGI DAN SENI Dewasa ini pengetahuan dan perbuatan. melainkan langsung melibatkan diri dalam peristiwa aktual dan factual manusia. menjelma menjadi ³Bagaimana´ dari etika.

. 2. 4. 3.CARA MEREDAM PENGARUH NEGATIF IPTEKS Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredam pengaruh negatif IPTEKS dengan memperkaya nilai kearifan local yang akan memperkaya nilai-nilai kearifan nasional. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meredam pengaruh negatif IPTEKS antara lain adalah: Rehumanisai Kemampuan Memilih Arah Perkembangan Kemajuan Revitalisasi 1.

berupa bait kata-kata mutiara dari berbagai daerah. nilai-nilai kegotongroyongan. di-era kemajuan IPTEKS sekarang ini Diantara nilai-nilai kearifan local.Nilai-nilai kearifan lokal kita begitu beragam. torro situndan raurau Mutually awaking and reminding Unity and complexity Among all the difference . mulai dari nilai-nilai kebaharian. nilai-nilai kejuangan. sebagai berikut : Dari Bugis: Mali siprappe Reba sipatokkong Malelu si pakainga Jika terhanyut maka saling menyangkutkan atau membantu Jika miring maka saling menegakkan Jika terkhilaf maka saling mengingatkan Hindering who ever flows in a stream Reasing who ever flows down Reminding who ever flows forgotten Dari Toraja : Situndan sipakilala Solaki. nilai-nilai kesantunan. dan lain-lain yang ternyata Negara kita Indonesia sangat kaya dan perlu dihidupkan agar dapat menginspirasi nilai-nilai kejuangan kita sebagai generasi penerus bangsa.

menjelma menjadi ³Bagaimana´ dari etika. Terkikisnya nilai-nilai menyebabkan menurunnya perbedaan antara yang mungkin dengan yang terjadi bahkan mana yang benar dan mana yang salah mana yang baik dan mana yang buruk sudah sangat susah dibedakan. Tidak ada pengetahuan yang pada akhirnya tidak terbentur pertanyaan.1. ilmu dan etika saling bertautan. Kemampuan Memilih Dengan makin banyaknya kebolehan yang diakibatkan oleh IPTEKS maka timbul kesukaran dalam memilih meskipun pilihan relative lebih sedikit daripada kebolehjadian. ³apakah sesuatu itu baik atau jahat´. Rehumanisasi Dewasa ini pengetahuan dan perbuatan. mengambil bagian dan berkontribusi positf didalamnya. . apabila ini tidak diperhatikan maka laju kehancuran peradaban manusia tidak akan dapat diimbangi oleh laju rehumanisasi oleh karenanya semua pihak harus 2.Pendidikan pada umumnya diarahkan pada cara produksi bukan pada cara konsumsi. Etika dalam hal ini dapat diterangkan sebagai suatu penilaian yang memperbincangkan bagaimana teknik yang mengelola kelakuan manusia. ³Apa´ yang dikejar oleh pengetahuan.

Arah Perkembangan Kemajuan Anomali yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEKS sekarang.3. . akan mengakibatkan banyak ahli yang mempertanyakan apakah tepat cara-cara yang dipakai menuju kesejahteraan kuantitatif dan kemajuan material manusia. 4. Pada peringkat internasional dan hak asazi bangsa-bangsa. Revitalisasi Perlunya upaya positif untuk mencegah distorsi biokultural yang berkelanjutan pembangunan akan menuju ke suatu kebudayaan baru di masa depan sehingga diperlukan persiapan-persiapan yang menyeluruh usaha-usaha revitalisasiakan banyak dipengaruhi naik secara positif maupun negatif oleh karena faktor-faktor dalam maupun luar negeri oleh karena itu beberapa sikap pribadi yang paripurna harus dimiliki demi memproteksikan diri dari pengaruh negatif IPTEKS. maka masa depan yang kelam bagi umat manusia dan bumi kita tinggal menunggu waktu. jika gaya pikir baru tidak berhasil dikembangkan untuk menghadapi masalah besar ini.

Meski demikan. teori etika memberikan kerangka analisis bagi pengembangan ilmu agar tidak melanggar penghormatan terhadap martabat kemanusiaan. Penilaian moral diukur dari sikap manusia sebagai pelakuknya. Timbulnya dilema-dilema nurani yang mengakibatkan konflik berkembangnya ilmu (pengetahuan) dengan moral. Berbicara etika sama artinya dengan berbicara tentang moral atau susila. . mempelajari kaidah-kaidah yang membimbing kelakuan manusia sehingga baik dan lurus.Kesimpulan Integritas bukan hanya penuntun dan wasit antara dua keinginan yang kita sebut dengan ³orang yang bahagia dan jiwa yang terbagi´ Dengan pemahaman integritas dari sudut kata yang bermakna yang telah kita kemukakan diatas. hasilnya konsisten dalam bersikap dan berperilaku. kemudian muncul teori etika. timbul pula perbedaan penafsiran. maka membebaskan kita untuk menjadi diri yang utuh tidak peduli apa yang akan datang kepada kita. sehingga tingkat kedewasaan kita akan menunjukkan ³kalau apa yang saya katakan dan apa yang saya lakukan sama. tetapi juga tidak bisa serta merta menjadi pegangan untuk mempertanggungjawaban pengambilan keputusan.

seperti apa etika keilmuan dalam peranannya terhadap perkembangan Ipteks membutuhkan waktu yang tidak singkat. maupun kebudayaan. Tidak hanya itu. ilmu pengetahuan juga terkadang melanggar sesuatu hal yang merupakan kodrat manusia atau nilai-nilai kemanusiaan. Dimasa sekarang ini IPTEKS merupakan suatu hal yang sangat berperan terhadap perkembangan peradaban manusia. Hal dapat kita lihat pada perkembangan dunia beberapa tahun terakhir. kehidupan sosial. Berbagai bidang telah mengalami perkembangan.Penutup Mengetahui lebih mendalam. Peranan sistem kontrol yang diramu di dalam etika keilmuan sangat berpengaruh terhadap nilai-nilai moral dan sosial yang diusung oleh sebuah pengetahuan. baik itu dari sektor pertanian seperti rekayasa genetika. sektor elektronika yang ditandai dengan maraknya pemanfaatan sistem komputerisasi di berbagai kegiatan sehari-hari. Ditengah perkembangan IPTEKS. perkembangan Ipteks membutuhkan sebuah filter yang nantinya akan mengontrol arah perkembangan ilmu pengetahuan. baik itu terhadap manusia. Oleh karenanya. Peran etika keilmuan dalam perkembangan Ipteks memang harus mutlak adanya demi terciptanya suatu sistem dalam perangkat perkembangan Ipteks yang tetap berada pada jalur nilai-nilai kemanusiaan. lingkungan. satu hal yang tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan IPTEKS terkadang mendatangkan dampak yang buruk. .

one must not conceal any part of what one has recognized to be true. Albert Einstein .ANY QUESTION? The right to search for truth implies also a duty.

. Terj. Jakarta. Yogyakarta. Van Melsen. Lembaga Studi Filsafat Islam. Dr. Bertens.com/2008/12/09/etikakeilmuan-dalam-perkembangan-ipteks/ . PT Gramedia Pustaka Utama.K. http://sketsanews. Universitas Hasanuddin. Tim dosen MKU UNHAS.1992. Ilmu Pengetahuan dan Tanggungjawab Kita. wawasan ipteks. G.Daftar Pustaka Pengetahuan Manusia.wordpress. A. M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful