P. 1
investasi

investasi

|Views: 196|Likes:
Published by Imam Masih Makmum

More info:

Published by: Imam Masih Makmum on May 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2014

pdf

text

original

TEORI INVESTASI

TEORI INVESTASI
Kelompok 7 : 1.Abidah Nurjayati 2.Alfi Cahya Maharani 3.Febrina Primadita 4.Imam Hakim

.

 Pembelian barang modal  Pembelian bangunan  Penambahan stok barang dalam proses Pengeluaran yang ditujukan untuk meningkatkan/ mempertahankan persediaan barang modal .

.

TEORI KONVENSIONAL TEORI KEYNES .

mengakibatkan berubahnya perhitungan laba. .tingginya hasil pendapatan yang diterima jika terjadi perubahan ketiga faktor diatas.TEORI KONVENSIONAL Berdasar pada produktifitas batas dari faktor produksi modal pendapatan investasi lebih besar dari tingkat bunga investasi barang modal untung jika biaya bunga lebih kecil dari hasil pendapatan investasi unsur ± unsur yang diperhitungkan dalam penentuan investasi : .tingkat biaya barang modal .tingkat bunga .

Efisiensi Marginal Investasi semakin rendah  Semakin banyak investasi dilakukan.Berdasar konsep Efisiensi Marginal Investasi TEORI KEYNES  semakin banyak jumlah investasi yang terlaksana dalam masyarakat. maka ongkos dan barang modal menjadi lebih tinggi. .

INVESTASI DAN KAPASITAS PRODUKSI NASIONAL (Masalah COR dan ICOR) COR (Capital Output Ratio) Angka yang menyatakan perbandingan (ratio) antara besarnya investasi dengan besarnya hasil produksi nasional ICOR (Incremental Capital Output Ratio) Angka yang menyatakan perbandingan (ratio) antara tambahan investasi dengan tambahan hasil produksi nasional .

‡Untuk menghitung besarnya kapasitas produksi nasional digunakan COR .

‡Untuk menghitung besarnya pertambahan kapasitas produksi nasional digunakan ICOR .

‡Masalah besarnya penyusutan .

PELAKSANA INVESTASI ‡ Investasi Pemerintah (Public Investment) ‡ Investasi Swasta (Private Investment) ‡ Investasi Pemerintah dan Swasta .

Investasi Pemerintah (Public Investment) ‡ Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat· ‡ Sering disebut sebagai investasi yang otonom ‡ Memerlukan biaya yang sangat besar dan tidak memberikan keuntungan secara langsung .

Autonomous Investment Y Investasi (I) I 0 X Pendapatan (Y) .

Investasi Swasta (Private Investment) ‡ Ditujukan untuk memperoleh pendapatan dan didorong oleh karena adanya pertambahan pendapatan ‡ Sering disebut Induced Investment .

Induced Investment Y N I(Y) Investasi (I) 0 Y2 Pendapatan (Y) Y1 X .

Investasi Pemerintah dan Swasta ‡ Jenis investasi yang dilakukan oleh publik dan swasta adalah investasi luar negeri (foreign investment) ‡ Dalam hal ini. Induced Investment disebabkan oleh perkembangan ekonomi luar negeri .

Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Investasi ‡ Secara teoritis bersifat uncertainty ‡ Dalam jangka pendek. penurunan nilai tukar akan mengurangi investasi melalui pengaruh negatifnya pada absorbsi domestik (expenditure reducing effect) ‡ Pada sisi penawaran. pengaruh aspek pengalihan pengeluaran (expenditure switching) akan perubahan tingkat kurs pada investasi tidak menentu .

tingkat inflasi yang cukup besar biasanya diikuti dengan kenaikan tingkat suku bunga .Pengaruh Tingkat Inflasi pada Investasi ‡ Berpengaruh negatif ‡ Di Indonesia.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->