ARTIFICIAL INTELLIGENCE AND EXPERT SYSTEMS

menarik kesimpulan. berjalan. seperti terlihat pada gambar di bawah ini : Gambar 1.Bagian I : Kecerdasan Buatan dan Pemproses Informasi Manusia ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu kompouter. belajar dan memecahkan masalah. psikologi. seperti memberi alasan. Bagian-bagian Utama dari Aplikasi Artificial Intelligence (AI) A F p l i k a i I lA m a l s a f a h . berbicara. Dorongan utama dari Artificial Intelligence (AI) adalah pengembangan fungsi normal komputer yang digabungkan dengan kecerdasan manusia. ilmu bahasa. Artificial Intelligence (AI) memiliki tujuan untuk menciptakan komputerkomputer yang dapat berfikir (dan juga) dapat melihat. dan merasakan. biologi. matematika dan teknik. mendengar. Bagian-bagian Utama dari Aplikasi Artificial Intelligene (AI) Artificial Intelligence (AI) dapat dikelompokkan ke dalam empat bagian utama.

dan bahasa alami yang akan dijelaskan berikut ini. Artificial Intelligence (AI) berbasis pada penelitian di bidang biologi. pemrosesan pararel. sistem belajar. Aplikasi Ilmu Komputer Untuk aplikasi ini. teknik. decterity atau kemampuan untuk memegang dan memanipulasi. . pemrosesan simbolik. Artificial Intelligence (AI) memfokuskan diri pada perangkat keras komputer dan sistem perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menghasilkan superkomputer yang kuat seperti yang dibutuhkan oleh berbagai aplikasi Artificial Intelligence (AI). psikologi. dan psikologi. Aplikasi dari robotic ini mencakup pemberian kemampuan untuk melihat atau persepsi visual.Seperti terlihat pada gambar di atas. Robot diartikan sebagai mesin dengan kecerdasan komputer dan dikontrol oleh komputer. sistem berbasis pengetahuan. Aplikasi Ilmu Falsafat Untuk aplikasi ini. neurologi. dan jaringan neural. menyentuh atau kemampuan meraba. Fokus penelitian dari aplikasi ini adalah meneliti bagaimana otak manusia dapat bekerja. Aplikasi Robotic Robotic berbasis pada bidang Artificial Intelligence (AI). Teknologi inilah yang menghasilkan robot. dan bagaimana manusia dapat berfikir dan belajar. dan navigasi atau kecerdasan untuk menemukan atau mencapai jalan keluar. Artificial Intelligence (AI) dapat dikelompokkan ke dalam empat bagian utama. dan sistem logic fuzzy. Aplikasi ilmu falsafah ini mencakup pengembangan di bidang sistem pakar. pengangkutan atau kemampuan fisik untuk bergerak. dan berbagai disiplin ilmu terkait lainnya. ilmu komputer. aplikasi robotic. matematika. Aplikasi ilmu komputer ini mencakup pengembangan genarasi kelima komputer. dan memiliki kemampuan fisik seperti manusia. yaitu ilmu falsafat.

Di dalam otak semua stimulus ini diproses yang kemudian menghasilkan berbagai keluaran seperti membuat keputusan. dll) yang kemudian dikirim ke otak. Aliran sistem informasi manusia dapat dilihat pada Gambar 2 berikut ini yang menunjukkan komponen-komponen dan aliran dari sistem pemrosesan informasi pada manusia. Sistem Pemrosesan Informasi Manusia Aliran proses informasi manusia dimulai dari ditangkapnya stimulus atau rangsangan dari lingkungan sekitar oleh indera kita (mata. Dapat berkomunikasi atau berbicara kepada komputer dan robot dakam bahasa percakapan manusia dan dapat membuat komputer “mengerti” kita seperti kita saling mengerti satu sama lain merupakan tujuan dari Artificial Intelligence (AI). HUMAN INFORMATION PROCESSING Sebelum membangun Artificial Intelligence (AI) ke dalam komputer dan robot. yaitu bagaimana manusia mengenali dan menerima data. . memrosesnya dan menyimpan informasi tersebut untuk dapat digunakan untuk memilih dan membuat berbagai macam respon.Aplikasi Bahasa Alami Pengembangan aplikasi ini berhubungan dengan lingkungan atau bagian utama dari Artificial Intelligence (AI) dan merupakan inti dari ilmu falsafat dan robotic. kita harus terlebih dahulu memahami kecerdasan manusia dengan baik. kulit.

atau gambar. Chuck ini dapat berupa simbol seperti kata-kata. akan tetapi S u P s i s t e m e r a s a b S . Short Term Memory (STM) merupakan unit processor yang digunakan unutk mendukung proses input atau output. Short Term Memory (STM) juga berhubungan dengan kemampuan kita untuk bekerja lebih dari satu tugas dalam satu waktu. angka. Hanya dibutuhkan sepersekian detik untuk membutuhkan waktu lebih lama untuk menyimpan atau mengingat informasi. memanggil satu unit informasi dari Long Term Memory (LTM).Gambar 2. Long Term Memory (LTM) atau Memori Jangka Panjang Long Term Memory (LTM) memiliki kapasitas yang hampir tidak terbatas untuk menyimpan informasi. Sistem Proses Informasi Manusia Short Term Memory (STM) atau Memori Jangka Pendek Short Term Memory (STM) dapat menyimpan beberapa unit atau chuck informasi dalam beberapa detik.

Bagaimana keefektifan informasi mempengaruhi sikap dari penerima? . yaitu konsep sistem otomatisasi yang mengawasi sistem umpan balik meraka sendiri dan mengendalikan tindakan mereka. Bagaimana ketepatan informasi memberitahukan arti? Dimensi Ketepatan. dikembangkan oleh Nobert Weiner. Teori Informasi dan Sistem Informasi Teori informasi yang dikenal juga dengan teori matematika komunikasi. Teori informai terdiri dari beberapa konsep penting yang digunakan dalam Artificial Intelligence (AI) dan juga dalam mendesain sistem informai yang efektif. Bagaimana keakuratan informasi dapat dipindahkan? Dimensi Sematik.Penyaringan Informasi Dari lingkungan kita dapat memperoleh banyak stimulus atau rangsangan yang dapat diproses sebagai informasi. Teori informasi membantu kita mengevaluasi komunikasi dari informasi dalam tiga dimensi utama dan menekankan bahwa kita seharusnya dapat menemukan jawaban dari tiga pernyataan dasar berikut ini saat menciptakan sistem informasi : • • • Dimensi Teknik. Dengan demikian kita dapat mencegah terjadinya kelebihan informasi dengan melakukan proses penyaringan informasi. yang mengembangkan konsep cybernetics.

Ada. Ada. Tidak terperinci. Elemen-Elemen Sistem Pakar Yang termasuk ke dalam elemen-elemen sistem pakar adalah sebagai berikut : 1. yang memiliki fungsi sebagai konsultan. Tabel Perbedaan sistem Pakar dan Decision support Systems Karaktristik Fungsi Decission Support Systems (DSS) Mencerminkan gaya memecahkan masalah. 3. Manusia dan/atau sistem. Sistem pakar merupakan salah satu aplikasi dari Artificial Inteligence (AI) yangbanyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis.Bagian II : Expert Systems Sistem pakar (expert systems) merupakan suatu pengembangan dari Decision Support Systems (DSS). Expert Systems keputusan kemampuan dan Membuat kemampuan manajer untuk melebihi Alur Penalaran Kemampuan memberikan alasan Kemampuan menjelaskan Pembuat keputusan Metode manipulasi data manajer. Perbedaan antara Sistem Pakar dan Decision support Systems dapat dilihat dari tabel berikut ini. User Interface 2. Terbatas. Terperinci dengan jelas. Simbolik. terbatas. Tidak ada. Knowledge Base Terdiri dari : kenyataan mengenai area subjek yang spesifik dan heuristik. Development Engine. Interface Engine 4. Sistem. Numeric. .

Menyediakan alternatif pertimbangan yang lebih banyak. Pegembangan Sistem Pakar .Elemen-elemen penyususn sistem pakar tersebut dapat digambarkan sebagai berikut : E E A Gambar Elem-elemen Sistem Pakar x p e r t d v i c e Keuntungan Sitem Pakar Dalam Proses Pengambilan Keputusan Bagi U s e Manager r W o r k s Keuntungannya antara lain perbaikan kemampuan-kemampuan seperti : 1. Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keutusan. 3. 4. 2. Membuat keputusan yang lebih konsisten. Menerapkan logika yang tinggi.

S P i s t e m a k a r .A I Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa sistem pakar dan jaringan saraf buatan merupakan aplikasi dari Artificial Intelligence.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful