Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074

1. Informasi tentang hub dan switch Dalam Jaringan komputer kita perlu hub yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan. Mungkin bila kita hanya akan menghubungkan dua buah PC kita hanya akan memerlukan Kabel UTP dengan Crimping dengan metode cross cable. Tapi bagaimana halnya dengan 10 PC ? atau 20 PC ? disinilah fungsi hub bekerja dimana komputer2 tersebut akan dihubungkin dengan UTP Straight Cable yang dicolokkan ke port2 yang ada di hub dan diset dengan IP dengan alamat jaringan yang sama, maka kita akan berada di dalam jaringan komputer yang terdiri lebih dari 2 buah PC. Sekarang ini banyak orang menilai hub sudah cukup untuk mengatasi problema seperti itu, tetapi dilihat dari sisi lain ternyata hub memiliki sedikit kejelekan dimana diaakan membroadcast semua paket yang akan dikirim ke salah satu IP Tujuan. Hal ini mungkin tidak akan terasa bila kita hanya memiliki 10 buah PC yang terkoneksi dalam satu jaringan. Tetapi bagaimana dengan ratusan ? atau bahkan mungkin ribuan? disinilah fungsi switch sebenarnya bekerja.Di bidang jaringan komputer seringkali kita mendengar kata hub dan switch, bentuknya mirip dan fungsinya dasarnya juga sama yaitu untuk transfer data dari dan ke komputer-komputer dalam suatu jaringan. Beberapa waktu yang lalu penulis mendapati pertanyaan sederhana mengenai perbedaan antara hub dan switch dari beberapa rekan penulis. Melalui artikel kali ini penulis akan bahas secara singkat mengenai perbedaannya. Dari tampak luar, sebuah hub atau switch terlihat sama, keduanya memiliki jack RJ -45 untuk berhubungan dengan suatu device. Sebelum berbicara mengenai mengenai perbedaan antara keduanya maka ada baiknyakita lihat sejenak mengenai k eterbatasan suatu (non switched) ethernet, yaitu hanya satu device yang dapat mentransmit data ke suatu segment pada suatu waktu tertentu. Jika lebih dari satu device berusaha mentransmit data pada waktu yang bersamaan maka akan terjadilah collision. Setelah collision terjadi maka setiap device tadi harus melakukan proses pengiriman data kembali (re -transmit). Dapat dibayangkan jika jumlah segment dalam jaringan semakin bertambah maka otomatis kemungkinanakan terjadinya collision akan semakin besar, dan kar ena akibat collision ini semua device akan melakukan proses re-transmit maka otomatis traffic jaringan akan menjadi relatif lebih lambat. Sebelum ditemukannya teknologi switch, suatu jaringan dapat dibagi-bagi ke dalam beberapa segment dengan suatu device yang dinamakan bridge. Bridge memiliki dua buah port ethernet. Jika ada traffic ke

hub cukup mahal. Active hub bertindak sebagai repeater.tolerance (isolasi kerusakan) memberikan manajemen service yang . Kapabilitas yang disediakan hub Fungsi tambahan selain sebagai central connection point.Hub adalah central utnuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.workstation.menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda . penghilangan atau pemindahan . dan akan mematikan seluruh network jika ia tidak berfungsi.tersentralisasi (koleksi informasi. tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas routing. membutuhkan kabel tersendiri untuk berjalan. hub menyediakan kemampuan berikut: . Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. . Token Ring. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah hub bisa active atau passive. Bridge kemudian akan mampu membuat keputusan untuk mem -forward atau tidak mem-forward setiap paket data menuju ke device tujuan Hub Sama seperti switch.memfasilitasikan penambahan. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan. menawarkan feature yang fault .Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 dalam jaringan maka secara otomatis bridge akan mengamati device -device yang terlibat di dalamnya dari kedua sisi (melihat berdasarkan MAC address-nya). menambah jarak network (fungsi sebagai repeater) . diagnostic) Kekurangannya. Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkan computer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah. ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh network.(Ethernet. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke sem ua komputer (broadcast). FDDI). ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat.

Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Jadi. Switch Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star. switch dapat secara drastis mengurangi traffi c network. Daripada melewatkan packet ke semua port. Jika suatu port terhubung dengan suatu device maka secara prinsipal setiap deviceakan bersifat independen terhadap device lainnya. Dalam switch biasanya terdapat routing. switch secara umum lebih cepat daripada sebuah router. Setiap host yang tersambung ke hub akan melihat paket ini tapi hanya host yang ditujukan saja yang akan memprosesnya.Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 Cara kerja Hub pada dasarnya adalah sebuah pemisah sinyal (signal splitter). ini artinya adalah sebuah device hanya dapat mengirim atau menerima data pada suatu waktu tertentu. Ini dapat menyebabkan masalah network traf fic karena paket yang ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke semua host (meskipun ia hanya diproses oleh salah satu yang ditujukannya saja). routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN. Berfungsi untuk menghubungkan kabel -kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. di dalam switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu bridge.Switch mampu bekerja secara full - . switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan. Ia mengambil bit-bit yang datang dari satu port dan mengirimkan copynya ke tiap-tiap port yang lain. Hub hanya mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Kenapa Switch Lebih Baik? Di dalam hub tidak ada proses apa -apa dalam menangani traffic jaringan. Karena ia beroperasi pada MAC address bukan pada IP address. Switch memelihara daftar MAC address yang dihubungkan ke port -portnya yang ia gunakan untuk menentukan kemana harus mengirimkan paketnya. Perbedaan lainnya lagi adalah bahwa 10/100 ethernet hub hanya bekerja secara half-duplex. Ini akan sangat berbeda dengan switch. Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC address dari packet.

Ini juga yang disebut dengan hubungan antar device yang simultan dan bersifat independen. .Printer .Uplink ke internet Perbedaan lainnya lagi adalah bahwa 10/100 ethernet hub hanya bekerja secara half-duplex.Computer 3 . Computer 1 dapat melakukan proses print (ceta k) dokumen.File Server .Switch mampu bekerja secara full duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan. Switch juga dapat membuat VPN antara port pengirim dan penerima. Sebagai contoh misalnya ada suatu swit ch yang pada port-nya terpasang beberapa device berikut ini: .Computer 1 . Switch ini menggunakan transmisi full duplex dimana memiliki jalur antara receive dan transmit data secara terpisah. Pada kasus ini.Computer 2 . Jadi kesimpulannya di dalam switch terdapat suatu mekanisme filtering dan forwarding terhadap traffic jaringan yang melewatinya. ini artinya adalah s ebuah device hanya dapat mengirim atau menerima data pada suatu waktu tertentu. dan sementara itu pula Computer 3 dapat melakukan akses ke Internet.Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan. Switch Bek erja pada lapisan data link ( Baca posting mengenai OSI Layer ) tetapi memiliki keunggulan di mana masing-masing port memiliki domaincollision sendiri ( Port memiliki jalur data sendiri-sendiri ) Switch juga menganut sistem mac address learning dimana dia akan memiliki tabel pernerjemah pusat yang memiliki daftar penerjemah untuk semua port. Ini semua bisa dilakukan karenaswitch dapat secara pintar melakukan forward traffic paket data khusus hanya kepada device -device yang terlibat saja. sementara itu Computer 2 bisa mengakses file server.

seperti misalnya jaringan akses terminal. kemudian den gan menggunakan modem. Operator bisa mengakses komputer guna memperoleh fasilitas. mengakses database. Sistem Komunikasi Off line. di mana data yang akan diproses dibaca oleh terminal. misalnya menjalankan program aplikasi. semua fasilitas ini harus tampak seakan-akan dalam terminalnya. Seperti pada Gambar 4. tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit). yaitu jaringan ya ng memungkinkan seorang operator mendapatkan akses ke fasilitas yang tersedia dalam jaringan tersebut. dan lain-lain. . Switch juga dapat berfungsi sebagai Spanning Tree protokol yang bersifat redundant jika dia menilai suatu jalur itu sibuk maka dia ( switch ) akan memilih jalur lain yang tidak sibuk. kemudian oleh terminal.switch akan meneruskan frame setelah data di terima secara lengkap 2. data disimpan ke alamat perekam seperti pada disket. data tersebut dikirim melalui telekomunikasi. dan online Suatu sistem komunikasi data dapa t berbentuk offline communication system (sistem komunikasi offline) atau online communication system (sistem komunikasi online). dan melakukan komunikasi dengan op erator lain. Di tempat tujuan data diterima juga oleh modem. Cut-Through Switch Meneruskan Frame tanpa menunggu penerimaan frame secara lengkap 3.3.Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 dalam mengolah data switch dapat digolongkan dalam tiga jenis : 1. Dari alat perekam data ini. walaupun sesungguhnya secara fisik berada pada lokasi yang terpisah. Sistem komunikasi Offline adalah suatu sistem pengiriman d ata melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data. Fragment Free ( Hybrid ) merupakan kompromi dari kedua jenis switch diatas Switch Juga diperkuat oleh teknologi VLAN ( Virtual LAN ) dimana dia mampu Mensegmentasi jaringan LAN secara logika tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Info mengenai transaksi pada bus. realtime. Sistem komunikasi data dapat dimulai dengan sistem yang sederhana. Store and Forward . magnetic tape. nant inya dapat diproses oleh komputer. Dalam lingkungan ideal.

paper tape. langsung diproses oleh komputer pada saat kita membutuhkan. seperti : telepon.Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam sistem komunikasi offline. dan lain -lain. Sistem Komunikasi On line ini dapat berupa: y y y y Realtime system Batch Processing system Time sharing system Distributed data processing system . telegraf. dan dapat juga dengan fasilitas lainnya. data yang dikirim melalui terminal komputer bisa langsung diperoleh. telex. Sistem Komunikasi On line. Peralatan terminal ini bermacam -macam. 3. antara lain : 1. Terminal Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. seperti magnetic tape unit. Modem Model adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. 2. Suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya. Pada sistem komunikasi On line ini. disk drive. Jalur komunikasi Jalur komunikasi adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan.

Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 Realtime system Suatu realtime system memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer. yaitu pengiriman dan penerimaan respon dari pusat komputer dalam waktu yang relatif cepat. diproses di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan kemudia mengirimkan kembali hasil pengolahan ke p engirim data saat itu juga. sehingga diperlukan jalur komunikasi yang cepat. dan perlu diketahui bahwa pada sistem ini menggunakan kemampuan multiprogramming. sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU. hal ini disebabkan karena pada pusat komputer dibutuhkan suatu bank data atau database yang siap untuk setiap kebutuhan. American Airlines merupakan perusahaan yang pertama kali mempelopori sistem ini. Biasanya peralatan yang digunakan sebagai database a dalah magnetic disk storage. Dalam hal i ni berlaku komunikasi dua arah. Penggunaan sistem ini memerlukan suatu teknik dalam hal sistem disain. untuk melayani berbagai macam keperluan dalam satu waktu yang sama. penumpang pesawat terbang dari suatu bandara atau agen tertentu dapat memesan tiket untuk suatu penerbangan tertentu da n mendapatkan hasilnya kurang dari 15 detik. Kebutuhan informasi harus dapat dipenuhi pada saat yang sama atau dalam waktu seketika itu juga. Pada realtime system. merupakan komunikasi data dengan kecepatan tinggi. dan pemrograman.5). karena dapat mengolah secara direct access (akses langsung). Time sharing system Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai (gambar 4. Dengan realtime system ini. Sistem realtime ini juga memungkinkan penghapusan waktu yang diperlukan untuk pengumpulan data dan distribusi data. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat. hanya sekedar untuk mengetahui apakah masih ada tempat duduk di pesawat atau tidak. maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa . sistem pengolahan yang cepat serta sistem memori dan penampungan atau buffer yang sangat besar. Pada sistem ini proses dilakukan dalam hitungan beberapa detik saja.

memprosesnya. dapat diambil dari komputer pusat. Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing -masing dapat memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi. maka istilah time sharing sudah tidak tepat lagi.Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 alat I/O secara bergantian. Bilamana seorang nasabah datang ke bank tersebut untuk menyimpan uang atau mengambil uang. Setiap lokasi menggunakan komputer yang lebih kecil dari komputer pus at dan mempunyai simpanan luar sendiri serta dapat melakukan pengolahan data sendiri. Distributed data processing system Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Salah satu penggunaan time sharing system ini dapat dilihat dalam pemakaian suatu teller terminal pada suatu bank. dan mencetaknya pada buku tabungan tersebut untuk transaksi yang baru saja dilakukan. Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. maka buku tabungannya ditempatkan pada terminal. DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem. kemudian data tersebut dikirim secara langsung ke pusat komputer. Dan oleh operator pada terminal tersebut dicatat melalui papan ketik (keyboard). . Baru pad a tahun 1961. Pekerjaan yang terlalu besar yang tidak dapat dioleh di tempat sendiri. pertama kali sistem yang benar -benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan kompute r IBM 7090. menghitung jumlah uang seperti yang dikehendaki.

Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 JARINGAN KOMUNIKASI DATA Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan protokol dan media transmisi tertentu. Topologi Star Pada topologi ini LAN terdiri dari sebuah cntral node yang berfungsi sebagai pengatur arus informasi dan penanggung jawa komunikasi da lam suatu jaringan. Fungsi central node disini sangat penting. Jadi jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node yang lain maka harus melalui sentral node. Luas cakupan LAN lebih kecil dari WAN biasanya terdiri dari sekelompok gedung yang saling berdekatan. Loop. Berdasarkan luas area cakupan yang dicapai jaringan komputer dapat diklasifikan menjadi : Local Area Network (LAN) dan Wide area Network (WAN). ring dan Bus. Semua node memiliki status yang sama antara satu dengan yang lainnya. biasanya dalam sistem ini harus mempunyai kehandalan yang tinggi. Topologi Bus Pada topologi bus ini. . node yang satu dengan node yang lain dihubungkan dengan jalur data atau bus. Model dari topologi jaringan yang ada antara lain: Star. TOPOLOGI JARINGAN Topologi jaringan merupakan suatu cara untuk menghubungkan komputer atau terminal-terminal dalam suatu jaringan.

Semua node memiliki status yang sama. maka tidak akan mengganggu jalannya komunikasi antar node karena node yang rusak tersebtu diletakkan terpisah dari jalur data. Topologi ini memiliki kelemahan. Topologi Ring Topologi ring atau topologi cincin ini merupakan topologi hasil penggabungan antara topologi loop dengan topologi bus.Nama : petrus sigid bungaran simamora Nim : j3c108074 Topologi Loop Topologi Loop ini menghubungkan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Keuntungannya adalah bahwa jika salah satu node rusak. . jika salah satu node rusak maka akan dapt menyebabkan gangguan komunikasi antar node satu dengan yang lainnya. Pada topologi loop ini. setiap node dapat melakukan tugas untuk operasi yang berbeda-beda.